
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Jerman
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kreatives Schreiben |
7920603089 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
16 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Raden Roro Dyah Woroharsi Parnaningroem
|
.......................................
|
WISMA KURNIAWATI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menguasai keterampilan berbahasa Jerman dan menerapkannya secara lisan dan tulis sesuai konteks dengan kompetensi setara Common European Framework of Reference (CEFR) level A1–B1. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menerapkan kaidah penulisan kreatif dalam behasa Jerman dalam kegiatan menulis kreatif baik berupa fiksi maupun non fiksi melalui tahapan menulis kreatif.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menerapkan kaidah menulis kreatif dalam bahasa Jerman dalam tim.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menciptakan tulisan yang bersifat kreatif, sistematis, logis dan kritis berdasarkan tema dalam bahasa Jerman.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-5 | | PO-1 | | | ✔ | | PO-2 | ✔ | | | | PO-3 | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | | ✔ | | | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | | | ✔ | | ✔ | | PO-2 | ✔ | | | ✔ | | | | | ✔ | | | ✔ | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | ✔ | ✔ | | | ✔ | | ✔ | | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Kreatives Schreiben bertujuan membekali mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan menulis berbahasa Jerman yang kreatif dan inspiratif. Proses menulis kreatif baik berupa fiksi maupun non-fiksi, seperti cerita pendek, puisi, esai, lagu dan tulisan populer lainnya. Kemampuan berbahasa Jerman yang baik juga mencakup pengembangan gaya penulisan pribadi, teknik merencanakan, menulis, dan mengevaluasi karya tulis secara mandiri. Penilaian dilakukan melalui penilaian partisipasi, tugas, tes formatif dan tes sumatif. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Hall, Karin; Scheiner, Barbara. 2011. Übungsgrammatik für Fortgeschrittene. Verlag für Deutsch.
- Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett.
- McKie, Robert, 2013. Creative Writing. London: Cambridge.
- Suparno. 2004. Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi. Jakarta: UT.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dra. Raden Roro Dyah Woroharsi Parnaningroem, M.Pd. Ajeng Dianing Kartika, S.S., M.Hum. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami pengantar kuliah Kreatives Schreiben. |
- Mahasiswa mampu menjelakan hakikat mata kuliah Kreatives Schreiben
- Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya mata kuliah Kreatives Schreiben
- Mahasiswa mampu menyebutkan jenis-jenis menulis kreatif
|
Kriteria:
85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Inkuiri 3 X 50 |
|
Materi: pengantar Kreatives Schreiben Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menuliskan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui Assoziatives Verfahren. |
- Dapat menemukan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui kegiatan Assoziatives Verfahren.
- Dapat menuliskan kata-kata berdasarkan kaidah bahasa Jerman yang benar melalui kegiatan Assoziatives Verfahren.
|
Kriteria:
85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Komunikatif 3 X 50 |
|
Materi: Assoziatives Verfahren Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu mengimplementasikan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui Assoziatives Verfahren. |
- Dapat menyebutkan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui kegiatan Assoziatives Verfahren.
- Dapat menerapkan kata-kata berdasarkan kaidah bahasa Jerman yang benar melalui kegiatan Assoziatives Verfahren.
|
Kriteria:
85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran komunikatif, inkuiri 3 X 50 |
|
Materi: Assoziatives Verfahren Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett. |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menuliskan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui Schreibspiele. |
- Dapat menemukan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui kegiatan Schreibspiele.
- Dapat menuliskan kata-kata berdasarkan kaidah bahasa Jerman yang benar melalui kegiatan Schreibspiele.
|
Kriteria:
85≤A Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran komunikatif, inkuiri 3 X 50 |
|
Materi: Schreibspiele Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mengimplementasikan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui Schreibspiele. |
- Dapat menyebutkan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui kegiatan Schreibspiele.
- Dapat menerapkan kata-kata berdasarkan kaidah bahasa Jerman yang benar melalui kegiatan Schreibspiele.
|
Kriteria:
85≤A Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran komunikatif 3 X 50 |
|
Materi: Kata-kata bahasa Jerman melalui Schreibspiele. Pustaka: Hall, Karin; Scheiner, Barbara. 2011. Übungsgrammatik für Fortgeschrittene. Verlag für Deutsch. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menuliskan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui Schreiben nach Vorgaben, Regeln und Mustern |
- Dapat menemukan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui kegiatan Schreiben nach Vorgaben, Regeln und Mustern.
- Dapat menuliskan kata-kata berdasarkan kaidah bahasa Jerman yang benar melalui kegiatan Schreiben nach Vorgaben, Regeln und Mustern.
|
Kriteria:
85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Komunikatif, inkuiri 3 X 50 |
|
Materi: Schreiben nach Vorgaben, Regeln und Mustern Pustaka: McKie, Robert, 2013. Creative Writing. London: Cambridge. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mengimplementasikan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui Schreiben nach Vorgaben, Regeln und Mustern |
- Dapat menyebutkan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui kegiatan Schreiben nach Vorgaben, Regeln und Mustern
- Dapat menerapkan kata-kata berdasarkan kaidah bahasa Jerman yang benar melalui kegiatan Assoziatives Verfahren. Schreiben nach Vorgaben, Regeln und Mustern
|
Kriteria:
85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Komunikatif, inkuiri 3 X 50 |
|
Materi: Schreiben nach Vorgaben, Regeln und Mustern Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mengerjakan pertanyaan tes formatif. |
Skor: rentang 0-100 pengamatan: sangat baik, baik, cukup, kurang baik |
Kriteria:
85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pengerjaan tes formatif 3 X 50 |
|
Materi: Tes Formatif Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menuliskan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui Schreiben zu und nach literarischen Texten. |
- Dapat menemukan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui kegiatan Schreiben zu und nach literarischen Texten.
- Dapat menuliskan kata-kata berdasarkan kaidah bahasa Jerman yang benar melalui kegiatan Schreiben zu und nach literarischen Texten.
|
Kriteria:
85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran komunikatif, Inkuiri 3 X 50 |
|
Materi: Kata-kata bahasa Jerman melalui Literarische Texte Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu mengimplementasikan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui Schreiben zu und nach literarischen Texten. |
- Dapat menyebutkan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui kegiatan Schreiben zu und nach literarischen Texten.
- Dapat menerapkan kata-kata berdasarkan kaidah bahasa Jerman yang benar melalui kegiatan Schreiben zu und nach literarischen Texten.
|
Kriteria:
85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
pembelajaran komunikatif, inkuiri 3 X 50 |
|
Materi: Schreiben zu und nach literarischen Texten Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menuliskan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui Schreiben zu und nach literarischen Texten. |
- Dapat menemukan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui kegiatan Schreiben zu und nach literarischen Texten.
- Dapat menuliskan kata-kata berdasarkan kaidah bahasa Jerman yang benar melalui kegiatan Schreiben zu und nach literarischen Texten.
|
Kriteria:
85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Komunikatif, inkuiri 3 X 50 |
|
Materi: Schreiben zu und nach literarischen Texten Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu mengimplementasikan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui Schreiben zu Stimuli. |
- Dapat menyebutkan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui kegiatan Schreiben zu Stimuli.
- Dapat menerapkan kata-kata berdasarkan kaidah bahasa Jerman yang benar melalui kegiatan Schreiben zu Stimuli.
|
Kriteria:
85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran Komunikatif, inkuiri 3 X 50 |
|
Materi: Schreiben zu Stimuli Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menuliskan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui Schreiben zu Stimuli. |
- Dapat menemukan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui kegiatan Schreiben zu Stimuli.
- Dapat menuliskan kata-kata berdasarkan kaidah bahasa Jerman yang benar melalui kegiatan Schreiben zu Stimuli.
|
Kriteria:
85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran komunikatif, inkuiri 3 X 50 |
|
Materi: Schreiben zu Stimuli Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mengimplementasikan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui Weiterschreiben an kreativen Texten. |
- Dapat menyebutkan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui kegiatan Weiterschreiben an kreativen Texten.
- Dapat menerapkan kata-kata berdasarkan kaidah bahasa Jerman yang benar melalui kegiatan Weiterschreiben an kreativen Texten.
|
Kriteria:
85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran komunikatif, inkuiri 3 X 50 |
|
Materi: Weiterschreiben an kreativen Texten Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menuliskan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui Weiterschreiben an kreativen Texten. |
- Dapat menemukan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui kegiatan Weiterschreiben an kreativen Texten.
- Dapat menuliskan kata-kata berdasarkan kaidah bahasa Jerman yang benar melalui kegiatan Weiterschreiben an kreativen Texten.
|
Kriteria:
85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran komunikatif, inkuiri 3 X 50 |
|
Materi: Weiterschreiben an kreativen Texten Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mengerjakan pertanyaan tes sumatif. |
Dapat menjawab pertanyaan tes sumatif. |
Kriteria:
85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mengerjakan tes sumatif 3 X 50 |
|
Materi: Tes Sumatif Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett. |
25% |