Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Jerman

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kreatives Schreiben

7920603089

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

16 Desember 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Raden Roro Dyah Woroharsi Parnaningroem




.......................................




WISMA KURNIAWATI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menguasai keterampilan berbahasa Jerman dan menerapkannya secara lisan dan tulis sesuai konteks dengan kompetensi setara Common European Framework of Reference (CEFR) level A1–B1.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menerapkan kaidah penulisan kreatif dalam behasa Jerman dalam kegiatan menulis kreatif baik berupa fiksi maupun non fiksi melalui tahapan menulis kreatif.

PO - 2

Mahasiswa mampu menerapkan kaidah menulis kreatif dalam bahasa Jerman dalam tim.

PO - 3

Mahasiswa mampu menciptakan tulisan yang bersifat kreatif, sistematis, logis dan kritis berdasarkan tema dalam bahasa Jerman.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-5
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Kreatives Schreiben bertujuan membekali mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan menulis berbahasa Jerman yang kreatif dan inspiratif. Proses menulis kreatif baik berupa fiksi maupun non-fiksi, seperti cerita pendek, puisi, esai, lagu dan tulisan populer lainnya. Kemampuan berbahasa Jerman yang baik juga mencakup pengembangan gaya penulisan pribadi, teknik merencanakan, menulis, dan mengevaluasi karya tulis secara mandiri. Penilaian dilakukan melalui penilaian partisipasi, tugas, tes formatif dan tes sumatif.

Pustaka

Utama :

  1. Hall, Karin; Scheiner, Barbara. 2011. Übungsgrammatik für Fortgeschrittene. Verlag für Deutsch.
  2. Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett.
  3. McKie, Robert, 2013. Creative Writing. London: Cambridge.
  4. Suparno. 2004. Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi. Jakarta: UT.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dra. Raden Roro Dyah Woroharsi Parnaningroem, M.Pd.

Ajeng Dianing Kartika, S.S., M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami pengantar kuliah Kreatives Schreiben.

  1. Mahasiswa mampu menjelakan hakikat mata kuliah Kreatives Schreiben
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya mata kuliah Kreatives Schreiben
  3. Mahasiswa mampu menyebutkan jenis-jenis menulis kreatif
Kriteria:

85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Inkuiri
3 X 50

Materi: pengantar Kreatives Schreiben
Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett.
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menuliskan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui Assoziatives Verfahren.

  1. Dapat menemukan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui kegiatan Assoziatives Verfahren.
  2. Dapat menuliskan kata-kata berdasarkan kaidah bahasa Jerman yang benar melalui kegiatan Assoziatives Verfahren.
Kriteria:

85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Komunikatif
3 X 50

Materi: Assoziatives Verfahren
Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett.
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mengimplementasikan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui Assoziatives Verfahren.

  1. Dapat menyebutkan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui kegiatan Assoziatives Verfahren.
  2. Dapat menerapkan kata-kata berdasarkan kaidah bahasa Jerman yang benar melalui kegiatan Assoziatives Verfahren.
Kriteria:

85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran komunikatif, inkuiri
3 X 50

Materi: Assoziatives Verfahren
Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett.
4%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menuliskan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui Schreibspiele.

  1. Dapat menemukan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui kegiatan Schreibspiele.
  2. Dapat menuliskan kata-kata berdasarkan kaidah bahasa Jerman yang benar melalui kegiatan Schreibspiele.
Kriteria:

85≤A


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran komunikatif, inkuiri
3 X 50

Materi: Schreibspiele
Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu mengimplementasikan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui Schreibspiele.

  1. Dapat menyebutkan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui kegiatan Schreibspiele.
  2. Dapat menerapkan kata-kata berdasarkan kaidah bahasa Jerman yang benar melalui kegiatan Schreibspiele.
Kriteria:

85≤A


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran komunikatif
3 X 50

Materi: Kata-kata bahasa Jerman melalui Schreibspiele.
Pustaka: Hall, Karin; Scheiner, Barbara. 2011. Übungsgrammatik für Fortgeschrittene. Verlag für Deutsch.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menuliskan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui Schreiben nach Vorgaben, Regeln und Mustern

  1. Dapat menemukan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui kegiatan Schreiben nach Vorgaben, Regeln und Mustern.
  2. Dapat menuliskan kata-kata berdasarkan kaidah bahasa Jerman yang benar melalui kegiatan Schreiben nach Vorgaben, Regeln und Mustern.
Kriteria:

85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Komunikatif, inkuiri
3 X 50

Materi: Schreiben nach Vorgaben, Regeln und Mustern
Pustaka: McKie, Robert, 2013. Creative Writing. London: Cambridge.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu mengimplementasikan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui Schreiben nach Vorgaben, Regeln und Mustern

  1. Dapat menyebutkan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui kegiatan Schreiben nach Vorgaben, Regeln und Mustern
  2. Dapat menerapkan kata-kata berdasarkan kaidah bahasa Jerman yang benar melalui kegiatan Assoziatives Verfahren. Schreiben nach Vorgaben, Regeln und Mustern
Kriteria:

85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Komunikatif, inkuiri
3 X 50

Materi: Schreiben nach Vorgaben, Regeln und Mustern
Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mengerjakan pertanyaan tes formatif.

