
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas PSDKU
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pembelajaran PPKn SD |
8624303039 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=1 |
ECTS=1.59 |
4 |
1 November 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Helda Kusuma Wardani,M.Pd.
|
Dr. Hendrik Pandu Paksi,M.Pd.
|
DELIA INDRAWATI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-9 |
Memecahkan masalah pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga). |
PLO-10 |
Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
CPMK-1 Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, inklusif dan adaptif melalui refleksi diri dan simulasi pembelajaran yang berorientasi pada keberagaman peserta didik.
|
PO - 2 |
CPMK-2 Mahasiswa mampu mengembangkan ide inovatif dalam pembelajaran PPKn melalui kerja tim dan pendekatan kewirausahaan sosial di lingkungan sekolha dasar.
|
PO - 3 |
CPMK-3 Mahasiswa mampu menganalisis dan mengidentifikasi masalah pembelajaran yang melibatkan keterpaduan antar bidang studi di SD.
|
PO - 4 |
CPMK-4 Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, inklusif dan adaptif melalui refleksi diri dan simulasi pembelajaran yang berorientasi pada keberagaman peserta didik.
|
PO - 5 |
CPMK-5 Mahasiswa mampu menganalisis dan mengidentifikasi masalah pembelajaran yang melibatkan keterpaduan antar bidang studi di SD
|
PO - 6 |
CPMK-6 Mahasiswa mampu merancang pembelajaran SD yang kontekstual dengan mengintegrasikan TIK dan kearifan lokal sesuai dengan karakteristik peserta didik.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-2 | PLO-9 | PLO-10 | | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | ✔ | | | | PO-3 | | ✔ | | | PO-4 | | ✔ | | | PO-5 | | | ✔ | | PO-6 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji proses pembelajaran PPKn SD mulai dari merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Materi perkuliahan membahas tujuan pembelajaran PPKn di SD, peta kurikulum mata pelajaran PKKn SD , karakteristik pembelajaran PPKn di SD kelas awal dan kelas lanjut, membuat perangkat pembelajaran PPKn SD, merancang alat evaluasi pembelajaran PPKn SD dan mempraktekkan pola pembelajaran PPKn SD melalui serangkaian proses perkuliahan yang sistematis
Mata kuliah ini masuk dalam SDGs 4,5, 10 , anti korupsi dan napza. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Abdul, Azis Wahab. 1997.PendidikanPancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).Jakarta: BP3 SD Diknas
- Permendiknas No. 22 Tahun 2005Tentang Standar Isi Mata Pelajaran
- Ruminiati. 2007.PengembanganPendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Ditjen Dikti Depdiknas.
- Fadillah, M. 2014.lImplementasiKurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta:Ar Ruzz Media
- Sani, Ridwan Abdullah. 2014.Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta:PT Bumi Aksara
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mengetahui informasi mengenai mata kuliah pembelajaran PPKn di SD dan capaian pembelajaran mata kuliah |
- Mahasiswa memahami deskripsi Mata Kuliah
- Mahasiswa memahami CPMK
- Mahasiswa memahami kontrak perkuliahan
- Mahasiswa memahami sistem perkuliahan tugas-tugas dan sistem penilaian
|
Kriteria:
- Skor maksimum kehadiran 60
- Skor maksimum partisipasi 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah,
tanya iawab dan Diskusi 3x50 |
|
|
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mengetahui tujuan mata pelajaran PPKn di SD |
- Menjelaskan alasan PKn dimasukkan dalam kurikulum SD
- Mahasiswa menjelaskan tujuan dari mata pelajaran PPKn di SD
- Mahasiswa menjelaskan kompetensi akhir dari pelajaran PPKn SD
|
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Tanya Jawab dan Diskusi 3x50 |
|
Materi: Konsep Dasar Pustaka: Abdul, Azis Wahab. 1997.PendidikanPancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).Jakarta: BP3 SD Diknas |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa memahami peta kurikulum mata pelajaran PPKn yang digunakan di Sekolah Dasar |
- Mahasiswa mampu mengetahui kurikulum yang digunakan di Sekolah Dasar
- Mahasiswa mampu mengetahui ruang lingkup materi PPKn SD
- Mahasiswa mampu memetakan materi PPKn pada setiap jenjang pendidikan SD
|
Kriteria:
- Skor maksimum kehadiran 60
- Skor maksimum partisipasi 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kooperative
tipe Jigsaw
Studi literatur
Tanya jawab 3x50 |
|
Materi: Konsep Dasar Pustaka: Ruminiati. 2007.PengembanganPendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Ditjen Dikti Depdiknas. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mengetahui dan memahami karakteristik pembelajaran PPKn SD kelas awal |
- Mahasiswa mampu mengetahui karakteristik siswa SD kelas awal
- Mahasiswa mampu mengetahui karakteristik materi PPKn SD kelas awal
- Mahasiswa mampu memadukan karakteristik materi dan karakteristik siswa dengan mempertimbangkan gaya belajar anak
|
Kriteria:
Skor maksimum kehadiran 60 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah
bervariasi,
Tanya Jawab,
Diskusi 3x50 |
|
Materi: Konsep Dasar Pustaka: Ruminiati. 2007.PengembanganPendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Ditjen Dikti Depdiknas. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mengetahui dan memahami karakteristik pembelajaran PPKn kelas lanjut |
- Mahasiswa mampu mengetahui karakteristik siswa SD kelas lanjut
- Mahasiswa mampu mengetahui karakteristik materi PPKn SD kelas laniut
- Mahasiswa mampu memadukan karakteristik materi dan karakteristik siswa dengan mempertimbangkan gaya belajar anak
|
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah
bervariasi, Tanya Jawab, Diskusi 3x50 |
|
|
5% |
6
Minggu ke 6 |
|
|
|
|
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
|
|
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
|
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
|
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |