Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Politik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Etika Politik

6720102038

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

25 September 2022

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Agus Satmoko




.......................................




Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-5

Mampu menginternalisasi nilai, norma, etika akademik serta kepedulian terhadap kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (CPL Asosiasi)

PLO-6

Memahami konsep-konsep dasar, teori dan dasar metodologi ilmu politik. (CPL Asosiasi)

PLO-9

Mampu mengkomunikasikan gagasan dan hasil kajian politik secara efektif melalui media serta membangun jejaring kerja lintas sektor di era digital

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar etika, moral, dan etika politik dalam berbagai tradisi pemikiran politik

PO - 2

Mahasiswa mampu mengindetifikasi prinsip-prinsip etis yang mendasari praktik politik di tingkat lokal, nasional dan global

PO - 3

Mahasiswa mampu merumuskan argumen etis terhadap terhadap isu-isu politik kontemporer berdasarkan teori-teori etika politik

PO - 4

Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil kajian etika politik secara argumentatif dan terbuka terhadap pandangan berbeda

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-5PLO-6PLO-9
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Etika politik adalah hal mendasar yang harus dipegang teguh oleh pemegang kekuasaan dan pengambil keputusan agar kebijakannya berjalan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Matakuliah ini membahas tentang ruang lingkup etika, perbedaan dan persamaan antara etika dan moral, etika politik pejabat negara, konstitusi dan etika politik, agama dan etika politik. Strategi pembelajaran dilakukan dengan tutorial untuk memberi pemahaman konseptual, dan teoritik, kemudian diskusi tentang pentingnya sebuah etika dalam berpolitik, dengan banyak membahas contoh kasus-kasus faktual yang terjadi, seperti maraknya korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Pustaka

Utama :

  1. McCullagh,CB, 2004, Logic of History, Persfektif Posmodernisme, Yogyakarta:Lilin Persada Press
  2. Kebung,Konrad,2012 Rasionalisasi dan Penemuan Ide. Jakarta:Prestasi Pustakarya
  3. Suyanto, Bagong, 2013. Filsafatl Sosial. Malang: Aditya Media
  4. Suseno, franz magnis, etika dasar, jakarta , gramedia.
  5. Suseno, franz magnis, etika politik, jakarta, gramedia.
  6. Suriasumantri, Jujun s, 198., Ilmu Dalam Persektif Sebuah Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu, Jakarta; Yayasan Obor

Pendukung :

  1. Jurnal Artikel
  2. Rangkuman mahasiswa
  3. Slide Power Point

Dosen Pengampu

Agus Satmoko Adi, S.S., M.Si.

Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menganalisis silabus singkat, rencana penugasan, dan kontrak perkuliahan.

  1. Mahasiswa mampu menganalisis rencana perkuliahan.
  2. Mahasiswa mampu merespondengan baik terkait kontrak kuliah dan penugasan yang akan diberikan.
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Perkenalan, Pengantar, dan kontrak perkuliahan

Materi: Silabus singkat, Rencana Penugasan
Pustaka:

Materi: Kontrak Perkuliahan
Pustaka:
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menganalisis tentang sejarah filsafat dan Etika sebagai cabang filsafat

Ketepatan mahasiswa menganalisis tentang sejarah filsafat dan etika sebagai cabang filsafat.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan.


Bentuk Penilaian :
Tes
- Kuliah mimbar
- Tanya jawab.
- Diskusi
- Case Study
270 menit

Materi: Suriasumantri, Jujun s, 198., Ilmu Dalam Persektif Sebuah Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu, Jakarta; Yayasan Obor
Pustaka:
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menganalisis Etika, Moral, Perbedaan dan persamaannya.

Ketepatan mahasiswa menganalisis etika, moral, perbedaan dan persamaannya.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
- Kuliah mimbar
- Demonstrasi
- Case Study
- Penugasan
270 menit

Materi: Parson, W. 2005. Pubic Policy,Pengantar Teori & Praktek Analisi Kebijakan Publik Jakarta; Prenada Media
Pustaka:
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menganalisis keterkaitan antara etika dengan politik, dan ruang lingkupnya.

Ketepatan Mahasiswa menganalisis keterkaitan antara etika dengan politik, dan ruang lingkupnya.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Tes
- Kuliah, disertai penugasan
- Case study
270 menit

Materi: Kebung,Konrad,2012 Rasionalisasi dan Penemuan Ide. Jakarta:Prestasi Pustakarya
Pustaka:
3%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menganalisis pengaruh agama terhadap etika normatif dan etika politik.

