
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
DESAIN DAN ANALISIS SISTEM |
6120902067 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
7 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh |
PLO-6 |
Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak [C2, A2] | Students are able to explain software requirement specification [C2, A2]
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mendefinisikan kebutuhan tingkat tinggi dan kandidat domain [C3, A2] | Students are able to define high-level requirement and domain candidate [C2, A2]
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengelisitasi spesifikasi kebutuhan perangkat lunak [C3, P2, A2] | Students are able to analyze and to elicit software requirement specification [C3, P2, A2]
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu membuat rancangan diagram unified modelling language (UML) sesuai kebutuhan perangkat lunak [C4, P3, A2] | Students are capable to design software specification using UML diagram [C4, P3, A2]
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Salah satu tahapan yang krusial dalam pengembangan perangkat lunak ialah rekayasa kebutuhan. Kesuksesan proyek pengembangan perangkat lunak dicapai ketika kebutuhan stakeholder dapat terpenuhi sesuai apa yang dijanjikan oleh pengembang. Maka dalam proses awal pengembangan perangkat lunak, mahasiswa perlu pemahaman mengenai rekayasa sistem dan perangkat lunak, metode dalam menggali kebutuhan stakeholder, teknik dalam menganalisis, dan pendekatan dalam mendokumentasikan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak. Kegiatan dalam perkuliahan ini akan dilakukan dengan metode pembelajaran mandiri dan berkelompok agar dapat melatih mahasiswa ketika nantinya terlibat langsung dalam proyek pengembangan perangkat lunak.
(One of the crucial stages in software development is requirements engineering. The success of a software development project is achieved when stakeholder needs can be fulfilled according to what was promised by the developer. So, in the initial process of software development, students need an understanding of system and software engineering, methods for exploring stakeholder needs, techniques for analyzing, and approaches for documenting software requirements specifications. Activities in this lecture will be carried out using independent and group learning methods so that they can train students when they are directly involved in software development projects.) |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Roger S Pressman and Bruce R. Maxim. 2014. Software Engineering: A Practitioners Approach (8th edition).
- Ivar Jacobson. 2012. Use Case version 2.
- IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document.
- Slide Presentasi Tim Dosen
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Riska Dhenabayu, S.Kom., M.M. Renny Sari Dewi, S. Kom., M. Kom., MCE., MOS. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami konsep analisis kebutuhan perangkat lunak berbasis kerangka kerja [C2, A2] | Students are able to understand concept of software requirement analysis using framework [C2, A2] |
1.1. Mahasiswa mampu memunculkan ide sistem bisnis digital yang sesuai dengan revolusi industri 4.0 |
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bentuk non-tes: Tanya jawab interaktif | Non-test form: Interactive Q&A 3 X 50 |
Bentuk non-tes: Tanya jawab interaktif | Non-test form: Interactive Q&A 3 X 50 |
Materi: Framework IEEE ConOps Pustaka: IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mendefinisikan kebutuhan sistem tingkat tinggi dan objek domain [C2, A2] | Students are able to define a high-level requirement system and domain objects [C2, A2] |
- 2.1 Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan tingkat tinggi dari cerita pengguna
- 2.2. Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan tingkat tinggi dari cerita pengguna
|
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bentuk non-tes:Tanya jawab interaktif | Non-test form:Interactive Q&A 3 X 50 |
Bentuk non-tes:Tanya jawab interaktif | Non-test form:Interactive Q&A 3 X 50 |
Materi: Deskripsi Scope and Document Referenced Pustaka: IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan fungsional berdasarkan cerita pengguna [C3, A2] | Students are able to analyze functional requirement based on user stories [C3, A2] |
- 3.1. Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan fungsional sistem
- 3.2. Mahasiswa mampu menyebutkan beberapa kebutuhan fungsional yang mendukung proses bisnis dari sistem bisnis digital yang akan dikembangkan
|
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah | Discovery & Cooperative learning 3 X 50 |
Ceramah | Discovery & Cooperative learning 3 X 50 |
Materi: High-level Requirement dan Domain Object Pustaka: IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan fungsional dan non-fungsional berdasarkan cerita pengguna [C3, A2] | Students are able to analyze functional and non-functional requirement based on user stories [C3, A2] |
- 4.1. Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan non fungsional sistem
- 4.2. Mahasiswa mampu menyebutkan beberapa kebutuhan non fungsional yang mendukung proses bisnis dari sistem bisnis digital yang akan dikembangkan
|
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan Simulasi | Discovery & Cooperative learning, Simulation-based learning 3 X 50 |
Ceramah dan Simulasi | Discovery & Cooperative learning, Simulation-based learning 3 X 50 |
Materi: Kebutuhan Fungsional | Functional Requirement Pustaka: IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document. Materi: Kebutuhan Fungsional Pustaka: Slide Presentasi Tim Dosen |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menyusun skenario dan narasi kasus penggunaan dari kebutuhan fungsional sistem [C3, A2, P2] | Students are able to compose scenario and use case narratives based on functional requirement system [C3, A2, P2] |
- 5.1 Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan non-fungsional sistem
- 5.2 Mahasiswa mampu menyebutkan kebutuhan non-fungsional pokok yang mendukung lingkungan sistem bisnis digital yang akan dikembangkan
|
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan Simulasi | Discovery & Cooperative learning, Simulation-based learning 3 X 50 |
Ceramah dan Simulasi | Discovery & Cooperative learning, Simulation-based learning 3 x 50 |
Materi: Kebutuhan Non-Fungsional | Non-functional requirement Pustaka: IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document. Materi: Kebutuhan Non-Fungsional Pustaka: Slide Presentasi Tim Dosen |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menyusun scenario/ narasi kasus penggunaan dari kebutuhan fungsional sistem [C3, A2, P2] | Students are able to compose use case narratives based on functional requirement system [C3, A2, P2] |
- 6.1 Mahasiswa mampu menjelaskan komponen dan struktur scenario use case
- 6.2 Mahasiswa mampu menuliskan use case sesuai dengan kaidah yang tepat
|
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan Simulasi | Discovery & Cooperative learning, Simulation-based learning 3 X 50 |
Ceramah dan Simulasi | Discovery & Cooperative learning, Simulation-based learning 3 x 50 |
Materi: Narasi Kasus Penggunaan | Use Case Narrative Pustaka: IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document. Materi: Use Case Narrative Pustaka: Ivar Jacobson. 2012. Use Case version 2. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menyusun scenario/ narasi kasus penggunaan dari kebutuhan fungsional sistem [C3, A2, P2] | Students are able to compose use case narratives based on functional requirement system [C3, A2, P2] |
7.1 Mahasiswa mampu menyusun narasi use case yang selaras dengan kebutuhan fungsional sistem |
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan Simulasi | Discovery & Cooperative learning, Simulation-based learning 3 X 50 |
Ceramah dan Simulasi | Discovery & Cooperative learning, Simulation-based learning 3 x 50 |
Materi: Deskripsi Proposed Systems Pustaka: IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan keterkaitan antara high-level requirement, kebutuhan fungsional, hingga narasi use case dengan komprehensif [C3, P2, A3] Students are able to present the correlation between highlevel requirement, functional requirements, to use case narratives comprehensively [C3, P2, A3] |
Kesesuaian portofolio berdasarkan studi kasus |
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Evaluasi Tengah Semester (UTS) 3 X 50 |
Evaluasi Tengah Semester (UTS) 3 X 50 |
Materi: Presentasi Dokumen IEEE ConOps Pustaka: IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu membuat desain sistem menggunakan diagram UML seperti Use Case Diagram, Sequence Diagram, dan Activity Diagram [C4, P2, A2] | Students are able to create UML diagram such use case diagrams, sequence diagrams, and activity diagrams [C4, P2, A2] |
9.1 Mahasiswa mampu membuat diagram use case berdasarkan skenario use case |
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Project simulation 3 X 50 |
Project simulation 3 X 50 |
Materi: Use Case Diagram Pustaka: Roger S Pressman and Bruce R. Maxim. 2014. Software Engineering: A Practitioners Approach (8th edition). |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu membuat desain sistem menggunakan diagram UML seperti Use Case Diagram, Sequence Diagram, dan Activity Diagram [C4, P2, A2] | Students are able to create UML diagram such use case diagrams, sequence diagrams, and activity diagrams [C4, P2, A2] |
10.1 Mahasiswa mampu membuat sequence diagram berdasarkan skenario use case |
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Project simulation 3 X 50 |
Project simulation 3 X 50 |
Materi: Sequence Diagram Pustaka: Roger S Pressman and Bruce R. Maxim. 2014. Software Engineering: A Practitioners Approach (8th edition). |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu membuat desain sistem menggunakan diagram UML seperti Use Case Diagram, Sequence Diagram, dan Activity Diagram [C4, P2, A2] | Students are able to create UML diagram such use case diagrams, sequence diagrams, and activity diagrams [C4, P2, A2] |
11.1 Mahasiswa mampu membuat diagram aktivitas dari proses bisnis manual diubah menjadi sistem |
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Project simulation 3 X 50 |
Project simulation 3 X 50 |
Materi: Sequence Diagram Pustaka: Roger S Pressman and Bruce R. Maxim. 2014. Software Engineering: A Practitioners Approach (8th edition). |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu membuat analisis dan desain sistem berdasarkan ide bisnis secara kohesif dan komprehensif [C4, P3, A2] | Students are able to create system analysis and design based on business idea cohesively and comprehensively [C4, P3, A2] |
12.1 Mahasiswa mampu mendeskrip-sikan sistem yang ada saat ini |
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Project simulation 3 X 50 |
Project simulation 3 x 50 |
Materi: Operational Scenario Pustaka: IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu membuat analisis dan desain sistem berdasarkan ide bisnis secara kohesif dan komprehensif [C4, P3, A2] | Students are able to create system analysis and design based on business idea cohesively and comprehensively [C4, P3, A2] |
13.1 Mahasiswa mampu membuat justifikasi perubahan menuju sistem bisnis digital |
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Case-based method 3 X 50 |
Case-based method 3 x 50 |
Materi: Justifikasi Perubahan Pustaka: IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu membuat analisis dan desain sistem berdasarkan ide bisnis secara kohesif dan komprehensif [C4, P3, A2] | Students are able to create system analysis and design based on business idea cohesively and comprehensively [C4, P3, A2] |
14.1 Mahasiswa mampu membuat konsep operasional sistem bisnis digital hingga menganalisis potensi dampak yang dihasilkan di masa mendatang | 14.1 Students are able to create an operation concept of proposed system and analyze the impact for future digital business |
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project simulation 3 X 50 |
Project simulation 3 X 50 |
Materi: Description of Proposed System Pustaka: IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu membuat analisis dan desain sistem berdasarkan ide bisnis secara kohesif dan komprehensif [C4, P3, A2] | Students are able to create system analysis and design based on business idea cohesively and comprehensively [C4, P3, A2] |
15.1 Mahasiswa mampu melengkapi dokumen konsep operasi IEEE | 15.1 Students are able to complete IEEE ConOps document |
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project simulation 3 X 50 |
Project simulation 3 x 50 |
Materi: Kompilasi Buku IEEE ConOps Pustaka: IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan dokumen konsep operasi yang utuh suatu ide sistem bisnis digital berdasarkan framework tertentu [C4, A3, P3] | Students are capable to present the IEEE Concept of operations document properly [C4, A3, P3] |
Ketepatan dalam presentasi/demo penyelesaian kasus berbasis framework |
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Evaluasi Akhir Semester (Demo project) 3 X 50 |
Evaluasi Akhir Semester (Demo project) 3 x 50 |
Materi: Dokumen ConOps lengkap Pustaka: IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document. |
15% |