
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Teori Administrasi Publik |
6320103650 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
20 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Tjitjik Rahaju,M.Si, Tauran S.Sos.,MSoc.Sc,Melda Fadia Hidayat, S.AP.,M.AP, Wilda Sumarsyah,S.IP.,M.AP
|
Eva Hany Fanida,S.AP.,M.AP
|
EVA HANY FANIDA |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Menguasai konsep dasar kebijakan publik dan analisis kebijakan publik dengan beragam metode dan alat. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi publik di masyarakat
|
PO - 2 |
Mampu menguasai konsep teoritis administrasi publik
|
PO - 3 |
Mampu mengambil keputusan dalam memecahkan masalah berdasarkan informasi dan data dari teori administrasi publik
|
PO - 4 |
Mampu melaksanakan penerapan ilmu administrasi publik dalam organisasi dan masyarakat
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PO-1 | | PO-2 | | PO-3 | | PO-4 | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata Kuliah ini memberikan pemahaman konsep dasar administrasi publik, sejarah perkembangan, paradigma, prospek dan tantangan administrasi publik |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Peters, B. Guy dkk. 2012. Buku Pegangan Administrasi Publik . SAGE
- Indradi, Sjamsiar S.. 2016. Dasar-Dasar dan Teori Administrasi Publik . Malang: Intrans Publishing.
|
Pendukung : |
|
- Henry, Nicholas. 2013. Administrasi Publik dan Urusan Publik . Pearson
- Anggara, Sangga. 2013. Ilmu Administrasi Negara . Bandung: CV. Pustaka Setia
- Harbani, Pasolong. 2014. Teori Administrasi Publik . Bandung: Alfabet
- Thoha, Miftah. 2014 . Ilmu Administrasi Negara Publik Kontemporer . Jakarta: Kencana Prenamedia Grup
- Keban, Jeremias T 2014. Enam Dimensi Administrasi Publik : Konsep, Teori dan Isu . Yogyakarta: Gava Media
|
Dosen Pengampu
|
TJITJIK RAHAJU TAURAN WILDA SUMARSYAH GALIH WAHYU PRADANA NENY AYU NOURMANITA MELDA FADIYAH HIDAYAT AJIE HANIF MUZAQI REVIENDA ANITA FITRIE Dr. Ajie Hanif Muzaqi, S.AP., M.AP. Dr. Ajie Hanif Muzaqi, S.AP., M.AP. Wilda Sumarsyah, M.A.P. Wilda Sumarsyah, M.A.P. Melda Fadiyah Hidayat, M.P.A. Melda Fadiyah Hidayat, M.P.A. Neny Ayu Nourmanita, S.Sos., M.P.A. Neny Ayu Nourmanita, S.Sos., M.P.A. Tauran, S.Sos., M.Soc.Sc. Tauran, S.Sos., M.Soc.Sc. Galih Wahyu Pradana, S.A.P., M.Si. Galih Wahyu Pradana, S.A.P., M.Si. Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si. Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si. Revienda Anita Fitrie, S.I.P., M.P.A. Revienda Anita Fitrie, S.I.P., M.P.A. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa memahami ruang lingkup dan tujuan Teori Administrasi Publik |
- Menjelaskan ruang lingkup Pengantar Ilmu Administrasi Publik
- Menjelaskan tujuan Pengantar Ilmu Administrasi Publik
- Menguraikan tujuan Pengantar Ilmu Administrasi Publik
- Kriteria pokok Administrasi Publik
|
Kriteria:
Menilaia pemahaman tentang ruang lingkup administrasi publik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah mimbar, Diskusi, dan Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: Pengertian Ruang Lingkup Administrasi Publik Pustaka: Peters, B. Guy et al. 2012. The Handbook of Public Administration . SAGE Materi: Pengertian Ruang Lingkup Administrasi Publik Pustaka: Indradi, Sjamsiar S.. 2016. Dasar-Dasar dan Teori Administrasi Publik . Malang: Intrans Publishing. Materi: Pengertian Ruang Lingkup Administrasi Publik Pustaka: Thoha, Miftah. 2014 . Ilmu Administrasi Negara Publik Kontemporer . Jakarta: Kencana Prenamedia Grup |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan landasan ilmu administrasi negara |
- Menjelaskan pengertian Pengantar
- Menjelaskan pengertian Pengetahuan
- Menjelaskan pengertian Ilmu
- Menjelaskan pengertian Seni
- Menjelaskan pengertian Administrasi
|
Kriteria:
Melalui review sejarah pertumbuhan administrasi negara mahasiswa bisa membedakan perbedaan administrasi negara kuno dan modern Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah mimbar, Diskusi, dan Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: Landasan ilmu administrasi negara Pustaka: Peters, B. Guy dkk. 2012. Buku Pegangan Administrasi Publik . SAGE Materi: Landasan ilmu administrasi negara Pustaka: Indradi, Sjamsiar S.. 2016. Dasar-Dasar dan Teori Administrasi Publik . Malang: Intrans Publishing. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menggambarkan hubungan administrasi negara/publik dengan ilmu politik, ekonomi,sosiologi, antropologi, hukum, psikologi |
