Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Literasi Kepelatihan Olahraga

8520202707

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=1

ECTS=3.18

4

1 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Muhammad Labib Siena Ar Rasyid, S.Pd., M.Pd.




Bayu Agung Pramono, S.Pd., M.Kes.




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-8

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi.

PLO-10

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data

PLO-11

Menguasai konsep, teoritis dan praktis bidang kepelatihan dan kependidikan olahraga

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami konsep etika dan fair play dalam kepelatihan dan olahraga

PO - 2

Mahasiswa mampu mengeksplorasi tren terkini dalam kepelatihan olahraga serta tantangan yang dihadapi oleh pelatih di era digital dan profesionalisme

PO - 3

Mahasiswa mampu memahami peran teknologi dan proses integrasinya dalam program latihan

PO - 4

Mahasiswa mampu memahami kebijakan-kebijakan olahraga terkini

PO - 5

Mahasiswa mampu mengimplementasikan temuan ilmiah dalam kepelatihan olahraga

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-8PLO-10PLO-11
PO-1 
PO-2   
PO-3    
PO-4    
PO-5    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Literasi Kepelatihan Olahraga dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam mengenai aspek-aspek literasi yang relevan dan kontekstual dalam dunia kepelatihan olahraga modern. Cakupan materi meliputi pemahaman tentang konsep etika dan fair play, analisis terhadap tren dan tantangan terkini dalam kepelatihan di era digital, integrasi teknologi dalam program latihan, telaah terhadap kebijakan olahraga mutakhir, serta kemampuan mengimplementasikan temuan-temuan ilmiah dalam praktik kepelatihan. Melalui pendekatan diskusi kritis, studi kasus, dan telaah literatur ilmiah, mahasiswa diharapkan memiliki kesiapan literatif untuk menjadi pelatih yang adaptif, profesional, dan beretika tinggi sesuai tuntutan perkembangan zaman.

Pustaka

Utama :

  1. Simon, Robert L., Torres, Cesar R., Hager, Peter F. 2018. Fair Play: The Ethics of Sport. 4th edition. Routledge.
  2. Bednář, Miloš . 2024. The constitutive values of fair play. AUC Kinanthropologica. , Vol. 59, No. 2, pp. 79–92.
  3. Rahman, A., Karim, Zulakbal Abd., Nadzalan, Ali Md., Akbar, Amin. 2024. Challenges and Issues Encountered by Elite Coaches in Developing Student-Athletes at Malaysian Sports Schools. Retos. Vol. 56: 797-809.
  4. Bompa, Tudor O., Haff, Gregrory. 2018. Periodization: Theory and Methodology of Training. 5th edition. Human Kinetics.
  5. Torres-Ronda, Lorena ., Schelling, Xavi . 2017. Critical Process for the Implementation of Technology in Sport Organizations. Strength & Conditioning Journal. 39(6):1.
  6. Bayraktar, Işık., et al. 2023. The Use of Developing Technology in Sports. Özgür Yayın-Dağıtım Co. Ltd.
  7. Ma'mun, Amung., Mahendra, Agus. 2021. Sport and development in Indonesia. Sport policy in the Reformation era. Routledge.
  8. Mutohir, Toho C., Lutan, Rusli., Maksum, Ali., Kristiyanto, Agus., Akbar, Reesa. 2022. Laporan Nasional Sport Development Index Tahun 2021: Olahraga Untuk Investasi Pembangunan Manusia. Kemenpora RI.
  9. Mutohir, Toho C., Lutan, Rusli., Maksum, Ali., Kristiyanto, Agus., Akbar, Reesa. 2023. Laporan Indeks Pembangunan Olahraga Tahun 2023 Kebugaran Jasmani dan Generasi Emas 2045. Kemenpora RI.
  10. Jones, Ian. 2022. Research Methods for Sports Studies. Routledge: London.
  11. Atkinson, Michael. 2012. Key Concepts in Sport and Exercise Research Methods. SAGE Publications Ltd.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof.Dr. Imam Marsudi, M.Si.

Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Bayu Agung Pramono, S.Pd., M.Kes.

