Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi Islam

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Filsafat Ilmu Ekonomi Islam

6020203122

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

14 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Ahmad Hilmi, Lc., M.H.




Dr. A‘rasy Fahrullah




CLARASHINTA CANGGIH

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Menguasai konsep ekonomi, bisnis, dan keuangan Islam dalam konteks global

PLO-6

Mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi permasalahan ekonomi, bisnis, dan keuangan Islam secara logis dan sistematis menggunakan metode ilmiah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa memahami konsep filsafat sebagai dasar berpikir kritis yang menunjang penguasaan ekonomi, bisnis, dan keuangan Islam dalam konteks global.

PO - 2

Mahasiswa mampu menjelaskan kaitan filsafat dengan ilmu, politik, dan agama untuk memperluas pemahaman ekonomi, bisnis, dan keuangan Islam dalam konteks global

PO - 3

Mahasiswa menganalisis ontologi dan epistemologi filsafat sebagai pijakan ilmiah dalam mengkaji masalah ekonomi, bisnis, dan keuangan Islam secara logis dan sistematis.

PO - 4

Mahasiswa mengaplikasikan filsafat dalam hukum ekonomi syariah untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi masalah ekonomi, bisnis, dan keuangan Islam secara ilmiah.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang, (1) Hakikat filsafat ilmu; (2) Pokok Ajaran Filsafat Bidang Filsafat Ilmu (materialisme, idealisme/spiritualisme, realisme); (3) teori-teori kebenaran ; (4) aspek ontologi, aspek epistemologi, dan aspek aksiologi; (5) Filsafat Pendidikan (Esensialisme, Perrenialisme, Progresivisme, Eksistensialisme, Rekonstruksi, Pedagogi Kritis); (6) Aliran Postmodernisme (Konstruksionisme Sosial, Hermeneutika, Dekonstruksi, Strukturalisme); (7) Cara Berpikir Kritis (relativitas daya nalar, penguasaan literasi dasar dan penguasaan literasi kritis.

Pustaka

Utama :

  1. Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi.
  2. Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press.
  3. Jujun S. Suriasumantri. 2009.Ilmu Dalam Perspektif. Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu. Jakarta: Obor Indonesia
  4. Adam Ali, Abdurrahman. 1998. Al-Imam Asy-Syathibi ‘Aqidatuhu Wa Mauqifuhu Min Al-Bida’ wa Ahliha. Riyadh: Maktabah Ar-Rusyd, cet.1
  5. Asy-Syathibi, Abu Ishak. Tt. Al-Muwafaqaat Fi Ushul Al-Syari’ah Jilid ke-2. Beirut, Lebanon: Daar al-Ma’rifat.
  6. Ahmad Tafsir, Filsafat Umum, Remaja Rosdakarya, Bandung.
  7. Hadiwiyono, Harun,Sejarah Filsafat Barat, 1 dan 2, Kanisius, Yogyakarta.
  8. Hidayat, Mohammad. An Introduction to The Sharia Economic: Pengantar Ekonomi Syari’ah. Jakarta: Zikrul Hakim, 2010.
  9. Gazalba, Sidi, Sistem Filsafat.-Kattsoff, Louis,, (terj. SoejonoSoemargono, Pengantar Filsafat,Tiara Wacana, Yogyakarta
  10. Yazdi, Hairi, Buku Daras Filsafat Islam,Bandung: Miza-Havis Arrafiq,
  11. Fachri zamzam, filsafat ekonomi islam(ikhtiar memahami nilai esensial ekonomi islam), Jakarta: prenada media grup
  12. Muhammad Abid al-Jabiri (1991), Bunyah al-‘Aql al-‘Arabi, Markaz Dirasat al-Wahdah al-‘Arabiyah
  13. Syed Muhammad Naquib al-Attas (1993), Islam and Secularism, ISTAC
  14. Ismail Raji al-Faruqi (1982), Islamization of Knowledge, IIIT
  15. Wahbah al-Zuhaili (1985), al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, Dar al-Fikr, Beirut

Pendukung :

  1. The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty
  2. Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara

Dosen Pengampu

MOCH. KHOIRUL ANWAR

A'RASY FAHRULLAH

ACH. YASIN

TAUFIQ KURNIAWAN

AHMAD HILMI

AZIDNI ROFIQO

IRFAN RAMIS

AULIYA GHAZNA NIZAMI

Dr. A'rasy Fahrullah, S.Sos., M.Si.

Dr. A'rasy Fahrullah, S.Sos., M.Si.

Dr. Azidni Rofiqo, S.E.I., M.E.

Dr. Azidni Rofiqo, S.E.I., M.E.

Ach. Yasin, S.Pd., M.SEI.

Ach. Yasin, S.Pd., M.SEI.

Auliya Ghazna Nizami, Lc., M.H.

Auliya Ghazna Nizami, Lc., M.H.

Taufiq Kurniawan, Lc., M.Sh., Ph.D.

Taufiq Kurniawan, Lc., M.Sh., Ph.D.

Irfan Ramis, S.E., M.E.

Irfan Ramis, S.E., M.E.

Dr. H. Moch. Khoirul Anwar, S.Ag., MEI.

Dr. H. Moch. Khoirul Anwar, S.Ag., MEI.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami Konsep dasar Filsafat (Pengertian sejarah manfaat)

1. Menjelaskan pengertian Filsafat 2. Menjelaskan sejarah filsafat 3. Menjelaskan manfaat filsafat

Kriteria:

rubrik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah dan Diskusi Kelompok
2 X 50
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit
90 menit
Materi: utama dan pendukung
Pustaka: Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi.

Materi: utama dan pendukung
Pustaka: Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara
6%

2

Minggu ke 2

Memahami Konsep dasar Filsafat (Pengertian sejarah manfaat)

1. Menjelaskan pengertian Filsafat 2. Menjelaskan sejarah filsafat 3. Menjelaskan manfaat filsafat

Kriteria:

rubrik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif
2 X 50
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit
90 menit
Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press.

Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty
6%

3

Minggu ke 3

Memahami Pengertian sejarah perbedaan dan persamaan Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan

1. Menjelaskan pengertian pengetahuan dan ilmu pengetahuan 2. Menjelaskan sejarah pengetahuan dan ilmu pengetahuan 3. Menjelaskan perbedaan pengetahuan dan ilmu pengetahuan 4. Menjelaskan persamaan pengetahuan dan ilmu pengetahuan

Kriteria:

rubrik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif
2 X 50
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit
90 menit
Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press.

Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty
8%

4

Minggu ke 4

Memahami Korelasi antara Filsafat dan Perkembangan Ilmu Pengetahuan

1. Menjelaskan filsafat dan perkembangan ilmu pengetahuan 2. Menjelaskan korelasi antara filsafat dan perkembangan ilmu pengetahuan

Kriteria:

rubrik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif
2 X 50
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit
90 menit
Materi: utama dan pendukung
Pustaka: Jujun S. Suriasumantri. 2009.Ilmu Dalam Perspektif. Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu. Jakarta: Obor Indonesia

Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara
8%

5

Minggu ke 5

Memahami keterkaitan Ilmu Pengetahuan Kebudayaan dan Peradaban

1. Menjelaskan pengertian Kebudayaan 2. Menjelaskan pengertian Peradaban 3. Menjelaskan keterkaitan antara Ilmu Pengetahuan Kebudayaan dan Peradaban

Kriteria:

rubrik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif
2 X 50
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit
90 menit
Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press.

Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty
8%

6

Minggu ke 6

Memahami keterkaitan Filsafat dan Ilmu Politik

1. Menjelaskan pengertian ilmu politik 2. Menjelaskan cakupan ilmu politik 3. Menjelaskan keterkaitan antara filsafat dan ilmu politik

Kriteria:

rubrik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif
2 X 50

Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press.

Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara
8%

7

Minggu ke 7

Memahami keterkaitan Filsafat ideologi dan agama

1. Menjelaskan pengertian ideologi 2. Menjelaskan pengertian agama 3. Menjelaskan keterkaitan antara filsafat ideologi dan agama

Kriteria:

rubrik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif
2 X 50
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit
90 menit
Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press.

Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara
8%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

uts

Kriteria:

rubrik


2 X 50

Materi: utama dan pendukung
Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press.
0%

9

Minggu ke 9

Menganalisis konsep ontologi dalam Islam seperti nama nama Allah, sifat sifat Allah, dan peran Allah sebagai al-Haqq dalam keberadaan

mampu menjelaskan konsep ontologi dalam Islam seperti nama nama Allah, sifat sifat Allah, dan peran Allah sebagai al-Haqq dalam keberadaan

Kriteria:

rubrik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Pembelajaran : diskusi Model Pembelajaran : Problem Based Learning
2 X 50
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit
90 menit
Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi.

Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty

Materi: utama
Pustaka: Yazdi, Hairi, Buku Daras Filsafat Islam,Bandung: Miza-Havis Arrafiq,
8%

10

Minggu ke 10

Mengevaluasi epistemologi Islam: bayani, burhani, irfani dan perbandingannya dengan epistemologi Barat

Mahasiswa mampu menjelaskan dan membandingkan epistemologi Barat dan epistemologi Islam secara argumentatif.

Kriteria:

rubrik

Metode Pembelajaran : diskusiModel Pembelajaran : Problem Based Learning
2 X 50
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit
90 menit
Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi.

Materi: utama
Pustaka: Muhammad Abid al-Jabiri (1991), Bunyah al-‘Aql al-‘Arabi, Markaz Dirasat al-Wahdah al-‘Arabiyah

Materi: utama
Pustaka: Syed Muhammad Naquib al-Attas (1993), Islam and Secularism, ISTAC
0%

11

Minggu ke 11

Mengevaluasi epistemologi Islam: bayani, burhani, irfani dan perbandingannya dengan epistemologi Barat

Mahasiswa mampu menerapkan konsep bayani, burhani, dan irfani dalam analisis wacana ilmiah.

Kriteria:

rubrik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Metode Pembelajaran : diskusiModel Pembelajaran : Problem Based Learning
2 X 50
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit
90 menit
Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press.

Materi: utama
Pustaka: Muhammad Abid al-Jabiri (1991), Bunyah al-‘Aql al-‘Arabi, Markaz Dirasat al-Wahdah al-‘Arabiyah
8%

12

Minggu ke 12

Mengkaji nilai dan tujuan ilmu menurut Islam, seperti maslahah, maqashid, dan tanggung jawab sosial-ilmiah menurut syariat

Mahasiswa dapat menjelaskan nilai-nilai aksiologis Islam dan memberikan contoh etika keilmuan berbasis maqashid.

Kriteria:

rubrik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Metode Pembelajaran : diskusi
Model Pembelajaran : Problem Based Learning
2 X 50
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit
90 menit
Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi.

Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty

Materi: utama
Pustaka: Ismail Raji al-Faruqi (1982), Islamization of Knowledge, IIIT

Materi: utama
Pustaka: Yazdi, Hairi, Buku Daras Filsafat Islam,Bandung: Miza-Havis Arrafiq,
8%

13

Minggu ke 13

Mengintegrasikan logika dengan metode istinbath hukum dalam Islam, seperti qiyas, istinbat, dan ta’lil

Mahasiswa mampu menunjukkan contoh analogi hukum Islam yang berdasar logika klasik dan modern.

Kriteria:

rubrik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif
2 X 50
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit
90 menit
Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press.

Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara

Materi: utama
Pustaka: Wahbah al-Zuhaili (1985), al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, Dar al-Fikr, Beirut
8%

14

Minggu ke 14

Menerapkan metode berpikir kritis dalam menilai teori ekonomi modern dari sudut pandang filsafat Islam

Mahasiswa dapat mengkritisi teori ekonomi konvensional dengan pendekatan filsafat Islam.

Kriteria:

rubrik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif
2 X 50
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit
90 menit
Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi.

Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty

Materi: utama
Pustaka: Syed Muhammad Naquib al-Attas (1993), Islam and Secularism, ISTAC

Materi: utama
Pustaka: Ismail Raji al-Faruqi (1982), Islamization of Knowledge, IIIT

Materi: utama
Pustaka: Fachri zamzam, filsafat ekonomi islam(ikhtiar memahami nilai esensial ekonomi islam), Jakarta: prenada media grup
8%

15

Minggu ke 15

Menganalisis tanggung jawab ilmuwan Muslim dalam membangun peradaban yang adil dan beretika berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah

Mahasiswa dapat merumuskan tanggung jawab moral ilmuwan Muslim berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah.

Kriteria:

rubrik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif
2 X 50
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit
90 menit
Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press.

Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara

Materi: utama
Pustaka: Hidayat, Mohammad. An Introduction to The Sharia Economic: Pengantar Ekonomi Syari’ah. Jakarta: Zikrul Hakim, 2010.
8%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

uas

Kriteria:

rubrik


2 X 50

Materi: utama dan pendukung
Pustaka: Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi.

Materi: utama dan pendukung
Pustaka: Jujun S. Suriasumantri. 2009.Ilmu Dalam Perspektif. Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu. Jakarta: Obor Indonesia
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 60%
2. Tes 40%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.