Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pendidikan Inklusi dan Pengelolaan di PAUD

8610703027

T=2

P=1

ECTS=6.72

2

10 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Menerapkan konsep dan teori PAUD serta ragam metode penelitian terkini tentang anak usia dini, mengembangkan lembaga PAUD dan model-model pembelajaran anak usia dini dengan berbagai sumber belajar multi moda, sesuai prinsip tangguh dengan menyesuaikan berbagai situasi, tantangan dalam pengembangan diri untuk meningkatkan layanan PAUD; (Keterampilan Umum) (profile 1, 2 dan 3);

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep dan teori pendidikan inklusi dalam pengelolaan PAUD untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung semua anak (C3)

PO - 2

Menganalisis kebutuhan individu anak dalam setting PAUD inklusif untuk mengadaptasi metode dan materi pembelajaran yang sesuai (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas model pembelajaran yang digunakan dalam PAUD inklusif berdasarkan feedback dan hasil belajar anak (C5)

PO - 4

Menciptakan strategi dan alat bantu pembelajaran yang inovatif untuk mendukung kebutuhan belajar anak-anak berkebutuhan khusus di PAUD (C6)

PO - 5

Menerapkan prinsip-prinsip inklusif dalam pengembangan kurikulum dan kegiatan belajar mengajar di PAUD (C3)

PO - 6

Menganalisis dampak lingkungan belajar yang inklusif terhadap perkembangan sosial dan emosional anak usia dini (C4)

PO - 7

Mengevaluasi dan menyesuaikan strategi pengajaran untuk meningkatkan partisipasi dan pembelajaran semua anak di PAUD (C5)

PO - 8

Menciptakan program pembelajaran yang kolaboratif dan adaptif untuk mendukung pengembangan inklusif di PAUD (C6)

PO - 9

Menerapkan teknik kolaboratif dalam manajemen kelas untuk memastikan integrasi efektif anak-anak berkebutuhan khusus (C3)

PO - 10

Menganalisis dan mengintegrasikan teknologi pendidikan terkini untuk mendukung pembelajaran inklusif di PAUD (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-4PLO-6
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  
PO-8 
PO-9  
PO-10  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Pendidikan Inklusi Dan Pengelolaan DI Paud pada jenjang S2 program studi Pendidikan Anak Usia Dini membahas tentang konsep, prinsip, dan implementasi pendidikan inklusi di tingkat pendidikan anak usia dini. Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk memahamkan mahasiswa tentang pentingnya inklusi dalam pendidikan anak usia dini, serta memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola keberagaman di dalam kelas. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman tentang kebutuhan khusus anak, strategi inklusi, peran guru dalam inklusi, serta pengelolaan kelas yang inklusif dan ramah bagi semua anak.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si.

Prof. Dr. Budi Purwoko, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dan teori pendidikan inklusi dalam pengelolaan PAUD untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung semua anak.

  1. Pemahaman konsep pendidikan inklusi
  2. Kemampuan menerapkan konsep inklusi dalam pengelolaan PAUD
  3. Kemampuan menciptakan lingkungan belajar inklusif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran kolaboratif, diskusi kelompok, studi kasus.
Diskusi daring tentang penerapan konsep inklusi dalam pengelolaan PAUD
Materi: Teori pendidikan inklusi, Strategi pengelolaan PAUD inklusif, Pembentukan lingkungan belajar inklusif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dan teori pendidikan inklusi dalam pengelolaan PAUD untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung semua anak.

  1. Pemahaman konsep pendidikan inklusi
  2. Kemampuan menerapkan teori pendidikan inklusi dalam pengelolaan PAUD
  3. Kemampuan menciptakan lingkungan belajar inklusif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Kolaboratif.
Diskusi daring tentang penerapan konsep inklusi dalam pengelolaan PAUD
Materi: Konsep Pendidikan Inklusi, Teori Pendidikan Inklusi, Pengelolaan PAUD yang Inklusif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kebutuhan individu anak dalam setting PAUD inklusif dan dapat mengadaptasi metode serta materi pembelajaran yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

  1. Kemampuan menganalisis kebutuhan individu anak
  2. Kemampuan mengadaptasi metode pembelajaran
  3. Kemampuan mengadaptasi materi pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok dan studi kasus.
Diskusi daring tentang studi kasus kasus kebutuhan individu anak dalam setting PAUD inklusif
Materi: Teori kebutuhan individu anak, Metode pembelajaran inklusif, Materi pembelajaran yang dapat diadaptasi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kebutuhan individu anak dalam setting PAUD inklusif dan mengadaptasi metode serta materi pembelajaran yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

  1. Analisis kebutuhan individu anak dalam setting PAUD inklusif
  2. Adaptasi metode pembelajaran yang sesuai
  3. Adaptasi materi pembelajaran yang sesuai

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Kolaboratif.
Diskusi daring tentang analisis kebutuhan individu anak dalam setting PAUD inklusif, Penugasan membuat rencana adaptasi metode dan materi pembelajaran
Materi: Teori Kebutuhan Individu Anak, Metode Adaptasi Pembelajaran, Materi Adaptasi Pembelajaran
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi model pembelajaran dalam konteks PAUD inklusif dengan memperhatikan feedback dan hasil belajar anak.

  1. feedback anak
  2. hasil belajar anak
  3. evaluasi model pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok dan studi kasus.
Diskusi daring tentang evaluasi model pembelajaran inklusif
Materi: Pengertian model pembelajaran, Pentingnya feedback dalam pembelajaran, Strategi evaluasi hasil belajar anak
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi model pembelajaran yang digunakan dalam PAUD inklusif berdasarkan feedback dan hasil belajar anak dengan cermat dan objektif.

  1. efektivitas model pembelajaran
  2. penggunaan feedback
  3. hasil belajar anak

Bentuk Penilaian :
Tes
Diskusi kelompok, studi kasus, analisis feedback.
Diskusi daring tentang evaluasi model pembelajaran PAUD inklusif
Materi: Konsep evaluasi model pembelajaran, Pentingnya feedback dalam pembelajaran inklusif, Teknik evaluasi hasil belajar anak
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.