Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Akuntansi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Etika Bisnis

6220103162

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional

T=0

P=0

ECTS=0

6

8 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Lintang Venusita, SE., Ak., M.Si., CA., BKP., ACPA.




Dr. Lintang Venusita, SE., Ak., M.Si., CA., BKP., ACPA.




Dr. Rohmawati Kusumaningtias, S.E., Ak., MSA.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menunjukkan etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PO - 2

Mengembangkan diri secara berkelanjutan

PO - 3

Mengembangkan pemikiran logis dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang bisnis serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang bisnis

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-4
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Etika Bisnis memberikan pemahaman tentang pengambilan keputusan etis yang tepat serta perilaku etis dalam dunia bisnis yang harus mempertimbangkan kepentingan dan harapan kelompok pemangku kepentingan di samping pemegang saham. Etika bisnis merupakan matakuliah yang dapat dijadikan pedoman dalam pengambilan keputusan etis yang terkait dengan tata kelola dan etika manajemen risiko di era baru serta memberikan pemahaman penting dari tantangan bisnis. Etika bisnis mengeksplorasi secara mendalam berbagai kasus nyata yang terjadi serta contoh pada skala Internasional sehingga dapat memberikan pengalaman belajar. Perkuliahan diliaksanakan dengan ceramah, presentasi, diskusi, dan observasi.

Pustaka

Utama :

  1. Brooks, Leonard J. & Paul Dunn. 2020. Etika Bisnis dan Profesional: Untuk Direktur, Eksekutif, & Akuntan. Edisi 8. Salemba Empat, Jakarta.
  2. Murhaban dkk. 2023. Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial. Raja Grafindo Persada, Depok.
  3. Treviño, Linda K. & Katherine A. NelsonK. Bertens. 2021. Managing Business Ethics: Making Ethical Decisions. SAGE Publications.
  4. Candra Sari, Ratna Candra & Mahfud Sholihin. 2022. Etika Bisnis di Era Teknologi Digital. Andi Publisher.
  5. Sugiarti. 2020. Etika Bisnis dan Profesi. Expert, Surabaya.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu merumuskan gambaran umum Etika Bisnis

  1. Ketepatan dalam memahami hakekat etika
  2. Ketepatan dalam mengetahui hubungan agama, etika, dan nilai
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. Bentuk non-test: Meringkas materi kuliah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
2 SKS (1x(2x170‘)):

TM (1x(2x50‘)): Penjelasan materi dan diskusi
BM (1x(2x50‘)): Pemahaman materi
PT (1x(2x50‘)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Gambaran umum Etika Bisnis
Pustaka: Brooks, Leonard J. & Paul Dunn. 2020. Etika Bisnis dan Profesional: Untuk Direktur, Eksekutif, & Akuntan. Edisi 8. Salemba Empat, Jakarta.

Materi: Gambaran umum Etika Bisnis
Pustaka: Murhaban dkk. 2023. Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial. Raja Grafindo Persada, Depok.
5%

2

Minggu ke 2

Mampu menganalisis perkembangan teori etika

  1. Ketepatan dalam mengetahui teori etika dalam perkembangan bisnis.
  2. Ketepatan dalam mengetahui definisi dan perbedaan masing-masing teori etika.
  3. Ketepatan dalam mengetahui teori etika dan paradigma perkembangan hakikat manusia
Kriteria:

Kriteria: Rubrik deskriptif Ketepatan menjelaskan dan menganalisis Bentuk non-test: Diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
2 SKS (1x(2x170‘)):

TM (1x(2x50‘)): Penjelasan materi dan diskusi
BM (1x(2x50‘)): Pemahaman materi
PT (1x(2x50‘)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Perkembangan teori etika
Pustaka: Candra Sari, Ratna Candra & Mahfud Sholihin. 2022. Etika Bisnis di Era Teknologi Digital. Andi Publisher.

Materi: Perkembangan teori etika
Pustaka: Sugiarti. 2020. Etika Bisnis dan Profesi. Expert, Surabaya.
5%

3

Minggu ke 3

Mampu menganalisis perkembangan teori etika

Ketepatan dalam menjelaskan penerapan teori etika dalam kehidupan sehari- hari utamanya di dalam kegiatan bisnis

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):

Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi

Tugas: Meringkas, studi kasus dan diskusi
BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Perkembangan teori etika
Pustaka: Candra Sari, Ratna Candra & Mahfud Sholihin. 2022. Etika Bisnis di Era Teknologi Digital. Andi Publisher.

Materi: Perkembangan teori etika
Pustaka: Sugiarti. 2020. Etika Bisnis dan Profesi. Expert, Surabaya.
5%

4

Minggu ke 4

Mampu menganalisis prinsip dan kode etik dalam bisnis

  1. Ketepatan dalam menganalisis bisnis sebagai profesi
  2. Ketepatan dalam menjelaskan prinsip-prinsip etika bisnis
  3. Ketepatan dalam memahami paradigma etika lingkungan
  4. Ketepatan dalam memahami kode etik di dalam bisnis
  5. Ketepatan dalam memecahkan isu-isu etika bisnis di Indonesia
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):

Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi

Tugas: Meringkas, studi kasus dan diskusi BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Prinsip dan kode etik dalam bisnis
Pustaka: Treviño, Linda K. & Katherine A. NelsonK. Bertens. 2021. Managing Business Ethics: Making Ethical Decisions. SAGE Publications.

Materi: Prinsip dan kode etik dalam bisnis
Pustaka: Brooks, Leonard J. & Paul Dunn. 2020. Etika Bisnis dan Profesional: Untuk Direktur, Eksekutif, & Akuntan. Edisi 8. Salemba Empat, Jakarta.
4%

5

Minggu ke 5

Mampu menganalisis prinsip dan kode etik dalam bisnis

  1. Ketepatan dalam menganalisis bisnis sebagai profesi
  2. Ketepatan dalam menjelaskan prinsip-prinsip etika bisnis
  3. Ketepatan dalam memahami paradigma etika lingkungan
  4. Ketepatan dalam memahami kode etik di dalam bisnis
  5. Ketepatan dalam memecahkan isu-isu etika bisnis di Indonesia
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):

Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi

Tugas: Meringkas, studi kasus dan diskusi BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Prinsip dan kode etik dalam bisnis
Pustaka: Treviño, Linda K. & Katherine A. NelsonK. Bertens. 2021. Managing Business Ethics: Making Ethical Decisions. SAGE Publications.

Materi: Prinsip dan kode etik dalam bisnis
Pustaka: Brooks, Leonard J. & Paul Dunn. 2020. Etika Bisnis dan Profesional: Untuk Direktur, Eksekutif, & Akuntan. Edisi 8. Salemba Empat, Jakarta.
4%

6

Minggu ke 6

Mampu menganalisis Good Corporate Governance

  1. Ketepatan dalam mengetahui pengertian Good Corporate Governance
  2. Ketepatan dalam mengetahui dan memahami latar Belakang Munculnya GCG
  3. Ketepatan dalam mengetahui Prinsip-prinsip dan Manfaat GCG
  4. Ketepatan dalam menganalisis penerapan GCG Perusahaan yang ada di Indonesia dan di luar Indonesia
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Meringkas, studi kasus dan diskusi BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Good Corporate Governance
Pustaka: Sugiarti. 2020. Etika Bisnis dan Profesi. Expert, Surabaya.

Materi: Good Corporate Governance
Pustaka: Brooks, Leonard J. & Paul Dunn. 2020. Etika Bisnis dan Profesional: Untuk Direktur, Eksekutif, & Akuntan. Edisi 8. Salemba Empat, Jakarta.
4%

7

Minggu ke 7

Mampu menganalisis Good Corporate Governance

  1. Ketepatan dalam mengetahui pengertian Good Corporate Governance
  2. Ketepatan dalam mengetahui dan memahami latar Belakang Munculnya GCG
  3. Ketepatan dalam mengetahui Prinsip-prinsip dan Manfaat GCG
  4. Ketepatan dalam menganalisis penerapan GCG Perusahaan yang ada di Indonesia dan di luar Indonesia
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Meringkas, studi kasus dan diskusi BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Good Corporate Governance
Pustaka: Sugiarti. 2020. Etika Bisnis dan Profesi. Expert, Surabaya.
10%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Tes


15%

9

Minggu ke 9

Mampu memahami kedudukan sosial perusahaan

  1. Ketepatan dalam memahami fungsi perusahaan
  2. Ketepatan dalam memahami tanggung jawab sosial internal perusahaan kepada stakeholder
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Meringkas, studi kasus dan diskusi BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Kedudukan sosial perusahaan
Pustaka: Murhaban dkk. 2023. Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial. Raja Grafindo Persada, Depok.
5%

10

Minggu ke 10

Mampu memahami kedudukan sosial perusahaan

  1. Ketepatan dalam memahami fungsi perusahaan
  2. Ketepatan dalam memahami tanggung jawab sosial internal perusahaan kepada stakeholder
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Meringkas, studi kasus dan diskusi BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Kedudukan sosial perusahaan
Pustaka: Murhaban dkk. 2023. Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial. Raja Grafindo Persada, Depok.
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menganalisis corporate social responsibility

