Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Sumber Daya Manusia

7310105015

T=5

P=0

ECTS=11.2

2

15 Desember 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




RIZA NOVIANA KHOIRUNNISA

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-9

Mampu menuangkan pemikiran-pemikiran konseptual maupun hasil penelitian psikologi dalam bentuk tulisan ilmiah yang layak dipublikasikan, mampu mempresentasikan ilmu psikologi dalam forum akademik maupun masyarakat umum dan mampu mengomunikasikan dan menyebarIuaskan hasil riset pada forum akademik nasional atau internasional serta [urnal ilmiah nasional yang terakreditasi atau jurnal internasional.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan teori dan konsep manajemen sumber daya manusia dalam merancang strategi pengembangan SDM di organisasi (C3)

PO - 2

Menganalisis kebutuhan pelatihan dan pengembangan berdasarkan kompetensi yang diperlukan di tempat kerja (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas program pelatihan dan pengembangan yang telah diimplementasikan dalam organisasi (C5)

PO - 4

Menggabungkan berbagai metode asesmen dan pengukuran untuk mendukung keputusan manajemen sumber daya manusia (C6)

PO - 5

Menerapkan teknik negosiasi dan mediasi dalam mengelola konflik di tempat kerja (C3)

PO - 6

Menganalisis dan menginterpretasi data untuk mendukung pengambilan keputusan dalam manajemen sumber daya manusia (C4)

PO - 7

Mengevaluasi kebijakan sumber daya manusia berdasarkan regulasi dan etika profesi (C5)

PO - 8

Menciptakan strategi inovatif untuk meningkatkan kinerja dan kepuasan kerja karyawan (C6)

PO - 9

Menerapkan prinsip-prinsip psikologi organisasi untuk meningkatkan efektivitas organisasi (C3)

PO - 10

Menganalisis dampak budaya organisasi terhadap praktik manajemen sumber daya manusia (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-9
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8 
PO-9 
PO-10 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Manajemen Sumber Daya Manusia pada jenjang S2 program studi Psikologi membahas tentang konsep, teori, dan praktik terkait pengelolaan sumber daya manusia di organisasi. Tujuan dari matakuliah ini adalah memberikan pemahaman mendalam mengenai strategi pengelolaan SDM yang efektif dan efisien, serta mengembangkan keterampilan dalam merencanakan, mengelola, dan mengoptimalkan potensi sumber daya manusia. Ruang lingkupnya meliputi analisis kebutuhan SDM, rekrutmen, seleksi, pelatihan, pengembangan karir, evaluasi kinerja, kompensasi, serta isu-isu etika dan hukum dalam manajemen SDM.

Pustaka

Utama :

  1. Afandi, P. (2016). Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Yogyakarta: Deepublish.
  2. Ningsih, Supiah dkk (2021)., “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.
  3. Samsudin, S. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV Pustaka Setia.
  4. Dessler, G. (2020). Human Resource Management (16th ed.). Pearson Education.
  5. Armstrong, M. (2020). Armstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice. London: Kogan Page.
  6. Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Organisasi.
  7. Noe, R. A. (2020). Employee Training and Development. McGraw-Hill
  8. Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2020). Organizational Behavior. Pearson

Pendukung :

  1. Mangkunegara, A.P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Organisasi, Cetakan Ketujuh. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
  2. Sedarmayanti (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung : Refika Aditama.

Dosen Pengampu

Dr. Damajanti Kusuma Dewi, S.Psi., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar, tujuan, dan manfaat MSDM dalam konteks organisasi (CPMK-1).

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep MSDM secara lisan dan tertulis
  2. Mahasiswa mampu mengaitkan konsep MSDM dengan kasus organisasi
Kriteria:
  1. Ketepatan konsep
  2. Kejelasan argumentasi
  3. Relevansi contoh kasus
  4. Keaktifan diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Kontrak kuliah
Diskusi konsep dasar MSDM
Analisis singkat kasus praktik MSDM di organisasi

Materi: Konsep Dasar,Tujuan & Manfaat MSDM
Pustaka: Afandi, P. (2016). Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Yogyakarta: Deepublish.

Materi: Konsep Dasar,Tujuan & Manfaat MSDM
Pustaka: Samsudin, S. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV Pustaka Setia.
3%

2

Minggu ke 2

Mampu membuat Perencanaan SDM secara kuantitatif dan kualitatif

  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan SDM
  2. Mahasiswa mampu menyusun perencanaan SDM sederhana
Kriteria:
  1. Ketepatan identifikasi kebutuhan SDM
  2. Kesesuaian rencana dengan tujuan organisasi
  3. Kerapian dan sistematika portofolio

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Studi kasus perencanaan SDM
Latihan menyusun rencana SDM strategis

Materi: Perencanaan SDM kuantitatif dan kualitatif
Pustaka: Ningsih, Supiah dkk (2021)., “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.

Materi: Perencanaan SDM kuantitatif dan kualitatif
Pustaka: Sedarmayanti (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung : Refika Aditama.
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menyusun job analysis (Job Description, Job Specification, Job Design) (CPMK-1)

  1. Mahasiswa mampu menyusun job description dan job specification
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan jabatan dengan kebutuhan SDM
Kriteria:
  1. Kelengkapan komponen job analysis
  2. Ketepatan isi
  3. Kesesuaian dengan studi kasus

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Case study analisis jabatan
Praktik penyusunan job analysis

Materi: Job Analysis (Job Description, Job Specification, Job Design)
Pustaka: Afandi, P. (2016). Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Yogyakarta: Deepublish.

Materi: Job Analysis (Job Description, Job Specification, Job Design)
Pustaka: Dessler, G. (2020). Human Resource Management (16th ed.). Pearson Education.
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu mengintegrasikan perencanaan SDM dan job analysis (CPMK-1).

Mahasiswa mampu mengintegrasikan job analysis ke dalam perencanaan SDM

Kriteria:
  1. Konsistensi antar komponen
  2. Logika perencanaan
  3. Kejelasan argumentasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok
Review dan perbaikan portofolio perencanaan SDM

Materi: Integrasi job analysis dan perencanaan SDM
Pustaka: Samsudin, S. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Materi: Integrasi job analysis dan perencanaan SDM
Pustaka: Armstrong, M. (2020). Armstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice. London: Kogan Page.

Materi: Sistem rekrutmen dan seleksi SDM
Pustaka: Ningsih, Supiah dkk (2021)., “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.

Materi: Sistem rekrutmen dan seleksi SDM
Pustaka: Dessler, G. (2020). Human Resource Management (16th ed.). Pearson Education.
3%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu merumuskan sistem rekrutmen dan seleksi SDM sesuai level jabatan (CPMK-2).

  1. Mahasiswa mampu merancang alur rekrutmen dan seleksi
  2. Mahasiswa mampu memilih metode seleksi yang tepat
Kriteria:
  1. Ketepatan desain sistem
  2. Kesesuaian metode seleksi
  3. Kelayakan implementasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Case study sistem rekrutmen
Penyusunan desain rekrutmen & seleksi (project)

Materi: Sistem rekrutmen dan seleksi SDM
Pustaka: Ningsih, Supiah dkk (2021)., “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.

Materi: Sistem rekrutmen dan seleksi SDM
Pustaka: Dessler, G. (2020). Human Resource Management (16th ed.). Pearson Education.

Materi: Sistem rekrutmen dan seleksi SDM
Pustaka: Armstrong, M. (2020). Armstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice. London: Kogan Page.
15%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu mengevaluasi sistem rekrutmen dan seleksi SDM (CPMK-2).

Mahasiswa mampu menjelaskan kelebihan dan kelemahan sistem rekrutmen

Kriteria:
  1. Kedalaman analisis
  2. Kejelasan presentasi
  3. Respons terhadap umpan balik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Presentasi project
Peer review dan diskusi

Materi: Evaluasi sistem rekrutmen dan seleksi
Pustaka: Afandi, P. (2016). Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Yogyakarta: Deepublish.

Materi: Evaluasi sistem rekrutmen dan seleksi
Pustaka: Armstrong, M. (2020). Armstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice. London: Kogan Page.
3%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu merumuskan sistem operasional SDM berbasis produktivitas dan kualitas (CPMK-3, CPMK-9).

Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan operasional SDM dengan produktivitas

Kriteria:
  1. Ketepatan konsep
  2. Relevansi solusi
  3. Keaktifan diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Studi kasus operasional SDM
Diskusi pelatihan dan pengembangan SDM

Materi: Sistem operasional MSDM berbasis produktivitas dan kualitas
Pustaka: Samsudin, S. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Materi: Sistem operasional MSDM berbasis produktivitas dan kualitas
Pustaka: Sedarmayanti (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung : Refika Aditama.
3%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mengoperasionalkan pelatihan dan pengembangan SDM (CPMK-3).

Mahasiswa mampu menyusun program pelatihan SDM

Kriteria:
  1. Kesesuaian program dengan kebutuhan
  2. Kejelasan tujuan dan metode
  3. Keterukuran hasil

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Case study program pelatihan
Penyusunan desain pelatihan

Materi: Pelatihan dan pengembangan SDM
Pustaka: Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Organisasi.

Materi: Pelatihan dan pengembangan SDM
Pustaka: Noe, R. A. (2020). Employee Training and Development. McGraw-Hill
3%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu mengimplementasikan orientasi dan penempatan SDM (CPMK-3, CPMK-9).

