Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Autocad

8320302007

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

27 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




WAHYU DWI KURNIAWAN

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan dasar CAD untuk menggambar desain komponen mekanis sederhana (C3)

PO - 2

Mahasiswa dapat menganalisis dan memodifikasi desain yang dibuat dengan menggunakan software CAD sesuai kebutuhan (C4)

PO - 3

Mahasiswa dapat mengevaluasi desain CAD berdasarkan kriteria ergonomi dan kekuatan material (C5)

PO - 4

Mahasiswa dapat menciptakan desain inovatif menggunakan teknik CAD yang memenuhi spesifikasi teknis dan estetika (C6)

PO - 5

Mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan CAM untuk mengoperasikan mesin CNC dalam pembuatan prototipe (C3)

PO - 6

Mahasiswa dapat menganalisis hasil output mesin CNC untuk memastikan kesesuaian dengan desain CAD (C4)

PO - 7

Mahasiswa dapat mengevaluasi proses dan hasil kerja mesin CNC berdasarkan parameter kualitas dan efisiensi (C5)

PO - 8

Mahasiswa dapat menciptakan strategi optimasi penggunaan mesin CNC untuk meningkatkan produktivitas (C6)

PO - 9

Mahasiswa dapat menerapkan integrasi sistem CAD dan CAM untuk streamline proses dari desain hingga produksi (C3)

PO - 10

Mahasiswa dapat menganalisis dan mengevaluasi keseluruhan proses CAD/CAM dalam studi kasus industri manufaktur (C4, C5)

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pemahaman menggambar desain komponen-komponen Teknik Mesin sesuai standar ISO dengan bantuan computer beserta gambar kerja, assembling, animasi, dan analisis komponennya

Pustaka

Utama :

  1. Hidayat, Nur & Ahmad Shanhaji. 2011. Autodesk Inventor: Mastering 3D Mechanical Design. Jakarta: Informatika
  2. Santoso, Khomeni. 2009. Menggambar Mesin dengan Perintah Autocad. Jakarta: PT. Indeks
  3. Darmawan, Djoko. 2004. Autocad 2002 untuk Teknik Mesin dan Industri. Jakarta: Elexmedia Komputindo
  4. Sugiarto, N & G. Takhesi Sato. 2002. Menggambar Teknik Menurut Standar ISO. Jakarta: Pradnya Paramita
  5. Tutorial AutoCAD dan Tutorial Autodesk Inventor

Pendukung :

  1. Tutorial AutoCAD dan Tutorial Autodesk Inventor

Dosen Pengampu

THEODORUS WIYANTO WIBOWO

Dr. Theodorus Wiyanto Wibowo, M.Pd.

Dr. Theodorus Wiyanto Wibowo, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengenal tampilan, cara mengatur ukuran bidang gambar, membuat gambar garis, dan menghapus gambar

Mahasiswa dapat membuka program CAD; Mahasiswa mampu menggunakan toolbar-toolbar yang ada

Kriteria:
  1. Mahasiswa dapat membuka dan menggunakan toolbar-toolbar yang ada
  2. Sesuai rubrik penilaian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, latihan
100 menit
-
Materi: Konsep dasar CAD, Teknik menggambar menggunakan software CAD, Penerapan CAD dalam desain mekanis
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Menentukan titik-titik ekstrim pada gambar, membuat gambar menurut standar ISO, membuat tulisan, memberi ukuran pada gambar, memotong sebagian garis

Menentukan titik-titik ekstrim pada gambar dan penerapannya, membuat etiket dan tulisan, memberikan ukuran gambar dan pengaturannya, memahami cara memotong sebagian garis

Kriteria:

Mahasiswa dapat membuka dan menggunakan toolbar-toolbar yang ada


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, latihan
100 menit
Pengumpulan desain komponen mekanis melalui LMS
Materi: Pengenalan perangkat lunak CAD, Teknik dasar menggambar desain mekanis, Penerapan CAD dalam desain komponen sederhana
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Mensetting gambar pada kertas, mencetak gambar

memahami cara mensetting gambar dan mencetaknya

Kriteria:

