Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

STEAM dan Isu Terbaru dalam Pendidikan Sains (STEAM and Current Issues in Science Education)

8410102242

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

3 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Beni Setiawan, Ph.D.




Beni Setiawan, Ph.D.




EKO HARIYONO

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Menguasai teori pedagogi, andragogi, hutagogi, dan dalam pengembangan bidang pendidikan IPA berdasarkan isu terkini dan mampu mengemas pembelajaran IPA melalui kerangka TPACK (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) yang diimplementasikan dalam metode penelitian melalui pendekatan multi dan interdisipliner, dan mempublikasikannya pada jurnal yang relevan.

PLO-7

Merancang dan mengelola bidang pendidikan IPA melalui kajian keilmuan serta menyusun konsepsi dan kajian ilmiah berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk meningkatkan kapasitas diri dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional.

PLO-9

Merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang inovatif untuk memecahkan masalah pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA secara berkelanjutan dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs).

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep STEAM dalam perancangan dan pengembangan kurikulum pendidikan sains yang inovatif dan relevan dengan isu terkini (C3)

PO - 2

Menganalisis dan mengevaluasi isu-isu terbaru dalam pendidikan sains untuk mengidentifikasi peluang dan tantangan dalam integrasi STEAM (C4, C5)

PO - 3

Mengembangkan strategi pembelajaran yang kolaboratif dan inovatif dalam STEAM untuk meningkatkan keterampilan kritis dan kreatif siswa (C6)

PO - 4

Merancang penelitian yang mengintegrasikan konsep STEAM untuk mengatasi masalah pendidikan sains yang spesifik (C6)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-7PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah STEAM dan Isu Terbaru Dalam Pendidikan Sains pada jenjang S2 dalam program studi Pendidikan Sains bertujuan untuk mendalami konsep-konsep pendidikan sains yang terintegrasi dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) serta memperkenalkan isu-isu terkini dalam bidang sains dan pendidikan sains. Mata kuliah ini mencakup pemahaman tentang pengembangan dan penerapan project sains berbasis STEAM, pengembangan kurikulum berbasis STEAM, serta analisis terhadap perkembangan terbaru dalam dunia sains dan teknologi yang relevan dengan konteks pendidikan. Ruang lingkupnya meliputi diskusi tentang brainstroming STEAM dan isu terbaru pendidikan sains, integrasi antar disiplin ilmu, implementasi teknologi dalam pembelajaran sains, serta pemahaman mendalam terhadap isu-isu kontemporer dalam pendidikan sains. Dengan mengikuti matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan keterampilan untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran sains yang inovatif serta mampu menghadapi tantangan pendidikan sains di era modern.

Pustaka

Utama :

  1. Armstrong, L. (2019). STEAM Projects: Observations, Experimentation, & Presentation. New York: Twain Media. Inc.

Pendukung :

  1. Kao, V., Kiesman., J E., (Eds). (2002). Writing STEAM: Composition, STEM, and a New Humanities. New York: Routledge.

Dosen Pengampu

ERMAN

EKO HARIYONO

MOHAMMAD BUDIYANTO

BENI SETIAWAN

Beni Setiawan, S.Pd., M.Pd., Ph.D.

Beni Setiawan, S.Pd., M.Pd., Ph.D.

Prof. Dr. Erman, M.Pd.

Prof. Dr. Erman, M.Pd.

Dr. Mohammad Budiyanto, S.Pd., M.Pd.

Dr. Mohammad Budiyanto, S.Pd., M.Pd.

Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd.

Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Dapat menerapkan konsep STEAM dalam perancangan dan pengembangan kurikulum pendidikan sains yang inovatif dan relevan dengan isu terkini.

Mendiskripsikan karakteristiek dan kompanen proyek barbasis STEAM.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi tentang STEAM
100‘

Materi: Konsep STEAM
Pustaka: Kao, V., Kiesman., J E., (Eds). (2002). Writing STEAM: Composition, STEM, and a New Humanities. New York: Routledge.
2%

2

Minggu ke 2

Dapat menerapkan konsep STEAM dalam perancangan dan pengembangan kurikulum pendidikan sains yang inovatif dan relevan dengan isu terkini.

Mendiskripsikan kurikulum pendidikan IPA berbasis STEAM.

Kriteria:

Kemampuan mempresentasikan kurikulum IPA berbasis STEAM


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi
100‘

Materi: Konsep STEAM
Pustaka: Kao, V., Kiesman., J E., (Eds). (2002). Writing STEAM: Composition, STEM, and a New Humanities. New York: Routledge.
2%

3

Minggu ke 3

Mengidentifikasi isu-isu terbaru pendidikan sains yang berpeluang untuk diintegrasikan dengan STEAM

Merumuskan isu-isu terbaru pendidikan sains yang berpeluang dikaitkan dengan STEAM

Kriteria:

3


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan presentasi isu-isu terebaru dalam pendidikan sains
100‘

Materi: Isu-isu dalam pendidikan sains
Pustaka: Kao, V., Kiesman., J E., (Eds). (2002). Writing STEAM: Composition, STEM, and a New Humanities. New York: Routledge.
2%

4

Minggu ke 4

Mengidentifikasi isu-isu terbaru pendidikan sains yang berpeluang untuk diintegrasikan dengan STEAM


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Presentasi isu-isu terbaru dalam pendidikan sains
100‘
Materi: Isu terbaru pendidikan sains
Pustaka: Kao, V., Kiesman., J E., (Eds). (2002). Writing STEAM: Composition, STEM, and a New Humanities. New York: Routledge.
3%

