
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
STEAM dan Isu Terbaru dalam Pendidikan Sains (STEAM and Current Issues in Science Education) |
8410102242 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
3 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Beni Setiawan, Ph.D.
|
Beni Setiawan, Ph.D.
|
EKO HARIYONO |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-6 |
Menguasai teori pedagogi, andragogi, hutagogi, dan dalam pengembangan bidang pendidikan IPA berdasarkan isu terkini dan mampu mengemas pembelajaran IPA melalui kerangka TPACK (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) yang diimplementasikan dalam metode penelitian melalui pendekatan multi dan interdisipliner, dan mempublikasikannya pada jurnal yang relevan. |
PLO-7 |
Merancang dan mengelola bidang pendidikan IPA melalui kajian keilmuan serta menyusun konsepsi dan kajian ilmiah berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk meningkatkan kapasitas diri dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional. |
PLO-9 |
Merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang inovatif untuk memecahkan masalah pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA secara berkelanjutan dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs). |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan konsep STEAM dalam perancangan dan pengembangan kurikulum pendidikan sains yang inovatif dan relevan dengan isu terkini (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis dan mengevaluasi isu-isu terbaru dalam pendidikan sains untuk mengidentifikasi peluang dan tantangan dalam integrasi STEAM (C4, C5)
|
PO - 3 |
Mengembangkan strategi pembelajaran yang kolaboratif dan inovatif dalam STEAM untuk meningkatkan keterampilan kritis dan kreatif siswa (C6)
|
PO - 4 |
Merancang penelitian yang mengintegrasikan konsep STEAM untuk mengatasi masalah pendidikan sains yang spesifik (C6)
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-6 | PLO-7 | PLO-9 | | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | PO-4 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah STEAM dan Isu Terbaru Dalam Pendidikan Sains pada jenjang S2 dalam program studi Pendidikan Sains bertujuan untuk mendalami konsep-konsep pendidikan sains yang terintegrasi dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) serta memperkenalkan isu-isu terkini dalam bidang sains dan pendidikan sains. Mata kuliah ini mencakup pemahaman tentang pengembangan dan penerapan project sains berbasis STEAM, pengembangan kurikulum berbasis STEAM, serta analisis terhadap perkembangan terbaru dalam dunia sains dan teknologi yang relevan dengan konteks pendidikan. Ruang lingkupnya meliputi diskusi tentang brainstroming STEAM dan isu terbaru pendidikan sains, integrasi antar disiplin ilmu, implementasi teknologi dalam pembelajaran sains, serta pemahaman mendalam terhadap isu-isu kontemporer dalam pendidikan sains. Dengan mengikuti matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan keterampilan untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran sains yang inovatif serta mampu menghadapi tantangan pendidikan sains di era modern. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Armstrong, L. (2019). STEAM Projects: Observations, Experimentation, & Presentation. New York: Twain Media. Inc.
|
Pendukung : |
|
- Kao, V., Kiesman., J E., (Eds). (2002). Writing STEAM: Composition, STEM, and a New Humanities. New York: Routledge.
|
Dosen Pengampu
|
ERMAN EKO HARIYONO MOHAMMAD BUDIYANTO BENI SETIAWAN Beni Setiawan, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Beni Setiawan, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Prof. Dr. Erman, M.Pd. Prof. Dr. Erman, M.Pd. Dr. Mohammad Budiyanto, S.Pd., M.Pd. Dr. Mohammad Budiyanto, S.Pd., M.Pd. Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd. Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Dapat menerapkan konsep STEAM dalam perancangan dan pengembangan kurikulum pendidikan sains yang inovatif dan relevan dengan isu terkini. |
Mendiskripsikan karakteristiek dan kompanen proyek barbasis STEAM. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi tentang STEAM 100‘ |
|
Materi: Konsep STEAM Pustaka: Kao, V., Kiesman., J E., (Eds). (2002). Writing STEAM: Composition, STEM, and a New Humanities. New York: Routledge. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Dapat menerapkan konsep STEAM dalam perancangan dan pengembangan kurikulum pendidikan sains yang inovatif dan relevan dengan isu terkini. |
Mendiskripsikan kurikulum pendidikan IPA berbasis STEAM. |
Kriteria:
Kemampuan mempresentasikan kurikulum IPA berbasis STEAM Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi 100‘ |
|
Materi: Konsep STEAM Pustaka: Kao, V., Kiesman., J E., (Eds). (2002). Writing STEAM: Composition, STEM, and a New Humanities. New York: Routledge. |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Mengidentifikasi isu-isu terbaru pendidikan sains yang berpeluang untuk diintegrasikan dengan STEAM |
Merumuskan isu-isu terbaru pendidikan sains yang berpeluang dikaitkan dengan STEAM |
Kriteria:
3 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan presentasi isu-isu terebaru dalam pendidikan sains 100‘ |
|
Materi: Isu-isu dalam pendidikan sains Pustaka: Kao, V., Kiesman., J E., (Eds). (2002). Writing STEAM: Composition, STEM, and a New Humanities. New York: Routledge. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Mengidentifikasi isu-isu terbaru pendidikan sains yang berpeluang untuk diintegrasikan dengan STEAM |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Presentasi isu-isu terbaru dalam pendidikan sains 100‘ |
