
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi Islam
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Filsafat Ilmu Ekonomi Islam |
6020203122 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
14 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Ahmad Hilmi, Lc., M.H.
|
Dr. A‘rasy Fahrullah
|
CLARASHINTA CANGGIH |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Menguasai konsep ekonomi, bisnis, dan keuangan Islam dalam konteks global |
PLO-6 |
Mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi permasalahan ekonomi, bisnis, dan keuangan Islam secara logis dan sistematis menggunakan metode ilmiah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa memahami konsep filsafat sebagai dasar berpikir kritis yang menunjang penguasaan ekonomi, bisnis, dan keuangan Islam dalam konteks global.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan kaitan filsafat dengan ilmu, politik, dan agama untuk memperluas pemahaman ekonomi, bisnis, dan keuangan Islam dalam konteks global
|
PO - 3 |
Mahasiswa menganalisis ontologi dan epistemologi filsafat sebagai pijakan ilmiah dalam mengkaji masalah ekonomi, bisnis, dan keuangan Islam secara logis dan sistematis.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mengaplikasikan filsafat dalam hukum ekonomi syariah untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi masalah ekonomi, bisnis, dan keuangan Islam secara ilmiah.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | ✔ | | PO-3 | | ✔ | PO-4 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas tentang, (1) Hakikat filsafat ilmu; (2) Pokok Ajaran Filsafat Bidang Filsafat Ilmu (materialisme, idealisme/spiritualisme, realisme); (3) teori-teori kebenaran ; (4) aspek ontologi, aspek epistemologi, dan aspek aksiologi; (5) Filsafat Pendidikan (Esensialisme, Perrenialisme, Progresivisme, Eksistensialisme, Rekonstruksi, Pedagogi Kritis); (6) Aliran Postmodernisme (Konstruksionisme Sosial, Hermeneutika, Dekonstruksi, Strukturalisme); (7) Cara Berpikir Kritis (relativitas daya nalar, penguasaan literasi dasar dan penguasaan literasi kritis. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi.
- Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press.
- Jujun S. Suriasumantri. 2009.Ilmu Dalam Perspektif. Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu. Jakarta: Obor Indonesia
- Adam Ali, Abdurrahman. 1998. Al-Imam Asy-Syathibi ‘Aqidatuhu Wa Mauqifuhu Min Al-Bida’ wa Ahliha. Riyadh: Maktabah Ar-Rusyd, cet.1
- Asy-Syathibi, Abu Ishak. Tt. Al-Muwafaqaat Fi Ushul Al-Syari’ah Jilid ke-2. Beirut, Lebanon: Daar al-Ma’rifat.
- Ahmad Tafsir, Filsafat Umum, Remaja Rosdakarya, Bandung.
- Hadiwiyono, Harun,Sejarah Filsafat Barat, 1 dan 2, Kanisius, Yogyakarta.
- Hidayat, Mohammad. An Introduction to The Sharia Economic: Pengantar Ekonomi Syari’ah. Jakarta: Zikrul Hakim, 2010.
- Gazalba, Sidi, Sistem Filsafat.-Kattsoff, Louis,, (terj. SoejonoSoemargono, Pengantar Filsafat,Tiara Wacana, Yogyakarta
- Yazdi, Hairi, Buku Daras Filsafat Islam,Bandung: Miza-Havis Arrafiq,
- Fachri zamzam, filsafat ekonomi islam(ikhtiar memahami nilai esensial ekonomi islam), Jakarta: prenada media grup
- Muhammad Abid al-Jabiri (1991), Bunyah al-‘Aql al-‘Arabi, Markaz Dirasat al-Wahdah al-‘Arabiyah
- Syed Muhammad Naquib al-Attas (1993), Islam and Secularism, ISTAC
- Ismail Raji al-Faruqi (1982), Islamization of Knowledge, IIIT
- Wahbah al-Zuhaili (1985), al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, Dar al-Fikr, Beirut
|
Pendukung : |
|
- The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty
- Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara
|
Dosen Pengampu
|
MOCH. KHOIRUL ANWAR A'RASY FAHRULLAH ACH. YASIN TAUFIQ KURNIAWAN AHMAD HILMI AZIDNI ROFIQO IRFAN RAMIS AULIYA GHAZNA NIZAMI Dr. A'rasy Fahrullah, S.Sos., M.Si. Dr. A'rasy Fahrullah, S.Sos., M.Si. Dr. Azidni Rofiqo, S.E.I., M.E. Dr. Azidni Rofiqo, S.E.I., M.E. Ach. Yasin, S.Pd., M.SEI. Ach. Yasin, S.Pd., M.SEI. Auliya Ghazna Nizami, Lc., M.H. Auliya Ghazna Nizami, Lc., M.H. Taufiq Kurniawan, Lc., M.Sh., Ph.D. Taufiq Kurniawan, Lc., M.Sh., Ph.D. Irfan Ramis, S.E., M.E. Irfan Ramis, S.E., M.E. Dr. H. Moch. Khoirul Anwar, S.Ag., MEI. Dr. H. Moch. Khoirul Anwar, S.Ag., MEI. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami Konsep dasar Filsafat (Pengertian sejarah manfaat) |
1. Menjelaskan pengertian Filsafat 2. Menjelaskan sejarah filsafat 3. Menjelaskan manfaat filsafat |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah dan Diskusi Kelompok 2 X 50 |
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit 90 menit |
Materi: utama dan pendukung Pustaka: Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi. Materi: utama dan pendukung Pustaka: Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara |
6% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami Konsep dasar Filsafat (Pengertian sejarah manfaat) |
1. Menjelaskan pengertian Filsafat 2. Menjelaskan sejarah filsafat 3. Menjelaskan manfaat filsafat |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif 2 X 50 |
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit 90 menit |
Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press. Materi: Utama dan pendukung Pustaka: The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty |
6% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami Pengertian sejarah perbedaan dan persamaan Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan |
1. Menjelaskan pengertian pengetahuan dan ilmu pengetahuan 2. Menjelaskan sejarah pengetahuan dan ilmu pengetahuan 3. Menjelaskan perbedaan pengetahuan dan ilmu pengetahuan 4. Menjelaskan persamaan pengetahuan dan ilmu pengetahuan |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif 2 X 50 |
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit 90 menit |
Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press. Materi: Utama dan pendukung Pustaka: The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty |
8% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami Korelasi antara Filsafat dan Perkembangan Ilmu Pengetahuan |
1. Menjelaskan filsafat dan perkembangan ilmu pengetahuan 2. Menjelaskan korelasi antara filsafat dan perkembangan ilmu pengetahuan |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif 2 X 50 |
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit 90 menit |
Materi: utama dan pendukung Pustaka: Jujun S. Suriasumantri. 2009.Ilmu Dalam Perspektif. Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu. Jakarta: Obor Indonesia Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara |
8% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami keterkaitan Ilmu Pengetahuan Kebudayaan dan Peradaban |
1. Menjelaskan pengertian Kebudayaan 2. Menjelaskan pengertian Peradaban 3. Menjelaskan keterkaitan antara Ilmu Pengetahuan Kebudayaan dan Peradaban |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif 2 X 50 |
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit 90 menit |
Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press. Materi: Utama dan pendukung Pustaka: The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty |
8% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami keterkaitan Filsafat dan Ilmu Politik |
1. Menjelaskan pengertian ilmu politik 2. Menjelaskan cakupan ilmu politik 3. Menjelaskan keterkaitan antara filsafat dan ilmu politik |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif 2 X 50 |
|
Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press. Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara |
8% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami keterkaitan Filsafat ideologi dan agama |
1. Menjelaskan pengertian ideologi 2. Menjelaskan pengertian agama 3. Menjelaskan keterkaitan antara filsafat ideologi dan agama |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif 2 X 50 |
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit 90 menit |
Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press. Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara |
8% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
uts |
Kriteria:
rubrik |
2 X 50 |
|
Materi: utama dan pendukung Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press. |
0% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis konsep ontologi dalam Islam seperti nama nama Allah, sifat sifat Allah, dan peran Allah sebagai al-Haqq dalam keberadaan |
mampu menjelaskan konsep ontologi dalam Islam seperti nama nama Allah, sifat sifat Allah, dan peran Allah sebagai al-Haqq dalam keberadaan |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode Pembelajaran : diskusi Model Pembelajaran : Problem Based Learning 2 X 50 |
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit 90 menit |
Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi. Materi: Utama dan pendukung Pustaka: The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty Materi: utama Pustaka: Yazdi, Hairi, Buku Daras Filsafat Islam,Bandung: Miza-Havis Arrafiq, |
8% |
10
Minggu ke 10 |
