Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Seni Budaya

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Desain Teknologi Pembelajaran Seni

8810904846

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=2

ECTS=8.96

2

25 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd




Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd.Syaiful Qadar Basri S.Pd., M.Hum




Prof. Dr. Anik Juwariyah, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-5

Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner .

PLO-10

Mampu mengembangkan desain, teknologi dan multimedia pembelajaran seni yang inovatif.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis teori, prinsip, dan konsep dasar desain teknologi pembelajaran dalam konteks pendidikan seni budaya.

PO - 2

Mengevaluasi berbagai pendekatan dan model desain instruksional yang relevan dengan pembelajaran seni berbasis budaya lokal dan teknologi.

PO - 3

Merancang media dan teknologi pembelajaran inovatif yang sesuai dengan karakteristik materi seni dan kebutuhan peserta didik.

PO - 4

Mengintegrasikan teknologi digital (e-learning, multimedia, AR/VR, dll.) ke dalam desain pembelajaran seni secara efektif dan estetis.

PO - 5

Mengimplementasikan desain teknologi pembelajaran seni melalui proyek kolaboratif berbasis konteks lokal dan global.

PO - 6

Mengkaji dampak penggunaan teknologi pembelajaran terhadap kualitas, efisiensi, dan daya tarik pembelajaran seni secara kritis dan reflektif.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-5PLO-10
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi teknologi pembelajaran yang kontekstual dan inovatif dalam bidang seni budaya. Fokus utama mata kuliah ini adalah pada integrasi teknologi digital dan non-digital dalam proses pembelajaran seni (musik, tari, drama, rupa, dan budaya lokal), dengan mempertimbangkan aspek pedagogis, estetika, serta nilai-nilai kultural. Mahasiswa akan mempelajari teori dan prinsip desain pembelajaran, model-model desain instruksional, hingga implementasi teknologi pendidikan seperti media interaktif, multimedia, e-learning, serta aplikasi berbasis AI dan AR/VR dalam pembelajaran seni. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas pendekatan transdisipliner dalam desain pembelajaran seni, serta strategi untuk mengembangkan pembelajaran yang adaptif terhadap kebutuhan peserta didik dan perkembangan zaman. Melalui pendekatan kolaboratif dan berbasis proyek, mahasiswa akan menghasilkan rancangan teknologi pembelajaran seni yang aplikatif, kreatif, dan berakar pada konteks lokal namun mampu menjawab tantangan global pendidikan seni.

Pustaka

Utama :

  1. Suryandoko, W., & Martadi. (2022). Integrasi teknologi berbasis budaya lokal dalam pembelajaran seni di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya, 14(2), 115–128. https://doi.org/10.1234/jpsb.v14i2.2022
  2. Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x
  3. Jalinus, N., Nabawi, R., & Mardin, A. (2017). The seven steps of project-based learning model to enhance productive competences of vocational students. Asian Social Science, 13(8), 162–168. https://doi.org/10.5539/ass.v13n8p162
  4. Yunus, M. M., Salehi, H., & Chenzi, C. (2012). Integrating social networking tools into ESL writing classroom: Strengths and weaknesses. English Language Teaching, 5(8), 42–48. https://doi.org/10.5539/elt.v5n8p42
  5. Anderson, T., & Dron, J. (2011). Three generations of distance education pedagogy. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 12(3), 80–97. https://doi.org/10.19173/irrodl.v12i3.890
  6. Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
  7. Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2005). Instructional media and technologies for learning (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.
  8. Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/10.1234/jtpn.v5i1.2023

Pendukung :

  1. Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2005). Instructional media and technologies for learning (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.
  2. Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2019). Instructional technology and media for learning (12th ed.). Boston: Pearson.

Dosen Pengampu

Dr. Martadi, M.Sn.

Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan definisi dan urgensi teknologi dalam seni.

Kriteria:

Ketepatan istilah, relevansi dengan konteks seni, penggunaan referensi.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

Materi: Pengantar Desain Teknologi Pembelajaran Seni
Pustaka: Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2019). Instructional technology and media for learning (12th ed.). Boston: Pearson.

Materi: Pengantar Desain Teknologi Pembelajaran Seni
Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2022). Integrasi teknologi berbasis budaya lokal dalam pembelajaran seni di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya, 14(2), 115–128. https://doi.org/...
5%

2

Minggu ke 2


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

Materi: Analisis Kebutuhan Pembelajaran Seni
Pustaka: Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/...

Materi: Analisis Kebutuhan Pembelajaran Seni
Pustaka: Anderson, T., & Dron, J. (2011). Three generations of distance education pedagogy. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 12(3), 80–97. https://doi.org/...

Materi: Analisis Kebutuhan Pembelajaran Seni
Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/...
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa menyebutkan prinsip desain dan menerapkannya dalam sketsa rancangan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Luring

Materi: Prinsip Desain Pembelajaran Seni
Pustaka: Yunus, M. M., Salehi, H., & Chenzi, C. (2012). Integrating social networking tools into ESL writing classroom: Strengths and weaknesses. English Language Teaching, 5(8), 42–48. https://doi.org/...

Materi: Prinsip Desain Pembelajaran Seni
Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/...
5%

4

Minggu ke 4


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

Materi: Model Desain Instruksional
Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/...
5%

5

Minggu ke 5


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Luring

Materi: Pemilihan Media dan Teknologi
Pustaka: Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2005). Instructional media and technologies for learning (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Materi: Pemilihan Media dan Teknologi
Pustaka: Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/...

