Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

DESAIN DAN ANALISIS SISTEM

6120902067

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

7 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh

PLO-6

Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak [C2, A2] | Students are able to explain software requirement specification [C2, A2]

PO - 2

Mahasiswa mampu mendefinisikan kebutuhan tingkat tinggi dan kandidat domain [C3, A2] | Students are able to define high-level requirement and domain candidate [C2, A2]

PO - 3

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengelisitasi spesifikasi kebutuhan perangkat lunak [C3, P2, A2] | Students are able to analyze and to elicit software requirement specification [C3, P2, A2]

PO - 4

Mahasiswa mampu membuat rancangan diagram unified modelling language (UML) sesuai kebutuhan perangkat lunak [C4, P3, A2] | Students are capable to design software specification using UML diagram [C4, P3, A2]

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-5PLO-6
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Salah satu tahapan yang krusial dalam pengembangan perangkat lunak ialah rekayasa kebutuhan. Kesuksesan proyek pengembangan perangkat lunak dicapai ketika kebutuhan stakeholder dapat terpenuhi sesuai apa yang dijanjikan oleh pengembang. Maka dalam proses awal pengembangan perangkat lunak, mahasiswa perlu pemahaman mengenai rekayasa sistem dan perangkat lunak, metode dalam menggali kebutuhan stakeholder, teknik dalam menganalisis, dan pendekatan dalam mendokumentasikan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak. Kegiatan dalam perkuliahan ini akan dilakukan dengan metode pembelajaran mandiri dan berkelompok agar dapat melatih mahasiswa ketika nantinya terlibat langsung dalam proyek pengembangan perangkat lunak. (One of the crucial stages in software development is requirements engineering. The success of a software development project is achieved when stakeholder needs can be fulfilled according to what was promised by the developer. So, in the initial process of software development, students need an understanding of system and software engineering, methods for exploring stakeholder needs, techniques for analyzing, and approaches for documenting software requirements specifications. Activities in this lecture will be carried out using independent and group learning methods so that they can train students when they are directly involved in software development projects.)

Pustaka

Utama :

  1. Roger S Pressman and Bruce R. Maxim. 2014. Software Engineering: A Practitioners Approach (8th edition).
  2. Ivar Jacobson. 2012. Use Case version 2.
  3. IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document.
  4. Slide Presentasi Tim Dosen

Pendukung :

Dosen Pengampu

Riska Dhenabayu, S.Kom., M.M.

Renny Sari Dewi, S. Kom., M. Kom., MCE., MOS.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami konsep analisis kebutuhan perangkat lunak berbasis kerangka kerja [C2, A2] | Students are able to understand concept of software requirement analysis using framework [C2, A2]

1.1. Mahasiswa mampu memunculkan ide sistem bisnis digital yang sesuai dengan revolusi industri 4.0

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bentuk non-tes: Tanya jawab interaktif | Non-test form: Interactive Q&A
3 X 50
Bentuk non-tes: Tanya jawab interaktif | Non-test form: Interactive Q&A
3 X 50
Materi: Framework IEEE ConOps
Pustaka: IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mendefinisikan kebutuhan sistem tingkat tinggi dan objek domain [C2, A2] | Students are able to define a high-level requirement system and domain objects [C2, A2]

  1. 2.1 Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan tingkat tinggi dari cerita pengguna
  2. 2.2. Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan tingkat tinggi dari cerita pengguna
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bentuk non-tes:Tanya jawab interaktif | Non-test form:Interactive Q&A
3 X 50
Bentuk non-tes:Tanya jawab interaktif | Non-test form:Interactive Q&A
3 X 50
Materi: Deskripsi Scope and Document Referenced
Pustaka: IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan fungsional berdasarkan cerita pengguna [C3, A2] | Students are able to analyze functional requirement based on user stories [C3, A2]

