
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Literasi Kepelatihan Olahraga |
8520202707 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=1 |
P=1 |
ECTS=3.18 |
4 |
1 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Muhammad Labib Siena Ar Rasyid, S.Pd., M.Pd.
|
Bayu Agung Pramono, S.Pd., M.Kes.
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-8 |
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi. |
PLO-10 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
PLO-11 |
Menguasai konsep, teoritis dan praktis bidang kepelatihan dan kependidikan olahraga |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami konsep etika dan fair play dalam kepelatihan dan olahraga
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengeksplorasi tren terkini dalam kepelatihan olahraga serta tantangan yang dihadapi oleh pelatih di era digital dan profesionalisme
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu memahami peran teknologi dan proses integrasinya dalam program latihan
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu memahami kebijakan-kebijakan olahraga terkini
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu mengimplementasikan temuan ilmiah dalam kepelatihan olahraga
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-8 | PLO-10 | PLO-11 | PO-1 | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | | | ✔ | | PO-3 | | | | ✔ | | PO-4 | | ✔ | | | | PO-5 | | | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Literasi Kepelatihan Olahraga dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam mengenai aspek-aspek literasi yang relevan dan kontekstual dalam dunia kepelatihan olahraga modern. Cakupan materi meliputi pemahaman tentang konsep etika dan fair play, analisis terhadap tren dan tantangan terkini dalam kepelatihan di era digital, integrasi teknologi dalam program latihan, telaah terhadap kebijakan olahraga mutakhir, serta kemampuan mengimplementasikan temuan-temuan ilmiah dalam praktik kepelatihan. Melalui pendekatan diskusi kritis, studi kasus, dan telaah literatur ilmiah, mahasiswa diharapkan memiliki kesiapan literatif untuk menjadi pelatih yang adaptif, profesional, dan beretika tinggi sesuai tuntutan perkembangan zaman. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Simon, Robert L., Torres, Cesar R., Hager, Peter F. 2018. Fair Play: The Ethics of Sport. 4th edition. Routledge.
- Bednář, Miloš . 2024. The constitutive values of fair play. AUC Kinanthropologica. , Vol. 59, No. 2, pp. 79–92.
- Rahman, A., Karim, Zulakbal Abd., Nadzalan, Ali Md., Akbar, Amin. 2024. Challenges and Issues Encountered by Elite Coaches in Developing Student-Athletes at Malaysian Sports Schools. Retos. Vol. 56: 797-809.
- Bompa, Tudor O., Haff, Gregrory. 2018. Periodization: Theory and Methodology of Training. 5th edition. Human Kinetics.
- Torres-Ronda, Lorena ., Schelling, Xavi . 2017. Critical Process for the Implementation of Technology in Sport Organizations. Strength & Conditioning Journal. 39(6):1.
- Bayraktar, Işık., et al. 2023. The Use of Developing Technology in Sports. Özgür Yayın-Dağıtım Co. Ltd.
- Ma'mun, Amung., Mahendra, Agus. 2021. Sport and development in Indonesia. Sport policy in the Reformation era. Routledge.
- Mutohir, Toho C., Lutan, Rusli., Maksum, Ali., Kristiyanto, Agus., Akbar, Reesa. 2022. Laporan Nasional Sport Development Index Tahun 2021: Olahraga Untuk Investasi Pembangunan Manusia. Kemenpora RI.
- Mutohir, Toho C., Lutan, Rusli., Maksum, Ali., Kristiyanto, Agus., Akbar, Reesa. 2023. Laporan Indeks Pembangunan Olahraga Tahun 2023 Kebugaran Jasmani dan Generasi Emas 2045. Kemenpora RI.
- Jones, Ian. 2022. Research Methods for Sports Studies. Routledge: London.
- Atkinson, Michael. 2012. Key Concepts in Sport and Exercise Research Methods. SAGE Publications Ltd.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof.Dr. Imam Marsudi, M.Si. Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. Bayu Agung Pramono, S.Pd., M.Kes. Yanuar Alfan Triardhana, S.Or., M.Kes. Afif Dwi Nugraha, M.Pd. Muhammad Labib Siena Ar Rasyid, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mahasiswa memahami definisi dan dasar-dasar etika dalam kepelatihan dan olahraga
- Mahasiswa mampu menjelaskan penerapan nilai-nilai etika dalam pelatihan dan hubungan antar pelatih, atlet, serta staf lainnya
|
- Pemahaman definisi dan dasar-dasar etika dalam kepelatihan dan olahraga
- Kemampuan mahasiswa menjelaskan penerapan nilai-nilai etika dalam pelatihan
- Kemampuan mahasiswa menjelaskan konsep etika dalam hubungan antar pelatih, atlet, dan staf lainnya
|
Kriteria:
- Mahasiswa mampu menjelaskan definisi dan dasar etika dalam kepelatihan dan olahraga
- Mahasiswa mampu menjelaskan penerapan nilai etika dalam pelatihan
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep etika dalam hubungan antar pelatih, atlet, dan staf lainnya
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah
Diskusi 2x50 menit |
|
Materi: Definisi dan dasar-dasar etika dalam kepelatihan dan olahraga Pustaka: Simon, Robert L., Torres, Cesar R., Hager, Peter F. 2018. Fair Play: The Ethics of Sport. 4th edition. Routledge. Materi: penerapan nilai-nilai etika dalam pelatihan dan hubungan antar pelatih, atlet, serta staf lainnya Pustaka: Bednář, Miloš . 2024. The constitutive values of fair play. AUC Kinanthropologica. , Vol. 59, No. 2, pp. 79–92. |
0% |
2
Minggu ke 2 |
- Mahasiswa mampu menganalisis peran fair play dalam membentuk sikap mental atlet
- Mahasiswa mampu menilai kontribusi fair play dalam mengurangi konflik dan membangun karakter atlet yang positif
|
- Kemampuan menganalisis peran fair play dalam membentuk sikap mental atlet
- Kemampuan menilai kontribusi fair play dalam mengurangi konflik dan membangun karakter atlet yang positif
|
Kriteria:
Poin sempurna diperoleh jika mampu menganalisis peran fair play dalam membentuk sikap mental atlet dan kontribusinya dalam mengurangi konflik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah
Diskusi
|
|
Materi: Fair play dalam membentuk karakter atlet Pustaka: Simon, Robert L., Torres, Cesar R., Hager, Peter F. 2018. Fair Play: The Ethics of Sport. 4th edition. Routledge. Materi: Kontribusi aspek fair play dalam mengurangi konflik Pustaka: Bednář, Miloš . 2024. The constitutive values of fair play. AUC Kinanthropologica. , Vol. 59, No. 2, pp. 79–92. |
0% |
3
Minggu ke 3 |
- Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis pelanggaran etika yang dapat terjadi dalam kepelatihan olahraga
- Mahasiswa mampu menganalisis cara-cara efektif dalam menangani pelanggaran etika di dunia kepelatihan olahraga
|
- Kemampuan memahami jenis-jenis pelanggaran etika
- Kemampuan menganalisis metode efektif dalam menangani pelanggaran etika
|
Kriteria:
Poin sempurna diperoleh jika mampu menjelaskan jenis-jenis pelanggaran etika dan metode yang efektif dalam menanganinya secara lengkap Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah
Diskusi
Case Study
|
|
Materi: Jenis pelanggaran etika dalam olahraga dan cara menanganinya Pustaka: Simon, Robert L., Torres, Cesar R., Hager, Peter F. 2018. Fair Play: The Ethics of Sport. 4th edition. Routledge. Materi: Strategi menangani pelanggaran etika Pustaka: Bednář, Miloš . 2024. The constitutive values of fair play. AUC Kinanthropologica. , Vol. 59, No. 2, pp. 79–92. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Mahasiswa mampu menyampaikan kasus nyata terkait pelanggaran etika dalam olahraga profesional
