Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S3 Pendidikan Dasar

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERPIKIR*

8602204048

T=4

P=0

ECTS=10.08

3

23 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Suryanti, M.Pd; Dr. Hendratno, M.Hum; Dr. Ganes Gunansyah, M.Pd




Prof. Dr. Suryanti, M.Pd




SURYANTI

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai filosofi dan metodologi pembelajaran pendidikan dasar untuk menghasilkan inovasi pembelajaran.

PLO-10

Mampu mengembangkan kurikulum pendidikan dasar yang inovatif serta responsif terhadap kebutuhan belajar, mengakomodasi kelebihan dan kekurangan peserta didik, dan kurikulum yang ramah kultur budaya, dengan memanfaatkan hasil penelitian, dalam bentuk karya ilmiah pendidikan dasar.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu merefleksikan secara kritis pengembangan keterampilan berpikir di bidang pendidikan dasar secara filosofis, teoritis dan praksis

PO - 2

Mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi desain pembelajaran berbasis keterampilan berpikir.

PO - 3

Mampu menghasilkan kerangka konseptual/teoritis pengembangan keterampilan berpikir dalam mendukung keilmuan pendidikan dasar.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-10
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memperdalam pemahaman tentang konsep, paradigma filsafat, dan teori-teori kognitif tentang keterampilan berpikir. Fokus utama diarahkan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreatif, reflektif, metakognitif, problem solving, decision making, dan komputasional dalam konteks pendidikan dasar. Mahasiswa diarahkan untuk mengkaji, merancang, serta mengembangkan model dan kerangka konseptual baru melalui kajian literatur dan penelitian akademik.Pembelajaran dilaksanakan berbasis kasus yang relevan dengan pembahasan. Penilaian dengan penilaian partisipatif, penugasan, dan tes.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Garnett, S. (2020). Cognitive load theory: A handbook for teachers. Crown House Publishing Ltd.
  2. 2. Meineck, P., Short, W. M., & Devereaux, J. (Eds.). (2019). The Routledge Handbook of Classics and Cognitive Theory. London: Routledge.
  3. 3. Paul, R., & Elder, L. (2019). Critical Thinking: Tools for Taking Charge of Your Professional and Personal Life.
  4. 4. Anderson, B. (Ed.). (2016). Philosophy for Children: Theories and praxis in teacher education. Taylor & Francis.
  5. 5. Flanagan, R., Allen, K., & Levine, E. (2015). Cognitive and behavioral interventions in the schools. Integrating Theory and Research into Practice, XV, 15-41.
  6. 6. Halpern, D. F. (2014). Thought and Knowledge: An Introduction to Critical Thinking.
  7. 7. Facione, P. (2011). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts.
  8. 8. Sternberg, R. J. (2010). Teaching for Creativity and Innovation.
  9. 9. Costa, A., & Kallick, B. (2009). Learning and Leading with Habits of Mind.
  10. 10. Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing.
  11. 11. Flavell, J. (1979). Metacognition and Cognitive Monitoring.

Pendukung :

  1. 1. Suryanti, Nursalim, M., Choirunnisa, N. L., & Yuliana, I. (2024). STEAM-project-based learning: A catalyst for elementary school students’ scientific literacy skills. European Journal of Educational Research, 13(1), 1-14. https://doi.org/10.12973/eu-jer.13.1.1
  2. 2. Gunansyah, G., Suryanti, S., & Nafisah, D. (2024). Prospective Teacher as Environmental Agent: Between Hope, Opportunities and Possibilities Toward Sustainable Environmental. Jurnal Pendidikan Progresif, 14(2), 883-901.
  3. 3. Hendratno, Yasin, F. N., Istiq’faroh, N., & Suprayitno. (2023). Development of Textbook Based on Character Using Multimedia to Improve Critical Thinking Skills for Elementary School Students. Studies in Learning and Teaching, 4(1), 52-67. https://doi.org/10.46627/silet.v4i1.193
  4. 4. Gunansyah, G., Ariadi, S., & Budirahayu, T. (2023). Critical Environmental Education: The Urgency of Critical Consciousnesses, Intersubjective Communication, and Deliberative Democracy of Environmental Citizenship. Journal for Critical Education Policy Studies (JCEPS), 20(3).

Dosen Pengampu

SURYANTI

HENDRATNO

GANES GUNANSYAH

BINAR KURNIA PRAHANI

Dr. Hendratno, M.Hum.

Dr. Hendratno, M.Hum.

Dr. Binar Kurnia Prahani, S.Pd., M.Pd.

Dr. Binar Kurnia Prahani, S.Pd., M.Pd.

Dr. Ganes Gunansyah, S.Pd., M.Pd.

Dr. Ganes Gunansyah, S.Pd., M.Pd.

Prof. Dr. Suryanti, M.Pd.

Prof. Dr. Suryanti, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan ruang lingkup mata kuliah dan implikasinya dalam pengembangan keilmuan pendidikan dasar

  1. Menjelaskan ruang lingkup mata kuliah
  2. Mendeskripsikan orientasi, konsep dasar berpikir
Kriteria:

Setiap kontribusi aktivitas perkuliahan dihargai meliputi partisipasi aktif, keterlibatan penuh dalam dialog dan diskusi, serta analisis kasus Bentuk Penilaian: Aktivitas Patisipasif.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Dialog secara terbuka tentang etimologi dan terminologi berpikir, refleksi terkait ragam paradigma/perspektif yang mempengaruhi kemampuan/keterampilan berpikir.
4x50
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar filsafat dan teori pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dalam SIDIA. 4x50
Materi: mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis dan reflektif secara mendalam. Keterampilan berpikir seperti analisis argumen, berpikir kritis, and decision-making sangat diperkuat melalui praktik diskursif dan dialog filosofis
Pustaka: 4. Anderson, B. (Ed.). (2016). Philosophy for Children: Theories and praxis in teacher education. Taylor & Francis.
5%

2

Minggu ke 2

Menganalisis ragam paradigma filsafat dan teori berpikir

Menganalisis ragam perspektif berpikir dari tinjauan rasionalisme, empirisme, kritisisme, konstruktivisme

Kriteria:

Setiap kontribusi aktivitas perkuliahan dihargai meliputi partisipasi aktif, keterlibatan penuh dalam dialog dan diskusi, serta analisis kasus Bentuk Penilaian: Aktivitas Patisipasif.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Dialog dan diskusi kritis terkait ragam paradigma/perspektif yang mempengaruhi kemampuan/keterampilan berpikir.
4x50
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar filsafat dan teori pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dalam SIDIA.
4x50
5%

3

Minggu ke 3

Menganalisis asumsi ontologis, epistimologis dan aksiologis berpikir serta aplikasi praktis pengembangan berpikir dalam praktik pembelajaran di Sekolah Dasar (SD)

Memahami hakikat berpikir, cara berpikir dan manfaat berpikir ; Menganalisis aplikasi praktis dalam praktik pembelajaran di SD (kurikulum, pendekatan/model/strategi, sumber belajar dan penilaian/evaluasi)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Dialog dan reflektif terkait berkaitan dengan asumsi ontologis, epistimologis, dan aksiologis pengembangan kemampuan/keterampilan berpikir.
4x50
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar filsafat dan teori pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dalam SIDIA.
4x50
5%

4

Minggu ke 4

Menganalisis jenis-jenis berpikir serta kontribusinya terhadap pengembangan keilmuan pendidikan dasar

Mengindentiikasi jenis jenis berpikir (analitis, sintesis, reflektif, deduktif, induktif, evaluatif, divergen, konvergen, metakognitif, dan moral-etis)

Kriteria:

Setiap kontribusi aktivitas perkuliahan dihargai meliputi partisipasi aktif, keterlibatan penuh dalam dialog dan diskusi, serta analisis kasus


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Dialog dan diskusi kolaboratif terkait jenis jenis berpikir serta kontribusinya terhadap keilmuan pendidikan dasar
4x50
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar teoritis dan praktis pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dalam SIDIA.
4x50
5%

5

Minggu ke 5

Mengkritisi berpikir kritis & berpikir reflektif

Menganalsiis konsep, indikator, asesmen

Kriteria:

Setiap kontribusi aktivitas perkuliahan dihargai meliputi partisipasi aktif, keterlibatan penuh dalam dialog dan diskusi, serta analisis kasus


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Dialog secara kritis terkait implementasi dan evaluasi pengembangan keterampilan berpikir kritis dan reflektif di jenjang pendidikan dasar (SD) pendidikan tinggi (PGSD)
4x50
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar teoritis dan praktis pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dalam SIDIA.
4x50
5%

6

Minggu ke 6

Mengevaluasi asumi dasar, konsep/prinsip teori kreativitas/berpikir divergen dan pengambilan keputusan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Dialog secara kritis terkait implementasi dan evaluasi pengembangan keterampilan berpikir kreatif dan pengambilan keputusan di jenjang pendidikan dasar (SD) pendidikan tinggi (PGSD)
4x50
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar teoritis dan praktis pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dalam SIDIA.
4x50
5%

7

Minggu ke 7

Mengkritisi problem solving, evaluatif & metakognitif

Mengevaluasi asumi dasar, konsep/prinsip problem solving, evaluatif dan metakognitif

Kriteria:

Setiap kontribusi aktivitas perkuliahan dihargai meliputi partisipasi aktif, keterlibatan penuh dalam dialog dan diskusi, serta analisis kasus