  1. 3.1. Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan fungsional sistem
  2. 3.2. Mahasiswa mampu menyebutkan beberapa kebutuhan fungsional yang mendukung proses bisnis dari sistem bisnis digital yang akan dikembangkan
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah | Discovery & Cooperative learning
3 X 50
Ceramah | Discovery & Cooperative learning
3 X 50
Materi: High-level Requirement dan Domain Object
Pustaka: IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan fungsional dan non-fungsional berdasarkan cerita pengguna [C3, A2] | Students are able to analyze functional and non-functional requirement based on user stories [C3, A2]

  1. 4.1. Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan non fungsional sistem
  2. 4.2. Mahasiswa mampu menyebutkan beberapa kebutuhan non fungsional yang mendukung proses bisnis dari sistem bisnis digital yang akan dikembangkan
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan Simulasi | Discovery & Cooperative learning, Simulation-based learning
3 X 50
Ceramah dan Simulasi | Discovery & Cooperative learning, Simulation-based learning
3 X 50
Materi: Kebutuhan Fungsional | Functional Requirement
Pustaka: IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document.

Materi: Kebutuhan Fungsional
Pustaka: Slide Presentasi Tim Dosen
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menyusun skenario dan narasi kasus penggunaan dari kebutuhan fungsional sistem [C3, A2, P2] | Students are able to compose scenario and use case narratives based on functional requirement system [C3, A2, P2]

  1. 5.1 Mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan non-fungsional sistem
  2. 5.2 Mahasiswa mampu menyebutkan kebutuhan non-fungsional pokok yang mendukung lingkungan sistem bisnis digital yang akan dikembangkan
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan Simulasi | Discovery & Cooperative learning, Simulation-based learning
3 X 50
Ceramah dan Simulasi | Discovery & Cooperative learning, Simulation-based learning
3 x 50
Materi: Kebutuhan Non-Fungsional | Non-functional requirement
Pustaka: IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document.

Materi: Kebutuhan Non-Fungsional
Pustaka: Slide Presentasi Tim Dosen
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menyusun scenario/ narasi kasus penggunaan dari kebutuhan fungsional sistem [C3, A2, P2] | Students are able to compose use case narratives based on functional requirement system [C3, A2, P2]

  1. 6.1 Mahasiswa mampu menjelaskan komponen dan struktur scenario use case
  2. 6.2 Mahasiswa mampu menuliskan use case sesuai dengan kaidah yang tepat
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan Simulasi | Discovery & Cooperative learning, Simulation-based learning
3 X 50
Ceramah dan Simulasi | Discovery & Cooperative learning, Simulation-based learning
3 x 50
Materi: Narasi Kasus Penggunaan | Use Case Narrative
Pustaka: IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document.

Materi: Use Case Narrative
Pustaka: Ivar Jacobson. 2012. Use Case version 2.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menyusun scenario/ narasi kasus penggunaan dari kebutuhan fungsional sistem [C3, A2, P2] | Students are able to compose use case narratives based on functional requirement system [C3, A2, P2]

7.1 Mahasiswa mampu menyusun narasi use case yang selaras dengan kebutuhan fungsional sistem

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan Simulasi | Discovery & Cooperative learning, Simulation-based learning
3 X 50
Ceramah dan Simulasi | Discovery & Cooperative learning, Simulation-based learning
3 x 50
Materi: Deskripsi Proposed Systems
Pustaka: IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mempresentasikan keterkaitan antara high-level requirement, kebutuhan fungsional, hingga narasi use case dengan komprehensif [C3, P2, A3] Students are able to present the correlation between highlevel requirement, functional requirements, to use case narratives comprehensively [C3, P2, A3]

Kesesuaian portofolio berdasarkan studi kasus

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Evaluasi Tengah Semester (UTS)
3 X 50
Evaluasi Tengah Semester (UTS)
3 X 50
Materi: Presentasi Dokumen IEEE ConOps
Pustaka: IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document.
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu membuat desain sistem menggunakan diagram UML seperti Use Case Diagram, Sequence Diagram, dan Activity Diagram [C4, P2, A2] | Students are able to create UML diagram such use case diagrams, sequence diagrams, and activity diagrams [C4, P2, A2]

