
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Bisnis
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metode Penelitian |
8721103119 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
4 |
7 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Finisica Dwijayati Patrikha, S.Pd., M.Pd
|
Dr. Tri Sudarwanto, S.Pd., MSM. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Able to plan, manage, and evaluate learning in the field of education and science of Business and Marketing |
PLO-8 |
Able to design and implement scientific activities in the fields of education and science of Business and Marketing and communicate the results |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menjelaskan proses penelitian dengan benar mulai dari eksplorasi masalah sampai menemukan masalah, masalah penelitian yang bersumber dari suatu fenomena
|
PO - 2 |
Mampu mempelajari konsep yang sesuai dengan topik penelitian dan mengumpulkan data dengan cara yang benar.
|
PO - 3 |
Mampu menyusun suatu rancangan penelitian (proposal) atau karya ilmiah yang layak dan bermutu sesuai dengan jenjang pendidikan bisnis
|
PO - 4 |
Mampu mengkomunikasikan ide-ide alternatif atau desain pemasaran layanan kreatif dengan memanfaatkan teknologi
|
PO - 5 |
Mampu bertanggung jawab terhadap pembelajaran dan tugas baik secara mandiri maupun kelompok serta selalu berusaha komunikatif, apresiatif dan partisipatif.
|
PO - 6 |
Merancang Rencana Penelitian
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | | ✔ | PO-5 | | | ✔ | PO-6 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang penelitian, jenis-jenis penelitian, metode-metode penelitian yang digunakan dalam pendidikan dan bisnis. Memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk terampil dalam menganalisis masalah, tujuan, variabel, subjek penleitian, landasan teori, poplasi dan sampel, serta terampil dalam menyusun instrumen penelitian yang di susun dalam penulisan proposal penelitian. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Bungin, M.B. 2014. Penelitian Kualitatif: Edisi Kedua . Penerbit Kencana: Jakarta
- Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif . Penerbit Alfabeta: Bandung
- Krishan Kumar Singh · 2022. Research Methodology in Social Science. KK. Publication
- P. Michael Politano, Robert O. Walton, Audrey E. Parrish · 2018. Statistics and Research Methodology: A Gentle Conversation
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Finisica Dwijayati Patrikha, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mengidentifikasi fenomena yang relevan sebagai sumber permasalahan penelitian.
- Menerapkan teknik penggalian masalah (observasi, studi literatur, wawancara, dll.) untuk menemukan isu penelitian
- Membedakan antara masalah umum dan masalah penelitian yang spesifik, terukur, dan relevan
|
- Kesesuaian Fenomena dengan Bidang Ilmu
- Menggunakan minimal 2 metode penggalian masalah (observasi, studi literatur, wawancara, dll.)
- Menyajikan data/evidensi pendukung dari sumber terpercaya
- Membatasi ruang lingkup masalah secara spesifik dan terukur
- Pertanyaan penelitian memenuhi kriteria FINER (Feasible, Interesting, Novel, Ethical, Relevant)
- Memiliki alur logis antara fenomena, masalah, dan pertanyaan penelitian
|
Kriteria:
- Relevansi tinggi dengan bukti literatur mutakhir
- Menggunakan ≥3 metode dengan data primer/sekunder
- Spesifik, terukur, dan operasional
- Memenuhi semua kriteria FINER
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kuliah, diskusi dan tanya jawab 3 X 50 |
- Bentuk / Pendekatan Pembelajaran: Student Center
- Model Pembelajaran : Direct Learning
- Metode : Diskusi dan tanya jawab
- Penugasan mahasiswa : individu 3 X 50 |
|
3% |
2
Minggu ke 2 |
- Mengidentifikasi fenomena yang relevan sebagai sumber permasalahan penelitian.
- Menerapkan teknik penggalian masalah (observasi, studi literatur, wawancara, dll.) untuk menemukan isu penelitian
- Membedakan antara masalah umum dan masalah penelitian yang spesifik, terukur, dan relevan
|
- Kesesuaian Fenomena dengan Bidang Ilmu
- Menggunakan minimal 2 metode penggalian masalah (observasi, studi literatur, wawancara, dll.)
