
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S3 Pendidikan Seni
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis Perbandingan Ideologi Pendidikan Seni |
8801002008 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=7.56 |
2 |
27 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si
|
Dr. Setyo yanuartuti, M.Si
|
Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-5 |
Mampu membangun kerangka teoretik secara komprehensif melalui penguasaan metodologi penelitian pendidikan seni atau karya seni terapan yang berbasis modal budaya Nusantara |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengidentifikasi dan membandingkan berbagai ideologi pendidikan seni dalam konteks global dan lokal.
|
PO - 2 |
Menganalisis studi kasus pendidikan seni melalui lensa ideologi yang melatarbelakanginya.
|
PO - 3 |
Mengevaluasi dampak ideologi terhadap praktik kurikulum, pembelajaran, dan kebijakan pendidikan seni.
|
PO - 4 |
Mengembangkan kerangka analisis kritis untuk menilai relevansi ideologi tertentu dalam konteks pendidikan seni kontemporer.
|
PO - 5 |
Merancang rekomendasi atau model alternatif pendidikan seni berbasis analisis perbandingan ideologis.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-5 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | ✔ | | PO-3 | ✔ | | PO-4 | | ✔ | PO-5 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas secara mendalam berbagai ideologi yang mendasari pendidikan seni di berbagai konteks budaya, sosial, dan politik melalui pendekatan studi kasus. Mahasiswa akan menganalisis perbandingan ideologi pendidikan seni seperti pendekatan esensialisme, progresivisme, rekonstruksionisme, ekspresivisme, dan multikulturalisme—serta implikasinya terhadap kurikulum, pedagogi, dan evaluasi dalam pendidikan seni. Studi kasus digunakan untuk mengkritisi praktik pendidikan seni di berbagai negara, institusi, atau komunitas, sehingga mahasiswa dapat memahami dinamika ideologis yang memengaruhi kebijakan dan praktik pendidikan seni. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Exploring Activity Theory in the Context of Online Studio–Based Visual Communication Design Q2 as Journal International Journal of Design Education Author Order : 0 of 0 Creator : Saraswati R.A.D. 2025
- Art Discourse in Modern Fine Arts in Surabaya: An Analytical Historical Research Q1 as Journal Harmonia: Journal of Arts Research and Education Author Order : 1 of 2 Creator : Djatiprambudi D. 2023
- IMPLEMENTASI KURIKULUM S3 PENDIDIKAN SENI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNESA Leader : Setyo Yanuartuti KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN DASAR (FBS) ) Personils : Djuli Djatiprambudi; Setya Yuwana Sudikan; Warih Handayaningrum; Indar Sabri; 2024
- KOMPARASI HISTORIS KURIKULUM PENDIDIKAN SENI DI INDONESIA DAN MALAYSIA PASCA KOLONIAL Leader : Anik Juwariyah KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN KOLABORASI INTERNASIONAL (FBS) ) Personils : Trisakti; Haris Supratno; Djuli Djatiprambudi; Setyo Yanuartuti; 2024
- BUKU AJAR TEORI KREATIVITAS DAN PENDIDIKAN KEREATIVITAS Leader : Indar Sabri PENELITIAN KOMPETITIF PASCASARJANA ( PENELITIAN DASAR (PASCASARJANA) ) Personils : Setyo Yanuartuti; 2022
- PENGUATAN KOMPETENSI DOSEN DALAM PEMBUATAN PROPOSAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT KOLABORASI NASIONAL ANTAR PERGURUAN TINGGI. (KOLABORASI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA DENGAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT KALIMANTAN SELATAN) Leader : Indar Sabri KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PKM FBS ) Personils : Setyo Yanuartuti; Syaiful Qadar Basri; 2024
- Teori kreativitas dan pendidikan kreativitas Category : BUKU AJAR Dr. Indar Sabri, S.Sn, M.Pd, Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si CV. Penerbit Lakeisha 2023 Klaten, Jawa Tengaha ISBN : 9786234205480
- IMPLEMENTASI KURIKULUM S3 PENDIDIKAN SENI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNESA Leader : Setyo Yanuartuti KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN DASAR (FBS) ) Personils : Djuli Djatiprambudi; Setya Yuwana Sudikan; Warih Handayaningrum; Indar Sabri; 2024
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Drs. Djuli Djatiprambudi, M.Sn. Dr. Arif Hidajad, S.Sn., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menyebutkan karakteristik utama ideologi pendidikan seni dalam konteks global (misal: progresivisme, rekonstruksionisme, konservatisme). |
Kedalaman Kontribusi: Kemampuan memberikan argumen berbasis literatur, mengaitkan ideologi dengan studi kasus, dan memicu diskusi kritis. Frekuensi & Relevansi : Keterlibatan aktif dalam setiap sesi diskusi (minimal 2 kontribusi bermakna per pertemuan). Respons terhadap Tanggapan : Kemampuan menanggapi pertanyaan/masukan dari peserta lain secara konstruktif. |
Kriteria:
Menjelaskan karakteristik ideologi global Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi, Penugasan Mandiri 2 X 50 |
|
Materi: Konsep Dasar Ideologi Pendidikan Seni Pustaka: Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A Commodification of the Performing Arts of Thak-Thakan Gembong Singo Lawe in East Java |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mengidentifikasi nilai-nilai lokal dalam praktik pendidikan seni tradisional Indonesia. |
Mengidentifikasi nilai budaya lokal dalam pendidikan |
Kriteria:
Kejelasan identifikasi, kontekstualisasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Studi dokumen, observasi, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Konsep Dasar Ideologi Pendidikan Seni Pustaka: Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A Commodification of the Performing Arts of Thak-Thakan Gembong Singo Lawe in East Java Materi: Konsep Dasar Ideologi Pendidikan Seni Pustaka: Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si Adaptation of the wiruncana murca play in the wayang topeng jatiduwur (Jatiduwur mask puppet) jombang performance |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Membandingkan persamaan dan perbedaan antara ideologi pendidikan seni global dan lokal. |
Menganalisis perbedaan & kesamaan ideologi |
Kriteria:
Argumentasi logis, kedalaman analisis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi, kerja kelompok, presentasi 2 X 50 |
|
Materi: Perbandingan ideologi global dan lokal Pustaka: Exploring Activity Theory in the Context of Online Studio–Based Visual Communication Design Q2 as Journal International Journal of Design Education Author Order : 0 of 0 Creator : Saraswati R.A.D. 2025 |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mengkaji studi kasus pendidikan seni dalam berbagai institusi berdasarkan pendekatan ideologis (misalnya pendidikan seni di sekolah negeri vs komunitas seni rakyat). |
|
Kriteria:
Kemampuan menafsirkan konteks ideologi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Kajian studi kasus, penugasan individu 2 X 50 |
|
Materi: Studi kasus pendidikan seni Pustaka: IMPLEMENTASI KURIKULUM S3 PENDIDIKAN SENI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNESA Leader : Setyo Yanuartuti KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN DASAR (FBS) ) Personils : Djuli Djatiprambudi; Setya Yuwana Sudikan; Warih Handayaningrum; Indar Sabri; 2024 |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menginterpretasikan hubungan antara ideologi dan desain kurikulum dalam studi kasus tertentu. |
Menjelaskan hubungan antara kurikulum dan ideologi |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Analisis dokumen, diskusi, refleksi 2 X 50 |
|
Materi: Kurikulum dan ideologi Pustaka: KOMPARASI HISTORIS KURIKULUM PENDIDIKAN SENI DI INDONESIA DAN MALAYSIA PASCA KOLONIAL Leader : Anik Juwariyah KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN KOLABORASI INTERNASIONAL (FBS) ) Personils : Trisakti; Haris Supratno; Djuli Djatiprambudi; Setyo Yanuartuti; 2024 |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mengkritisi implikasi ideologis dari kebijakan atau pendekatan yang digunakan dalam studi kasus tersebut. |
Mengkritisi ideologi dalam kebijakan pendidikan |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Studi kebijakan, penugasan, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Analisis kebijakan pendidikan seni Pustaka: IMPLEMENTASI KURIKULUM S3 PENDIDIKAN SENI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNESA Leader : Setyo Yanuartuti KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN DASAR (FBS) ) Personils : Djuli Djatiprambudi; Setya Yuwana Sudikan; Warih Handayaningrum; Indar Sabri; 2024 |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menilai keterkaitan antara orientasi ideologi dan struktur kurikulum pendidikan seni. |
Mengevaluasi kurikulum berbasis ideologi |
Kriteria:
Kedalaman evaluasi, sintesis teori-praktik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Simulasi analisis, diskusi, penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Struktur kurikulum dan ideologi Pustaka: IMPLEMENTASI KURIKULUM S3 PENDIDIKAN SENI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNESA Leader : Setyo Yanuartuti KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN DASAR (FBS) ) Personils : Djuli Djatiprambudi; Setya Yuwana Sudikan; Warih Handayaningrum; Indar Sabri; 2024 |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Menganalisis bagaimana pendekatan pengajaran seni dipengaruhi oleh pilihan ideologi tertentu. |
Menilai dampak ideologi pada strategi mengajar |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Observasi pembelajaran, review kasus 2 X 50 |
|
Materi: Strategi pembelajaran berbasis ideologi Pustaka: Exploring Activity Theory in the Context of Online Studio–Based Visual Communication Design Q2 as Journal International Journal of Design Education Author Order : 0 of 0 Creator : Saraswati R.A.D. 2025 |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mengevaluasi pengaruh ideologi terhadap kebijakan pemerintah atau institusi dalam pendidikan seni. |
Mengevaluasi ideologi dalam kebijakan seni |
Kriteria:
Argumentasi berbasis data dan teori Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Analisis kebijakan, forum diskusi
|
|
Materi: Evaluasi kebijakan pendidikan seni Pustaka: KOMPARASI HISTORIS KURIKULUM PENDIDIKAN SENI DI INDONESIA DAN MALAYSIA PASCA KOLONIAL Leader : Anik Juwariyah KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN KOLABORASI INTERNASIONAL (FBS) ) Personils : Trisakti; Haris Supratno; Djuli Djatiprambudi; Setyo Yanuartuti; 2024 |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menyusun kerangka teoretik analisis ideologi pendidikan seni berdasarkan literatur mutakhir. |
Menyusun kerangka analisis kritis |
Kriteria:
Struktur logis, dukungan teori, kebaruan Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Tes |
Review literatur, pembuatan kerangka, bimbingan mandiri 2 X 50 |
|
Materi: Kerangka teoretik ideologi pendidikan Pustaka: Art Discourse in Modern Fine Arts in Surabaya: An Analytical Historical Research Q1 as Journal Harmonia: Journal of Arts Research and Education Author Order : 1 of 2 Creator : Djatiprambudi D. 2023 |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Menguji validitas kerangka tersebut dengan studi kasus atau fenomena pendidikan seni saat ini. |
Menguji kerangka pada kasus nyata |
Kriteria:
Konsistensi penerapan, ketepatan analisis Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Tes |
Simulasi studi kasus, diskusi, presentasi
|
|
Materi: Aplikasi kerangka pada kasus Pustaka: Teori kreativitas dan pendidikan kreativitas Category : BUKU AJAR Dr. Indar Sabri, S.Sn, M.Pd, Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si CV. Penerbit Lakeisha 2023 Klaten, Jawa Tengaha ISBN : 9786234205480 |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menguji validitas kerangka tersebut dengan studi kasus atau fenomena pendidikan seni saat ini. |
Menguji kerangka pada kasus nyata |
Kriteria:
Konsistensi penerapan, ketepatan analisis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Tes |
Simulasi studi kasus, diskusi, presentasi 2 X 50 |
|
Materi: Aplikasi kerangka pada kasus Pustaka: IMPLEMENTASI KURIKULUM S3 PENDIDIKAN SENI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNESA Leader : Setyo Yanuartuti KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN DASAR (FBS) ) Personils : Djuli Djatiprambudi; Setya Yuwana Sudikan; Warih Handayaningrum; Indar Sabri; 2024 |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Merefleksikan efektivitas kerangka analisis dalam memahami perubahan sosial dan kultural dalam pendidikan seni. |
Merefleksikan efektivitas kerangka terhadap konteks sekarang |
Kriteria:
Orisinalitas refleksi, kedalaman konteks Bentuk Penilaian : Tes |
Refleksi kritis, penulisan esai, dialog kelas 2 X 50 |
|
Materi: Relevansi ideologi dalam seni kontemporer Pustaka: IMPLEMENTASI KURIKULUM S3 PENDIDIKAN SENI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNESA Leader : Setyo Yanuartuti KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN DASAR (FBS) ) Personils : Djuli Djatiprambudi; Setya Yuwana Sudikan; Warih Handayaningrum; Indar Sabri; 2024 |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menyusun model konseptual pendidikan seni berbasis hasil analisis ideologi. |
Menyusun model konseptual berbasis analisis |
Kriteria:
Kreativitas, koherensi, dasar analisis Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Workshop, diskusi desain, review sejawat
|
|
Materi: Model konseptual pendidikan seni Pustaka: PENGUATAN KOMPETENSI DOSEN DALAM PEMBUATAN PROPOSAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT KOLABORASI NASIONAL ANTAR PERGURUAN TINGGI. (KOLABORASI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA DENGAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT KALIMANTAN SELATAN) Leader : Indar Sabri KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PKM FBS ) Personils : Setyo Yanuartuti; Syaiful Qadar Basri; 2024 |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mengembangkan instrumen atau prinsip dasar pembelajaran seni berbasis ideologi alternatif. |
Mengembangkan alat ajar berbasis ideologi alternatif |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Perancangan alat ajar, diskusi instrumen
|
|
Materi: Desain instrumen pembelajaran alternatif Pustaka: Teori kreativitas dan pendidikan kreativitas Category : BUKU AJAR Dr. Indar Sabri, S.Sn, M.Pd, Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si CV. Penerbit Lakeisha 2023 Klaten, Jawa Tengaha ISBN : 9786234205480 |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
Menyampaikan rekomendasi berbasis data dan analisis |
Kriteria:
Kelengkapan data, ketajaman rekomendasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi rekomendasi, simulasi audiensi 2 X 50 |
|
Materi: Rekomendasi kebijakan berbasis analisis Pustaka: Exploring Activity Theory in the Context of Online Studio–Based Visual Communication Design Q2 as Journal International Journal of Design Education Author Order : 0 of 0 Creator : Saraswati R.A.D. 2025 |
20% |