
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Politik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
HAM dan Politik Gender |
6720102018 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
2 |
20 Juni 2022 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Silkania Swarizona, S.IP., M.IP
|
Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, etika akademik serta kepedulian terhadap kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (CPL Asosiasi) |
PLO-7 |
Mampu menganalisis fenomena politik dan isu-isu kontemporer. (CPL Asosiasi) |
PLO-8 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif dalam mengimplementasikan iptek di bidang ilmu politik. (CPL Asosiasi) |
PLO-9 |
Mampu mengkomunikasikan gagasan dan hasil kajian politik secara efektif melalui media serta membangun jejaring kerja lintas sektor di era digital |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menjelaskan konsep-konsep HAM dan politik gender
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi isu dan fenomena politik dengan menggunakan perspektif gender
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis isu dan fenomena politik dengan menggunakan perspektif gender
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menggunakan perspektif gender dalam konteks penyelesaian masalah di bidang ilmu politik
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PO-1 | | | | | ✔ | PO-2 | ✔ | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | PO-4 | | ✔ | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini membahas bentuk-bentuk dan draft kebijakan sebagai rekomendasi kebijakan publik yang disusun sesuai dengan kajian regulasi kebijakan yang relevan, berdasarkan hasil analisis masalah publik dan dampaknya terhadap publik, dengan menggunakan
metode penelitian kebijakan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Fakih, Mansour. 1996. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Handayani, Trisakti dan Sugiarti. 2008. Konsep dan Teknik Penelitian Gender. Malang: UMM Press
- Jackson, Stevi dan Jackie Jones.1998. Teori-Teori Feminis Kontemporer. Yogyakarta: Jalasutra
- Mosse, Julia Cleves. 2007. Gender dan Pembangunan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Phillips, Anne. (1991). Engendering Democracy. Cambridge: Polity Press
- Squires, Judith. (1998). Gender in Political Theory. Cambridge: Polity Press
- Tong, Rosemarie Putnam. 1998. Feminist Thought. Yogyakarta: Jalasutra
- Donnelly, Jack. (2003) Universal Human Rights in Theory and Practice, 2nd edition. Cornell University Press. Evans, Tony. (ed.) (1998) Human Rights Fifty Years On: a Reappraisal. Manchester University Press.
- Binion, Gayle. (1995) “Human Rights: A Feminist Perspective” in Human Rights Quarterly (HRQ) 17.3, pp. 509-26.
|
Pendukung : |
|
- - Arivia, Gadis. 2003. Filsafat Berperspektif Feminis. Jakarta: Yayasan Jurnal Perempuan
- Brooks, Anne. 1997. Posfeminisme & Cultural Studies. Yogyakarta: Jalasutra
- Langlois, Anthony J. (2001) The Politics of Justice and Human Rights. Cambridge University Press. Perry, Michael J. (1997) “Are Human Rights Universal?” in HRQ 19.3, pp. 461- 509
- Bauer, Johanne R and Daniel A. Bell. (eds.) (1999) The East Asian Challenge for Human Rights. Cambridge University Press.
- Seri Jurnal Perempuan
|
Dosen Pengampu
|
Silkania Swarizona, S.IP., M.IP. Adli Hazmi, S.IP., M.A. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan elemen dasar dalam Human Rights
- Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan ide HAM
|
1. The Concept of Human Rights 2. A Brief History of Human Rights and Reason it is needed 3. The Bearers of Human Rights Duties and Responsibilities for Human Rights – A Quiet (R)Evolution |
Kriteria:
Kriteria: Ketepatan, penguasaan. Bentuk test: - Bentuk non-test: Tanya jawab Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
150 menit |
Materi: 3. The Bearers of Human Rights Duties and Responsibilities for Human Rights – A Quiet (R)Evolution Pustaka: |
3% |
2
Minggu ke 2 |
- 1. Mengetahui dan mengklasifikasikan kritik pada human rights dan cara menjelaskannya
- 2. Mampu memahami aplikasi dan pentingnya Human Rights
|
1. Critique to Human Rights 2. The Application of Human Rights Idea |
Kriteria:
- Kriteria: Ketepatan, penguasaan. Bentuk test: - Bentuk non-test: Tanya jawab
- Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 150 menit |
|
Materi: Pilihan antara HAM universal atau Communitarian atau pendekatan alternative Pustaka: |
3% |
3
Minggu ke 3 |
- 1. Mengetahui dan mengklasifikasikan kritik pada human rights dan cara menjelaskannya
- 2. Mampu memahami aplikasi dan pentingnya Human Rights
|
1. Critique to Human Rights 2. The Application of Human Rights Idea |
Kriteria:
- Kriteria: Ketepatan, penguasaan. Bentuk test: - Bentuk non-test: Tanya jawab
- Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Luring 150 menit |
|
Materi: Universal Declaration of Human Rights Pustaka: |
4% |
4
Minggu ke 4 |
- 1. Mampu menganalisa human rights treaties
- 2. Mampu menganalisa human rights violation
- 3. Mampu menganalisa hak politik dan sipil dalam International Covenant on the Civil and Political Rights(ICCPR)
|
1. Ketepatan dalam menagnalisa hukum hak asasi manusia 2. Ketepatan dalam menjelaskan bentuk pelanggaran ham |
Kriteria:
Kriteria: Ketepatan, penguasaan. Bentuk test: - Bentuk non-test: Tanya jawab Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 150 menit |
|
Materi: International Covenant on Civil and Political Rights Pustaka: |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
- International Covenant on Economic, Social and Cultural Rights
|
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan |
Kriteria:
Penyampaian dan pemahaman Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah 150 menit |
|
Materi: International Covenant on Economic, Social and Cultural Rights Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
- International Covenant on Economic, Social and Cultural Rights
|
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan |
Kriteria:
Penyampaian dan pemahaman Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah 150 menit |
|
Materi: International Covenant on Economic, Social and Cultural Rights Pustaka: |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
- International Covenant on Economic, Social and Cultural Rights
|
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan |
Kriteria:
Penyampaian dan pemahaman Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah 150 menit |
|
Materi: International Covenant on Economic, Social and Cultural Rights Pustaka: |
5% |
8
Minggu ke 8 |
- Ujian
- UJIAN TENGAH SEMESTER
|
Memahami Hak Asasi Manusia |
Kriteria:
Ujian Tertulis Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 150 menit |
|
Materi: UTS Pustaka: |
20% |
9
Minggu ke 9 |
- 1. Mampu menjelaskan tentang akar historis gelombang kedua feminisme
- 2. Mampu menjelaskan aliran feminisme eksistensialis.
|
- 1. Ketepatan dalam menjelaskan tentang akar historis gelombang kedua feminisme
- 2. Ketepatan dalam menjelaskanaliran feminisme ekstensialis
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian, dan penugasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PBL, Diskusi Kelompok 150 menit |
|
Materi: -Feminisme Radikal - Eminisme Sosialis - Feminisme Marxiss Pustaka: |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- 1. Mampu menjelaskan tentang akar historis gelombang kedua feminisme
- 2. Mampu menjelaskan aliran feminisme eksistensialis.
|
- 1. Ketepatan dalam menjelaskan tentang akar historis gelombang kedua feminisme
- 2. Ketepatan dalam menjelaskan aliran feminisme ekstensialis
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian, dan penugasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
PBL, Diskusi Kelompok 150 menit |
|
Materi: - Feminisme Radikal - Eminisme Sosialis - Feminisme Marxiss Pustaka: |
5% |
11
Minggu ke 11 |
- 1. Mampu menjelaskan akar historis feminisme gelombang ketiga
- 2. Mampu menjelaskan tentang aliran-aliran dalam feminisme gelombang ketiga
- 3. Mampu mengidentifikasi perbedaan diantara ekofeminisme dengan feminisme postkolonial
|
- 1. Ketepatan dalam menjelaskan tentang akar historis feminisme gelombang ketiga 2. Ketepatan dalam menjelaskan tentang aliran-aliran dalam feminisme gelombang ketiga 3. Ketepatan dalam membedakan aliran ekofeminisme dengan feminisme postkolonial.
- 2. Mampu menjelaskan tentang aliran-aliran dalam feminisme gelombang ketiga
- 3. Mampu mengidentifikasi perbedaan diantara ekofeminisme dengan feminisme postkolonial
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian, dan penugasan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
|
Kuliah melalui vinesa/ gc/meet
PBL 90 menit |
Materi: - Ekofeminisme - Feminisme Postkolonial Pustaka: |
5% |
12
Minggu ke 12 |
1. Mampu menjelaskan akar historis feminisme gelombang ketiga 2. Mampu menjelaskan tentang aliran-aliran dalam feminisme gelombang ketiga 3. Mampu mengidentifikasi perbedaan diantara ekofeminisme dengan feminisme postkolonial |
1. Ketepatan dalam menjelaskan tentang akar historis feminisme gelombang ketiga 2. Ketepatan dalam menjelaskan tentang aliran-aliran dalam feminisme gelombang ketiga 3. Ketepatan dalam membedakan aliran ekofeminisme dengan feminisme postkolonial. |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian, dan penugasan Bentuk Penilaian : Tes |
|
Kuliah melalui vinesa/ gc/meet 90 menit |
Materi: - Ekofeminisme - Feminisme Postkolonial Pustaka: |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menjelaskan tentang konsep-konsep keterwakilan politik perempuan |
Ketepatan dalam menjelaskan konsep-konsep kererwakilan politik perempuan |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian, dan penugasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PBL 150 menit |
|
Materi: 1. Konsep-konsep keterwakilan perempuan oleh Hanna Pitkin. 2. Keterwakilan deskriptis dan keterwakilan substantif 3. Sistem Pemilu Pustaka: |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menjelaskan tentang konsep gender mainstraiming/pengurus utamaan Gender (PUG) |
Ketepatan dalam menjelaskan tentang konsep gender mainstraiming/pengurus utamaan Gender (PUG) |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian, dan penugasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya Jawab 150 menit |
|
Materi: 1. Sejarah PUG 2. Urgensi PUG 3. Kebijakan dan Praktik PUG di Indonesia Pustaka: |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- 1. Mampu menguraikan sejarah gender dan Pembangunan
- 2. Mampu menjelaskan tentang konsep gender dan pembangunan
- 3. Mampu menjelaskan perbedaan antara Women in Development, Women and Development dan Gender and Development.
|
1. Ketetapan dalam menguraikan sejarah gender dan Pembangunan 2. Ketepatan dalam menjelaskan gender dan pembangunan 3. Penguasaan, dan kesesuaian dalam membedakan antara Women in Development, Women and Development dan Gender and Development. |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian, dan penugasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PBL 150 menit |
|
Materi: 1. Sejarah WID, WAD, GAD. 2. Relasi WID, WAD dan GAD dengan teori pembangunan mainstream 3. Konsep GAD 4. Kerja produktif. Kerja reproduktif dan kerja komunitas 5. Kepentingan gender Pustaka: |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Tes |
TES 150 menit |
|
Materi: UAS Pustaka: |
15% |