
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S1 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
ASESMEN PEMBELAJARAN |
7320102168 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
5 |
15 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Tirta Firdaus Nuryananda
|
Tirta Firdaus Nuryananda
|
YOHANA WURI SATWIKA |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-5 |
Mampu mengembangkan teknik asesmen psikologi yang diperbolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi Indonesia |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan prinsip psikodiagnostik dalam merancang instrumen asesmen pembelajaran yang valid dan reliabel (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis kebutuhan asesmen pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik dan konteks pendidikan (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi kualitas instrumen asesmen pembelajaran berdasarkan standar psikometri dan kode etik psikologi (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan instrumen asesmen pembelajaran yang inovatif sesuai dengan perkembangan ilmu psikologi dan kebutuhan pendidikan (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan teknik kolaborasi dalam pengembangan asesmen pembelajaran bersama tim multidisiplin (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis tantangan dalam implementasi asesmen pembelajaran dan mengusulkan solusi adaptif (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi efektivitas asesmen pembelajaran dalam mendukung proses belajar sepanjang hayat (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan model asesmen pembelajaran yang inklusif untuk keberagaman peserta didik (C6)
|
PO - 9 |
Menganalisis dampak etis dari penerapan berbagai teknik asesmen pembelajaran dalam setting pendidikan (C4)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-5 | PO-1 | | ✔ | PO-2 | | ✔ | PO-3 | | ✔ | PO-4 | | ✔ | PO-5 | ✔ | | PO-6 | ✔ | | PO-7 | ✔ | | PO-8 | ✔ | | PO-9 | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | | ✔ | | ✔ | | ✔ | | ✔ | | ✔ | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | ✔ | | | | ✔ | | | | ✔ | | PO-8 | | | | | ✔ | | | | ✔ | | | | ✔ | | | | PO-9 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Asesmen Pembelajaran membahas konsep dasar, prinsip, dan teknik asesmen dalam konteks pembelajaran. Mahasiswa akan mempelajari berbagai metode pengukuran dan evaluasi hasil belajar, termasuk tes formal dan informal, observasi, serta portofolio. Tujuan mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman tentang perancangan, pelaksanaan, dan interpretasi hasil asesmen untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif. Ruang lingkup mencakup asesmen formatif dan sumatif, validitas dan reliabilitas instrumen, serta etika dalam asesmen pembelajaran. Mata kuliah ini relevan bagi mahasiswa Psikologi yang ingin memahami aplikasi asesmen dalam konteks pendidikan dan pengembangan individu. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Brookhart, S.M. & McMillan, J. H. (2020). Classroom Assesment and Educational Measurement - Application of Educational Measurement and Assessment. NY:Routledge
- Stiggins, R. J. (1998). Classroom Assessment for Student Success. Washington: National Education Association
- Black, P. & Wiliam, D. (2009) Developing the Theory of Formative Assessment. Educational Assessment, Evaluation and Accountability, 1(1)
|
Pendukung : |
|
- Fernanda, D. P., & Darmawanti, I. (2021). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(9), 116-125.
|
Dosen Pengampu
|
TIRTA FIRDAUS NURYANANDA MUHAMMAD FAKHRUDDIN AL-RAZI Tirta Firdaus Nuryananda, M.Si. Tirta Firdaus Nuryananda, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mahasiswa mampu membedakan konsep asesmen, pengukuran, dan evaluasi
- Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan tujuan asesmen dalam pendidikan
|
- Mahasiswa membedakan konsep asesmen, pengukuran, dan evaluasi dengan tepat seluruhnya
- Mahasiswa menjelaskan fungsi dan tujuan asesmen dengan tepat
|
Kriteria:
Aktivitas partisipatif sesuai dengan jumlah keaktifan yang ditandai dengan kartu partisipatif |
Ceramah dan diskusi interaktif 100 menit |
Diskusi online tentang contoh instrumen asesmen yang valid dan reliabel, LMS
|
Materi: Konsep dasar asesmen dalam pembelajaran Pustaka: Brookhart, S.M. & McMillan, J. H. (2020). Classroom Assesment and Educational Measurement - Application of Educational Measurement and Assessment. NY:Routledge |
0% |
2
Minggu ke 2 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan tentang etika dalam asesmen pembelajaran
- Validitas, reliabilitas, dan uji coba sederhana dalam asesmen
|
- Mahasiswa mampu menjelaskan dampak etis dari pengukuran
- mahasiswa mampu menjelaskan validitas dan reliabilitas