Materi: Isu terbaru pendidikan sains Pustaka: Kao, V., Kiesman., J E., (Eds). (2002). Writing STEAM: Composition, STEM, and a New Humanities. New York: Routledge. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Merancang Pembelajaran sains berbasis STEAM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif |
Menganalisis captain pembelajaran untuk setiap komponen STEAM |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Diskusi tentang STEAM dan kemampuan berpikir kritis 100‘ |
Materi: STEAM dan Berpikir Kritis Pustaka: Kao, V., Kiesman., J E., (Eds). (2002). Writing STEAM: Composition, STEM, and a New Humanities. New York: Routledge. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Merancang Pembelajaran sains berbasis STEAM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif |
Mengevaluasi desain (material) pembelajaran berbasis STEAM berdasarkan rubrik yang telah ditetapkan. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
|
Presentasi dan diskusi 100‘ |
Materi: STEAM dan Berpikir Kritis Pustaka: Kao, V., Kiesman., J E., (Eds). (2002). Writing STEAM: Composition, STEM, and a New Humanities. New York: Routledge. |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Merancang Pembelajaran sains berbasis STEAM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif |
Mengevaluasi desain (material) pembelajaran berbasis STEAM berdasarkan rubrik yang telah ditetapkan. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Presentasi dan diskusi 100‘ |
Materi: STEAM dan Berpikir Kritis Pustaka: Kao, V., Kiesman., J E., (Eds). (2002). Writing STEAM: Composition, STEM, and a New Humanities. New York: Routledge. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu menyelesaikan masalah pendidikan sains dengan pembelajaran STEAM |
Dapat mengerjakan semua soal yang disampaikan. |
Bentuk Penilaian : Tes |
|
Ujian Tengah Semester 100‘ |
|
3% |
9
Minggu ke 9 |
Merancang Penelitian yang mengintegrasikan konsep STEAM untuk menyelesaikan pendidikan sains yang spesifik |
Kemampuan merancang proyek penelitian STEAM |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
|
Project Based Learning (PjBL) 100‘ |
Materi: Rancangan STEAM Pustaka: Armstrong, L. (2019). STEAM Projects: Observations, Experimentation, & Presentation. New York: Twain Media. Inc. |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Merancang Penelitian yang mengintegrasikan konsep STEAM untuk menyelesaikan pendidikan sains yang spesifik |
Kemampuan merancang proyek penelitian STEAM |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
|
Project Based Learning (PjBL) 100‘ |
Materi: Rancangan STEAM Pustaka: Armstrong, L. (2019). STEAM Projects: Observations, Experimentation, & Presentation. New York: Twain Media. Inc. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Merancang Penelitian yang mengintegrasikan konsep STEAM untuk menyelesaikan pendidikan sains yang spesifik |
Kemampuan merancang proyek penelitian STEAM |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
|
Project Based Learning (PjBL) 100‘ |
Materi: Rancangan STEAM Pustaka: Armstrong, L. (2019). STEAM Projects: Observations, Experimentation, & Presentation. New York: Twain Media. Inc. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Merancang Penelitian yang mengintegrasikan konsep STEAM untuk menyelesaikan pendidikan sains yang spesifik |
Kemampuan merancang proyek penelitian STEAM |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
|
Project Based Learning (PjBL) 100‘ |
Materi: Rancangan STEAM Pustaka: Armstrong, L. (2019). STEAM Projects: Observations, Experimentation, & Presentation. New York: Twain Media. Inc. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mempresentasikan hasil rancangan penelitian STEAM untuk mengatasi masalah pendidikan sains yang spesifik |
Mampu mempresentasikan hasil project |
Kriteria:
Presentasi hasil project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project Based Learning (PjBL) 100‘ |
Materi: Produk STEAM Pustaka: Kao, V., Kiesman., J E., (Eds). (2002). Writing STEAM: Composition, STEM, and a New Humanities. New York: Routledge. |
15% |
14
Minggu ke 14 |
Mempresentasikan hasil rancangan penelitian STEAM untuk mengatasi masalah pendidikan sains yang spesifik |
Mampu mempresentasikan hasil project |
Kriteria:
Presentasi hasil project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project Based Learning (PjBL) 100‘ |
Materi: Produk STEAM Pustaka: Kao, V., Kiesman., J E., (Eds). (2002). Writing STEAM: Composition, STEM, and a New Humanities. New York: Routledge. |
15% |
15
Minggu ke 15 |
Mempresentasikan hasil rancangan penelitian STEAM untuk mengatasi masalah pendidikan sains yang spesifik |
Mampu mempresentasikan hasil project |
Kriteria:
Presentasi hasil project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project Based Learning (PjBL) 100‘ |
Materi: Produk STEAM Pustaka: Kao, V., Kiesman., J E., (Eds). (2002). Writing STEAM: Composition, STEM, and a New Humanities. New York: Routledge. |
15% |
16
Minggu ke 16 |
Mempresentasikan hasil rancangan penelitian STEAM untuk mengatasi masalah pendidikan sains yang spesifik |
Mampu mempresentasikan hasil project |
Kriteria:
Presentasi hasil project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project Based Learning (PjBL) 100‘ |
Materi: Produk STEAM Pustaka: Kao, V., Kiesman., J E., (Eds). (2002). Writing STEAM: Composition, STEM, and a New Humanities. New York: Routledge. |
15% |