Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Kimia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Teknik Spektrofotometri

4710203062

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

1

29 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Maria Monica Sianita B., M.Si




Prof. Dr. Titik Taufikurrohmah




NUNIEK HERDYASTUTI

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai teori struktur dan sifat, energetika, kinetika, analisis, sintesis mikro dan makromolekul dan terapannya

PLO-6

Menguasai konsep teoretis tentang fungsi instrumen kimia mutakhir dan cara pengoperasiannya, serta menguasai penerapan teknologi kimia yang relevan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menguasai teori struktur, sifat, dan analisis molekul melalui instrumen spektroskopi.

PO - 2

Mahasiswa mampu menguasai konsep teoretis dan penerapan instrumen kimia mutakhir (XRD, MS).

PO - 3

Mahasiswa mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menganalisis data instrumen kimia.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Teknik Spektrofotometri pada jenjang S2 Program Studi Kimia membahas prinsip-prinsip dasar, instrumentasi, dan aplikasi berbagai teknik spektrofotometri modern dalam analisis kimia. Fokus utama meliputi spektrofotometri UV-Vis, IR, NMR, dan massa, serta teknik-teknik terkini seperti spektroskopi Raman dan fluoresensi. Tujuan mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman mendalam tentang interaksi radiasi elektromagnetik dengan materi, kemampuan dalam interpretasi spektrum, serta penguasaan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Ruang lingkup mencakup desain eksperimen, kalibrasi instrumentasi, validasi metode, dan aplikasi dalam penelitian kimia analitik, biokimia, serta material science. Mata kuliah ini menekankan pendekatan teoritis dan praktis untuk mempersiapkan mahasiswa dalam pengembangan metode analisis berbasis spektrofotometri.

Pustaka

Utama :

  1. Skoog, D. A., Holler, F. J., & Crouch, S. R. (2018). Principles of Instrumental Analysis (7th ed.). Cengage Learning;
  2. Pavia, D. L., Lampman, G. M., Kriz, G. S., & Vyvyan, J. A. (2015). Introduction to Spectroscopy (5th ed.). Cengage Learning;
  3. Silverstein, R. M., Webster, F. X., Kiemle, D., & Bryce, D. (2014). Spectrometric Identification of Organic Compounds (8th ed.). Wiley;
  4. Cullity, B. D., & Stock, S. R. (2014). Elements of X-ray Diffraction (3rd ed.). Pearson
  5. West, A. R. (2014). Solid State Chemistry and Its Applications (2nd ed.). Wiley

Pendukung :

  1. Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler,2004, Fundamental of Analytical Chemistry , 8th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York;
  2. Pavia, D.L, Lampman, Gary M., Kriz, George S., Engell, Randall G.,2002, Harcourt, Inc.;
  3. Atkins, P., & de Paula, J. (2018). Physical Chemistry (11th ed.). Oxford University Press. → Dasar teoritis UV-Vis, energi transisi elektronik, dan spektroskopi.;
  4. Claridge, T. D. W. (2016). High-Resolution NMR Techniques in Organic Chemistry (3rd ed.). Elsevier;
  5. Banwell, C. N., & McCash, E. M. (2013). Fundamentals of Molecular Spectroscopy (5th ed.). McGraw-Hill. → Buku singkat untuk teori dasar UV-Vis, IR, Raman;
  6. Sayers, D. E., & Bunker, G. (2020). X-ray Absorption and X-ray Diffraction Spectroscopy: Theory and Applications. Springer;
  7. Gross, J. H. (2017). Mass Spectrometry: A Textbook (3rd ed.). Springer;

Dosen Pengampu

PIRIM SETIARSO

MARIA MONICA SIANITA BASUKIWARDOJO

TITIK TAUFIKUROHMAH

Prof. Dr. Pirim Setiarso, M.Si.

Prof. Dr. Pirim Setiarso, M.Si.

Prof. Dr. Titik Taufikurohmah, S.Si., M.Si.

Prof. Dr. Titik Taufikurohmah, S.Si., M.Si.

Dr. Maria Monica Sianita Basukiwardojo, M.Si.

Dr. Maria Monica Sianita Basukiwardojo, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menganalisis hukum Lambert-Beer dan keterbatasannya

  1. Mahasiswa mampu menggambarkan prinsip dasar transisi elektronik;
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan hukum Lambert-Beer dengan benar;
Kriteria:

Ketepatan analisis (50%), argumentasi (30%), keaktifan diskusi (20%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes

studi kasus
100
Materi: Prinsip UV-Vis dan Hukum Lambert Beer
Pustaka: Pavia, D. L., Lampman, G. M., Kriz, G. S., & Vyvyan, J. A. (2015). Introduction to Spectroscopy (5th ed.). Cengage Learning;

Materi: batasan hukum
Pustaka: Skoog, D. A., Holler, F. J., & Crouch, S. R. (2018). Principles of Instrumental Analysis (7th ed.). Cengage Learning;
5%

2

Minggu ke 2

Mengevaluasi pengaruh substituen terhadap λmaks.

  1. Mengidentifikasi kromofor & auxochrome
  2. Menginterpretasi pengaruh substituen terhadap pergeseran spektrum
Kriteria:

Ketepatan evaluasi (60%), argumentasi (30%), presentasi (10%).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes

studi kasus
100
Materi: Kromophor dan auxochrome;
Pustaka: Pavia, D. L., Lampman, G. M., Kriz, G. S., & Vyvyan, J. A. (2015). Introduction to Spectroscopy (5th ed.). Cengage Learning;

Materi: Pengaruh Substituen
Pustaka: Banwell, C. N., & McCash, E. M. (2013). Fundamentals of Molecular Spectroscopy (5th ed.). McGraw-Hill. → Buku singkat untuk teori dasar UV-Vis, IR, Raman;
5%

3

Minggu ke 3

Menyusun laporan analisis hasil praktikum UV-Vis

  1. Menyusun kurva kalibrasi;
  2. Mengintegrasikan data eksperimen dengan teori;
Kriteria:

Ketepatan analisis data (50%), Kerapian laporan (30%), Kesesuaian format (20%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes

studi kasus
100
Materi: Prinsip dasar IR.
Pustaka: Pavia, D. L., Lampman, G. M., Kriz, G. S., & Vyvyan, J. A. (2015). Introduction to Spectroscopy (5th ed.). Cengage Learning;

Materi: Banwell & McCash (2013).
Pustaka: Banwell, C. N., & McCash, E. M. (2013). Fundamentals of Molecular Spectroscopy (5th ed.). McGraw-Hill. → Buku singkat untuk teori dasar UV-Vis, IR, Raman;
5%

4

Minggu ke 4

  1. Menganalisis prinsip getaran molekul pada spektroskopi IR.
  1. Menganalisis jenis getaran (stretching, bending).
  2. Menginterpretasi daerah fundamental & fingerprint
Kriteria:

Ketepatan analisis data (50%), Kerapian laporan (30%), Kesesuaian format (20%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes

studi kasus
100
Materi: Analisis data praktikum UV-Vis
Pustaka: Skoog, D. A., Holler, F. J., & Crouch, S. R. (2018). Principles of Instrumental Analysis (7th ed.). Cengage Learning;

Materi: regresi linear, konsentrasi sampel.
Pustaka: Atkins, P., & de Paula, J. (2018). Physical Chemistry (11th ed.). Oxford University Press. → Dasar teoritis UV-Vis, energi transisi elektronik, dan spektroskopi.;
5%

5

Minggu ke 5

Mengevaluasi spektrum IR untuk identifikasi gugus fungsi

  1. Mengevaluasi spektrum sederhana;
  2. Menarik kesimpulan dari puncak utama.
Kriteria:

terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

studi kasus
100
Materi: Interpretasi IR: OH, NH, C=O, C=C, fingerprint
Pustaka: Silverstein, R. M., Webster, F. X., Kiemle, D., & Bryce, D. (2014). Spectrometric Identification of Organic Compounds (8th ed.). Wiley;

Materi: Interpretasi IR: OH, NH, C=O, C=C, fingerprint
Pustaka: Pavia, D. L., Lampman, G. M., Kriz, G. S., & Vyvyan, J. A. (2015). Introduction to Spectroscopy (5th ed.). Cengage Learning;
5%

6

Minggu ke 6

Menyusun laporan praktikum berbasis data IR.

  1. Menyusun interpretasi data IR
  2. Membandingkan hasil eksperimen dengan teori
Kriteria:

terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

studi kasus
100
Materi: analisis data praktikum IR
Pustaka: Pavia, D. L., Lampman, G. M., Kriz, G. S., & Vyvyan, J. A. (2015). Introduction to Spectroscopy (5th ed.). Cengage Learning;

Materi: analisis data praktikum IR
Pustaka: Silverstein, R. M., Webster, F. X., Kiemle, D., & Bryce, D. (2014). Spectrometric Identification of Organic Compounds (8th ed.). Wiley;
5%

7

Minggu ke 7

Menganalisis prinsip hukum Bragg pada XRD

  1. Menganalisis hubungan nλ = 2dsinθ.
  2. Menginterpretasi pola difraksi.
Kriteria:

Analisis tepat (50%), argumentasi (30%), diskusi (20%).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes

studi kasus
100
Materi: prinsip XRD, hukum Bragg
Pustaka: Sayers, D. E., & Bunker, G. (2020). X-ray Absorption and X-ray Diffraction Spectroscopy: Theory and Applications. Springer;

Materi: prinsip XRD, hukum Bragg
Pustaka: Skoog, D. A., Holler, F. J., & Crouch, S. R. (2018). Principles of Instrumental Analysis (7th ed.). Cengage Learning;
5%

8

Minggu ke 8

Mengevaluasi pola difraksi XRD untuk struktur kristal

  1. Mengevaluasi data XRD.
  2. Membandingkan hasil analisis dengan database (ICDD).
Kriteria:

Evaluasi tepat (60%), argumentasi (30%), presentasi (10%).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes

studi kasus
100
Materi: Analisis pola difraksi, aplikasi XRD.
Pustaka: Cullity, B. D., & Stock, S. R. (2014). Elements of X-ray Diffraction (3rd ed.). Pearson

Materi: Analisis pola difraksi, aplikasi XRD.
Pustaka: West, A. R. (2014). Solid State Chemistry and Its Applications (2nd ed.). Wiley
6%

9

Minggu ke 9

Menganalisis prinsip ionisasi & fragmentasi pada MS.

  1. Menganalisis pola fragmentasi.
  2. Menghubungkan jenis ionisasi dengan spektrum.
Kriteria:

Analisis tepat (50%), argumentasi (30%), diskusi (20%).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Studi kasus
0
Studi Kasus
100
Materi: Prinsip MS, fragmentasi.
Pustaka: Gross, J. H. (2017). Mass Spectrometry: A Textbook (3rd ed.). Springer.

Materi: Prinsip MS, fragmentasi.
Pustaka: Skoog, D. A., Holler, F. J., & Crouch, S. R. (2018). Principles of Instrumental Analysis (7th ed.). Cengage Learning;
5%

10

Minggu ke 10

Mengevaluasi data MS untuk identifikasi molekul.

  1. Mengevaluasi spektrum dengan base peak dan M .
  2. Menarik kesimpulan struktur molekul sederhana.
Kriteria:

Evaluasi tepat (60%), argumentasi (30%), presentasi (10%).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes

0
Studi Kasus
100
Materi: Interpretasi spektrum MS.
Pustaka: Gross, J. H. (2017). Mass Spectrometry: A Textbook (3rd ed.). Springer.

Materi: Interpretasi spektrum MS.
Pustaka: Silverstein, R. M., Webster, F. X., Kiemle, D., & Bryce, D. (2014). Spectrometric Identification of Organic Compounds (8th ed.). Wiley;
6%

11

Minggu ke 11

Menganalisis data MS untuk struktur senyawa kompleks.

