Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Bisnis

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metode Penelitian

8721103119

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

4

7 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Finisica Dwijayati Patrikha, S.Pd., M.Pd




Dr. Tri Sudarwanto, S.Pd., MSM.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Able to plan, manage, and evaluate learning in the field of education and science of Business and Marketing

PLO-8

Able to design and implement scientific activities in the fields of education and science of Business and Marketing and communicate the results

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menjelaskan proses penelitian dengan benar mulai dari eksplorasi masalah sampai menemukan masalah, masalah penelitian yang bersumber dari suatu fenomena

PO - 2

Mampu mempelajari konsep yang sesuai dengan topik penelitian dan mengumpulkan data dengan cara yang benar.

PO - 3

Mampu menyusun suatu rancangan penelitian (proposal) atau karya ilmiah yang layak dan bermutu sesuai dengan jenjang pendidikan bisnis

PO - 4

Mampu mengkomunikasikan ide-ide alternatif atau desain pemasaran layanan kreatif dengan memanfaatkan teknologi

PO - 5

Mampu bertanggung jawab terhadap pembelajaran dan tugas baik secara mandiri maupun kelompok serta selalu berusaha komunikatif, apresiatif dan partisipatif.

PO - 6

Merancang Rencana Penelitian

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-7PLO-8
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang penelitian, jenis-jenis penelitian, metode-metode penelitian yang digunakan dalam pendidikan dan bisnis. Memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk terampil dalam menganalisis masalah, tujuan, variabel, subjek penleitian, landasan teori, poplasi dan sampel, serta terampil dalam menyusun instrumen penelitian yang di susun dalam penulisan proposal penelitian.

Pustaka

Utama :

  1. Bungin, M.B. 2014. Penelitian Kualitatif: Edisi Kedua . Penerbit Kencana: Jakarta
  2. Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif . Penerbit Alfabeta: Bandung
  3. Krishan Kumar Singh · 2022. Research Methodology in Social Science. KK. Publication
  4. P. Michael Politano, ‎Robert O. Walton, ‎Audrey E. Parrish · 2018. Statistics and Research Methodology: A Gentle Conversation

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Finisica Dwijayati Patrikha, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mengidentifikasi fenomena yang relevan sebagai sumber permasalahan penelitian.
  2. Menerapkan teknik penggalian masalah (observasi, studi literatur, wawancara, dll.) untuk menemukan isu penelitian
  3. Membedakan antara masalah umum dan masalah penelitian yang spesifik, terukur, dan relevan
  1. Kesesuaian Fenomena dengan Bidang Ilmu
  2. Menggunakan minimal 2 metode penggalian masalah (observasi, studi literatur, wawancara, dll.)
  3. Menyajikan data/evidensi pendukung dari sumber terpercaya
  4. Membatasi ruang lingkup masalah secara spesifik dan terukur
  5. Pertanyaan penelitian memenuhi kriteria FINER (Feasible, Interesting, Novel, Ethical, Relevant)
  6. Memiliki alur logis antara fenomena, masalah, dan pertanyaan penelitian
Kriteria:
  1. Relevansi tinggi dengan bukti literatur mutakhir
  2. Menggunakan ≥3 metode dengan data primer/sekunder
  3. Spesifik, terukur, dan operasional
  4. Memenuhi semua kriteria FINER

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kuliah, diskusi dan tanya jawab
3 X 50
- Bentuk / Pendekatan Pembelajaran: Student Center
- Model Pembelajaran : Direct Learning
- Metode : Diskusi dan tanya jawab
- Penugasan mahasiswa : individu
3 X 50
3%

