
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S2 Administrasi Publik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Proposal Tugas Akhir |
6310603017 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
3 |
2 September 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Tjitjik Rahaju,M.Si
|
Dr. Tjitjik Rahaju,M.Si
|
Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu mengembangkan pengetahuan tentang administrasi, organisasi dan manajemen publik |
PLO-6 |
Menguasai teori dan praktik dalam kebijakan publik |
PLO-7 |
Mampu menguasai berbagai metode penelitian terkini dalam bidang administrasi publik agar dapat melakukan tugas penelitian, dengan menggunakan metode ilmiah dengan inter dan multidisiplin |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis permasalahan administrasi, organisasi dan manajemen publik secara kritis dan mendalam untuk merumuskan isu riset yang layak dikembangkan dalam tesis
|
PO - 2 |
Menganalisis permasalahan administrasi publik secara kritis dan mendalam berdasarkan kajian teoritik dan temuan empirik yang mendalam dan relevan
|
PO - 3 |
Merumuskan pertanyaan dan tujuan penelitian yang relevan dengan isu strategis dalam bidang administrasi publik serta sesuai dengan kaidah metodologis ilmiah
|
PO - 4 |
Mengembangkan kerangka teori dan kerangka berpikir yang kuat dan komprehensif sebagai dasar untuk merancang pendekatan penelitian
|
PO - 5 |
Merancang metodologi penelitian (kuantitatif, kualitatif, atau campuran) yang sesuai dengan fokus dan tujuan riset dalam bidang administrasi publik
|
PO - 6 |
Menyusun proposal tesis secara sistematis dan akademik, mencakup latar belakang, rumusan masalah, tujuan, tinjauan pustaka, kerangka teori, metodologi, dan rencana kerja penelitian
|
PO - 7 |
Mengkomunikasikan proposal tesis secara lisan dan tulisan dengan cara yang ilmiah, logis, dan meyakinkan di hadapan pembimbing dan penguji
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ | PO-4 | | | ✔ | PO-5 | | | ✔ | PO-6 | | | ✔ | PO-7 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Proposal Tugas Akhir pada jenjang S2 program studi Administrasi Publik bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang dan menyusun proposal penelitian bidang administrasi publik yang akan menjadi dasar pelaksanaan tugas akhir. Mahasiswa akan mempelajari langkah-langkah dalam menyusun proposal penelitian, termasuk perumusan masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, serta analisis data yang relevan. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman mendalam tentang topik penelitian yang akan diangkat, serta kemampuan untuk merumuskan kerangka konseptual dan metodologi penelitian yang sesuai dengan bidang Administrasi Publik. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications.
- Neuman, W. L. (2022). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Pearson.
- Flick, U. (2023). An Introduction to Qualitative Research (7th ed.). SAGE.
- Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press.
- Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
- Moleong, L. J. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). Remaja Rosdakarya.
- Yin, R. K. (2023). Case Study Research and Applications: Design and Methods (7th ed.). SAGE.
- Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning.
- SaldaƱa, J. (2021). The Coding Manual for Qualitative Researchers (4th ed.). SAGE.
- Michiel S. de Vries.(2016). Understanding Public Administration.RED GLOBE PRESS
- Robert B. Denhardt, Janet V. Denhardt, and Tara A. Blanc.2014. Public Administration: An Action Orientation, Seventh Edition.Wadsworth, Cengage Learning,USA
- Shafritz.(2017). Introducing Public Administration 9th edition. Taylor & Francis
|
Pendukung : |
|
- Paulo Freire : Critical, Humanist and Liberating Education (Critical Reflections o Indonesian Education)
- Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia.
