Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metodologi Penelitian Pendidikan Sains (Science Education Research Methodology)

8410103233

T=3

P=0

ECTS=6.72

2

7 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Menguasai teori pedagogi, andragogi, hutagogi, dan dalam pengembangan bidang pendidikan IPA berdasarkan isu terkini dan mampu mengemas pembelajaran IPA melalui kerangka TPACK (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) yang diimplementasikan dalam metode penelitian melalui pendekatan multi dan interdisipliner, dan mempublikasikannya pada jurnal yang relevan.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami prinsip dan metode penelitian dalam pendidikan sains.

PO - 2

Menguasai desain penelitian dalam pendidikan sains.

PO - 3

Mengidentifikasi dan merumuskan masalah penelitian.

PO - 4

Mampu merancang dan menulis proposal penelitian.

PO - 5

Menguasai metode penelitian praktis dalam pendidikan.

PO - 6

Terampil menulis artikel penelitian.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengaji tentang jenis-jenis penelitian pendidikan sains kualitatif, kuantitatif, mixed method, dan penelitian pengembangan melalui kegiatan mengidentifikasi dan merumuskan masalah, hipotesis, variable-variabel penelitian, rancangan penelitian, instrumen penelitian, teknik pengumpulan dan analisis data penelitian, yang diwujudkan dalam proposal penelitian. Matakuliah ini disajikan kegiatan diskusi teori dan penugasan penyusunan proposal penelitian pendidikan sebagai produk akhir matakuliah.

Pustaka

Utama :

  1. Creswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative Research. 3rd Edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall.
  2. Gall, M.D., Gall, J.P., Borg, W.R. 2003. Educational Research: An Introduction. Boston: Pearson Education, Inc.
  3. Gay, L.R., Mills, G.E., Airasian, P.W. 2012. Educational Research: Competencies for Analysis and Application. Boston: Pearson
  4. Creswell, J.W. and Clark, V.P. 2007. Mixed Methods Research. California: Sage Publication
  5. Gall, M.D., Gall, J.P., Borg, W.R. 2003. Educational Research: An Introduction. USA: Pearson Education, Inc.

Pendukung :

  1. Plomp, T. And Nieevan, N. 2013. Educational Design Research: An Introduction. Netherland, SLO

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd.

Dr. Elok Sudibyo, S.Pd.,M.Pd.

Dr. Binar Kurnia Prahani, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami Hakikat Penelitian Menguasai prinsip dan metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan mixed method dalam pendidikan sains

1. Menjelaskan hakikat penelitian. 2. Membandingkan berbagai pendeketan penelitian 3. Menjelaskan berbagai tipe penelitian

Kriteria:
  1. · Tes uraian bobot 25%
  2. · Penilaian proposal - kinerja dan partisipasi 75%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi dan penugasan
3 X 50

Materi: Hakikat penelitian.
Pustaka: Creswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative Research. 3rd Edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall.
4%

2

Minggu ke 2

Menguasai prinsip dan metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan mixed method dalam pendidikan sains

1. Menjelaskan prinsip-prinsip penelitian pendidikan sains 2. Menjelaskan jenis-jenis penelitian pendidikan sains 3. Menjelaskan perbedaan penelitian kuantitatif , kualitatif, mixed method, dan pengembangan

Kriteria:
  1. Tes uraian bobot 25%
  2. Penilaian proposal - kinerja dan partisipasi 75%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan diskusi
3 X 50

Materi: prinsip dan metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan mixed method.
Pustaka: Creswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative Research. 3rd Edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall.
4%

3

Minggu ke 3

· Menguasai prinsip dan metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan mixed method dalam pendidikan sains

1. Menjelaskan desain penelitian kualitatif 2. Menjelaskan desain penelitian studi kasus

Kriteria:
  1. - Tes uraian bobot 25%
  2. - Penilaian proposal - kinerja dan partisipasi 75%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Persentasi, diskusi dan menugaskan
3 X 50

Materi: tipe-tipe penelitian dan pendekatan penelitian.
Pustaka: Creswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative Research. 3rd Edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall.
4%

4

Minggu ke 4

· Menguasai prinsip dan metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan mixed method dalam pendidikan sains

1. Menjelaskan prinsip dan desain penelitian mixed method 2. Menjelaskan desain triangulasi 3. Menjelaskan desain embedded 4. Menjelaskn desain explanatory 5. Menjelaskan desain exploratory

Kriteria:
  1. - Tes uraian bobot 25
  2. - Penilaian proposal - kinerja dan partisipasi 75%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Persentasi, diskusi dan menugaskan
3 X 50

Materi: tipe-tipe penelitian dan pendekatan penelitian.
Pustaka: Creswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative Research. 3rd Edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall.
4%

5

Minggu ke 5

Menjelaskan rancangan penelitian berdasarkan jenis-jenis

Mampu menjelaskan rancangan penelitian berdasarkan jenis-jenis dengan tepat

Kriteria:
  1. - Tes uraian bobot 25
  2. - Penilaian kinerja dan partisipasi 75%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Persentasi dan diskusi
3 X 50

Materi: rancangan penelitian berdasarkan jenis-jenis desain.
Pustaka: Creswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative Research. 3rd Edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall.
4%

6

Minggu ke 6

· Mampu mengidentifikasi masalah dan alternatif pemecahan masalah dalam pendidikan sains melalui pendekatan inter atau multidisipliner

1. Mengidentifikasi masalah 2. Merumuskan masalah penelitian 3. Menuliskan latar belakang masalah 4. Menuliskan tujuan penelitian

Kriteria:

- Penilaian - kinerja dan partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Workshop dan presentasi
3 X 50

Materi: desain penelitian kualitatif, studi kasus, mixed method, dan penelitian pengembangan.
Pustaka: Creswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative Research. 3rd Edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall.
4%

7

Minggu ke 7

Menjelaskan rancangan penelitian berdasarkan jenis-jenis desain.

· Mereviu literatur · Merumuskan hipotesis · Mengidentifikasi variabel dan macam dari variabel · Mendeskripsikan karakteristik masing – masing tipe variabel - Merancang desain penelitian

Kriteria:

- Penilaian kinerja dan partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Workshop dan presentasi
3 X 50

Materi: rancangan penelitian berdasarkan jenis-jenis desain.
Pustaka: Creswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative Research. 3rd Edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall.
4%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan diskusi
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 1 - 7
Pustaka: Creswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative Research. 3rd Edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall.
20%

9

Minggu ke 9

Memahami rancangan penelitian

1. Menjelaskan macam-macam rancangan penelitian 2. Membandingkan berbagai rancangan penelitian

Kriteria:
  1. - Tes uraian bobot 25
  2. - Penilaian proposal - kinerja dan partisipasi 75%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan diskusi
3 X 50

Materi: rancangan penelitian
Pustaka: Creswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative Research. 3rd Edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall.
5%

10

Minggu ke 10

Memahami penelitian kualitatif

1. Menjelaskan pengertain penelitian kualitatif 2. Membandingakn karaktersitik penelitian kualitatif dan kuantitatif

Kriteria:
  1. - Tes uraian bobot 25
  2. - Penilaian proposal - kinerja dan partisipasi 75%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Persentasi, diskusi dan tugas terstruktur
3 X 50

Materi: penelitian kualitatif
Pustaka: Creswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative Research. 3rd Edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall.
4%

11

Minggu ke 11

Memahami metode penelitian kualitatif

1. Menjelaskan karateristik penelitian etnografis 2. Menjelaskan karakteristik penelitian kesejarahan

Kriteria:
  1. - Tes uraian bobot 25
  2. - Penilaian proposal - kinerja dan partisipasi 75%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Persentasi, diskusi dan tugas terstruktur
3 X 50

Materi: penelitian kualitatif
Pustaka: Creswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative Research. 3rd Edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall.
4%

12

Minggu ke 12

Memahami hakikat penelitian oleh praktisi

1. Menjelaskan karakteristik CAR 2. Menjelaskan perbedaan penelitian tradisional dengan CAR

Kriteria:
  1. - Tes uraian bobot 25
  2. - Penilaian proposal - kinerja dan partisipasi 75%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Persentasi, diskusi dan tugas terstruktur
3 X 50

Materi: hakikat penelitian oleh praktisi
Pustaka: Gay, L.R., Mills, G.E., Airasian, P.W. 2012. Educational Research: Competencies for Analysis and Application. Boston: Pearson
4%

13

Minggu ke 13

Mampu menulis proposal penelitian

Terampil menulis proposal penelitian untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains

Kriteria:
  1. - Tes uraian bobot 25
  2. - Penilaian proposal - kinerja dan partisipasi 75%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Persentasi, diskusi dan penulisan proposal
3 X 50

Materi: Proposal penelitian
Pustaka: Gall, M.D., Gall, J.P., Borg, W.R. 2003. Educational Research: An Introduction. Boston: Pearson Education, Inc.
4%

14

Minggu ke 14

Mampu menulis proposal penelitian

Terampil menulis proposal penelitian untuk menyelesaikan masalah pendidikan sains

Kriteria:
  1. - Tes uraian bobot 25
  2. - Penilaian proposal - kinerja dan partisipasi 75%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Persentasi, diskusi dan penulisan proposal
3 X 50

Materi: Proposal penelitian
Pustaka: Gall, M.D., Gall, J.P., Borg, W.R. 2003. Educational Research: An Introduction. Boston: Pearson Education, Inc.
4%

15

Minggu ke 15

Mampu menulis artikel penelitian

Terampil menulis artikel penelitian ber dasarkan hasil penelitian tertentu

Kriteria:
  1. - Tes uraian bobot 25
  2. - Penilaian proposal - kinerja dan partisipasi 75%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Persentasi, diskusi dan penulisan artikel
3 X 50

Materi: menulis artikel penelitian
Pustaka: Gall, M.D., Gall, J.P., Borg, W.R. 2003. Educational Research: An Introduction. Boston: Pearson Education, Inc.
7%

16

Minggu ke 16

Kriteria:

Kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
presentasi proyek
3 x 50

Materi: UAS
Pustaka: Gall, M.D., Gall, J.P., Borg, W.R. 2003. Educational Research: An Introduction. Boston: Pearson Education, Inc.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 29.33%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 69.33%
3. Penilaian Portofolio 1.33%
99.99%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.