
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
MATEMATIKA LOGIKA |
6120903088 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
2 |
28 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik |
PLO-8 |
Mampu mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital dengan tepat |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep dasar logika matematika, termasuk proposisi, tabel kebenaran, dan inferensi logika, serta mampu mengaplikasikannya dalam bisnis digital
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu memahami teori himpunan, termasuk operasi dasar pada himpunan, serta mampu memanfaatkan teori himpunan dalam analisa bisnis
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu memahami konsep matriks, relasi, dan fungsi, serta mampu menerapkan operasi matriks dalam pemodelan dan pemecahan masalah logika matematika
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan induksi matematika untuk membuktikan sebuah proposisi secara sistematis
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu memahami notasi dan menerapkan algoritma dalam menyelesaikan sebuah masalah
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu memahami pola-pola dan logika dalam deret angka
|
PO - 7 |
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan konsep permutasi dan kombinasi maupun peluang untuk memodelkan penyelesaian suatu masalah
|
PO - 8 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar aljabar Boolean dan penerapan didalam sistem logika digital
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-6 | PLO-8 | PO-1 | | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | | PO-3 | | | ✔ | | PO-4 | | ✔ | | | PO-5 | | | | ✔ | PO-6 | | ✔ | | | PO-7 | ✔ | | | | PO-8 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Logika Matematika memberikan dasar-dasar pemahaman logika dan struktur matematika yang penting untuk analisis dan pemecahan masalah dalam berbagai bidang, termasuk bisnis digital. Materi yang dibahas mencakup logika proposisi dan predikat, teori himpunan, matriks, relasi dan fungsi, induksi matematika, kombinasi, serta peluang. Mata kuliah ini dirancang untuk membangun kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis, serta kemampuan menerapkan konsep-konsep tersebut dalam pengambilan keputusan berbasis data. Melalui kombinasi teori dan aplikasi, mahasiswa akan mengembangkan keterampilan yang relevan untuk mendukung karier di era digital. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Munir, R. (2014). Matematika Diskrit Revisi Kelima . Bandung: Informatika.
|
Pendukung : |
|
- Lipschutz, S & Lipson, M. (2021). Schaum's Outline of Discrete Mathematics, Fourth Edition (Schaum's Outlines). McGraw Hill
|
Dosen Pengampu
|
Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. Achmad Fitro, S.Kom., M.Kom. Anita Safitri, M. Kom. Amirusholihin, M.Sc. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar logika, logika proposisi dan tabel kebenaran |
Mampu menyusun tabel kebenaran dan mengidentifikasi jenis proposisi |
Kriteria:
latihan soal, diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi interaktif, latihan soal 150 |
|
|
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami hukum-hukum logika proposisi dan argumen |
Mampu memahami logika proposisi dan dapat memberi argument pada proposisi. |
Kriteria:
Tugas individu, latihan soal, diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, studi kasus, latihan soal 150 |
|
|
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar dan prinsip-prinsip pada himpunan |
Mampu mengidentifikasi anggota himpunan dan menyelesaikan soal terkait operasi union, irisan, selisih, dan komplemen |
Kriteria:
Tugas individu, latihan soal, diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, studi kasus, latihan soal 150 |
|
|
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami konsep relasi dan fungsi merepresentasikan dalam bentuk tabel dan matriks |
Mampu merepresentasikan relasi menggunakan tabel dan matriks dan menentukan jenis fungsi |
Kriteria:
Diskusi, Quiz Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Ceramah, studi kasus, latihan soal 150 |
|
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menyelesaikan operasi aritmatika matriks sederhana |
Mampu menyelesaikan operasi aritmatika matriks seperti penjumlahan dan perkalian sederhana |
Kriteria:
diskusi, quiz Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah, studi kasus, latihan soal 150 |
|
|
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menerapkan prinsip induksi matematika |
Mampu membuktikan teorema sederhana menggunakan induksi matematika |
Kriteria:
latihan soal, diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, studi kasus, latihan soal 150 |
|
|
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami dan menggunakan notasi algoritma serta sifat pembagian pada bilangan bulat |
Mampu menggunakan notasi algorimta dan pembagian bilangan bulat maupun prima |
Kriteria:
Latihan soal, diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, studi kasus, latihan soal 150 |
|
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
mampu menjawab soal |
Mampu menjawab soal |
Kriteria:
Ujian Bentuk Penilaian : Tes |
|
Ujian Tengah Semester 90 |
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
|
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
|
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |