Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S2 Administrasi Publik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Proposal Tugas Akhir

6310603017

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

3

2 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Tjitjik Rahaju,M.Si




Dr. Tjitjik Rahaju,M.Si




Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu mengembangkan pengetahuan tentang administrasi, organisasi dan manajemen publik

PLO-6

Menguasai teori dan praktik dalam kebijakan publik

PLO-7

Mampu menguasai berbagai metode penelitian terkini dalam bidang administrasi publik agar dapat melakukan tugas penelitian, dengan menggunakan metode ilmiah dengan inter dan multidisiplin

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis permasalahan administrasi, organisasi dan manajemen publik secara kritis dan mendalam untuk merumuskan isu riset yang layak dikembangkan dalam tesis

PO - 2

Menganalisis permasalahan administrasi publik secara kritis dan mendalam berdasarkan kajian teoritik dan temuan empirik yang mendalam dan relevan

PO - 3

Merumuskan pertanyaan dan tujuan penelitian yang relevan dengan isu strategis dalam bidang administrasi publik serta sesuai dengan kaidah metodologis ilmiah

PO - 4

Mengembangkan kerangka teori dan kerangka berpikir yang kuat dan komprehensif sebagai dasar untuk merancang pendekatan penelitian

PO - 5

Merancang metodologi penelitian (kuantitatif, kualitatif, atau campuran) yang sesuai dengan fokus dan tujuan riset dalam bidang administrasi publik

PO - 6

Menyusun proposal tesis secara sistematis dan akademik, mencakup latar belakang, rumusan masalah, tujuan, tinjauan pustaka, kerangka teori, metodologi, dan rencana kerja penelitian

PO - 7

Mengkomunikasikan proposal tesis secara lisan dan tulisan dengan cara yang ilmiah, logis, dan meyakinkan di hadapan pembimbing dan penguji

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6PLO-7
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Proposal Tugas Akhir pada jenjang S2 program studi Administrasi Publik bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang dan menyusun proposal penelitian bidang administrasi publik yang akan menjadi dasar pelaksanaan tugas akhir. Mahasiswa akan mempelajari langkah-langkah dalam menyusun proposal penelitian, termasuk perumusan masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, serta analisis data yang relevan. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman mendalam tentang topik penelitian yang akan diangkat, serta kemampuan untuk merumuskan kerangka konseptual dan metodologi penelitian yang sesuai dengan bidang Administrasi Publik.

Pustaka

Utama :

  1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications.
  2. Neuman, W. L. (2022). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Pearson.
  3. Flick, U. (2023). An Introduction to Qualitative Research (7th ed.). SAGE.
  4. Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press.
  5. Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
  6. Moleong, L. J. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). Remaja Rosdakarya.
  7. Yin, R. K. (2023). Case Study Research and Applications: Design and Methods (7th ed.). SAGE.
  8. Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning.
  9. SaldaƱa, J. (2021). The Coding Manual for Qualitative Researchers (4th ed.). SAGE.
  10. Michiel S. de Vries.(2016). Understanding Public Administration.RED GLOBE PRESS
  11. Robert B. Denhardt, Janet V. Denhardt, and Tara A. Blanc.2014. Public Administration: An Action Orientation, Seventh Edition.Wadsworth, Cengage Learning,USA
  12. Shafritz.(2017). Introducing Public Administration 9th edition. Taylor & Francis

Pendukung :

  1. Paulo Freire : Critical, Humanist and Liberating Education (Critical Reflections o Indonesian Education)
  2. Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia.
  3. Public Service Innovation Through Suroboyo Bus to Improve the Accessibility of Public Transportation
  4. Higher Education Policy During the Covid-19 Pandemic : Strategies for Implementing and Adapting Educational Policies through on line Learning
  5. Corporate Social Responsibility (CSR) management in the dynamics of the policy process
  6. An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates.

Dosen Pengampu

Dr. Prasetyo Isbandono, S.Sos., M.Si.

Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.

Dr. Weni Rosdiana, S.Sos., M.AP.

Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd.

Dr. Suci Megawati, S.IP., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menganalisis permasalahan administrasi, organisasi dan manajemen publik secara kritis dan mendalam untuk merumuskan isu riset yang layak dikembangkan dalam tesis

  1. Relevansi masalah penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang dianalisis
  3. Ketepatan masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang dianalisis
  4. Kedalaman masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang dianalisis
  5. Ketepatan masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang dianalisis dengan disiplin lainnya
Kriteria:
  1. Ketepatan uraian relevansi hasil analisis masalah penelitian yang disajikan dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan uraian hasil analisis masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang disajikan
  3. Ketepatan uraian hasil analisis masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang disajikan
  4. Kedalaman uraian hasil analisis masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang disajikan
  5. Ketepatan uraian hasil analisis masalah penelitian dalam bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 1
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 1
8.5 jam
Daring Kuliah mimbar via google meet,Tanya jawab, dan Diskusi
Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice
Pustaka: Robert B. Denhardt, Janet V. Denhardt, and Tara A. Blanc.2014. Public Administration: An Action Orientation, Seventh Edition.Wadsworth, Cengage Learning,USA

Materi: Who works in government?
Pustaka: Michiel S. de Vries.(2016). Understanding Public Administration.RED GLOBE PRESS

Materi: The evolution of management organization theory
Pustaka: Shafritz.(2017). Introducing Public Administration 9th edition. Taylor & Francis

Materi: critical, humanist and liberating education
Pustaka: Paulo Freire : Critical, Humanist and Liberating Education (Critical Reflections o Indonesian Education)

Materi: Public service innovation through Suroboyo Bus to improve the accessibility of public transportation
Pustaka: Public Service Innovation Through Suroboyo Bus to Improve the Accessibility of Public Transportation
5%

2

Minggu ke 2

Menganalisis permasalahan administrasi publik secara kritis dan mendalam berdasarkan kajian teoritik dan temuan empirik yang mendalam dan relevan

  1. Relevansi masalah penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang dianalisis
  3. Ketepatan masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang dianalisis
  4. Kedalaman masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang dianalisis
  5. Ketepatan masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang dianalisis dengan disiplin lainnya
Kriteria:
  1. Ketepatan uraian relevansi hasil analisis masalah penelitian yang disajikan dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan uraian hasil analisis masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang disajikan
  3. Ketepatan uraian hasil analisis masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang disajikan
  4. Kedalaman uraian hasil analisis masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang disajikan
  5. Ketepatan uraian hasil analisis masalah penelitian dalam bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 1
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 1
8.5 jam
Daring Kuliah mimbar via google meet,Tanya jawab, dan Diskusi
Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice
Pustaka: Robert B. Denhardt, Janet V. Denhardt, and Tara A. Blanc.2014. Public Administration: An Action Orientation, Seventh Edition.Wadsworth, Cengage Learning,USA

Materi: How can public policies solve social problems?
Pustaka: Michiel S. de Vries.(2016). Understanding Public Administration.RED GLOBE PRESS

Materi: The political and cultural environment of pub;ic policy and its administration
Pustaka: Shafritz.(2017). Introducing Public Administration 9th edition. Taylor & Francis

Materi: critical, humanist and liberating education
Pustaka: Paulo Freire : Critical, Humanist and Liberating Education (Critical Reflections o Indonesian Education)

Materi: analisis kebijakan zonasi
Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia.

Materi: Higher education policy during teh covid-19 pandemic
Pustaka: Higher Education Policy During the Covid-19 Pandemic : Strategies for Implementing and Adapting Educational Policies through on line Learning

Materi: An evaluation of the inetrship learning model
Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates.
5%

3

Minggu ke 3

Merumuskan pertanyaan dan tujuan penelitian yang relevan dengan isu strategis dalam bidang administrasi publik serta sesuai dengan kaidah metodologis ilmiah

  1. Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  3. Kedalaman rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  4. Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dan keterkaiatn dengan disiplin lainnya
Kriteria:
  1. Ketepatan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  3. Kedalaman uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  4. Ketepatan uraian hrumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 1
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 1
8.5 jam

Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice
Pustaka: Robert B. Denhardt, Janet V. Denhardt, and Tara A. Blanc.2014. Public Administration: An Action Orientation, Seventh Edition.Wadsworth, Cengage Learning,USA

Materi: How can public policies solve social problems?
Pustaka: Michiel S. de Vries.(2016). Understanding Public Administration.RED GLOBE PRESS

Materi: The political and cultural environment of pub;ic policy and its administration
Pustaka: Shafritz.(2017). Introducing Public Administration 9th edition. Taylor & Francis

Materi: critical, humanist and liberating education
Pustaka: Paulo Freire : Critical, Humanist and Liberating Education (Critical Reflections o Indonesian Education)

Materi: analisis kebijakan zonasi
Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia.

Materi: Higher education policy during teh covid-19 pandemic
Pustaka: Higher Education Policy During the Covid-19 Pandemic : Strategies for Implementing and Adapting Educational Policies through on line Learning

Materi: An evaluation of the inetrship learning model
Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates.

Materi: Element of the process of social research : research question
Pustaka: Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press.

Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative
Pustaka: Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning.
5%

4

Minggu ke 4

Mengembangkan kerangka teori dan kerangka berpikir penelitian yang kuat dan komprehensif sebagai dasar untuk merancang pendekatan penelitian yang relevan dengan permasalahan

  1. Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  3. Kedalaman rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  4. Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dan keterkaiatn dengan disiplin lainnya
Kriteria:
  1. Ketepatan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  3. Kedalaman uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  4. Ketepatan uraian hrumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 2
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 2
8.5 jam

Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice
Pustaka: Robert B. Denhardt, Janet V. Denhardt, and Tara A. Blanc.2014. Public Administration: An Action Orientation, Seventh Edition.Wadsworth, Cengage Learning,USA

Materi: How can public policies solve social problems?
Pustaka: Michiel S. de Vries.(2016). Understanding Public Administration.RED GLOBE PRESS

Materi: The political and cultural environment of pub;ic policy and its administration
Pustaka: Shafritz.(2017). Introducing Public Administration 9th edition. Taylor & Francis

Materi: critical, humanist and liberating education
Pustaka: Paulo Freire : Critical, Humanist and Liberating Education (Critical Reflections o Indonesian Education)

Materi: analisis kebijakan zonasi
Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia.

Materi: Higher education policy during teh covid-19 pandemic
Pustaka: Higher Education Policy During the Covid-19 Pandemic : Strategies for Implementing and Adapting Educational Policies through on line Learning

Materi: An evaluation of the inetrship learning model
Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates.

Materi: Element of the process of social research : research question
Pustaka: Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press.

Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative
Pustaka: Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning.
5%

5

Minggu ke 5

Mengembangkan kerangka teori dan kerangka berpikir penelitian yang kuat dan komprehensif sebagai dasar untuk merancang pendekatan penelitian yang relevan dengan permasalahan

  1. Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  3. Kedalaman rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  4. Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dan keterkaiatn dengan disiplin lainnya
Kriteria:
  1. Ketepatan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  3. Kedalaman uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  4. Ketepatan uraian hrumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 2
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 2
8.5 jam

Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice
Pustaka: Robert B. Denhardt, Janet V. Denhardt, and Tara A. Blanc.2014. Public Administration: An Action Orientation, Seventh Edition.Wadsworth, Cengage Learning,USA

Materi: How can public policies solve social problems?
Pustaka: Michiel S. de Vries.(2016). Understanding Public Administration.RED GLOBE PRESS

Materi: The political and cultural environment of pub;ic policy and its administration
Pustaka: Shafritz.(2017). Introducing Public Administration 9th edition. Taylor & Francis

Materi: critical, humanist and liberating education
Pustaka: Paulo Freire : Critical, Humanist and Liberating Education (Critical Reflections o Indonesian Education)

Materi: analisis kebijakan zonasi
Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia.