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Dialog secara kritis terkait implementasi dan evaluasi pengembangan keterampilan berpikir pemecahan masalah, evaluatif dan metakognitif di jenjang pendidikan dasar (SD) pendidikan tinggi (PGSD)
4x50
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar teoritis dan praktis pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dalam SIDIA.
4x50
5%

8

Minggu ke 8

UTS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes


15%

9

Minggu ke 9

Menghubungkan teori belajar dengan keterampilan berpikir

Menyimpulkan hubungan dan kontribusi teori belajar (behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, dsb) dalam pengembangan keterampilan berpikir

Kriteria:

Setiap kontribusi aktivitas perkuliahan dihargai meliputi partisipasi aktif, keterlibatan penuh dalam dialog dan diskusi, serta analisis kasus


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Dialog secara terbuka, reflektif dan kritis mengenai keterkaitan teori belajar dengan keterampilan berpikir
4x50
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar teoritis dan praktis pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dalam SIDIA.
4x50
5%

10

Minggu ke 10

Menghubungkan teori pembelajaran dengan keterampilan berpikir

Menyimpulkan hubungan dan kontribusi teori pembelajaran (model PBL, inkuiri, dsb) dalam pengembangan keterampilan berpikir

Kriteria:

Setiap kontribusi aktivitas perkuliahan dihargai meliputi partisipasi aktif, keterlibatan penuh dalam dialog dan diskusi, serta analisis kasus


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Dialog secara terbuka, reflektif dan kritis mengenai keterkaitan teori pembelajaran dengan keterampilan berpikir
4x50
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar teoritis dan praktis pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dalam SIDIA.
4x50
5%

11

Minggu ke 11

Mendesain strategi pembelajaran

Merancang desain pengembangan keterampilan berpikir dalam strategi pembelajaran di SD berdasarkan hasil telaah reflektif-kritis tentang keterampilan berpikir

Kriteria:

Setiap kontribusi aktivitas perkuliahan dihargai meliputi partisipasi aktif, keterlibatan penuh dalam dialog dan diskusi, serta analisis kasus


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi mengenai rancangan strategi pembelajaran yang mengakomodir pengembangan keterampilan berpikir
4x50
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar teoritis dan praktis pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dalam SIDIA.
4x50
5%

12

Minggu ke 12

Menyusun instrumen asesmen keterampilan berpikir

Menyusun instrumen pendukung pembelajaran (rubrik, tes, dsb) mengenai pengembangan keterampilan berpikir di SD

Kriteria:

Setiap kontribusi aktivitas perkuliahan dihargai meliputi partisipasi aktif, keterlibatan penuh dalam dialog dan diskusi, serta analisis kasus


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi mengenai rancangan instrumen assesmen yang mengakomodir pengembangan keterampilan berpikir
4x50
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar teoritis dan praktis pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dalam SIDIA.
4x50
5%

13

Minggu ke 13

Mengembangkan kerangka/model baru

Menawarkan kerangka baru/model baru (draft) pengembangan keterampilan berpikir praktik pembelajaran di SD

Kriteria:

Setiap kontribusi aktivitas perkuliahan dihargai meliputi partisipasi aktif, keterlibatan penuh dalam dialog dan diskusi, serta analisis kasus


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi mengenai tawaran alternatif kerangka/model baru pengembangan keterampilan berpikir di SD/PGSD
4x50
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar teoritis dan praktis pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dalam SIDIA.
4x50
5%

14

Minggu ke 14

Mengembangkan kerangka/model baru

Menawarkan kerangka baru/model baru (draft) pengembangan keterampilan berpikir praktik pembelajaran di SD

Kriteria:

Setiap kontribusi aktivitas perkuliahan dihargai meliputi partisipasi aktif, keterlibatan penuh dalam dialog dan diskusi, serta analisis kasus


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi mengenai tawaran alternatif kerangka/model baru pengembangan keterampilan berpikir di SD/PGSD
4x50
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar teoritis dan praktis pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dalam SIDIA.
4x50
5%

15

Minggu ke 15

Review Perkuliahan

Kriteria:

Setiap kontribusi aktivitas perkuliahan dihargai meliputi partisipasi aktif, keterlibatan penuh dalam dialog dan diskusi, serta analisis kasus


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Refleksi mengenai kontribusi berupa implikasi teoritis dan praktis pengembangan keterampilan berpikir di SD/PGSD.
4x50
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar teoritis dan praktis pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dan memastikan kembali semua tagihan tugas sudah diunggah dalam SIDIA.
4x50
0%

16

Minggu ke 16

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes


15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 7.5%
3. Penilaian Portofolio 10%
4. Praktik / Unjuk Kerja 5%
5. Tes 22.5%
95%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.