Mahasiswa mampu menganalisis pengaruh agama terhadap etika normatif dan etika politik.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Tes
-Kuliah, disertai penugasan
-Case Study
270 menit

Materi: Suyanto, Bagong, 2013. Filsafatl Sosial. Malang: Aditya Media
Pustaka:
3%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menganalisis perkembangan dan pengaruh ideologi kapitalisme- liberalisme- demokrasi terhadap etika politik di Indonesia

Ketepatan mahasiswa menganalisis perkembangan dan pengaruh ideologi kapitalisme- liberalisme-demokrasi terhadap etika politik di indonesia

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
-Kuliah, disertai penugasan
-Case Study
270 menit

Materi: McCullagh,CB, 2004, Logic of History, Persfektif Posmodernisme, Yogyakarta:Lilin Persada Press
Pustaka:
3%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menganalisis Hubungan Etika dan Ilmu

Ketepatan mahasiswa menganalisis Hubungan Etika dan Ilmu

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Tes
- Kuliah, disertai penugasan
-Case study
270 menit

Materi: Suriasumantri, Jujun s, 198., Ilmu Dalam Persektif Sebuah Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu, Jakarta; Yayasan Obor
Pustaka:
3%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes
120 Menit

Materi: UTS
Pustaka:
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menganalisis makna utilitarianisme dalam etika dan politik

Ketepatan mahasiswa menganalisis makna utilitarianisme dalam etika dan politik

Kriteria:
  1. Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah
  2. Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan

Bentuk Penilaian :
Tes
- Kuliah, disertai penugasan
- Case study
270 menit

Materi: Berten, K, 1999. Sejarah filsafat Yunani. Yogyakarta: Kanisius
Pustaka:
3%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menganalisis peran hukum dalam membatasi perilaku politik menyimpang

Ketepatan mahasiswa menganalisis peran hukum dalam membatasi perilaku politik yang menyimpang.

Kriteria:

Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah


Bentuk Penilaian :
Tes
-Kuliah, disertai penugasan
-Case study
270 menit

Materi: Berten, K, 1999. Sejarah filsafat Yunani. Yogyakarta: Kanisius
Pustaka:
3%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menganalisis etika Kaum Sofis dan Socrates

Ketepatan mahasiswa menganalisis etika Kaum Sofis dan Socrates

Kriteria:

-Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah


Bentuk Penilaian :
Tes
-Kuliah, disertai penugasan
-Case Study
270 menit

Materi: Bertens, K, 1985. Filsafat Barat Abad XX. Jakarta:Gramedia
Pustaka:
3%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menganalisis etika politik pejabat negara

Ketepatan mahasiswa menganalisis etika politik pejabat negara.

Kriteria:

Kemampuan kelompok dalam menulis makalah dan presentasi tugas makalah


Bentuk Penilaian :
Tes
-Kuliah, disertai penugasan
-Case study
270 menit

Materi: -
Pustaka:
3%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menganalisis bagaimana budaya barat bersinggungan dengan budaya timur di Indonesia dan pengaruhnya terhadap etika politik.

Mahasiswa mampu menganalisis pengaruh budaya barat dan budaya timur terhadap etika politik

Kriteria:

Kemampuan dalam mengamati dan menganalisis program pemberdayaan masyarakat


Bentuk Penilaian :
Tes
-Kuliah, disertai penugasan
-Case study
270 menit

Materi: Bertens, K, 1985. Filsafat Barat Abad XX. Jakarta:Gramedia
Pustaka:
3%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menganalisis Etika Politik dan Ajaran Tentang etika Negara

dan Ajaran Tentang etika Negara Ketepatan mahasiswa mampu menganalisis etika politik dan ajaran tentang etika negara

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Tes
-Kuliah, disertai penugasan
-Case Study
270 menit

Materi: Bertens, K, 1985. Filsafat Barat Abad XX. Jakarta:Gramedia
Pustaka:
7%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menganalisis pengaruh etika masyarakat terhadap etika politik pemerintah

Ketepatan mahasiswa menganalisis pengaruh etika kemasyarakatan terhadap etika politik pemerintahan

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Tes
-Kuliah, disertai penugasan
-Case Study
270

Materi: Bertens, K, 1985. Filsafat Barat Abad XX. Jakarta:Gramedia
Pustaka:
7%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes
120 menit

Materi: UAS
Pustaka:
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 7.5%
2. Tes 92.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.