Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Biomekanik Olahraga

8520102025

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

2

6 Juli 2022

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Muchamad Arif Al Ardha, S.Pd., M.Ed., Ph.D.




Dr. Setiyo Hartoto, M.Kes.




MUCHAMAD ARIF AL ARDHA

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, tujuan, manfaat, dan rasional biomekanika olahraga secara komprehensif serta mengaitkannya dengan pentingnya pemahaman biomekanika dalam mendukung pembelajaran gerak dasar di Pendidikan Jasmani.

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis gerakan dasar dan spesifik dalam berbagai cabang olahraga berdasarkan prinsip-prinsip biomekanika serta mampu merancang modifikasi aktivitas gerak yang sesuai untuk pembelajaran PJOK di berbagai jenjang pendidikan.

PO - 3

Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai jenis persendian, otot origo dan insersio, serta menganalisis potensi cedera olahraga, dan menerapkan prinsip pencegahan cedera dalam proses pembelajaran dan permainan edukatif di sekolah.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-6
PO-1 
PO-2 
PO-3 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pemahaman dan penguasaan analisis gerak dan fungsi tubuh manusia sebagai suatu sistem melalui penerapan pengetahuan anatomi dan kinesiologi yang didasari konsep mekanika serta aplikasinya dalam berbagai macam kegiatan cabang olahraga

Pustaka

Utama :

  1. Blazevich, Anthony.2007. Sports Biomechanics. Black Publishers: London
  2. Knudson, Duane.2007. Fundamentals of Biomechanics Second Edition .Springer:New York
  3. Zatsiorsky, Vladimir.2000. Biomechanics in Sports. Blackwell Science.Ltd.Oxford:London
  4. Giancolli, C. Douglas. Fisika Dasar untuk Universitas .Erlangga:Jakarta
  5. Hartono, Soetanto.2007. Anatomi Dasar dan Kinesiologi . Unesa University Press: Surabaya
  6. Kartiko, Dwi Cahyo dan Habibbulloh.2014. Biomekanik Olahraga . Unesa University Press: Surabaya
  7. R. Putz dan R. Pabst.2000. Sobotta Atlas Der Anatomie Des Menschen, Edisi 21. Alih bahasa, Septelia Inawati Wanandi, 2000. EGC: Jakarta

Pendukung :

  1. Al Ardha, M. A., Nurhasan, N., Kartiko, D. C., Yang, C. B., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., & Herista, S. V. W. (2025). Identifying the Research Trend of Sport Biomechanics over the Last 20 Years: A Bibliometric Analysis of the Scopus Journal Database. Physical Education Theory and Methodology, 25(1), 172–182. https://doi.org/10.17309/TMFV.2025.1.21
  2. Al Ardha, M. A., Nurhasan, N., Supriyanto, C., Wulandari, F. Y., Yang, C. B., Lin, J. H., Ayubi, N., Firmansyah, A., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., Utomo, R. S., Putra, K. P., & Wijayanto, A. (2024a). Sports Biomechanics Research on the Hammer Throw: Systematic Review. Retos, 54, 248–254. https://doi.org/10.47197/RETOS.V54.102682
  3. Al Ardha, M. A., Nurhasan, Supriyanto, C., Bikalawan, S. S., Yang, C. B., Putro, A. B., & Bimantoro, A. P. (2024). Analyzing Sports Biomechanics of Hurdling Training: A Systematic Review. Physical Education Theory and Methodology, 24(5), 842–850. https://doi.org/10.17309/TMFV.2024.5.20
  4. Nurhasan, Al Ardha, M. A., Ristanto, K. O., Yang, C. B., Wijayanto, A., Pradana, S. W. K. C., Putra, N. S. R. P., Firmansyah, A., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., & Utomo, R. S. (2024). Kinematic Movement Differences Between Petanque Pointing and Shooting Technique in Children. Retos, 52, 52–61. https://doi.org/10.47197/RETOS.V52.97143
  5. Muhamad Rizki Mahendrawan, Priambodo, A., Qorofi MS, W., Rosa Rosdiana, E., & Aritya wardhana, R. (2025). Hubungan Aktivitas Fisik Terhadap Resiliensi Akademik Mahasiswa Jurusan Olahraga dan Non Olaharaga PPG-Prajabatan Unesa Gelombang 1 Tahun 2024. Indonesian Journal of Physical Activity, 5(1), 50-57. https://doi.org/10.59734/ijpa.v5i1.106

Dosen Pengampu

BAMBANG FERIANTO TJAHYO KUNTJORO

DWI CAHYO KARTIKO

MUCHAMAD ARIF AL ARDHA

MOH. FATHUR ROHMAN

MUHAMMAD HABIBBULLOH

LUCY WIDYA FATHIR

Dr. Lucy Widya Fathir, S.Pd., M.Pd.

Dr. Lucy Widya Fathir, S.Pd., M.Pd.

Muchamad Arif Al Ardha, S.Pd., M.Ed., Ph.D.

Muchamad Arif Al Ardha, S.Pd., M.Ed., Ph.D.

Moh. Fathur Rohman, S.Pd., M.Pd.

Moh. Fathur Rohman, S.Pd., M.Pd.

Muhammad Habibbulloh, M.Pd.

Muhammad Habibbulloh, M.Pd.

Prof. Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes.

Prof. Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes.

Dr. Drs. Bambang Ferianto Tjahyo Kuntjoro, M.Pd.

Dr. Drs. Bambang Ferianto Tjahyo Kuntjoro, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan tentang pengertian, tujuan, manfaat, dan rasional biomekanik olahraga

  1. - Mampu menjelaskan pengertian biomekanik olahraga
  2. - Mampu menjelaskan tujuan biomekanik olahraga
  3. - Mampu menjelaskan manfaat biomekanik olahraga
Kriteria:
  1. Skor 100 jika mahasiswa mampu menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
  2. Skor 60 jika mahasiswa mampu menjelaskan 3 konsep pada indikator penilaian
  3. Skor 70 jika mahasiswa mampu menjelaskan 2 konsep pada indikator penilaian
  4. Skor 60 jika mahasiswa mampu menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2 X 50

Materi: Pengantar Biomekanika
Pustaka: Blazevich, Anthony.2007. Sports Biomechanics. Black Publishers: London
5%

2

Minggu ke 2

  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis analisis gerakan dasar dan spesifik dalam berbagai cabang olahraga
  2. Mahasiswa memahami teknik analisis kinematik pada biomekanika olahraga
  3. Mahasiswa memahami teknik analisis kinetik pada biomekanika olahraga
  1. Mahasiswa menyebutkan minimal 3 jenis gerakan dasar (lokomotor, non-lokomotor, manipulatif) dengan contoh aplikatif dari olahraga.
  2. Mahasiswa mampu mengelompokkan gerakan berdasarkan kategori cabang olahraga (individual, permainan, bela diri).
  3. Mahasiswa menjelaskan konsep dasar kinematika (posisi, kecepatan, percepatan, lintasan) dalam konteks gerakan olahraga.
  4. Mahasiswa menjelaskan implikasi hasil analisis kinematik terhadap efektivitas teknik gerak dalam olahraga tertentu.
  5. Mahasiswa menjelaskan konsep dasar kinetika (gaya, torsi, massa, percepatan, momentum) dalam konteks olahraga.
  6. Mahasiswa mengidentifikasi gaya-gaya dominan yang bekerja dalam gerakan spesifik olahraga (misal: gaya dorong saat sprint, gaya torsi saat lempar cakram)
Kriteria:
  1. Skor 100 jika mahasiswa mampu menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
  2. Skor 90 jika mahasiswa mampu menjelaskan 5 konsep pada indikator penilaian
  3. Skor 80 jika mahasiswa mampu menjelaskan 4 konsep pada indikator penilaian
  4. Skor 70 jika mahasiswa mampu menjelaskan 3 konsep pada indikator penilaian
  5. Skor 60 jika mahasiswa mampu menjelaskan 2 konsep pada indikator penilaian

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
2 X 50

Materi: Pengantar Biomekanika
Pustaka: Blazevich, Anthony.2007. Sports Biomechanics. Black Publishers: London
5%

3

Minggu ke 3

  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan berbagai jenis persendian dan fungsi biomekanisnya dalam tubuh manusia.
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan letak otot origo dan insersio utama yang terlibat dalam gerakan olahraga serta fungsinya.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis potensi cedera olahraga dan menerapkan prinsip pencegahan cedera dalam pembelajaran PJOK.
  1. Mahasiswa mampu menyebutkan minimal 5 jenis persendian dan contohnya dalam aktivitas olahraga.
  2. Mahasiswa menjelaskan fungsi gerak masing-masing persendian dan arah geraknya sesuai bidang anatomis.
  3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi origo dan insersio dari minimal 5 otot besar (misal: quadriceps, hamstring, deltoid, triceps, gastrocnemius).
  4. Mahasiswa menjelaskan peran otot tersebut dalam mendukung gerakan spesifik olahraga.
  5. Mahasiswa mampu mengidentifikasi 3 jenis cedera umum berdasarkan jenis olahraga dan penyebab biomekaniknya.
  6. Mahasiswa menyusun contoh strategi pencegahan cedera melalui modifikasi aktivitas dan penguatan otot untuk diterapkan dalam pembelajaran PJOK.
Kriteria:
  1. Skor 100 jika mahasiswa mampu menunjukan dan menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
  2. Skor 90 jika mahasiswa mampu menunjukan dan menjelaskan 5 konsep pada indikator penilaian
  3. Skor 80 jika mahasiswa mampu menunjukan dan menjelaskan 4 konsep pada indikator penilaian
  4. Skor 70 jika mahasiswa mampu menunjukan dan menjelaskan 3 konsep pada indikator penilaian
  5. Skor 60 jika mahasiswa mampu menunjukan dan menjelaskan 2 konsep pada indikator penilaian
  6. Skor 50 jika mahasiswa mampu menunjukan dan menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
2 X 50

Materi: Sport Biomechanics
Pustaka: Knudson, Duane.2007. Fundamentals of Biomechanics Second Edition .Springer:New York
5%

4

Minggu ke 4

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar gaya dan tiga hukum Newton serta kaitannya dengan gerakan olahraga.
  2. Mahasiswa mampu menganalisis gerakan olahraga berdasarkan hukum Newton dan konsep gaya yang mempengaruhi kinerja atlet.
  3. Mahasiswa mampu merancang aktivitas pembelajaran berbasis eksplorasi gerak untuk memperkenalkan prinsip gaya dan hukum Newton kepada siswa sekolah.
  1. Mahasiswa menjelaskan hukum Newton 1, 2, dan 3 secara tepat dalam konteks aktivitas olahraga.
  2. Mahasiswa menyebutkan contoh nyata penerapan masing-masing hukum Newton pada cabang olahraga seperti sepak bola, atletik, atau senam.
  3. Mahasiswa menganalisis pengaruh gaya (gaya dorong, gesek, normal) terhadap performa atlet berdasarkan hukum Newton.
  4. Mahasiswa menginterpretasikan data biomekanik (misalnya video gerak lambat atau pengukuran manual) untuk menjelaskan proses percepatan dan perubahan momentum.
  5. Mahasiswa menyusun satu skenario pembelajaran PJOK berbasis eksperimen gerak sederhana untuk mengajarkan hukum Newton (misalnya lari dorong, lempar benda ringan vs berat).
  6. Mahasiswa menyajikan media visual atau alat bantu yang mendukung pemahaman siswa terhadap konsep gaya dan hukum Newton dalam pembelajaran PJOK.
Kriteria:
  1. Skor 100 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
  2. Skor 90 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 5 konsep pada indikator penilaian
  3. Skor 80 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 4 konsep pada indikator penilaian
  4. Skor 70 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 3 konsep pada indikator penilaian
  5. Skor 60 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 2 konsep pada indikator penilaian
  6. Skor 50 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktik
2 X 50

Materi: Sport Biomechanics
Pustaka: Knudson, Duane.2007. Fundamentals of Biomechanics Second Edition .Springer:New York

Materi: Hukum Newton
Pustaka: Giancolli, C. Douglas. Fisika Dasar untuk Universitas .Erlangga:Jakarta
5%

5

Minggu ke 5

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar gaya dan tiga hukum Newton serta kaitannya dengan gerakan olahraga.
  2. Mahasiswa mampu menganalisis gerakan olahraga berdasarkan hukum Newton dan konsep gaya yang mempengaruhi kinerja atlet.
  3. Mahasiswa mampu merancang aktivitas pembelajaran berbasis eksplorasi gerak untuk memperkenalkan prinsip gaya dan hukum Newton kepada siswa sekolah.
  1. Mahasiswa menjelaskan hukum Newton 1, 2, dan 3 secara tepat dalam konteks aktivitas olahraga.
  2. Mahasiswa menyebutkan contoh nyata penerapan masing-masing hukum Newton pada cabang olahraga seperti sepak bola, atletik, atau senam.
  3. Mahasiswa menganalisis pengaruh gaya (gaya dorong, gesek, normal) terhadap performa atlet berdasarkan hukum Newton.
  4. Mahasiswa menginterpretasikan data biomekanik (misalnya video gerak lambat atau pengukuran manual) untuk menjelaskan proses percepatan dan perubahan momentum.
  5. Mahasiswa menyusun satu skenario pembelajaran PJOK berbasis eksperimen gerak sederhana untuk mengajarkan hukum Newton (misalnya lari dorong, lempar benda ringan vs berat).
  6. Mahasiswa menyajikan media visual atau alat bantu yang mendukung pemahaman siswa terhadap konsep gaya dan hukum Newton dalam pembelajaran PJOK.
Kriteria:
  1. Skor 100 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
  2. Skor 90 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 5 konsep pada indikator penilaian
  3. Skor 80 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 4 konsep pada indikator penilaian
  4. Skor 70 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 3 konsep pada indikator penilaian
  5. Skor 60 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 2 konsep pada indikator penilaian
  6. Skor 50 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktik
2 X 50

Materi: Sport Biomechanics
Pustaka: Knudson, Duane.2007. Fundamentals of Biomechanics Second Edition .Springer:New York

Materi: Hukum Newton
Pustaka: Giancolli, C. Douglas. Fisika Dasar untuk Universitas .Erlangga:Jakarta
5%

6

Minggu ke 6

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip impuls, momentum, tuas/pengungkit, dan torsi dalam konteks gerakan olahraga.
  2. Mahasiswa mampu menganalisis pengaruh prinsip-prinsip biomekanika tersebut terhadap efisiensi dan performa gerakan atlet.
  3. Mahasiswa mampu menyusun rencana pembelajaran PJOK yang mengintegrasikan eksplorasi konsep impuls, momentum, tuas, dan torsi dalam kegiatan praktik siswa
  1. Mahasiswa menjelaskan definisi impuls, momentum, jenis tuas, dan momen gaya (torsi) secara tepat.
  2. Mahasiswa memberikan minimal 2 contoh penerapan tiap konsep (impuls, momentum, tuas, torsi) dalam cabang olahraga seperti sepak bola, senam, atau angkat beban.
  3. Mahasiswa menganalisis bagaimana peningkatan impuls atau pengaturan momen gaya dapat memengaruhi hasil gerakan (misal: lompatan lebih tinggi, lemparan lebih jauh).
  4. Mahasiswa menggunakan diagram atau video untuk menjelaskan analisis biomekanika berdasarkan prinsip tuas dan momentum.
  5. Mahasiswa membuat skenario pembelajaran PJOK berbasis aktivitas eksploratif (misal: permainan dengan variasi gaya dan waktu kontak) untuk menjelaskan impuls dan momentum.
  6. Mahasiswa menyusun lembar kerja siswa atau bahan ajar visual yang memudahkan siswa memahami penerapan prinsip tuas dan torsi dalam permainan olahraga.
Kriteria:
  1. Skor 100 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
  2. Skor 90 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 5 konsep pada indikator penilaian
  3. Skor 80 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 4 konsep pada indikator penilaian
  4. Skor 70 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 3 konsep pada indikator penilaian
  5. Skor 60 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 2 konsep pada indikator penilaian
  6. Skor 50 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktik
2 X 50

Materi: Impuls
Pustaka: Knudson, Duane.2007. Fundamentals of Biomechanics Second Edition .Springer:New York

Materi: Momentum
Pustaka: Hartono, Soetanto.2007. Anatomi Dasar dan Kinesiologi . Unesa University Press: Surabaya

Materi: Pengungkit dan Tuas Gaya
Pustaka: Giancolli, C. Douglas. Fisika Dasar untuk Universitas .Erlangga:Jakarta
5%

7

Minggu ke 7

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik fisika dari gerak lurus, gerak melingkar, dan gerak parabola dalam konteks olahraga.
  2. Mahasiswa mampu menganalisis jenis gerak pada suatu cabang olahraga menggunakan rekaman video atau pengamatan langsung.
  3. Mahasiswa mampu menyusun aktivitas pembelajaran PJOK yang memfasilitasi eksplorasi siswa terhadap konsep gerak lurus, melingkar, dan parabola.
  1. Mahasiswa menjelaskan ciri khas gerak lurus beraturan (GLB), gerak lurus berubah beraturan (GLBB), gerak melingkar, dan parabola dengan contoh dari aktivitas olahraga.
  2. Mahasiswa membandingkan ketiga jenis gerak berdasarkan lintasan, kecepatan, percepatan, dan arah gaya.
  3. Mahasiswa mengidentifikasi jenis gerak (lurus/melingkar/parabola) pada aktivitas seperti lempar lembing, bersepeda, atau sprint menggunakan data pengamatan atau software analisis gerak.
  4. Mahasiswa menyajikan hasil analisis dalam bentuk grafik sederhana, tabel gerak, atau visualisasi lintasan.
  5. Mahasiswa merancang aktivitas eksploratif (misal: percobaan lemparan, lari lintasan lingkaran) untuk siswa guna memahami konsep gerak secara konkret.
  6. ahasiswa menyusun perangkat ajar (lembar kerja, panduan praktikum, atau RPP mini) yang mengintegrasikan konsep gerak ke dalam pembelajaran PJOK berbasis sains.
Kriteria:
  1. Skor 100 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
  2. Skor 90 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 5 konsep pada indikator penilaian
  3. Skor 80 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 4 konsep pada indikator penilaian
  4. Skor 70 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 3 konsep pada indikator penilaian
  5. Skor 60 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 2 konsep pada indikator penilaian
  6. Skor 50 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktik
2 X 50

Materi: Gerak Lurus dan Melingkar
Pustaka: Giancolli, C. Douglas. Fisika Dasar untuk Universitas .Erlangga:Jakarta

Materi: Gerak Lurus dan Melingkar
Pustaka: Kartiko, Dwi Cahyo dan Habibbulloh.2014. Biomekanik Olahraga . Unesa University Press: Surabaya
5%

8

Minggu ke 8

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan secara konseptual gaya sentripetal, sentrifugal, gaya gesek, serta hambatan udara dan air dalam konteks olahraga.
  2. Mahasiswa mampu menganalisis pengaruh energi, usaha, dan daya terhadap performa atlet dalam aktivitas olahraga.
  3. Mahasiswa mampu menyederhanakan konsep gaya dan energi menjadi bahan ajar yang dapat dipahami peserta didik dalam pembelajaran PJOK.
  1. Mahasiswa menjelaskan masing-masing gaya (sentripetal, sentrifugal, gesek, hambatan) secara benar dan lengkap.
  2. Mahasiswa memberikan minimal 2 contoh penerapan tiap gaya dalam cabang olahraga berbeda (misal: sepak bola, balap sepeda, renang).
  3. Mahasiswa membedakan konsep energi kinetik, usaha, dan daya dalam pergerakan tubuh atau alat olahraga.
  4. Mahasiswa mengaitkan konsep energi dan usaha dengan efisiensi gerak pada olahraga tertentu (misalnya: lompatan, tolakan, ayunan).
  5. Mahasiswa merancang skenario pembelajaran eksploratif untuk siswa sekolah dasar atau menengah terkait gaya dan energi.
  6. Mahasiswa menyusun alat bantu visual/simulasi sederhana untuk menjelaskan gaya gesek atau energi dalam kegiatan bermain dan olahraga.
Kriteria:
  1. Skor 100 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
  2. Skor 90 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 5 konsep pada indikator penilaian
  3. Skor 80 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 4 konsep pada indikator penilaian
  4. Skor 70 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 3 konsep pada indikator penilaian
  5. Skor 60 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 2 konsep pada indikator penilaian
  6. Skor 50 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktik
2 X 50

Materi: Gaya, Energi, Usaya dan DAya
Pustaka: Kartiko, Dwi Cahyo dan Habibbulloh.2014. Biomekanik Olahraga . Unesa University Press: Surabaya

Materi: Force
Pustaka: Blazevich, Anthony.2007. Sports Biomechanics. Black Publishers: London
10%

9

Minggu ke 9

  1. Mahasiswa mampu mengoperasikan perangkat lunak video analisis gerak (misalnya: Kinovea) untuk mengamati gerakan siswa secara tepat.
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi efektivitas teknik gerak siswa melalui hasil analisis video.
  3. Mahasiswa mampu memberikan umpan balik yang konstruktif dan berbasis data kepada siswa berdasarkan hasil video analisis untuk mendukung pembelajaran PJOK.
  1. Mahasiswa membuka, mengatur, dan menjalankan fungsi dasar Kinovea (frame-by-frame, angle tool, stopwatch, garis lintasan).
  2. Mahasiswa melakukan pengukuran sudut, kecepatan, atau waktu gerak dari rekaman aktivitas PJOK.
  3. Mahasiswa mengidentifikasi kesalahan atau ketidakefisienan teknik gerak (misalnya saat berlari, menendang, melempar) melalui data hasil analisis.
  4. Mahasiswa menyajikan hasil evaluasi dalam bentuk grafik, gambar anotasi, atau narasi deskriptif.
  5. Mahasiswa menyusun saran perbaikan teknik secara spesifik sesuai hasil analisis gerak dan kebutuhan siswa.
  6. Mahasiswa menyampaikan umpan balik secara lisan atau tertulis dengan bahasa yang komunikatif, mendidik, dan sesuai jenjang usia peserta didik.
Kriteria:
  1. Skor 100 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
  2. Skor 90 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 5 konsep pada indikator penilaian
  3. Skor 80 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 4 konsep pada indikator penilaian
  4. Skor 70 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 3 konsep pada indikator penilaian
  5. Skor 60 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 2 konsep pada indikator penilaian
  6. Skor 50 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Aktivitas partisipatif, praktik dan penilaian praktikum
2 X 50

Materi: Biomechanic Analysis
Pustaka: Zatsiorsky, Vladimir.2000. Biomechanics in Sports. Blackwell Science.Ltd.Oxford:London

Materi: Sport Biomechanics Analyisis
Pustaka: Al Ardha, M. A., Nurhasan, N., Kartiko, D. C., Yang, C. B., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., & Herista, S. V. W. (2025). Identifying the Research Trend of Sport Biomechanics over the Last 20 Years: A Bibliometric Analysis of the Scopus Journal Database. Physical Education Theory and Methodology, 25(1), 172–182. https://doi.org/...

Materi: Sport Biomechanics Analyisis
Pustaka: Al Ardha, M. A., Nurhasan, N., Supriyanto, C., Wulandari, F. Y., Yang, C. B., Lin, J. H., Ayubi, N., Firmansyah, A., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., Utomo, R. S., Putra, K. P., & Wijayanto, A. (2024a). Sports Biomechanics Research on the Hammer Throw: Systematic Review. Retos, 54, 248–254. https://doi.org/...

Materi: Kinematic Analysis
Pustaka: Nurhasan, Al Ardha, M. A., Ristanto, K. O., Yang, C. B., Wijayanto, A., Pradana, S. W. K. C., Putra, N. S. R. P., Firmansyah, A., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., & Utomo, R. S. (2024). Kinematic Movement Differences Between Petanque Pointing and Shooting Technique in Children. Retos, 52, 52–61. https://doi.org/...
5%

10

Minggu ke 10

  1. Mahasiswa mampu mengoperasikan perangkat lunak video analisis gerak (misalnya: Kinovea) untuk mengamati gerakan siswa secara tepat.
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi efektivitas teknik gerak siswa melalui hasil analisis video.
  3. Mahasiswa mampu memberikan umpan balik yang konstruktif dan berbasis data kepada siswa berdasarkan hasil video analisis untuk mendukung pembelajaran PJOK.
  1. Mahasiswa membuka, mengatur, dan menjalankan fungsi dasar Kinovea (frame-by-frame, angle tool, stopwatch, garis lintasan).
  2. Mahasiswa melakukan pengukuran sudut, kecepatan, atau waktu gerak dari rekaman aktivitas PJOK.
  3. Mahasiswa mengidentifikasi kesalahan atau ketidakefisienan teknik gerak (misalnya saat berlari, menendang, melempar) melalui data hasil analisis.
  4. Mahasiswa menyajikan hasil evaluasi dalam bentuk grafik, gambar anotasi, atau narasi deskriptif.
  5. Mahasiswa menyusun saran perbaikan teknik secara spesifik sesuai hasil analisis gerak dan kebutuhan siswa.
  6. Mahasiswa menyampaikan umpan balik secara lisan atau tertulis dengan bahasa yang komunikatif, mendidik, dan sesuai jenjang usia peserta didik.
Kriteria:
  1. Skor 100 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
  2. Skor 90 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 5 konsep pada indikator penilaian
  3. Skor 80 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 4 konsep pada indikator penilaian
  4. Skor 70 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 3 konsep pada indikator penilaian
  5. Skor 60 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 2 konsep pada indikator penilaian
  6. Skor 50 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Penilaian Produk
2 X 50
Bimbingan Penilaian Produk
2 X 50
Materi: Biomechanic Analysis
Pustaka: Zatsiorsky, Vladimir.2000. Biomechanics in Sports. Blackwell Science.Ltd.Oxford:London

Materi: Sport Biomechanics Analyisis
Pustaka: Al Ardha, M. A., Nurhasan, N., Kartiko, D. C., Yang, C. B., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., & Herista, S. V. W. (2025). Identifying the Research Trend of Sport Biomechanics over the Last 20 Years: A Bibliometric Analysis of the Scopus Journal Database. Physical Education Theory and Methodology, 25(1), 172–182. https://doi.org/...

Materi: Sport Biomechanics Analyisis
Pustaka: Al Ardha, M. A., Nurhasan, N., Supriyanto, C., Wulandari, F. Y., Yang, C. B., Lin, J. H., Ayubi, N., Firmansyah, A., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., Utomo, R. S., Putra, K. P., & Wijayanto, A. (2024a). Sports Biomechanics Research on the Hammer Throw: Systematic Review. Retos, 54, 248–254. https://doi.org/...

Materi: Kinematic Analysis
Pustaka: Nurhasan, Al Ardha, M. A., Ristanto, K. O., Yang, C. B., Wijayanto, A., Pradana, S. W. K. C., Putra, N. S. R. P., Firmansyah, A., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., & Utomo, R. S. (2024). Kinematic Movement Differences Between Petanque Pointing and Shooting Technique in Children. Retos, 52, 52–61. https://doi.org/...
5%

11

Minggu ke 11

  1. Mahasiswa mampu mengoperasikan perangkat lunak video analisis gerak (misalnya: Kinovea) untuk mengamati gerakan siswa secara tepat.
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi efektivitas teknik gerak siswa melalui hasil analisis video.
  3. Mahasiswa mampu memberikan umpan balik yang konstruktif dan berbasis data kepada siswa berdasarkan hasil video analisis untuk mendukung pembelajaran PJOK.
  1. Mahasiswa membuka, mengatur, dan menjalankan fungsi dasar Kinovea (frame-by-frame, angle tool, stopwatch, garis lintasan).
  2. Mahasiswa melakukan pengukuran sudut, kecepatan, atau waktu gerak dari rekaman aktivitas PJOK.
  3. Mahasiswa mengidentifikasi kesalahan atau ketidakefisienan teknik gerak (misalnya saat berlari, menendang, melempar) melalui data hasil analisis.
  4. Mahasiswa menyajikan hasil evaluasi dalam bentuk grafik, gambar anotasi, atau narasi deskriptif.
  5. Mahasiswa menyusun saran perbaikan teknik secara spesifik sesuai hasil analisis gerak dan kebutuhan siswa.
  6. Mahasiswa menyampaikan umpan balik secara lisan atau tertulis dengan bahasa yang komunikatif, mendidik, dan sesuai jenjang usia peserta didik.
Kriteria:
  1. Skor 100 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
  2. Skor 90 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 5 konsep pada indikator penilaian
  3. Skor 80 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 4 konsep pada indikator penilaian
  4. Skor 70 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 3 konsep pada indikator penilaian
  5. Skor 60 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 2 konsep pada indikator penilaian
  6. Skor 50 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penilaian Produk
2 X 50
Bimbingan Penilaian Produk
2 x 50
Materi: Biomechanic Analysis
Pustaka: Zatsiorsky, Vladimir.2000. Biomechanics in Sports. Blackwell Science.Ltd.Oxford:London

Materi: Sport Biomechanics Analyisis
Pustaka: Al Ardha, M. A., Nurhasan, N., Kartiko, D. C., Yang, C. B., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., & Herista, S. V. W. (2025). Identifying the Research Trend of Sport Biomechanics over the Last 20 Years: A Bibliometric Analysis of the Scopus Journal Database. Physical Education Theory and Methodology, 25(1), 172–182. https://doi.org/...

Materi: Sport Biomechanics Analyisis
Pustaka: Al Ardha, M. A., Nurhasan, N., Supriyanto, C., Wulandari, F. Y., Yang, C. B., Lin, J. H., Ayubi, N., Firmansyah, A., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., Utomo, R. S., Putra, K. P., & Wijayanto, A. (2024a). Sports Biomechanics Research on the Hammer Throw: Systematic Review. Retos, 54, 248–254. https://doi.org/...

Materi: Kinematic Analysis
Pustaka: Nurhasan, Al Ardha, M. A., Ristanto, K. O., Yang, C. B., Wijayanto, A., Pradana, S. W. K. C., Putra, N. S. R. P., Firmansyah, A., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., & Utomo, R. S. (2024). Kinematic Movement Differences Between Petanque Pointing and Shooting Technique in Children. Retos, 52, 52–61. https://doi.org/...
5%

12

Minggu ke 12

  1. Mahasiswa mampu mengoperasikan perangkat lunak video analisis gerak (misalnya: Kinovea) untuk mengamati gerakan siswa secara tepat.
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi efektivitas teknik gerak siswa melalui hasil analisis video.
  3. Mahasiswa mampu memberikan umpan balik yang konstruktif dan berbasis data kepada siswa berdasarkan hasil video analisis untuk mendukung pembelajaran PJOK.
  1. Mahasiswa membuka, mengatur, dan menjalankan fungsi dasar Kinovea (frame-by-frame, angle tool, stopwatch, garis lintasan).
  2. Mahasiswa melakukan pengukuran sudut, kecepatan, atau waktu gerak dari rekaman aktivitas PJOK.
  3. Mahasiswa mengidentifikasi kesalahan atau ketidakefisienan teknik gerak (misalnya saat berlari, menendang, melempar) melalui data hasil analisis.
  4. Mahasiswa menyajikan hasil evaluasi dalam bentuk grafik, gambar anotasi, atau narasi deskriptif.
  5. Mahasiswa menyusun saran perbaikan teknik secara spesifik sesuai hasil analisis gerak dan kebutuhan siswa.
  6. Mahasiswa menyampaikan umpan balik secara lisan atau tertulis dengan bahasa yang komunikatif, mendidik, dan sesuai jenjang usia peserta didik.
Kriteria:
  1. Skor 100 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
  2. Skor 90 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 5 konsep pada indikator penilaian
  3. Skor 80 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 4 konsep pada indikator penilaian
  4. Skor 70 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 3 konsep pada indikator penilaian
  5. Skor 60 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 2 konsep pada indikator penilaian
  6. Skor 50 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penilaian Produk
2 X 50
Bimbingan Penilaian Produk
2 x 50
Materi: Biomechanic Analysis
Pustaka: Zatsiorsky, Vladimir.2000. Biomechanics in Sports. Blackwell Science.Ltd.Oxford:London

Materi: Sport Biomechanics Analyisis
Pustaka: Al Ardha, M. A., Nurhasan, N., Kartiko, D. C., Yang, C. B., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., & Herista, S. V. W. (2025). Identifying the Research Trend of Sport Biomechanics over the Last 20 Years: A Bibliometric Analysis of the Scopus Journal Database. Physical Education Theory and Methodology, 25(1), 172–182. https://doi.org/...

Materi: Sport Biomechanics Analyisis
Pustaka: Al Ardha, M. A., Nurhasan, N., Supriyanto, C., Wulandari, F. Y., Yang, C. B., Lin, J. H., Ayubi, N., Firmansyah, A., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., Utomo, R. S., Putra, K. P., & Wijayanto, A. (2024a). Sports Biomechanics Research on the Hammer Throw: Systematic Review. Retos, 54, 248–254. https://doi.org/...

Materi: Kinematic Analysis
Pustaka: Nurhasan, Al Ardha, M. A., Ristanto, K. O., Yang, C. B., Wijayanto, A., Pradana, S. W. K. C., Putra, N. S. R. P., Firmansyah, A., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., & Utomo, R. S. (2024). Kinematic Movement Differences Between Petanque Pointing and Shooting Technique in Children. Retos, 52, 52–61. https://doi.org/...
5%

13

Minggu ke 13

  1. Mahasiswa mampu merancang dan menyusun proyek analisis gerak cabang olahraga secara sistematis dan berbasis data.
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil analisis gerak secara kelompok dengan penjelasan ilmiah dan visual yang menarik.
  3. Mahasiswa mampu mengevaluasi hasil proyek dan mengadaptasikan produk analisis gerak menjadi bahan ajar PJOK yang kontekstual dan inovatif.
  1. Mahasiswa menentukan cabang olahraga, teknik gerak yang dianalisis, dan metode pengumpulan data (video, observasi, software analisis).
  2. Mahasiswa menyusun laporan proyek analisis gerak dengan struktur yang runtut (pendahuluan, data, hasil, simpulan).
  3. Mahasiswa menyampaikan hasil analisis secara lisan dengan penggunaan media presentasi (PPT/video) yang komunik
  4. Mahasiswa menjawab pertanyaan audiens dengan argumentasi berbasis teori biomekanika dan pembelajaran PJOK.
  5. Mahasiswa mengubah hasil analisis menjadi bahan ajar (RPP, LKPD, media digital/visual) yang sesuai dengan jenjang pendidikan sekolah dasar atau menengah.
  6. Mahasiswa melakukan refleksi kelompok atas pelaksanaan proyek (kekuatan, tantangan, peluang pengembangan).
Kriteria:
  1. Skor 100 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
  2. Skor 90 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 5 konsep pada indikator penilaian
  3. Skor 80 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 4 konsep pada indikator penilaian
  4. Skor 70 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 3 konsep pada indikator penilaian
  5. Skor 60 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 2 konsep pada indikator penilaian
  6. Skor 50 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penilaian Produk
2 X 50
Bimbingan Penilaian Produk
2 x 50
Materi: Biomechanic Analysis
Pustaka: Zatsiorsky, Vladimir.2000. Biomechanics in Sports. Blackwell Science.Ltd.Oxford:London

Materi: Sport Biomechanics Analyisis
Pustaka: Al Ardha, M. A., Nurhasan, N., Kartiko, D. C., Yang, C. B., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., & Herista, S. V. W. (2025). Identifying the Research Trend of Sport Biomechanics over the Last 20 Years: A Bibliometric Analysis of the Scopus Journal Database. Physical Education Theory and Methodology, 25(1), 172–182. https://doi.org/...

Materi: Sport Biomechanics Analyisis
Pustaka: Al Ardha, M. A., Nurhasan, N., Supriyanto, C., Wulandari, F. Y., Yang, C. B., Lin, J. H., Ayubi, N., Firmansyah, A., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., Utomo, R. S., Putra, K. P., & Wijayanto, A. (2024a). Sports Biomechanics Research on the Hammer Throw: Systematic Review. Retos, 54, 248–254. https://doi.org/...

Materi: Kinematic Analysis
Pustaka: Nurhasan, Al Ardha, M. A., Ristanto, K. O., Yang, C. B., Wijayanto, A., Pradana, S. W. K. C., Putra, N. S. R. P., Firmansyah, A., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., & Utomo, R. S. (2024). Kinematic Movement Differences Between Petanque Pointing and Shooting Technique in Children. Retos, 52, 52–61. https://doi.org/...
8%

14

Minggu ke 14

  1. Mahasiswa mampu merancang dan menyusun proyek analisis gerak cabang olahraga secara sistematis dan berbasis data.
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil analisis gerak secara kelompok dengan penjelasan ilmiah dan visual yang menarik.
  3. Mahasiswa mampu mengevaluasi hasil proyek dan mengadaptasikan produk analisis gerak menjadi bahan ajar PJOK yang kontekstual dan inovatif.
  1. Mahasiswa menentukan cabang olahraga, teknik gerak yang dianalisis, dan metode pengumpulan data (video, observasi, software analisis).
  2. Mahasiswa menyusun laporan proyek analisis gerak dengan struktur yang runtut (pendahuluan, data, hasil, simpulan).
  3. Mahasiswa menyampaikan hasil analisis secara lisan dengan penggunaan media presentasi (PPT/video) yang komunik
  4. Mahasiswa menjawab pertanyaan audiens dengan argumentasi berbasis teori biomekanika dan pembelajaran PJOK.
  5. Mahasiswa mengubah hasil analisis menjadi bahan ajar (RPP, LKPD, media digital/visual) yang sesuai dengan jenjang pendidikan sekolah dasar atau menengah.
  6. Mahasiswa melakukan refleksi kelompok atas pelaksanaan proyek (kekuatan, tantangan, peluang pengembangan).
Kriteria:
  1. Skor 100 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
  2. Skor 90 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 5 konsep pada indikator penilaian
  3. Skor 80 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 4 konsep pada indikator penilaian
  4. Skor 70 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 3 konsep pada indikator penilaian
  5. Skor 60 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 2 konsep pada indikator penilaian
  6. Skor 50 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penilaian Produk
2 X 50
Bimbingan Penilaian Produk
2 x 50
Materi: Biomechanic Analysis
Pustaka: Zatsiorsky, Vladimir.2000. Biomechanics in Sports. Blackwell Science.Ltd.Oxford:London

Materi: Sport Biomechanics Analyisis
Pustaka: Al Ardha, M. A., Nurhasan, N., Kartiko, D. C., Yang, C. B., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., & Herista, S. V. W. (2025). Identifying the Research Trend of Sport Biomechanics over the Last 20 Years: A Bibliometric Analysis of the Scopus Journal Database. Physical Education Theory and Methodology, 25(1), 172–182. https://doi.org/...

Materi: Sport Biomechanics Analyisis
Pustaka: Al Ardha, M. A., Nurhasan, N., Supriyanto, C., Wulandari, F. Y., Yang, C. B., Lin, J. H., Ayubi, N., Firmansyah, A., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., Utomo, R. S., Putra, K. P., & Wijayanto, A. (2024a). Sports Biomechanics Research on the Hammer Throw: Systematic Review. Retos, 54, 248–254. https://doi.org/...

Materi: Kinematic Analysis
Pustaka: Nurhasan, Al Ardha, M. A., Ristanto, K. O., Yang, C. B., Wijayanto, A., Pradana, S. W. K. C., Putra, N. S. R. P., Firmansyah, A., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., & Utomo, R. S. (2024). Kinematic Movement Differences Between Petanque Pointing and Shooting Technique in Children. Retos, 52, 52–61. https://doi.org/...
8%

15

Minggu ke 15

  1. Mahasiswa mampu merancang dan menyusun proyek analisis gerak cabang olahraga secara sistematis dan berbasis data.
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil analisis gerak secara kelompok dengan penjelasan ilmiah dan visual yang menarik.
  3. Mahasiswa mampu mengevaluasi hasil proyek dan mengadaptasikan produk analisis gerak menjadi bahan ajar PJOK yang kontekstual dan inovatif.
  1. Mahasiswa menentukan cabang olahraga, teknik gerak yang dianalisis, dan metode pengumpulan data (video, observasi, software analisis).
  2. Mahasiswa menyusun laporan proyek analisis gerak dengan struktur yang runtut (pendahuluan, data, hasil, simpulan).
  3. Mahasiswa menyampaikan hasil analisis secara lisan dengan penggunaan media presentasi (PPT/video) yang komunik
  4. Mahasiswa menjawab pertanyaan audiens dengan argumentasi berbasis teori biomekanika dan pembelajaran PJOK.
  5. Mahasiswa mengubah hasil analisis menjadi bahan ajar (RPP, LKPD, media digital/visual) yang sesuai dengan jenjang pendidikan sekolah dasar atau menengah.
  6. Mahasiswa melakukan refleksi kelompok atas pelaksanaan proyek (kekuatan, tantangan, peluang pengembangan).
Kriteria:
  1. Skor 100 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
  2. Skor 90 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 5 konsep pada indikator penilaian
  3. Skor 80 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 4 konsep pada indikator penilaian
  4. Skor 70 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 3 konsep pada indikator penilaian
  5. Skor 60 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 2 konsep pada indikator penilaian
  6. Skor 50 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penilaian Produk
2 X 50
Bimbingan Penilaian Produk
2 x 50
Materi: Biomechanic Analysis
Pustaka: Zatsiorsky, Vladimir.2000. Biomechanics in Sports. Blackwell Science.Ltd.Oxford:London

Materi: Sport Biomechanics Analyisis
Pustaka: Al Ardha, M. A., Nurhasan, N., Kartiko, D. C., Yang, C. B., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., & Herista, S. V. W. (2025). Identifying the Research Trend of Sport Biomechanics over the Last 20 Years: A Bibliometric Analysis of the Scopus Journal Database. Physical Education Theory and Methodology, 25(1), 172–182. https://doi.org/...

Materi: Sport Biomechanics Analyisis
Pustaka: Al Ardha, M. A., Nurhasan, N., Supriyanto, C., Wulandari, F. Y., Yang, C. B., Lin, J. H., Ayubi, N., Firmansyah, A., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., Utomo, R. S., Putra, K. P., & Wijayanto, A. (2024a). Sports Biomechanics Research on the Hammer Throw: Systematic Review. Retos, 54, 248–254. https://doi.org/...

Materi: Kinematic Analysis
Pustaka: Nurhasan, Al Ardha, M. A., Ristanto, K. O., Yang, C. B., Wijayanto, A., Pradana, S. W. K. C., Putra, N. S. R. P., Firmansyah, A., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., & Utomo, R. S. (2024). Kinematic Movement Differences Between Petanque Pointing and Shooting Technique in Children. Retos, 52, 52–61. https://doi.org/...
8%

16

Minggu ke 16

  1. Mahasiswa mampu merancang dan menyusun proyek analisis gerak cabang olahraga secara sistematis dan berbasis data.
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil analisis gerak secara kelompok dengan penjelasan ilmiah dan visual yang menarik.
  3. Mahasiswa mampu mengevaluasi hasil proyek dan mengadaptasikan produk analisis gerak menjadi bahan ajar PJOK yang kontekstual dan inovatif.
  1. Mahasiswa menentukan cabang olahraga, teknik gerak yang dianalisis, dan metode pengumpulan data (video, observasi, software analisis).
  2. Mahasiswa menyusun laporan proyek analisis gerak dengan struktur yang runtut (pendahuluan, data, hasil, simpulan).
  3. Mahasiswa menyampaikan hasil analisis secara lisan dengan penggunaan media presentasi (PPT/video) yang komunik
  4. Mahasiswa menjawab pertanyaan audiens dengan argumentasi berbasis teori biomekanika dan pembelajaran PJOK.
  5. Mahasiswa mengubah hasil analisis menjadi bahan ajar (RPP, LKPD, media digital/visual) yang sesuai dengan jenjang pendidikan sekolah dasar atau menengah.
  6. Mahasiswa melakukan refleksi kelompok atas pelaksanaan proyek (kekuatan, tantangan, peluang pengembangan).
Kriteria:
  1. Skor 100 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
  2. Skor 90 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 5 konsep pada indikator penilaian
  3. Skor 80 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 4 konsep pada indikator penilaian
  4. Skor 70 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 3 konsep pada indikator penilaian
  5. Skor 60 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 2 konsep pada indikator penilaian
  6. Skor 50 jika mahasiswa mampu melaksanakan dan menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UAS dan Penilaian Produk
2 X 50

Materi: Biomechanic Analysis
Pustaka: Zatsiorsky, Vladimir.2000. Biomechanics in Sports. Blackwell Science.Ltd.Oxford:London

Materi: Sport Biomechanics Analyisis
Pustaka: Al Ardha, M. A., Nurhasan, N., Kartiko, D. C., Yang, C. B., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., & Herista, S. V. W. (2025). Identifying the Research Trend of Sport Biomechanics over the Last 20 Years: A Bibliometric Analysis of the Scopus Journal Database. Physical Education Theory and Methodology, 25(1), 172–182. https://doi.org/...

Materi: Sport Biomechanics Analyisis
Pustaka: Al Ardha, M. A., Nurhasan, N., Supriyanto, C., Wulandari, F. Y., Yang, C. B., Lin, J. H., Ayubi, N., Firmansyah, A., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., Utomo, R. S., Putra, K. P., & Wijayanto, A. (2024a). Sports Biomechanics Research on the Hammer Throw: Systematic Review. Retos, 54, 248–254. https://doi.org/...

Materi: Kinematic Analysis
Pustaka: Nurhasan, Al Ardha, M. A., Ristanto, K. O., Yang, C. B., Wijayanto, A., Pradana, S. W. K. C., Putra, N. S. R. P., Firmansyah, A., Bikalawan, S. S., Rizki, A. Z., & Utomo, R. S. (2024). Kinematic Movement Differences Between Petanque Pointing and Shooting Technique in Children. Retos, 52, 52–61. https://doi.org/...
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 17.93%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50.25%
3. Penilaian Praktikum 12.93%
4. Praktik / Unjuk Kerja 17.93%
5. Tes 5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.