Mahasiswa mampu menjelaskan prosedur orientasi dan penempatan

Kriteria:
  1. Ketepatan prosedur
  2. Kejelasan simulasi
  3. Relevansi dengan konteks organisasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Simulasi orientasi karyawan
Diskusi motivasi kerja

Materi: Orientasi, penempatan, dan motivasi kerja
Pustaka: Samsudin, S. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Materi: Orientasi, penempatan, dan motivasi kerja
Pustaka: Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2020). Organizational Behavior. Pearson
3%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu mengevaluasi efektivitas pelatihan dan pengembangan SDM (CPMK-3, CPMK-8)

Mahasiswa mampu menyusun evaluasi program pelatihan

Kriteria:
  1. Ketepatan metode evaluasi
  2. Kedalaman analisis
  3. Kejelasan rekomendasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi project pelatihan
Diskusi evaluasi

Materi: Evaluasi efektivitas pelatihan dan pengembangan SDM
Pustaka: Noe, R. A. (2020). Employee Training and Development. McGraw-Hill

Materi: Evaluasi efektivitas pelatihan dan pengembangan SDM
Pustaka: Afandi, P. (2016). Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Yogyakarta: Deepublish.
20%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu mengambil keputusan strategis MSDM berbasis continuous improvement (CPMK-6, CPMK-7).

Mahasiswa mampu mengusulkan keputusan MSDM berbasis data

Kriteria:
  1. Ketepatan keputusan
  2. Logika argumentasi
  3. Relevansi data

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Studi kasus konflik dan karier
Diskusi monitoring MSDM

Materi: Pengambilan keputusan strategis MSDM & continuous improvement
Pustaka: Sedarmayanti (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung : Refika Aditama.

Materi: Pengambilan keputusan strategis MSDM & continuous improvement
Pustaka: Armstrong, M. (2020). Armstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice. London: Kogan Page.
3%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menyusun laporan evaluasi dan monitoring MSDM (CPMK-6).

Mahasiswa mampu menyusun laporan evaluasi MSDM

Kriteria:
  1. Sistematika laporan
  2. Kejelasan analisis
  3. Kelayakan rekomendasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Latihan penyusunan laporan M&E
Review laporan

Materi: Monitoring dan evaluasi MSDM
Pustaka: Afandi, P. (2016). Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Yogyakarta: Deepublish.

Materi: Monitoring dan evaluasi MSDM
Pustaka: Samsudin, S. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV Pustaka Setia.
3%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu mengevaluasi kebijakan MSDM berbasis etika dan regulasi (CPMK-7).

Mahasiswa mampu mengidentifikasi isu etika MSDM

Kriteria:
  1. Ketepatan identifikasi isu
  2. Kesesuaian dengan regulasi
  3. Kedalaman analisis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi kasus etik MSDM
Analisis kebijakan SDM

Materi: Etika dan regulasi dalam MSDM
Pustaka: Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Organisasi.

Materi: Etika dan regulasi dalam MSDM
Pustaka: Dessler, G. (2020). Human Resource Management (16th ed.). Pearson Education.
3%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu merumuskan tindak lanjut kebijakan MSDM (CPMK-7, CPMK-8).

Mahasiswa mampu menyusun rencana tindak lanjut MSDM

Kriteria:
  1. Kelayakan rencana
  2. Konsistensi dengan hasil evaluasi
  3. Kejelasan langkah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi perbaikan kebijakan
Penyempurnaan laporan

Materi: Tindak lanjut kebijakan MSDM
Pustaka: Sedarmayanti (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung : Refika Aditama.

Materi: Tindak lanjut kebijakan MSDM
Pustaka: Armstrong, M. (2020). Armstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice. London: Kogan Page.
3%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu merancang strategi inovatif peningkatan kinerja dan kepuasan kerja (CPMK-8).

Mahasiswa mampu merancang strategi inovatif MSDM

Kriteria:
  1. Kebaruan strategi
  2. Kelayakan implementasi
  3. Argumentasi ilmiah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Presentasi draft strategi inovasi SDM
Diskusi kelas

Materi: Strategi inovatif peningkatan kinerja dan kepuasan kerja
Pustaka: Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2020). Organizational Behavior. Pearson

Materi: Strategi inovatif peningkatan kinerja dan kepuasan kerja
Pustaka: Afandi, P. (2016). Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Yogyakarta: Deepublish.
3%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu menyajikan project akhir MSDM secara komprehensif (CPMK-8, CPMK-9).

Mahasiswa mampu mempresentasikan project MSDM secara utuh

Kriteria:
  1. Kelengkapan project
  2. Integrasi seluruh CPMK
  3. Kejelasan presentasi dan rekomendasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi project akhir
Evaluasi menyeluruh

Materi: Project akhir MSDM (integratif seluruh CPMK)
Pustaka: Armstrong, M. (2020). Armstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice. London: Kogan Page.

Materi: Project akhir MSDM (integratif seluruh CPMK)
Pustaka: Noe, R. A. (2020). Employee Training and Development. McGraw-Hill

Materi: Project akhir MSDM (integratif seluruh CPMK)
Pustaka: Dessler, G. (2020). Human Resource Management (16th ed.). Pearson Education.
26%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 19%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 62%
3. Penilaian Portofolio 19%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.