Mengevaluasi epistemologi Islam: bayani, burhani, irfani dan perbandingannya dengan epistemologi Barat |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan membandingkan epistemologi Barat dan epistemologi Islam secara argumentatif. |
Kriteria:
rubrik |
Metode Pembelajaran : diskusiModel Pembelajaran : Problem Based Learning 2 X 50 |
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit 90 menit |
Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi. Materi: utama Pustaka: Muhammad Abid al-Jabiri (1991), Bunyah al-‘Aql al-‘Arabi, Markaz Dirasat al-Wahdah al-‘Arabiyah Materi: utama Pustaka: Syed Muhammad Naquib al-Attas (1993), Islam and Secularism, ISTAC |
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mengevaluasi epistemologi Islam: bayani, burhani, irfani dan perbandingannya dengan epistemologi Barat |
Mahasiswa mampu menerapkan konsep bayani, burhani, dan irfani dalam analisis wacana ilmiah. |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Metode Pembelajaran : diskusiModel Pembelajaran : Problem Based Learning 2 X 50 |
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit 90 menit |
Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press. Materi: utama Pustaka: Muhammad Abid al-Jabiri (1991), Bunyah al-‘Aql al-‘Arabi, Markaz Dirasat al-Wahdah al-‘Arabiyah |
8% |
12
Minggu ke 12 |
Mengkaji nilai dan tujuan ilmu menurut Islam, seperti maslahah, maqashid, dan tanggung jawab sosial-ilmiah menurut syariat |
Mahasiswa dapat menjelaskan nilai-nilai aksiologis Islam dan memberikan contoh etika keilmuan berbasis maqashid. |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Metode Pembelajaran : diskusi
Model Pembelajaran : Problem Based Learning 2 X 50 |
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit 90 menit |
Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi. Materi: Utama dan pendukung Pustaka: The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty Materi: utama Pustaka: Ismail Raji al-Faruqi (1982), Islamization of Knowledge, IIIT Materi: utama Pustaka: Yazdi, Hairi, Buku Daras Filsafat Islam,Bandung: Miza-Havis Arrafiq, |
8% |
13
Minggu ke 13 |
Mengintegrasikan logika dengan metode istinbath hukum dalam Islam, seperti qiyas, istinbat, dan ta’lil |
Mahasiswa mampu menunjukkan contoh analogi hukum Islam yang berdasar logika klasik dan modern. |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif 2 X 50 |
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit 90 menit |
Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press. Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara Materi: utama Pustaka: Wahbah al-Zuhaili (1985), al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, Dar al-Fikr, Beirut |
8% |
14
Minggu ke 14 |
Menerapkan metode berpikir kritis dalam menilai teori ekonomi modern dari sudut pandang filsafat Islam |
Mahasiswa dapat mengkritisi teori ekonomi konvensional dengan pendekatan filsafat Islam. |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif 2 X 50 |
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit 90 menit |
Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi. Materi: Utama dan pendukung Pustaka: The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty Materi: utama Pustaka: Syed Muhammad Naquib al-Attas (1993), Islam and Secularism, ISTAC Materi: utama Pustaka: Ismail Raji al-Faruqi (1982), Islamization of Knowledge, IIIT Materi: utama Pustaka: Fachri zamzam, filsafat ekonomi islam(ikhtiar memahami nilai esensial ekonomi islam), Jakarta: prenada media grup |
8% |
15
Minggu ke 15 |
Menganalisis tanggung jawab ilmuwan Muslim dalam membangun peradaban yang adil dan beretika berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah |
Mahasiswa dapat merumuskan tanggung jawab moral ilmuwan Muslim berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah. |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif 2 X 50 |
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit 90 menit |
Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press. Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara Materi: utama Pustaka: Hidayat, Mohammad. An Introduction to The Sharia Economic: Pengantar Ekonomi Syari’ah. Jakarta: Zikrul Hakim, 2010. |
8% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
uas |
Kriteria:
rubrik |
2 X 50 |
|
Materi: utama dan pendukung Pustaka: Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi. Materi: utama dan pendukung Pustaka: Jujun S. Suriasumantri. 2009.Ilmu Dalam Perspektif. Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu. Jakarta: Obor Indonesia |
0% |