Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi Islam

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Keuangan Sosial Islam

6020203123

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

4

31 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Ramdani, S.H.I., M.E.




Clarashinta Canggih SE., CIFP




Clarashinta Canggih, S.E., CIFP.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai konsep teoritis bidang Ekonomi Islam, Bisnis Islam dan Keuangan Islam secara umum dan khusus untuk menyelesaikan masalah secara prosedural sesuai dengan lingkup pekerjaannya.

PLO-9

Mampu mengaplikasikan keilmuan Ekonomi Islam, Bisnis Islam, dan Keuangan Islam dalam penyelesaian permasalahan dengan memanfaatkan IPTEKS.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menunjukkan sikap profesional, kolaboratif, dan inovatif dalam memahami serta mengembangkan konsep keuangan sosial Islam untuk kesejahteraan masyarakat.

PO - 2

Mampu menganalisis dan mengevaluasi konsep serta praktik keuangan sosial Islam, termasuk zakat dan wakaf, dengan pendekatan yang logis, kritis, dan sistematis.

PO - 3

Menguasai teori dan konsep keuangan sosial Islam, termasuk zakat, wakaf, dan instrumen lainnya, serta mampu mengaplikasikannya dalam konteks ekonomi dan bisnis Islam

PO - 4

Mampu menerapkan konsep keuangan sosial Islam dengan memanfaatkan teknologi dan inovasi keuangan untuk menyelesaikan masalah ekonomi dan sosial secara efektif

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-4PLO-5PLO-9
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Keuangan Sosial Islam membahas tentang prinsip-prinsip ekonomi Islam yang berkaitan dengan keuangan sosial. Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk memahami konsep keuangan sosial dalam perspektif Islam, serta menerapkan prinsipprinsip tersebut dalam praktik keuangan. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman tentang zakat, wakaf, dan prinsip keuangan Islam lainnya yang berorientasi pada kesejahteraan sosial dan keadilan ekonomi.

Pustaka

Utama :

  1. Hassan, M. K. (2021). Islamic Social Finance: A Catalyst for Sustainable Development. Routledge.
  2. Ismail, A. G. (2020). Waqf Development and Innovation: Socio-Economic Impacts. Palgrave Macmillan.
  3. Oseni, U. A. (2023). Fintech in Islamic Finance: Digital Zakat and Waqf. Edward Elgar.
  4. Badan Wakaf Indonesia (BWI). (2023). Laporan Tahunan Pengelolaan Wakaf 2023.
  5. BAZNAS (2023). Laporan Tahunan Zakat Nasional 2023.

Pendukung :

  1. Majid, R., Fauziyyah, N. E., Ramdani, R., Friantoro, D., & Indrawan, I. W. (2024). Do Trust and Waqf Knowledge Able to Explain Waqf Intention in Livestock Sector? Empirical Evidence from Indonesia. ZISWAF: Jurnal Zakat dan Wakaf, 11(1), 60-81.
  2. Rahayu, P. K. (2020). A comparative study on zakat management law practices between Malaysia and Indonesia. A Comparative Study on Zakat Management Law Practices between Malaysia and Indonesia, 2(2), 329-342.
  3. Ramdani, R., Ratnasari, R. T., & Mawardi, I. (2022). Management and strategy in waqf institution: a systematic literature review. Perisai: Islamic Banking and Finance Journal, 6(2), 133-143.
  4. Ramdani, R., Widiastuti, T., & Mawardi, I. (2024). Implementation of Islamic values in waqf governance: a systematic literature review. Journal of Islamic Marketing, 15(8), 1925-1941.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep dasar keuangan sosial Islam dan peranannya dalam perekonomian Islam.

  1. Menjelaskan prinsip dasar keuangan Islam (syariah, keadilan, larangan riba).
  2. Membedakan sistem keuangan Islam dengan konvensional.
  3. Mengidentifikasi sumber-sumber hukum keuangan Islam (Al-Qur’an, Hadis, Ijma).
  4. Menganalisis kasus pelanggaran prinsip syariah dalam keuangan modern
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah dan Studi Kasus (Case Based Learning)

Materi: Konsep dasar keuangan Islam. Sumber hukum keuangan Islam
Pustaka: Hassan, M. K. (2021). Islamic Social Finance: A Catalyst for Sustainable Development. Routledge.
2%

2

Minggu ke 2

Memahami konsep dasar keuangan sosial Islam dan peranannya dalam perekonomian Islam.

