Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

METODE MELATIH FISIK, TEKNIK, TAKTIK & MENTAL CABOR PENTATHLON, TRIATHLON

8520204576

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=1

P=0

ECTS=1.59

3

7 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasasiswa mampu menguasai konsep dasar dalam latihand an pertandingan triathlon

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4
PO-1    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Triathlon adalah olahraga yang melibatkan tiga disiplin utama: berenang, bersepeda, dan lari. Jika ada mata kuliah yang mencakup topik ini, mungkin akan melibatkan aspek-aspek seperti kebugaran fisik, perencanaan latihan, nutrisi olahraga, fisioterapi, dan manajemen kesehatan atlet. Siswa yang mengambil mata kuliah semacam itu mungkin akan memahami lebih dalam tentang persiapan fisik dan mental yang diperlukan untuk mengikuti atau berpartisipasi dalam triathlon.

Pustaka

Utama :

  1. Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself

Pendukung :

Dosen Pengampu

Fifit Yeti Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Bhekti Lestari, S.Pd., M.Kes.

Tri Setyo Utami, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu melakukan identifikasi tentang karakteristik aktivitas atlet pada olahraga triathlon

mahasiswa mengetahui konsep latihan dan pertandingan triathlon

Kriteria:

Pemahaman Konsep (A): Mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep kunci dengan jelas dan akurat. Menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori yang dipelajari. Mampu mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan situasi dunia nyata. Penerapan Pengetahuan (B): Mampu menerapkan konsep teori dalam konteks praktis atau studi kasus. Menunjukkan kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah menggunakan teori yang dipelajari. Kemampuan Analisis (C): Mampu melakukan analisis kritis terhadap teori-teori yang dipelajari. Mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dalam suatu teori dan memberikan evaluasi yang konstruktif. Partisipasi (D): Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas. Menunjukkan keterlibatan dalam kegiatan kelompok atau proyek terkait teori yang sedang dipelajari. Presentasi (E): Mampu menyajikan ide-ide dengan jelas dan terstruktur. Menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik dalam menyampaikan gagasan atau proyek terkait teori.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi

Materi: Teknik dasar
Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu melakukan identifikasi tentang karakteristik aktivitas atlet pada olahraga triathlon

mahasiswa mengetahui konsep latihan dan pertandingan triathlon

Kriteria:

Pemahaman Konsep (A): Mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep kunci dengan jelas dan akurat. Menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori yang dipelajari. Mampu mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan situasi dunia nyata. Penerapan Pengetahuan (B): Mampu menerapkan konsep teori dalam konteks praktis atau studi kasus. Menunjukkan kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah menggunakan teori yang dipelajari. Kemampuan Analisis (C): Mampu melakukan analisis kritis terhadap teori-teori yang dipelajari. Mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dalam suatu teori dan memberikan evaluasi yang konstruktif. Partisipasi (D): Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas. Menunjukkan keterlibatan dalam kegiatan kelompok atau proyek terkait teori yang sedang dipelajari. Presentasi (E): Mampu menyajikan ide-ide dengan jelas dan terstruktur. Menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik dalam menyampaikan gagasan atau proyek terkait teori.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi

Materi: Teknik dasar
Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu melakukan identifikasi tentang karakteristik aktivitas atlet pada olahraga triathlon

mahasiswa mengetahui konsep latihan dan pertandingan triathlon

Kriteria:

Pemahaman Konsep (A): Mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep kunci dengan jelas dan akurat. Menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori yang dipelajari. Mampu mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan situasi dunia nyata. Penerapan Pengetahuan (B): Mampu menerapkan konsep teori dalam konteks praktis atau studi kasus. Menunjukkan kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah menggunakan teori yang dipelajari. Kemampuan Analisis (C): Mampu melakukan analisis kritis terhadap teori-teori yang dipelajari. Mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dalam suatu teori dan memberikan evaluasi yang konstruktif. Partisipasi (D): Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas. Menunjukkan keterlibatan dalam kegiatan kelompok atau proyek terkait teori yang sedang dipelajari. Presentasi (E): Mampu menyajikan ide-ide dengan jelas dan terstruktur. Menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik dalam menyampaikan gagasan atau proyek terkait teori.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi

Materi: Teknik dasar
Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu melakukan identifikasi tentang karakteristik aktivitas atlet pada olahraga triathlon

mahasiswa mengetahui konsep latihan dan pertandingan triathlon

Kriteria:

Pemahaman Konsep (A): Mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep kunci dengan jelas dan akurat. Menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori yang dipelajari. Mampu mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan situasi dunia nyata. Penerapan Pengetahuan (B): Mampu menerapkan konsep teori dalam konteks praktis atau studi kasus. Menunjukkan kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah menggunakan teori yang dipelajari. Kemampuan Analisis (C): Mampu melakukan analisis kritis terhadap teori-teori yang dipelajari. Mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dalam suatu teori dan memberikan evaluasi yang konstruktif. Partisipasi (D): Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas. Menunjukkan keterlibatan dalam kegiatan kelompok atau proyek terkait teori yang sedang dipelajari. Presentasi (E): Mampu menyajikan ide-ide dengan jelas dan terstruktur. Menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik dalam menyampaikan gagasan atau proyek terkait teori.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Diskusi

Materi: Teknik dasar
Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa memahami pengembangan unsur kondisi fisik secara teortik dan dapat mengimplementasikannya dalam kegiatan praktik di lapangan

Mahasiswa memahami konsep pengembangan kondisi fisik untuk atlet triathlon

Kriteria:

Pemahaman Konsep (A): Mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep kunci dengan jelas dan akurat. Menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori yang dipelajari. Mampu mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan situasi dunia nyata. Penerapan Pengetahuan (B): Mampu menerapkan konsep teori dalam konteks praktis atau studi kasus. Menunjukkan kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah menggunakan teori yang dipelajari. Kemampuan Analisis (C): Mampu melakukan analisis kritis terhadap teori-teori yang dipelajari. Mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dalam suatu teori dan memberikan evaluasi yang konstruktif. Partisipasi (D): Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas. Menunjukkan keterlibatan dalam kegiatan kelompok atau proyek terkait teori yang sedang dipelajari. Presentasi (E): Mampu menyajikan ide-ide dengan jelas dan terstruktur. Menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik dalam menyampaikan gagasan atau proyek terkait teori.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi

Materi: dasar-dasar fisik atlet triathlon
Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa memahami pengembangan unsur kondisi fisik secara teortik dan dapat mengimplementasikannya dalam kegiatan praktik di lapangan

Mahasiswa memahami konsep pengembangan kondisi fisik untuk atlet triathlon

Kriteria:

Pemahaman Konsep (A): Mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep kunci dengan jelas dan akurat. Menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori yang dipelajari. Mampu mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan situasi dunia nyata. Penerapan Pengetahuan (B): Mampu menerapkan konsep teori dalam konteks praktis atau studi kasus. Menunjukkan kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah menggunakan teori yang dipelajari. Kemampuan Analisis (C): Mampu melakukan analisis kritis terhadap teori-teori yang dipelajari. Mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dalam suatu teori dan memberikan evaluasi yang konstruktif. Partisipasi (D): Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas. Menunjukkan keterlibatan dalam kegiatan kelompok atau proyek terkait teori yang sedang dipelajari. Presentasi (E): Mampu menyajikan ide-ide dengan jelas dan terstruktur. Menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik dalam menyampaikan gagasan atau proyek terkait teori.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi

Materi: dasar-dasar fisik atlet triathlon
Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa memahami pengembangan unsur kondisi fisik secara teortik dan dapat mengimplementasikannya dalam kegiatan praktik di lapangan

Mahasiswa memahami konsep pengembangan kondisi fisik untuk atlet triathlon

Kriteria:

Pemahaman Konsep (A): Mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep kunci dengan jelas dan akurat. Menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori yang dipelajari. Mampu mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan situasi dunia nyata. Penerapan Pengetahuan (B): Mampu menerapkan konsep teori dalam konteks praktis atau studi kasus. Menunjukkan kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah menggunakan teori yang dipelajari. Kemampuan Analisis (C): Mampu melakukan analisis kritis terhadap teori-teori yang dipelajari. Mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dalam suatu teori dan memberikan evaluasi yang konstruktif. Partisipasi (D): Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas. Menunjukkan keterlibatan dalam kegiatan kelompok atau proyek terkait teori yang sedang dipelajari. Presentasi (E): Mampu menyajikan ide-ide dengan jelas dan terstruktur. Menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik dalam menyampaikan gagasan atau proyek terkait teori.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi

Materi: dasar-dasar fisik atlet triathlon
Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
UTS

Materi: UTS
Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa memahami konsep pengembangan teknik dan taktik dalam pertandingan triathlon

Pemahaman Konsep (A): Mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep kunci dengan jelas dan akurat. Menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori yang dipelajari. Mampu mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan situasi dunia nyata. Penerapan Pengetahuan (B): Mampu menerapkan konsep teori dalam konteks praktis atau studi kasus. Menunjukkan kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah menggunakan teori yang dipelajari. Kemampuan Analisis (C): Mampu melakukan analisis kritis terhadap teori-teori yang dipelajari. Mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dalam suatu teori dan memberikan evaluasi yang konstruktif. Partisipasi (D): Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas. Menunjukkan keterlibatan dalam kegiatan kelompok atau proyek terkait teori yang sedang dipelajari. Presentasi (E): Mampu menyajikan ide-ide dengan jelas dan terstruktur. Menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik dalam menyampaikan gagasan atau proyek terkait teori.

Kriteria:

tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi

Materi: Teknik dan taktik dalam triathlon
Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa memahami konsep pengembangan teknik dan taktik dalam pertandingan triathlon

Pemahaman Konsep (A): Mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep kunci dengan jelas dan akurat. Menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori yang dipelajari. Mampu mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan situasi dunia nyata. Penerapan Pengetahuan (B): Mampu menerapkan konsep teori dalam konteks praktis atau studi kasus. Menunjukkan kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah menggunakan teori yang dipelajari. Kemampuan Analisis (C): Mampu melakukan analisis kritis terhadap teori-teori yang dipelajari. Mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dalam suatu teori dan memberikan evaluasi yang konstruktif. Partisipasi (D): Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas. Menunjukkan keterlibatan dalam kegiatan kelompok atau proyek terkait teori yang sedang dipelajari. Presentasi (E): Mampu menyajikan ide-ide dengan jelas dan terstruktur. Menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik dalam menyampaikan gagasan atau proyek terkait teori.

Kriteria:

tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi

Materi: Teknik dan taktik dalam triathlon
Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa memahami konsep pengembangan teknik dan taktik dalam pertandingan triathlon

Pemahaman Konsep (A): Mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep kunci dengan jelas dan akurat. Menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori yang dipelajari. Mampu mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan situasi dunia nyata. Penerapan Pengetahuan (B): Mampu menerapkan konsep teori dalam konteks praktis atau studi kasus. Menunjukkan kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah menggunakan teori yang dipelajari. Kemampuan Analisis (C): Mampu melakukan analisis kritis terhadap teori-teori yang dipelajari. Mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dalam suatu teori dan memberikan evaluasi yang konstruktif. Partisipasi (D): Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas. Menunjukkan keterlibatan dalam kegiatan kelompok atau proyek terkait teori yang sedang dipelajari. Presentasi (E): Mampu menyajikan ide-ide dengan jelas dan terstruktur. Menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik dalam menyampaikan gagasan atau proyek terkait teori.

Kriteria:

tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi

Materi: Teknik dan taktik dalam triathlon
Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa memahami konsep pengembangan teknik dan taktik dalam pertandingan triathlon

Pemahaman Konsep (A): Mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep kunci dengan jelas dan akurat. Menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori yang dipelajari. Mampu mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan situasi dunia nyata. Penerapan Pengetahuan (B): Mampu menerapkan konsep teori dalam konteks praktis atau studi kasus. Menunjukkan kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah menggunakan teori yang dipelajari. Kemampuan Analisis (C): Mampu melakukan analisis kritis terhadap teori-teori yang dipelajari. Mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dalam suatu teori dan memberikan evaluasi yang konstruktif. Partisipasi (D): Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas. Menunjukkan keterlibatan dalam kegiatan kelompok atau proyek terkait teori yang sedang dipelajari. Presentasi (E): Mampu menyajikan ide-ide dengan jelas dan terstruktur. Menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik dalam menyampaikan gagasan atau proyek terkait teori.

Kriteria:

tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi

Materi: Teknik dan taktik dalam triathlon
Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa dapat melakukan bentuk praktik di lapangan berdasarkan lesson plan yang sudah dibuat untuk satu sesi pembelajaran.

mahasiswa mampu mengaplikasikan lesson plan yang telah dibuat

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi

Materi: praktek latihan triathlon
Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa dapat melakukan bentuk praktik di lapangan berdasarkan lesson plan yang sudah dibuat untuk satu sesi pembelajaran.

mahasiswa mampu mengaplikasikan lesson plan yang telah dibuat

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi

Materi: praktek latihan triathlon
Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa dapat melakukan bentuk praktik di lapangan berdasarkan lesson plan yang sudah dibuat untuk satu sesi pembelajaran.

mahasiswa mampu mengaplikasikan lesson plan yang telah dibuat

Kriteria:

Tugas dan praktikum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi

Materi: praktek latihan triathlon
Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
UAS

Materi: UAS
Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself

Materi: Mahasiswa memahami tujuan materi
Pustaka:
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 75%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 2.5%
3. Penilaian Portofolio 2.5%
4. Penilaian Praktikum 2.5%
5. Praktik / Unjuk Kerja 12.5%
6. Tes 5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.