
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
ANALISIS INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI |
8500103010 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=7.56 |
2 |
8 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
TIM MBKM
|
TIM MBKM
|
Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional. |
PLO-6 |
Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang Pendidikan Jasmani dan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menghargai Nilai Etika dan Norma Akademik dalam Penyelesaian Tugas
|
PO - 2 |
Mengembangkan Teori dan Konsepsi Ilmiah dalam Pedagogi Olahraga Berdasarkan Pemikiran Kritis dan Kreatif
|
PO - 3 |
Menggunakan Kaidah Ilmiah dan Data untuk Menyelesaikan Masalah dalam Pedagogi Olahraga
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | | ✔ | PO-3 | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | ✔ | | ✔ | | | ✔ | | | ✔ | ✔ | | PO-2 | | | | | ✔ | | ✔ | | | ✔ | | ✔ | ✔ | | | ✔ | PO-3 | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | ✔ | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
1. Mampu memahami arti pedagogi olahraga
2. Mampu memahami perkembangan pedagogi olahraga di Indonesia dan Internasional
3. Mampu memahami fakta tentang PJOK di Indonesia |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Tinning, Richard. 2010. Pedagogy and Human Movement: Theory, practice, research. NY: Routledge
- Schipper-van Veldhoven, N. 2017. Sports and physical education from a pedagogical perspective: a golden opportunity. The Netherlands: Windesheim
- Shane Pill. 2016. PPT Sport Education in Physical Education - APPEC-Shane-Pill.
- Grohom, George. 1993. AMTP Pedogogy Course Study Guides. Virginia: Human Kinetics Publishers
- Sugiyanto. 2001. Dimensi Kajian Ilmu Keolahraga. Sport Science, 2001 Vol 01 No 01
- UNESCO. 2014. World-wide Survey of School Physical Education: Final Report.
- Siedentop. 1983. Developing Teaching Skills in PE. CA: Myfield Publshing Company
|
Pendukung : |
|
- Kemenpora. 2006. aporan Riset PDPJOI.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Drs. Suroto, M.A., Ph.D. Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pendahuluan/ Pengenalan MK |
Menguasai tentang karekteristik matakuliah |
Kriteria:
keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi 2x50 |
|
Materi: Konsep umum pedagogi olahraga Pustaka: Tinning, Richard. 2010. Pedagogy and Human Movement: Theory, practice, research. NY: Routledge |
3% |
2
Minggu ke 2 |
- Mahasiswa dapat menjelaskan minimal 80% benar tentang: Pengertian Pedagogi Olahraga dan Pendidikan Jssmani
- Keterkaitan Pedagogi Olahraga, Kurikulum, Mengajar, Belajar, dan Tujuan/ Target Belajar
|
Menguasai Pengertian Pedagogi Olahraga dan Pendidikan Jssmani Keterkaitan Pedagogi Olahraga, Kurikulum, Mengajar, Belajar, dan Tujuan/ Target Belajar |
Kriteria:
keaktifan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi 2x50 |
|
Materi: Pedagogi olahraga dalam pendidikan jasmani Pustaka: Tinning, Richard. 2010. Pedagogy and Human Movement: Theory, practice, research. NY: Routledge |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat menjelaskan minimal 80% benar tentang: Perkembangan pedagogi olahraga di Indonesia dan Internasional |
Menguasai Perkembangan pedagogi olahraga di Indonesia dan Internasional |
Kriteria:
laporan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi 2x50 |
|
Materi: Perkembangan pedagogi olahraga di tingkat Internasional Pustaka: Tinning, Richard. 2010. Pedagogy and Human Movement: Theory, practice, research. NY: Routledge Materi: Perkembangan pedagogi olahraga di Indonesia Pustaka: Sugiyanto. 2001. Dimensi Kajian Ilmu Keolahraga. Sport Science, 2001 Vol 01 No 01 |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Workshop |
kegiatan workshop |
Kriteria:
keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi 2x50 |
|
Materi: PDPJOI Pustaka: Kemenpora. 2006. aporan Riset PDPJOI. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat menjelaskan minimal 80% benar tentang: Instrumen Observasi Sistematis |
Memahami Metode dan Instrumen Observasi Sistematis Pembelajaran Pendidikan Jasmani |
Kriteria:
keaktifan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Diskusi 2x50 |
|
Materi: observation Pustaka: UNESCO. 2014. World-wide Survey of School Physical Education: Final Report. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat menjelaskan minimal 80% benar tentang: Event Recording |