- Menyajikan data/evidensi pendukung dari sumber terpercaya
- Membatasi ruang lingkup masalah secara spesifik dan terukur
- Pertanyaan penelitian memenuhi kriteria FINER (Feasible, Interesting, Novel, Ethical, Relevant)
- Memiliki alur logis antara fenomena, masalah, dan pertanyaan penelitian
|
Kriteria:
- Relevansi tinggi dengan bukti literatur mutakhir
- Menggunakan ≥3 metode dengan data primer/sekunder
- Spesifik, terukur, dan operasional
- Memenuhi semua kriteria FINER
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kuliah, diskusi dan tanya jawab 3 X 50 |
- Bentuk / Pendekatan Pembelajaran: Student Center
- Model Pembelajaran : Direct Learning
- Metode : Diskusi dan tanya jawab
- Penugasan mahasiswa : individu 3 X 50 |
|
3% |
3
Minggu ke 3 |
- Menganalisis konsep-konsep teoritis dan empiris yang relevan dengan topik penelitian
- Merancang metode pengumpulan data yang sesuai dengan kaidah ilmiah
- Menganalisis konsep pengelolaan data penelitian secara sistematis dan kritis
|
- Menjelaskan teori dan konsep dasar terkait topik penelitian dengan sumber literatur yang valid (jurnal, buku, prosiding)
- Membuat peta konsep (mind mapping) keterkaitan antar-konsep penelitian
- Memilih teknik pengumpulan data (kuisioner, wawancara, observasi, dll.) berdasarkan kebutuhan penelitian
- Menyusun instrumen penelitian (kuesioner, pedoman wawancara) yang valid, reliabel, dan rahasia
- Mengategorikan data primer dan sekunder sesuai jenisnya
- Mengevaluasi kredibilitas sumber data (triangulasi, uji autentisitas)
|
Kriteria:
Kesesuaian teori dan konsep topik dengan instrumen Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kuliah, diskusi dan tanya jawab 3 X 50 |
- Bentuk / Pendekatan Pembelajaran: Student Center
- Model Pembelajaran : Direct Learning
- Metode : Diskusi dan tanya jawab
- Penugasan mahasiswa : individu 3 X 50 |
|
4% |
4
Minggu ke 4 |
- Menganalisis konsep-konsep teoritis dan empiris yang relevan dengan topik penelitian
- Merancang metode pengumpulan data yang sesuai dengan kaidah ilmiah
- Menganalisis konsep pengelolaan data penelitian secara sistematis dan kritis
|
- Menjelaskan teori dan konsep dasar terkait topik penelitian dengan sumber literatur yang valid (jurnal, buku, prosiding)
- Membuat peta konsep (mind mapping) keterkaitan antar-konsep penelitian
- Memilih teknik pengumpulan data (kuisioner, wawancara, observasi, dll.) berdasarkan kebutuhan penelitian
- Menyusun instrumen penelitian (kuesioner, pedoman wawancara) yang valid, reliabel, dan rahasia
- Mengategorikan data primer dan sekunder sesuai jenisnya
- Mengevaluasi kredibilitas sumber data (triangulasi, uji autentisitas)
|
Kriteria:
Kesesuaian teori dan konsep topik dengan instrumen Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kuliah, diskusi dan tanya jawab 3 X 50 |
- Bentuk / Pendekatan Pembelajaran: Student Center
- Model Pembelajaran : Direct Learning
- Metode : Diskusi dan tanya jawab
- Penugasan mahasiswa : individu 3 X 50 |
|
4% |
5
Minggu ke 5 |
- Menganalisis konsep-konsep teoritis dan empiris yang relevan dengan topik penelitian
- Merancang metode pengumpulan data yang sesuai dengan kaidah ilmiah
- Menganalisis konsep pengelolaan data penelitian secara sistematis dan kritis
|
- Menjelaskan teori dan konsep dasar terkait topik penelitian dengan sumber literatur yang valid (jurnal, buku, prosiding)
- Membuat peta konsep (mind mapping) keterkaitan antar-konsep penelitian
- Memilih teknik pengumpulan data (kuisioner, wawancara, observasi, dll.) berdasarkan kebutuhan penelitian
- Menyusun instrumen penelitian (kuesioner, pedoman wawancara) yang valid, reliabel, dan rahasia
- Mengategorikan data primer dan sekunder sesuai jenisnya
- Mengevaluasi kredibilitas sumber data (triangulasi, uji autentisitas)
|
Kriteria:
Kesesuaian teori dan konsep topik dengan instrumen Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kuliah, diskusi dan tanya jawab 3 X 50 |
- Bentuk / Pendekatan Pembelajaran: Student Center
- Model Pembelajaran : Direct Learning
- Metode : Diskusi dan tanya jawab
- Penugasan mahasiswa : individu 3 X 50 |
|
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu merumuskan hipotesis/ fokus penelitian |
- Mampu menganalisis fenomena ekonomi bisnis dan pendidikan
- Mampu menganalisis masalah penelitian
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Ceramah 2. Presentasi mahasiswa 3.Tanya Jawab 3 X 50 |
|
|
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu merumuskan hipotesis/ fokus penelitian |
- Mampu merumuskan hipotesis penelitian
- Mampu menjabarkan fungsi dan konsep hipotesis dalam penelitian
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Ceramah 2. Presentasi mahasiswa 3.Tanya Jawab 3 X 50 |
|
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
3 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
- Mengkaji grand theory
- Menganalisis gap theory
- Menyusun kajian teori/ kepustakaan
|
- Mampu Mengetahui bentuk integrasi pendekatan kualitatif dalam penelitian di bidang Ekonomi
- Mampu Memahami bentuk integrasi pendekatan kualitatif dalam penelitian di bidang Ekonomi
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Ceramah 2. Presentasi mahasiswa 3. Tanya Jawab 3 X 50 |
|
|
8% |
10
Minggu ke 10 |
- Mengkaji grand theory
- Menganalisis gap theory
- Menyusun kajian teori/ kepustakaan
|
- Mampu Mengetahui bentuk integrasi pendekatan kualitatif dalam penelitian di bidang Ekonomi
- Mampu Memahami bentuk integrasi pendekatan kualitatif dalam penelitian di bidang Ekonomi
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Ceramah 2. Presentasi mahasiswa 3. Tanya Jawab 3 X 50 |
|
|
8% |
11
Minggu ke 11 |
- Menentukan variabel penelitian
- Menyusun instrumen penelitian
|
- Mahasiswa mampu menentukan variabel dalam penelitian
- mahasiswa mampu mengembangkan masalah dalam kajian kepustakaan
- mahasiswa mampu merumuskan hipotesis
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
3 X 50 |
|
|
10% |
12
Minggu ke 12 |
- Mampu menganalisis validasi intsrumen
- mampu menganalisis reliabilitas instrumen
|
Mahasiswa mampu menentukan variabel dalam penelitian |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
3 X 50 |
|
|
10% |
13
Minggu ke 13 |
membuat rancangan penelitian |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
3 X 50 |
|
|
10% |
14
Minggu ke 14 |
membuat rancangan penelitian |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
3 X 50 |
|
|
10% |
15
Minggu ke 15 |
membuat rancangan penelitian |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
3 X 50 |
|
|
15% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
|
3 X 50 |
|
|
0% |