
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Chukyu Nihongo Oyo |
8820503053 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
4 |
3 Mei 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Rusmiyati, S.Pd., M.Pd.
|
RUSMIYATI |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-7 |
Mampu berbahasa Jepang secara reseptif dan produktif dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan |
PLO-11 |
Menguasai konsep dasar kebahasaan, pembelajaran bahasa, keterampilan berbahasa, penelitian bahasa dan pendidikan bahasa Jepang. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
• Mengidentifikasi informasi tersurat dan tersirat dari teks atau percakapan Bab 7–12. • Memahami struktur dan pola kalimat menengah seperti ~わけではない, ~に対して, ~ことになる, dll. • Menafsirkan makna berdasarkan konteks situasional dalam studi kasus.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menyusun dan menyampaikan gagasan secara produktif dalam bentuk lisan dan tulisan bahasa Jepang tingkat menengah yang sesuai konteks, berdasarkan studi kasus dari Bab 7–12.
|
PO - 3 |
• Menulis ringkasan, pendapat, dan solusi terhadap studi kasus menggunakan pola bahasa Bab 7–12. • Melakukan presentasi atau diskusi dalam bahasa Jepang secara koheren dan sopan sesuai konteks. • Menggunakan ekspresi dan kosakata menengah dalam berbagai situasi (umum, akademis, dan kerja)
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menerapkan konsep kebahasaan dan keterampilan berbahasa Jepang tingkat menengah secara terpadu untuk memecahkan masalah dalam studi kasus yang relevan dengan kehidupan nyata.
|
PO - 5 |
• Menganalisis kasus yang mengandung aspek sosial-budaya Jepang dan menghubungkannya dengan struktur kebahasaan. • Mengintegrasikan keterampilan mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara dalam penyelesaian tugas berbasis studi kasus. • Menggunakan konsep tata bahasa dan ekspresi dari Bab 7–12 secara tepat dalam konteks kehidupan sehari-hari, akademik, dan kerja.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-7 | PLO-11 | | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | ✔ | | | PO-4 | ✔ | | | PO-5 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-2 | ✔ | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Chūkyū Nihongo Ōyō adalah mata kuliah keterampilan berbahasa Jepang tingkat menengah yang memfokuskan pada kemampuan reseptif (mendengar, membaca) dan produktif (berbicara, menulis) dalam konteks keseharian, akademis, dan pekerjaan. Berbasis buku Minna no Nihongo Chūkyū I Bab 7–12, mahasiswa mempelajari tata bahasa, kosakata, dan ungkapan yang digunakan dalam situasi nyata, serta mengaplikasikannya melalui metode case study. Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis situasi, merancang strategi komunikasi, dan mempraktikkan keterampilan bahasa secara efektif sesuai kaidah kebahasaan dan etika komunikasi bahasa Jepang. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Minna no Nihongo Chukyu I
|
Pendukung : |
|
- Video pembelajaran
- Renshuuchou
- Buku penunjang lain
- 3A Corp. (2008). Minna no Nihongo Chukyuu I. Tokyo: Surie network.
- 3A Corp.(2008). Minna no Nihongo Chukyuu I: Oshiekata no Tebiki. Tokyo: Surie network.
- 5. -. (thn). New Approach Japanese Intermediate Course. Tokyo.