- Menjelaskan hubungan Administrasi Negara dengan Ilmu Politik
- Menjelaskan hubungan Administrasi Negara dengan Ilmu Ekonomi
- Menjelaskan hubungan Administrasi Negara dengan Ilmu Psikologi dan Psikologi Sosial
- Menjelaskan hubungan Administrasi Negara dengan Sosiologi
- Menjelaskan hubungan Administrasi Negara dengan Antropologi
- Menjelaskan hubungan Administrasi Negara dengan Ilmu Hukum
|
Kriteria:
Menilai pemahaman tentang hubungan administrasi negara/publik dengan ilmu politik, ekonomi, sosiologi, antropologi, hukum, psikologi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah mimbar, Diskusi, dan Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: Hubungan Administrasi Publik dengan ilmu lain Pustaka: Thoha, Miftah. 2010. Dimensi-Dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara. Jakarta; CV Rajawali. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip Administrasi Negara |
prinsip-prinsip administrasi negara/publik |
Kriteria:
Ketepatan dalam menjelaskan prinsip-prinsip administrasi negara/publik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Tanya Jawab 3 X 50 |
Kuliah luring/daring secara sinkron dengan mahasiswa belajar melalui a)membaca buku b) mendengarkan ceramah c) menyampaikan pendapat 3 X 50 |
Materi: Prinsip Administrasi Pustaka: Henry, Nicholas. 2013. Public Administration and Public Affairs . |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menguraikan ragam dan fungsi teori administrasi publik |
Mampu ragam dan fungsi teori administrasi publik |
Kriteria:
Ketepatan menguraikan ragam dan fungsi teori Administrasi Publik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, tanya jawab studi kasus 3 X 50 |
Kuliah luring/daring secara sinkron dengan mahasiswa belajar melalui a)membaca buku b) mendengarkan ceramah c) menyampaikan pendapat 3 X 50 |
Materi: Teori-Teori Administrasi Publik Pustaka: Frederickson,H.G, Smith KB, 2012. The Public Administration Theory Primer . Westviev Press |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menguraikan ragam dan fungsi teori administrasi publik |
Mampu ragam dan fungsi teori administrasi publik |
Kriteria:
Ketepatan menguraikan ragam dan fungsi teori Administrasi Publik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, tanya jawab studi kasus 3 X 50 |
Kuliah luring/daring secara sinkron dengan mahasiswa belajar melalui a)membaca buku b) mendengarkan ceramah c) menyampaikan pendapat 3 X 50 |
Materi: Teori-Teori Administrasi Publik Pustaka: Frederickson,H.G, Smith KB, 2012. The Public Administration Theory Primer . Westviev Press |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa menjelaskan teori administrasi negara |
- Mampu menyebutkan yang dimaksud dengan teori
- Mampu menjelaskan fungsi teori dalam Administrasi Publik
- Mampu menyebutkan macam-macam teori Administrasi Publik
- Mampu memberi uraia umum macam-macam Teori Administrasi Publik
|
Kriteria:
Analytical Rubric Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Kuliah Mimbar, Diskusi 3 X 50 |
3 X 50 |
Materi: teori administrasi negara Pustaka: Frederickson,H.G, Smith KB, 2012. The Public Administration Theory Primer . Westviev Press |
7% |
8
Minggu ke 8 |
Penguasaan pengetahuan mahasiswa tentang pengertian, ruang lingkup,sejarah perkembanagn , paradigma, hubungan administrasi publik dengan ilmu lain, prinsip dan teori administrasi negara |
Menguasai materi pertemuan 1 sampai dengan 7 |
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Tes |
tes 3 X 50 |
|
Materi: Mampu menjawab berbagai soal materi 1-7 Pustaka: Thoha, Miftah. 2010. Dimensi-Dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara. Jakarta; CV Rajawali. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menjelaskan macam/jenis sumber daya sektor publikMahasiswa mampu menjelaskan prinsip pengelolaan sumber daya sektor publikMahasiswa mampu menjelaskan metode pengelolaan sumber daya publik |
- Kejelasan dalam menguraikan yang dimaksud sumber daya sektor publik
- Ketepatan dalam menyebutkan sumberdaya sektor publik
- Kejelasan dalam menguraikan prinsip-prinsip sumber daya sektor publik
- Kejelasan dalam menguraikan metode pengelolaan sumber daya sektor publik
|
Kriteria:
Rubrik analitik (non tes) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab 3 X 50 |
3 X 50 |