  1. Menjelaskan prinsip dasar keuangan Islam (syariah, keadilan, larangan riba).
  2. Membedakan sistem keuangan Islam dengan konvensional.
  3. Mengidentifikasi sumber-sumber hukum keuangan Islam (Al-Qur’an, Hadis, Ijma).
  4. Menganalisis kasus pelanggaran prinsip syariah dalam keuangan modern
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah dan Studi Kasus (Case Based Learning)

Tugas Mahasiswa:
Menganalisis studi kasus

Materi: Konsep dasar keuangan Islam. Sumber hukum keuangan Islam
Pustaka: Hassan, M. K. (2021). Islamic Social Finance: A Catalyst for Sustainable Development. Routledge.
4%

3

Minggu ke 3

Memahami prinsip zakat dan penerapannya.

  1. Menghitung zakat mal, fitrah, dan profesi.
  2. Menganalisis distribusi zakat untuk pengentasan kemiskinan.
  3. Mengevaluasi peran BAZNAS dalam pengelolaan zakat nasional.
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah dan Studi Kasus (Case Based Learning)

Materi: Perhitungan Zakat
Pustaka: BAZNAS (2023). Laporan Tahunan Zakat Nasional 2023.
2%

4

Minggu ke 4

Memahami prinsip zakat dan penerapannya.

  1. Menghitung zakat mal, fitrah, dan profesi.
  2. Menganalisis distribusi zakat untuk pengentasan kemiskinan.
  3. Mengevaluasi peran BAZNAS dalam pengelolaan zakat nasional.
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah dan Studi Kasus (Case Based Learning)

Materi: Perhitungan Zakat
Pustaka: BAZNAS (2023). Laporan Tahunan Zakat Nasional 2023.
2%

5

Minggu ke 5

Memahami prinsip wakaf produktif

  1. Mengetahui model wakaf produktif (pendidikan, kesehatan).
  2. Mengetahui tantangan pengelolaan wakaf di Indonesia.
  3. Membandingkan model wakaf produktif.
  4. Mengetahui strategi revitalisasi aset wakaf terlantar.
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah dan Studi Kasus (Case Based Learning)

Tugas Mahasiswa:
Mencari contoh wakaf produktif di daerah sekitar mahasiswa

Materi: prinsip wakaf, model wakaf produktif
Pustaka: Badan Wakaf Indonesia (BWI). (2023). Laporan Tahunan Pengelolaan Wakaf 2023.

Materi: prinsip wakaf, model wakaf produktif
Pustaka: Majid, R., Fauziyyah, N. E., Ramdani, R., Friantoro, D., & Indrawan, I. W. (2024). Do Trust and Waqf Knowledge Able to Explain Waqf Intention in Livestock Sector? Empirical Evidence from Indonesia. ZISWAF: Jurnal Zakat dan Wakaf, 11(1), 60-81.
4%

6

Minggu ke 6

Memahami prinsip wakaf produktif

  1. Mengetahui model wakaf produktif (pendidikan, kesehatan).
  2. Mengetahui tantangan pengelolaan wakaf di Indonesia.
  3. Membandingkan model wakaf produktif.
  4. Mengetahui strategi revitalisasi aset wakaf terlantar.
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah dan Studi Kasus (Case Based Learning)

Tugas Mahasiswa:
Menganalisis operasional wakaf produktif di daerah sekitar mahasiswa

Materi: prinsip wakaf, model wakaf produktif
Pustaka: Badan Wakaf Indonesia (BWI). (2023). Laporan Tahunan Pengelolaan Wakaf 2023.

Materi: prinsip wakaf, model wakaf produktif
Pustaka: Majid, R., Fauziyyah, N. E., Ramdani, R., Friantoro, D., & Indrawan, I. W. (2024). Do Trust and Waqf Knowledge Able to Explain Waqf Intention in Livestock Sector? Empirical Evidence from Indonesia. ZISWAF: Jurnal Zakat dan Wakaf, 11(1), 60-81.
4%

7

Minggu ke 7

Menganalisis instrumen keuangan Islam lainnya

  1. Mengidentifikasi instrumen qardh al-hasan, infak, dan sedekah.
  2. Mengetahui dampak sosial qardh al-hasan.
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah dan Studi Kasus (Case Based Learning)