|
Dosen Pengampu
|
YOVINZA BETHVINE SOPAHELUWAKAN URIP ZAENAL FANANI SUBANDI MINTARSIH MIFTACHUL AMRI JOKO PRASETYO Dr. Urip Zaenal Fanani, M.Pd. Dr. Urip Zaenal Fanani, M.Pd. Dr. Mintarsih, S.S., M.Pd. Dr. Mintarsih, S.S., M.Pd. Joko Prasetyo, S.Pd., M.Pd. Joko Prasetyo, S.Pd., M.Pd. Dra. Yovinza Bethvine Sopaheluwakan, M.Pd. Dra. Yovinza Bethvine Sopaheluwakan, M.Pd. Prof. Dr. Subandi, S.Pd., M.A. Prof. Dr. Subandi, S.Pd., M.A. Miftachul Amri, S.Pd., M.Pd., M.Ed., Ph.D. Miftachul Amri, S.Pd., M.Pd., M.Ed., Ph.D. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami teks lisan dan tulisan berbahasa Jepang tingkat menengah yang mencakup topik keseharian, akademis, dan pekerjaan pada bab 7–12 Minna no Nihongo Chūkyū I, serta mengidentifikasi ide pokok dan informasi rinci melalui studi kasus yang relevan. |
Partisipasi aktif, menjawab pertanyaan dasar |
Kriteria:
- 1. Hasil Kinerja : RPP (bobot 60%)
- a. Ketepatan waktu mengumpulkan hasil kinerja
- b. Kesesuian dengan komponen dalam RPP
- c. Kerapian kinerja
- d. Ketepatan pengembangan IPK dengan tuntutan Kompetensi Dasar (KD)
- e. Ketepatan pemilihan model pembelajaran f. Ketepatan memilih
- f. Ketepatan memilih sumber belajar
- g. Ketepatan memilih instrumen penilaian
- h. Power Ketepatan Tujuan Pembelajaran dengan IPK dan format ABCD
- 2. Point untuk presentasi (10%)
- Jelas dan konsisten, Sedehana & inovative, menampilkan gambar & blok sistem,tulisan menggunakan font yang mudah dibaca, jika diperlukan didukung dengan gambar dan vedio clip yang relevant
- Presentasi hasil Kinerja (30%)
- Bahasa komunikatif, penguasaan materi, penguasaan audiensi, pengendalian waktu (10 menit presentasi 5 menit diskusi), kejelasan & ketajaman paparan, penguasaan media presentasi
- Bobot penilaian 20% dari keseluruhan penilaian mata kuliah ini
- LAIN-LAIN
- 1. Tugas projek dikerjakan secara mandiri maupun berkelompok dengan penuh tanggung jawab
- 2. Penilaian tugas ini 20% dari 100% penilaian mata kuliah ini
- 70% benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Demonstrasi, tanya jawab, demonstrasi 2 X 50 |
Demonstrasi, tanya jawab, demonstrasi 100 menit |
Materi: Bab 1 Pustaka: Noboru Oyanagi. 2017. New Approach Japanese Intermediate. Japan: Gobunkenkyusha Materi: Orientasi, pengenalan bab 7–12 Pustaka: Minna no Nihongo Chukyu I |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Kriteria:
Rubrik penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Kooperatif KolaboratifPJBL 3 X 50 |
100 |
Materi: Bab 1 Pustaka: Noboru Oyanagi. 2017. New Approach Japanese Intermediate. Japan: Gobunkenkyusha Materi: Bab 1 Pustaka: Materi: Bab 7 – kosakata & pola kalimat Pustaka: Minna no Nihongo Chukyu I |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang menengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Kriteria:
Rubrik penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kooperatif KolaboratifPJBL 2 X 50 |
Diskusi melalui break out rooms 2x50 |
Materi: Bab 2 Pustaka: Noboru Oyanagi. 2017. New Approach Japanese Intermediate. Japan: Gobunkenkyusha Materi: Bab 7 – membaca & mendengar Pustaka: Minna no Nihongo Chukyu I |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang menengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Kriteria:
Rubrik penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Kooperatif KolaboratifPJBL 3 X 50 |
|
Materi: Bab 3 Pustaka: Materi: Minna nihongo shokyu II, Tokyo: suriee network-3A Pustaka: Renshuuchou Materi: Bab 7 – ringkasan & percakapan Pustaka: Minna no Nihongo Chukyu I |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang menengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Kriteria:
Rubrik penilaian Tes Objektif, Tes Subjektif, Tes Kinerja (terlampir) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Kooperatif KolaboratifPJBL 3 X 50 |
Break out rooms 2x20 |
Materi: Bab 3 Pustaka: Materi: Bab 8 – kosakata & pola kalimat Pustaka: Minna no Nihongo Chukyu I |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Kriteria:
Rubrik penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kooperatif KolaboratifPJBL 3 X 50 |
Break out rooms 2x100 |
Materi: bab 6 Pustaka: 3A Corp. (2008). Minna no Nihongo Chukyuu I. Tokyo: Surie network. Materi: Bab 8 – membaca & mendengar Pustaka: Minna no Nihongo Chukyu I |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Kriteria:
Rubrik penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kooperatif KolaboratifPJBL 3 X 50 |
|
Materi: Bab 4 Pustaka: Materi: Bab 4 Pustaka: Materi: Bab 8 – problem solving Pustaka: Minna no Nihongo Chukyu I |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
Jumlah skor 100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UTS 3 X 50 |
Break out rooms 2x50 |
Materi: Bab 5 Pustaka: Materi: Bab 7–8 Pustaka: Minna no Nihongo Chukyu I Materi: Bab 9 – kosakata & pola kalimat Pustaka: Minna no Nihongo Chukyu I |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Kriteria:
Rubrik penilaian tes Objektif, tes subjektif, dan tes kinerja (terlampir) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kooperatif KolaboratifPJBL 2 X 50 |
Break out rooms 2x50 |
Materi: Bab 5 Pustaka: Materi: Bab 9 – membaca & mendengar Pustaka: Minna no Nihongo Chukyu I |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Kriteria:
Rubrik penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kooperatif KolaboratifPJBL 3 X 50 |
Break out rooms 2x100 |
Materi: Bab 5 Pustaka: Materi: Bab 9 – problem solving Pustaka: Minna no Nihongo Chukyu I |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Kriteria:
Rubkrik Penilaian Tes Objektif, Subjektif, dan Kinerja (terlampir) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kooperatif KolaboratifPJBL 3 X 50 |
Break out rooms 2x50 |
Materi: Bab 6 Pustaka: Materi: Bab 10 – kosakata & pola kalimat Pustaka: Minna no Nihongo Chukyu I |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Kriteria:
Rubrik Penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kooperatif KolaboratifPJBL 3 X 50 |
Break out rooms 2x50 |
Materi: Bab 6 Pustaka: Materi: Bab 10 – membaca & mendengar Pustaka: Minna no Nihongo Chukyu I |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Dapat memehami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Kriteria:
Rubrik Penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kooperatif KolaboratifPJBL 3 X 50 |
Break out rooms 2x50 |
Materi: Bab 7 Pustaka: Materi: Bab 10 – problem solving Pustaka: Minna no Nihongo Chukyu I |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Dapat memahami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Kriteria:
Rubrik penilaian tes objektif, subjektif, dan kinerja (terlampir) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kooperatif KolaboratifPJBL 3 X 50 |
Break out rooms 2x50 |
Materi: Bab 7 Pustaka: Materi: Bab 7–12 ringkasan Pustaka: Minna no Nihongo Chukyu I |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami pola-pola kalimat dan kosa kata bahasa Jepang MenengahMempraktekkan pola-pola dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Dapat memahami pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengahDapat mempraktekkan pola-pola kalimat dan kosakata bahasa Jepang menengah |
Kriteria:
Rubrik penilaian tes objektif, subjektif, kinerja (terlampir) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kooperatif KolaboratifPJBL 3 X 50 |
Break out rooms 2x50 |
Materi: Bab 8 Pustaka: Materi: Bab 7–12 ringkasan Pustaka: Minna no Nihongo Chukyu I |
5% |
16
Minggu ke 16 |
mampu membuata kalimat |
mampu membuat kalimat |
Kriteria:
mampu membuat kalimat serta merespon pertanyaan dengan baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Break out rooms 2x50 |
Break out rooms 2x50 |
Materi: UAS Pustaka: 3A Corp. (2008). Minna no Nihongo Chukyuu I. Tokyo: Surie network. Materi: Bab 7–12 Pustaka: Minna no Nihongo Chukyu I |
20% |