Materi: Higher education policy during teh covid-19 pandemic
Pustaka: Higher Education Policy During the Covid-19 Pandemic : Strategies for Implementing and Adapting Educational Policies through on line Learning

Materi: An evaluation of the inetrship learning model
Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates.

Materi: Element of the process of social research : research question
Pustaka: Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press.

Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative
Pustaka: Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning.
5%

6

Minggu ke 6

Mengembangkan kerangka teori dan kerangka berpikir penelitian yang kuat dan komprehensif sebagai dasar untuk merancang pendekatan penelitian yang relevan dengan permasalahan

  1. Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  3. Kedalaman rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  4. Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dan keterkaiatn dengan disiplin lainnya
Kriteria:
  1. Ketepatan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  3. Kedalaman uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  4. Ketepatan uraian hrumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 2
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 2
8.5 jam

Materi: Issues in Public Administration Theory and Practice
Pustaka: Robert B. Denhardt, Janet V. Denhardt, and Tara A. Blanc.2014. Public Administration: An Action Orientation, Seventh Edition.Wadsworth, Cengage Learning,USA

Materi: How can public policies solve social problems?
Pustaka: Michiel S. de Vries.(2016). Understanding Public Administration.RED GLOBE PRESS

Materi: The political and cultural environment of pub;ic policy and its administration
Pustaka: Shafritz.(2017). Introducing Public Administration 9th edition. Taylor & Francis

Materi: critical, humanist and liberating education
Pustaka: Paulo Freire : Critical, Humanist and Liberating Education (Critical Reflections o Indonesian Education)

Materi: analisis kebijakan zonasi
Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia.

Materi: Higher education policy during teh covid-19 pandemic
Pustaka: Higher Education Policy During the Covid-19 Pandemic : Strategies for Implementing and Adapting Educational Policies through on line Learning

Materi: An evaluation of the inetrship learning model
Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates.

Materi: Element of the process of social research : research question
Pustaka: Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press.

Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative
Pustaka: Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning.
5%

7

Minggu ke 7

Merancang metodologi penelitian (kuantitatif, kualitatif, atau campuran) yang sesuai dengan fokus dan tujuan riset dalam bidang administrasi publik

  1. Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  3. Kedalaman rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  4. Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dan keterkaiatn dengan disiplin lainnya
Kriteria:
  1. Ketepatan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  3. Kedalaman uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  4. Ketepatan uraian hrumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 3
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 3
8.5 jam

Materi: analisis kebijakan zonasi
Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia.

Materi: An evaluation of the inetrship learning model
Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates.

Materi: The Meanings of Methodology dan Strategies of Research Design
Pustaka: Neuman, W. L. (2022). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Pearson.

Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative
Pustaka: Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning.

Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative 8
Pustaka: Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press.

Materi: Quantitative Methods, Qualitative Procedures, Mixed Methods Procedures
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications.
5%

8

Minggu ke 8

Merancang metodologi penelitian (kuantitatif, kualitatif, atau campuran) yang sesuai dengan fokus dan tujuan riset dalam bidang administrasi publik

  1. Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  3. Kedalaman rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  4. Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dan keterkaiatn dengan disiplin lainnya
Kriteria:
  1. Ketepatan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  3. Kedalaman uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  4. Ketepatan uraian hrumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 3
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 3
8.5 jam

Materi: analisis kebijakan zonasi
Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia.

Materi: An evaluation of the inetrship learning model
Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates.

Materi: The Meanings of Methodology dan Strategies of Research Design
Pustaka: Neuman, W. L. (2022). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Pearson.

Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative
Pustaka: Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning.

Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative 8
Pustaka: Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press.

Materi: Quantitative Methods, Qualitative Procedures, Mixed Methods Procedures
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications.
5%

9

Minggu ke 9

Merancang metodologi penelitian (kuantitatif, kualitatif, atau campuran) yang sesuai dengan fokus dan tujuan riset dalam bidang administrasi publik

  1. Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  3. Kedalaman rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  4. Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dan keterkaiatn dengan disiplin lainnya
Kriteria:
  1. Ketepatan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  3. Kedalaman uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  4. Ketepatan uraian hrumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 3
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 3
8.5 jam

Materi: analisis kebijakan zonasi
Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia.

Materi: An evaluation of the inetrship learning model
Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates.

Materi: The Meanings of Methodology dan Strategies of Research Design
Pustaka: Neuman, W. L. (2022). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Pearson.

Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative
Pustaka: Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning.

Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative 8
Pustaka: Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press.

Materi: Quantitative Methods, Qualitative Procedures, Mixed Methods Procedures
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications.
5%

10

Minggu ke 10

Menyusun proposal tesis secara sistematis dan akademik, mencakup latar belakang, rumusan masalah, tujuan, tinjauan pustaka, kerangka teori, metodologi, dan rencana kerja penelitian.

  1. Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  3. Kedalaman rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  4. Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dan keterkaiatn dengan disiplin lainnya
Kriteria:
  1. Ketepatan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  3. Kedalaman uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  4. Ketepatan uraian hrumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 3
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 3
8.5 jam

Materi: analisis kebijakan zonasi
Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia.

Materi: An evaluation of the inetrship learning model
Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates.

Materi: The Meanings of Methodology dan Strategies of Research Design
Pustaka: Neuman, W. L. (2022). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Pearson.

Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative
Pustaka: Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning.

Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative 8
Pustaka: Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press.

Materi: Quantitative Methods, Qualitative Procedures, Mixed Methods Procedures
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications.
7%

11

Minggu ke 11

Menyusun proposal tesis secara sistematis dan akademik, mencakup latar belakang, rumusan masalah, tujuan, tinjauan pustaka, kerangka teori, metodologi, dan rencana kerja penelitian.

  1. Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  3. Kedalaman rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  4. Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dan keterkaiatn dengan disiplin lainnya
Kriteria:
  1. Ketepatan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  3. Kedalaman uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  4. Ketepatan uraian hrumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 3
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 3
8.5 jam

Materi: analisis kebijakan zonasi
Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia.

Materi: An evaluation of the inetrship learning model
Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates.

Materi: The Meanings of Methodology dan Strategies of Research Design
Pustaka: Neuman, W. L. (2022). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Pearson.

Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative
Pustaka: Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning.

Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative 8
Pustaka: Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press.

Materi: Quantitative Methods, Qualitative Procedures, Mixed Methods Procedures
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications.
7%

12

Minggu ke 12

Menyusun proposal tesis secara sistematis dan akademik, mencakup latar belakang, rumusan masalah, tujuan, tinjauan pustaka, kerangka teori, metodologi, dan rencana kerja penelitian.

  1. Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  3. Kedalaman rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  4. Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dan keterkaiatn dengan disiplin lainnya
Kriteria:
  1. Ketepatan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  3. Kedalaman uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  4. Ketepatan uraian hrumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 3
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 3
8.5 jam

Materi: analisis kebijakan zonasi
Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia.

Materi: An evaluation of the inetrship learning model
Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates.

Materi: The Meanings of Methodology dan Strategies of Research Design
Pustaka: Neuman, W. L. (2022). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Pearson.

Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative
Pustaka: Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning.

Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative 8
Pustaka: Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press.

Materi: Quantitative Methods, Qualitative Procedures, Mixed Methods Procedures
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications.
7%

13

Minggu ke 13

Menyusun proposal tesis secara sistematis dan akademik, mencakup latar belakang, rumusan masalah, tujuan, tinjauan pustaka, kerangka teori, metodologi, dan rencana kerja penelitian.