  1. Menganalisis fragmentasi lanjut.
  2. Menghubungkan pola isotopik dengan struktur.
Kriteria:

Analisis tepat (50%), argumentasi (30%), diskusi (20%).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
0
0
Studi Kasus
100
Materi: Isotop, fragmentasi lanjutan.
Pustaka: Gross, J. H. (2017). Mass Spectrometry: A Textbook (3rd ed.). Springer.
0%

12

Minggu ke 12

Menyusun laporan praktikum berbasis MS.

  1. Menyusun interpretasi spektrum MS
  2. Membandingkan dengan hasil teori.
Kriteria:

Data tepat (50%), sistematika (30%), kreativitas (20%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes

0
Studi Kasus
100
Materi: interpretasi data analisis
Pustaka: Gross, J. H. (2017). Mass Spectrometry: A Textbook (3rd ed.). Springer.

Materi: interpretasi data analisis
Pustaka: Skoog, D. A., Holler, F. J., & Crouch, S. R. (2018). Principles of Instrumental Analysis (7th ed.). Cengage Learning;
5%

13

Minggu ke 13

Menganalisis prinsip NMR & interpretasi awal spektrum.

Memahami teknik spektrometr xrd

Kriteria:

Analisis tepat (50%), argumentasi (30%), diskusi (20%).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes

case study
100
Materi: Prinsip dasar NMR, pergeseran kimia.
Pustaka: Pavia, D. L., Lampman, G. M., Kriz, G. S., & Vyvyan, J. A. (2015). Introduction to Spectroscopy (5th ed.). Cengage Learning;

Materi: Prinsip dasar NMR, pergeseran kimia.
Pustaka: Claridge, T. D. W. (2016). High-Resolution NMR Techniques in Organic Chemistry (3rd ed.). Elsevier;
5%

14

Minggu ke 14

Mengevaluasi data ¹H NMR untuk identifikasi molekul.

  1. Mengevaluasi splitting pattern.
  2. Menentukan struktur sederhana.
Kriteria:

Analisis tepat (50%), argumentasi (30%), diskusi (20%).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes

case study
100
Materi: Prinsip dasar NMR, pergeseran kimia.
Pustaka: Claridge, T. D. W. (2016). High-Resolution NMR Techniques in Organic Chemistry (3rd ed.). Elsevier;

Materi: Prinsip dasar NMR, pergeseran kimia.
Pustaka: Claridge, T. D. W. (2016). High-Resolution NMR Techniques in Organic Chemistry (3rd ed.). Elsevier;
5%

15

Minggu ke 15

Mengevaluasi data ¹³C NMR & DEPT untuk identifikasi molekul.

  1. Mengevaluasi perbedaan sinyal ¹³C.
  2. Menginterpretasi data DEPT.
Kriteria:

Evaluasi tepat (60%), argumentasi (30%), presentasi (10%).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes

case study
100
Materi: Analisis ¹³C NMR, DEPT.
Pustaka: Claridge, T. D. W. (2016). High-Resolution NMR Techniques in Organic Chemistry (3rd ed.). Elsevier;

Materi: k
Pustaka: Claridge, T. D. W. (2016). High-Resolution NMR Techniques in Organic Chemistry (3rd ed.). Elsevier;
5%

16

Minggu ke 16

Mengintegrasikan data UV-Vis, IR, MS, dan NMR untuk elucidasi struktur.

  1. Mengintegrasikan hasil analisis multi-instrumen
  2. Menyusun laporan akhir penentuan struktur molekul.
Kriteria:

Integrasi data (50%), kreativitas solusi (30%), sistematika laporan (20%).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes

case study
100
Materi: Elusidasi struktur molekul berbasis multi-spektroskopi.
Pustaka: Silverstein, R. M., Webster, F. X., Kiemle, D., & Bryce, D. (2014). Spectrometric Identification of Organic Compounds (8th ed.). Wiley;

Materi: Elusidasi struktur molekul berbasis multi-spektroskopi.
Pustaka: Claridge, T. D. W. (2016). High-Resolution NMR Techniques in Organic Chemistry (3rd ed.). Elsevier;
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 39.21%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 1.2%
3. Penilaian Portofolio 8.71%
4. Penilaian Praktikum 1.2%
5. Tes 31.71%
82.03%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.