  1. Ketepatan dalam mengetahui pengertian Corporate Social Responsibility
  2. Ketepatan dalam memahami tujuan dan manfaat Corporate Social
  3. Ketepatan dalam mengaitkan CSR dengan etika bisnis
  4. Ketepatan dalam membahas penerapan CSR Perusahaan yang ada di Indonesia dan di luar Indonesia
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Meringkas, studi kasus dan diskusi BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Corporate social responsibility
Pustaka: Treviño, Linda K. & Katherine A. NelsonK. Bertens. 2021. Managing Business Ethics: Making Ethical Decisions. SAGE Publications.
5%

12

Minggu ke 12

Mampu menganalisis corporate social responsibility

  1. Ketepatan dalam mengetahui pengertian Corporate Social Responsibility
  2. Ketepatan dalam memahami tujuan dan manfaat Corporate Social
  3. Ketepatan dalam mengaitkan CSR dengan etika bisnis
  4. Ketepatan dalam membahas penerapan CSR Perusahaan yang ada di Indonesia dan di luar Indonesia
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Meringkas, studi kasus dan diskusi BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Corporate social responsibility
Pustaka: Treviño, Linda K. & Katherine A. NelsonK. Bertens. 2021. Managing Business Ethics: Making Ethical Decisions. SAGE Publications.
4%

13

Minggu ke 13

Mampu memahami dan menganalisis Etika Pasar Bebas

  1. Ketepatan dalam mengetahui orientasi etika pasar bebas (global)
  2. Ketepatan dalam mengetahu Etika Hukum dan Pemerintahan pada pasar bebas
  3. Ketepatan dalam mengetahui dan memahami pasar global
  4. Ketepatan dalam membahas penerapan etika pasar global
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Meringkas, studi kasus dan diskusi BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Etika Pasar Bebas
Pustaka: Candra Sari, Ratna Candra & Mahfud Sholihin. 2022. Etika Bisnis di Era Teknologi Digital. Andi Publisher.

Materi: Etika Pasar Bebas
Pustaka: Sugiarti. 2020. Etika Bisnis dan Profesi. Expert, Surabaya.
4%

14

Minggu ke 14

Mampu memahami dan menganalisis Etika Pasar Bebas

  1. Ketepatan dalam mengetahui orientasi etika pasar bebas (global)
  2. Ketepatan dalam mengetahu Etika Hukum dan Pemerintahan pada pasar bebas
  3. Ketepatan dalam mengetahui dan memahami pasar global
  4. Ketepatan dalam membahas penerapan etika pasar global
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Meringkas, studi kasus dan diskusi BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Etika Pasar Bebas
Pustaka: Candra Sari, Ratna Candra & Mahfud Sholihin. 2022. Etika Bisnis di Era Teknologi Digital. Andi Publisher.

Materi: Etika Pasar Bebas
Pustaka: Sugiarti. 2020. Etika Bisnis dan Profesi. Expert, Surabaya.
4%

15

Minggu ke 15

Mampu menganalisis isu-isu utama etika bisnis di bidang SDM, Marketing, Keuangan

  1. Ketepatan dalam menganalisis etika bisnis di bidang SDM
  2. Ketepatan dalam menganalisis etika bisnis di bidang SDM
  3. Ketepatan dalam menganalisis etika bisnis di bidang keuangan
Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Meringkas, studi kasus dan diskusi BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
Kuliah
3 SKS (1x(3x170’)):
Diskusi
TM (1x(3x50’)): Penjelasan materi dan diskusi
Tugas: Meringkas, studi kasus dan diskusi BM (1x(3x60’)): Pemahaman materi
PT (1x(3x60’)): Tugas Individu
ViLearning: SIDIA
Materi: Isu-isu utama etika bisnis di bidang SDM, Marketing, Keuangan
Pustaka: Brooks, Leonard J. & Paul Dunn. 2020. Etika Bisnis dan Profesional: Untuk Direktur, Eksekutif, & Akuntan. Edisi 8. Salemba Empat, Jakarta.

Materi: Isu-isu utama etika bisnis di bidang SDM, Marketing, Keuangan
Pustaka: Candra Sari, Ratna Candra & Mahfud Sholihin. 2022. Etika Bisnis di Era Teknologi Digital. Andi Publisher.

Materi: Isu-isu utama etika bisnis di bidang SDM, Marketing, Keuangan
Pustaka: Treviño, Linda K. & Katherine A. NelsonK. Bertens. 2021. Managing Business Ethics: Making Ethical Decisions. SAGE Publications.
6%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Tes


15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Portofolio 20%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.