- Public Service Innovation Through Suroboyo Bus to Improve the Accessibility of Public Transportation
- Higher Education Policy During the Covid-19 Pandemic : Strategies for Implementing and Adapting Educational Policies through on line Learning
- Corporate Social Responsibility (CSR) management in the dynamics of the policy process
- An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Prasetyo Isbandono, S.Sos., M.Si. Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si. Dr. Weni Rosdiana, S.Sos., M.AP. Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd. Dr. Suci Megawati, S.IP., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menganalisis permasalahan administrasi, organisasi dan manajemen publik secara kritis dan mendalam untuk merumuskan isu riset yang layak dikembangkan dalam tesis |
- Relevansi masalah penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang dianalisis
- Ketepatan masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang dianalisis
- Kedalaman masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang dianalisis
- Ketepatan masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang dianalisis dengan disiplin lainnya
|
Kriteria:
- Ketepatan uraian relevansi hasil analisis masalah penelitian yang disajikan dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan uraian hasil analisis masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang disajikan
- Ketepatan uraian hasil analisis masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang disajikan
- Kedalaman uraian hasil analisis masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang disajikan
- Ketepatan uraian hasil analisis masalah penelitian dalam bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 1
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 1 8.5 jam |
Daring Kuliah mimbar via google meet,Tanya jawab, dan Diskusi
|
Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice Pustaka: Robert B. Denhardt, Janet V. Denhardt, and Tara A. Blanc.2014. Public Administration: An Action Orientation, Seventh Edition.Wadsworth, Cengage Learning,USA Materi: Who works in government? Pustaka: Michiel S. de Vries.(2016). Understanding Public Administration.RED GLOBE PRESS Materi: The evolution of management organization theory Pustaka: Shafritz.(2017). Introducing Public Administration 9th edition. Taylor & Francis Materi: critical, humanist and liberating education Pustaka: Paulo Freire : Critical, Humanist and Liberating Education (Critical Reflections o Indonesian Education) Materi: Public service innovation through Suroboyo Bus to improve the accessibility of public transportation Pustaka: Public Service Innovation Through Suroboyo Bus to Improve the Accessibility of Public Transportation |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis permasalahan administrasi publik secara kritis dan mendalam berdasarkan kajian teoritik dan temuan empirik yang mendalam dan relevan |
- Relevansi masalah penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang dianalisis
- Ketepatan masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang dianalisis
- Kedalaman masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang dianalisis
- Ketepatan masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang dianalisis dengan disiplin lainnya
|
Kriteria:
- Ketepatan uraian relevansi hasil analisis masalah penelitian yang disajikan dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan uraian hasil analisis masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang disajikan
- Ketepatan uraian hasil analisis masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang disajikan
- Kedalaman uraian hasil analisis masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang disajikan
- Ketepatan uraian hasil analisis masalah penelitian dalam bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 1
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 1 8.5 jam |
Daring Kuliah mimbar via google meet,Tanya jawab, dan Diskusi
|
Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice Pustaka: Robert B. Denhardt, Janet V. Denhardt, and Tara A. Blanc.2014. Public Administration: An Action Orientation, Seventh Edition.Wadsworth, Cengage Learning,USA Materi: How can public policies solve social problems? Pustaka: Michiel S. de Vries.(2016). Understanding Public Administration.RED GLOBE PRESS Materi: The political and cultural environment of pub;ic policy and its administration Pustaka: Shafritz.(2017). Introducing Public Administration 9th edition. Taylor & Francis Materi: critical, humanist and liberating education Pustaka: Paulo Freire : Critical, Humanist and Liberating Education (Critical Reflections o Indonesian Education) Materi: analisis kebijakan zonasi Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia. Materi: Higher education policy during teh covid-19 pandemic Pustaka: Higher Education Policy During the Covid-19 Pandemic : Strategies for Implementing and Adapting Educational Policies through on line Learning Materi: An evaluation of the inetrship learning model Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Merumuskan pertanyaan dan tujuan penelitian yang relevan dengan isu strategis dalam bidang administrasi publik serta sesuai dengan kaidah metodologis ilmiah |
- Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kedalaman rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dan keterkaiatn dengan disiplin lainnya
|
Kriteria:
- Ketepatan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kedalaman uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Ketepatan uraian hrumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 1
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 1 8.5 jam |
|
Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice Pustaka: Robert B. Denhardt, Janet V. Denhardt, and Tara A. Blanc.2014. Public Administration: An Action Orientation, Seventh Edition.Wadsworth, Cengage Learning,USA Materi: How can public policies solve social problems? Pustaka: Michiel S. de Vries.(2016). Understanding Public Administration.RED GLOBE PRESS Materi: The political and cultural environment of pub;ic policy and its administration Pustaka: Shafritz.(2017). Introducing Public Administration 9th edition. Taylor & Francis Materi: critical, humanist and liberating education Pustaka: Paulo Freire : Critical, Humanist and Liberating Education (Critical Reflections o Indonesian Education) Materi: analisis kebijakan zonasi Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia. Materi: Higher education policy during teh covid-19 pandemic Pustaka: Higher Education Policy During the Covid-19 Pandemic : Strategies for Implementing and Adapting Educational Policies through on line Learning Materi: An evaluation of the inetrship learning model Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates. Materi: Element of the process of social research : research question Pustaka: Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press. Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative Pustaka: Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mengembangkan kerangka teori dan kerangka berpikir penelitian yang kuat dan komprehensif sebagai dasar untuk merancang pendekatan penelitian yang relevan dengan permasalahan |
- Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kedalaman rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dan keterkaiatn dengan disiplin lainnya
|
Kriteria:
- Ketepatan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kedalaman uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Ketepatan uraian hrumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 2
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 2 8.5 jam |
|
Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice Pustaka: Robert B. Denhardt, Janet V. Denhardt, and Tara A. Blanc.2014. Public Administration: An Action Orientation, Seventh Edition.Wadsworth, Cengage Learning,USA Materi: How can public policies solve social problems? Pustaka: Michiel S. de Vries.(2016). Understanding Public Administration.RED GLOBE PRESS Materi: The political and cultural environment of pub;ic policy and its administration Pustaka: Shafritz.(2017). Introducing Public Administration 9th edition. Taylor & Francis Materi: critical, humanist and liberating education Pustaka: Paulo Freire : Critical, Humanist and Liberating Education (Critical Reflections o Indonesian Education) Materi: analisis kebijakan zonasi Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia. Materi: Higher education policy during teh covid-19 pandemic Pustaka: Higher Education Policy During the Covid-19 Pandemic : Strategies for Implementing and Adapting Educational Policies through on line Learning Materi: An evaluation of the inetrship learning model Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates. Materi: Element of the process of social research : research question Pustaka: Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press. Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative Pustaka: Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mengembangkan kerangka teori dan kerangka berpikir penelitian yang kuat dan komprehensif sebagai dasar untuk merancang pendekatan penelitian yang relevan dengan permasalahan |
- Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kedalaman rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dan keterkaiatn dengan disiplin lainnya
|
Kriteria:
- Ketepatan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kedalaman uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Ketepatan uraian hrumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 2
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 2 8.5 jam |
|
Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice Pustaka: Robert B. Denhardt, Janet V. Denhardt, and Tara A. Blanc.2014. Public Administration: An Action Orientation, Seventh Edition.Wadsworth, Cengage Learning,USA Materi: How can public policies solve social problems? Pustaka: Michiel S. de Vries.(2016). Understanding Public Administration.RED GLOBE PRESS Materi: The political and cultural environment of pub;ic policy and its administration Pustaka: Shafritz.(2017). Introducing Public Administration 9th edition. Taylor & Francis Materi: critical, humanist and liberating education Pustaka: Paulo Freire : Critical, Humanist and Liberating Education (Critical Reflections o Indonesian Education) Materi: analisis kebijakan zonasi Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia. Materi: Higher education policy during teh covid-19 pandemic Pustaka: Higher Education Policy During the Covid-19 Pandemic : Strategies for Implementing and Adapting Educational Policies through on line Learning Materi: An evaluation of the inetrship learning model Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates. Materi: Element of the process of social research : research question Pustaka: Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press. Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative Pustaka: Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mengembangkan kerangka teori dan kerangka berpikir penelitian yang kuat dan komprehensif sebagai dasar untuk merancang pendekatan penelitian yang relevan dengan permasalahan |
- Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kedalaman rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dan keterkaiatn dengan disiplin lainnya
|
Kriteria:
- Ketepatan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kedalaman uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Ketepatan uraian hrumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 2
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 2 8.5 jam |
|
Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice Pustaka: Robert B. Denhardt, Janet V. Denhardt, and Tara A. Blanc.2014. Public Administration: An Action Orientation, Seventh Edition.Wadsworth, Cengage Learning,USA Materi: How can public policies solve social problems? Pustaka: Michiel S. de Vries.(2016). Understanding Public Administration.RED GLOBE PRESS Materi: The political and cultural environment of pub;ic policy and its administration Pustaka: Shafritz.(2017). Introducing Public Administration 9th edition. Taylor & Francis Materi: critical, humanist and liberating education Pustaka: Paulo Freire : Critical, Humanist and Liberating Education (Critical Reflections o Indonesian Education) Materi: analisis kebijakan zonasi Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia. Materi: Higher education policy during teh covid-19 pandemic Pustaka: Higher Education Policy During the Covid-19 Pandemic : Strategies for Implementing and Adapting Educational Policies through on line Learning Materi: An evaluation of the inetrship learning model Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates. Materi: Element of the process of social research : research question Pustaka: Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press. Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative Pustaka: Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Merancang metodologi penelitian (kuantitatif, kualitatif, atau campuran) yang sesuai dengan fokus dan tujuan riset dalam bidang administrasi publik |
- Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kedalaman rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dan keterkaiatn dengan disiplin lainnya
|
Kriteria:
- Ketepatan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kedalaman uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Ketepatan uraian hrumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 3
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 3 8.5 jam |
|
Materi: analisis kebijakan zonasi Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia. Materi: An evaluation of the inetrship learning model Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates. Materi: The Meanings of Methodology dan Strategies of Research Design Pustaka: Neuman, W. L. (2022). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Pearson. Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative Pustaka: Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning. Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative 8 Pustaka: Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press. Materi: Quantitative Methods, Qualitative Procedures, Mixed Methods Procedures Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Merancang metodologi penelitian (kuantitatif, kualitatif, atau campuran) yang sesuai dengan fokus dan tujuan riset dalam bidang administrasi publik |
- Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kedalaman rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dan keterkaiatn dengan disiplin lainnya
|
Kriteria:
- Ketepatan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kedalaman uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Ketepatan uraian hrumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 3
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 3 8.5 jam |
|
Materi: analisis kebijakan zonasi Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia. Materi: An evaluation of the inetrship learning model Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates. Materi: The Meanings of Methodology dan Strategies of Research Design Pustaka: Neuman, W. L. (2022). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Pearson. Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative Pustaka: Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning. Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative 8 Pustaka: Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press. Materi: Quantitative Methods, Qualitative Procedures, Mixed Methods Procedures Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Merancang metodologi penelitian (kuantitatif, kualitatif, atau campuran) yang sesuai dengan fokus dan tujuan riset dalam bidang administrasi publik |
- Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kedalaman rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dan keterkaiatn dengan disiplin lainnya
|
Kriteria:
- Ketepatan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kedalaman uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Ketepatan uraian hrumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 3
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 3 8.5 jam |
|
Materi: analisis kebijakan zonasi Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia. Materi: An evaluation of the inetrship learning model Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates. Materi: The Meanings of Methodology dan Strategies of Research Design Pustaka: Neuman, W. L. (2022). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Pearson. Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative Pustaka: Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning. Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative 8 Pustaka: Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press. Materi: Quantitative Methods, Qualitative Procedures, Mixed Methods Procedures Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menyusun proposal tesis secara sistematis dan akademik, mencakup latar belakang, rumusan masalah, tujuan, tinjauan pustaka, kerangka teori, metodologi, dan rencana kerja penelitian. |
- Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kedalaman rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dan keterkaiatn dengan disiplin lainnya
|
Kriteria:
- Ketepatan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kedalaman uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Ketepatan uraian hrumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 3
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 3 8.5 jam |
|
Materi: analisis kebijakan zonasi Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia. Materi: An evaluation of the inetrship learning model Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates. Materi: The Meanings of Methodology dan Strategies of Research Design Pustaka: Neuman, W. L. (2022). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Pearson. Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative Pustaka: Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning. Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative 8 Pustaka: Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press. Materi: Quantitative Methods, Qualitative Procedures, Mixed Methods Procedures Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications. |
7% |
11
Minggu ke 11 |
Menyusun proposal tesis secara sistematis dan akademik, mencakup latar belakang, rumusan masalah, tujuan, tinjauan pustaka, kerangka teori, metodologi, dan rencana kerja penelitian. |
- Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kedalaman rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dan keterkaiatn dengan disiplin lainnya
|
Kriteria:
- Ketepatan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kedalaman uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Ketepatan uraian hrumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 3
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 3 8.5 jam |
|
