Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

ANALISIS INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

8500103010

T=3

P=0

ECTS=7.56

2

8 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




TIM MBKM




TIM MBKM




Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional.

PLO-6

Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang Pendidikan Jasmani dan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menghargai Nilai Etika dan Norma Akademik dalam Penyelesaian Tugas

PO - 2

Mengembangkan Teori dan Konsepsi Ilmiah dalam Pedagogi Olahraga Berdasarkan Pemikiran Kritis dan Kreatif

PO - 3

Menggunakan Kaidah Ilmiah dan Data untuk Menyelesaikan Masalah dalam Pedagogi Olahraga

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6
PO-1 
PO-2 
PO-3 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

1. Mampu memahami arti pedagogi olahraga 2. Mampu memahami perkembangan pedagogi olahraga di Indonesia dan Internasional 3. Mampu memahami fakta tentang PJOK di Indonesia

Pustaka

Utama :

  1. Tinning, Richard. 2010. Pedagogy and Human Movement: Theory, practice, research. NY: Routledge
  2. Schipper-van Veldhoven, N. 2017. Sports and physical education from a pedagogical perspective: a golden opportunity. The Netherlands: Windesheim
  3. Shane Pill. 2016. PPT Sport Education in Physical Education - APPEC-Shane-Pill.
  4. Grohom, George. 1993. AMTP Pedogogy Course Study Guides. Virginia: Human Kinetics Publishers
  5. Sugiyanto. 2001. Dimensi Kajian Ilmu Keolahraga. Sport Science, 2001 Vol 01 No 01
  6. UNESCO. 2014. World-wide Survey of School Physical Education: Final Report.
  7. Siedentop. 1983. Developing Teaching Skills in PE. CA: Myfield Publshing Company

Pendukung :

  1. Kemenpora. 2006. aporan Riset PDPJOI.

Dosen Pengampu

Prof. Drs. Suroto, M.A., Ph.D.

Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pendahuluan/ Pengenalan MK

Menguasai tentang karekteristik matakuliah

Kriteria:

keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi
2x50

Materi: Konsep umum pedagogi olahraga
Pustaka: Tinning, Richard. 2010. Pedagogy and Human Movement: Theory, practice, research. NY: Routledge
3%

2

Minggu ke 2

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan minimal 80% benar tentang: Pengertian Pedagogi Olahraga dan Pendidikan Jssmani
  2. Keterkaitan Pedagogi Olahraga, Kurikulum, Mengajar, Belajar, dan Tujuan/ Target Belajar

Menguasai Pengertian Pedagogi Olahraga dan Pendidikan Jssmani Keterkaitan Pedagogi Olahraga, Kurikulum, Mengajar, Belajar, dan Tujuan/ Target Belajar

Kriteria:

keaktifan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi
2x50

Materi: Pedagogi olahraga dalam pendidikan jasmani
Pustaka: Tinning, Richard. 2010. Pedagogy and Human Movement: Theory, practice, research. NY: Routledge
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat menjelaskan minimal 80% benar tentang: Perkembangan pedagogi olahraga di Indonesia dan Internasional

Menguasai Perkembangan pedagogi olahraga di Indonesia dan Internasional

Kriteria:

laporan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi
2x50

Materi: Perkembangan pedagogi olahraga di tingkat Internasional
Pustaka: Tinning, Richard. 2010. Pedagogy and Human Movement: Theory, practice, research. NY: Routledge

Materi: Perkembangan pedagogi olahraga di Indonesia
Pustaka: Sugiyanto. 2001. Dimensi Kajian Ilmu Keolahraga. Sport Science, 2001 Vol 01 No 01
3%

4

Minggu ke 4

Workshop

kegiatan workshop

Kriteria:

keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi
2x50

Materi: PDPJOI
Pustaka: Kemenpora. 2006. aporan Riset PDPJOI.
3%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa dapat menjelaskan minimal 80% benar tentang: Instrumen Observasi Sistematis

Memahami Metode dan Instrumen Observasi Sistematis Pembelajaran Pendidikan Jasmani

Kriteria:

keaktifan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Diskusi
2x50

Materi: observation
Pustaka: UNESCO. 2014. World-wide Survey of School Physical Education: Final Report.
3%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat menjelaskan minimal 80% benar tentang: Event Recording