Menguasai teknik observasi dg metode Event Recording |
Kriteria:
workshop Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi 2x50 |
|
Materi: Praktik Event Recording dalam pembelajaran PJOK Pustaka: Siedentop. 1983. Developing Teaching Skills in PE. CA: Myfield Publshing Company |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapat menjelaskan minimal 80% benar tentang: Event Recording |
Menguasai teknik observasi dg metode Event Recording |
Kriteria:
workshop Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi 2x50 |
|
Materi: Praktik Duration Recording dalam pembelajaran PJOK Pustaka: Siedentop. 1983. Developing Teaching Skills in PE. CA: Myfield Publshing Company |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Menyusun Publikasi Ilmiah yang Mengintegrasikan Nilai Humaniora dan Ilmu Pengetahuan |
Ujian tengah semester |
Kriteria:
keaktifan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
presentasi 2x50 |
|
Materi: Pedagody Pustaka: Tinning, Richard. 2010. Pedagogy and Human Movement: Theory, practice, research. NY: Routledge |
8% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa dapat menjelaskan minimal 80% benar tentang: keterkaitan variabel proses dan variabel produk |
Mampu menjelaskan keterkaitan variabel proses dan variabel produk dalam PJOK |
Kriteria:
keaktifan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi 2x50 |
|
Materi: Menilai keterkaitan variabel proses dan variabel produk PJOK Pustaka: Siedentop. 1983. Developing Teaching Skills in PE. CA: Myfield Publshing Company |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa dapat menjelaskan minimal 80% benar tentang: Mengembangkan isi pembelajaran |
Memahami teknik Mengembangkan isi pembelajaran |
Kriteria:
keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi 2x50 |
|
Materi: Mengembangkan isi pembelajaran PJOK Pustaka: Tinning, Richard. 2010. Pedagogy and Human Movement: Theory, practice, research. NY: Routledge |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa dapat menjelaskan minimal 80% benar tentang: Pemberian umpan balik |
Memahami teknik Pemberian umpan balik |
Kriteria:
keaktifan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi 2x50 |
|
Materi: pendidikan Pustaka: UNESCO. 2014. World-wide Survey of School Physical Education: Final Report. |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa dapat menjelaskan minimal 80% benar tentang: Teknik Evaluasi Pembelajaran |
Memahami teknik menilai efektivitas pembelajaran PJO |
Kriteria:
keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Diskusi 2x50 |
|
Materi: Efektivitas mengajar PJOK Pustaka: Tinning, Richard. 2010. Pedagogy and Human Movement: Theory, practice, research. NY: Routledge |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat menjelaskan minimal 80% benar tentang: Indikator Efektivitas mengajar |
Memahami proses penyusunan Perencanaan pembelajaran |
Kriteria:
keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Diskusi 2x50 |
|
Materi: Perencanaan pembelajaran PJOK Pustaka: Tinning, Richard. 2010. Pedagogy and Human Movement: Theory, practice, research. NY: Routledge |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa dapat menjelaskan minimal 80% benar tentang: lingkungan belajar dan pengelolaan kelas |
Memahami cara Menciptakan lingkungan belajar dan pengelolaan kelas |
Kriteria:
keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi 2x50 |
|
Materi: Menciptakan lingkungan belajar dan pengelolaan kelas PJOK Pustaka: Tinning, Richard. 2010. Pedagogy and Human Movement: Theory, practice, research. NY: Routledge |
3% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa dapat menjelaskan minimal 80% benar tentang: Aktivitas rutin |
Memahami teknik mengembangkan Aktivitas rutin |
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Diskusi 2x50 |
|
Materi: Aktivitas rutin PJOK Pustaka: Grohom, George. 1993. AMTP Pedogogy Course Study Guides. Virginia: Human Kinetics Publishers |
3% |
16
Minggu ke 16 |
UAs |
Ujian akhir semester |
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Tertulis 2x50 |
|
Materi: UAS Pustaka: Schipper-van Veldhoven, N. 2017. Sports and physical education from a pedagogical perspective: a golden opportunity. The Netherlands: Windesheim |
50% |