Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Praktik Kerja Lapangan II

2220102092

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

8

18 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Yogie Risdianto, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Mampu mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan permasalahan keteknisksipilan dan sains melalui penerapan ilmu atau menggunakan aplikasi pendukung.

PLO-8

Mampu menguasai metode dan aplikasi teknologi pendukung dengan pendekatan interdisplin atau multidisiplin baik individu atau kerjasama dalam tim

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memiliki moral, etika, dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan laporan PI/PKL.

PO - 2

Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.

PO - 3

Mampu merancang pekerjaan ketekniksipilan sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan, yang peduli pada lingkungan dan berorientasi pada keselamatan kerja.

PO - 4

Mampu membuat dan melakukan sistem administrasi proyek konstruksi pada seluruh tahapan/proses perencanaan proyek secara jujur dengan menggunakan teknologi informasi dan komputer.

PO - 5

Menguasai dan mampu menggunakan kelompok matakuliah keilmuan dan keterampilan yang terdiri dari kelompok matematika, fisika, kimia, statika, dan ilmu dasar ketekniksipilan lainnya untuk cerdas dalam menghadapi berbagai persoalan yang muncul di lapangan.

PO - 6

Mampu merencanakan penggunaan sumber daya proyek ( man , money , material , method , dan machine ) untuk mencapai sasaran biaya, jadwal, dan mutu proyek.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7PLO-8
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Deskripsi materi PI/PKL program studi S-I Teknik Sipil, memuat bidang-bidang pekerjaan di perusahaan/industri/instansi pemerintah yang relevan dengan disiplin ilmu masing-masing program studi, mencakup perencanaan pekerjaan di berbagai proyek pembangunan dan pelayanan jasa bidang kostruksi bangunan gedung, irigasi dan bangunan air, sarana dan prasarana transportasi serta industri konstruksi. Bidang pekerjaan program studi S-I Teknik Sipil adalah sebagai berikut : Bidang Pekerjaan Bangunan Gedung, Bidang Pekerjaan Irigasi dan Bangunan Air, Bidang Pekerjaan Sarana dan Prasarana Transportasi

Pustaka

Utama :

  1. TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya

Pendukung :

Dosen Pengampu

Yogie Risdianto, S.T., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu melakukan Persiapan penetapan/pilihan tempat PKL; Pengenalan lingkup fokus tempat PKL; mengenal tata cara melamar PKL

Persiapan penetapan/pilihan tempat PKL; Pengenalan lingkup fokustempat PKL; pengenalan tata cara melamar PKL

Kriteria:

Mahasiswa mampu mencari tempat PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tugas: mahasiswa mencari tempat PKL
2 X 50

Materi: Pedoman PKL
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menyesuaikan diri di tempat PKL dan mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya

Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan

Kriteria:

Melaksanakan PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tugas: PKL
2 X 50

Materi: Pedoman PKL
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menyesuaikan diri di tempat PKL dan mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya

Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan

Kriteria:

Melaksanakan PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tugas: PKL
2 X 50

Materi: Pedoman PKL
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menyesuaikan diri di tempat PKL dan mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya

Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan

Kriteria:

Melaksanakan PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tugas: PKL
2 X 50

Materi: Pedoman PKL
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menyesuaikan diri di tempat PKL dan mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya

Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan

Kriteria:

Melaksanakan PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tugas: PKL
2 X 50

Materi: Pedoman PKL
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menyesuaikan diri di tempat PKL dan mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya

Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan

Kriteria:

Melaksanakan PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tugas: PKL
2 X 50

Materi: Pedoman PKL
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menyesuaikan diri di tempat PKL dan mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya

Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan

Kriteria:

Melaksanakan PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tugas: PKL
2 X 50

Materi: Pedoman PKL
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menyesuaikan diri di tempat PKL dan mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya

Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan

Kriteria:

Melaksanakan PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tugas: PKL
2 X 50

Materi: Pedoman PKL
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menyesuaikan diri di tempat PKL dan mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya

Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan

Kriteria:

Melaksanakan PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tugas: PKL
2 X 50

Materi: Pedoman PKL
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menyesuaikan diri di tempat PKL dan mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya

Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan

Kriteria:

Melaksanakan PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tugas: PKL
2 X 50

Materi: Pedoman PKL
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menyesuaikan diri di tempat PKL dan mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya

Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan

Kriteria:

Melaksanakan PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tugas: PKL
2 X 50

Materi: Pedoman PKL
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menyesuaikan diri di tempat PKL dan mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya

Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan

Kriteria:

Melaksanakan PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tugas: PKL
2 X 50

Materi: Pedoman PKL
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya

Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan

Kriteria:

Melaksanakan PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tugas: PKL
2 X 50

Materi: Pedoman PKL
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya

Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan

Kriteria:

Melaksanakan PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tugas: PKL
2 X 50

Materi: Pedoman PKL
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mengerjakan tugas yang menjadi beban dan tanggung jawabnya

Melaksanakan PKL sesuai tempat yang telah ditentukan

Kriteria:

Melaksanakan PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tugas: PKL
2 X 50

Materi: Pedoman PKL
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mempersiapkan presentasi Laporan Hasil PKL

Persiapan Presentasi Laporan Hasil PKL

Kriteria:

Mampu mempersiapkan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tugas: Persiapan presentasi Laporan Hasil PKL
2 X 50

Materi: Pedoman PKL
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 100%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.