
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
STEAM dan Isu Terbaru dalam Pendidikan Sains (STEAM and Current Issues in Science Education) |
8410102242 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
19 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-7 |
Merancang dan mengelola bidang pendidikan IPA melalui kajian keilmuan serta menyusun konsepsi dan kajian ilmiah berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk meningkatkan kapasitas diri dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional. |
PLO-9 |
Merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang inovatif untuk memecahkan masalah pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA secara berkelanjutan dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs). |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan konsep STEAM dalam perancangan dan pengembangan kurikulum pendidikan sains yang inovatif dan relevan dengan isu terkini (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis dan mengevaluasi isu-isu terbaru dalam pendidikan sains untuk mengidentifikasi peluang dan tantangan dalam integrasi STEAM (C4, C5)
|
PO - 3 |
Mengembangkan strategi pembelajaran yang kolaboratif dan inovatif dalam STEAM untuk meningkatkan keterampilan kritis dan kreatif siswa (C6)
|
PO - 4 |
Merancang penelitian yang mengintegrasikan konsep STEAM untuk mengatasi masalah pendidikan sains yang spesifik (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan teknik evaluasi dan refleksi dalam pengajaran sains untuk memastikan pembelajaran yang efektif dan inklusif berbasis STEAM (C3, C5)
|
PO - 6 |
Menganalisis dampak penggunaan teknologi dalam pendidikan STEAM terhadap hasil belajar siswa dan pengembangan profesional guru (C4)
|
PO - 7 |
Menciptakan materi ajar yang mengintegrasikan aspek sains, teknologi, rekayasa, seni, dan matematika untuk mendukung pencapaian SDGs (C6)
|
PO - 8 |
Mengevaluasi keefektifan metode pembelajaran STEAM dalam meningkatkan pemahaman konseptual dan aplikatif siswa (C5)
|
PO - 9 |
Menganalisis dan mengadaptasi pendekatan STEAM dalam konteks multikultural dan multilinguistik untuk mempromosikan inklusivitas dan adaptabilitas (C4)
|
PO - 10 |
Menciptakan inisiatif dan proyek kolaboratif yang memanfaatkan prinsip STEAM untuk mengatasi masalah lokal dan global (C6)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-7 | PLO-9 | PO-1 | | ✔ | | | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | | | | PO-3 | ✔ | | | | ✔ | PO-4 | | | | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | | ✔ | | | PO-6 | | ✔ | | ✔ | | PO-7 | | | | | ✔ | PO-8 | | ✔ | | | ✔ | PO-9 | ✔ | | ✔ | | | PO-10 | ✔ | | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah STEAM dan Isu Terbaru Dalam Pendidikan Sains pada jenjang S2 dalam program studi Pendidikan Sains bertujuan untuk mendalami konsep-konsep pendidikan sains yang terintegrasi dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) serta memperkenalkan isu-isu terkini dalam bidang sains dan pendidikan sains. Mata kuliah ini mencakup pemahaman tentang pengembangan dan penerapan project sains berbasis STEAM, pengembangan kurikulum berbasis STEAM, serta analisis terhadap perkembangan terbaru dalam dunia sains dan teknologi yang relevan dengan konteks pendidikan. Ruang lingkupnya meliputi diskusi tentang brainstroming STEAM dan isu terbaru pendidikan sains, integrasi antar disiplin ilmu, implementasi teknologi dalam pembelajaran sains, serta pemahaman mendalam terhadap isu-isu kontemporer dalam pendidikan sains. Dengan mengikuti matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan keterampilan untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran sains yang inovatif serta mampu menghadapi tantangan pendidikan sains di era modern. |
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd. Dr. Mohammad Budiyanto, S.Pd., M.Pd. Beni Setiawan, S.Pd., M.Pd., Ph.D. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
|
|
|
|
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
|
|
|
|
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
|
|
|
|
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
|
|
|
|
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
|
|
|
|
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
|
|
|
|
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
|
|
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
|
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
|
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |