Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Bolabasket

8520802068

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=1

ECTS=3.18

2

17 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Fuad Noor Heza, S.Pd., M.Kes., AIFO




Prof. Dr. Drs. Abdul Rachman Syam Tuasikal, M.Pd.




Dwi Lorry Juniarisca, S.Pd., M.Ed.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural. (P1)

PLO-8

Mampu menerapkan teknologi dalam pembelajaran pendidikan jasmani (P4)

PLO-10

Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran olahraga secara terukur, akuntabel, dan efektif (KK1)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat menguasai teori dan praktik gerakan, teknik dasar, serta peraturan permainan bola basket dan mampu merancang dan melaksanakan proyek pembelajaran bola basket dengan mengintegrasikan konsep teoritis dan aplikatif, serta menunjukkan sikap bertanggungjawab dan keterampilan khusus dalam pendidikan jasmani dan olahraga

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-4PLO-5PLO-8PLO-10
PO-1     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman teori dan praktek gerak dalam permainan bola basket, teknik dasar yang digunakan dalam permainan, serta peraturan permainan bolabasket. Mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar bola basket seperti gerakan dasar, teknik dribbling, teknik passing, dan teknik shooting. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari peraturan permainan, strategi tim, dan latihan fisik yang diperlukan dalam permainan bola basket. Melalui matakuliah ini, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan teknis, taktis, dan fisik yang diperlukan untuk bermain bola basket dengan baik dan memahami prinsip-prinsip dasar permainan bola basket.

Pustaka

Utama :

  1. Brittenham, Greg. 1996. Complete Conditioning for Basketball . Human Kinetics Publishers, Inc.
  2. Buceta, Jose Maria. Mondoni, Maurizio. Avakumovic, Aleksandar. Killik, Laszlo. Basketball for Young Players. Madrid: Fiba.
  3. FIBA. 2014. Official Basketball Rules 2014. Barcelona: FIBA Central Board. FIBA.
  4. 2005. Mini-Basketball Rules. Geneva : Published FIBA.
  5. Kosasih, Danny. 2008. Fundamental Basketball A First Step To Success. Semarang: Karang Turi Media.
  6. Wissel, H. (2016). Basketball: Steps to Success. Human Kinetics
  7. International Basketball Federation (FIBA). (2021). FIBA Official Basketball Rules 2021. Geneva: International Basketball Federation.

Pendukung :

  1. Video tutorial dan latihan interaktif online:
  2. Artikel dan jurnal akademik tentang psikologi olahraga, strategi tim, dan teknik permainan bola basket:
  3. Rekaman video pertandingan bola basket dan analisis statistiknya yang tersedia di NBA.com atau EuroLeague.net

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Drs. Abdul Rachman Syam Tuasikal, M.Pd.

Fuad Noor Heza, S.Pd., M.Kes.

GHULAM ZAKY ISMAIL

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menjelaskan dan memperagakan gerakan, teknik passing bola

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan teori dasar bola basket dengan benar (80% jawaban benar pada kuis online)
  2. Mahasiswa dapat mengaplikasikan teknik dasar bola basket yang telah dipelajari (demonstrasi teknik dasar)
Kriteria:
  1. Keakuratan menjelaskan teori dasar bola basket (40%)
  2. Kemampuan dalam mengaplikasikan teknik dasar bola basket (40%)
  3. Partisipasi aktif dalam kelas (20%)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi teknik dasar bola basket
3x50
Video pembelajaran, kuis online, forum diskusi
Materi: Dasar-dasar bola basket (teknik dribble, passing, shooting, dan pertahanan), aturan permainan, dan prinsip dasar strategi permainan
Pustaka: Kosasih, Danny. 2008. Fundamental Basketball A First Step To Success. Semarang: Karang Turi Media.
5%