2

Minggu ke 2

  1. Mengidentifikasi fenomena yang relevan sebagai sumber permasalahan penelitian.
  2. Menerapkan teknik penggalian masalah (observasi, studi literatur, wawancara, dll.) untuk menemukan isu penelitian
  3. Membedakan antara masalah umum dan masalah penelitian yang spesifik, terukur, dan relevan
  1. Kesesuaian Fenomena dengan Bidang Ilmu
  2. Menggunakan minimal 2 metode penggalian masalah (observasi, studi literatur, wawancara, dll.)
  3. Menyajikan data/evidensi pendukung dari sumber terpercaya
  4. Membatasi ruang lingkup masalah secara spesifik dan terukur
  5. Pertanyaan penelitian memenuhi kriteria FINER (Feasible, Interesting, Novel, Ethical, Relevant)
  6. Memiliki alur logis antara fenomena, masalah, dan pertanyaan penelitian
Kriteria:
  1. Relevansi tinggi dengan bukti literatur mutakhir
  2. Menggunakan ≥3 metode dengan data primer/sekunder
  3. Spesifik, terukur, dan operasional
  4. Memenuhi semua kriteria FINER

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kuliah, diskusi dan tanya jawab
3 X 50
- Bentuk / Pendekatan Pembelajaran: Student Center
- Model Pembelajaran : Direct Learning
- Metode : Diskusi dan tanya jawab
- Penugasan mahasiswa : individu
3 X 50
3%

3

Minggu ke 3

  1. Menganalisis konsep-konsep teoritis dan empiris yang relevan dengan topik penelitian
  2. Merancang metode pengumpulan data yang sesuai dengan kaidah ilmiah
  3. Menganalisis konsep pengelolaan data penelitian secara sistematis dan kritis
  1. Menjelaskan teori dan konsep dasar terkait topik penelitian dengan sumber literatur yang valid (jurnal, buku, prosiding)
  2. Membuat peta konsep (mind mapping) keterkaitan antar-konsep penelitian
  3. Memilih teknik pengumpulan data (kuisioner, wawancara, observasi, dll.) berdasarkan kebutuhan penelitian
  4. Menyusun instrumen penelitian (kuesioner, pedoman wawancara) yang valid, reliabel, dan rahasia
  5. Mengategorikan data primer dan sekunder sesuai jenisnya
  6. Mengevaluasi kredibilitas sumber data (triangulasi, uji autentisitas)
Kriteria:

Kesesuaian teori dan konsep topik dengan instrumen


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kuliah, diskusi dan tanya jawab
3 X 50
- Bentuk / Pendekatan Pembelajaran: Student Center
- Model Pembelajaran : Direct Learning
- Metode : Diskusi dan tanya jawab
- Penugasan mahasiswa : individu
3 X 50
4%

4

Minggu ke 4

  1. Menganalisis konsep-konsep teoritis dan empiris yang relevan dengan topik penelitian
  2. Merancang metode pengumpulan data yang sesuai dengan kaidah ilmiah
  3. Menganalisis konsep pengelolaan data penelitian secara sistematis dan kritis
  1. Menjelaskan teori dan konsep dasar terkait topik penelitian dengan sumber literatur yang valid (jurnal, buku, prosiding)
  2. Membuat peta konsep (mind mapping) keterkaitan antar-konsep penelitian
  3. Memilih teknik pengumpulan data (kuisioner, wawancara, observasi, dll.) berdasarkan kebutuhan penelitian
  4. Menyusun instrumen penelitian (kuesioner, pedoman wawancara) yang valid, reliabel, dan rahasia
  5. Mengategorikan data primer dan sekunder sesuai jenisnya
  6. Mengevaluasi kredibilitas sumber data (triangulasi, uji autentisitas)
Kriteria:

Kesesuaian teori dan konsep topik dengan instrumen


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kuliah, diskusi dan tanya jawab
3 X 50
- Bentuk / Pendekatan Pembelajaran: Student Center
- Model Pembelajaran : Direct Learning
- Metode : Diskusi dan tanya jawab
- Penugasan mahasiswa : individu
3 X 50
4%

