
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Praktik Kerja Lapangan II |
2220102092 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
8 |
18 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Yogie Risdianto, S.T., M.T. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-7 |
Mampu mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan permasalahan keteknisksipilan dan sains melalui penerapan ilmu atau menggunakan aplikasi pendukung. |
PLO-8 |
Mampu menguasai metode dan aplikasi teknologi pendukung dengan pendekatan interdisplin atau multidisiplin baik individu atau kerjasama dalam tim |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memiliki moral, etika, dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan laporan PI/PKL.
|
PO - 2 |
Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
|
PO - 3 |
Mampu merancang pekerjaan ketekniksipilan sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan, yang peduli pada lingkungan dan berorientasi pada keselamatan kerja.
|
PO - 4 |
Mampu membuat dan melakukan sistem administrasi proyek konstruksi pada seluruh tahapan/proses perencanaan proyek secara jujur dengan menggunakan teknologi informasi dan komputer.
|
PO - 5 |
Menguasai dan mampu menggunakan kelompok matakuliah keilmuan dan keterampilan yang terdiri dari kelompok matematika, fisika, kimia, statika, dan ilmu dasar ketekniksipilan lainnya untuk cerdas dalam menghadapi berbagai persoalan yang muncul di lapangan.
|
PO - 6 |
Mampu merencanakan penggunaan sumber daya proyek ( man , money , material , method , dan machine ) untuk mencapai sasaran biaya, jadwal, dan mutu proyek.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | | | PO-2 | | | PO-3 | | | PO-4 | | | PO-5 | | | PO-6 | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Deskripsi materi PI/PKL program studi S-I Teknik Sipil, memuat bidang-bidang pekerjaan di perusahaan/industri/instansi pemerintah yang relevan dengan disiplin ilmu masing-masing program studi, mencakup perencanaan pekerjaan di berbagai proyek pembangunan dan pelayanan jasa bidang kostruksi bangunan gedung, irigasi dan bangunan air, sarana dan prasarana transportasi serta industri konstruksi. Bidang pekerjaan program studi S-I Teknik Sipil adalah sebagai berikut : Bidang Pekerjaan Bangunan Gedung, Bidang Pekerjaan Irigasi dan Bangunan Air, Bidang Pekerjaan Sarana dan Prasarana Transportasi |
Pustaka
|
Utama : |
|
- TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Yogie Risdianto, S.T., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu melakukan Persiapan penetapan/pilihan tempat PKL; Pengenalan lingkup fokus tempat PKL; mengenal tata cara melamar PKL |
Persiapan penetapan/pilihan tempat PKL; Pengenalan lingkup fokustempat PKL; pengenalan tata cara melamar PKL |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mencari tempat PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tugas: mahasiswa mencari tempat PKL 2 X 50 |
|
Materi: Pedoman PKL Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menyesuaikan diri di tempat PKL dan mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya |
Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan |
Kriteria:
Melaksanakan PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tugas: PKL 2 X 50 |
|
Materi: Pedoman PKL Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menyesuaikan diri di tempat PKL dan mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya |
Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan |
Kriteria:
Melaksanakan PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tugas: PKL 2 X 50 |
|
Materi: Pedoman PKL Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menyesuaikan diri di tempat PKL dan mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya |
Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan |
Kriteria:
Melaksanakan PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tugas: PKL 2 X 50 |
|
Materi: Pedoman PKL Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menyesuaikan diri di tempat PKL dan mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya |
Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan |
Kriteria:
Melaksanakan PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tugas: PKL 2 X 50 |
|
Materi: Pedoman PKL Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menyesuaikan diri di tempat PKL dan mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya |
Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan |
Kriteria:
Melaksanakan PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tugas: PKL 2 X 50 |
|
Materi: Pedoman PKL Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menyesuaikan diri di tempat PKL dan mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya |
Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan |
Kriteria:
Melaksanakan PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tugas: PKL 2 X 50 |
|
Materi: Pedoman PKL Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu menyesuaikan diri di tempat PKL dan mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya |
Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan |
Kriteria:
Melaksanakan PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tugas: PKL 2 X 50 |
|
Materi: Pedoman PKL Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menyesuaikan diri di tempat PKL dan mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya |
Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan |
Kriteria:
Melaksanakan PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tugas: PKL 2 X 50 |
|
Materi: Pedoman PKL Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menyesuaikan diri di tempat PKL dan mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya |
Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan |
Kriteria:
Melaksanakan PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tugas: PKL 2 X 50 |
|
Materi: Pedoman PKL Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menyesuaikan diri di tempat PKL dan mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya |
Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan |
Kriteria:
Melaksanakan PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tugas: PKL 2 X 50 |
|
Materi: Pedoman PKL Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menyesuaikan diri di tempat PKL dan mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya |
Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan |
Kriteria:
Melaksanakan PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tugas: PKL 2 X 50 |
|
Materi: Pedoman PKL Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya |
Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan |
Kriteria:
Melaksanakan PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tugas: PKL 2 X 50 |
|
Materi: Pedoman PKL Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya |
Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan |
Kriteria:
Melaksanakan PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tugas: PKL 2 X 50 |
|
Materi: Pedoman PKL Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya |
Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan |
Kriteria:
Melaksanakan PKL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tugas: PKL 2 X 50 |
|
Materi: Pedoman PKL Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
6% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mempersiapkan presentasi Laporan Hasil PKL |
Persiapan Presentasi Laporan Hasil PKL |
Kriteria:
Mampu mempersiapkan presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tugas: Persiapan presentasi Laporan Hasil PKL 2 X 50 |
|
Materi: Pedoman PKL Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya |
10% |