
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metodologi Penelitian Pendidikan Sains (Science Education Research Methodology) |
8410103233 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
2 |
7 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-6 |
Menguasai teori pedagogi, andragogi, hutagogi, dan dalam pengembangan bidang pendidikan IPA berdasarkan isu terkini dan mampu mengemas pembelajaran IPA melalui kerangka TPACK (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) yang diimplementasikan dalam metode penelitian melalui pendekatan multi dan interdisipliner, dan mempublikasikannya pada jurnal yang relevan. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami prinsip dan metode penelitian dalam pendidikan sains.
|
PO - 2 |
Menguasai desain penelitian dalam pendidikan sains.
|
PO - 3 |
Mengidentifikasi dan merumuskan masalah penelitian.
|
PO - 4 |
Mampu merancang dan menulis proposal penelitian.
|
PO - 5 |
Menguasai metode penelitian praktis dalam pendidikan.
|
PO - 6 |
Terampil menulis artikel penelitian.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-6 | PO-1 | ✔ | PO-2 | ✔ | PO-3 | ✔ | PO-4 | ✔ | PO-5 | ✔ | PO-6 | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengaji tentang jenis-jenis penelitian pendidikan sains kualitatif, kuantitatif, mixed method, dan penelitian pengembangan melalui kegiatan mengidentifikasi dan merumuskan masalah, hipotesis, variable-variabel penelitian, rancangan penelitian, instrumen penelitian, teknik pengumpulan dan analisis data penelitian, yang diwujudkan dalam proposal penelitian. Matakuliah ini disajikan kegiatan diskusi teori dan penugasan penyusunan proposal penelitian pendidikan sebagai produk akhir matakuliah. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Creswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative Research. 3rd Edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall.
- Gall, M.D., Gall, J.P., Borg, W.R. 2003. Educational Research: An Introduction. Boston: Pearson Education, Inc.
- Gay, L.R., Mills, G.E., Airasian, P.W. 2012. Educational Research: Competencies for Analysis and Application. Boston: Pearson
- Creswell, J.W. and Clark, V.P. 2007. Mixed Methods Research. California: Sage Publication
- Gall, M.D., Gall, J.P., Borg, W.R. 2003. Educational Research: An Introduction. USA: Pearson Education, Inc.
|
Pendukung : |
|
- Plomp, T. And Nieevan, N. 2013. Educational Design Research: An Introduction. Netherland, SLO
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd. Dr. Elok Sudibyo, S.Pd.,M.Pd. Dr. Binar Kurnia Prahani, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami Hakikat Penelitian Menguasai prinsip dan metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan mixed method dalam pendidikan sains |
1. Menjelaskan hakikat penelitian. 2. Membandingkan berbagai pendeketan penelitian 3. Menjelaskan berbagai tipe penelitian |
Kriteria:
- · Tes uraian bobot 25%
- · Penilaian proposal - kinerja dan partisipasi 75%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Hakikat penelitian. Pustaka: Creswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative Research. 3rd Edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall. |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Menguasai prinsip dan metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan mixed method dalam pendidikan sains |
1. Menjelaskan prinsip-prinsip penelitian pendidikan sains 2. Menjelaskan jenis-jenis penelitian pendidikan sains 3. Menjelaskan perbedaan penelitian kuantitatif , kualitatif, mixed method, dan pengembangan |
Kriteria:
- Tes uraian bobot 25%
- Penilaian proposal - kinerja dan partisipasi 75%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: prinsip dan metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan mixed method. Pustaka: Creswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative Research. 3rd Edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall. |
4% |
3
Minggu ke 3 |
· Menguasai prinsip dan metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan mixed method dalam pendidikan sains |
1. Menjelaskan desain penelitian kualitatif 2. Menjelaskan desain penelitian studi kasus |
Kriteria:
- - Tes uraian bobot 25%
- - Penilaian proposal - kinerja dan partisipasi 75%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Persentasi, diskusi dan menugaskan 3 X 50 |
|
Materi: tipe-tipe penelitian dan pendekatan penelitian. Pustaka: Creswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative Research. 3rd Edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall. |
4% |
4
Minggu ke 4 |
· Menguasai prinsip dan metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan mixed method dalam pendidikan sains |
1. Menjelaskan prinsip dan desain penelitian mixed method 2. Menjelaskan desain triangulasi 3. Menjelaskan desain embedded 4. Menjelaskn desain explanatory 5. Menjelaskan desain exploratory |
Kriteria:
- - Tes uraian bobot 25
- - Penilaian proposal - kinerja dan partisipasi 75%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Persentasi, diskusi dan menugaskan 3 X 50 |
|
Materi: tipe-tipe penelitian dan pendekatan penelitian. Pustaka: Creswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative Research. 3rd Edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Menjelaskan rancangan penelitian berdasarkan jenis-jenis |
Mampu menjelaskan rancangan penelitian berdasarkan jenis-jenis dengan tepat |
Kriteria:
- - Tes uraian bobot 25
