Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S1 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

ASESMEN PEMBELAJARAN

7320102168

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

15 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Tirta Firdaus Nuryananda




Tirta Firdaus Nuryananda




YOHANA WURI SATWIKA

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-5

Mampu mengembangkan teknik asesmen psikologi yang diperbolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi Indonesia

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan prinsip psikodiagnostik dalam merancang instrumen asesmen pembelajaran yang valid dan reliabel (C3)

PO - 2

Menganalisis kebutuhan asesmen pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik dan konteks pendidikan (C4)

PO - 3

Mengevaluasi kualitas instrumen asesmen pembelajaran berdasarkan standar psikometri dan kode etik psikologi (C5)

PO - 4

Menciptakan instrumen asesmen pembelajaran yang inovatif sesuai dengan perkembangan ilmu psikologi dan kebutuhan pendidikan (C6)

PO - 5

Menerapkan teknik kolaborasi dalam pengembangan asesmen pembelajaran bersama tim multidisiplin (C3)

PO - 6

Menganalisis tantangan dalam implementasi asesmen pembelajaran dan mengusulkan solusi adaptif (C4)

PO - 7

Mengevaluasi efektivitas asesmen pembelajaran dalam mendukung proses belajar sepanjang hayat (C5)

PO - 8

Menciptakan model asesmen pembelajaran yang inklusif untuk keberagaman peserta didik (C6)

PO - 9

Menganalisis dampak etis dari penerapan berbagai teknik asesmen pembelajaran dalam setting pendidikan (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-5
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8 
PO-9

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Asesmen Pembelajaran membahas konsep dasar, prinsip, dan teknik asesmen dalam konteks pembelajaran. Mahasiswa akan mempelajari berbagai metode pengukuran dan evaluasi hasil belajar, termasuk tes formal dan informal, observasi, serta portofolio. Tujuan mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman tentang perancangan, pelaksanaan, dan interpretasi hasil asesmen untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif. Ruang lingkup mencakup asesmen formatif dan sumatif, validitas dan reliabilitas instrumen, serta etika dalam asesmen pembelajaran. Mata kuliah ini relevan bagi mahasiswa Psikologi yang ingin memahami aplikasi asesmen dalam konteks pendidikan dan pengembangan individu.

Pustaka

Utama :

  1. Brookhart, S.M. & McMillan, J. H. (2020). Classroom Assesment and Educational Measurement - Application of Educational Measurement and Assessment. NY:Routledge
  2. Stiggins, R. J. (1998). Classroom Assessment for Student Success. Washington: National Education Association
  3. Black, P. & Wiliam, D. (2009) Developing the Theory of Formative Assessment. Educational Assessment, Evaluation and Accountability, 1(1)

Pendukung :

  1. Fernanda, D. P., & Darmawanti, I. (2021). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(9), 116-125.

Dosen Pengampu

TIRTA FIRDAUS NURYANANDA

MUHAMMAD FAKHRUDDIN AL-RAZI

Tirta Firdaus Nuryananda, M.Si.

Tirta Firdaus Nuryananda, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mahasiswa mampu membedakan konsep asesmen, pengukuran, dan evaluasi
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan tujuan asesmen dalam pendidikan
  1. Mahasiswa membedakan konsep asesmen, pengukuran, dan evaluasi dengan tepat seluruhnya
  2. Mahasiswa menjelaskan fungsi dan tujuan asesmen dengan tepat
Kriteria:

Aktivitas partisipatif sesuai dengan jumlah keaktifan yang ditandai dengan kartu partisipatif

Ceramah dan diskusi interaktif
100 menit
Diskusi online tentang contoh instrumen asesmen yang valid dan reliabel, LMS
Materi: Konsep dasar asesmen dalam pembelajaran
Pustaka: Brookhart, S.M. & McMillan, J. H. (2020). Classroom Assesment and Educational Measurement - Application of Educational Measurement and Assessment. NY:Routledge
0%

2

Minggu ke 2

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang etika dalam asesmen pembelajaran
  2. Validitas, reliabilitas, dan uji coba sederhana dalam asesmen
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan dampak etis dari pengukuran
  2. mahasiswa mampu menjelaskan validitas dan reliabilitas
Kriteria:

Aktivitas partisipatif sesuai dengan jumlah keaktifan yang ditandai dengan kartu partisipatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi interaktif
100 menit

Materi: Konsep dasar asesmen dalam pembelajaran
Pustaka: Brookhart, S.M. & McMillan, J. H. (2020). Classroom Assesment and Educational Measurement - Application of Educational Measurement and Assessment. NY:Routledge

Materi: Asesmen dan prinsip psikodiagnostik dalam pendidikan
Pustaka: Brookhart, S.M. & McMillan, J. H. (2020). Classroom Assesment and Educational Measurement - Application of Educational Measurement and Assessment. NY:Routledge
0%

3

Minggu ke 3

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang klasifikasi asesmen berdasarkan waktu ujian (Azwar), tujuan instruksional (Cronbach), berdasarkan domain (Bloom), dan berdasarkan teknik (tulis, lisan, portfolio, dan kinerja)
  2. Identifikasi kebutuhan asesmen

Mahasiswa mampu mengklasifikasikan berbagai jenis asesmen

Kriteria:

Aktivitas partisipatif sesuai dengan jumlah keaktifan yang ditandai dengan kartu partisipatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi interaktif
100 menit

Materi: Konsep dasar asesmen dalam pembelajaran
Pustaka: Brookhart, S.M. & McMillan, J. H. (2020). Classroom Assesment and Educational Measurement - Application of Educational Measurement and Assessment. NY:Routledge

Materi: Klasifikasi asesmen
Pustaka: Fernanda, D. P., & Darmawanti, I. (2021). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(9), 116-125.
0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa memahami kecenderungan kurikulum di sekolah

Mahasiswa mampu mengaitkan konsep asesmen dengan kondisi kurikulum di dunia pendidikan Indonesia

Kriteria:

Aktivitas partisipatif sesuai dengan jumlah keaktifan yang ditandai dengan kartu partisipatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi interaktif
100 menit

Materi: Asesmen dalam konteks kurikulum
Pustaka: Black, P. & Wiliam, D. (2009) Developing the Theory of Formative Assessment. Educational Assessment, Evaluation and Accountability, 1(1)
0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami tujuan dan indikator asesmen dalam rangka pembelajaran psikomotor

Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan dan indikator asesmen dalam rangka pembelajaran psikomotor

Kriteria:

Aktivitas partisipatif sesuai dengan jumlah keaktifan yang ditandai dengan kartu partisipatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi interaktif
100 menit

Materi: Tujuan dan indikator asesmen pembelajaran ranah psikomotor
Pustaka: Brookhart, S.M. & McMillan, J. H. (2020). Classroom Assesment and Educational Measurement - Application of Educational Measurement and Assessment. NY:Routledge
0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu membuat kerangka asesmen pembelajaran psikomotor

Mahasiswa mempresentasikan secara singkat tentang kerangka asesmen pembelajaran psikomotor

Kriteria:

Aktivitas partisipatif sesuai dengan jumlah keaktifan yang ditandai dengan kartu partisipatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi interaktif
100 menit

Materi: Perancangan asesmen pembelajaran psikomotor
Pustaka: Stiggins, R. J. (1998). Classroom Assessment for Student Success. Washington: National Education Association
0%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu mengevaluasi kualitas asesmen psikomotor setelah melakukan simulasi sederhana

Mahasiswa mampu mengevaluasi asesmen psikomotor yang telah dibuat

Kriteria:
  1. Aktivitas partisipatif sesuai dengan jumlah keaktifan yang ditandai dengan kartu partisipatif
  2. Melakukan konsultasi kemajuan proyek dengan progress hingga sebelum ambil data

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi interaktif dan konsultasi kemajuan proyek
100 menit

Materi: Simulasi asesmen pembelajaran psikomotor
Pustaka: Black, P. & Wiliam, D. (2009) Developing the Theory of Formative Assessment. Educational Assessment, Evaluation and Accountability, 1(1)
10%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu membuat asesmen psikomotor

  1. Mahasiswa mampu membuat asesmen psikomotor secara tepat guna
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan asesmen psikomotor yang telah dibuat dengan baik
Kriteria:
  1. Kualitas proyek asesmen psikomotor
  2. Mempresentasikan proyek asesmen psikomotor

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pengumpulan tugas dan presentasi
100 menit

Materi: Pengumpulan tugas proyek asesmen psikomotor
Pustaka: Brookhart, S.M. & McMillan, J. H. (2020). Classroom Assesment and Educational Measurement - Application of Educational Measurement and Assessment. NY:Routledge
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan dan indikator asesmen pembelajaran ranah kognitif

Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan dan indikator asesmen dalam rangka pembelajaran psikomotor

Kriteria:

Aktivitas partisipatif sesuai dengan jumlah keaktifan yang ditandai dengan kartu partisipatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan diskusi interaktif
100 menit

Materi: Tujuan dan indikator asesmen pembelajaran ranah kognitif
Pustaka: Stiggins, R. J. (1998). Classroom Assessment for Student Success. Washington: National Education Association
0%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu merancang asesmen pembelajaran kognitif

Mahasiswa mempresentasikan secara singkat tentang kerangka asesmen pembelajaran kognitif

Kriteria:

Aktivitas partisipatif sesuai dengan jumlah keaktifan yang ditandai dengan kartu partisipatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan diskusi interaktif
100 menit

Materi: Perancangan asesmen pembelajaran kognitif
Pustaka: Stiggins, R. J. (1998). Classroom Assessment for Student Success. Washington: National Education Association
0%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu mengevaluasi kualitas asesmen kogntifi setelah melakukan simulasi sederhana

Mahasiswa mampu mengevaluasi asesmen kognitif yang telah dibuat

Kriteria:
  1. Aktivitas partisipatif sesuai dengan jumlah keaktifan yang ditandai dengan kartu partisipatif
  2. Melakukan konsultasi kemajuan proyek dengan progress hingga sebelum ambil data

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi interaktif
100 menit

Materi: Simulasi asesmen pembelajaran kognitif
Pustaka: Brookhart, S.M. & McMillan, J. H. (2020). Classroom Assesment and Educational Measurement - Application of Educational Measurement and Assessment. NY:Routledge
15%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu membuat asesmen kognitif

Mahasiswa mampu membuat asesmen kognitif secara tepat guna

Kriteria:
  1. Kualitas proyek asesmen pembelajaran kognitif
  2. Mahasiswa mempresentasikan hasil proyek asesmen kognitif dengan baik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pengumpulan tugas dan presentasi
100 menit

Materi: Pengumpulan tugas dan presentasi proyek asesmen kognitif
Pustaka: Brookhart, S.M. & McMillan, J. H. (2020). Classroom Assesment and Educational Measurement - Application of Educational Measurement and Assessment. NY:Routledge
20%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan dan indikator asesmen pembelajaran ranah afektif

Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan dan indikator asesmen dalam rangka pembelajaran psikomotor

Kriteria:

Aktivitas partisipatif sesuai dengan jumlah keaktifan yang ditandai dengan kartu partisipatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi interaktif
100 menit

Materi: Tujuan dan indikator asesmen pembelajaran ranah afektif
Pustaka: Brookhart, S.M. & McMillan, J. H. (2020). Classroom Assesment and Educational Measurement - Application of Educational Measurement and Assessment. NY:Routledge
0%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu merancang asesmen pembelajaran afektif

Mahasiswa mempresentasikan secara singkat tentang kerangka asesmen pembelajaran afektif

Kriteria:

Aktivitas partisipatif sesuai dengan jumlah keaktifan yang ditandai dengan kartu partisipatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi interaktif
100 menit

Materi: Merancang kerangka asesmen pembelajaran afektif
Pustaka: Black, P. & Wiliam, D. (2009) Developing the Theory of Formative Assessment. Educational Assessment, Evaluation and Accountability, 1(1)
0%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mengevaluasi kualitas asesmen afektif setelah melakukan simulasi sederhana

Mahasiswa mampu mengevaluasi asesmen afektif yang telah dibuat

Kriteria:
  1. Aktivitas partisipatif sesuai dengan jumlah keaktifan yang ditandai dengan kartu partisipatif
  2. Melakukan konsultasi kemajuan proyek dengan progress hingga sebelum ambil data

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi interaktif
100 menit

Materi: Simulasi asesmen pembelajaran afektif
Pustaka: Stiggins, R. J. (1998). Classroom Assessment for Student Success. Washington: National Education Association
15%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu membuat asesmen afektif

Mahasiswa mampu membuat asesmen kognitif secara tepat guna

Kriteria:
  1. Kualitas proyek asesmen afektif
  2. Mahasiswa mempresentasikan hasil proyek asesmen afektif dengan baik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pengumpulan tugas dan presentasi
100 menit

Materi: Pengumpulan dan presentasi tugas proyek pembelajaran afektif
Pustaka: Brookhart, S.M. & McMillan, J. H. (2020). Classroom Assesment and Educational Measurement - Application of Educational Measurement and Assessment. NY:Routledge
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 40%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 60%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.