5

Minggu ke 5

Merancang Pembelajaran sains berbasis STEAM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif

Menganalisis captain pembelajaran untuk setiap komponen STEAM


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Diskusi tentang STEAM dan kemampuan berpikir kritis
100‘
Materi: STEAM dan Berpikir Kritis
Pustaka: Kao, V., Kiesman., J E., (Eds). (2002). Writing STEAM: Composition, STEM, and a New Humanities. New York: Routledge.
3%

6

Minggu ke 6

Merancang Pembelajaran sains berbasis STEAM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif

Mengevaluasi desain (material) pembelajaran berbasis STEAM berdasarkan rubrik yang telah ditetapkan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja

Presentasi dan diskusi
100‘
Materi: STEAM dan Berpikir Kritis
Pustaka: Kao, V., Kiesman., J E., (Eds). (2002). Writing STEAM: Composition, STEM, and a New Humanities. New York: Routledge.
3%

7

Minggu ke 7

Merancang Pembelajaran sains berbasis STEAM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif

Mengevaluasi desain (material) pembelajaran berbasis STEAM berdasarkan rubrik yang telah ditetapkan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi dan diskusi
100‘
Materi: STEAM dan Berpikir Kritis
Pustaka: Kao, V., Kiesman., J E., (Eds). (2002). Writing STEAM: Composition, STEM, and a New Humanities. New York: Routledge.
3%

8

Minggu ke 8

Mampu menyelesaikan masalah pendidikan sains dengan pembelajaran STEAM

Dapat mengerjakan semua soal yang disampaikan.


Bentuk Penilaian :
Tes

Ujian Tengah Semester
100‘
3%

9

Minggu ke 9

Merancang Penelitian yang mengintegrasikan konsep STEAM untuk menyelesaikan pendidikan sains yang spesifik

Kemampuan merancang proyek penelitian STEAM


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja

Project Based Learning (PjBL)
100‘
Materi: Rancangan STEAM
Pustaka: Armstrong, L. (2019). STEAM Projects: Observations, Experimentation, & Presentation. New York: Twain Media. Inc.
4%

10

Minggu ke 10

Merancang Penelitian yang mengintegrasikan konsep STEAM untuk menyelesaikan pendidikan sains yang spesifik

Kemampuan merancang proyek penelitian STEAM


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja

Project Based Learning (PjBL)
100‘
Materi: Rancangan STEAM
Pustaka: Armstrong, L. (2019). STEAM Projects: Observations, Experimentation, & Presentation. New York: Twain Media. Inc.
5%

11

Minggu ke 11

Merancang Penelitian yang mengintegrasikan konsep STEAM untuk menyelesaikan pendidikan sains yang spesifik

Kemampuan merancang proyek penelitian STEAM


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja

Project Based Learning (PjBL)
100‘
Materi: Rancangan STEAM
Pustaka: Armstrong, L. (2019). STEAM Projects: Observations, Experimentation, & Presentation. New York: Twain Media. Inc.
5%

12

Minggu ke 12

Merancang Penelitian yang mengintegrasikan konsep STEAM untuk menyelesaikan pendidikan sains yang spesifik

Kemampuan merancang proyek penelitian STEAM


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja

Project Based Learning (PjBL)
100‘
Materi: Rancangan STEAM
Pustaka: Armstrong, L. (2019). STEAM Projects: Observations, Experimentation, & Presentation. New York: Twain Media. Inc.
5%

13

Minggu ke 13

Mempresentasikan hasil rancangan penelitian STEAM untuk mengatasi masalah pendidikan sains yang spesifik

Mampu mempresentasikan hasil project

Kriteria:

Presentasi hasil project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project Based Learning (PjBL)
100‘
Materi: Produk STEAM
Pustaka: Kao, V., Kiesman., J E., (Eds). (2002). Writing STEAM: Composition, STEM, and a New Humanities. New York: Routledge.
15%

14

Minggu ke 14

Mempresentasikan hasil rancangan penelitian STEAM untuk mengatasi masalah pendidikan sains yang spesifik

Mampu mempresentasikan hasil project

Kriteria:

Presentasi hasil project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project Based Learning (PjBL)
100‘
Materi: Produk STEAM
Pustaka: Kao, V., Kiesman., J E., (Eds). (2002). Writing STEAM: Composition, STEM, and a New Humanities. New York: Routledge.
15%

15

Minggu ke 15

Mempresentasikan hasil rancangan penelitian STEAM untuk mengatasi masalah pendidikan sains yang spesifik

Mampu mempresentasikan hasil project

Kriteria:

Presentasi hasil project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project Based Learning (PjBL)
100‘
Materi: Produk STEAM
Pustaka: Kao, V., Kiesman., J E., (Eds). (2002). Writing STEAM: Composition, STEM, and a New Humanities. New York: Routledge.
15%

16

Minggu ke 16

Mempresentasikan hasil rancangan penelitian STEAM untuk mengatasi masalah pendidikan sains yang spesifik

Mampu mempresentasikan hasil project

Kriteria:

Presentasi hasil project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project Based Learning (PjBL)
100‘
Materi: Produk STEAM
Pustaka: Kao, V., Kiesman., J E., (Eds). (2002). Writing STEAM: Composition, STEM, and a New Humanities. New York: Routledge.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 13.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 72.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 11%
4. Tes 3%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.