
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Bisnis
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran |
8721103112 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
29 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Putri Hestiningrum, M.Pd.
|
Saino, M.Pd.
|
TRI SUDARWANTO |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Able to apply pedagogical concepts in Business learning in Vocational High Schools, Public High Schools and/or equivalent |
PLO-7 |
Able to plan, manage, and evaluate learning in the field of education and science of Business and Marketing |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menguasai konsep dasar evaluasi pembelajaran
|
PO - 2 |
Menganalisis pendekatan, model, dan teknik evaluasi pembelajaran
|
PO - 3 |
Menyusun instrumen evaluasi pembelajaran
|
PO - 4 |
Melaksanakan dan menginterpretasikan hasil evaluasi pembelajaran
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-5 | PLO-7 | | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengkaji pemahaman tentang peranan penilaian dalam pendidikan dan pembelajaran, berbagai macam penilaian sesuai kurikulum yang berlaku, penyusunan berbagai tipe soal yang baik beserta rublik penilaiannya. Konsep dasar asesmen autentik, alternatif dan penilaian berbasis kelas dan kurikulum yang berlaku termasuk juga workshop pengembangan instrumen penilaian, beserta analisis butir soal baik secara manual menggunakan program excel serta penggunaan software butir soal, acuan ketuntasan belajar,disajikan secara teoritis, workshop, penugasan dan praktek. Course Description Reviewing the understanding of the role of assessment in education and learning, various kinds of assessments according to the applicable curriculum, preparation of various types of good questions and their assessment rubrics. The basic concepts of authentic assessment, alternatives and class-based assessment and the applicable curriculum include workshops on the development of assessment instruments, along with item analysis both manually using the excel program and the use of item software, references for learning completeness, presented theoretically, workshops, assignments and practice. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Febriana, R. dan Fatmawati, B.S. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
- Permendikbud no 56/M/2022. Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Merdeka.
- Permendikbud no 23. 2016. Standar Penilaian Pendidikan.
- Permendikbud no 21. 2022. Standar Penilaian Pendidikan.
- Khotimah, H. dan Hidayat, N. 2023. Evaluasi Pembelajaran. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
|
Pendukung : |
|
- Brookhart,Susan M. 2010.How to AssessHigher-OrderThinking Skillsin Your Classroom.Alexandria:ASCD
- BADAN STANDAR KURIKULUM DAN ASESMEN PENDIDIKAN. 2024. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Edisi Revisi Tahun 2024. Jakarta: BSKAP
|
Dosen Pengampu
|
SAINO PUTRI HESTININGRUM Putri Hestiningrum, M.Pd. Putri Hestiningrum, M.Pd. Drs. Saino, M.Pd. Drs. Saino, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konsep evaluasi dalam kegiatan pembelajaran |
Mendiskripsikan kegiatan penilaian dalam realitas pembelajaran |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok, tanya jawab 2 sks |
Presentasi, diskusi kelompok, tanya jawab 2 sks |
Materi: Konsep Evaluasi Pustaka: Febriana, R. dan Fatmawati, B.S. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara Materi: KOnsep dasar evaluasi Pustaka: Khotimah, H. dan Hidayat, N. 2023. Evaluasi Pembelajaran. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami konsep evaluasi dalam kegiatan pembelajaran. |
- Mendiskripsikan konsep dan tujuan evaluasi pembelajaran.
- Menganalisis prinsip dasar evaluasi pembelajaran.
- Membuat peta konsep alur pelaksanaan evaluasi pembelajaran.
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok, tanya-jawab 2 sks |
Presentasi, diskusi kelompok, tanya-jawab 2 sks |
Materi: Konsep Evaluasi Pustaka: Febriana, R. dan Fatmawati, B.S. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara Materi: Konsep dasar evaluasi Pustaka: Khotimah, H. dan Hidayat, N. 2023. Evaluasi Pembelajaran. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami ruang lingkup evaluasi pembelajaran |
- Mendiskripsikan obyek dan subyek evaluasi pembelajaran.
- Menganalisis ruang lingkup pelaksanaan evaluasi pembelajaran.
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok, tanya-jawab 2 sks |
Presentasi, diskusi kelompok, tanya-jawab 2 sks |
Materi: Karakteristik, model, dan pendekatan evaluasi pembelajaran Pustaka: Khotimah, H. dan Hidayat, N. 2023. Evaluasi Pembelajaran. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. Materi: Ruang lingkup evaluasi Pustaka: Febriana, R. dan Fatmawati, B.S. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami pelaksanaan evaluasi dalam kurikulum merdeka belajar |
- Mendiskripsikan konsep evaluasi diagnostic,evaluasi pormatif, dan evaluasi sumatif.
- Mengidentifikasi perbedaan dari ketiga jenis evaualasi tersebut.
- Membuat contoh instrumen dari ketiga evaluasi tersebut.
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok, tanya-jawab 2 sks |
Presentasi, diskusi kelompok, tanya-jawab 2 sks |
Materi: Standar penilaian Pustaka: Permendikbud no 21. 2022. Standar Penilaian Pendidikan. Materi: Pedoman kurikulum Pustaka: Permendikbud no 56/M/2022. Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. |
6% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami teknik dan bentuk evaluasi dalam pembelajaran |
- Mengidentifikasi teknik evaluasi dalam pembelajaran.
- Mengidentifikasi bentuk evaluasi dalam pembelajaran.
- Menganalisis penerapan jenis dan bentuk evaluasi dalam pembelajaran.
- Membuat contoh salah satu jenis dan bentuk evaluasi di SMK Bisnis Digital/BD
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok, tugas kelompok 2 sks |
Presentasi, diskusi kelompok, tugas kelompok 2 sks |
Materi: Teknik evaluasi Pustaka: Febriana, R. dan Fatmawati, B.S. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara |
6% |
6
Minggu ke 6 |
Menyusun rancangan evaluasi pembelajaran di SMK Bisnis Digital |
- Mendiskripsikan konsep rancangan evaluasi dalam pembelajaran.
- Mengidentifikasi bentuk rancangan evaluasi dalam pembelajaran.
- Menganalisis alur/desain rancangan pembelajaran.
- Membuat contoh rancangan evaluasi pembelajan salah satu mapel di SMK BD
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok, tugas kelompok 2 sks |
Presentasi, diskusi kelompok, tugas kelompok 2 sks |
Materi: Rancangan evaluasi pembelajaran Pustaka: Febriana, R. dan Fatmawati, B.S. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara |
6% |
7
Minggu ke 7 |
Menyusun instrumen evaluasi pembelajaran |
- Mendiskripsikan konsep instrumen penilaian.
- Mengidentifikasi bentuk instrumen penilaian.
- Menganalisis alur/rancangan penyusunan instrumen penilaian.
- Membuat contoh instrumen penilaian salah satu mapel di SMK BD.
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok, tugas kelompok 2 sks |
Presentasi, diskusi kelompok, tugas kelompok 2 sks |
Materi: Instrumen evaluasi Pustaka: Permendikbud no 21. 2022. Standar Penilaian Pendidikan. Materi: Instrumen evaluasi Pustaka: Permendikbud no 56/M/2022. Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. |
6% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami ketentuan penyusunan instrumen penilaian |
- Mendiskripsikan pedoman penyusunan instrumen penilaian.
- Mengidentifikasi pedoman penyusunan instrumen bentuk tes.
- Mengidentifikasi pedoman penyusunan instrumen bentuk non tes.
- Menganalisis penulisan soal mapel di SMK BD.
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok, tugas kelompok 2 sks |
Presentasi, diskusi kelompok, tugas kelompok 2 sks |
Materi: Pengembangan tes hasil belajar Pustaka: Khotimah, H. dan Hidayat, N. 2023. Evaluasi Pembelajaran. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. Materi: Instrumen penilaian Pustaka: Febriana, R. dan Fatmawati, B.S. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menyusun Instrumen penilaian |
- Menyusun kisi kisi intrumen penilaian tes dan non tes mapel di SMK BD.
- Menyusun instrumen penialain salah satu mapel di SMK BD.
- Menganalisis kesesuaian instrumen tes yang telah disusun.
|
Kriteria:
Kelengkapan dan kejelasan analisis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok, tugas kelompok 2 sks |
Presentasi, diskusi kelompok, tugas kelompok 2 sks |
Materi: Instrumen evaluasi bentuk non tes Pustaka: Khotimah, H. dan Hidayat, N. 2023. Evaluasi Pembelajaran. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. |
6% |
11
Minggu ke 11 |
Menyusun Instrumen penilaian |
- Menyusun kisi kisi intrumen penilaian tes dan non tes mapel di SMK BD.
- Menyusun instrumen penilaian salah satu mapel di SMK BD.
- Menganalisis kesesuaian instrumen tes yang telah disusun.
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok, tugas kelompok 2 sks |
Presentasi, diskusi kelompok, tugas kelompok 2 sks |
Materi: Model-model evaluasi Pustaka: Khotimah, H. dan Hidayat, N. 2023. Evaluasi Pembelajaran. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. |
6% |
12
Minggu ke 12 |
Mengukur kelayakan instrumen penilaian |
- Melakukan uji coba instrumen penilaian di SMK BD.
- Menganalsis data hasil uji coba instrumen penilaian
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok, tugas kelompok 2 sks |
Presentasi, diskusi kelompok, tugas kelompok 2 sks |
Materi: Pedoman penilaian SMK Pustaka: Permendikbud no 56/M/2022. Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Materi: Pedoman penilaian SMK Pustaka: Permendikbud no 21. 2022. Standar Penilaian Pendidikan. |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Mengukur kelayakan instrumen penilaian |
- Menganalisis tingkat kesulitan instrumen penilaian/soal tes.
- Menganalisis daya pembeda instrumen penilaian/soal tes.
- Menyajikan hasil analisis pengukuran intrumen penilaian.
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok, tugas kelompok 2 sks |
Presentasi, diskusi kelompok, tugas kelompok 2 sks |
Materi: Tingkat kesulitan soal Pustaka: Brookhart,Susan M. 2010.How to AssessHigher-OrderThinking Skillsin Your Classroom.Alexandria:ASCD Materi: Panduan penilaian SMK Pustaka: BADAN STANDAR KURIKULUM DAN ASESMEN PENDIDIKAN. 2024. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Edisi Revisi Tahun 2024. Jakarta: BSKAP |
6% |
14
Minggu ke 14 |
Mengukur kelayakan instrumen penilaian |
- Menganalisis tingkat kesulitan instrumen penilaian/soal tes.
- Menganalisis daya pembeda instrumen penilaian/soal tes.
- Menyajikan hasil analisis pengukuran intrumen penilaian.
|
Kriteria:
Ketepatan dan kelengkapan analisis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok, tugas kelompok 2 sks |
Presentasi, diskusi kelompok, tugas kelompok 2 sks |
Materi: Panduan penilaian SMK Pustaka: BADAN STANDAR KURIKULUM DAN ASESMEN PENDIDIKAN. 2024. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Edisi Revisi Tahun 2024. Jakarta: BSKAP |
6% |
15
Minggu ke 15 |
Menyusun laporan akhir hasil pengukuran pembelajaran |
- Mendiskripsikan konsep laporan hasil pengukruan pembelajaran.
- Mengidentifikasi bentuk laporan hasil pengukuran pembelajaran.
- Menyusun laporan akhir hasil pengukuran pembelajaran dari instrumen yang sudah disusun.
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi kelompok, tugas kelompok 2 sks |
Presentasi, diskusi kelompok, tugas kelompok 2 sks |
Materi: Pengelolaan dan Tindak Lanjut Hasil Evaluasi Pustaka: Khotimah, H. dan Hidayat, N. 2023. Evaluasi Pembelajaran. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. Materi: Panduan penilaian SMK Pustaka: BADAN STANDAR KURIKULUM DAN ASESMEN PENDIDIKAN. 2024. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Edisi Revisi Tahun 2024. Jakarta: BSKAP |
6% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
|
10% |