Universitas Negeri Surabaya
Fakultas PSDKU
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pembelajaran PPKn SD

8624303039

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=1

ECTS=1.59

4

1 November 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Helda Kusuma Wardani,M.Pd.




Dr. Hendrik Pandu Paksi,M.Pd.




DELIA INDRAWATI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-9

Memecahkan masalah pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).

PLO-10

Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian.

Program Objectives (PO)

PO - 1

CPMK-1 Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, inklusif dan adaptif melalui refleksi diri dan simulasi pembelajaran yang berorientasi pada keberagaman peserta didik.

PO - 2

CPMK-2 Mahasiswa mampu mengembangkan ide inovatif dalam pembelajaran PPKn melalui kerja tim dan pendekatan kewirausahaan sosial di lingkungan sekolha dasar.

PO - 3

CPMK-3 Mahasiswa mampu menganalisis dan mengidentifikasi masalah pembelajaran yang melibatkan keterpaduan antar bidang studi di SD.

PO - 4

CPMK-4 Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, inklusif dan adaptif melalui refleksi diri dan simulasi pembelajaran yang berorientasi pada keberagaman peserta didik.

PO - 5

CPMK-5 Mahasiswa mampu menganalisis dan mengidentifikasi masalah pembelajaran yang melibatkan keterpaduan antar bidang studi di SD

PO - 6

CPMK-6 Mahasiswa mampu merancang pembelajaran SD yang kontekstual dengan mengintegrasikan TIK dan kearifan lokal sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-9PLO-10
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji proses pembelajaran PPKn SD mulai dari merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Materi perkuliahan membahas tujuan pembelajaran PPKn di SD, peta kurikulum mata pelajaran PKKn SD , karakteristik pembelajaran PPKn di SD kelas awal dan kelas lanjut, membuat perangkat pembelajaran PPKn SD, merancang alat evaluasi pembelajaran PPKn SD dan mempraktekkan pola pembelajaran PPKn SD melalui serangkaian proses perkuliahan yang sistematis Mata kuliah ini masuk dalam SDGs 4,5, 10 , anti korupsi dan napza.

Pustaka

Utama :

  1. Abdul, Azis Wahab. 1997.PendidikanPancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).Jakarta: BP3 SD Diknas
  2. Permendiknas No. 22 Tahun 2005Tentang Standar Isi Mata Pelajaran
  3. Ruminiati. 2007.PengembanganPendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Ditjen Dikti Depdiknas.
  4. Fadillah, M. 2014.lImplementasiKurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta:Ar Ruzz Media
  5. Sani, Ridwan Abdullah. 2014.Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta:PT Bumi Aksara

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mengetahui informasi mengenai mata kuliah pembelajaran PPKn di SD dan capaian pembelajaran mata kuliah

  1. Mahasiswa memahami deskripsi Mata Kuliah
  2. Mahasiswa memahami CPMK
  3. Mahasiswa memahami kontrak perkuliahan
  4. Mahasiswa memahami sistem perkuliahan tugas-tugas dan sistem penilaian
Kriteria:
  1. Skor maksimum kehadiran 60
  2. Skor maksimum partisipasi 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah,
tanya iawab dan Diskusi
3x50

5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mengetahui tujuan mata pelajaran PPKn di SD

  1. Menjelaskan alasan PKn dimasukkan dalam kurikulum SD
  2. Mahasiswa menjelaskan tujuan dari mata pelajaran PPKn di SD
  3. Mahasiswa menjelaskan kompetensi akhir dari pelajaran PPKn SD
Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Tanya Jawab dan Diskusi
3x50

Materi: Konsep Dasar
Pustaka: Abdul, Azis Wahab. 1997.PendidikanPancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).Jakarta: BP3 SD Diknas
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa memahami peta kurikulum mata pelajaran PPKn yang digunakan di Sekolah Dasar

  1. Mahasiswa mampu mengetahui kurikulum yang digunakan di Sekolah Dasar
  2. Mahasiswa mampu mengetahui ruang lingkup materi PPKn SD
  3. Mahasiswa mampu memetakan materi PPKn pada setiap jenjang pendidikan SD
Kriteria:
  1. Skor maksimum kehadiran 60
  2. Skor maksimum partisipasi 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kooperative
tipe Jigsaw
Studi literatur
Tanya jawab
3x50

Materi: Konsep Dasar
Pustaka: Ruminiati. 2007.PengembanganPendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Ditjen Dikti Depdiknas.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mengetahui dan memahami karakteristik pembelajaran PPKn SD kelas awal

  1. Mahasiswa mampu mengetahui karakteristik siswa SD kelas awal
  2. Mahasiswa mampu mengetahui karakteristik materi PPKn SD kelas awal
  3. Mahasiswa mampu memadukan karakteristik materi dan karakteristik siswa dengan mempertimbangkan gaya belajar anak
Kriteria:

Skor maksimum kehadiran 60


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
bervariasi,
Tanya Jawab,
Diskusi
3x50

Materi: Konsep Dasar
Pustaka: Ruminiati. 2007.PengembanganPendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Ditjen Dikti Depdiknas.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu mengetahui dan memahami karakteristik pembelajaran PPKn kelas lanjut

  1. Mahasiswa mampu mengetahui karakteristik siswa SD kelas lanjut
  2. Mahasiswa mampu mengetahui karakteristik materi PPKn SD kelas laniut
  3. Mahasiswa mampu memadukan karakteristik materi dan karakteristik siswa dengan mempertimbangkan gaya belajar anak
Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah
bervariasi, Tanya Jawab, Diskusi
3x50

5%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 2.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 2.5%
25%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.