
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Seni Budaya
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Desain Teknologi Pembelajaran Seni |
8810904846 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=2 |
ECTS=8.96 |
2 |
25 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd
|
Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd.Syaiful Qadar Basri S.Pd., M.Hum
|
Prof. Dr. Anik Juwariyah, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-5 |
Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner . |
PLO-10 |
Mampu mengembangkan desain, teknologi dan multimedia pembelajaran seni yang inovatif. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis teori, prinsip, dan konsep dasar desain teknologi pembelajaran dalam konteks pendidikan seni budaya.
|
PO - 2 |
Mengevaluasi berbagai pendekatan dan model desain instruksional yang relevan dengan pembelajaran seni berbasis budaya lokal dan teknologi.
|
PO - 3 |
Merancang media dan teknologi pembelajaran inovatif yang sesuai dengan karakteristik materi seni dan kebutuhan peserta didik.
|
PO - 4 |
Mengintegrasikan teknologi digital (e-learning, multimedia, AR/VR, dll.) ke dalam desain pembelajaran seni secara efektif dan estetis.
|
PO - 5 |
Mengimplementasikan desain teknologi pembelajaran seni melalui proyek kolaboratif berbasis konteks lokal dan global.
|
PO - 6 |
Mengkaji dampak penggunaan teknologi pembelajaran terhadap kualitas, efisiensi, dan daya tarik pembelajaran seni secara kritis dan reflektif.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-5 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | ✔ | | PO-5 | | | ✔ | PO-6 | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | | | | ✔ | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-6 | | | | ✔ | | | | | ✔ | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi teknologi pembelajaran yang kontekstual dan inovatif dalam bidang seni budaya. Fokus utama mata kuliah ini adalah pada integrasi teknologi digital dan non-digital dalam proses pembelajaran seni (musik, tari, drama, rupa, dan budaya lokal), dengan mempertimbangkan aspek pedagogis, estetika, serta nilai-nilai kultural. Mahasiswa akan mempelajari teori dan prinsip desain pembelajaran, model-model desain instruksional, hingga implementasi teknologi pendidikan seperti media interaktif, multimedia, e-learning, serta aplikasi berbasis AI dan AR/VR dalam pembelajaran seni. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas pendekatan transdisipliner dalam desain pembelajaran seni, serta strategi untuk mengembangkan pembelajaran yang adaptif terhadap kebutuhan peserta didik dan perkembangan zaman. Melalui pendekatan kolaboratif dan berbasis proyek, mahasiswa akan menghasilkan rancangan teknologi pembelajaran seni yang aplikatif, kreatif, dan berakar pada konteks lokal namun mampu menjawab tantangan global pendidikan seni. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Suryandoko, W., & Martadi. (2022). Integrasi teknologi berbasis budaya lokal dalam pembelajaran seni di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya, 14(2), 115–128. https://doi.org/10.1234/jpsb.v14i2.2022
- Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x
- Jalinus, N., Nabawi, R., & Mardin, A. (2017). The seven steps of project-based learning model to enhance productive competences of vocational students. Asian Social Science, 13(8), 162–168. https://doi.org/10.5539/ass.v13n8p162
- Yunus, M. M., Salehi, H., & Chenzi, C. (2012). Integrating social networking tools into ESL writing classroom: Strengths and weaknesses. English Language Teaching, 5(8), 42–48. https://doi.org/10.5539/elt.v5n8p42
- Anderson, T., & Dron, J. (2011). Three generations of distance education pedagogy. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 12(3), 80–97. https://doi.org/10.19173/irrodl.v12i3.890
- Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
- Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2005). Instructional media and technologies for learning (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.
- Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/10.1234/jtpn.v5i1.2023
|
Pendukung : |
|
- Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2005). Instructional media and technologies for learning (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.
- Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2019). Instructional technology and media for learning (12th ed.). Boston: Pearson.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Martadi, M.Sn. Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
|
Mahasiswa mampu menjelaskan definisi dan urgensi teknologi dalam seni. |
Kriteria:
Ketepatan istilah, relevansi dengan konteks seni, penggunaan referensi. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
Materi: Pengantar Desain Teknologi Pembelajaran Seni Pustaka: Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2019). Instructional technology and media for learning (12th ed.). Boston: Pearson. Materi: Pengantar Desain Teknologi Pembelajaran Seni Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2022). Integrasi teknologi berbasis budaya lokal dalam pembelajaran seni di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya, 14(2), 115–128. https://doi.org/... |
5% |
2
Minggu ke 2 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
Materi: Analisis Kebutuhan Pembelajaran Seni Pustaka: Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/... Materi: Analisis Kebutuhan Pembelajaran Seni Pustaka: Anderson, T., & Dron, J. (2011). Three generations of distance education pedagogy. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 12(3), 80–97. https://doi.org/... Materi: Analisis Kebutuhan Pembelajaran Seni Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/... |
5% |
3
Minggu ke 3 |
|
Mahasiswa menyebutkan prinsip desain dan menerapkannya dalam sketsa rancangan. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: Prinsip Desain Pembelajaran Seni Pustaka: Yunus, M. M., Salehi, H., & Chenzi, C. (2012). Integrating social networking tools into ESL writing classroom: Strengths and weaknesses. English Language Teaching, 5(8), 42–48. https://doi.org/... Materi: Prinsip Desain Pembelajaran Seni Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/... |
5% |
4
Minggu ke 4 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
Materi: Model Desain Instruksional Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/... |
5% |
5
Minggu ke 5 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: Pemilihan Media dan Teknologi Pustaka: Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2005). Instructional media and technologies for learning (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education. Materi: Pemilihan Media dan Teknologi Pustaka: Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/... Materi: Pemilihan Media dan Teknologi Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/... |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mendesain media visual sederhana untuk pembelajaran seni. |
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: Desain Media Visual untuk Seni Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/... Materi: Desain Media Visual untuk Seni Pustaka: Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2005). Instructional media and technologies for learning (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
Kriteria:
Kualitas teknis, kejelasan isi, kesesuaian dengan tujuan pembelajaran. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: Desain Audio dan Audio-Visual Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/... Materi: Desain Audio dan Audio-Visual Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2022). Integrasi teknologi berbasis budaya lokal dalam pembelajaran seni di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya, 14(2), 115–128. https://doi.org/... |
10% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring
|
|
Materi: Multimedia Interaktif dalam Pendidikan Seni Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/... Materi: Multimedia Interaktif dalam Pendidikan Seni Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2022). Integrasi teknologi berbasis budaya lokal dalam pembelajaran seni di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya, 14(2), 115–128. https://doi.org/... |
5% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
|
Materi: Teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) Pustaka: Anderson, T., & Dron, J. (2011). Three generations of distance education pedagogy. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 12(3), 80–97. https://doi.org/... Materi: Teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) Pustaka: Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2019). Instructional technology and media for learning (12th ed.). Boston: Pearson. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
luring
|
|
Materi: E-learning dan Platform Digital Seni Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/... Materi: E-learning dan Platform Digital Seni Pustaka: Anderson, T., & Dron, J. (2011). Three generations of distance education pedagogy. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 12(3), 80–97. https://doi.org/... |
5% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
luring
|
|
Materi: Integrasi Teknologi dalam Kurikulum Seni Pustaka: Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2005). Instructional media and technologies for learning (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education. Materi: Kelengkapan RPP, inovasi teknologi, kejelasan langkah-langkah pembelajaran. Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/... Materi: Kelengkapan RPP, inovasi teknologi, kejelasan langkah-langkah pembelajaran. Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2022). Integrasi teknologi berbasis budaya lokal dalam pembelajaran seni di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya, 14(2), 115–128. https://doi.org/... |
10% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
|
Materi: Evaluasi dan Umpan Balik Teknologi Pembelajaran Pustaka: Jalinus, N., Nabawi, R., & Mardin, A. (2017). The seven steps of project-based learning model to enhance productive competences of vocational students. Asian Social Science, 13(8), 162–168. https://doi.org/... Materi: Evaluasi dan Umpan Balik Teknologi Pembelajaran Pustaka: Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/... Materi: Evaluasi dan Umpan Balik Teknologi Pembelajaran Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2022). Integrasi teknologi berbasis budaya lokal dalam pembelajaran seni di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya, 14(2), 115–128. https://doi.org/... |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Merancang proyek teknologi pembelajaran seni (tahap awal). |
- Mahasiswa menyusun proposal desain media pembelajaran digital.
- Mahasiswa mempresentasikan produk awal desain media.
|
Kriteria:
- Kejelasan tujuan, desain awal, kelayakan teknologi.
- Fungsi prototipe, nilai estetika, kejelasan isi.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
|
Materi: Proyek Desain Pembelajaran Seni Digital Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2022). Integrasi teknologi berbasis budaya lokal dalam pembelajaran seni di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya, 14(2), 115–128. https://doi.org/... Materi: Proyek Desain Pembelajaran Seni Digital Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/... Materi: Proyek Desain Pembelajaran Seni Digital Pustaka: Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2005). Instructional media and technologies for learning (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education. |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Merancang proyek teknologi pembelajaran seni (tahap awal). |
- Mahasiswa menyusun proposal desain media pembelajaran digital.
- Mahasiswa mempresentasikan produk awal desain media.
|
Kriteria:
- Kejelasan tujuan, desain awal, kelayakan teknologi.
- Fungsi prototipe, nilai estetika, kejelasan isi.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
|
Materi: Proyek Desain Pembelajaran Seni Digital Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2022). Integrasi teknologi berbasis budaya lokal dalam pembelajaran seni di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya, 14(2), 115–128. https://doi.org/... Materi: Proyek Desain Pembelajaran Seni Digital Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/... Materi: Proyek Desain Pembelajaran Seni Digital Pustaka: Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2005). Instructional media and technologies for learning (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
|
Materi: Presentasi dan Uji Coba Produk Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2022). Integrasi teknologi berbasis budaya lokal dalam pembelajaran seni di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya, 14(2), 115–128. https://doi.org/... Materi: Presentasi dan Uji Coba Produk Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/... |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
luring
|
|
Materi: Refleksi dan Pengembangan Berkelanjutan Pustaka: Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2005). Instructional media and technologies for learning (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education. Materi: Refleksi dan Pengembangan Berkelanjutan Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/... Materi: Refleksi dan Pengembangan Berkelanjutan Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2022). Integrasi teknologi berbasis budaya lokal dalam pembelajaran seni di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya, 14(2), 115–128. https://doi.org/... |
5% |