- - Penilaian kinerja dan partisipasi 75%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Persentasi dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: rancangan penelitian berdasarkan jenis-jenis desain. Pustaka: Creswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative Research. 3rd Edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall. |
4% |
6
Minggu ke 6 |
· Mampu mengidentifikasi masalah dan alternatif pemecahan masalah dalam pendidikan sains melalui pendekatan inter atau multidisipliner |
1. Mengidentifikasi masalah 2. Merumuskan masalah penelitian 3. Menuliskan latar belakang masalah 4. Menuliskan tujuan penelitian |
Kriteria:
- Penilaian - kinerja dan partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Workshop dan presentasi 3 X 50 |
|
Materi: desain penelitian kualitatif, studi kasus, mixed method, dan penelitian pengembangan. Pustaka: Creswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative Research. 3rd Edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall. |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Menjelaskan rancangan penelitian berdasarkan jenis-jenis desain. |
· Mereviu literatur · Merumuskan hipotesis · Mengidentifikasi variabel dan macam dari variabel · Mendeskripsikan karakteristik masing – masing tipe variabel - Merancang desain penelitian |
Kriteria:
- Penilaian kinerja dan partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Workshop dan presentasi 3 X 50 |
|
Materi: rancangan penelitian berdasarkan jenis-jenis desain. Pustaka: Creswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative Research. 3rd Edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall. |
4% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 1 - 7 Pustaka: Creswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative Research. 3rd Edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami rancangan penelitian |
1. Menjelaskan macam-macam rancangan penelitian 2. Membandingkan berbagai rancangan penelitian |
Kriteria:
- - Tes uraian bobot 25
- - Penilaian proposal - kinerja dan partisipasi 75%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: rancangan penelitian Pustaka: Creswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative Research. 3rd Edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami penelitian kualitatif |
1. Menjelaskan pengertain penelitian kualitatif 2. Membandingakn karaktersitik penelitian kualitatif dan kuantitatif |
Kriteria:
- - Tes uraian bobot 25
- - Penilaian proposal - kinerja dan partisipasi 75%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Persentasi, diskusi dan tugas terstruktur 3 X 50 |
|
Materi: penelitian kualitatif Pustaka: Creswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative Research. 3rd Edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall. |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami metode penelitian kualitatif |
1. Menjelaskan karateristik penelitian etnografis 2. Menjelaskan karakteristik penelitian kesejarahan |
Kriteria:
- - Tes uraian bobot 25
- - Penilaian proposal - kinerja dan partisipasi 75%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Persentasi, diskusi dan tugas terstruktur 3 X 50 |
|
Materi: penelitian kualitatif Pustaka: Creswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative Research. 3rd Edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall. |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami hakikat penelitian oleh praktisi |
1. Menjelaskan karakteristik CAR 2. Menjelaskan perbedaan penelitian tradisional dengan CAR |
Kriteria:
- - Tes uraian bobot 25
- - Penilaian proposal - kinerja dan partisipasi 75%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Persentasi, diskusi dan tugas terstruktur 3 X 50 |
|
Materi: hakikat penelitian oleh praktisi Pustaka: Gay, L.R., Mills, G.E., Airasian, P.W. 2012. Educational Research: Competencies for Analysis and Application. Boston: Pearson |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menulis proposal penelitian |
Terampil menulis proposal penelitian untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains |
Kriteria:
- - Tes uraian bobot 25
- - Penilaian proposal - kinerja dan partisipasi 75%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Persentasi, diskusi dan penulisan proposal 3 X 50 |
|
Materi: Proposal penelitian Pustaka: Gall, M.D., Gall, J.P., Borg, W.R. 2003. Educational Research: An Introduction. Boston: Pearson Education, Inc. |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menulis proposal penelitian |
Terampil menulis proposal penelitian untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains |
Kriteria:
- - Tes uraian bobot 25
- - Penilaian proposal - kinerja dan partisipasi 75%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Persentasi, diskusi dan penulisan proposal 3 X 50 |
|
Materi: Proposal penelitian Pustaka: Gall, M.D., Gall, J.P., Borg, W.R. 2003. Educational Research: An Introduction. Boston: Pearson Education, Inc. |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menulis artikel penelitian |
Terampil menulis artikel penelitian ber dasarkan hasil penelitian tertentu |
Kriteria:
- - Tes uraian bobot 25
- - Penilaian proposal - kinerja dan partisipasi 75%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Persentasi, diskusi dan penulisan artikel 3 X 50 |
|
Materi: menulis artikel penelitian Pustaka: Gall, M.D., Gall, J.P., Borg, W.R. 2003. Educational Research: An Introduction. Boston: Pearson Education, Inc. |
7% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
presentasi proyek 3 x 50 |
|
Materi: UAS Pustaka: Gall, M.D., Gall, J.P., Borg, W.R. 2003. Educational Research: An Introduction. Boston: Pearson Education, Inc. |
20% |