2

Minggu ke 2

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan teknik dasar dribble bola basket
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan teknik dasar passing bola basket
  1. Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan tentang teknik dasar dribble dan passing
  2. Mahasiswa dapat melakukan teknik dasar dribble dan passing dengan benar
Kriteria:
  1. Ketepatan dan kelengkapan jawaban
  2. Kemampuan melakukan teknik dasar dribble dan passing dengan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, demonstrasi, tanya jawab
3x50
Video pembelajaran, diskusi daring, tanya jawab
Materi: Pengenalan teknik dasar dribble bola basket, Demonstrasi teknik dasar dribble bola basket, Latihan teknik dasar dribble bola basket, Pengenalan teknik dasar passing bola basket, Demonstrasi teknik dasar passing bola basket, Latihan teknik dasar passing bola basket
Pustaka: Kosasih, Danny. 2008. Fundamental Basketball A First Step To Success. Semarang: Karang Turi Media.

Materi: Demonstrasi teknik dasar dribble bola basket, Latihan teknik dasar dribble bola basket, Pengenalan teknik dasar passing bola basket, Demonstrasi teknik dasar passing bola basket, Latihan teknik dasar passing bola basket
Pustaka: Video tutorial dan latihan interaktif online:
4%

3

Minggu ke 3

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan teknik dasar shooting bola basket
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan teknik dasar rebound bola basket
  1. Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan tentang teknik dasar shooting dan rebound
  2. Mahasiswa dapat melakukan teknik dasar shooting dan rebound dengan benar
Kriteria:
  1. Ketepatan dan kelengkapan jawaban
  2. Kemampuan melakukan teknik dasar shooting dan rebound dengan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, demonstrasi, tanya jawab
3x50
Video pembelajaran, diskusi daring, tanya jawab
Materi: Pengenalan teknik dasar shooting bola basket, Demonstrasi teknik dasar shooting bola basket, Latihan teknik dasar shooting bola basket
Pustaka: Buceta, Jose Maria. Mondoni, Maurizio. Avakumovic, Aleksandar. Killik, Laszlo. Basketball for Young Players. Madrid: Fiba.

Materi: teknik dasar shooting bola basket, Demonstrasi teknik dasar shooting bola basket, Latihan teknik dasar shooting bola basket.
Pustaka: Video tutorial dan latihan interaktif online:
7%

4

Minggu ke 4

Mampu menerapkan teknik dasar permainan bola basket secara efektif dalam situasi latihan dan pertandingan

  1. Kemampuan untuk memperagakan dan mengaplikasikan teknik dasar permainan bola basket dengan benar dan efektif.
  2. Partisipasi aktif dalam latihan dan bermain dalam situasi latihan.
  3. Keterampilan komunikasi dan kolaborasi dalam diskusi daring
Kriteria:
  1. Kemampuan teknis: 40%
  2. Partisipasi aktif: 30%
  3. Keterampilan komunikasi dan kolaborasi: 30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Demonstrasi teknik dasar bola basket oleh dosen, praktikum dalam kelompok kecil dengan pengawasan langsung oleh dosen, dan bermain dalam situasi latihan.
3x50
Video tutorial, latihan mandiri, diskusi daring dengan dosen dan teman sekelas
Materi: eknik dasar passing Teknik dasar dribbling, Teknik dasar shooting.
Pustaka: FIBA. 2014. Official Basketball Rules 2014. Barcelona: FIBA Central Board. FIBA.

Materi: Situasi latihan dan permainan sederhana untuk mengaplikasikan teknik dasar tersebut
Pustaka: 2005. Mini-Basketball Rules. Geneva : Published FIBA.
4%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan peraturan permainan bola basket secara mendalam

Mahasiswa dapat menjelaskan dengan jelas setidaknya 3 peraturan dasar dalam permainan bola basket

Kriteria:

Kelengkapan dalam menjelaskan peraturan permainan bola basket.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan Diskusi
3x50
Eksplorasi Sumber belajar Online
Materi: pembelajaran mencakup aturan dasar permainan, misalnya waktu pertandingan, jumlah pemain, bola yang digunakan, dan garis-garis lapangan.
Pustaka: FIBA. 2014. Official Basketball Rules 2014. Barcelona: FIBA Central Board. FIBA.

Materi: Aturan dasar permainan, misalnya waktu pertandingan, jumlah pemain, bola yang digunakan, dan garis-garis lapangan.
Pustaka: International Basketball Federation (FIBA). (2021). FIBA Official Basketball Rules 2021. Geneva: International Basketball Federation.
0%

6

Minggu ke 6

  1. Mampu merancang program latihan bola basket sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
  2. Mampu melaksanakan program latihan bola basket secara efektif dengan memperhatikan aspek teknis, taktis, fisik, dan psikologis
  1. Mampu merancang program latihan bola basket yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
  2. Mampu melaksanakan program latihan bola basket secara efektif dengan memperhatikan aspek teknis, taktis, fisik, dan psikologis.
  3. Aktifitas partisipatif
  4. Sub-asesmen
Kriteria:
  1. Keterampilan merancang program latihan (40%).
  2. Keterampilan melaksanakan program latihan (40%).
  3. Sub-asesmen (20%).

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran luring/offline: presentasi dan diskusi kelompok
3x50
presentasi dan diskusi kelompok melalui platform virtual
Materi: Presentasi mengenai teori dan prinsip dasar dalam merancang program latihan bola basket. Diskusi kelompok untuk membahas program latihan yang sudah dirancang oleh mahasiswa.
Pustaka: Brittenham, Greg. 1996. Complete Conditioning for Basketball . Human Kinetics Publishers, Inc.

Materi: prinsip dasar dalam merancang program latihan bola basket
Pustaka: Artikel dan jurnal akademik tentang psikologi olahraga, strategi tim, dan teknik permainan bola basket:
5%

7

Minggu ke 7

  1. Mampu merancang program latihan bola basket sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
  2. Mampu melaksanakan program latihan bola basket secara efektif dengan memperhatikan aspek teknis, taktis, fisik, dan psikologis
  1. Mampu merancang program latihan bola basket yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
  2. Mampu melaksanakan program latihan bola basket secara efektif dengan memperhatikan aspek teknis, taktis, fisik, dan psikologis.
  3. Aktifitas partisipatif
Kriteria:
  1. Keterampilan merancang program latihan (40%).
  2. Keterampilan melaksanakan program latihan (40%).
  3. Sub-asesmen (20%).

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Latihan lapangan dan evaluasi
3x50
Latihan lapangan dan evaluasi melalui platform virtual.
Materi: Latihan lapangan yang meliputi aspek teknis, taktis, fisik, dan psikologis. Evaluasi hasil latihan yang dilakukan oleh dosen dan sesama mahasiswa.
Pustaka: International Basketball Federation (FIBA). (2021). FIBA Official Basketball Rules 2021. Geneva: International Basketball Federation.

Materi: Latihan lapangan yang meliputi aspek teknis, taktis, fisik, dan psikologis
Pustaka: Buceta, Jose Maria. Mondoni, Maurizio. Avakumovic, Aleksandar. Killik, Laszlo. Basketball for Young Players. Madrid: Fiba.
6%

8

Minggu ke 8

  1. Mampu memahami dan mengaplikasikan teknik dasar permainan bola basket.
  2. Mampu memahami dan menjelaskan peraturan permainan bola basket.
  3. Mampu merancang dan melaksanakan program latihan bola basket yang efektif.
  1. Kemampuan mengaplikasikan teknik dasar permainan bola basket
  2. Kemampuan menjelaskan peraturan permainan bola basket
  3. Kemampuan merancang dan melaksanakan program latihan bola basket yang efektif
Kriteria:
  1. Kemampuan mempraktikkan teknik dasar permainan bola basket dengan benar, seperti dribbling, passing, shooting, dan lain-lain. (30%)
  2. Kemampuan menjelaskan dan menginterpretasikan peraturan permainan bola basket dengan benar. (30%)
  3. Kemampuan merancang program latihan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik, serta kemampuan melaksanakan program latihan tersebut dengan benar. (40%)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ujian Teori dan Praktik
3x50
-
Materi: UTS
Pustaka: FIBA. 2014. Official Basketball Rules 2014. Barcelona: FIBA Central Board. FIBA.
10%

9

Minggu ke 9

Mampu mengevaluasi kemajuan dan perkembangan pemain dalam bermain bola basket melalui analisis teknik dan taktik dalam pertandingan.

  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi teknik dan taktik yang digunakan oleh pemain dalam pertandingan.
  2. Mahasiswa mampu mengevaluasi kemajuan dan perkembangan pemain berdasarkan analisis teknik dan taktik yang dilakukan.
  3. Mahasiswa mampu memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kemampuan pemain berdasarkan analisis teknik dan taktik yang dilakukan.
Kriteria:
  1. Kualitas analisis teknik dan taktik yang dilakukan.
  2. Kemampuan mahasiswa dalam mengevaluasi kemajuan dan perkembangan pemain.
  3. Kreativitas dan kejelian dalam memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kemampuan pemain.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Metode pembelajaran yang digunakan dalam pertemuan ini adalah metode studi kasus (case study). Mahasiswa akan diberikan kasus tentang suatu pertandingan bola basket dan diminta untuk menganalisis kemajuan dan perkembangan pemain dalam bermain bola basket melalui analisis teknik dan taktik dalam pertandingan tersebut.
3x50
Eksplorasi sumber belajar online.
Materi: Teknik dan taktik dalam permainan bola basket
Pustaka: Kosasih, Danny. 2008. Fundamental Basketball A First Step To Success. Semarang: Karang Turi Media.

Materi: Metode analisis pertandingan
Pustaka: International Basketball Federation (FIBA). (2021). FIBA Official Basketball Rules 2021. Geneva: International Basketball Federation.
5%

10

Minggu ke 10

Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam situasi permainan bola basket yang berbeda

  1. Kemampuan merancang strategi permainan dalam situasi yang berbeda.
  2. Kemampuan beradaptasi dengan situasi permainan yang berbeda.
  3. Kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dalam kelompok.
  4. Kemampuan mempresentasikan hasil proyek dengan jelas dan sistematis.
Kriteria:
  1. Kreativitas dan keoriginalan strategi permainan (30%)
  2. Kemampuan beradaptasi dengan situasi permainan yang berbeda (30%)
  3. Presentasi proyek (20%)
  4. Partisipasi dalam kelompok (20%)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Pengenalan kasus situasi gerak dan pembagian kelompok, diskusi mengenai situasi permainan bola basket yang berbeda, pembelajaran teknik dasar dalam situasi tersebut.
3x50
Eksplorasi Sumber Belajar Online pada tahap pengenalan proyek hingga diskusi situasi permainan bola basket.
Materi: Teknik dasar dalam situasi permainan bola basket yang berbeda, strategi permainan dalam situasi yang berbeda, dan presentasi hasil proyek
Pustaka: FIBA. 2014. Official Basketball Rules 2014. Barcelona: FIBA Central Board. FIBA.

Materi: Peraturan pertandingan Bolabasket
Pustaka: Rekaman video pertandingan bola basket dan analisis statistiknya yang tersedia di NBA.com atau EuroLeague.net
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam situasi permainan bola basket yang berbeda

  1. Kemampuan merancang strategi permainan dalam situasi yang berbeda.
  2. Kemampuan beradaptasi dengan situasi permainan yang berbeda.
  3. Kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dalam kelompok.
  4. Kemampuan mempresentasikan hasil proyek dengan jelas dan sistematis.
Kriteria:
  1. Kreativitas dan keoriginalan strategi permainan (30%)
  2. Kemampuan beradaptasi dengan situasi permainan yang berbeda (30%)
  3. Presentasi proyek (40%)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Penyelesaian masalah berbagai situasi Gerak dalam Menyerang dan Bertahan dalam Permainan Bola Basket
3x50
Diskusi kelompok untuk merancang strategi permainan berdasarkan situasi yang telah dipelajari, presentasi hasil proyek, dan diskusi evaluasi secara daring.
Materi: pembelajaran mencakup aturan dasar permainan, misalnya waktu pertandingan, jumlah pemain, bola yang digunakan, dan garis-garis lapangan.
Pustaka: undefined

Materi: Presentasi mengenai teori dan prinsip dasar dalam merancang program latihan bola basket. Diskusi kelompok untuk membahas program latihan yang sudah dirancang oleh mahasiswa.
Pustaka:
10%

12

Minggu ke 12

Memahami konsep kerja sama dan komunikasi dalam tim dalam konteks permainan bola basket

  1. Kemampuan peserta didik dalam menjawab pertanyaan diskusi kelompok
  2. Aktivitas dan partisipasi peserta didik dalam forum diskusi online
Kriteria:
  1. Keterampilan dalam berdiskusi dan berkomunikasi dengan kelompok
  2. Kemampuan memahami konsep kerja sama dan komunikasi dalam konteks permainan bola basket

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi kelompok tentang konsep kerja sama dan komunikasi dalam permainan bola basket
3x50
Forum diskusi online untuk mempertanyakan pemahaman konsep yang telah didiskusikan
Materi: Pengantar konsep kerja sama dan komunikasi dalam tim, studi kasus tentang tim bola basket yang sukses dan gagal karena kerja sama dan komunikasi.
Pustaka: Wissel, H. (2016). Basketball: Steps to Success. Human Kinetics
4%

13

Minggu ke 13

Simulasi permainan bola basket yang melibatkan kerja sama dan komunikasi dalam tim

  1. Kemampuan peserta didik dalam menerapkan keterampilan berkomunikasi dan bekerja sama dalam tim selama simulasi permainan bola basket
  2. Kualitas video dokumentasi dan presentasi online
Kriteria:
  1. Kemampuan bekerja sama dalam tim
  2. Keterampilan dalam berkomunikasi dalam tim
  3. Kualitas video dokumentasi dan presentasi online

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Simulasi permainan bola basket yang melibatkan kerja sama dan komunikasi dalam tim
3x50
Penyelesaian 5 Situasi Gerak untuk diidentifikasi, di deskripsikan dan presentasi online kepada kelas hasil analisisnya
Materi: Simulasi permainan bola basket dengan skenario yang berbeda, analisis situasi dan keterampilan yang dibutuhkan, pembuatan video dokumentasi
Pustaka: Wissel, H. (2016). Basketball: Steps to Success. Human Kinetics
5%

14

Minggu ke 14

  1. Memahami nilai-nilai olahraga dan etika dalam bermain bola basket.
  2. Menerapkan nilai-nilai olahraga dan etika dalam bermain bola basket.
  1. Presentasi video, diskusi online, tugas individu dan kelompok melalui platform pembelajaran online.
  2. Mahasiswa mampu menerapkan nilai-nilai olahraga dan etika dalam permainan bola basket.
Kriteria:
  1. Kehadiran dan partisipasi aktif dalam kelas.
  2. Tugas individu dan kelompok

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah, diskusi, tanya jawab, simulasi permainan.
3 x 50
Presentasi video, diskusi online, tugas individu dan kelompok melalui platform pembelajaran online.
Materi: basket, seperti menghargai lawan, wasit, pelatih, dan rekan setim. Studi kasus mengenai pelanggaran etika dalam olahraga dan dampaknya terhadap pemain dan tim.
Pustaka: FIBA. 2014. Official Basketball Rules 2014. Barcelona: FIBA Central Board. FIBA.
5%

