Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S3 Pendidikan Seni

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Perbandingan Ideologi Pendidikan Seni

8801002008

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=7.56

2

27 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si




Dr. Setyo yanuartuti, M.Si




Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-5

Mampu membangun kerangka teoretik secara komprehensif melalui penguasaan metodologi penelitian pendidikan seni atau karya seni terapan yang berbasis modal budaya Nusantara

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengidentifikasi dan membandingkan berbagai ideologi pendidikan seni dalam konteks global dan lokal.

PO - 2

Menganalisis studi kasus pendidikan seni melalui lensa ideologi yang melatarbelakanginya.

PO - 3

Mengevaluasi dampak ideologi terhadap praktik kurikulum, pembelajaran, dan kebijakan pendidikan seni.

PO - 4

Mengembangkan kerangka analisis kritis untuk menilai relevansi ideologi tertentu dalam konteks pendidikan seni kontemporer.

PO - 5

Merancang rekomendasi atau model alternatif pendidikan seni berbasis analisis perbandingan ideologis.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-5
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas secara mendalam berbagai ideologi yang mendasari pendidikan seni di berbagai konteks budaya, sosial, dan politik melalui pendekatan studi kasus. Mahasiswa akan menganalisis perbandingan ideologi pendidikan seni seperti pendekatan esensialisme, progresivisme, rekonstruksionisme, ekspresivisme, dan multikulturalisme—serta implikasinya terhadap kurikulum, pedagogi, dan evaluasi dalam pendidikan seni. Studi kasus digunakan untuk mengkritisi praktik pendidikan seni di berbagai negara, institusi, atau komunitas, sehingga mahasiswa dapat memahami dinamika ideologis yang memengaruhi kebijakan dan praktik pendidikan seni.

Pustaka

Utama :

  1. Exploring Activity Theory in the Context of Online Studio–Based Visual Communication Design Q2 as Journal International Journal of Design Education Author Order : 0 of 0 Creator : Saraswati R.A.D. 2025
  2. Art Discourse in Modern Fine Arts in Surabaya: An Analytical Historical Research Q1 as Journal Harmonia: Journal of Arts Research and Education Author Order : 1 of 2 Creator : Djatiprambudi D. 2023
  3. IMPLEMENTASI KURIKULUM S3 PENDIDIKAN SENI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNESA Leader : Setyo Yanuartuti KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN DASAR (FBS) ) Personils : Djuli Djatiprambudi; Setya Yuwana Sudikan; Warih Handayaningrum; Indar Sabri; 2024
  4. KOMPARASI HISTORIS KURIKULUM PENDIDIKAN SENI DI INDONESIA DAN MALAYSIA PASCA KOLONIAL Leader : Anik Juwariyah KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN KOLABORASI INTERNASIONAL (FBS) ) Personils : Trisakti; Haris Supratno; Djuli Djatiprambudi; Setyo Yanuartuti; 2024
  5. BUKU AJAR TEORI KREATIVITAS DAN PENDIDIKAN KEREATIVITAS Leader : Indar Sabri PENELITIAN KOMPETITIF PASCASARJANA ( PENELITIAN DASAR (PASCASARJANA) ) Personils : Setyo Yanuartuti; 2022
  6. PENGUATAN KOMPETENSI DOSEN DALAM PEMBUATAN PROPOSAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT KOLABORASI NASIONAL ANTAR PERGURUAN TINGGI. (KOLABORASI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA DENGAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT KALIMANTAN SELATAN) Leader : Indar Sabri KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PKM FBS ) Personils : Setyo Yanuartuti; Syaiful Qadar Basri; 2024
  7. Teori kreativitas dan pendidikan kreativitas Category : BUKU AJAR Dr. Indar Sabri, S.Sn, M.Pd, Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si CV. Penerbit Lakeisha 2023 Klaten, Jawa Tengaha ISBN : 9786234205480
  8. IMPLEMENTASI KURIKULUM S3 PENDIDIKAN SENI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNESA Leader : Setyo Yanuartuti KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN DASAR (FBS) ) Personils : Djuli Djatiprambudi; Setya Yuwana Sudikan; Warih Handayaningrum; Indar Sabri; 2024

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Drs. Djuli Djatiprambudi, M.Sn.

Dr. Arif Hidajad, S.Sn., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menyebutkan karakteristik utama ideologi pendidikan seni dalam konteks global (misal: progresivisme, rekonstruksionisme, konservatisme).

Kedalaman Kontribusi: Kemampuan memberikan argumen berbasis literatur, mengaitkan ideologi dengan studi kasus, dan memicu diskusi kritis. Frekuensi & Relevansi : Keterlibatan aktif dalam setiap sesi diskusi (minimal 2 kontribusi bermakna per pertemuan). Respons terhadap Tanggapan : Kemampuan menanggapi pertanyaan/masukan dari peserta lain secara konstruktif.

Kriteria:

Menjelaskan karakteristik ideologi global


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi, Penugasan Mandiri
2 X 50

Materi: Konsep Dasar Ideologi Pendidikan Seni
Pustaka: Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A Commodification of the Performing Arts of Thak-Thakan Gembong Singo Lawe in East Java
5%

2

Minggu ke 2

Mengidentifikasi nilai-nilai lokal dalam praktik pendidikan seni tradisional Indonesia.

Mengidentifikasi nilai budaya lokal dalam pendidikan

Kriteria:

Kejelasan identifikasi, kontekstualisasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Studi dokumen, observasi, diskusi
2 X 50

Materi: Konsep Dasar Ideologi Pendidikan Seni
Pustaka: Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A Commodification of the Performing Arts of Thak-Thakan Gembong Singo Lawe in East Java

Materi: Konsep Dasar Ideologi Pendidikan Seni
Pustaka: Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si Adaptation of the wiruncana murca play in the wayang topeng jatiduwur (Jatiduwur mask puppet) jombang performance
5%

3

Minggu ke 3

Membandingkan persamaan dan perbedaan antara ideologi pendidikan seni global dan lokal.

Menganalisis perbedaan & kesamaan ideologi

Kriteria:

Argumentasi logis, kedalaman analisis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi, kerja kelompok, presentasi
2 X 50

Materi: Perbandingan ideologi global dan lokal
Pustaka: Exploring Activity Theory in the Context of Online Studio–Based Visual Communication Design Q2 as Journal International Journal of Design Education Author Order : 0 of 0 Creator : Saraswati R.A.D. 2025
5%

4

Minggu ke 4

Mengkaji studi kasus pendidikan seni dalam berbagai institusi berdasarkan pendekatan ideologis (misalnya pendidikan seni di sekolah negeri vs komunitas seni rakyat).

Kriteria:

Kemampuan menafsirkan konteks ideologi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Kajian studi kasus, penugasan individu
2 X 50

Materi: Studi kasus pendidikan seni
Pustaka: IMPLEMENTASI KURIKULUM S3 PENDIDIKAN SENI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNESA Leader : Setyo Yanuartuti KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN DASAR (FBS) ) Personils : Djuli Djatiprambudi; Setya Yuwana Sudikan; Warih Handayaningrum; Indar Sabri; 2024
5%

5

Minggu ke 5

Menginterpretasikan hubungan antara ideologi dan desain kurikulum dalam studi kasus tertentu.

Menjelaskan hubungan antara kurikulum dan ideologi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Analisis dokumen, diskusi, refleksi
2 X 50

Materi: Kurikulum dan ideologi
Pustaka: KOMPARASI HISTORIS KURIKULUM PENDIDIKAN SENI DI INDONESIA DAN MALAYSIA PASCA KOLONIAL Leader : Anik Juwariyah KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN KOLABORASI INTERNASIONAL (FBS) ) Personils : Trisakti; Haris Supratno; Djuli Djatiprambudi; Setyo Yanuartuti; 2024
5%

6

Minggu ke 6

Mengkritisi implikasi ideologis dari kebijakan atau pendekatan yang digunakan dalam studi kasus tersebut.

Mengkritisi ideologi dalam kebijakan pendidikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Studi kebijakan, penugasan, diskusi
2 X 50

Materi: Analisis kebijakan pendidikan seni
Pustaka: IMPLEMENTASI KURIKULUM S3 PENDIDIKAN SENI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNESA Leader : Setyo Yanuartuti KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN DASAR (FBS) ) Personils : Djuli Djatiprambudi; Setya Yuwana Sudikan; Warih Handayaningrum; Indar Sabri; 2024
5%

7

Minggu ke 7

Menilai keterkaitan antara orientasi ideologi dan struktur kurikulum pendidikan seni.

Mengevaluasi kurikulum berbasis ideologi

Kriteria:

Kedalaman evaluasi, sintesis teori-praktik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Simulasi analisis, diskusi, penugasan
2 X 50

Materi: Struktur kurikulum dan ideologi
Pustaka: IMPLEMENTASI KURIKULUM S3 PENDIDIKAN SENI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNESA Leader : Setyo Yanuartuti KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN DASAR (FBS) ) Personils : Djuli Djatiprambudi; Setya Yuwana Sudikan; Warih Handayaningrum; Indar Sabri; 2024
5%

8

Minggu ke 8

Menganalisis bagaimana pendekatan pengajaran seni dipengaruhi oleh pilihan ideologi tertentu.

Menilai dampak ideologi pada strategi mengajar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Observasi pembelajaran, review kasus
2 X 50

Materi: Strategi pembelajaran berbasis ideologi
Pustaka: Exploring Activity Theory in the Context of Online Studio–Based Visual Communication Design Q2 as Journal International Journal of Design Education Author Order : 0 of 0 Creator : Saraswati R.A.D. 2025
10%

9

Minggu ke 9

Mengevaluasi pengaruh ideologi terhadap kebijakan pemerintah atau institusi dalam pendidikan seni.

Mengevaluasi ideologi dalam kebijakan seni

Kriteria:

Argumentasi berbasis data dan teori


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Analisis kebijakan, forum diskusi

Materi: Evaluasi kebijakan pendidikan seni
Pustaka: KOMPARASI HISTORIS KURIKULUM PENDIDIKAN SENI DI INDONESIA DAN MALAYSIA PASCA KOLONIAL Leader : Anik Juwariyah KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN KOLABORASI INTERNASIONAL (FBS) ) Personils : Trisakti; Haris Supratno; Djuli Djatiprambudi; Setyo Yanuartuti; 2024
5%

10

Minggu ke 10

Menyusun kerangka teoretik analisis ideologi pendidikan seni berdasarkan literatur mutakhir.

Menyusun kerangka analisis kritis

Kriteria:

Struktur logis, dukungan teori, kebaruan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Tes
Review literatur, pembuatan kerangka, bimbingan mandiri
2 X 50

Materi: Kerangka teoretik ideologi pendidikan
Pustaka: Art Discourse in Modern Fine Arts in Surabaya: An Analytical Historical Research Q1 as Journal Harmonia: Journal of Arts Research and Education Author Order : 1 of 2 Creator : Djatiprambudi D. 2023
5%

11

Minggu ke 11

Menguji validitas kerangka tersebut dengan studi kasus atau fenomena pendidikan seni saat ini.

Menguji kerangka pada kasus nyata

Kriteria:

Konsistensi penerapan, ketepatan analisis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Tes
Simulasi studi kasus, diskusi, presentasi

Materi: Aplikasi kerangka pada kasus
Pustaka: Teori kreativitas dan pendidikan kreativitas Category : BUKU AJAR Dr. Indar Sabri, S.Sn, M.Pd, Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si CV. Penerbit Lakeisha 2023 Klaten, Jawa Tengaha ISBN : 9786234205480
5%

12

Minggu ke 12

Menguji validitas kerangka tersebut dengan studi kasus atau fenomena pendidikan seni saat ini.

Menguji kerangka pada kasus nyata

Kriteria:

Konsistensi penerapan, ketepatan analisis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Tes
Simulasi studi kasus, diskusi, presentasi
2 X 50

Materi: Aplikasi kerangka pada kasus
Pustaka: IMPLEMENTASI KURIKULUM S3 PENDIDIKAN SENI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNESA Leader : Setyo Yanuartuti KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN DASAR (FBS) ) Personils : Djuli Djatiprambudi; Setya Yuwana Sudikan; Warih Handayaningrum; Indar Sabri; 2024
5%

13

Minggu ke 13

Merefleksikan efektivitas kerangka analisis dalam memahami perubahan sosial dan kultural dalam pendidikan seni.

Merefleksikan efektivitas kerangka terhadap konteks sekarang

Kriteria:

Orisinalitas refleksi, kedalaman konteks


Bentuk Penilaian :
Tes
Refleksi kritis, penulisan esai, dialog kelas
2 X 50

Materi: Relevansi ideologi dalam seni kontemporer
Pustaka: IMPLEMENTASI KURIKULUM S3 PENDIDIKAN SENI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNESA Leader : Setyo Yanuartuti KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN DASAR (FBS) ) Personils : Djuli Djatiprambudi; Setya Yuwana Sudikan; Warih Handayaningrum; Indar Sabri; 2024
5%

14

Minggu ke 14

Menyusun model konseptual pendidikan seni berbasis hasil analisis ideologi.

Menyusun model konseptual berbasis analisis

Kriteria:

Kreativitas, koherensi, dasar analisis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Workshop, diskusi desain, review sejawat

Materi: Model konseptual pendidikan seni
Pustaka: PENGUATAN KOMPETENSI DOSEN DALAM PEMBUATAN PROPOSAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT KOLABORASI NASIONAL ANTAR PERGURUAN TINGGI. (KOLABORASI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA DENGAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT KALIMANTAN SELATAN) Leader : Indar Sabri KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PKM FBS ) Personils : Setyo Yanuartuti; Syaiful Qadar Basri; 2024
5%

15

Minggu ke 15

Mengembangkan instrumen atau prinsip dasar pembelajaran seni berbasis ideologi alternatif.

Mengembangkan alat ajar berbasis ideologi alternatif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Perancangan alat ajar, diskusi instrumen

Materi: Desain instrumen pembelajaran alternatif
Pustaka: Teori kreativitas dan pendidikan kreativitas Category : BUKU AJAR Dr. Indar Sabri, S.Sn, M.Pd, Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si CV. Penerbit Lakeisha 2023 Klaten, Jawa Tengaha ISBN : 9786234205480
5%

16

Minggu ke 16

Menyampaikan rekomendasi berbasis data dan analisis

Kriteria:

Kelengkapan data, ketajaman rekomendasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi rekomendasi, simulasi audiensi
2 X 50

Materi: Rekomendasi kebijakan berbasis analisis
Pustaka: Exploring Activity Theory in the Context of Online Studio–Based Visual Communication Design Q2 as Journal International Journal of Design Education Author Order : 0 of 0 Creator : Saraswati R.A.D. 2025
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 15.84%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 20.42%
3. Penilaian Portofolio 23.75%
4. Penilaian Praktikum 7.93%
5. Praktik / Unjuk Kerja 15.43%
6. Tes 16.67%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.