Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

ANALISIS PERFORMA ATLET CABANG OLAHRAGA TAE KWON DO

8520204742

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=2

ECTS=6.36

5

3 November 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




MUHAMMAD

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-6

Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif.

PLO-7

Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang bisnis dalam industri olahraga, serta mengembangkan ide-ide bisnis yang inovatif.

PLO-8

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi.

PLO-9

Bertanggung jawab secara profesional terhadap kinerja individu dan kelompok

PLO-12

Mampu menganalisis penampilan atlet dalam bidang olahraga

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menerapkan teknik dan strategi dasar Tae Kwon Do dalam situasi pertandingan yang sebenarnya (C3)

PO - 2

Menganalisis video pertandingan Tae Kwon Do untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan atlet (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas teknik serangan dan pertahanan dalam Tae Kwon Do berdasarkan kriteria teknis dan taktis (C5)

PO - 4

Merancang program latihan yang inovatif untuk meningkatkan performa atlet Tae Kwon Do (C6)

PO - 5

Menerapkan prinsip biomekanika untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas gerakan atlet Tae Kwon Do (C3)

PO - 6

Menganalisis dan mengevaluasi data kinerja atlet Tae Kwon Do untuk mengidentifikasi area yang memerlukan peningkatan (C4, C5)

PO - 7

Menciptakan metode pelatihan baru yang berfokus pada peningkatan spesifik kecepatan dan ketepatan dalam Tae Kwon Do (C6)

PO - 8

Menerapkan nilai-nilai etika dan sportivitas dalam pelatihan dan pertandingan Tae Kwon Do (C3)

PO - 9

Menganalisis dampak psikologis kompetisi pada atlet Tae Kwon Do dan mengembangkan strategi untuk mengelola stres kompetitif (C4)

PO - 10

Mengevaluasi dan mengintegrasikan teknologi terkini dalam pelatihan Tae Kwon Do untuk meningkatkan analisis dan pelaporan performa (C5)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-6PLO-7PLO-8PLO-9PLO-12
PO-1      
PO-2      
PO-3      
PO-4     
PO-5      
PO-6      
PO-7      
PO-8      
PO-9     
PO-10      

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Analisis Performa Atlet Cabang Olahraga Tae Kwon Do bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang teknik analisis performa atlet dalam cabang olahraga Tae Kwon Do. Mahasiswa akan mempelajari berbagai metode analisis performa atlet, termasuk pengukuran fisik, evaluasi teknik, strategi kompetisi, dan faktor psikologis yang memengaruhi performa atlet. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pembelajaran teori dan praktik, serta penerapan analisis performa atlet dalam konteks latihan dan kompetisi. Dengan demikian, mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan meningkatkan performa atlet Tae Kwon Do secara efektif.

Pustaka

Utama :

  1. Dewi, S. &. (2022). Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai dan Kecepatan dengan Kemampuan Montong Dollyo Chagi Atlet Taekwondo. Jurnal JPDO, 20-27.
  2. A. H. (2020). Jago Taekwondo . Satria Martial Arts.
  3. Makbul, M. (2021). Metode Pengumpulan Data dan Instrument Penelitian.

Pendukung :

Dosen Pengampu

DEWANGGA YUDHISTIRA

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menerapkan teknik dan strategi dasar Tae Kwon Do dalam situasi pertandingan yang sebenarnya

  1. Penggunaan teknik dasar Tae Kwon Do dengan tepat
  2. Penerapan strategi yang efektif dalam pertandingan
  3. Konsistensi dalam penerapan teknik dan strategi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Demonstrasi, Simulasi, Diskusi, Praktik langsung.
Penugasan online memungkinkan
Materi: Teknik dasar Tae Kwon Do, Strategi pertandingan Tae Kwon Do, Simulasi pertandingan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teknik dan strategi dasar Tae Kwon Do dengan baik dan tepat dalam situasi pertandingan yang sebenarnya.

  1. Kemampuan menerapkan teknik dasar Tae Kwon Do
  2. Kemampuan merencanakan strategi pertandingan
  3. Kemampuan beradaptasi dengan situasi pertandingan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Demonstrasi, Latihan, dan Simulasi.
Diskusi daring tentang penerapan teknik dan strategi Tae Kwon Do dalam pertandingan, Pengumpulan video demonstrasi penerapan teknik dasar Tae Kwon Do
Materi: Teknik dasar Tae Kwon Do, Strategi pertandingan Tae Kwon Do, Penerapan teknik dan strategi dalam situasi pertandingan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis video pertandingan Tae Kwon Do dengan baik untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan atlet.

  1. Teknik analisis video pertandingan Tae Kwon Do
  2. Kemampuan mengidentifikasi kekuatan atlet
  3. Kemampuan mengidentifikasi kelemahan atlet
Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Penugasan online memungkinkan. Mahasiswa diminta untuk menganalisis video pertandingan Tae Kwon Do secara mandiri dan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan atlet. Tugas dikumpulkan melalui LMS dalam bentuk laporan analisis.
Materi: Teknik analisis video pertandingan Tae Kwon Do, Strategi dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan atlet, Penerapan konsep analisis performa atlet
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis video pertandingan Tae Kwon Do untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan atlet.

  1. strategi pertahanan atlet
  2. teknik serangan atlet
  3. kemampuan adaptasi atlet
  4. konsistensi performa atlet
Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang analisis video pertandingan Tae Kwon Do untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan atlet
Materi: Konsep Analisis Performa Atlet, Teknik Identifikasi Kekuatan dan Kelemahan Atlet dari Video Pertandingan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi teknik serangan dan pertahanan dalam Tae Kwon Do berdasarkan kriteria teknis dan taktis dengan baik.

  1. Teknik evaluasi serangan
  2. Teknik evaluasi pertahanan
  3. Pemahaman kriteria teknis dan taktis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Diskusi, Demonstrasi, Studi Kasus.
Diskusi daring tentang evaluasi teknik serangan dan pertahanan dalam Tae Kwon Do, Membuat analisis tertulis tentang kriteria teknis dan taktis dalam Tae Kwon Do
Materi: Prinsip teknik serangan dan pertahanan Tae Kwon Do, Kriteria teknis dan taktis dalam evaluasi, Studi kasus performa atlet Tae Kwon Do
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu merancang program latihan inovatif yang dapat meningkatkan performa atlet Tae Kwon Do.

  1. Kemampuan merancang program latihan inovatif
  2. Kreativitas dalam merancang program latihan
  3. Relevansi program latihan dengan cabang olahraga Tae Kwon Do

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang ide program latihan inovatif yang akan dirancang
Materi: Prinsip-prinsip merancang program latihan inovatif, Studi kasus program latihan sukses dalam Tae Kwon Do, Teknik pengukuran performa atlet
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu merancang program latihan yang kreatif dan inovatif sesuai dengan kebutuhan atlet Tae Kwon Do.

  1. Kemampuan merancang program latihan inovatif
  2. Kreativitas dalam merancang program latihan
  3. Ketepatan dalam menyesuaikan program latihan dengan cabang olahraga

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Penugasan online memungkinkan dengan jenis tugas membuat proposal program latihan inovatif untuk atlet Tae Kwon Do.
Materi: Prinsip-prinsip dasar merancang program latihan atletik, Teknik-teknik inovatif dalam latihan Tae Kwon Do, Studi kasus program latihan sukses atlet Tae Kwon Do
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi penggunaan teknologi dalam pelatihan Tae Kwon Do, mengintegrasikan teknologi tersebut dalam analisis performa atlet, dan menyusun laporan performa yang komprehensif.

  1. Pemahaman konsep integrasi teknologi dalam pelatihan
  2. Kemampuan menganalisis data performa atlet dengan teknologi
  3. Kemampuan menyusun laporan performa atlet

Bentuk Penilaian :
Tes
Pembelajaran kolaboratif, diskusi interaktif, studi kasus.

Materi: Penggunaan teknologi dalam pelatihan Tae Kwon Do, Analisis data performa atlet dengan teknologi, Penyusunan laporan performa atlet
Pustaka: Handbook Perkuliahan
14%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip biomekanika dalam latihan dan kompetisi Tae Kwon Do untuk meningkatkan kinerja atlet.

  1. Penerapan prinsip biomekanika dalam gerakan atlet
  2. Peningkatan efisiensi gerakan atlet

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan simulasi gerakan.
Diskusi daring tentang penerapan prinsip biomekanika dalam gerakan Tae Kwon Do
Materi: Prinsip biomekanika dalam olahraga, Penerapan biomekanika dalam Tae Kwon Do, Studi kasus gerakan atlet
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis data kinerja atlet Tae Kwon Do dengan baik dan dapat mengevaluasi area yang memerlukan peningkatan untuk meningkatkan performa atlet secara efektif.

  1. Kemampuan menganalisis data kinerja atlet
  2. Kemampuan mengevaluasi area yang memerlukan peningkatan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang analisis data kinerja atlet Tae Kwon Do
Materi: Konsep Analisis Data Kinerja, Teknik Evaluasi Performa Atlet, Strategi Peningkatan Performa
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan metode pelatihan baru yang dapat meningkatkan kecepatan dan ketepatan dalam berlatih Tae Kwon Do.

  1. Kreativitas dalam merancang metode pelatihan
  2. Peningkatan kecepatan dan ketepatan atlet
  3. Keterampilan dalam mengaplikasikan metode pelatihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang ide metode pelatihan baru
Materi: Prinsip-prinsip dasar peningkatan kecepatan, Teknik latihan untuk meningkatkan ketepatan, Penerapan strategi pelatihan yang efektif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan nilai-nilai etika dan sportivitas dalam latihan dan pertandingan Tae Kwon Do.

  1. Sikap sportif dalam berlatih
  2. Penilaian etika dalam pertandingan
  3. Kepatuhan terhadap aturan dan kode etik Tae Kwon Do

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi kelompok dan studi kasus.
Diskusi daring tentang studi kasus pelanggaran etika dalam Tae Kwon Do
Materi: Etika dalam Tae Kwon Do, Sportivitas dalam kompetisi, Studi kasus pelanggaran etika
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dampak psikologis kompetisi pada atlet Tae Kwon Do dan mengembangkan strategi untuk mengelola stres kompetitif.

  1. Analisis dampak psikologis kompetisi
  2. Pengembangan strategi mengelola stres kompetitif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran kolaboratif, diskusi kelompok, studi kasus.
Diskusi daring tentang pengalaman mengelola stres kompetitif
Materi: Teori psikologi kompetisi, Strategi mengelola stres, Studi kasus atlet Tae Kwon Do
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dampak psikologis kompetisi pada atlet Tae Kwon Do, mengidentifikasi strategi untuk mengelola stres kompetitif, dan merancang rencana tindakan yang efektif.

  1. dampak psikologis kompetisi dipahami dengan baik
  2. strategi pengelolaan stres kompetitif teridentifikasi dengan jelas
  3. rencana tindakan untuk mengelola stres kompetitif disusun secara komprehensif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, studi kasus, dan simulasi situasi kompetitif..
Diskusi daring tentang dampak psikologis kompetisi pada atlet Tae Kwon Do dan strategi pengelolaan stres kompetitif.
Materi: Teori psikologis dalam olahraga kompetitif, Dampak stres kompetitif pada performa atlet, Strategi pengelolaan stres dalam situasi kompetisi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dan mengintegrasikan teknologi terkini dalam pelatihan Tae Kwon Do untuk meningkatkan analisis dan pelaporan performa atlet.

  1. Pemahaman konsep integrasi teknologi dalam pelatihan Tae Kwon Do
  2. Kemampuan menerapkan teknologi terkini dalam analisis performa atlet
  3. Kualitas laporan performa atlet yang ditingkatkan melalui teknologi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang penerapan teknologi dalam pelatihan Tae Kwon Do
Materi: Konsep integrasi teknologi dalam olahraga, Aplikasi teknologi terkini dalam pelatihan Tae Kwon Do, Analisis performa atlet menggunakan teknologi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dampak psikologis kompetisi pada atlet Tae Kwon Do, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi stres kompetitif, dan mengembangkan strategi untuk mengelola stres tersebut.

  1. dampak psikologis kompetisi pada atlet Tae Kwon Do
  2. strategi mengelola stres kompetitif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
.

Materi:
Pustaka: Handbook Perkuliahan
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 36.68%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 9.17%
3. Penilaian Portofolio 7.51%
4. Praktik / Unjuk Kerja 11.26%
5. Tes 34.42%
99.04%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.