|
Kriteria:
Aktivitas partisipatif sesuai dengan jumlah keaktifan yang ditandai dengan kartu partisipatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi interaktif 100 menit |
|
Materi: Konsep dasar asesmen dalam pembelajaran Pustaka: Brookhart, S.M. & McMillan, J. H. (2020). Classroom Assesment and Educational Measurement - Application of Educational Measurement and Assessment. NY:Routledge Materi: Asesmen dan prinsip psikodiagnostik dalam pendidikan Pustaka: Brookhart, S.M. & McMillan, J. H. (2020). Classroom Assesment and Educational Measurement - Application of Educational Measurement and Assessment. NY:Routledge |
0% |
3
Minggu ke 3 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan tentang klasifikasi asesmen berdasarkan waktu ujian (Azwar), tujuan instruksional (Cronbach), berdasarkan domain (Bloom), dan berdasarkan teknik (tulis, lisan, portfolio, dan kinerja)
- Identifikasi kebutuhan asesmen
|
Mahasiswa mampu mengklasifikasikan berbagai jenis asesmen |
Kriteria:
Aktivitas partisipatif sesuai dengan jumlah keaktifan yang ditandai dengan kartu partisipatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi interaktif 100 menit |
|
Materi: Konsep dasar asesmen dalam pembelajaran Pustaka: Brookhart, S.M. & McMillan, J. H. (2020). Classroom Assesment and Educational Measurement - Application of Educational Measurement and Assessment. NY:Routledge Materi: Klasifikasi asesmen Pustaka: Fernanda, D. P., & Darmawanti, I. (2021). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(9), 116-125. |
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa memahami kecenderungan kurikulum di sekolah |
Mahasiswa mampu mengaitkan konsep asesmen dengan kondisi kurikulum di dunia pendidikan Indonesia |
Kriteria:
Aktivitas partisipatif sesuai dengan jumlah keaktifan yang ditandai dengan kartu partisipatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi interaktif 100 menit |
|
Materi: Asesmen dalam konteks kurikulum Pustaka: Black, P. & Wiliam, D. (2009) Developing the Theory of Formative Assessment. Educational Assessment, Evaluation and Accountability, 1(1) |
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami tujuan dan indikator asesmen dalam rangka pembelajaran psikomotor |
Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan dan indikator asesmen dalam rangka pembelajaran psikomotor |
Kriteria:
Aktivitas partisipatif sesuai dengan jumlah keaktifan yang ditandai dengan kartu partisipatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi interaktif 100 menit |
|
Materi: Tujuan dan indikator asesmen pembelajaran ranah psikomotor Pustaka: Brookhart, S.M. & McMillan, J. H. (2020). Classroom Assesment and Educational Measurement - Application of Educational Measurement and Assessment. NY:Routledge |
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu membuat kerangka asesmen pembelajaran psikomotor |
Mahasiswa mempresentasikan secara singkat tentang kerangka asesmen pembelajaran psikomotor |
Kriteria:
Aktivitas partisipatif sesuai dengan jumlah keaktifan yang ditandai dengan kartu partisipatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi interaktif 100 menit |
|
Materi: Perancangan asesmen pembelajaran psikomotor Pustaka: Stiggins, R. J. (1998). Classroom Assessment for Student Success. Washington: National Education Association |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi kualitas asesmen psikomotor setelah melakukan simulasi sederhana |
Mahasiswa mampu mengevaluasi asesmen psikomotor yang telah dibuat |
Kriteria:
- Aktivitas partisipatif sesuai dengan jumlah keaktifan yang ditandai dengan kartu partisipatif
- Melakukan konsultasi kemajuan proyek dengan progress hingga sebelum ambil data
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi interaktif dan konsultasi kemajuan proyek 100 menit |
|
Materi: Simulasi asesmen pembelajaran psikomotor Pustaka: Black, P. & Wiliam, D. (2009) Developing the Theory of Formative Assessment. Educational Assessment, Evaluation and Accountability, 1(1) |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu membuat asesmen psikomotor |
- Mahasiswa mampu membuat asesmen psikomotor secara tepat guna
- Mahasiswa mampu mempresentasikan asesmen psikomotor yang telah dibuat dengan baik
|
Kriteria:
- Kualitas proyek asesmen psikomotor
- Mempresentasikan proyek asesmen psikomotor
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pengumpulan tugas dan presentasi 100 menit |
|
Materi: Pengumpulan tugas proyek asesmen psikomotor Pustaka: Brookhart, S.M. & McMillan, J. H. (2020). Classroom Assesment and Educational Measurement - Application of Educational Measurement and Assessment. NY:Routledge |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan dan indikator asesmen pembelajaran ranah kognitif |
Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan dan indikator asesmen dalam rangka pembelajaran psikomotor |
Kriteria:
Aktivitas partisipatif sesuai dengan jumlah keaktifan yang ditandai dengan kartu partisipatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan diskusi interaktif 100 menit |
|
Materi: Tujuan dan indikator asesmen pembelajaran ranah kognitif Pustaka: Stiggins, R. J. (1998). Classroom Assessment for Student Success. Washington: National Education Association |
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu merancang asesmen pembelajaran kognitif |
Mahasiswa mempresentasikan secara singkat tentang kerangka asesmen pembelajaran kognitif |
Kriteria:
Aktivitas partisipatif sesuai dengan jumlah keaktifan yang ditandai dengan kartu partisipatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan diskusi interaktif 100 menit |
|
Materi: Perancangan asesmen pembelajaran kognitif Pustaka: Stiggins, R. J. (1998). Classroom Assessment for Student Success. Washington: National Education Association |
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi kualitas asesmen kogntifi setelah melakukan simulasi sederhana |
Mahasiswa mampu mengevaluasi asesmen kognitif yang telah dibuat |
Kriteria:
- Aktivitas partisipatif sesuai dengan jumlah keaktifan yang ditandai dengan kartu partisipatif
- Melakukan konsultasi kemajuan proyek dengan progress hingga sebelum ambil data
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi interaktif 100 menit |
|
Materi: Simulasi asesmen pembelajaran kognitif Pustaka: Brookhart, S.M. & McMillan, J. H. (2020). Classroom Assesment and Educational Measurement - Application of Educational Measurement and Assessment. NY:Routledge |
15% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu membuat asesmen kognitif |
Mahasiswa mampu membuat asesmen kognitif secara tepat guna |
Kriteria:
- Kualitas proyek asesmen pembelajaran kognitif
- Mahasiswa mempresentasikan hasil proyek asesmen kognitif dengan baik
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pengumpulan tugas dan presentasi 100 menit |
|
Materi: Pengumpulan tugas dan presentasi proyek asesmen kognitif Pustaka: Brookhart, S.M. & McMillan, J. H. (2020). Classroom Assesment and Educational Measurement - Application of Educational Measurement and Assessment. NY:Routledge |
20% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan dan indikator asesmen pembelajaran ranah afektif |
Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan dan indikator asesmen dalam rangka pembelajaran psikomotor |
Kriteria:
Aktivitas partisipatif sesuai dengan jumlah keaktifan yang ditandai dengan kartu partisipatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi interaktif 100 menit |
|
Materi: Tujuan dan indikator asesmen pembelajaran ranah afektif Pustaka: Brookhart, S.M. & McMillan, J. H. (2020). Classroom Assesment and Educational Measurement - Application of Educational Measurement and Assessment. NY:Routledge |
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu merancang asesmen pembelajaran afektif |
Mahasiswa mempresentasikan secara singkat tentang kerangka asesmen pembelajaran afektif |
Kriteria:
Aktivitas partisipatif sesuai dengan jumlah keaktifan yang ditandai dengan kartu partisipatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi interaktif 100 menit |
|
Materi: Merancang kerangka asesmen pembelajaran afektif Pustaka: Black, P. & Wiliam, D. (2009) Developing the Theory of Formative Assessment. Educational Assessment, Evaluation and Accountability, 1(1) |
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi kualitas asesmen afektif setelah melakukan simulasi sederhana |
Mahasiswa mampu mengevaluasi asesmen afektif yang telah dibuat |
Kriteria:
- Aktivitas partisipatif sesuai dengan jumlah keaktifan yang ditandai dengan kartu partisipatif
- Melakukan konsultasi kemajuan proyek dengan progress hingga sebelum ambil data
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan diskusi interaktif 100 menit |
|
Materi: Simulasi asesmen pembelajaran afektif Pustaka: Stiggins, R. J. (1998). Classroom Assessment for Student Success. Washington: National Education Association |
15% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu membuat asesmen afektif |
Mahasiswa mampu membuat asesmen kognitif secara tepat guna |
Kriteria:
- Kualitas proyek asesmen afektif
- Mahasiswa mempresentasikan hasil proyek asesmen afektif dengan baik
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pengumpulan tugas dan presentasi 100 menit |
|
Materi: Pengumpulan dan presentasi tugas proyek pembelajaran afektif Pustaka: Brookhart, S.M. & McMillan, J. H. (2020). Classroom Assesment and Educational Measurement - Application of Educational Measurement and Assessment. NY:Routledge |
20% |