9.1 Mahasiswa mampu membuat diagram use case berdasarkan skenario use case

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Project simulation
3 X 50
Project simulation
3 X 50
Materi: Use Case Diagram
Pustaka: Roger S Pressman and Bruce R. Maxim. 2014. Software Engineering: A Practitioners Approach (8th edition).
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu membuat desain sistem menggunakan diagram UML seperti Use Case Diagram, Sequence Diagram, dan Activity Diagram [C4, P2, A2] | Students are able to create UML diagram such use case diagrams, sequence diagrams, and activity diagrams [C4, P2, A2]

10.1 Mahasiswa mampu membuat sequence diagram berdasarkan skenario use case

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Project simulation
3 X 50
Project simulation
3 X 50
Materi: Sequence Diagram
Pustaka: Roger S Pressman and Bruce R. Maxim. 2014. Software Engineering: A Practitioners Approach (8th edition).
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu membuat desain sistem menggunakan diagram UML seperti Use Case Diagram, Sequence Diagram, dan Activity Diagram [C4, P2, A2] | Students are able to create UML diagram such use case diagrams, sequence diagrams, and activity diagrams [C4, P2, A2]

11.1 Mahasiswa mampu membuat diagram aktivitas dari proses bisnis manual diubah menjadi sistem

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Project simulation
3 X 50
Project simulation
3 X 50
Materi: Sequence Diagram
Pustaka: Roger S Pressman and Bruce R. Maxim. 2014. Software Engineering: A Practitioners Approach (8th edition).
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu membuat analisis dan desain sistem berdasarkan ide bisnis secara kohesif dan komprehensif [C4, P3, A2] | Students are able to create system analysis and design based on business idea cohesively and comprehensively [C4, P3, A2]

12.1 Mahasiswa mampu mendeskrip-sikan sistem yang ada saat ini

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Project simulation
3 X 50
Project simulation
3 x 50
Materi: Operational Scenario
Pustaka: IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu membuat analisis dan desain sistem berdasarkan ide bisnis secara kohesif dan komprehensif [C4, P3, A2] | Students are able to create system analysis and design based on business idea cohesively and comprehensively [C4, P3, A2]

13.1 Mahasiswa mampu membuat justifikasi perubahan menuju sistem bisnis digital

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Case-based method
3 X 50
Case-based method
3 x 50
Materi: Justifikasi Perubahan
Pustaka: IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu membuat analisis dan desain sistem berdasarkan ide bisnis secara kohesif dan komprehensif [C4, P3, A2] | Students are able to create system analysis and design based on business idea cohesively and comprehensively [C4, P3, A2]

14.1 Mahasiswa mampu membuat konsep operasional sistem bisnis digital hingga menganalisis potensi dampak yang dihasilkan di masa mendatang | 14.1 Students are able to create an operation concept of proposed system and analyze the impact for future digital business

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project simulation
3 X 50
Project simulation
3 X 50
Materi: Description of Proposed System
Pustaka: IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu membuat analisis dan desain sistem berdasarkan ide bisnis secara kohesif dan komprehensif [C4, P3, A2] | Students are able to create system analysis and design based on business idea cohesively and comprehensively [C4, P3, A2]

15.1 Mahasiswa mampu melengkapi dokumen konsep operasi IEEE | 15.1 Students are able to complete IEEE ConOps document

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project simulation
3 X 50
Project simulation
3 x 50
Materi: Kompilasi Buku IEEE ConOps
Pustaka: IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document.
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mempresentasikan dokumen konsep operasi yang utuh suatu ide sistem bisnis digital berdasarkan framework tertentu [C4, A3, P3] | Students are capable to present the IEEE Concept of operations document properly [C4, A3, P3]

Ketepatan dalam presentasi/demo penyelesaian kasus berbasis framework

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Evaluasi Akhir Semester (Demo project)
3 X 50
Evaluasi Akhir Semester (Demo project)
3 x 50
Materi: Dokumen ConOps lengkap
Pustaka: IEEE. 1998. IEEE 1362-1998 - Concept of Operations (ConOps) Document.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 65%
2. Praktik / Unjuk Kerja 20%
3. Tes 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.