Materi: Pemilihan Media dan Teknologi
Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/...
5%

6

Minggu ke 6

Mendesain media visual sederhana untuk pembelajaran seni.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Luring

Materi: Desain Media Visual untuk Seni
Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/...

Materi: Desain Media Visual untuk Seni
Pustaka: Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2005). Instructional media and technologies for learning (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.
5%

7

Minggu ke 7

Kriteria:

Kualitas teknis, kejelasan isi, kesesuaian dengan tujuan pembelajaran.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Luring

Materi: Desain Audio dan Audio-Visual
Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/...

Materi: Desain Audio dan Audio-Visual
Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2022). Integrasi teknologi berbasis budaya lokal dalam pembelajaran seni di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya, 14(2), 115–128. https://doi.org/...
10%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring

Materi: Multimedia Interaktif dalam Pendidikan Seni
Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/...

Materi: Multimedia Interaktif dalam Pendidikan Seni
Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2022). Integrasi teknologi berbasis budaya lokal dalam pembelajaran seni di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya, 14(2), 115–128. https://doi.org/...
5%

9

Minggu ke 9


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: Teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)
Pustaka: Anderson, T., & Dron, J. (2011). Three generations of distance education pedagogy. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 12(3), 80–97. https://doi.org/...

Materi: Teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)
Pustaka: Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2019). Instructional technology and media for learning (12th ed.). Boston: Pearson.
5%

10

Minggu ke 10


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
luring

Materi: E-learning dan Platform Digital Seni
Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/...

Materi: E-learning dan Platform Digital Seni
Pustaka: Anderson, T., & Dron, J. (2011). Three generations of distance education pedagogy. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 12(3), 80–97. https://doi.org/...
5%

11

Minggu ke 11


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
luring

Materi: Integrasi Teknologi dalam Kurikulum Seni
Pustaka: Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2005). Instructional media and technologies for learning (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Materi: Kelengkapan RPP, inovasi teknologi, kejelasan langkah-langkah pembelajaran.
Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/...

Materi: Kelengkapan RPP, inovasi teknologi, kejelasan langkah-langkah pembelajaran.
Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2022). Integrasi teknologi berbasis budaya lokal dalam pembelajaran seni di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya, 14(2), 115–128. https://doi.org/...
10%

12

Minggu ke 12


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: Evaluasi dan Umpan Balik Teknologi Pembelajaran
Pustaka: Jalinus, N., Nabawi, R., & Mardin, A. (2017). The seven steps of project-based learning model to enhance productive competences of vocational students. Asian Social Science, 13(8), 162–168. https://doi.org/...

Materi: Evaluasi dan Umpan Balik Teknologi Pembelajaran
Pustaka: Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/...

Materi: Evaluasi dan Umpan Balik Teknologi Pembelajaran
Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2022). Integrasi teknologi berbasis budaya lokal dalam pembelajaran seni di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya, 14(2), 115–128. https://doi.org/...
5%

13

Minggu ke 13

Merancang proyek teknologi pembelajaran seni (tahap awal).

  1. Mahasiswa menyusun proposal desain media pembelajaran digital.
  2. Mahasiswa mempresentasikan produk awal desain media.
Kriteria:
  1. Kejelasan tujuan, desain awal, kelayakan teknologi.
  2. Fungsi prototipe, nilai estetika, kejelasan isi.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: Proyek Desain Pembelajaran Seni Digital
Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2022). Integrasi teknologi berbasis budaya lokal dalam pembelajaran seni di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya, 14(2), 115–128. https://doi.org/...

Materi: Proyek Desain Pembelajaran Seni Digital
Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/...

Materi: Proyek Desain Pembelajaran Seni Digital
Pustaka: Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2005). Instructional media and technologies for learning (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.
10%

14

Minggu ke 14

Merancang proyek teknologi pembelajaran seni (tahap awal).

  1. Mahasiswa menyusun proposal desain media pembelajaran digital.
  2. Mahasiswa mempresentasikan produk awal desain media.
Kriteria:
  1. Kejelasan tujuan, desain awal, kelayakan teknologi.
  2. Fungsi prototipe, nilai estetika, kejelasan isi.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: Proyek Desain Pembelajaran Seni Digital
Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2022). Integrasi teknologi berbasis budaya lokal dalam pembelajaran seni di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya, 14(2), 115–128. https://doi.org/...

Materi: Proyek Desain Pembelajaran Seni Digital
Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/...

Materi: Proyek Desain Pembelajaran Seni Digital
Pustaka: Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2005). Instructional media and technologies for learning (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.
10%

15

Minggu ke 15


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: Presentasi dan Uji Coba Produk
Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2022). Integrasi teknologi berbasis budaya lokal dalam pembelajaran seni di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya, 14(2), 115–128. https://doi.org/...

Materi: Presentasi dan Uji Coba Produk
Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/...
5%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
luring

Materi: Refleksi dan Pengembangan Berkelanjutan
Pustaka: Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2005). Instructional media and technologies for learning (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Materi: Refleksi dan Pengembangan Berkelanjutan
Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2023). Desain model pembelajaran seni berbasis digital: Sebuah pendekatan pedagogik kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan Nusantara, 5(1), 25–39. https://doi.org/...

Materi: Refleksi dan Pengembangan Berkelanjutan
Pustaka: Suryandoko, W., & Martadi. (2022). Integrasi teknologi berbasis budaya lokal dalam pembelajaran seni di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya, 14(2), 115–128. https://doi.org/...
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 26.66%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 29.16%
3. Praktik / Unjuk Kerja 44.16%
99.98%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.