Menguasai teknik observasi dg metode Event Recording

Kriteria:

workshop


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi
2x50

Materi: Praktik Event Recording dalam pembelajaran PJOK
Pustaka: Siedentop. 1983. Developing Teaching Skills in PE. CA: Myfield Publshing Company
3%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa dapat menjelaskan minimal 80% benar tentang: Event Recording

Menguasai teknik observasi dg metode Event Recording

Kriteria:

workshop


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi
2x50

Materi: Praktik Duration Recording dalam pembelajaran PJOK
Pustaka: Siedentop. 1983. Developing Teaching Skills in PE. CA: Myfield Publshing Company
3%

8

Minggu ke 8

Menyusun Publikasi Ilmiah yang Mengintegrasikan Nilai Humaniora dan Ilmu Pengetahuan

Ujian tengah semester

Kriteria:

keaktifan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
presentasi
2x50

Materi: Pedagody
Pustaka: Tinning, Richard. 2010. Pedagogy and Human Movement: Theory, practice, research. NY: Routledge
8%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa dapat menjelaskan minimal 80% benar tentang: keterkaitan variabel proses dan variabel produk

Mampu menjelaskan keterkaitan variabel proses dan variabel produk dalam PJOK

Kriteria:

keaktifan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi
2x50

Materi: Menilai keterkaitan variabel proses dan variabel produk PJOK
Pustaka: Siedentop. 1983. Developing Teaching Skills in PE. CA: Myfield Publshing Company
3%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa dapat menjelaskan minimal 80% benar tentang: Mengembangkan isi pembelajaran

Memahami teknik Mengembangkan isi pembelajaran

Kriteria:

keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi
2x50

Materi: Mengembangkan isi pembelajaran PJOK
Pustaka: Tinning, Richard. 2010. Pedagogy and Human Movement: Theory, practice, research. NY: Routledge
3%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa dapat menjelaskan minimal 80% benar tentang: Pemberian umpan balik

Memahami teknik Pemberian umpan balik

Kriteria:

keaktifan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi
2x50

Materi: pendidikan
Pustaka: UNESCO. 2014. World-wide Survey of School Physical Education: Final Report.
3%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa dapat menjelaskan minimal 80% benar tentang: Teknik Evaluasi Pembelajaran

Memahami teknik menilai efektivitas pembelajaran PJO

Kriteria:

keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Diskusi
2x50

Materi: Efektivitas mengajar PJOK
Pustaka: Tinning, Richard. 2010. Pedagogy and Human Movement: Theory, practice, research. NY: Routledge
3%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa dapat menjelaskan minimal 80% benar tentang: Indikator Efektivitas mengajar

Memahami proses penyusunan Perencanaan pembelajaran

Kriteria:

keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Diskusi
2x50

Materi: Perencanaan pembelajaran PJOK
Pustaka: Tinning, Richard. 2010. Pedagogy and Human Movement: Theory, practice, research. NY: Routledge
3%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa dapat menjelaskan minimal 80% benar tentang: lingkungan belajar dan pengelolaan kelas

Memahami cara Menciptakan lingkungan belajar dan pengelolaan kelas

Kriteria:

keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi
2x50

Materi: Menciptakan lingkungan belajar dan pengelolaan kelas PJOK
Pustaka: Tinning, Richard. 2010. Pedagogy and Human Movement: Theory, practice, research. NY: Routledge
3%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa dapat menjelaskan minimal 80% benar tentang: Aktivitas rutin

Memahami teknik mengembangkan Aktivitas rutin

Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Diskusi
2x50

Materi: Aktivitas rutin PJOK
Pustaka: Grohom, George. 1993. AMTP Pedogogy Course Study Guides. Virginia: Human Kinetics Publishers
3%

16

Minggu ke 16

UAs

Ujian akhir semester

Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Tertulis
2x50

Materi: UAS
Pustaka: Schipper-van Veldhoven, N. 2017. Sports and physical education from a pedagogical perspective: a golden opportunity. The Netherlands: Windesheim
50%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 37%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 28%
3. Tes 35%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.