Yanuar Alfan Triardhana, S.Or., M.Kes.

Afif Dwi Nugraha, M.Pd.

Muhammad Labib Siena Ar Rasyid, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mahasiswa memahami definisi dan dasar-dasar etika dalam kepelatihan dan olahraga
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan penerapan nilai-nilai etika dalam pelatihan dan hubungan antar pelatih, atlet, serta staf lainnya
  1. Pemahaman definisi dan dasar-dasar etika dalam kepelatihan dan olahraga
  2. Kemampuan mahasiswa menjelaskan penerapan nilai-nilai etika dalam pelatihan
  3. Kemampuan mahasiswa menjelaskan konsep etika dalam hubungan antar pelatih, atlet, dan staf lainnya
Kriteria:
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan definisi dan dasar etika dalam kepelatihan dan olahraga
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan penerapan nilai etika dalam pelatihan
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep etika dalam hubungan antar pelatih, atlet, dan staf lainnya

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah
Diskusi
2x50 menit

Materi: Definisi dan dasar-dasar etika dalam kepelatihan dan olahraga
Pustaka: Simon, Robert L., Torres, Cesar R., Hager, Peter F. 2018. Fair Play: The Ethics of Sport. 4th edition. Routledge.

Materi: penerapan nilai-nilai etika dalam pelatihan dan hubungan antar pelatih, atlet, serta staf lainnya
Pustaka: Bednář, Miloš . 2024. The constitutive values of fair play. AUC Kinanthropologica. , Vol. 59, No. 2, pp. 79–92.
0%

2

Minggu ke 2

  1. Mahasiswa mampu menganalisis peran fair play dalam membentuk sikap mental atlet
  2. Mahasiswa mampu menilai kontribusi fair play dalam mengurangi konflik dan membangun karakter atlet yang positif
  1. Kemampuan menganalisis peran fair play dalam membentuk sikap mental atlet
  2. Kemampuan menilai kontribusi fair play dalam mengurangi konflik dan membangun karakter atlet yang positif
Kriteria:

Poin sempurna diperoleh jika mampu menganalisis peran fair play dalam membentuk sikap mental atlet dan kontribusinya dalam mengurangi konflik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah
Diskusi

Materi: Fair play dalam membentuk karakter atlet
Pustaka: Simon, Robert L., Torres, Cesar R., Hager, Peter F. 2018. Fair Play: The Ethics of Sport. 4th edition. Routledge.

Materi: Kontribusi aspek fair play dalam mengurangi konflik
Pustaka: Bednář, Miloš . 2024. The constitutive values of fair play. AUC Kinanthropologica. , Vol. 59, No. 2, pp. 79–92.
0%

3

Minggu ke 3

  1. Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis pelanggaran etika yang dapat terjadi dalam kepelatihan olahraga
  2. Mahasiswa mampu menganalisis cara-cara efektif dalam menangani pelanggaran etika di dunia kepelatihan olahraga
  1. Kemampuan memahami jenis-jenis pelanggaran etika
  2. Kemampuan menganalisis metode efektif dalam menangani pelanggaran etika
Kriteria:

Poin sempurna diperoleh jika mampu menjelaskan jenis-jenis pelanggaran etika dan metode yang efektif dalam menanganinya secara lengkap


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah
Diskusi
Case Study

Materi: Jenis pelanggaran etika dalam olahraga dan cara menanganinya
Pustaka: Simon, Robert L., Torres, Cesar R., Hager, Peter F. 2018. Fair Play: The Ethics of Sport. 4th edition. Routledge.

Materi: Strategi menangani pelanggaran etika
Pustaka: Bednář, Miloš . 2024. The constitutive values of fair play. AUC Kinanthropologica. , Vol. 59, No. 2, pp. 79–92.
5%

4

Minggu ke 4

  1. Mahasiswa mampu menyampaikan kasus nyata terkait pelanggaran etika dalam olahraga profesional
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi solusi dan tindakan yang tepat dalam menangani pelanggaran etika tersebut
  1. Kemampuan menyampaikan kasus nyata dengan topik yang ditentukan
  2. Kemampuan dalam mengidentifikasi solusi dan tindakan yang tepat guna menangani pelanggaran etika
Kriteria:

Poin sempurna diperoleh jika mahasiswa mampu menyampaikan kasus nyata pelanggaran etika beserta solusi dan tindakannya yang tepat secara lengkap dan jelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Case study

Materi: Pelanggaran etika dalam dunia olahraga profesional dan metode penanganan yang tepat
Pustaka: Simon, Robert L., Torres, Cesar R., Hager, Peter F. 2018. Fair Play: The Ethics of Sport. 4th edition. Routledge.
0%

5

Minggu ke 5

  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi tren terkini dalam kepelatihan olahraga, termasuk perkembangan teknologi, metodogi baru, dan pendekatan yang terintegrasi dalam pelatihan
  2. Mahasiswa mampu menganalisis tantangan yang dihadapi pelatih olahraga di era digital
  1. Kemampuan megidentifikasi tren terkini dalam kepelatihan olahraga
  2. Kemampuan menganalisis tantangan yang dihadapi pelatih olahraga di era digital

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Case study

Materi: Tren terkini di kepelatihan olahragaan dan tantangan yang dihadapi pelatih saat ini
Pustaka: Rahman, A., Karim, Zulakbal Abd., Nadzalan, Ali Md., Akbar, Amin. 2024. Challenges and Issues Encountered by Elite Coaches in Developing Student-Athletes at Malaysian Sports Schools. Retos. Vol. 56: 797-809.

Materi: pelatih olahraga saat ini
Pustaka: Bompa, Tudor O., Haff, Gregrory. 2018. Periodization: Theory and Methodology of Training. 5th edition. Human Kinetics.
0%

6

Minggu ke 6

  1. Mahasiswa mampu mengeksplorasi pelatihan yang efektif untuk membantu membentuk karakter dan performa atlet di masa depan dengan pendekatan holistik
  2. Mahasiswa mampu memahami metode yang tepat agar pelatih dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman
  1. Kemampuan mengeksplorasi pelatihan yang efektif dalam membangun karakter dan performa atlet
  2. Kemampuan memahami metode yang tepat bagi pelatih agar dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan
Kriteria:

Poin sempurna diperoleh jika mampu menyampaikan jawaban secara lengkap


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
case study
2x50 menit

Materi: Eksplorasi peran pelatih di masa kini dan masa mendatang
Pustaka: Rahman, A., Karim, Zulakbal Abd., Nadzalan, Ali Md., Akbar, Amin. 2024. Challenges and Issues Encountered by Elite Coaches in Developing Student-Athletes at Malaysian Sports Schools. Retos. Vol. 56: 797-809.
5%

7

Minggu ke 7

  1. Mahasiswa mampu mengetahui penggunaan aplikasi dan perangkat teknologi terkini di dunia kepelatihan olahraga
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi pemanfaatan data dari perangkat wearable untuk meningkatkan program latihan

Kemampuan menjelaskan teknologi apa saja yang dapat digunakan dan sedang berkembang di dunia kepelatihan olahraga

Kriteria:

Poin sempurna diperoleh jika mahasiswa mampu menjelaskan jenis teknologi yang dapat digunakan dan sedang berkembang di dunia kepelatihan secara lengkap dan jelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study
2x50 menit

Materi: Penggunaan teknologi di dunia kepelatihan
Pustaka: Bayraktar, Işık., et al. 2023. The Use of Developing Technology in Sports. Özgür Yayın-Dağıtım Co. Ltd.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menginvestigasi penggunaan aplikasi pelatihan berbasis teknologi dalam konteks latihan jarak jauh

Kemampuan mengeksplorasi penggunaan aplikasi pelatihan berbasis teknologi dalam konteks latihan jarak jauh secara lengkap

Kriteria:

Poin sempurna diperoleh jika mahasiswa mampu menjelaskan rangkaian penggunaan aplikasi pelatihan berbasis teknologi dalam konteks latihan jarak jauh secara lengkap


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi
2x50 menit

Materi: Aplikasi pelatihan berbasis teknologi untuk latihan jarak jauh
Pustaka: Bayraktar, Işık., et al. 2023. The Use of Developing Technology in Sports. Özgür Yayın-Dağıtım Co. Ltd.

Materi: Proses implementasi teknologi di olahraga
Pustaka: Torres-Ronda, Lorena ., Schelling, Xavi . 2017. Critical Process for the Implementation of Technology in Sport Organizations. Strength & Conditioning Journal. 39(6):1.
5%

9

Minggu ke 9

UTS

Kemampuan menjawab UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
2x50 menit

Materi: Etika dan fair play
Pustaka: Simon, Robert L., Torres, Cesar R., Hager, Peter F. 2018. Fair Play: The Ethics of Sport. 4th edition. Routledge.

Materi: Tantangan pelatih di masa kini dan masa depan
Pustaka: Rahman, A., Karim, Zulakbal Abd., Nadzalan, Ali Md., Akbar, Amin. 2024. Challenges and Issues Encountered by Elite Coaches in Developing Student-Athletes at Malaysian Sports Schools. Retos. Vol. 56: 797-809.

Materi: Penerapan teknologi olahraga
Pustaka: Bayraktar, Işık., et al. 2023. The Use of Developing Technology in Sports. Özgür Yayın-Dağıtım Co. Ltd.
10%

10

Minggu ke 10

  1. Mahasiswa mampu memahami definisi dan dimensi-dimensi Sport Development Index
  2. Mahasiswa mampu memahami perubahan pada tiap-tiap dimensi Sport Development Index di Indonesia dari tahun ke tahun

Kemampuan mahasiswa dalam memahami definisi dan dimensi sport development index dan perkembangannya dari tahun ke tahun

Kriteria:

Poin semakin tinggi jika mahasiswa mampu menjelaskan definisi dan dimensi sport development index beserta perkembangannya dari tahun ke tahun secara lengkap dan jelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi
2x50 menit

Materi: Definisi dan dimensi Sport Development Index (SDI)
Pustaka: Mutohir, Toho C., Lutan, Rusli., Maksum, Ali., Kristiyanto, Agus., Akbar, Reesa. 2022. Laporan Nasional Sport Development Index Tahun 2021: Olahraga Untuk Investasi Pembangunan Manusia. Kemenpora RI.

Materi: Perkembangan indeks pada tiap dimensi SDI dari tahun 2021-2023
Pustaka: Mutohir, Toho C., Lutan, Rusli., Maksum, Ali., Kristiyanto, Agus., Akbar, Reesa. 2023. Laporan Indeks Pembangunan Olahraga Tahun 2023 Kebugaran Jasmani dan Generasi Emas 2045. Kemenpora RI.
0%

11

Minggu ke 11

  1. Mahasiswa mampu memahami definisi kebijakan olahraga
  2. Mahasiswa mampu memahami kebijakan olahraga yang pernah diterapkan di Indonesia

Kemampuan mahasiswa dalam memahami definisi kebijakan olahraga dan macam-macam kebijakan olahraga di Indonesia

Kriteria:

Poin sempurna diperoleh jika mahasiswa mampu menjelaskan dengan jelas terkait definisi dan macam-macam kebijakan olahraga yang pernah diterapkan di Indonesia


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi
2x50 menit

Materi: Perkembangan olahraga di Indonesia ditinjau dari kebijakan yang pernah diterapkan
Pustaka: Ma'mun, Amung., Mahendra, Agus. 2021. Sport and development in Indonesia. Sport policy in the Reformation era. Routledge.
5%

12

Minggu ke 12

  1. Mahasiswa mampu menganalisis dan memberikan kritik pada kebijakan olahraga di Indonesia
  2. Mahasiswa mampu mengeksplorasi kebijakan olahraga yang dikaitkan dengan Sport Development Index

Kemampuan mahasiswa dalam menganalisis kebijakan olahraga dan mengkaitkannya dengan Sport Development Index

Kriteria:

Poin sempurna diperoleh jika mahasiswa mampu menjelaskan secara jelas dan lengkap terkait kebijakan olahraga di Indonesia dan kaitannya dengan Sport Development Index


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Case study

Materi: Sport development index
Pustaka: Mutohir, Toho C., Lutan, Rusli., Maksum, Ali., Kristiyanto, Agus., Akbar, Reesa. 2023. Laporan Indeks Pembangunan Olahraga Tahun 2023 Kebugaran Jasmani dan Generasi Emas 2045. Kemenpora RI.

Materi: Kebijakan olahraga di Indonesia
Pustaka: Ma'mun, Amung., Mahendra, Agus. 2021. Sport and development in Indonesia. Sport policy in the Reformation era. Routledge.
0%

13

Minggu ke 13

  1. Mahasiswa mampu memahami cara memilih jurnal ilmiah yang berkualitas dan dapat diterapkan dalam konteks kepelatihan
  2. Mahasiswa mampu mengetahui teknik dan sumber daya yang efektif untuk mencari jurnal ilmiah yang relevan dalam kepelatihan olahraga

Kemampuan mahasiswa dalam menguasai teknik menentukan sumber daya yang efektif dalam mencari jurnal yang tepat

Kriteria:

Poin sempurna diperoleh jika mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktikkan metode menentukan sumber daya yang efektif dalam mencari jurnal ilmiah yang tepat dalam konteks kepelatihan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, diskusi
2x50 menit

Materi: metode mencari jurnal ilmiah kepelatihan olahraga
Pustaka: Jones, Ian. 2022. Research Methods for Sports Studies. Routledge: London.
5%

14

Minggu ke 14

  1. Mahasiswa mampu menilai kualitas dan relevansi dari jurnal ilmiah kepelatihan olahraga yang telah ditemukan
  2. Mahasiswa mampu menginterpretasi temuan ilmiah dan menghubungkannya dengan praktik di lapangan
  1. Kemampuan mahasiswa dalam menilai kualitas dan relevansi jurnal ilmiah yang ditemukan
  2. Kemampuan mahasiswa dalam menginterpretasi temuan ilmiah dan menghubungkannya dengan praktik di lapangan
Kriteria:
  1. Poin sempurna diperoleh jika mahasiswa mampu menilai kualitas dan relevansi jurnal ilmiah yang ditemukan dengan lengkap dan jelas
  2. Poin sempurna diperoleh jika mahasiswa mampu menginterpretasi temuan ilmiah dan menghubungkannya dengan praktik di lapangan dengan jelas dan lengkap

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
case study
2x50 menit

Materi: Konsep kunci penelitian kepelatihan olahraga
Pustaka: Atkinson, Michael. 2012. Key Concepts in Sport and Exercise Research Methods. SAGE Publications Ltd.
5%

15

Minggu ke 15

  1. Mahasiswa mampu menyusun buku saku yang dapat digunakan pelatih untuk menerapkan temuan ilmiah dalam program pelatihan
  2. Mahasiswa mampu menyusun panduan praktis berbasis bukti yang dapat membantu pelatih dalam merancang dan mengadaptasi latihan untuk atlet mereka

Kemampuan mahasiswa dalam menyusun buku saku dan panduan praktis berbasis bukti yang dapat digunakan membantu pelatih

Kriteria:

Tingkat kualitas susunan buku dan panduan praktis berbasis bukti


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
case study
2x50 menit

Materi: Penyusunan kerangka teori penulisan ilmiah
Pustaka: Atkinson, Michael. 2012. Key Concepts in Sport and Exercise Research Methods. SAGE Publications Ltd.
10%

16

Minggu ke 16

UAS

Kemampuan mahasiswa menjawab UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS

Materi: Sport development index Indonesia
Pustaka: Mutohir, Toho C., Lutan, Rusli., Maksum, Ali., Kristiyanto, Agus., Akbar, Reesa. 2022. Laporan Nasional Sport Development Index Tahun 2021: Olahraga Untuk Investasi Pembangunan Manusia. Kemenpora RI.

Materi: implementasi temuan ilmiah dalam kepelatihan olahraga
Pustaka: Atkinson, Michael. 2012. Key Concepts in Sport and Exercise Research Methods. SAGE Publications Ltd.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 22.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 12.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 10%
4. Tes 30%
75%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.