
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S3 Pendidikan Dasar
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERPIKIR* |
8602204048 |
|
T=4 |
P=0 |
ECTS=10.08 |
3 |
23 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Suryanti, M.Pd; Dr. Hendratno, M.Hum; Dr. Ganes Gunansyah, M.Pd
|
Prof. Dr. Suryanti, M.Pd
|
SURYANTI |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menguasai filosofi dan metodologi pembelajaran pendidikan dasar untuk menghasilkan inovasi pembelajaran. |
PLO-10 |
Mampu mengembangkan kurikulum pendidikan dasar yang inovatif serta responsif terhadap kebutuhan belajar, mengakomodasi kelebihan dan kekurangan peserta didik, dan kurikulum yang ramah kultur budaya, dengan memanfaatkan hasil penelitian, dalam bentuk karya ilmiah pendidikan dasar. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu merefleksikan secara kritis pengembangan keterampilan berpikir di bidang pendidikan dasar secara filosofis, teoritis dan praksis
|
PO - 2 |
Mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi desain pembelajaran berbasis keterampilan berpikir.
|
PO - 3 |
Mampu menghasilkan kerangka konseptual/teoritis pengembangan keterampilan berpikir dalam mendukung keilmuan pendidikan dasar.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-10 | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini memperdalam pemahaman tentang konsep, paradigma filsafat, dan teori-teori kognitif tentang keterampilan berpikir. Fokus utama diarahkan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreatif, reflektif, metakognitif, problem solving, decision making, dan komputasional dalam konteks pendidikan dasar. Mahasiswa diarahkan untuk mengkaji, merancang, serta mengembangkan model dan kerangka konseptual baru melalui kajian literatur dan penelitian akademik.Pembelajaran dilaksanakan berbasis kasus yang relevan dengan pembahasan. Penilaian dengan penilaian partisipatif, penugasan, dan tes. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Garnett, S. (2020). Cognitive load theory: A handbook for teachers. Crown House Publishing Ltd.
- 2. Meineck, P., Short, W. M., & Devereaux, J. (Eds.). (2019). The Routledge Handbook of Classics and Cognitive Theory. London: Routledge.
- 3. Paul, R., & Elder, L. (2019). Critical Thinking: Tools for Taking Charge of Your Professional and Personal Life.
- 4. Anderson, B. (Ed.). (2016). Philosophy for Children: Theories and praxis in teacher education. Taylor & Francis.
- 5. Flanagan, R., Allen, K., & Levine, E. (2015). Cognitive and behavioral interventions in the schools. Integrating Theory and Research into Practice, XV, 15-41.
- 6. Halpern, D. F. (2014). Thought and Knowledge: An Introduction to Critical Thinking.
- 7. Facione, P. (2011). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts.
- 8. Sternberg, R. J. (2010). Teaching for Creativity and Innovation.
- 9. Costa, A., & Kallick, B. (2009). Learning and Leading with Habits of Mind.
- 10. Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing.
- 11. Flavell, J. (1979). Metacognition and Cognitive Monitoring.
|
Pendukung : |
|
- 1. Suryanti, Nursalim, M., Choirunnisa, N. L., & Yuliana, I. (2024). STEAM-project-based learning: A catalyst for elementary school students’ scientific literacy skills. European Journal of Educational Research, 13(1), 1-14. https://doi.org/10.12973/eu-jer.13.1.1
- 2. Gunansyah, G., Suryanti, S., & Nafisah, D. (2024). Prospective Teacher as Environmental Agent: Between Hope, Opportunities and Possibilities Toward Sustainable Environmental. Jurnal Pendidikan Progresif, 14(2), 883-901.
- 3. Hendratno, Yasin, F. N., Istiq’faroh, N., & Suprayitno. (2023). Development of Textbook Based on Character Using Multimedia to Improve Critical Thinking Skills for Elementary School Students. Studies in Learning and Teaching, 4(1), 52-67. https://doi.org/10.46627/silet.v4i1.193
- 4. Gunansyah, G., Ariadi, S., & Budirahayu, T. (2023). Critical Environmental Education: The Urgency of Critical Consciousnesses, Intersubjective Communication, and Deliberative Democracy of Environmental Citizenship. Journal for Critical Education Policy Studies (JCEPS), 20(3).
