Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Transformasi Digital

5720103149

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

25 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Anggraeni Widya Purwita




.......................................




I KADEK DWI NURYANA

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu mengaplikasikan keahlian, teknik, dan alat terkini pada bidang teknologi informasi, serta merumuskan deskripsi hasil kajian dalam bentuk dokumen

PLO-6

Mampu mengambil keputusan secara tepat baik mandiri maupun kelompok, bertanggung jawab dan sesuai etik dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi dan data serta mengkomunikasikannya secara efektif

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menganalisis konsep, model, dan tren transformasi digital dalam organisasi.

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis strategi, model bisnis, dan framework transformasi digital

PO - 3

Mahasiswa mampu memahami teknologi pendukung, risiko, dan etika dalam transformasi digital

PO - 4

Mahasiswa mampu merancang solusi inovasi digital berbasis pendekatan kreatif

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas perubahan strategis dalam bisnis yang dipicu oleh teknologi digital, seperti big data, AI, IoT, dan cloud computing. Mahasiswa akan mempelajari konsep dasar transformasi digital, strategi digital, dan peran kepemimpinan dalam mengelola perubahan. Studi kasus dari berbagai industri akan digunakan untuk memahami bagaimana organisasi dapat sukses melakukan transformasi digital. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu merancang dan menerapkan strategi digital yang efektif dalam mendukung transformasi organisasi.

Pustaka

Utama :

  1. Digital Transformation Playbook oleh Project Management Institute
  2. Digital Transformation Playbook oleh David L. Rogers (2016)
  3. Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee. (2014)
  4. Digital Transformation Strategies oleh Matt, C.; Hess, T.; Benlian, A (2015)
  5. Dynamic Capabilities and Strategic Management. Oxford University Press: Teece, D. J. (2018)
  6. The Digital Maturity Model 4.0. Forrester Research. Gill, M., & VanBoskirk, S. (2016)
  7. Digital Transformation Strategies. Business & Information Systems Engineering, 57(5), 339–343.Matt, C., Hess, T., & Benlian, A. (2015).
  8. The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum. Schwab, K. (2017).
  9. Platform Revolution. Norton.Parker, G., Van Alstyne, M., & Choudary, S..(2016)
  10. The Ethics of Artificial Intelligence. Oxford University Press.Floridi, L. (2019).
  11. Design Thinking. Tim Brown. Harvard Business Review. (2009)

Pendukung :

  1. Project Management Body of Knowledge 7th edition oleh Project Management Institute

Dosen Pengampu

RAHADIAN BISMA

ANGGRAENI WIDYA PURWITA

Rahadian Bisma, S.Kom., M.Kom.

Rahadian Bisma, S.Kom., M.Kom.

Anggraeni Widya Purwita, M.Kom.

Anggraeni Widya Purwita, M.Kom.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar digitalisasi, perbedaan digitalisasi vs transformasi digital

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar digitalisasi
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan digitalisasi vs transformasi digital
Kriteria:

Diskusi interaktif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah interaktif dan diskusi
3 x 50 menit

Materi: Definisi Transformasi Digital dan Best Practice
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh David L. Rogers

Materi: What is Digital Tranformation?
Pustaka: Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee.
0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah dan tren global Transformasi Digital

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah TD
  2. Mahasiswa dapat mendeskripsikan tren global TD
Kriteria:

Diskusi Kelas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi
3 x 50 menit

Materi: Tren Global Transformasi Digital
Pustaka: Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee.
10%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menganalisis Faktor pendorong & hambatan dalam TD

  1. Mahasiswa mampu menganalisis faktor pendorong dalam TD
  2. Mahasiswa mampu menganalisis faktor penghambat dalam TD
Kriteria:

Tugas analisis dari studi kasus dalam artikel


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Diskusi kelompok
3 x 50 menit

Materi: SDM, Budaya organisasi, teknologi, dan regulasi dalam TD
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh David L. Rogers

Materi: SDM, Budaya organisasi, teknologi, dan regulasi dalam TD
Pustaka: Digital Transformation Strategies oleh Matt, C.; Hess, T.; Benlian, A (2015)
10%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami Digital Business Model

  1. Mahasiswa mampu memahami Platform TD
  2. Mahasiswa mampu memahami ekosistem TD
  3. Mahasiswa mampu memahami servitilization dalam TD
Kriteria:

Studi Kasus


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok
3 x 50 menit

Materi: Sustaining Momentum and Managing Change
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh Project Management Institute

Materi: Introduction to Project Management
Pustaka: Project Management Body of Knowledge 7th edition oleh Project Management Institute
10%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menerapkan Strategi adaptasi organisasi

  1. Mahasiswa mampu memahami organizational agility
  2. Mahasiswa mampu memahami Business Process Reengineering (BPR)
  3. Mahasiswa mampu memahami Dynamic Capability dalam organisasi
Kriteria:

Partisipasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah interaktif
3 x 50 menit

Materi: Transforming Operational Processes & Transforming Business Models
Pustaka: Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee.

Materi: Dynamic Capabilities
Pustaka: Dynamic Capabilities and Strategic Management. Oxford University Press: Teece, D. J. (2018)
10%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami Framework transformasi digital

  1. Mahasiswa mampu memahami Digital Maturity Model (MIT Sloan & Capgemini)
  2. Mampu menggunakan data untuk keputusan strategis.
Kriteria:

Partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi Kelompok
3 x 50 menit

Materi: Framework Transformasi Digital
Pustaka: Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee. (2014)

Materi: Digital Maturity Model
Pustaka: The Digital Maturity Model 4.0. Forrester Research. Gill, M., & VanBoskirk, S. (2016)

Materi: Dynamic Capability
Pustaka: Digital Transformation Strategies. Business & Information Systems Engineering, 57(5), 339–343.Matt, C., Hess, T., & Benlian, A. (2015).
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menjelaskan Kasus sukses Transformasi Digital

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan kasus sukses TD secara nyata
  2. Mampu mempelajari Infrastruktur IT dalam digitalisasi.
Kriteria:

Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi Kelompok
3 x 50 menit

Materi: Success Case TD
Pustaka: Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee. (2014)
0%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menjelaskan kasus gagal Transformasi Digital

Mahasiswa mampu menjelaskan kasus gagal dalam TD

Kriteria:

Presentasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi antar kelompok
3x 50 menit

Materi: Case studi dalam TD
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh Project Management Institute

Materi: Case study dalam TD
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh David L. Rogers (2016)

Materi: 8
Pustaka:
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa dapat memahami teknologi pendukung dalam transformasi digital

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dasar teknologi pendukung TD
  2. Mahasiswa mampu menganalisis kelebihan dan keterbatasan teknologi dalam mendukung TD
  3. Mahasiswa dapat menyusun penerapan teknologi dalam TD
Kriteria:

Tugas Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah interaktif
3 x 50 menit

Materi: the role of technology in TD
Pustaka: The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum. Schwab, K. (2017).
0%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami konsep Big Data & Analytics

  1. Mahasiswa mampu memahami konsep Big Data & Analytics
  2. Mahasiswa mampu memahami big data dalam decision making
Kriteria:

Diskusi partisipatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok
3 x 50 menit

Materi: The role Technology in TD
Pustaka: The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum. Schwab, K. (2017).
0%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu Menganalisis strategi transformasi digital dalam konteks model bisnis dan ekosistem digital

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dasar platform business model (two-sided market, multi-sided platform).
  2. Mahasiswa mampu enunjukkan pemahaman konsep network effect, winner-takes-all, dan coopetition dalam ekosistem digital.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis strategi yang digunakan perusahaan berbasis platform (misalnya Gojek, Grab, Tokopedia).
Kriteria:

Diskusi studi kasus dan masalah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 menit

Materi: Platform revolution
Pustaka: Platform Revolution. Norton.Parker, G., Van Alstyne, M., & Choudary, S..(2016)
10%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menganalisis risiko, etika, dan tata kelola dalam implementasi transformasi digital

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dasar keamanan siber (cybersecurity principles).
  2. Mahasiswa mampu Memahami isu privasi data (GDPR, UU PDP Indonesia).
  3. Mahasiswa mampu Memahami isu etika AI (bias, fairness, transparency, accountability).
Kriteria:

Tugas


Bentuk Penilaian :
Tes
Tugas laporan
3 x 50 menit

Materi: Ethics of AI
Pustaka: The Ethics of Artificial Intelligence. Oxford University Press.Floridi, L. (2019).
10%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu mengidentifikasi peluang inovasi digital melalui pendekatan design thinking, ideasi, dan trend spotting sebagai dasar perumusan strategi transformasi digital.

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan tahapan design thinking (empathize, define, ideate, prototype, test).
  2. Mahasiswa mampu menguraikan konsep trend spotting (teknologi, sosial, ekonomi, regulasi).
Kriteria:

Tugas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah interaktif
3 x 50 menit

Materi: Design Thinking
Pustaka: Design Thinking. Tim Brown. Harvard Business Review. (2009)
10%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu merancang proposal inovasi digital

Mahasiswa mampu merancang proposal inovasi digital

Kriteria:

Kelengkapan proposal

Tugas Kelompok
3 x 50 menit

Materi: The Future of Digital Transformation
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh Project Management Institute

Materi: The Future of Digital Transformation
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh David L. Rogers

Materi: The Future of Digital Transformation
Pustaka: Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee.
10%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu merancang Finalisasi proposal inovasi digital

Mahasiswa mampu membuat proposal inovasi digital

Kriteria:

validasi, refinement, feasibility, dan check


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Peer review
3 x 50 menit

Materi: The Future of Digital Transformation
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh Project Management Institute

Materi: The Future of Digital Transformation
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh David L. Rogers

Materi: The Future of Digital Transformation
Pustaka: Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee.
10%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu melakukan Presentasi & mengevaluasi proposal hasil rancangan Inovasi Digital

Mahasiswa mampu mempresentasikan proposal inovasi digital

Kriteria:

Presentasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi kelompok
1 x 60 menit

Materi: Materi Pertemuan 1 -15
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh Project Management Institute

Materi: Materi Pertemuan 1 -15
Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh David L. Rogers

Materi: Materi Pertemuan 1 -15
Pustaka: Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 22.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
3. Praktik / Unjuk Kerja 12.5%
4. Tes 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.