Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Manajemen Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sarana dan Fasilitas Kegiatan Manajemen Olahraga

8930103015

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=1

ECTS=4.77

1

21 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Lutfhi Abdil Khuddus, S.Pd., M.Pd.




Lutfhi Abdil Khuddus, S.Pd., M.Pd.




Eva Ferdita Yuhantini, S.Pd., M.Kes.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara mandiri maupun kelompok dalam bidang manajemen olahraga.

PLO-8

Mampu melakukan manajemen setiap event olahraga dengan penganggaran dan pemasaran yang efektif berdasarkan teori manajemen olahraga

PLO-11

Mampu mengidentifikasi permasalahan bidang manajemen olahraga di Indonesia dan global

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami pengertian sarana dan prasarana olahraga

PO - 2

Menguasai perencanaan sarana dan prasarana olahraga.

PO - 3

Memahami macam- macam sarana dan prasarana olahraga

PO - 4

Memahami macam- macam sarana dan prasarana olahraga

PO - 5

Memahami macam- macam sarana dan prasarana olahraga

PO - 6

Memahami macam- macam sarana dan prasarana olahraga

PO - 7

Memahami surfecing lapangan dan konstruksinya

PO - 8

Memahami peran serta sarana dan prasarana olahraga bagi masyarakat.

PO - 9

Memahami perawatan sarana dan prasarana olahraga.

PO - 10

Memahami perawatan sarana dan prasarana olahraga.

PO - 11

Menjelaskan pelayanan dan penggunaan fasilitas olahraga beserta peralatannya

PO - 12

Menjelaskan pelayanan dan penggunaan fasilitas olahraga beserta peralatannya

PO - 13

Mengetahui pengelolaan alat olahraga

PO - 14

Mengetahui pengelolaan alat olahraga

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7PLO-8PLO-11
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13
PO-14

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13
PO-14

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Pogram Studi S1 Manajemen Olahraga. Setelah menempuh perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu memahami teori dan konsep sarana dan fasilitas kegiatan manajemen olahraga olahraga, mampu memahami,dan menerapkan standar olahraga untuk cabang olahraga, mampu menganalisis,dan menerapkan standar sarana prasarana untuk kejuaraan resmi. Materi perkuliahan ini meliputi Hakikat, tujuan dan Manfaat Sarana Prasarana, Sarana dan Prasarana Olahraga, Pengelolaan sarana dan prasarana Olahraga, Analisis kebutuhan sarana prasarana, Standar sarana dan prasarana cabang olahraga, Sarana prasarana olahraga individu dan tim, Sarana prasarana olahraga indour dan outdor, Sarana prasarana olahraga bola besar dan kecil, Analisis kelebihan dan kekurangan sarana prasarana.

Pustaka

Utama :

  1. Midgley Rud cs. 1996. Ensiklopedi Olahraga . Semarang: Dahara Prize.
  2. Atmasubrata Ginanjar. 2012. Serba Tahu Dunia Olahraga . Surabaya: Dafa Publishing.
  3. Pardijono dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Lutfhi Abdil Khuddus, S.Pd., M.Pd.

Hijrin Fithroni, S.Or., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

pengertian sarana dan prasarana olahraga

  1. 1. Mampu menjelaskan pengertian tentang sarana olahraga
  2. 2. Mampu menjelaskan pengertian tentang prasarana olahraga
Kriteria:
  1. Kriteria: Memahami Sarana dan Prasarana Olahraga secara menyeluruh sesuai dengan Indikator Penilaian
  2. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Base Learning
150 menit

Materi: pengertian sarana dan prasarana olahraga
Pustaka: Midgley Rud cs. 1996. Ensiklopedi Olahraga . Semarang: Dahara Prize.

Materi: pengertian sarana dan prasarana olahraga
Pustaka: Pardijono dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press.
3%

2

Minggu ke 2

perencanaan sarana dan prasarana olahraga.

Mampu menguasai perencanaan sarana dan prasarana olahraga.