15

Minggu ke 15

  1. Memahami konsep dasar analisis video pada permainan bola basket
  2. Mampu mengidentifikasi teknik dan strategi permainan bola basket yang digunakan dalam sebuah video
  3. Mampu menganalisis dan mengevaluasi teknik dan strategi permainan bola basket melalui video untuk meningkatkan kinerja
  1. Mampu mengidentifikasi teknik dan strategi permainan bola basket yang digunakan dalam sebuah video
  2. Mampu menganalisis dan mengevaluasi teknik dan strategi permainan bola basket melalui video untuk meningkatkan kinerja
  3. Aktif berpartisipasi dalam diskusi kelompok dan presentasi hasil analisis video
  4. Menyelesaikan tugas penugasan analisis video secara mandiri
Kriteria:
  1. Keakuratan dalam mengidentifikasi teknik dan strategi permainan bola basket
  2. Kemampuan dalam menganalisis dan mengevaluasi teknik dan strategi permainan bola basket untuk meningkatkan kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Case Study: Pengenalan konsep dasar hasil analisis video (Berbagai situasi permasalahan dalam permainan bola basket), demonstrasi teknik dan strategi permainan bola basket, praktik menganalisis video bersama-sama dengan Dosen, diskusi kelompok
3x50
Penugasan analisis video mandiri, diskusi online dalam kelompok kecil, presentasi hasil analisis video, penilaian peer-to-peer
Materi: Konsep dasar analisis video pada permainan bola basket Teknik dan strategi permainan bola basket yang umum digunakan Analisis video pada permainan bola basket untuk meningkatkan kinerja tim dan individu.
Pustaka: Rekaman video pertandingan bola basket dan analisis statistiknya yang tersedia di NBA.com atau EuroLeague.net

Materi: Konsep dasar analisis video pada permainan bola basket. Teknik dan strategi permainan bola basket yang umum digunakan. Analisis video pada permainan bola basket untuk meningkatkan kinerja tim dan individu.
Pustaka: International Basketball Federation (FIBA). (2021). FIBA Official Basketball Rules 2021. Geneva: International Basketball Federation.
5%

16

Minggu ke 16

  1. Mampu memahami dan menjelaskan aturan dan teknik dasar permainan bola basket
  2. Mampu melakukan taktik dasar dalam permainan bola basket
  3. Mampu berkomunikasi dan bekerja sama dalam tim untuk mencapai tujuan dalam permainan bola basket
  4. Mampu mengintegrasikan nilai-nilai olahraga dan etika dalam bermain bola basket
  1. Kemampuan dalam memahami aturan dan teknik dasar permainan bola basket
  2. Kemampuan dalam melakukan taktik dasar dalam permainan bola basket
  3. Kemampuan dalam bekerja sama dalam tim dalam permainan bola basket
  4. Kemampuan dalam mengintegrasikan nilai-nilai olahraga dan etika dalam permainan bola basket
  5. Kemampuan dalam melakukan analisis video untuk meningkatkan kinerja permainan bola basket
Kriteria:
  1. Pengetahuan (30%)
  2. Keterampilan (30%)
  3. Sikap (20%)
  4. Proyek (20%)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ujian Laporan Case Study
3 X 50
UAS ONLINE
Materi: UAS
Pustaka: Wissel, H. (2016). Basketball: Steps to Success. Human Kinetics

Materi: UAS
Pustaka: Brittenham, Greg. 1996. Complete Conditioning for Basketball . Human Kinetics Publishers, Inc.

Materi: UAS
Pustaka: Buceta, Jose Maria. Mondoni, Maurizio. Avakumovic, Aleksandar. Killik, Laszlo. Basketball for Young Players. Madrid: Fiba.

Materi: UAS
Pustaka: FIBA. 2014. Official Basketball Rules 2014. Barcelona: FIBA Central Board. FIBA.

Materi: UAS
Pustaka: International Basketball Federation (FIBA). (2021). FIBA Official Basketball Rules 2021. Geneva: International Basketball Federation.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 31.08%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 31.08%
3. Penilaian Portofolio 6.5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 26.08%
5. Tes 5.25%
99.99%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.