  1. Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  3. Kedalaman rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  4. Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dan keterkaiatn dengan disiplin lainnya
Kriteria:
  1. Ketepatan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  3. Kedalaman uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  4. Ketepatan uraian hrumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 3
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 3
8.5 jam

Materi: analisis kebijakan zonasi
Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia.

Materi: An evaluation of the inetrship learning model
Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates.

Materi: The Meanings of Methodology dan Strategies of Research Design
Pustaka: Neuman, W. L. (2022). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Pearson.

Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative
Pustaka: Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning.

Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative 8
Pustaka: Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press.

Materi: Quantitative Methods, Qualitative Procedures, Mixed Methods Procedures
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications.
7%

14

Minggu ke 14

Menyusun proposal tesis secara sistematis dan akademik, mencakup latar belakang, rumusan masalah, tujuan, tinjauan pustaka, kerangka teori, metodologi, dan rencana kerja penelitian.

  1. Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  3. Kedalaman rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  4. Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dan keterkaiatn dengan disiplin lainnya
Kriteria:
  1. Ketepatan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  3. Kedalaman uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  4. Ketepatan uraian hrumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa secara luring menyusun proposal tugas akhir dengan :
a. Mempelajari pedoman
b. Membaca referensi
c. Mereview referensi
d. Mengidentifikasi masalah pada organisasi sektor publik
e. Menyusun bab 3
f. Konsultasi
g. Analisis
h. Merevisi bab 3
8.5 jam

Materi: analisis kebijakan zonasi
Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia.

Materi: An evaluation of the inetrship learning model
Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates.

Materi: The Meanings of Methodology dan Strategies of Research Design
Pustaka: Neuman, W. L. (2022). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Pearson.

Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative
Pustaka: Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning.

Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative 8
Pustaka: Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press.

Materi: Quantitative Methods, Qualitative Procedures, Mixed Methods Procedures
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications.
7%

15

Minggu ke 15

Menyusun proposal tesis secara sistematis dan akademik, mencakup latar belakang, rumusan masalah, tujuan, tinjauan pustaka, kerangka teori, metodologi, dan rencana kerja penelitian.

  1. Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  3. Kedalaman rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  4. Ketepatan rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dan keterkaiatn dengan disiplin lainnya
Kriteria:
  1. Ketepatan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  3. Kedalaman uraian rumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  4. Ketepatan uraian hrumusan dan tujuan penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

8.5 jam

Materi: analisis kebijakan zonasi
Pustaka: Analisis Kebijakan Zonasi : Dampak Polemik Kebijakan Zonasi Pendidikan Indonesia.

Materi: An evaluation of the inetrship learning model
Pustaka: An Evaluation of the Internship Learning Model to Improve the Competence of Higher Eduation Graduates.

Materi: The Meanings of Methodology dan Strategies of Research Design
Pustaka: Neuman, W. L. (2022). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Pearson.

Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative
Pustaka: Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning.

Materi: The Structuring of Inquiry: Quantitative and Qualitative 8
Pustaka: Bryman, A. (2021). Social Research Methods (6th ed.). Oxford University Press.

Materi: Quantitative Methods, Qualitative Procedures, Mixed Methods Procedures
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications.
10%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi, mengevaluasi, dan memilih sumber data dan informasi yang relevan untuk mendukung argumentasi dalam proposal tugas akhir

  1. Kemampuan mengidentifikasi sumber data yang relevan
  2. Kemampuan mengevaluasi keandalan sumber data
  3. Kemampuan mengintegrasikan data dan informasi dalam argumentasi
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ujian Akhir Semester
3 X 50
Materi: Cara mengevaluasi keandalan sumber data, Teknik integrasi data dalam argumentasi, Studi kasus evaluasi sumber data
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 80%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.