
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Bimbingan Dan Konseling
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Multibudaya dalam Bimbingan dan Konseling |
8620102282 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=1 |
P=0 |
ECTS=1.59 |
4 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Ari Khusumadewi, S.Pd., M.Pd.
|
Prof. Dr. Najlatun Naqiyah, S.Ag., M.Pd.
|
Dr. Evi Winingsih, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami konsep budaya dalam pelayanan bimbingan dan konseling.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengkaji permasalahan budaya dalam pelayanan bimbingan dan konseling.
|
PO - 3 |
Mampu mengidentifikasi permasalahan dan mempraktikkan pendekatan konseling dengan perspektif multibudaya.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | | ✔ | PO-3 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengkaji hakikat konseling multibudaya, pengertian budaya dan kebudayaan, model konseling multibudaya, konsep konseling multibudaya saat ini, pengertian ras dan pemberian label yang berpengaruh terhadap identitas budaya, pengaruh identitas nudaya terhadap perilaku sosial, isu-isu gender dalam konseling multi budaya, perkembangan identitas psikologi sosial dalam konseling multi budaya, standar konselor multibudaya, etika profesional dalam konseling multi budaya, pelatihan konseling multi budaya dalam pendidikan konselor, dan praktik konseling individu/kelompok dalam perspektif konseling multibudaya. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Berry, JW. dkk. 1999. Psikologi Multibudaya: Riset dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia.
- 2. Berry, J.W, Poortingga, Y.H, Breugelmans, S.M, Chasiostis, A, Sam, D. L. 2011. Cross-Cultural Psychology: Research and Aplication. UK: Cambridge University Press.
- 3. Brown, D, Srebalus, D.J. 2003. Introduction To The Counseling Profession (3rd Ed). Washington, DC: Allyn & Bacon.
- 4. Journal Of Counseling and Development – September/ Oktober 1991 – Vol.70 special of multicultural counseling.
- 5. Journal Of Counseling and Development- Summer/Fall 2010 - Vol 88.
- 6. Journal Of Counseling and Development- Winter 2011 - Vol 89.
- 7. Lee, W.M, Blando, J.A, Mizzele, N.D, Orozco, L. 2007. Introduction To Multicultural Counseling For Helping Professional (2nd Ed). New York: Taylor & Francis Group.
|
Pendukung : |
|
- 8. Matsumoto, D. 1994. People: Psychology from Cultural Perspective. California:Brooks/Cole Pub
- 9. Matsumoto, D. 1996. Culture and Psychology. California: Brooks/Cole Publishing.
- 10. Patterson, C.H. Journal of Counseling and Development. Multicultural Counseling: From Diversity to Universality. 1996
- 11. Sue, D.W, Sue, D. 2003. Cultural Competence in Treatment of Ethnic Minority Populations. Washington, DC: APA Press.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Najlatun Naqiyah, M.Pd. Dr. Ari Khusumadewi, S.Pd., M.Pd. Dr. Bakhrudin All Habsy, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menguasai konsep tentang hakikat konseling multibudaya, pengertian budaya dan kebudayaan |
Dapat menjelaskan konsep dasar perspektif multibudaya dan konseling multibudaya |
Kriteria:
- Non Tes: Bertanya mendapat tambahan poin 1
- Menjawab mendapat tambahan poin 2
- Menjawab dengan tepat mendapat tambahan poin 3
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
1. Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar.
2. Membimbing kelompok bekerja dan belajar.
3. Evaluasi. 1x50 |
Materi: hakikat konseling multibudaya, pengertian budaya dan kebudayaan Pustaka: 1. Berry, JW. dkk. 1999. Psikologi Multibudaya: Riset dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia. |
6% |
2
Minggu ke 2 |
Menguasai model Konseling Multibudaya |
Dapat menjelaskan model konseling multibudaya |
Kriteria:
Ada 1 tahapan yang terlewat 76-80 Tidak Praktik 0 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project Based Learning dengan tahapan
1. Penentuan pertanyaan mendasar (start with essential question)
2. Menyusun perencanaan proyek (design project)
3.. Evaluasi Pengalaman (evaluation the experience) 1x50 |
Materi: model Konseling Multibudaya Pustaka: 4. Journal Of Counseling and Development – September/ Oktober 1991 – Vol.70 special of multicultural counseling. |
6% |
3
Minggu ke 3 |
Menguasai konsep tentang konseling multikultural saat ini |
Dapat menjelaskan pandangan konseling multikultural, redefinisi konseling multikultural dan implikasinya. |
Kriteria:
skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik, skor 3 jika dilakukan dengan baik, skor 2 jika dilakukan dengan cukup, skor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Ceramah dan Tanya Jawab 1x50 |
Materi: konsep tentang konseling multikultural saat ini Pustaka: 2. Berry, J.W, Poortingga, Y.H, Breugelmans, S.M, Chasiostis, A, Sam, D. L. 2011. Cross-Cultural Psychology: Research and Aplication. UK: Cambridge University Press. |
6% |
4
Minggu ke 4 |
- Menguasai pengertian ras dan pemberian label yang berpengaruh terhadap identitas budaya.
- Menguasai konsep pengaruh identitas budaya terhadap perilaku sosial
|
- Dapat menjelaskan tentang golongan atau ras yang mempengaruhi identitas budaya.
- Menjelaskan pengaruh budaya atas perilaku sosial dan pola komunikasi
|
Kriteria:
skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik, skor 3 jika dilakukan dengan baik, skor 2 jika dilakukan dengan cukup, skor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Ceramah dan Tanya Jawab 1x50 |
Materi: pengertian ras dan pemberian label yang berpengaruh terhadap identitas budaya. Pustaka: 8. Matsumoto, D. 1994. People: Psychology from Cultural Perspective. California:Brooks/Cole Pub Materi: konsep pengaruh identitas budaya terhadap perilaku sosial Pustaka: 9. Matsumoto, D. 1996. Culture and Psychology. California: Brooks/Cole Publishing. |
6% |
5
Minggu ke 5 |
Isu-isu gender dalam konseling multibudaya |
skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik, skor 3 jika dilakukan dengan baik, skor 2 jika dilakukan dengan cukup, skor 1 jika tidak dilakukan |
Kriteria:
skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik, skor 3 jika dilakukan dengan baik, skor 2 jika dilakukan dengan cukup, skor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Ceramah dan Tanya Jawab 1x50 |
Materi: Isu-isu gender dalam konseling multibudaya Pustaka: 4. Journal Of Counseling and Development – September/ Oktober 1991 – Vol.70 special of multicultural counseling. Materi: Isu-isu gender dalam konseling multibudaya Pustaka: 7. Lee, W.M, Blando, J.A, Mizzele, N.D, Orozco, L. 2007. Introduction To Multicultural Counseling For Helping Professional (2nd Ed). New York: Taylor & Francis Group. |
6% |
6
Minggu ke 6 |
Menguasai pengetahuan dan pemahaman tentang perkembangan identitas psikologi sosial dalam konseling multibudaya |
Memahami perkembangan identitas psiko-sosial dan konteks kemunculan dan perkembangan konseptual konseling multibudaya |
Kriteria:
skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik, skor 3 jika dilakukan dengan baik, skor 2 jika dilakukan dengan cukup, skor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Ceramah dan Tanya Jawab 1x50 |
Materi: pengetahuan dan pemahaman tentang perkembangan identitas psikologi sosial dalam konseling multibudaya Pustaka: 10. Patterson, C.H. Journal of Counseling and Development. Multicultural Counseling: From Diversity to Universality. 1996 Materi: pengetahuan dan pemahaman tentang perkembangan identitas psikologi sosial dalam konseling multibudaya Pustaka: 11. Sue, D.W, Sue, D. 2003. Cultural Competence in Treatment of Ethnic Minority Populations. Washington, DC: APA Press. |
6% |
7
Minggu ke 7 |
Menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan dan pemahaman tentang standar kompetensi, etika Konselor multibudaya |
Memahami dan mampu menjelaskan standar kompetensi konselor multibudaya, etika profesional konseling multibudaya |
Kriteria:
skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik, skor 3 jika dilakukan dengan baik, skor 2 jika dilakukan dengan cukup, skor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Ceramah dan Tanya Jawab 1x50 |
Materi: standar kompetensi, etika Konselor multibudaya Pustaka: 7. Lee, W.M, Blando, J.A, Mizzele, N.D, Orozco, L. 2007. Introduction To Multicultural Counseling For Helping Professional (2nd Ed). New York: Taylor & Francis Group. |
6% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu |
Kriteria:
Ketepatan jawaban Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 1x50 |
|
Materi: Isu-isu gender dalam konseling multibudaya, standar kompetensi, etika Konselor multibudaya Pustaka: 7. Lee, W.M, Blando, J.A, Mizzele, N.D, Orozco, L. 2007. Introduction To Multicultural Counseling For Helping Professional (2nd Ed). New York: Taylor & Francis Group. |
8% |
9
Minggu ke 9 |
Mengaplikasikan perspektif multibudaya ke dalam program bimbingan dan konseling |
Merancang program Bimbingan dan Konseling dengan perspektif konseling multibudaya |
Kriteria:
skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik, skor 3 jika dilakukan dengan baik, skor 2 jika dilakukan dengan cukup, skor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
|
Project Based Learning dengan tahapan
1. Penentuan pertanyaan mendasar (start with essential question)
2. Menyusun perencanaan proyek (design project)
3.. Evaluasi Pengalaman (evaluation the experience) 1x50 |
Materi: perspektif multibudaya ke dalam program bimbingan dan konseling Pustaka: 1. Berry, JW. dkk. 1999. Psikologi Multibudaya: Riset dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia. Materi: perspektif multibudaya ke dalam program bimbingan dan konseling Pustaka: 10. Patterson, C.H. Journal of Counseling and Development. Multicultural Counseling: From Diversity to Universality. 1996 |
6% |
10
Minggu ke 10 |
Mengenal Pelatihan Konseling Multibudaya dalam Pendidikan Konselor |
Memahami dan mampu menjelaskan model pelatihan konseling multibudaya |
Kriteria:
skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik, skor 3 jika dilakukan dengan baik, skor 2 jika dilakukan dengan cukup, skor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Ceramah dan Tanya Jawab 1x50 |
Materi: Pelatihan Konseling Multibudaya dalam Pendidikan Konselor Pustaka: 1. Berry, JW. dkk. 1999. Psikologi Multibudaya: Riset dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia. |
6% |
11
Minggu ke 11 |
Merancang pelatihan konseling multibudaya |
Merancang dan mempresentasikan rancangan pelatihan konseling multibudaya |
Kriteria:
skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik, skor 3 jika dilakukan dengan baik, skor 2 jika dilakukan dengan cukup, skor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project Based Learning dengan tahapan
1. Penentuan pertanyaan mendasar (start with essential question)
2. Menyusun perencanaan proyek (design project)
3.. Evaluasi Pengalaman (evaluation the experience) 1x50 |
Materi: pelatihan konseling multibudaya Pustaka: 1. Berry, JW. dkk. 1999. Psikologi Multibudaya: Riset dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia. Materi: pelatihan konseling multibudaya Pustaka: 2. Berry, J.W, Poortingga, Y.H, Breugelmans, S.M, Chasiostis, A, Sam, D. L. 2011. Cross-Cultural Psychology: Research and Aplication. UK: Cambridge University Press. Materi: pelatihan konseling multibudaya Pustaka: 4. Journal Of Counseling and Development – September/ Oktober 1991 – Vol.70 special of multicultural counseling. Materi: pelatihan konseling multibudaya Pustaka: 7. Lee, W.M, Blando, J.A, Mizzele, N.D, Orozco, L. 2007. Introduction To Multicultural Counseling For Helping Professional (2nd Ed). New York: Taylor & Francis Group. |
6% |
12
Minggu ke 12 |
Merancang pelatihan konseling multibudaya |
Merancang dan mempresentasikan rancangan pelatihan konseling multibudaya |
Kriteria:
skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik, skor 3 jika dilakukan dengan baik, skor 2 jika dilakukan dengan cukup, skor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project Based Learning dengan tahapan
1. Penentuan pertanyaan mendasar (start with essential question)
2. Menyusun perencanaan proyek (design project)
3.. Evaluasi Pengalaman (evaluation the experience) 1x50 |
Materi: pelatihan konseling multibudaya Pustaka: 1. Berry, JW. dkk. 1999. Psikologi Multibudaya: Riset dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia. Materi: pelatihan konseling multibudaya Pustaka: 2. Berry, J.W, Poortingga, Y.H, Breugelmans, S.M, Chasiostis, A, Sam, D. L. 2011. Cross-Cultural Psychology: Research and Aplication. UK: Cambridge University Press. Materi: pelatihan konseling multibudaya Pustaka: 4. Journal Of Counseling and Development – September/ Oktober 1991 – Vol.70 special of multicultural counseling. Materi: pelatihan konseling multibudaya Pustaka: 7. Lee, W.M, Blando, J.A, Mizzele, N.D, Orozco, L. 2007. Introduction To Multicultural Counseling For Helping Professional (2nd Ed). New York: Taylor & Francis Group. |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Merancang pelatihan konseling multibudaya |
Merancang dan mempresentasikan rancangan pelatihan konseling multibudaya |
Kriteria:
skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik, skor 3 jika dilakukan dengan baik, skor 2 jika dilakukan dengan cukup, skor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project Based Learning dengan tahapan
1. Penentuan pertanyaan mendasar (start with essential question)
2. Menyusun perencanaan proyek (design project)
3.. Evaluasi Pengalaman (evaluation the experience) 1x50 |
Materi: pelatihan konseling multibudaya Pustaka: 1. Berry, JW. dkk. 1999. Psikologi Multibudaya: Riset dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia. Materi: pelatihan konseling multibudaya Pustaka: 2. Berry, J.W, Poortingga, Y.H, Breugelmans, S.M, Chasiostis, A, Sam, D. L. 2011. Cross-Cultural Psychology: Research and Aplication. UK: Cambridge University Press. Materi: pelatihan konseling multibudaya Pustaka: 4. Journal Of Counseling and Development – September/ Oktober 1991 – Vol.70 special of multicultural counseling. Materi: pelatihan konseling multibudaya Pustaka: 7. Lee, W.M, Blando, J.A, Mizzele, N.D, Orozco, L. 2007. Introduction To Multicultural Counseling For Helping Professional (2nd Ed). New York: Taylor & Francis Group. |
6% |
14
Minggu ke 14 |
Merancang dan mempraktikkan konseling multibudaya |
Merancang dan mempraktikkan konseling individu/ kelompok pada konseli dengan budaya tertentu |
Kriteria:
skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik, skor 3 jika dilakukan dengan baik, skor 2 jika dilakukan dengan cukup, skor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project Based Learning dengan tahapan
1. Penentuan pertanyaan mendasar (start with essential question)
2. Menyusun perencanaan proyek (design project)
3.. Evaluasi Pengalaman (evaluation the experience) 1x50 |
Materi: Merancang dan mempraktikkan konseling multibudaya Pustaka: 1. Berry, JW. dkk. 1999. Psikologi Multibudaya: Riset dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia. Materi: Merancang dan mempraktikkan konseling multibudaya Pustaka: 2. Berry, J.W, Poortingga, Y.H, Breugelmans, S.M, Chasiostis, A, Sam, D. L. 2011. Cross-Cultural Psychology: Research and Aplication. UK: Cambridge University Press. Materi: Merancang dan mempraktikkan konseling multibudaya Pustaka: 4. Journal Of Counseling and Development – September/ Oktober 1991 – Vol.70 special of multicultural counseling. Materi: Merancang dan mempraktikkan konseling multibudaya Pustaka: 7. Lee, W.M, Blando, J.A, Mizzele, N.D, Orozco, L. 2007. Introduction To Multicultural Counseling For Helping Professional (2nd Ed). New York: Taylor & Francis Group. |
6% |
15
Minggu ke 15 |
Merancang dan mempraktikkan konseling multibudaya |
Merancang dan mempraktikkan konseling individu/ kelompok pada konseli dengan budaya tertentu |
Kriteria:
skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik, skor 3 jika dilakukan dengan baik, skor 2 jika dilakukan dengan cukup, skor 1 jika tidak dilakukan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Project Based Learning dengan tahapan
1. Penentuan pertanyaan mendasar (start with essential question)
2. Menyusun perencanaan proyek (design project)
3.. Evaluasi Pengalaman (evaluation the experience) 1x50 |
Materi: Merancang dan mempraktikkan konseling multibudaya Pustaka: 1. Berry, JW. dkk. 1999. Psikologi Multibudaya: Riset dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia. Materi: Merancang dan mempraktikkan konseling multibudaya Pustaka: 2. Berry, J.W, Poortingga, Y.H, Breugelmans, S.M, Chasiostis, A, Sam, D. L. 2011. Cross-Cultural Psychology: Research and Aplication. UK: Cambridge University Press. Materi: Merancang dan mempraktikkan konseling multibudaya Pustaka: 4. Journal Of Counseling and Development – September/ Oktober 1991 – Vol.70 special of multicultural counseling. Materi: Merancang dan mempraktikkan konseling multibudaya Pustaka: 7. Lee, W.M, Blando, J.A, Mizzele, N.D, Orozco, L. 2007. Introduction To Multicultural Counseling For Helping Professional (2nd Ed). New York: Taylor & Francis Group. |
6% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu |
Kriteria:
Ketepatan jawaban Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 1X50 |
|
Materi: pelatihan konseling multibudaya Pustaka: 11. Sue, D.W, Sue, D. 2003. Cultural Competence in Treatment of Ethnic Minority Populations. Washington, DC: APA Press. Materi: kompetensi konseling multibudaya Pustaka: 3. Brown, D, Srebalus, D.J. 2003. Introduction To The Counseling Profession (3rd Ed). Washington, DC: Allyn & Bacon. |
8% |