Kriteria:
  1. Kriteria: Memahami Sarana dan Prasarana Olahraga secara menyeluruh sesuai dengan Indikator Penilaian
  2. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
1. Project Based Learning
2. Case method
150 menit
Google meet
150 menit
Materi: menguasai perencanaan sarana dan prasarana olahraga.
Pustaka: Pardijono dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press.
4%

3

Minggu ke 3

Memahami macam- macam sarana dan prasarana olahraga

Mendiskusikan dan menjelaskan tentang macam-macam sarana dan prasarana olahraga

Kriteria:
  1. Kriteria: Memahami Sarana dan Prasarana Olahraga secara menyeluruh sesuai dengan Indikator Penilaian
  2. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
1. Project Based Learning
2. Case method
150 menit
Google Meet dan Zoom
150 menit
Materi: pengenalan sarana dan prasarana
Pustaka: Midgley Rud cs. 1996. Ensiklopedi Olahraga . Semarang: Dahara Prize.
4%

4

Minggu ke 4

macam- macam sarana dan prasarana olahraga

Mendiskusikan dan menjelaskan tentang macam-macam sarana dan prasarana olahraga

Kriteria:
  1. Kriteria: Memahami Sarana dan Prasarana Olahraga secara menyeluruh sesuai dengan Indikator Penilaian
  2. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Project Based Learning
2. Case method
150 menit
Google Meet dan Zoom
150 menit
Materi: pengenalan sarana dan prasarana
Pustaka: Midgley Rud cs. 1996. Ensiklopedi Olahraga . Semarang: Dahara Prize.
3%

5

Minggu ke 5

Memahami macam- macam sarana dan prasarana olahraga

Mendiskusikan dan menjelaskan tentang macam-macam sarana dan prasarana olahraga

Kriteria:
  1. Kriteria: Memahami Sarana dan Prasarana Olahraga secara menyeluruh sesuai dengan Indikator Penilaian
  2. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Project Based Learning
2. Case method
150 menit
Google Meet dan Zoom
150 menit
Materi: pengenalan sarana dan prasarana
Pustaka: Pardijono dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press.
2%

6

Minggu ke 6

macam- macam sarana dan prasarana olahraga

Mendiskusikan dan menjelaskan tentang macam-macam sarana dan prasarana olahraga

Kriteria:
  1. Kriteria: Memahami Sarana dan Prasarana Olahraga secara menyeluruh sesuai dengan Indikator Penilaian
  2. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Project Based Learning
2. Case method
150 menit
Google Meet dan Zoom
150 menit
Materi: pengenalan sarana dan prasarana
Pustaka: Atmasubrata Ginanjar. 2012. Serba Tahu Dunia Olahraga . Surabaya: Dafa Publishing.
2%

7

Minggu ke 7

surfecing lapangan dan konstruksinya

  1. 1. Mendiskusikan dan menjelaskan tentang surfecing lapangan
  2. 2. Mendiskusikan dan menjelaskan tentang konstruksi lapangan
Kriteria:
  1. Kriteria: Memahami Sarana dan Prasarana Olahraga secara menyeluruh sesuai dengan Indikator Penilaian
  2. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Project Based Learning
2. Case method
150 menit
Google meet dan zoom
150 menit
Materi: pengenalan sarana dan prasarana
Pustaka: Atmasubrata Ginanjar. 2012. Serba Tahu Dunia Olahraga . Surabaya: Dafa Publishing.
7%

8

Minggu ke 8

peran serta sarana dan prasarana olahraga bagi masyarakat.

Kriteria:
  1. Kriteria: Ujian Tengah Semester
  2. Bentuk Penilaian: Tes

Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Tes
Ujian Tengah Semester - Essay
100 menit

Materi: pengenalan sarana dan prasarana
Pustaka: Atmasubrata Ginanjar. 2012. Serba Tahu Dunia Olahraga . Surabaya: Dafa Publishing.
25%

9

Minggu ke 9

perawatan sarana dan prasarana olahraga.

  1. 1. Mendiskusikan peran serta sarana olahraga bagi masyarakat.
  2. 2. Mendiskusikan peran serta prasarana olahraga bagi masyarakat
Kriteria:
  1. Kriteria: Memahami Sarana dan Prasarana Olahraga secara menyeluruh sesuai dengan Indikator Penilaian
  2. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Project Based Learning
2. Case method
150 menit
Google Meet dan Zoom
150 menit
Materi: pengenalan sarana dan prasarana
Pustaka: Atmasubrata Ginanjar. 2012. Serba Tahu Dunia Olahraga . Surabaya: Dafa Publishing.
3%

10

Minggu ke 10

Memahami perawatan sarana dan prasarana olahraga.

