
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pendidikan Inklusi dan Pengelolaan di PAUD |
8610703027 |
|
T=2 |
P=1 |
ECTS=6.72 |
2 |
12 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.
|
Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu mengomunikasikan ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik terkait konsep dan teori PAUD secara bertanggung jawab yang didasarkan pada etika akademik, melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; (Keterampilan Umum) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan konsep dan teori pendidikan inklusi dalam pengelolaan PAUD untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung semua anak (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis kebutuhan individu anak dalam setting PAUD inklusif untuk mengadaptasi metode dan materi pembelajaran yang sesuai (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi efektivitas model pembelajaran yang digunakan dalam PAUD inklusif berdasarkan feedback dan hasil belajar anak (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan strategi dan alat bantu pembelajaran yang inovatif untuk mendukung kebutuhan belajar anak-anak berkebutuhan khusus di PAUD (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan prinsip-prinsip inklusif dalam pengembangan kurikulum dan kegiatan belajar mengajar di PAUD (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis dampak lingkungan belajar yang inklusif terhadap perkembangan sosial dan emosional anak usia dini (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi dan menyesuaikan strategi pengajaran untuk meningkatkan partisipasi dan pembelajaran semua anak di PAUD (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan program pembelajaran yang kolaboratif dan adaptif untuk mendukung pengembangan inklusif di PAUD (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan teknik kolaboratif dalam manajemen kelas untuk memastikan integrasi efektif anak-anak berkebutuhan khusus (C3)
|
PO - 10 |
Menganalisis dan mengintegrasikan teknologi pendidikan terkini untuk mendukung pembelajaran inklusif di PAUD (C4)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-4 | PLO-6 | PO-1 | | | ✔ | PO-2 | | | ✔ | PO-3 | | | ✔ | PO-4 | | | ✔ | PO-5 | | | ✔ | PO-6 | | | ✔ | PO-7 | | | ✔ | PO-8 | ✔ | ✔ | | PO-9 | ✔ | | | PO-10 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | ✔ | | | | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Pendidikan Inklusi Dan Pengelolaan DI Paud pada jenjang S2 program studi Pendidikan Anak Usia Dini membahas tentang konsep, prinsip, dan implementasi pendidikan inklusi di tingkat pendidikan anak usia dini. Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk memahamkan mahasiswa tentang pentingnya inklusi dalam pendidikan anak usia dini, serta memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola keberagaman di dalam kelas. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman tentang kebutuhan khusus anak, strategi inklusi, peran guru dalam inklusi, serta pengelolaan kelas yang inklusif dan ramah bagi semua anak. |
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si. Prof. Dr. Budi Purwoko, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dan teori pendidikan inklusi dalam pengelolaan PAUD untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung semua anak. |
- Pemahaman konsep pendidikan inklusi
- Kemampuan menerapkan konsep inklusi dalam pengelolaan PAUD
- Kemampuan menciptakan lingkungan belajar inklusif
|
Kriteria:
mahasiswa mampu memahami konsep pendidikan inklusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran kolaboratif, diskusi kelompok, studi kasus.
|
Diskusi daring tentang penerapan konsep inklusi dalam pengelolaan PAUD
|
Materi: Teori pendidikan inklusi, Strategi pengelolaan PAUD inklusif, Pembentukan lingkungan belajar inklusif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dan teori pendidikan inklusi dalam pengelolaan PAUD untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung semua anak. |
- Pemahaman konsep pendidikan inklusi
- Kemampuan menerapkan teori pendidikan inklusi dalam pengelolaan PAUD
- Kemampuan menciptakan lingkungan belajar inklusif
|
Kriteria:
Kesesuaian pemahaman teori inklusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Kolaboratif.
|
Diskusi daring tentang penerapan konsep inklusi dalam pengelolaan PAUD
|
Materi: Konsep Pendidikan Inklusi, Teori Pendidikan Inklusi, Pengelolaan PAUD yang Inklusif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kebutuhan individu anak dalam setting PAUD inklusif dan dapat mengadaptasi metode serta materi pembelajaran yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan tersebut. |
- Kemampuan menganalisis kebutuhan individu anak
- Kemampuan mengadaptasi metode pembelajaran
- Kemampuan mengadaptasi materi pembelajaran
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan individu anak Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok dan studi kasus.