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi solusi dan tindakan yang tepat dalam menangani pelanggaran etika tersebut
|
- Kemampuan menyampaikan kasus nyata dengan topik yang ditentukan
- Kemampuan dalam mengidentifikasi solusi dan tindakan yang tepat guna menangani pelanggaran etika
|
Kriteria:
Poin sempurna diperoleh jika mahasiswa mampu menyampaikan kasus nyata pelanggaran etika beserta solusi dan tindakannya yang tepat secara lengkap dan jelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Case study
|
|
Materi: Pelanggaran etika dalam dunia olahraga profesional dan metode penanganan yang tepat Pustaka: Simon, Robert L., Torres, Cesar R., Hager, Peter F. 2018. Fair Play: The Ethics of Sport. 4th edition. Routledge. |
0% |
5
Minggu ke 5 |
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi tren terkini dalam kepelatihan olahraga, termasuk perkembangan teknologi, metodogi baru, dan pendekatan yang terintegrasi dalam pelatihan
- Mahasiswa mampu menganalisis tantangan yang dihadapi pelatih olahraga di era digital
|
- Kemampuan megidentifikasi tren terkini dalam kepelatihan olahraga
- Kemampuan menganalisis tantangan yang dihadapi pelatih olahraga di era digital
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Case study
|
|
Materi: Tren terkini di kepelatihan olahragaan dan tantangan yang dihadapi pelatih saat ini Pustaka: Rahman, A., Karim, Zulakbal Abd., Nadzalan, Ali Md., Akbar, Amin. 2024. Challenges and Issues Encountered by Elite Coaches in Developing Student-Athletes at Malaysian Sports Schools. Retos. Vol. 56: 797-809. Materi: pelatih olahraga saat ini Pustaka: Bompa, Tudor O., Haff, Gregrory. 2018. Periodization: Theory and Methodology of Training. 5th edition. Human Kinetics. |
0% |
6
Minggu ke 6 |
- Mahasiswa mampu mengeksplorasi pelatihan yang efektif untuk membantu membentuk karakter dan performa atlet di masa depan dengan pendekatan holistik
- Mahasiswa mampu memahami metode yang tepat agar pelatih dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman
|
- Kemampuan mengeksplorasi pelatihan yang efektif dalam membangun karakter dan performa atlet
- Kemampuan memahami metode yang tepat bagi pelatih agar dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan
|
Kriteria:
Poin sempurna diperoleh jika mampu menyampaikan jawaban secara lengkap Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
case study 2x50 menit |
|
Materi: Eksplorasi peran pelatih di masa kini dan masa mendatang Pustaka: Rahman, A., Karim, Zulakbal Abd., Nadzalan, Ali Md., Akbar, Amin. 2024. Challenges and Issues Encountered by Elite Coaches in Developing Student-Athletes at Malaysian Sports Schools. Retos. Vol. 56: 797-809. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Mahasiswa mampu mengetahui penggunaan aplikasi dan perangkat teknologi terkini di dunia kepelatihan olahraga
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi pemanfaatan data dari perangkat wearable untuk meningkatkan program latihan
|
Kemampuan menjelaskan teknologi apa saja yang dapat digunakan dan sedang berkembang di dunia kepelatihan olahraga |
Kriteria:
Poin sempurna diperoleh jika mahasiswa mampu menjelaskan jenis teknologi yang dapat digunakan dan sedang berkembang di dunia kepelatihan secara lengkap dan jelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 2x50 menit |
|
Materi: Penggunaan teknologi di dunia kepelatihan Pustaka: Bayraktar, Işık., et al. 2023. The Use of Developing Technology in Sports. Özgür Yayın-Dağıtım Co. Ltd. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu menginvestigasi penggunaan aplikasi pelatihan berbasis teknologi dalam konteks latihan jarak jauh |
