
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Manajemen Sumber Daya Manusia |
7310105015 |
|
T=5 |
P=0 |
ECTS=11.2 |
2 |
15 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
RIZA NOVIANA KHOIRUNNISA |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-9 |
Mampu menuangkan pemikiran-pemikiran konseptual maupun hasil penelitian psikologi dalam bentuk tulisan ilmiah yang layak dipublikasikan, mampu mempresentasikan ilmu psikologi dalam forum akademik maupun masyarakat umum dan mampu mengomunikasikan dan menyebarIuaskan hasil riset pada forum akademik nasional atau internasional serta [urnal ilmiah nasional yang terakreditasi atau jurnal internasional. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan teori dan konsep manajemen sumber daya manusia dalam merancang strategi pengembangan SDM di organisasi (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis kebutuhan pelatihan dan pengembangan berdasarkan kompetensi yang diperlukan di tempat kerja (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi efektivitas program pelatihan dan pengembangan yang telah diimplementasikan dalam organisasi (C5)
|
PO - 4 |
Menggabungkan berbagai metode asesmen dan pengukuran untuk mendukung keputusan manajemen sumber daya manusia (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan teknik negosiasi dan mediasi dalam mengelola konflik di tempat kerja (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis dan menginterpretasi data untuk mendukung pengambilan keputusan dalam manajemen sumber daya manusia (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi kebijakan sumber daya manusia berdasarkan regulasi dan etika profesi (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan strategi inovatif untuk meningkatkan kinerja dan kepuasan kerja karyawan (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan prinsip-prinsip psikologi organisasi untuk meningkatkan efektivitas organisasi (C3)
|
PO - 10 |
Menganalisis dampak budaya organisasi terhadap praktik manajemen sumber daya manusia (C4)
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-4 | PLO-9 | | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | ✔ | | | PO-4 | | ✔ | | PO-5 | ✔ | | | PO-6 | ✔ | | | PO-7 | ✔ | | | PO-8 | | ✔ | | PO-9 | ✔ | | | PO-10 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Manajemen Sumber Daya Manusia pada jenjang S2 program studi Psikologi membahas tentang konsep, teori, dan praktik terkait pengelolaan sumber daya manusia di organisasi. Tujuan dari matakuliah ini adalah memberikan pemahaman mendalam mengenai strategi pengelolaan SDM yang efektif dan efisien, serta mengembangkan keterampilan dalam merencanakan, mengelola, dan mengoptimalkan potensi sumber daya manusia. Ruang lingkupnya meliputi analisis kebutuhan SDM, rekrutmen, seleksi, pelatihan, pengembangan karir, evaluasi kinerja, kompensasi, serta isu-isu etika dan hukum dalam manajemen SDM. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Afandi, P. (2016). Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Yogyakarta: Deepublish.
- Ningsih, Supiah dkk (2021)., “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.
- Samsudin, S. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV Pustaka Setia.
- Dessler, G. (2020). Human Resource Management (16th ed.). Pearson Education.
- Armstrong, M. (2020). Armstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice. London: Kogan Page.
- Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Organisasi.
- Noe, R. A. (2020). Employee Training and Development. McGraw-Hill
- Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2020). Organizational Behavior. Pearson
|
Pendukung : |
|
- Mangkunegara, A.P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Organisasi, Cetakan Ketujuh. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
- Sedarmayanti (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung : Refika Aditama.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Damajanti Kusuma Dewi, S.Psi., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar, tujuan, dan manfaat MSDM dalam konteks organisasi (CPMK-1). |
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep MSDM secara lisan dan tertulis
- Mahasiswa mampu mengaitkan konsep MSDM dengan kasus organisasi
|
Kriteria:
- Ketepatan konsep
- Kejelasan argumentasi
- Relevansi contoh kasus
- Keaktifan diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Kontrak kuliah
Diskusi konsep dasar MSDM
Analisis singkat kasus praktik MSDM di organisasi
|
|
Materi: Konsep Dasar,Tujuan & Manfaat MSDM Pustaka: Afandi, P. (2016). Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Yogyakarta: Deepublish. Materi: Konsep Dasar,Tujuan & Manfaat MSDM Pustaka: Samsudin, S. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV Pustaka Setia. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu membuat Perencanaan SDM secara kuantitatif dan kualitatif |
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan SDM
- Mahasiswa mampu menyusun perencanaan SDM sederhana
|
Kriteria:
- Ketepatan identifikasi kebutuhan SDM
- Kesesuaian rencana dengan tujuan organisasi
- Kerapian dan sistematika portofolio
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Studi kasus perencanaan SDM
Latihan menyusun rencana SDM strategis
|
|
Materi: Perencanaan SDM kuantitatif dan kualitatif Pustaka: Ningsih, Supiah dkk (2021)., “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung. Materi: Perencanaan SDM kuantitatif dan kualitatif Pustaka: Sedarmayanti (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung : Refika Aditama. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menyusun job analysis (Job Description, Job Specification, Job Design) (CPMK-1) |
- Mahasiswa mampu menyusun job description dan job specification
- Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan jabatan dengan kebutuhan SDM
|
Kriteria:
- Kelengkapan komponen job analysis
- Ketepatan isi
- Kesesuaian dengan studi kasus
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Case study analisis jabatan
Praktik penyusunan job analysis
|
|
Materi: Job Analysis (Job Description, Job Specification, Job Design) Pustaka: Afandi, P. (2016). Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Yogyakarta: Deepublish. Materi: Job Analysis (Job Description, Job Specification, Job Design) Pustaka: Dessler, G. (2020). Human Resource Management (16th ed.). Pearson Education. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mengintegrasikan perencanaan SDM dan job analysis (CPMK-1). |
Mahasiswa mampu mengintegrasikan job analysis ke dalam perencanaan SDM |
Kriteria:
- Konsistensi antar komponen
- Logika perencanaan
- Kejelasan argumentasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok
Review dan perbaikan portofolio perencanaan SDM
|
|
Materi: Integrasi job analysis dan perencanaan SDM Pustaka: Samsudin, S. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV Pustaka Setia. Materi: Integrasi job analysis dan perencanaan SDM Pustaka: Armstrong, M. (2020). Armstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice. London: Kogan Page. Materi: Sistem rekrutmen dan seleksi SDM Pustaka: Ningsih, Supiah dkk (2021)., “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung. Materi: Sistem rekrutmen dan seleksi SDM Pustaka: Dessler, G. (2020). Human Resource Management (16th ed.). Pearson Education. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu merumuskan sistem rekrutmen dan seleksi SDM sesuai level jabatan (CPMK-2). |
- Mahasiswa mampu merancang alur rekrutmen dan seleksi
- Mahasiswa mampu memilih metode seleksi yang tepat
|
Kriteria:
- Ketepatan desain sistem
- Kesesuaian metode seleksi
- Kelayakan implementasi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Case study sistem rekrutmen
Penyusunan desain rekrutmen & seleksi (project)
|
|
Materi: Sistem rekrutmen dan seleksi SDM Pustaka: Ningsih, Supiah dkk (2021)., “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung. Materi: Sistem rekrutmen dan seleksi SDM Pustaka: Dessler, G. (2020). Human Resource Management (16th ed.). Pearson Education. Materi: Sistem rekrutmen dan seleksi SDM Pustaka: Armstrong, M. (2020). Armstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice. London: Kogan Page. |
15% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi sistem rekrutmen dan seleksi SDM (CPMK-2). |
Mahasiswa mampu menjelaskan kelebihan dan kelemahan sistem rekrutmen |
Kriteria:
- Kedalaman analisis
- Kejelasan presentasi
- Respons terhadap umpan balik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Presentasi project
Peer review dan diskusi
|
|
Materi: Evaluasi sistem rekrutmen dan seleksi Pustaka: Afandi, P. (2016). Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Yogyakarta: Deepublish. Materi: Evaluasi sistem rekrutmen dan seleksi Pustaka: Armstrong, M. (2020). Armstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice. London: Kogan Page. |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu merumuskan sistem operasional SDM berbasis produktivitas dan kualitas (CPMK-3, CPMK-9). |
Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan operasional SDM dengan produktivitas |
Kriteria:
- Ketepatan konsep
- Relevansi solusi
- Keaktifan diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Studi kasus operasional SDM
Diskusi pelatihan dan pengembangan SDM
|
|
Materi: Sistem operasional MSDM berbasis produktivitas dan kualitas Pustaka: Samsudin, S. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV Pustaka Setia. Materi: Sistem operasional MSDM berbasis produktivitas dan kualitas Pustaka: Sedarmayanti (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung : Refika Aditama. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mengoperasionalkan pelatihan dan pengembangan SDM (CPMK-3). |
Mahasiswa mampu menyusun program pelatihan SDM |
Kriteria:
- Kesesuaian program dengan kebutuhan
- Kejelasan tujuan dan metode
- Keterukuran hasil
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Case study program pelatihan
Penyusunan desain pelatihan
|
|
Materi: Pelatihan dan pengembangan SDM Pustaka: Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Organisasi. Materi: Pelatihan dan pengembangan SDM Pustaka: Noe, R. A. (2020). Employee Training and Development. McGraw-Hill |
3% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu mengimplementasikan orientasi dan penempatan SDM (CPMK-3, CPMK-9). |
Mahasiswa mampu menjelaskan prosedur orientasi dan penempatan |
Kriteria:
- Ketepatan prosedur
- Kejelasan simulasi
- Relevansi dengan konteks organisasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Simulasi orientasi karyawan
Diskusi motivasi kerja
|
|
Materi: Orientasi, penempatan, dan motivasi kerja Pustaka: Samsudin, S. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV Pustaka Setia. Materi: Orientasi, penempatan, dan motivasi kerja Pustaka: Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2020). Organizational Behavior. Pearson |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi efektivitas pelatihan dan pengembangan SDM (CPMK-3, CPMK-8) |
Mahasiswa mampu menyusun evaluasi program pelatihan |
Kriteria:
- Ketepatan metode evaluasi
- Kedalaman analisis
- Kejelasan rekomendasi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi project pelatihan
Diskusi evaluasi
|
|
Materi: Evaluasi efektivitas pelatihan dan pengembangan SDM Pustaka: Noe, R. A. (2020). Employee Training and Development. McGraw-Hill Materi: Evaluasi efektivitas pelatihan dan pengembangan SDM Pustaka: Afandi, P. (2016). Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Yogyakarta: Deepublish. |
20% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu mengambil keputusan strategis MSDM berbasis continuous improvement (CPMK-6, CPMK-7). |
Mahasiswa mampu mengusulkan keputusan MSDM berbasis data |
Kriteria:
- Ketepatan keputusan
- Logika argumentasi
- Relevansi data
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Studi kasus konflik dan karier
Diskusi monitoring MSDM
|
|
Materi: Pengambilan keputusan strategis MSDM & continuous improvement Pustaka: Sedarmayanti (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung : Refika Aditama. Materi: Pengambilan keputusan strategis MSDM & continuous improvement Pustaka: Armstrong, M. (2020). Armstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice. London: Kogan Page. |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menyusun laporan evaluasi dan monitoring MSDM (CPMK-6). |
Mahasiswa mampu menyusun laporan evaluasi MSDM |
Kriteria:
- Sistematika laporan
- Kejelasan analisis
- Kelayakan rekomendasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Latihan penyusunan laporan M&E
Review laporan
|
|
Materi: Monitoring dan evaluasi MSDM Pustaka: Afandi, P. (2016). Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Yogyakarta: Deepublish. Materi: Monitoring dan evaluasi MSDM Pustaka: Samsudin, S. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV Pustaka Setia. |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi kebijakan MSDM berbasis etika dan regulasi (CPMK-7). |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi isu etika MSDM |
Kriteria:
- Ketepatan identifikasi isu
- Kesesuaian dengan regulasi
- Kedalaman analisis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi kasus etik MSDM
Analisis kebijakan SDM
|
|
Materi: Etika dan regulasi dalam MSDM Pustaka: Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Organisasi. Materi: Etika dan regulasi dalam MSDM Pustaka: Dessler, G. (2020). Human Resource Management (16th ed.). Pearson Education. |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu merumuskan tindak lanjut kebijakan MSDM (CPMK-7, CPMK-8). |
Mahasiswa mampu menyusun rencana tindak lanjut MSDM |
Kriteria:
- Kelayakan rencana
- Konsistensi dengan hasil evaluasi
- Kejelasan langkah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi perbaikan kebijakan
Penyempurnaan laporan
|
|
Materi: Tindak lanjut kebijakan MSDM Pustaka: Sedarmayanti (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung : Refika Aditama. Materi: Tindak lanjut kebijakan MSDM Pustaka: Armstrong, M. (2020). Armstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice. London: Kogan Page. |
3% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu merancang strategi inovatif peningkatan kinerja dan kepuasan kerja (CPMK-8). |
Mahasiswa mampu merancang strategi inovatif MSDM |
Kriteria:
- Kebaruan strategi
- Kelayakan implementasi
- Argumentasi ilmiah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Presentasi draft strategi inovasi SDM
Diskusi kelas
|
|
Materi: Strategi inovatif peningkatan kinerja dan kepuasan kerja Pustaka: Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2020). Organizational Behavior. Pearson Materi: Strategi inovatif peningkatan kinerja dan kepuasan kerja Pustaka: Afandi, P. (2016). Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Yogyakarta: Deepublish. |
3% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu menyajikan project akhir MSDM secara komprehensif (CPMK-8, CPMK-9). |
Mahasiswa mampu mempresentasikan project MSDM secara utuh |
Kriteria:
- Kelengkapan project
- Integrasi seluruh CPMK
- Kejelasan presentasi dan rekomendasi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi project akhir
Evaluasi menyeluruh
|
|
Materi: Project akhir MSDM (integratif seluruh CPMK) Pustaka: Armstrong, M. (2020). Armstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice. London: Kogan Page. Materi: Project akhir MSDM (integratif seluruh CPMK) Pustaka: Noe, R. A. (2020). Employee Training and Development. McGraw-Hill Materi: Project akhir MSDM (integratif seluruh CPMK) Pustaka: Dessler, G. (2020). Human Resource Management (16th ed.). Pearson Education. |
26% |