Tugas Mahasiswa:
Mengevaluasi dampak sosial qardhul hasan

Materi: Instrumen keuangan Islam, Pembiayaan mikro syariah
Pustaka: Hassan, M. K. (2021). Islamic Social Finance: A Catalyst for Sustainable Development. Routledge.
4%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

Rubrik Penilaian UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS

Materi: Regulasi keuangan Islam, Kebijakan OJK
Pustaka: Rahayu, P. K. (2020). A comparative study on zakat management law practices between Malaysia and Indonesia. A Comparative Study on Zakat Management Law Practices between Malaysia and Indonesia, 2(2), 329-342.
20%

9

Minggu ke 9

Menganalisis regulasi dan kebijakan keuangan Islam

  1. Menganalisis UU No. 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat.
  2. Mengetahui peran OJK dalam pengawasan keuangan syariah.
  3. Membandingkan regulasi zakat di Indonesia dan Malaysia.
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah dan Problem Based Learning

Tugas Mahasiswa:
Membuat pokok-pokok kebijakan pengelolaan zakat

Materi: Regulasi keuangan Islam, Kebijakan OJK
Pustaka: Rahayu, P. K. (2020). A comparative study on zakat management law practices between Malaysia and Indonesia. A Comparative Study on Zakat Management Law Practices between Malaysia and Indonesia, 2(2), 329-342.
4%

10

Minggu ke 10

Menganalisis regulasi dan kebijakan keuangan Islam

  1. Menganalisis UU No. 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat.
  2. Mengetahui peran OJK dalam pengawasan keuangan syariah.
  3. Membandingkan regulasi zakat di Indonesia dan Malaysia.
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah dan Problem Based Learning

Tugas Mahasiswa:
Menganalisis aturan pajak yang ada di Indonesia dan Malaysia

Materi: Regulasi keuangan Islam, Kebijakan OJK
Pustaka: Rahayu, P. K. (2020). A comparative study on zakat management law practices between Malaysia and Indonesia. A Comparative Study on Zakat Management Law Practices between Malaysia and Indonesia, 2(2), 329-342.
4%

11

Minggu ke 11

Mengeksplorasi manajemen zakat dan wakaf

  1. Mengetahui sistem akuntansi zakat.
  2. Mengetahui pengelolaan laporan keuangan wakaf produktif.
  3. Mengeksploarasi transparansi laporan keuangan wakaf
  4. Mengetahui audit lembaga zakat.
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah dan Studi Kasus (Case Based Learning)

Tugas Mahasiswa:
Menganalisis laporan keuangan lembaga zakat

Materi: manajemen zakat dan wakaf, akuntansi zakat dan wakaf
Pustaka: Badan Wakaf Indonesia (BWI). (2023). Laporan Tahunan Pengelolaan Wakaf 2023.

Materi: manajemen zakat dan wakaf, akuntansi zakat dan wakaf
Pustaka: Oseni, U. A. (2023). Fintech in Islamic Finance: Digital Zakat and Waqf. Edward Elgar.

Materi: manajemen zakat dan wakaf, akuntansi zakat dan wakaf
Pustaka: Rahayu, P. K. (2020). A comparative study on zakat management law practices between Malaysia and Indonesia. A Comparative Study on Zakat Management Law Practices between Malaysia and Indonesia, 2(2), 329-342.

Materi: manajemen zakat dan wakaf, akuntansi zakat dan wakaf
Pustaka: Ramdani, R., Widiastuti, T., & Mawardi, I. (2024). Implementation of Islamic values in waqf governance: a systematic literature review. Journal of Islamic Marketing, 15(8), 1925-1941.
4%

12

Minggu ke 12

Mengeksplorasi manajemen zakat dan wakaf

  1. Mengetahui sistem akuntansi zakat.
  2. Mengetahui pengelolaan laporan keuangan wakaf produktif.
  3. Mengeksploarasi transparansi laporan keuangan wakaf
  4. Mengetahui audit lembaga zakat.
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah dan Studi Kasus (Case Based Learning)

Tugas Mahasiswa:
Menganalisis program-program wakaf untuk pembangunan fasilitas sosial

Materi: manajemen zakat dan wakaf, akuntansi zakat dan wakaf
Pustaka: Badan Wakaf Indonesia (BWI). (2023). Laporan Tahunan Pengelolaan Wakaf 2023.