Kemampuan mengeksplorasi penggunaan aplikasi pelatihan berbasis teknologi dalam konteks latihan jarak jauh secara lengkap |
Kriteria:
Poin sempurna diperoleh jika mahasiswa mampu menjelaskan rangkaian penggunaan aplikasi pelatihan berbasis teknologi dalam konteks latihan jarak jauh secara lengkap Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi 2x50 menit |
|
Materi: Aplikasi pelatihan berbasis teknologi untuk latihan jarak jauh Pustaka: Bayraktar, Işık., et al. 2023. The Use of Developing Technology in Sports. Özgür Yayın-Dağıtım Co. Ltd. Materi: Proses implementasi teknologi di olahraga Pustaka: Torres-Ronda, Lorena ., Schelling, Xavi . 2017. Critical Process for the Implementation of Technology in Sport Organizations. Strength & Conditioning Journal. 39(6):1. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
UTS |
Kemampuan menjawab UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 2x50 menit |
|
Materi: Etika dan fair play Pustaka: Simon, Robert L., Torres, Cesar R., Hager, Peter F. 2018. Fair Play: The Ethics of Sport. 4th edition. Routledge. Materi: Tantangan pelatih di masa kini dan masa depan Pustaka: Rahman, A., Karim, Zulakbal Abd., Nadzalan, Ali Md., Akbar, Amin. 2024. Challenges and Issues Encountered by Elite Coaches in Developing Student-Athletes at Malaysian Sports Schools. Retos. Vol. 56: 797-809. Materi: Penerapan teknologi olahraga Pustaka: Bayraktar, Işık., et al. 2023. The Use of Developing Technology in Sports. Özgür Yayın-Dağıtım Co. Ltd. |
10% |
10
Minggu ke 10 |
- Mahasiswa mampu memahami definisi dan dimensi-dimensi Sport Development Index
- Mahasiswa mampu memahami perubahan pada tiap-tiap dimensi Sport Development Index di Indonesia dari tahun ke tahun
|
Kemampuan mahasiswa dalam memahami definisi dan dimensi sport development index dan perkembangannya dari tahun ke tahun |
Kriteria:
Poin semakin tinggi jika mahasiswa mampu menjelaskan definisi dan dimensi sport development index beserta perkembangannya dari tahun ke tahun secara lengkap dan jelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi 2x50 menit |
|
Materi: Definisi dan dimensi Sport Development Index (SDI) Pustaka: Mutohir, Toho C., Lutan, Rusli., Maksum, Ali., Kristiyanto, Agus., Akbar, Reesa. 2022. Laporan Nasional Sport Development Index Tahun 2021: Olahraga Untuk Investasi Pembangunan Manusia. Kemenpora RI. Materi: Perkembangan indeks pada tiap dimensi SDI dari tahun 2021-2023 Pustaka: Mutohir, Toho C., Lutan, Rusli., Maksum, Ali., Kristiyanto, Agus., Akbar, Reesa. 2023. Laporan Indeks Pembangunan Olahraga Tahun 2023 Kebugaran Jasmani dan Generasi Emas 2045. Kemenpora RI. |
0% |
11
Minggu ke 11 |
- Mahasiswa mampu memahami definisi kebijakan olahraga
- Mahasiswa mampu memahami kebijakan olahraga yang pernah diterapkan di Indonesia
|
Kemampuan mahasiswa dalam memahami definisi kebijakan olahraga dan macam-macam kebijakan olahraga di Indonesia |
Kriteria:
Poin sempurna diperoleh jika mahasiswa mampu menjelaskan dengan jelas terkait definisi dan macam-macam kebijakan olahraga yang pernah diterapkan di Indonesia Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi 2x50 menit |
|
Materi: Perkembangan olahraga di Indonesia ditinjau dari kebijakan yang pernah diterapkan Pustaka: Ma'mun, Amung., Mahendra, Agus. 2021. Sport and development in Indonesia. Sport policy in the Reformation era. Routledge. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Mahasiswa mampu menganalisis dan memberikan kritik pada kebijakan olahraga di Indonesia
- Mahasiswa mampu mengeksplorasi kebijakan olahraga yang dikaitkan dengan Sport Development Index
|
Kemampuan mahasiswa dalam menganalisis kebijakan olahraga dan mengkaitkannya dengan Sport Development Index |
Kriteria:
Poin sempurna diperoleh jika mahasiswa mampu menjelaskan secara jelas dan lengkap terkait kebijakan olahraga di Indonesia dan kaitannya dengan Sport Development Index Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Case study
|
|
Materi: Sport development index Pustaka: Mutohir, Toho C., Lutan, Rusli., Maksum, Ali., Kristiyanto, Agus., Akbar, Reesa. 2023. Laporan Indeks Pembangunan Olahraga Tahun 2023 Kebugaran Jasmani dan Generasi Emas 2045. Kemenpora RI. Materi: Kebijakan olahraga di Indonesia Pustaka: Ma'mun, Amung., Mahendra, Agus. 2021. Sport and development in Indonesia. Sport policy in the Reformation era. Routledge. |
0% |
13
Minggu ke 13 |
- Mahasiswa mampu memahami cara memilih jurnal ilmiah yang berkualitas dan dapat diterapkan dalam konteks kepelatihan
- Mahasiswa mampu mengetahui teknik dan sumber daya yang efektif untuk mencari jurnal ilmiah yang relevan dalam kepelatihan olahraga
|
Kemampuan mahasiswa dalam menguasai teknik menentukan sumber daya yang efektif dalam mencari jurnal yang tepat |
Kriteria:
Poin sempurna diperoleh jika mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktikkan metode menentukan sumber daya yang efektif dalam mencari jurnal ilmiah yang tepat dalam konteks kepelatihan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, diskusi 2x50 menit |
|
Materi: metode mencari jurnal ilmiah kepelatihan olahraga Pustaka: Jones, Ian. 2022. Research Methods for Sports Studies. Routledge: London. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Mahasiswa mampu menilai kualitas dan relevansi dari jurnal ilmiah kepelatihan olahraga yang telah ditemukan
- Mahasiswa mampu menginterpretasi temuan ilmiah dan menghubungkannya dengan praktik di lapangan
|
- Kemampuan mahasiswa dalam menilai kualitas dan relevansi jurnal ilmiah yang ditemukan
- Kemampuan mahasiswa dalam menginterpretasi temuan ilmiah dan menghubungkannya dengan praktik di lapangan
|
Kriteria:
- Poin sempurna diperoleh jika mahasiswa mampu menilai kualitas dan relevansi jurnal ilmiah yang ditemukan dengan lengkap dan jelas
- Poin sempurna diperoleh jika mahasiswa mampu menginterpretasi temuan ilmiah dan menghubungkannya dengan praktik di lapangan dengan jelas dan lengkap
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
case study 2x50 menit |
|
Materi: Konsep kunci penelitian kepelatihan olahraga Pustaka: Atkinson, Michael. 2012. Key Concepts in Sport and Exercise Research Methods. SAGE Publications Ltd. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Mahasiswa mampu menyusun buku saku yang dapat digunakan pelatih untuk menerapkan temuan ilmiah dalam program pelatihan
- Mahasiswa mampu menyusun panduan praktis berbasis bukti yang dapat membantu pelatih dalam merancang dan mengadaptasi latihan untuk atlet mereka
|
Kemampuan mahasiswa dalam menyusun buku saku dan panduan praktis berbasis bukti yang dapat digunakan membantu pelatih |
Kriteria:
Tingkat kualitas susunan buku dan panduan praktis berbasis bukti Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
case study 2x50 menit |
|
Materi: Penyusunan kerangka teori penulisan ilmiah Pustaka: Atkinson, Michael. 2012. Key Concepts in Sport and Exercise Research Methods. SAGE Publications Ltd. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Kemampuan mahasiswa menjawab UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS
|
|
Materi: Sport development index Indonesia Pustaka: Mutohir, Toho C., Lutan, Rusli., Maksum, Ali., Kristiyanto, Agus., Akbar, Reesa. 2022. Laporan Nasional Sport Development Index Tahun 2021: Olahraga Untuk Investasi Pembangunan Manusia. Kemenpora RI. Materi: implementasi temuan ilmiah dalam kepelatihan olahraga Pustaka: Atkinson, Michael. 2012. Key Concepts in Sport and Exercise Research Methods. SAGE Publications Ltd. |
20% |