|
Diskusi daring tentang studi kasus kasus kebutuhan individu anak dalam setting PAUD inklusif
|
Materi: Teori kebutuhan individu anak, Metode pembelajaran inklusif, Materi pembelajaran yang dapat diadaptasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kebutuhan individu anak dalam setting PAUD inklusif dan mengadaptasi metode serta materi pembelajaran yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan tersebut. |
- Analisis kebutuhan individu anak dalam setting PAUD inklusif
- Adaptasi metode pembelajaran yang sesuai
- Adaptasi materi pembelajaran yang sesuai
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengananlisis kebutuhan individu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Kolaboratif.
|
Diskusi daring tentang analisis kebutuhan individu anak dalam setting PAUD inklusif, Penugasan membuat rencana adaptasi metode dan materi pembelajaran
|
Materi: Teori Kebutuhan Individu Anak, Metode Adaptasi Pembelajaran, Materi Adaptasi Pembelajaran Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi model pembelajaran dalam konteks PAUD inklusif dengan memperhatikan feedback dan hasil belajar anak. |
- feedback anak
- hasil belajar anak
- evaluasi model pembelajaran
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengevaluasi model pembelajaran dalam konteks PAUD inklusif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok dan studi kasus.
|
Diskusi daring tentang evaluasi model pembelajaran inklusif
|
Materi: Pengertian model pembelajaran, Pentingnya feedback dalam pembelajaran, Strategi evaluasi hasil belajar anak Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi model pembelajaran yang digunakan dalam PAUD inklusif berdasarkan feedback dan hasil belajar anak dengan cermat dan objektif. |
- efektivitas model pembelajaran
- penggunaan feedback
- hasil belajar anak
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengevaluasi model pembelajaran dalam konteks PAUD inklusif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok, studi kasus, analisis feedback.
|
Diskusi daring tentang evaluasi model pembelajaran PAUD inklusif
|
Materi: Konsep evaluasi model pembelajaran, Pentingnya feedback dalam pembelajaran inklusif, Teknik evaluasi hasil belajar anak Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi model pembelajaran yang digunakan dalam PAUD inklusif berdasarkan feedback dan hasil belajar anak dengan cermat dan objektif. |
- efektivitas model pembelajaran
- penggunaan feedback
- hasil belajar anak
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengevaluasi model pembelajaran dalam konteks PAUD inklusif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok, studi kasus, analisis feedback.
|
Diskusi daring tentang evaluasi model pembelajaran PAUD inklusif
|
Materi: Konsep evaluasi model pembelajaran, Pentingnya feedback dalam pembelajaran inklusif, Teknik evaluasi hasil belajar anak Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi model pembelajaran yang digunakan dalam PAUD inklusif berdasarkan feedback dan hasil belajar anak dengan cermat dan objektif. |
- efektivitas model pembelajaran
- penggunaan feedback
- hasil belajar anak
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengevaluasi model pembelajaran dalam konteks PAUD inklusif Bentuk Penilaian : Tes |
Diskusi kelompok, studi kasus, analisis feedback.
|
Diskusi daring tentang evaluasi model pembelajaran PAUD inklusif
|
Materi: Konsep evaluasi model pembelajaran, Pentingnya feedback dalam pembelajaran inklusif, Teknik evaluasi hasil belajar anak Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi model pembelajaran yang digunakan dalam PAUD inklusif berdasarkan feedback dan hasil belajar anak dengan cermat dan objektif. |
- efektivitas model pembelajaran
- penggunaan feedback
- hasil belajar anak
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengevaluasi model pembelajaran dalam konteks PAUD inklusif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok, studi kasus, analisis feedback.
|
Diskusi daring tentang evaluasi model pembelajaran PAUD inklusif
|
Materi: Konsep evaluasi model pembelajaran, Pentingnya feedback dalam pembelajaran inklusif, Teknik evaluasi hasil belajar anak Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi model pembelajaran yang digunakan dalam PAUD inklusif berdasarkan feedback dan hasil belajar anak dengan cermat dan objektif. |
- efektivitas model pembelajaran
- penggunaan feedback
- hasil belajar anak
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengevaluasi model pembelajaran dalam konteks PAUD inklusif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok, studi kasus, analisis feedback.