Materi: manajemen zakat dan wakaf, akuntansi zakat dan wakaf
Pustaka: Oseni, U. A. (2023). Fintech in Islamic Finance: Digital Zakat and Waqf. Edward Elgar.

Materi: manajemen zakat dan wakaf, akuntansi zakat dan wakaf
Pustaka: Rahayu, P. K. (2020). A comparative study on zakat management law practices between Malaysia and Indonesia. A Comparative Study on Zakat Management Law Practices between Malaysia and Indonesia, 2(2), 329-342.

Materi: manajemen zakat dan wakaf, akuntansi zakat dan wakaf
Pustaka: Ramdani, R., Widiastuti, T., & Mawardi, I. (2024). Implementation of Islamic values in waqf governance: a systematic literature review. Journal of Islamic Marketing, 15(8), 1925-1941.
4%

13

Minggu ke 13

Menganalisis dampak keuangan sosial Islam

  1. Menganalisis dampak zakat terhadap SDGs.
  2. Mengeksplorasi kontribusi wakaf pada pembangunan ekonomi.
  3. Membandingkan dampak zakat di Indonesia dan Malaysia
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah dan Studi Kasus (Case Based Learning)

Tugas Mahasiswa:
Menganalisis faktor yang mempengaruhi orang untuk berzakat

Materi: Dampak sosial-ekonomi zakat dan wakaf, SDGs dan keuangan Islam
Pustaka: Badan Wakaf Indonesia (BWI). (2023). Laporan Tahunan Pengelolaan Wakaf 2023.

Materi: Dampak sosial-ekonomi zakat dan wakaf, SDGs dan keuangan Islam
Pustaka: BAZNAS (2023). Laporan Tahunan Zakat Nasional 2023.

Materi: Dampak sosial-ekonomi zakat dan wakaf, SDGs dan keuangan Islam
Pustaka: Ramdani, R., Widiastuti, T., & Mawardi, I. (2024). Implementation of Islamic values in waqf governance: a systematic literature review. Journal of Islamic Marketing, 15(8), 1925-1941.
4%

14

Minggu ke 14

Menganalisis dampak keuangan sosial Islam

  1. Menganalisis dampak zakat terhadap SDGs.
  2. Mengeksplorasi kontribusi wakaf pada pembangunan ekonomi.
  3. Membandingkan dampak zakat di Indonesia dan Malaysia
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah dan Studi Kasus (Case Based Learning)

Tugas Mahasiswa:
Menganalisis program-program wakaf untuk pembangunan fasilitas sosial

Materi: Dampak sosial-ekonomi zakat dan wakaf, SDGs dan keuangan Islam
Pustaka: Badan Wakaf Indonesia (BWI). (2023). Laporan Tahunan Pengelolaan Wakaf 2023.

Materi: Dampak sosial-ekonomi zakat dan wakaf, SDGs dan keuangan Islam
Pustaka: BAZNAS (2023). Laporan Tahunan Zakat Nasional 2023.

Materi: Dampak sosial-ekonomi zakat dan wakaf, SDGs dan keuangan Islam
Pustaka: Ramdani, R., Widiastuti, T., & Mawardi, I. (2024). Implementation of Islamic values in waqf governance: a systematic literature review. Journal of Islamic Marketing, 15(8), 1925-1941.
4%

15

Minggu ke 15

Mengetahui teknologi dalam keuangan sosial Islam

  1. Mengetahui platform fintech untuk zakat dan wakaf.
  2. Menganalisis risiko teknologi digital.
  3. Membandingkan platform crowdfunding syariah
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah dan Studi Kasus (Case Based Learning)

Tugas Mahasiswa:
Menganalisis platform crowfunding syariah uang paling mudah digunakan

Materi: teknologi keuangan sosial, fintech syariah
Pustaka: Badan Wakaf Indonesia (BWI). (2023). Laporan Tahunan Pengelolaan Wakaf 2023.

Materi: teknologi keuangan sosial, fintech syariah
Pustaka: Ramdani, R., Widiastuti, T., & Mawardi, I. (2024). Implementation of Islamic values in waqf governance: a systematic literature review. Journal of Islamic Marketing, 15(8), 1925-1941.
4%

16

Minggu ke 16

uas

Kriteria:

rubrik penilaian uas


Bentuk Penilaian :
Tes
uas

30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.