Materi: analisis kebijakan zonasi Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia. Materi: An evaluation of the inetrship learning model Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates. Materi: The Meanings of Methodology dan Strategies of Research Design Pustaka: Neuman, W. L. (2022). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Pearson. Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative Pustaka: Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning. Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative 8 Pustaka: Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press. Materi: Quantitative Methods, Qualitative Procedures, Mixed Methods Procedures Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications. |
7% |
12
Minggu ke 12 |
Menyusun proposal tesis secara sistematis dan akademik, mencakup latar belakang, rumusan masalah, tujuan, tinjauan pustaka, kerangka teori, metodologi, dan rencana kerja penelitian. |
- Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kedalaman rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dan keterkaiatn dengan disiplin lainnya
|
Kriteria:
- Ketepatan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kedalaman uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Ketepatan uraian hrumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 3
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 3 8.5 jam |
|
Materi: analisis kebijakan zonasi Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia. Materi: An evaluation of the inetrship learning model Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates. Materi: The Meanings of Methodology dan Strategies of Research Design Pustaka: Neuman, W. L. (2022). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Pearson. Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative Pustaka: Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning. Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative 8 Pustaka: Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press. Materi: Quantitative Methods, Qualitative Procedures, Mixed Methods Procedures Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications. |
7% |
13
Minggu ke 13 |
Menyusun proposal tesis secara sistematis dan akademik, mencakup latar belakang, rumusan masalah, tujuan, tinjauan pustaka, kerangka teori, metodologi, dan rencana kerja penelitian. |
- Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kedalaman rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dan keterkaiatn dengan disiplin lainnya
|
Kriteria:
- Ketepatan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kedalaman uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Ketepatan uraian hrumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 3
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 3 8.5 jam |
|
Materi: analisis kebijakan zonasi Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia. Materi: An evaluation of the inetrship learning model Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates. Materi: The Meanings of Methodology dan Strategies of Research Design Pustaka: Neuman, W. L. (2022). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Pearson. Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative Pustaka: Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning. Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative 8 Pustaka: Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press. Materi: Quantitative Methods, Qualitative Procedures, Mixed Methods Procedures Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications. |
7% |
14
Minggu ke 14 |
Menyusun proposal tesis secara sistematis dan akademik, mencakup latar belakang, rumusan masalah, tujuan, tinjauan pustaka, kerangka teori, metodologi, dan rencana kerja penelitian. |
- Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kedalaman rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dan keterkaiatn dengan disiplin lainnya
|
Kriteria:
- Ketepatan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kedalaman uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Ketepatan uraian hrumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 3
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 3 8.5 jam |
|
Materi: analisis kebijakan zonasi Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia. Materi: An evaluation of the inetrship learning model Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates. Materi: The Meanings of Methodology dan Strategies of Research Design Pustaka: Neuman, W. L. (2022). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Pearson. Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative Pustaka: Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning. Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative 8 Pustaka: Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press. Materi: Quantitative Methods, Qualitative Procedures, Mixed Methods Procedures Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications. |
7% |
15
Minggu ke 15 |
Menyusun proposal tesis secara sistematis dan akademik, mencakup latar belakang, rumusan masalah, tujuan, tinjauan pustaka, kerangka teori, metodologi, dan rencana kerja penelitian. |
- Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kedalaman rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dan keterkaiatn dengan disiplin lainnya
|
Kriteria:
- Ketepatan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kedalaman uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Ketepatan uraian hrumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
8.5 jam |
|
Materi: analisis kebijakan zonasi Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia. Materi: An evaluation of the inetrship learning model Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates. Materi: The Meanings of Methodology dan Strategies of Research Design Pustaka: Neuman, W. L. (2022). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Pearson. Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative Pustaka: Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning. Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative 8 Pustaka: Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press. Materi: Quantitative Methods, Qualitative Procedures, Mixed Methods Procedures Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi, mengevaluasi, dan memilih sumber data dan informasi yang relevan untuk mendukung argumentasi dalam proposal tugas akhir |
- Kemampuan mengidentifikasi sumber data yang relevan
- Kemampuan mengevaluasi keandalan sumber data
- Kemampuan mengintegrasikan data dan informasi dalam argumentasi
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Ujian Akhir Semester 3 X 50 |
Materi: Cara mengevaluasi keandalan sumber data, Teknik integrasi data dalam argumentasi, Studi kasus evaluasi sumber data Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |