Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Politik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

HAM dan Politik Gender

6720102018

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

2

20 Juni 2022

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Silkania Swarizona, S.IP., M.IP




Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menginternalisasi nilai, norma, etika akademik serta kepedulian terhadap kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (CPL Asosiasi)

PLO-7

Mampu menganalisis fenomena politik dan isu-isu kontemporer. (CPL Asosiasi)

PLO-8

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif dalam mengimplementasikan iptek di bidang ilmu politik. (CPL Asosiasi)

PLO-9

Mampu mengkomunikasikan gagasan dan hasil kajian politik secara efektif melalui media serta membangun jejaring kerja lintas sektor di era digital

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menganalisis dan menjelaskan konsep-konsep HAM dan politik gender

PO - 2

Mahasiswa mampu mengidentifikasi isu dan fenomena politik dengan menggunakan perspektif gender

PO - 3

Mahasiswa mampu menganalisis isu dan fenomena politik dengan menggunakan perspektif gender

PO - 4

Mahasiswa mampu menggunakan perspektif gender dalam konteks penyelesaian masalah di bidang ilmu politik

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-7PLO-8PLO-9
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini membahas bentuk-bentuk dan draft kebijakan sebagai rekomendasi kebijakan publik yang disusun sesuai dengan kajian regulasi kebijakan yang relevan, berdasarkan hasil analisis masalah publik dan dampaknya terhadap publik, dengan menggunakan metode penelitian kebijakan.

Pustaka

Utama :

  1. Fakih, Mansour. 1996. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  2. Handayani, Trisakti dan Sugiarti. 2008. Konsep dan Teknik Penelitian Gender. Malang: UMM Press
  3. Jackson, Stevi dan Jackie Jones.1998. Teori-Teori Feminis Kontemporer. Yogyakarta: Jalasutra
  4. Mosse, Julia Cleves. 2007. Gender dan Pembangunan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  5. Phillips, Anne. (1991). Engendering Democracy. Cambridge: Polity Press
  6. Squires, Judith. (1998). Gender in Political Theory. Cambridge: Polity Press
  7. Tong, Rosemarie Putnam. 1998. Feminist Thought. Yogyakarta: Jalasutra
  8. Donnelly, Jack. (2003) Universal Human Rights in Theory and Practice, 2nd edition. Cornell University Press. Evans, Tony. (ed.) (1998) Human Rights Fifty Years On: a Reappraisal. Manchester University Press.
  9. Binion, Gayle. (1995) “Human Rights: A Feminist Perspective” in Human Rights Quarterly (HRQ) 17.3, pp. 509-26.

Pendukung :

  1. - Arivia, Gadis. 2003. Filsafat Berperspektif Feminis. Jakarta: Yayasan Jurnal Perempuan
  2. Brooks, Anne. 1997. Posfeminisme & Cultural Studies. Yogyakarta: Jalasutra
  3. Langlois, Anthony J. (2001) The Politics of Justice and Human Rights. Cambridge University Press. Perry, Michael J. (1997) “Are Human Rights Universal?” in HRQ 19.3, pp. 461- 509
  4. Bauer, Johanne R and Daniel A. Bell. (eds.) (1999) The East Asian Challenge for Human Rights. Cambridge University Press.
  5. Seri Jurnal Perempuan

Dosen Pengampu

Silkania Swarizona, S.IP., M.IP.

Adli Hazmi, S.IP., M.A.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan elemen dasar dalam Human Rights
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan ide HAM

1. The Concept of Human Rights 2. A Brief History of Human Rights and Reason it is needed 3. The Bearers of Human Rights Duties and Responsibilities for Human Rights – A Quiet (R)Evolution

Kriteria:

Kriteria: Ketepatan, penguasaan. Bentuk test: - Bentuk non-test: Tanya jawab


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

150 menit
Materi: 3. The Bearers of Human Rights Duties and Responsibilities for Human Rights – A Quiet (R)Evolution
Pustaka:
3%

2

Minggu ke 2

  1. 1. Mengetahui dan mengklasifikasikan kritik pada human rights dan cara menjelaskannya
  2. 2. Mampu memahami aplikasi dan pentingnya Human Rights

1. Critique to Human Rights 2. The Application of Human Rights Idea

Kriteria:
  1. Kriteria: Ketepatan, penguasaan. Bentuk test: - Bentuk non-test: Tanya jawab
  2. Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150 menit

Materi: Pilihan antara HAM universal atau Communitarian atau pendekatan alternative
Pustaka:
3%

3

Minggu ke 3

  1. 1. Mengetahui dan mengklasifikasikan kritik pada human rights dan cara menjelaskannya
  2. 2. Mampu memahami aplikasi dan pentingnya Human Rights

1. Critique to Human Rights 2. The Application of Human Rights Idea

Kriteria:
  1. Kriteria: Ketepatan, penguasaan. Bentuk test: - Bentuk non-test: Tanya jawab
  2. Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
150 menit

Materi: Universal Declaration of Human Rights
Pustaka:
4%

4

Minggu ke 4

  1. 1. Mampu menganalisa human rights treaties
  2. 2. Mampu menganalisa human rights violation
  3. 3. Mampu menganalisa hak politik dan sipil dalam International Covenant on the Civil and Political Rights(ICCPR)

1. Ketepatan dalam menagnalisa hukum hak asasi manusia 2. Ketepatan dalam menjelaskan bentuk pelanggaran ham

Kriteria:

Kriteria: Ketepatan, penguasaan. Bentuk test: - Bentuk non-test: Tanya jawab


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150 menit

Materi: International Covenant on Civil and Political Rights
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

  1. Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
  2. International Covenant on Economic, Social and Cultural Rights

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan

Kriteria:

Penyampaian dan pemahaman


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
150 menit

Materi: International Covenant on Economic, Social and Cultural Rights
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

  1. Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
  2. International Covenant on Economic, Social and Cultural Rights

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan

Kriteria:

Penyampaian dan pemahaman


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
150 menit

Materi: International Covenant on Economic, Social and Cultural Rights
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

  1. Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan
  2. International Covenant on Economic, Social and Cultural Rights

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan

Kriteria:

Penyampaian dan pemahaman


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
150 menit

Materi: International Covenant on Economic, Social and Cultural Rights
Pustaka:
5%

8

Minggu ke 8

  1. Ujian
  2. UJIAN TENGAH SEMESTER

Memahami Hak Asasi Manusia

Kriteria:

Ujian Tertulis


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
150 menit

Materi: UTS
Pustaka:
20%

9

Minggu ke 9

  1. 1. Mampu menjelaskan tentang akar historis gelombang kedua feminisme
  2. 2. Mampu menjelaskan aliran feminisme eksistensialis.
  1. 1. Ketepatan dalam menjelaskan tentang akar historis gelombang kedua feminisme
  2. 2. Ketepatan dalam menjelaskanaliran feminisme ekstensialis
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian, dan penugasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PBL, Diskusi Kelompok
150 menit

Materi: -Feminisme Radikal - Eminisme Sosialis - Feminisme Marxiss
Pustaka:
5%

10

Minggu ke 10

  1. 1. Mampu menjelaskan tentang akar historis gelombang kedua feminisme
  2. 2. Mampu menjelaskan aliran feminisme eksistensialis.
  1. 1. Ketepatan dalam menjelaskan tentang akar historis gelombang kedua feminisme
  2. 2. Ketepatan dalam menjelaskan aliran feminisme ekstensialis
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian, dan penugasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
PBL, Diskusi Kelompok
150 menit

Materi: - Feminisme Radikal - Eminisme Sosialis - Feminisme Marxiss
Pustaka:
5%

11

Minggu ke 11

  1. 1. Mampu menjelaskan akar historis feminisme gelombang ketiga
  2. 2. Mampu menjelaskan tentang aliran-aliran dalam feminisme gelombang ketiga
  3. 3. Mampu mengidentifikasi perbedaan diantara ekofeminisme dengan feminisme postkolonial
  1. 1. Ketepatan dalam menjelaskan tentang akar historis feminisme gelombang ketiga 2. Ketepatan dalam menjelaskan tentang aliran-aliran dalam feminisme gelombang ketiga 3. Ketepatan dalam membedakan aliran ekofeminisme dengan feminisme postkolonial.
  2. 2. Mampu menjelaskan tentang aliran-aliran dalam feminisme gelombang ketiga
  3. 3. Mampu mengidentifikasi perbedaan diantara ekofeminisme dengan feminisme postkolonial
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian, dan penugasan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes

Kuliah melalui vinesa/ gc/meet
PBL
90 menit
Materi: - Ekofeminisme - Feminisme Postkolonial
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

1. Mampu menjelaskan akar historis feminisme gelombang ketiga 2. Mampu menjelaskan tentang aliran-aliran dalam feminisme gelombang ketiga 3. Mampu mengidentifikasi perbedaan diantara ekofeminisme dengan feminisme postkolonial

1. Ketepatan dalam menjelaskan tentang akar historis feminisme gelombang ketiga 2. Ketepatan dalam menjelaskan tentang aliran-aliran dalam feminisme gelombang ketiga 3. Ketepatan dalam membedakan aliran ekofeminisme dengan feminisme postkolonial.

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian, dan penugasan


Bentuk Penilaian :
Tes

Kuliah melalui vinesa/ gc/meet
90 menit
Materi: - Ekofeminisme - Feminisme Postkolonial
Pustaka:
5%

13

Minggu ke 13

Mampu menjelaskan tentang konsep-konsep keterwakilan politik perempuan

Ketepatan dalam menjelaskan konsep-konsep kererwakilan politik perempuan

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian, dan penugasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PBL
150 menit

Materi: 1. Konsep-konsep keterwakilan perempuan oleh Hanna Pitkin. 2. Keterwakilan deskriptis dan keterwakilan substantif 3. Sistem Pemilu
Pustaka:
5%

14

Minggu ke 14

Mampu menjelaskan tentang konsep gender mainstraiming/pengurus utamaan Gender (PUG)

Ketepatan dalam menjelaskan tentang konsep gender mainstraiming/pengurus utamaan Gender (PUG)

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian, dan penugasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya Jawab
150 menit

Materi: 1. Sejarah PUG 2. Urgensi PUG 3. Kebijakan dan Praktik PUG di Indonesia
Pustaka:
5%

15

Minggu ke 15

  1. 1. Mampu menguraikan sejarah gender dan Pembangunan
  2. 2. Mampu menjelaskan tentang konsep gender dan pembangunan
  3. 3. Mampu menjelaskan perbedaan antara Women in Development, Women and Development dan Gender and Development.

1. Ketetapan dalam menguraikan sejarah gender dan Pembangunan 2. Ketepatan dalam menjelaskan gender dan pembangunan 3. Penguasaan, dan kesesuaian dalam membedakan antara Women in Development, Women and Development dan Gender and Development.

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian, dan penugasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PBL
150 menit

Materi: 1. Sejarah WID, WAD, GAD. 2. Relasi WID, WAD dan GAD dengan teori pembangunan mainstream 3. Konsep GAD 4. Kerja produktif. Kerja reproduktif dan kerja komunitas 5. Kepentingan gender
Pustaka:
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Tes
TES
150 menit

Materi: UAS
Pustaka:
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50.5%
2. Penilaian Portofolio 7.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 2.5%
4. Tes 39.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.