Materi: macam/jenis sumber daya sektor publik Pustaka: Thoha, Miftah. 2010. Dimensi-Dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara. Jakarta; CV Rajawali. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep kebijakan publikMahasiswa mampu menjelaskan proses kebijakan publikMahasiswa mampu menyebutkan instrumen kebijakan publikMahasiswa mampu menjelaskan pengertian partisipasidalam kebijkan publik |
Kejelasan dalam menguraikana konsep kebijakanKejelasan dalam menguraikan proses kebijakanKetepatan dalam menyebutkan instrumen kebijakanKejelasan dalam menguraikan partisipasi dalam kebijakan |
Kriteria:
Rubrik analitik (non tes) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah tatap Muka, Diskusi/Penugasan Individu 3 X 50 |
|
Materi: konsep kebijakan publik Pustaka: Peters, B. Guy et al. 2012. The Handbook of Public Administration . SAGE |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menyebutkan tipe dan karakteristikbirokrasiMahasiswa mampu menjelaskan karakter dan model-model pelayanan publikMahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan peran birokrasi dalam pelayanan publik |
- Ketepatan dalam menyebutkan
- Kejelasana dalam menguraikan karakter birokrasi
- Kejelasan dalam menguraikan model layanan publik
|
Kriteria:
Rubrik analitik (non tes) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Mimbar, Diskusi, Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: tipe dan karakteristikbirokrasi Pustaka: Caiden, G.C. 2010. Public Administration . California: Palisades Publishers. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menyebutkan tipe dan karakteristikbirokrasiMahasiswa mampu menjelaskan karakter dan model-model pelayanan publikMahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan peran birokrasi dalam pelayanan publik |
- Ketepatan dalam menyebutkan
- Kejelasana dalam menguraikan karakter birokrasi
- Kejelasan dalam menguraikan model layanan publik
|
Kriteria:
Analytical Rubric Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah Mimbar, Diskusi, Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: tipe dan karakteristik birokrasi Pustaka: Thoha, Miftah. 2010. Dimensi-Dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara. Jakarta; CV Rajawali. |
7% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menjelaskan arti penting etika, azas etika dalam administrasi publikMahasiswa mampu menjelaskan arti penting akuntabilitas dalam proses administrasi publikMahasiswamampu menjelaskan penegrtian diskresi adminstrasi |
- Kejelasan dalam menguraikan arti penting etika
- Kejelasan dalam menguraikan arti penting akuntabilitas
|
Kriteria:
Rubrik analitik (non tes) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Kuliah mimbar, Diskusi, dan Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: arti penting etika, azas etika dalam administrasi publik Pustaka: Frederickson,H.G,1997. The Spirit of Public Administratio n. San Francisco: Josey-Bass Publishers. |
7% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menjelaskan prospek dan tantangan administrasi Negara/Publik |
Ketepatan menjelaskan prospek dan tantangan administrasi negara/publik |
Kriteria:
Analytical Rubric Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah mimbar, Diskusi, dan Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: arti penting etika, azas etika dalam administrasi publik Pustaka: Henry, Nicholas. 2013. Public Administration and Public Affairs . |
7% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menjelaskan prospek dan tantangan administrasi negara/publik |
Ketepatan menjelaskan prospek dan tantangan administrasi negara/publik |
Kriteria:
Rubrik analitik (non tes) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Kuliah mimbar, Diskusi, dan Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: prospek administrasi publik Pustaka: Frederickson,H.G,1997. The Spirit of Public Administratio n. San Francisco: Josey-Bass Publishers. |
7% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
- Ketepatan menjelaskan prinsip dan metode pengelolaan sumber daya publik
- Ketepatan menjelaskan pentingnya etika dan akuntabilitas dalam sektor publik
- Ketepatan menjelaskan pengertian Keputusan, tindakan, dan diskresi administrasi
- Ketepatan menjelaskan hubungan antara administrasi negara/publik dengan pemerintahan dan pembangunan
- Ketepatan menjelaskan prospek dan tantangan administrasi negara/publik
|
Kriteria:
Jawaban diuraikan dengan tepat Bentuk Penilaian : Tes |
Tes 3 X 50 |
Tes
|
Materi: Mampu menjawab berbagai soal materi 1-15 Pustaka: Henry, Nicholas. 2013. Public Administration and Public Affairs . |
10% |