5

Minggu ke 5

  1. Menganalisis konsep-konsep teoritis dan empiris yang relevan dengan topik penelitian
  2. Merancang metode pengumpulan data yang sesuai dengan kaidah ilmiah
  3. Menganalisis konsep pengelolaan data penelitian secara sistematis dan kritis
  1. Menjelaskan teori dan konsep dasar terkait topik penelitian dengan sumber literatur yang valid (jurnal, buku, prosiding)
  2. Membuat peta konsep (mind mapping) keterkaitan antar-konsep penelitian
  3. Memilih teknik pengumpulan data (kuisioner, wawancara, observasi, dll.) berdasarkan kebutuhan penelitian
  4. Menyusun instrumen penelitian (kuesioner, pedoman wawancara) yang valid, reliabel, dan rahasia
  5. Mengategorikan data primer dan sekunder sesuai jenisnya
  6. Mengevaluasi kredibilitas sumber data (triangulasi, uji autentisitas)
Kriteria:

Kesesuaian teori dan konsep topik dengan instrumen


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kuliah, diskusi dan tanya jawab
3 X 50
- Bentuk / Pendekatan Pembelajaran: Student Center
- Model Pembelajaran : Direct Learning
- Metode : Diskusi dan tanya jawab
- Penugasan mahasiswa : individu
3 X 50
5%

6

Minggu ke 6

Mampu merumuskan hipotesis/ fokus penelitian

  1. Mampu menganalisis fenomena ekonomi bisnis dan pendidikan
  2. Mampu menganalisis masalah penelitian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
1. Ceramah 2. Presentasi mahasiswa 3.Tanya Jawab
3 X 50

5%

7

Minggu ke 7

Mampu merumuskan hipotesis/ fokus penelitian

  1. Mampu merumuskan hipotesis penelitian
  2. Mampu menjabarkan fungsi dan konsep hipotesis dalam penelitian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
1. Ceramah 2. Presentasi mahasiswa 3.Tanya Jawab
3 X 50

5%

8

Minggu ke 8

UTS


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

    3 X 50

    0%

    9

    Minggu ke 9

    1. Mengkaji grand theory
    2. Menganalisis gap theory
    3. Menyusun kajian teori/ kepustakaan
    1. Mampu Mengetahui bentuk integrasi pendekatan kualitatif dalam penelitian di bidang Ekonomi
    2. Mampu Memahami bentuk integrasi pendekatan kualitatif dalam penelitian di bidang Ekonomi

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    1. Ceramah 2. Presentasi mahasiswa 3. Tanya Jawab
    3 X 50

    8%

    10

    Minggu ke 10

    1. Mengkaji grand theory
    2. Menganalisis gap theory
    3. Menyusun kajian teori/ kepustakaan
    1. Mampu Mengetahui bentuk integrasi pendekatan kualitatif dalam penelitian di bidang Ekonomi
    2. Mampu Memahami bentuk integrasi pendekatan kualitatif dalam penelitian di bidang Ekonomi

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    1. Ceramah 2. Presentasi mahasiswa 3. Tanya Jawab
    3 X 50

    8%

    11

    Minggu ke 11

    1. Menentukan variabel penelitian
    2. Menyusun instrumen penelitian
    1. Mahasiswa mampu menentukan variabel dalam penelitian
    2. mahasiswa mampu mengembangkan masalah dalam kajian kepustakaan
    3. mahasiswa mampu merumuskan hipotesis

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

    3 X 50

    10%

    12

    Minggu ke 12

    1. Mampu menganalisis validasi intsrumen
    2. mampu menganalisis reliabilitas instrumen

    Mahasiswa mampu menentukan variabel dalam penelitian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

    3 X 50

    10%

    13

    Minggu ke 13

    membuat rancangan penelitian


      Bentuk Penilaian :
      Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

      3 X 50

      10%

      14

      Minggu ke 14

      membuat rancangan penelitian


        Bentuk Penilaian :
        Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

        3 X 50

        10%

        15

        Minggu ke 15

        membuat rancangan penelitian


          Bentuk Penilaian :
          Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

          3 X 50

          15%

          16

          Minggu ke 16

          UAS


            3 X 50

            0%



            Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

            No Evaluasi Persentase
            1. Aktifitas Partisipasif 42%
            2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 58%
            100%

            Catatan

            1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
            2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
            3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
            4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
            5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
            6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
            7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
            8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
            9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
            10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
            11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
            12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.