|
Dosen Pengampu
|
SURYANTI HENDRATNO GANES GUNANSYAH BINAR KURNIA PRAHANI Dr. Hendratno, M.Hum. Dr. Hendratno, M.Hum. Dr. Binar Kurnia Prahani, S.Pd., M.Pd. Dr. Binar Kurnia Prahani, S.Pd., M.Pd. Dr. Ganes Gunansyah, S.Pd., M.Pd. Dr. Ganes Gunansyah, S.Pd., M.Pd. Prof. Dr. Suryanti, M.Pd. Prof. Dr. Suryanti, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan ruang lingkup mata kuliah dan implikasinya dalam pengembangan keilmuan pendidikan dasar |
- Menjelaskan ruang lingkup mata kuliah
- Mendeskripsikan orientasi, konsep dasar berpikir
|
Kriteria:
Setiap kontribusi aktivitas perkuliahan dihargai meliputi partisipasi aktif, keterlibatan penuh dalam dialog dan diskusi, serta analisis kasus Bentuk Penilaian: Aktivitas Patisipasif. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Dialog secara terbuka tentang etimologi dan terminologi berpikir, refleksi terkait ragam paradigma/perspektif yang mempengaruhi kemampuan/keterampilan berpikir.
4x50
|
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar filsafat dan teori pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dalam SIDIA. 4x50
|
Materi: mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis dan reflektif secara mendalam. Keterampilan berpikir seperti analisis argumen, berpikir kritis, and decision-making sangat diperkuat melalui praktik diskursif dan dialog filosofis Pustaka: 4. Anderson, B. (Ed.). (2016). Philosophy for Children: Theories and praxis in teacher education. Taylor & Francis. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis ragam paradigma filsafat dan teori berpikir |
Menganalisis ragam perspektif berpikir dari tinjauan rasionalisme, empirisme, kritisisme, konstruktivisme |
Kriteria:
Setiap kontribusi aktivitas perkuliahan dihargai meliputi partisipasi aktif, keterlibatan penuh dalam dialog dan diskusi, serta analisis kasus Bentuk Penilaian: Aktivitas Patisipasif. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Dialog dan diskusi kritis terkait ragam paradigma/perspektif yang mempengaruhi kemampuan/keterampilan berpikir. 4x50 |
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar filsafat dan teori pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dalam SIDIA. 4x50 |
|
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis asumsi ontologis, epistimologis dan aksiologis berpikir serta aplikasi praktis pengembangan berpikir dalam praktik pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) |
Memahami hakikat berpikir, cara berpikir dan manfaat berpikir ; Menganalisis aplikasi praktis dalam praktik pembelajaran di SD (kurikulum, pendekatan/model/strategi, sumber belajar dan penilaian/evaluasi) |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Dialog dan reflektif terkait berkaitan dengan asumsi ontologis, epistimologis, dan aksiologis pengembangan kemampuan/keterampilan berpikir. 4x50 |
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar filsafat dan teori pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dalam SIDIA. 4x50 |
|
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis jenis-jenis berpikir serta kontribusinya terhadap pengembangan keilmuan pendidikan dasar |
Mengindentiikasi jenis jenis berpikir (analitis, sintesis, reflektif, deduktif, induktif, evaluatif, divergen, konvergen, metakognitif, dan moral-etis) |
Kriteria:
Setiap kontribusi aktivitas perkuliahan dihargai meliputi partisipasi aktif, keterlibatan penuh dalam dialog dan diskusi, serta analisis kasus Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Dialog dan diskusi kolaboratif terkait jenis jenis berpikir serta kontribusinya terhadap keilmuan pendidikan dasar 4x50 |
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar teoritis dan praktis pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dalam SIDIA. 4x50 |
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mengkritisi berpikir kritis & berpikir reflektif |
Menganalsiis konsep, indikator, asesmen |
Kriteria:
Setiap kontribusi aktivitas perkuliahan dihargai meliputi partisipasi aktif, keterlibatan penuh dalam dialog dan diskusi, serta analisis kasus Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Dialog secara kritis terkait implementasi dan evaluasi pengembangan keterampilan berpikir kritis dan reflektif di jenjang pendidikan dasar (SD) pendidikan tinggi (PGSD) 4x50 |
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar teoritis dan praktis pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dalam SIDIA. 4x50 |
|
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mengevaluasi asumi dasar, konsep/prinsip teori kreativitas/berpikir divergen dan pengambilan keputusan |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Dialog secara kritis terkait implementasi dan evaluasi pengembangan keterampilan berpikir kreatif dan pengambilan keputusan di jenjang pendidikan dasar (SD) pendidikan tinggi (PGSD) 4x50 |
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar teoritis dan praktis pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dalam SIDIA. 4x50 |
|
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mengkritisi problem solving, evaluatif & metakognitif |
Mengevaluasi asumi dasar, konsep/prinsip problem solving, evaluatif dan metakognitif |
Kriteria:
Setiap kontribusi aktivitas perkuliahan dihargai meliputi partisipasi aktif, keterlibatan penuh dalam dialog dan diskusi, serta analisis kasus Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Dialog secara kritis terkait implementasi dan evaluasi pengembangan keterampilan berpikir pemecahan masalah, evaluatif dan metakognitif di jenjang pendidikan dasar (SD) pendidikan tinggi (PGSD) 4x50 |
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar teoritis dan praktis pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dalam SIDIA. 4x50 |
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
|
|
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Menghubungkan teori belajar dengan keterampilan berpikir |
Menyimpulkan hubungan dan kontribusi teori belajar (behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, dsb) dalam pengembangan keterampilan berpikir |
Kriteria:
Setiap kontribusi aktivitas perkuliahan dihargai meliputi partisipasi aktif, keterlibatan penuh dalam dialog dan diskusi, serta analisis kasus Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Dialog secara terbuka, reflektif dan kritis mengenai keterkaitan teori belajar dengan keterampilan berpikir 4x50 |
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar teoritis dan praktis pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dalam SIDIA. 4x50 |
|
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menghubungkan teori pembelajaran dengan keterampilan berpikir |
Menyimpulkan hubungan dan kontribusi teori pembelajaran (model PBL, inkuiri, dsb) dalam pengembangan keterampilan berpikir |
Kriteria:
Setiap kontribusi aktivitas perkuliahan dihargai meliputi partisipasi aktif, keterlibatan penuh dalam dialog dan diskusi, serta analisis kasus Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Dialog secara terbuka, reflektif dan kritis mengenai keterkaitan teori pembelajaran dengan keterampilan berpikir 4x50 |
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar teoritis dan praktis pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dalam SIDIA. 4x50 |
|
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mendesain strategi pembelajaran |
Merancang desain pengembangan keterampilan berpikir dalam strategi pembelajaran di SD berdasarkan hasil telaah reflektif-kritis tentang keterampilan berpikir |
Kriteria:
Setiap kontribusi aktivitas perkuliahan dihargai meliputi partisipasi aktif, keterlibatan penuh dalam dialog dan diskusi, serta analisis kasus Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi mengenai rancangan strategi pembelajaran yang mengakomodir pengembangan keterampilan berpikir 4x50 |
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar teoritis dan praktis pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dalam SIDIA. 4x50 |
|
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menyusun instrumen asesmen keterampilan berpikir |
Menyusun instrumen pendukung pembelajaran (rubrik, tes, dsb) mengenai pengembangan keterampilan berpikir di SD |
Kriteria:
Setiap kontribusi aktivitas perkuliahan dihargai meliputi partisipasi aktif, keterlibatan penuh dalam dialog dan diskusi, serta analisis kasus Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi mengenai rancangan instrumen assesmen yang mengakomodir pengembangan keterampilan berpikir 4x50 |
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar teoritis dan praktis pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dalam SIDIA. 4x50 |
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mengembangkan kerangka/model baru |
Menawarkan kerangka baru/model baru (draft) pengembangan keterampilan berpikir praktik pembelajaran di SD |
Kriteria:
Setiap kontribusi aktivitas perkuliahan dihargai meliputi partisipasi aktif, keterlibatan penuh dalam dialog dan diskusi, serta analisis kasus Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi mengenai tawaran alternatif kerangka/model baru pengembangan keterampilan berpikir di SD/PGSD 4x50 |
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar teoritis dan praktis pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dalam SIDIA. 4x50 |
|
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mengembangkan kerangka/model baru |
Menawarkan kerangka baru/model baru (draft) pengembangan keterampilan berpikir praktik pembelajaran di SD |
Kriteria:
Setiap kontribusi aktivitas perkuliahan dihargai meliputi partisipasi aktif, keterlibatan penuh dalam dialog dan diskusi, serta analisis kasus Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi mengenai tawaran alternatif kerangka/model baru pengembangan keterampilan berpikir di SD/PGSD 4x50 |
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar teoritis dan praktis pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dalam SIDIA. 4x50 |
|
5% |
15
Minggu ke 15 |
Review Perkuliahan |
|
Kriteria:
Setiap kontribusi aktivitas perkuliahan dihargai meliputi partisipasi aktif, keterlibatan penuh dalam dialog dan diskusi, serta analisis kasus Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Refleksi mengenai kontribusi berupa implikasi teoritis dan praktis pengembangan keterampilan berpikir di SD/PGSD. 4x50 |
Asyns. Mempelajari bahan bacaan mengenai pengantar teoritis dan praktis pengembangan berpikir yang bersumber dari buku, artikel dengan melengkapi forum dialog dan memastikan kembali semua tagihan tugas sudah diunggah dalam SIDIA. 4x50 |
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
|
15% |