Skor: rentang 0-100 pengamatan: sangat baik, baik, cukup, kurang baik

Kriteria:

85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pengerjaan tes formatif
3 X 50

Materi: Tes Formatif
Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett.
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menuliskan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui Schreiben zu und nach literarischen Texten.

  1. Dapat menemukan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui kegiatan Schreiben zu und nach literarischen Texten.
  2. Dapat menuliskan kata-kata berdasarkan kaidah bahasa Jerman yang benar melalui kegiatan Schreiben zu und nach literarischen Texten.
Kriteria:

85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran komunikatif, Inkuiri
3 X 50

Materi: Kata-kata bahasa Jerman melalui Literarische Texte
Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu mengimplementasikan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui Schreiben zu und nach literarischen Texten.

  1. Dapat menyebutkan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui kegiatan Schreiben zu und nach literarischen Texten.
  2. Dapat menerapkan kata-kata berdasarkan kaidah bahasa Jerman yang benar melalui kegiatan Schreiben zu und nach literarischen Texten.
Kriteria:

85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
pembelajaran komunikatif, inkuiri
3 X 50

Materi: Schreiben zu und nach literarischen Texten
Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menuliskan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui Schreiben zu und nach literarischen Texten.

  1. Dapat menemukan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui kegiatan Schreiben zu und nach literarischen Texten.
  2. Dapat menuliskan kata-kata berdasarkan kaidah bahasa Jerman yang benar melalui kegiatan Schreiben zu und nach literarischen Texten.
Kriteria:

85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Komunikatif, inkuiri
3 X 50

Materi: Schreiben zu und nach literarischen Texten
Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu mengimplementasikan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui Schreiben zu Stimuli.

  1. Dapat menyebutkan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui kegiatan Schreiben zu Stimuli.
  2. Dapat menerapkan kata-kata berdasarkan kaidah bahasa Jerman yang benar melalui kegiatan Schreiben zu Stimuli.
Kriteria:

85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran Komunikatif, inkuiri
3 X 50

Materi: Schreiben zu Stimuli
Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menuliskan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui Schreiben zu Stimuli.

  1. Dapat menemukan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui kegiatan Schreiben zu Stimuli.
  2. Dapat menuliskan kata-kata berdasarkan kaidah bahasa Jerman yang benar melalui kegiatan Schreiben zu Stimuli.
Kriteria:

85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran komunikatif, inkuiri
3 X 50

Materi: Schreiben zu Stimuli
Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu mengimplementasikan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui Weiterschreiben an kreativen Texten.

  1. Dapat menyebutkan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui kegiatan Weiterschreiben an kreativen Texten.
  2. Dapat menerapkan kata-kata berdasarkan kaidah bahasa Jerman yang benar melalui kegiatan Weiterschreiben an kreativen Texten.
Kriteria:

85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran komunikatif, inkuiri
3 X 50

Materi: Weiterschreiben an kreativen Texten
Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menuliskan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui Weiterschreiben an kreativen Texten.

  1. Dapat menemukan kata-kata bahasa Jerman yang tepat berbasis tema melalui kegiatan Weiterschreiben an kreativen Texten.
  2. Dapat menuliskan kata-kata berdasarkan kaidah bahasa Jerman yang benar melalui kegiatan Weiterschreiben an kreativen Texten.
Kriteria:

85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran komunikatif, inkuiri
3 X 50

Materi: Weiterschreiben an kreativen Texten
Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett.
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mengerjakan pertanyaan tes sumatif.

Dapat menjawab pertanyaan tes sumatif.

Kriteria:

85≤A<100; 80≤A-<85; 75≤B <80; 70≤B<75; 65≤B-<70; 60≤C <65; 55≤C<60; 40≤D<55; 0≤E<40


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mengerjakan tes sumatif
3 X 50

Materi: Tes Sumatif
Pustaka: Mueller, Friedrich. 2012. Kreatives Schreiben. Berlin:Klett.
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
3. Praktik / Unjuk Kerja 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.