  1. 1. Mendiskusikan dan menjelaskan perawatan sarana olahraga
  2. 2. Mendiskusikan dan menjelaskan perawatan prasarana olahraga
Kriteria:
  1. Kriteria: Kriteria Penilaian Partisipasi
  2. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
1. Project Based Learning
2. Case method
150 menit
Google Meet dan Zoom
150 menit
Materi: pengenalan sarana dan prasarana
Pustaka: Midgley Rud cs. 1996. Ensiklopedi Olahraga . Semarang: Dahara Prize.
3%

11

Minggu ke 11

pelayanan dan penggunaan fasilitas olahraga beserta peralatannya

  1. 1. Mendiskusikan dan menjelaskan tentang pelayanan fasilitas olahraga beserta peralatannya
  2. 2. Mendiskusikan dan menjelaskan penggunaan fasilitas olahraga beserta peralatannya
Kriteria:
  1. Kriteria: Memahami Sarana dan Prasarana Olahraga secara menyeluruh sesuai dengan Indikator Penilaian
  2. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
1. Project Based Learning
2. Case method
150 menit
Google meet dan Zoom
150 menit
Materi: pengenalan sarana dan prasarana
Pustaka: Atmasubrata Ginanjar. 2012. Serba Tahu Dunia Olahraga . Surabaya: Dafa Publishing.
3%

12

Minggu ke 12

pelayanan dan penggunaan fasilitas olahraga beserta peralatannya

  1. 1. Mendiskusikan dan menjelaskan tentang pelayanan fasilitas olahraga beserta peralatannya
  2. 2. Mendiskusikan dan menjelaskan penggunaan fasilitas olahraga beserta peralatannya
Kriteria:
  1. Kriteria: Kriteria Penilaian Partisipasi
  2. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
1. Project Based Learning
2. Case method
150 menit
Google meet dan Zoom
150 menit
Materi: pengenalan sarana dan prasarana
Pustaka: Midgley Rud cs. 1996. Ensiklopedi Olahraga . Semarang: Dahara Prize.
3%

13

Minggu ke 13

pelayanan dan penggunaan fasilitas olahraga beserta peralatannya

  1. 1. Mendiskusikan dan menjelaskan tentang pelayanan fasilitas olahraga beserta peralatannya
  2. 2. Mendiskusikan dan menjelaskan penggunaan fasilitas olahraga beserta peralatannya
Kriteria:
  1. Kriteria: Kriteria Penilaian Partisipasi
  2. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
1. Project Based Learning
2. Case method
150 menit
Google Meet dan Zoom
150 menit
Materi: pengenalan sarana dan prasarana
Pustaka: Pardijono dan Yulfadinata Afifan. 2014. Buku Ajar Sarana dan Prasarana Olahraga Edisi 1 . Surabaya: Unesa University Press.
3%

14

Minggu ke 14

Mengetahui pengelolaan alat olahraga

Mendiskusikan dan menjelaskan tentang pengelolaan alat olahraga

Kriteria:
  1. Kriteria: Memahami Sarana dan Prasarana Olahraga secara menyeluruh sesuai dengan Indikator Penilaian
  2. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
1. Project Based Learning
2. Case method
150 menit
Google meet dan Zoom
150 menit
Materi: pengenalan sarana dan prasarana
Pustaka: Atmasubrata Ginanjar. 2012. Serba Tahu Dunia Olahraga . Surabaya: Dafa Publishing.
3%

15

Minggu ke 15

pengelolaan alat olahraga

Mendiskusikan dan menjelaskan tentang pengelolaan alat olahraga

Kriteria:
  1. Kriteria: Kriteria Penilaian Partisipasi
  2. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
1. Project Based Learning
2. Case method
150 menit
Google Meet dan Zoom
150 menit
Materi: pengelolaan alat olahraga
Pustaka: Midgley Rud cs. 1996. Ensiklopedi Olahraga . Semarang: Dahara Prize.
7%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Sesuai dengan pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Tes
Essay
100 menit
Google meet
Materi: Sarana dan Fasilitas Manajemen Olahraga
Pustaka: Atmasubrata Ginanjar. 2012. Serba Tahu Dunia Olahraga . Surabaya: Dafa Publishing.
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 26.73%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 12.73%
3. Penilaian Portofolio 1.33%
4. Penilaian Praktikum 15.9%
5. Praktik / Unjuk Kerja 1.4%
6. Tes 38.9%
96.99%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.