
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Pendidikan IPS
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Literasi Peta dan Berpikir Spasial |
8420703110 |
|
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
3 |
23 November 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
NUANSA BAYU SEGARA |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Menguasai konsep, teknik, metode penelitian di bidang pendidikan dan sosial humaniora untuk memberikan solusi secara inovatif, kreatif dan tepat guna pada permasalahan Pendidikan IPS dan masyarakat dalam bentuk karya ilmiah. |
PLO-8 |
Memiliki kecakapan multiliterasi dengan optimalisasi teknologi informasi yang berkelanjutan untuk menunjang bidang keahliannya agar kompetitif di tataran lokal dan global. |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
| |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah membahas Jenis Peta Tematik, Kegunaan Peta Tematik, Cara memilih Peta dasar, Fungsi Peta Dasar, Syarat Peta Dasar, Komponen Peta Dasar, Pemilihan Tematik, Melay out Peta Tematik, Simbol Area, Simbol Titik, Simbol Pictorial. |
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
KETUT PRASETYO HENDRI PRASTIYONO Prof. Dr. Ketut Prasetyo, M.S. Prof. Dr. Ketut Prasetyo, M.S. Dr. Hendri Prastiyono, M.Pd. Dr. Hendri Prastiyono, M.Pd. Dr. Hendri Prastiyono, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami jenis dan kegunaan peta tematik |
|
Kriteria:
Tuntas > 69 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
presentasi, tanya jawab, diskusi 2 x 50 |
|
|
10% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami jenis dan kegunaan peta tematik |
Ketepatan menjelaskan jenis dan kegunaan peta tematik |
Kriteria:
Tuntas > 69 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi, tanya jawab, diskusi 2 x 50 |
|
Materi: Peta geologi, tanah, penggunaan lahan, hidrologi, klimatologi, geomorfologi dll Pustaka: |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami jenis dan kegunaan peta tematik |
Ketepatan menjelaskan jenis dan kegunaan peta tematik |
Kriteria:
Tuntas > 69 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
presentasi, tanya jawab, diskusi 2 x 50 |
|
Materi: Peta geologi, tanah, penggunaan lahan, hidrologi, klimatologi, geomorfologi dll Pustaka: |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami jenis dan kegunaan peta tematik |
Ketepatan menjelaskan jenis dan kegunaan peta tematik |
Kriteria:
Tuntas > 69 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
presentasi, tanya jawab, diskusi 2 x 50 |
|
Materi: Peta geologi, tanah, penggunaan lahan, hidrologi, klimatologi, geomorfologi dll Pustaka: |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami fungsi dan penentuan peta dasar |
Ketepatan memahami fungsi dan penentuan peta dasar |
Kriteria:
Tuntas > 69 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
presentasi, tanya jawab, diskusi 2 x 50 |
|
Materi: Peta rupa bumi, topografi Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami kegunaan dan syarat peta dasar |
Ketepatan memahami kegunaan dan syarat peta dasar |
Kriteria:
Tuntas > 69 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Presentasi, tanya jawab, diskusi 2 x 50 |
|
Materi: Peta rupa bumi, topografi Pustaka: |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami kegunaan dan syarat peta dasar |
Ketepatan memahami kegunaan dan syarat peta dasar |
Kriteria:
Tuntas > 69 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Presentasi, tanya jawab, diskusi 2 x 50 |
|
Materi: Peta rupa bumi, topografi Pustaka: |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
Kriteria:
Tuntas > 69 |
tes 2 x 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami pilihan tematik |
Ketepatan memahami pilihan tematik |
Kriteria:
Tuntas > 69 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
presentasi, tanya jawab, diskusi 2 x 50 |
|
Materi: Konsep yang mendasari tematik Pustaka: |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami pilihan tematik |
Ketepatan memahami pilihan tematik |
Kriteria:
Tuntas > 69 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
presentasi, tanya jawab, diskusi 2 x 50 |
|
Materi: Konsep yang mendasari tematik Pustaka: |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Melakukan Layout peta tematik |
Ketepatan leyout peta tematik |
Kriteria:
Tuntas > 69 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
praktek, diskusi 2 x 50 |
|
Materi: peta tematik Pustaka: |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Melakukan Layout peta tematik |
Ketepatan leyout peta tematik |
Kriteria:
Tuntas > 69 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
praktek, diskusi 2 x 50 |
|
Materi: peta tematik Pustaka: |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Melakukan Layout peta tematik |
Ketepatan leyout peta tematik |
Kriteria:
Tuntas > 69 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
praktek, diskusi 2 x 50 |
|
Materi: peta tematik Pustaka: |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Menggambarkan simbol area, titik, garis peta tematik |
Ketepatan menggambarkan simbol area, titik, garis peta tematik |
Kriteria:
Tuntas >69 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Praktek, diskusi
|
|
Materi: simbol peta tematik Pustaka: |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menggambarkan simbol area, titik, garis peta tematik |
Ketepatan menggambarkan simbol area, titik, garis peta tematik |
Kriteria:
Tuntas >69 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Praktek, diskusi
|
|
Materi: simbol peta tematik Pustaka: |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
Kriteria:
Tuntas > 69 |
tes 2 x 50 |
|
|
0% |