Mahasiswa dapat membuka dan menggunakan toolbar-toolbar yang ada


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, latihan
100 menit
Diskusi Forum Online, Pengumpulan Tugas Online
Materi: Konsep Analisis Desain, Teknik Modifikasi Desain, Penerapan Software CAD
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mampu membuat gambar kerja, dan memodifikasinya

Mahasiswa mampu memahami penggunaan toolbar draw, dan modify pada sketch, mahasiswa mampu menggambar 2D dengan toolbar masing-masing dengan benar

Kriteria:

Mahasiswa dapat membuka dan menggunakan toolbar-toolbar yang ada


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, latihan
100 menit
Diskusi daring tentang analisis desain yang sudah ada, Tugas individu modifikasi desain menggunakan software CAD
Materi: Konsep Analisis Desain, Teknik Modifikasi Desain, Penggunaan Software CAD
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Mengenal toolbar dan menggunakan, membuat gambar sketsa untuk bentuk dasar 3 dimensi dengan satu sketsa

Mahasiswa mampu memahami penggunaan toolbar sketch, dan modify pada sketch, mahasiswa mampu menggambar 3D

Kriteria:

Mahasiswa dapat membuka dan menggunakan toolbar-toolbar yang ada


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, latihan
100 menit
Diskusi daring tentang evaluasi desain CAD berdasarkan kriteria ergonomi dan kekuatan material
Materi: Pengenalan Kriteria Ergonomi dalam Desain CAD, Pengenalan Kriteria Kekuatan Material dalam Desain CAD, Teknik Evaluasi Desain CAD
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Memindah, memutar dan memodifikasi bidang gambar, membuat bentuk 3 dimensi dengan 2 sketsa atau lebih

Mahasiswa mampu memahami penggunaan toolbar sketch, dan modify pada sketch, mahasiswa mampu menggambar 3D

Kriteria:

Mahasiswa dapat membuka dan menggunakan toolbar-toolbar yang ada


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, latihan
100 menit
-
Materi: Memindah, memutar dan memodifikasi bidang gambar, membuat bentuk 3 dimensi dengan 2 sketsa atau lebih
Pustaka: Darmawan, Djoko. 2004. Autocad 2002 untuk Teknik Mesin dan Industri. Jakarta: Elexmedia Komputindo
5%

7

Minggu ke 7

Membuat gambar kerja dari gambar 3 dimensi sesuai dengan standar ISO

Mahasiswa mampu memahami membuat gambar kerja dari gambar 3D

Kriteria:

Mahasiswa dapat membuka dan menggunakan toolbar-toolbar yang ada


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, latihan
100 menit
Pengembangan program CNC menggunakan software CAM
Materi: Pengenalan software CAM, Pengoperasian mesin CNC, Pembuatan program CNC, Pembuatan prototipe
Pustaka: Handbook Perkuliahan
7%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hasil output mesin CNC dengan cermat dan teliti, serta dapat mengidentifikasi perbedaan antara hasil produksi dengan desain awal.

Sesuai rubrik penilaian

Kriteria:

Mahasiswa dapat membuka dan menggunakan toolbar-toolbar yang ada


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
demonstrasi
100 menit
-
Materi: Pengenalan Mesin CNC, Prinsip Kerja Mesin CNC, Analisis Hasil Produksi CNC
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

9

Minggu ke 9

Memahami cara merangkai gambar dari gambar yang dibuat dan gambar standar (mengambil part dari database)

Mahasiswa mampu merangkai gambar komponen menjadi gambar assembling

Kriteria:

Mahasiswa dapat membuka dan menggunakan toolbar-toolbar yang ada


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, latihan
100 menit

Materi: cara merangkai gambar dari gambar yang dibuat dan gambar standar (mengambil part dari database)
Pustaka: Sugiarto, N & G. Takhesi Sato. 2002. Menggambar Teknik Menurut Standar ISO. Jakarta: Pradnya Paramita
8%

10

Minggu ke 10

Memahami cara merangkai gambar dari gambar yang dibuat dan gambar standar (mengambil part dari database)

Mahasiswa mampu merangkai gambar komponen menjadi gambar assembling

Kriteria:

Mahasiswa dapat membuka dan menggunakan toolbar-toolbar yang ada


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, latihan
100 menit
-
Materi: cara merangkai gambar dari gambar yang dibuat dan gambar standar (mengambil part dari database)
Pustaka: Sugiarto, N & G. Takhesi Sato. 2002. Menggambar Teknik Menurut Standar ISO. Jakarta: Pradnya Paramita
8%

11

Minggu ke 11

Memahami cara pembuatan part standar dengan bantuan Design

Mahasiswa mampu merangkai gambar komponen dari komponen standar

Kriteria:

Mahasiswa dapat membuka dan menggunakan toolbar-toolbar yang ada


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, latihan
100 menit
-
Materi: cara pembuatan part standar dengan bantuan Design
Pustaka: Tutorial AutoCAD dan Tutorial Autodesk Inventor
8%

12

Minggu ke 12

Memahami cara pembuatan part standar dengan bantuan Design

Mahasiswa mampu merangkai gambar komponen dari komponen standar

Kriteria:

Mahasiswa dapat membuka dan menggunakan toolbar-toolbar yang ada


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, latihan
100 menit

Materi: cara pembuatan part standar dengan bantuan Design
Pustaka: Sugiarto, N & G. Takhesi Sato. 2002. Menggambar Teknik Menurut Standar ISO. Jakarta: Pradnya Paramita
10%

13

Minggu ke 13

Memahami cara membuat animasi proses assembling dan cara kerja sederhana

Mahasiswa mampu memecah gambar assembling menjadi gambar satuan

Kriteria:

Mahasiswa dapat membuka dan menggunakan toolbar-toolbar yang ada


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, latihan
100 menit
-
Materi: cara membuat animasi proses assembling dan cara kerja sederhana
Pustaka: Sugiarto, N & G. Takhesi Sato. 2002. Menggambar Teknik Menurut Standar ISO. Jakarta: Pradnya Paramita
5%

14

Minggu ke 14

Menganalisis kekuatan komponen yang didesain dan memahami cara memvisualisasikan gambar 3D menjadi gambar lebih nyata

Mahasiswa mampu menganalisis komponen terhadap gaya yang diberikan

Kriteria:

Mahasiswa dapat membuka dan menggunakan toolbar-toolbar yang ada


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, latihan
100 menit
-
Materi: Menganalisis kekuatan komponen yang didesain dan memahami cara memvisualisasikan gambar 3D menjadi gambar lebih nyata
Pustaka: Santoso, Khomeni. 2009. Menggambar Mesin dengan Perintah Autocad. Jakarta: PT. Indeks
5%

15

Minggu ke 15

Membuat gambar rangkaian mesin yang kompleks

Semua indikator

Kriteria:

Mahasiswa dapat membuka dan menggunakan toolbar-toolbar yang ada


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, konsultasi, dan presentasi
100 menit
-
Materi: Menganalisis kekuatan komponen yang didesain dan memahami cara memvisualisasikan gambar 3D menjadi gambar lebih nyata
Pustaka: Darmawan, Djoko. 2004. Autocad 2002 untuk Teknik Mesin dan Industri. Jakarta: Elexmedia Komputindo
5%

16

Minggu ke 16

Membuat gambar rangkaian mesin yang kompleks

Semua indikator

Kriteria:

Mahasiswa dapat membuka dan menggunakan toolbar-toolbar yang ada


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Ujian
100 menit

Materi: Membuat gambar rangkaian mesin yang kompleks
Pustaka: Darmawan, Djoko. 2004. Autocad 2002 untuk Teknik Mesin dan Industri. Jakarta: Elexmedia Komputindo
8%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 17.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 60.67%
3. Penilaian Portofolio 15.17%
4. Tes 5.67%
99.01%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.