Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Bimbingan Dan Konseling

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Multibudaya dalam Bimbingan dan Konseling

8620102282

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=0

ECTS=1.59

4

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Ari Khusumadewi, S.Pd., M.Pd.




Prof. Dr. Najlatun Naqiyah, S.Ag., M.Pd.




Dr. Evi Winingsih, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami konsep budaya dalam pelayanan bimbingan dan konseling.

PO - 2

Mahasiswa mampu mengkaji permasalahan budaya dalam pelayanan bimbingan dan konseling.

PO - 3

Mampu mengidentifikasi permasalahan dan mempraktikkan pendekatan konseling dengan perspektif multibudaya.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2
PO-1 
PO-2 
PO-3 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mengkaji hakikat konseling multibudaya, pengertian budaya dan kebudayaan, model konseling multibudaya, konsep konseling multibudaya saat ini, pengertian ras dan pemberian label yang berpengaruh terhadap identitas budaya, pengaruh identitas nudaya terhadap perilaku sosial, isu-isu gender dalam konseling multi budaya, perkembangan identitas psikologi sosial dalam konseling multi budaya, standar konselor multibudaya, etika profesional dalam konseling multi budaya, pelatihan konseling multi budaya dalam pendidikan konselor, dan praktik konseling individu/kelompok dalam perspektif konseling multibudaya.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Berry, JW. dkk. 1999. Psikologi Multibudaya: Riset dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia.
  2. 2. Berry, J.W, Poortingga, Y.H, Breugelmans, S.M, Chasiostis, A, Sam, D. L. 2011. Cross-Cultural Psychology: Research and Aplication. UK: Cambridge University Press.
  3. 3. Brown, D, Srebalus, D.J. 2003. Introduction To The Counseling Profession (3rd Ed). Washington, DC: Allyn & Bacon.
  4. 4. Journal Of Counseling and Development – September/ Oktober 1991 – Vol.70 special of multicultural counseling.
  5. 5. Journal Of Counseling and Development- Summer/Fall 2010 - Vol 88.
  6. 6. Journal Of Counseling and Development- Winter 2011 - Vol 89.
  7. 7. Lee, W.M, Blando, J.A, Mizzele, N.D, Orozco, L. 2007. Introduction To Multicultural Counseling For Helping Professional (2nd Ed). New York: Taylor & Francis Group.

Pendukung :

  1. 8. Matsumoto, D. 1994. People: Psychology from Cultural Perspective. California:Brooks/Cole Pub
  2. 9. Matsumoto, D. 1996. Culture and Psychology. California: Brooks/Cole Publishing.
  3. 10. Patterson, C.H. Journal of Counseling and Development. Multicultural Counseling: From Diversity to Universality. 1996
  4. 11. Sue, D.W, Sue, D. 2003. Cultural Competence in Treatment of Ethnic Minority Populations. Washington, DC: APA Press.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Najlatun Naqiyah, M.Pd.

Dr. Ari Khusumadewi, S.Pd., M.Pd.

Dr. Bakhrudin All Habsy, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menguasai konsep tentang hakikat konseling multibudaya, pengertian budaya dan kebudayaan

Dapat menjelaskan konsep dasar perspektif multibudaya dan konseling multibudaya

Kriteria:
  1. Non Tes: Bertanya mendapat tambahan poin 1
  2. Menjawab mendapat tambahan poin 2
  3. Menjawab dengan tepat mendapat tambahan poin 3

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

1. Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar.
2. Membimbing kelompok bekerja dan belajar.
3. Evaluasi.
1x50
Materi: hakikat konseling multibudaya, pengertian budaya dan kebudayaan
Pustaka: 1. Berry, JW. dkk. 1999. Psikologi Multibudaya: Riset dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia.
6%

2

Minggu ke 2

Menguasai model Konseling Multibudaya

Dapat menjelaskan model konseling multibudaya

Kriteria:

Ada 1 tahapan yang terlewat 76-80 Tidak Praktik 0


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project Based Learning dengan tahapan
1. Penentuan pertanyaan mendasar (start with essential question)
2. Menyusun perencanaan proyek (design project)
3.. Evaluasi Pengalaman (evaluation the experience)
1x50
Materi: model Konseling Multibudaya
Pustaka: 4. Journal Of Counseling and Development – September/ Oktober 1991 – Vol.70 special of multicultural counseling.
6%

3

Minggu ke 3

Menguasai konsep tentang konseling multikultural saat ini

Dapat menjelaskan pandangan konseling multikultural, redefinisi konseling multikultural dan implikasinya.

Kriteria:

skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik, skor 3 jika dilakukan dengan baik, skor 2 jika dilakukan dengan cukup, skor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Ceramah dan Tanya Jawab
1x50
Materi: konsep tentang konseling multikultural saat ini
Pustaka: 2. Berry, J.W, Poortingga, Y.H, Breugelmans, S.M, Chasiostis, A, Sam, D. L. 2011. Cross-Cultural Psychology: Research and Aplication. UK: Cambridge University Press.
6%

4

Minggu ke 4

  1. Menguasai pengertian ras dan pemberian label yang berpengaruh terhadap identitas budaya.
  2. Menguasai konsep pengaruh identitas budaya terhadap perilaku sosial
  1. Dapat menjelaskan tentang golongan atau ras yang mempengaruhi identitas budaya.
  2. Menjelaskan pengaruh budaya atas perilaku sosial dan pola komunikasi
Kriteria:

skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik, skor 3 jika dilakukan dengan baik, skor 2 jika dilakukan dengan cukup, skor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Ceramah dan Tanya Jawab
1x50
Materi: pengertian ras dan pemberian label yang berpengaruh terhadap identitas budaya.
Pustaka: 8. Matsumoto, D. 1994. People: Psychology from Cultural Perspective. California:Brooks/Cole Pub

Materi: konsep pengaruh identitas budaya terhadap perilaku sosial
Pustaka: 9. Matsumoto, D. 1996. Culture and Psychology. California: Brooks/Cole Publishing.
6%

5

Minggu ke 5

Isu-isu gender dalam konseling multibudaya

skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik, skor 3 jika dilakukan dengan baik, skor 2 jika dilakukan dengan cukup, skor 1 jika tidak dilakukan

Kriteria:

skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik, skor 3 jika dilakukan dengan baik, skor 2 jika dilakukan dengan cukup, skor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Ceramah dan Tanya Jawab
1x50
Materi: Isu-isu gender dalam konseling multibudaya
Pustaka: 4. Journal Of Counseling and Development – September/ Oktober 1991 – Vol.70 special of multicultural counseling.

Materi: Isu-isu gender dalam konseling multibudaya
Pustaka: 7. Lee, W.M, Blando, J.A, Mizzele, N.D, Orozco, L. 2007. Introduction To Multicultural Counseling For Helping Professional (2nd Ed). New York: Taylor & Francis Group.
6%

6

Minggu ke 6

Menguasai pengetahuan dan pemahaman tentang perkembangan identitas psikologi sosial dalam konseling multibudaya

Memahami perkembangan identitas psiko-sosial dan konteks kemunculan dan perkembangan konseptual konseling multibudaya

Kriteria:

skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik, skor 3 jika dilakukan dengan baik, skor 2 jika dilakukan dengan cukup, skor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Ceramah dan Tanya Jawab
1x50
Materi: pengetahuan dan pemahaman tentang perkembangan identitas psikologi sosial dalam konseling multibudaya
Pustaka: 10. Patterson, C.H. Journal of Counseling and Development. Multicultural Counseling: From Diversity to Universality. 1996

Materi: pengetahuan dan pemahaman tentang perkembangan identitas psikologi sosial dalam konseling multibudaya
Pustaka: 11. Sue, D.W, Sue, D. 2003. Cultural Competence in Treatment of Ethnic Minority Populations. Washington, DC: APA Press.
6%

7

Minggu ke 7

Menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan dan pemahaman tentang standar kompetensi, etika Konselor multibudaya

Memahami dan mampu menjelaskan standar kompetensi konselor multibudaya, etika profesional konseling multibudaya

Kriteria:

skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik, skor 3 jika dilakukan dengan baik, skor 2 jika dilakukan dengan cukup, skor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Ceramah dan Tanya Jawab
1x50
Materi: standar kompetensi, etika Konselor multibudaya
Pustaka: 7. Lee, W.M, Blando, J.A, Mizzele, N.D, Orozco, L. 2007. Introduction To Multicultural Counseling For Helping Professional (2nd Ed). New York: Taylor & Francis Group.
6%

8

Minggu ke 8

UTS

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu

Kriteria:

Ketepatan jawaban


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
1x50

Materi: Isu-isu gender dalam konseling multibudaya, standar kompetensi, etika Konselor multibudaya
Pustaka: 7. Lee, W.M, Blando, J.A, Mizzele, N.D, Orozco, L. 2007. Introduction To Multicultural Counseling For Helping Professional (2nd Ed). New York: Taylor & Francis Group.
8%

9

Minggu ke 9

Mengaplikasikan perspektif multibudaya ke dalam program bimbingan dan konseling

Merancang program Bimbingan dan Konseling dengan perspektif konseling multibudaya

Kriteria:

skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik, skor 3 jika dilakukan dengan baik, skor 2 jika dilakukan dengan cukup, skor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes

Project Based Learning dengan tahapan
1. Penentuan pertanyaan mendasar (start with essential question)
2. Menyusun perencanaan proyek (design project)
3.. Evaluasi Pengalaman (evaluation the experience)
1x50
Materi: perspektif multibudaya ke dalam program bimbingan dan konseling
Pustaka: 1. Berry, JW. dkk. 1999. Psikologi Multibudaya: Riset dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia.

Materi: perspektif multibudaya ke dalam program bimbingan dan konseling
Pustaka: 10. Patterson, C.H. Journal of Counseling and Development. Multicultural Counseling: From Diversity to Universality. 1996
6%

10

Minggu ke 10

Mengenal Pelatihan Konseling Multibudaya dalam Pendidikan Konselor

Memahami dan mampu menjelaskan model pelatihan konseling multibudaya

Kriteria:

skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik, skor 3 jika dilakukan dengan baik, skor 2 jika dilakukan dengan cukup, skor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Ceramah dan Tanya Jawab
1x50
Materi: Pelatihan Konseling Multibudaya dalam Pendidikan Konselor
Pustaka: 1. Berry, JW. dkk. 1999. Psikologi Multibudaya: Riset dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia.
6%

11

Minggu ke 11

Merancang pelatihan konseling multibudaya

Merancang dan mempresentasikan rancangan pelatihan konseling multibudaya

Kriteria:

skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik, skor 3 jika dilakukan dengan baik, skor 2 jika dilakukan dengan cukup, skor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project Based Learning dengan tahapan
1. Penentuan pertanyaan mendasar (start with essential question)
2. Menyusun perencanaan proyek (design project)
3.. Evaluasi Pengalaman (evaluation the experience)
1x50
Materi: pelatihan konseling multibudaya
Pustaka: 1. Berry, JW. dkk. 1999. Psikologi Multibudaya: Riset dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia.

Materi: pelatihan konseling multibudaya
Pustaka: 2. Berry, J.W, Poortingga, Y.H, Breugelmans, S.M, Chasiostis, A, Sam, D. L. 2011. Cross-Cultural Psychology: Research and Aplication. UK: Cambridge University Press.

Materi: pelatihan konseling multibudaya
Pustaka: 4. Journal Of Counseling and Development – September/ Oktober 1991 – Vol.70 special of multicultural counseling.

Materi: pelatihan konseling multibudaya
Pustaka: 7. Lee, W.M, Blando, J.A, Mizzele, N.D, Orozco, L. 2007. Introduction To Multicultural Counseling For Helping Professional (2nd Ed). New York: Taylor & Francis Group.
6%

12

Minggu ke 12

Merancang pelatihan konseling multibudaya

Merancang dan mempresentasikan rancangan pelatihan konseling multibudaya

Kriteria:

skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik, skor 3 jika dilakukan dengan baik, skor 2 jika dilakukan dengan cukup, skor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project Based Learning dengan tahapan
1. Penentuan pertanyaan mendasar (start with essential question)
2. Menyusun perencanaan proyek (design project)
3.. Evaluasi Pengalaman (evaluation the experience)
1x50
Materi: pelatihan konseling multibudaya
Pustaka: 1. Berry, JW. dkk. 1999. Psikologi Multibudaya: Riset dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia.

Materi: pelatihan konseling multibudaya
Pustaka: 2. Berry, J.W, Poortingga, Y.H, Breugelmans, S.M, Chasiostis, A, Sam, D. L. 2011. Cross-Cultural Psychology: Research and Aplication. UK: Cambridge University Press.

Materi: pelatihan konseling multibudaya
Pustaka: 4. Journal Of Counseling and Development – September/ Oktober 1991 – Vol.70 special of multicultural counseling.

Materi: pelatihan konseling multibudaya
Pustaka: 7. Lee, W.M, Blando, J.A, Mizzele, N.D, Orozco, L. 2007. Introduction To Multicultural Counseling For Helping Professional (2nd Ed). New York: Taylor & Francis Group.
6%

13

Minggu ke 13

Merancang pelatihan konseling multibudaya

Merancang dan mempresentasikan rancangan pelatihan konseling multibudaya

Kriteria:

skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik, skor 3 jika dilakukan dengan baik, skor 2 jika dilakukan dengan cukup, skor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project Based Learning dengan tahapan
1. Penentuan pertanyaan mendasar (start with essential question)
2. Menyusun perencanaan proyek (design project)
3.. Evaluasi Pengalaman (evaluation the experience)
1x50
Materi: pelatihan konseling multibudaya
Pustaka: 1. Berry, JW. dkk. 1999. Psikologi Multibudaya: Riset dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia.

Materi: pelatihan konseling multibudaya
Pustaka: 2. Berry, J.W, Poortingga, Y.H, Breugelmans, S.M, Chasiostis, A, Sam, D. L. 2011. Cross-Cultural Psychology: Research and Aplication. UK: Cambridge University Press.

Materi: pelatihan konseling multibudaya
Pustaka: 4. Journal Of Counseling and Development – September/ Oktober 1991 – Vol.70 special of multicultural counseling.

Materi: pelatihan konseling multibudaya
Pustaka: 7. Lee, W.M, Blando, J.A, Mizzele, N.D, Orozco, L. 2007. Introduction To Multicultural Counseling For Helping Professional (2nd Ed). New York: Taylor & Francis Group.
6%

14

Minggu ke 14

Merancang dan mempraktikkan konseling multibudaya

Merancang dan mempraktikkan konseling individu/ kelompok pada konseli dengan budaya tertentu

Kriteria:

skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik, skor 3 jika dilakukan dengan baik, skor 2 jika dilakukan dengan cukup, skor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project Based Learning dengan tahapan
1. Penentuan pertanyaan mendasar (start with essential question)
2. Menyusun perencanaan proyek (design project)
3.. Evaluasi Pengalaman (evaluation the experience)
1x50
Materi: Merancang dan mempraktikkan konseling multibudaya
Pustaka: 1. Berry, JW. dkk. 1999. Psikologi Multibudaya: Riset dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia.

Materi: Merancang dan mempraktikkan konseling multibudaya
Pustaka: 2. Berry, J.W, Poortingga, Y.H, Breugelmans, S.M, Chasiostis, A, Sam, D. L. 2011. Cross-Cultural Psychology: Research and Aplication. UK: Cambridge University Press.

Materi: Merancang dan mempraktikkan konseling multibudaya
Pustaka: 4. Journal Of Counseling and Development – September/ Oktober 1991 – Vol.70 special of multicultural counseling.

Materi: Merancang dan mempraktikkan konseling multibudaya
Pustaka: 7. Lee, W.M, Blando, J.A, Mizzele, N.D, Orozco, L. 2007. Introduction To Multicultural Counseling For Helping Professional (2nd Ed). New York: Taylor & Francis Group.
6%

15

Minggu ke 15

Merancang dan mempraktikkan konseling multibudaya

Merancang dan mempraktikkan konseling individu/ kelompok pada konseli dengan budaya tertentu

Kriteria:

skor 4 bila dilakukan dengan sangat baik, skor 3 jika dilakukan dengan baik, skor 2 jika dilakukan dengan cukup, skor 1 jika tidak dilakukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Project Based Learning dengan tahapan
1. Penentuan pertanyaan mendasar (start with essential question)
2. Menyusun perencanaan proyek (design project)
3.. Evaluasi Pengalaman (evaluation the experience)
1x50
Materi: Merancang dan mempraktikkan konseling multibudaya
Pustaka: 1. Berry, JW. dkk. 1999. Psikologi Multibudaya: Riset dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia.

Materi: Merancang dan mempraktikkan konseling multibudaya
Pustaka: 2. Berry, J.W, Poortingga, Y.H, Breugelmans, S.M, Chasiostis, A, Sam, D. L. 2011. Cross-Cultural Psychology: Research and Aplication. UK: Cambridge University Press.

Materi: Merancang dan mempraktikkan konseling multibudaya
Pustaka: 4. Journal Of Counseling and Development – September/ Oktober 1991 – Vol.70 special of multicultural counseling.

Materi: Merancang dan mempraktikkan konseling multibudaya
Pustaka: 7. Lee, W.M, Blando, J.A, Mizzele, N.D, Orozco, L. 2007. Introduction To Multicultural Counseling For Helping Professional (2nd Ed). New York: Taylor & Francis Group.
6%

16

Minggu ke 16

UAS

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu

Kriteria:

Ketepatan jawaban


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
1X50

Materi: pelatihan konseling multibudaya
Pustaka: 11. Sue, D.W, Sue, D. 2003. Cultural Competence in Treatment of Ethnic Minority Populations. Washington, DC: APA Press.

Materi: kompetensi konseling multibudaya
Pustaka: 3. Brown, D, Srebalus, D.J. 2003. Introduction To The Counseling Profession (3rd Ed). Washington, DC: Allyn & Bacon.
8%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 12%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 69%
3. Tes 19%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.