|
Diskusi daring tentang evaluasi model pembelajaran PAUD inklusif
|
Materi: Konsep evaluasi model pembelajaran, Pentingnya feedback dalam pembelajaran inklusif, Teknik evaluasi hasil belajar anak Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi model pembelajaran yang digunakan dalam PAUD inklusif berdasarkan feedback dan hasil belajar anak dengan cermat dan objektif. |
- efektivitas model pembelajaran
- penggunaan feedback
- hasil belajar anak
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengevaluasi model pembelajaran dalam konteks PAUD inklusif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok, studi kasus, analisis feedback.
|
Diskusi daring tentang evaluasi model pembelajaran PAUD inklusif
|
Materi: Konsep evaluasi model pembelajaran, Pentingnya feedback dalam pembelajaran inklusif, Teknik evaluasi hasil belajar anak Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi model pembelajaran yang digunakan dalam PAUD inklusif berdasarkan feedback dan hasil belajar anak dengan cermat dan objektif. |
- efektivitas model pembelajaran
- penggunaan feedback
- hasil belajar anak
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengevaluasi model pembelajaran dalam konteks PAUD inklusif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok, studi kasus, analisis feedback.
|
Diskusi daring tentang evaluasi model pembelajaran PAUD inklusif
|
Materi: Konsep evaluasi model pembelajaran, Pentingnya feedback dalam pembelajaran inklusif, Teknik evaluasi hasil belajar anak Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu Menerapkan prinsip-prinsip inklusif dalam pengembangan kurikulum dan kegiatan belajar mengajar di PAUD |
- efektivitas model pembelajaran
- penggunaan feedback
- hasil belajar anak
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu Menerapkan prinsip-prinsip inklusif dalam pengembangan kurikulum dan kegiatan belajar mengajar di PAUD Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok, studi kasus, analisis feedback.
|
Diskusi daring tentang evaluasi model pembelajaran PAUD inklusif
|
Materi: Konsep evaluasi model pembelajaran, Pentingnya feedback dalam pembelajaran inklusif, Teknik evaluasi hasil belajar anak Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu Menganalisis kebutuhan individu anak dalam setting PAUD inklusif untuk mengadaptasi metode dan materi pembelajaran yang sesuai |
- efektivitas model pembelajaran
- penggunaan feedback
- hasil belajar anak
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu Menganalisis kebutuhan individu anak dalam setting PAUD inklusif untuk mengadaptasi metode dan materi pembelajaran yang sesuai Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok, studi kasus, analisis feedback.
|
Diskusi daring tentang evaluasi model pembelajaran PAUD inklusif
|
Materi: Konsep evaluasi model pembelajaran, Pentingnya feedback dalam pembelajaran inklusif, Teknik evaluasi hasil belajar anak Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu Menganalisis kebutuhan individu anak dalam setting PAUD inklusif untuk mengadaptasi metode dan materi pembelajaran yang sesuai |
- efektivitas model pembelajaran
- penggunaan feedback
- hasil belajar anak
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu Menganalisis kebutuhan individu anak dalam setting PAUD inklusif untuk mengadaptasi metode dan materi pembelajaran yang sesuai Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok, studi kasus, analisis feedback.
|
Diskusi daring tentang evaluasi model pembelajaran PAUD inklusif
|
Materi: Konsep evaluasi model pembelajaran, Pentingnya feedback dalam pembelajaran inklusif, Teknik evaluasi hasil belajar anak Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa diharapkan mampu Menganalisis kebutuhan individu anak dalam setting PAUD inklusif untuk mengadaptasi metode dan materi pembelajaran yang sesuai |
- efektivitas model pembelajaran
- penggunaan feedback
- hasil belajar anak
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu Menganalisis kebutuhan individu anak dalam setting PAUD inklusif untuk mengadaptasi metode dan materi pembelajaran yang sesuai Bentuk Penilaian : Tes |
Diskusi kelompok, studi kasus, analisis feedback.
|
Diskusi daring tentang evaluasi model pembelajaran PAUD inklusif
|
Materi: Konsep evaluasi model pembelajaran, Pentingnya feedback dalam pembelajaran inklusif, Teknik evaluasi hasil belajar anak Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |