
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Musik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Teori Musik Dasar |
9122102108 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
9 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Agus Suwahyono, S.Sn., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memiliki sikap etis, komunikatif, apresiatif, analitis, dan bekerjasama dalam esensi pembelajaran teori musik
|
PO - 2 |
Memiliki kemampuan membaca dan menulis notasi, nada, tangga nada, dan simbol-simbol musik dengan tepat serta merancang, menyusun, mendiskusikan dan mempresentasikan hasil belajar kelompok di depan kelas yang meliputi materi kajian yang dipelajari dalam Teori Musik yang mencakup aspek Nada, Ritme, Harmoni, Melodi, Irama dan Dinamika
|
PO - 3 |
Memiliki pengetahuan teori musik dasar meliputi notasi musik, nada, tangga nada, dan simbol-simbol yang digunakan dalam bermusik.
|
PO - 4 |
Mampu mengembangkan teori musik kedalam pembelajaran musik
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pengetahuan dan pemahaman wawasan teori musik dasar meliputi notasi, nada, tangga nada, dan simbol-simbol yang digunakan dalam bermusik. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Isfanhari dan Nugroho, Widyo. 1996. Pengetahuan Dasar Musik. Surabaya: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur.
- Harnum, Jonathan. 2001. Basic Music Theory: How to Read, Write, and Understand Written Music. Chicago: Sol-Ut Press.
- Sukohardi, Al., Drs. 2011. Teori Musik Umum. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
- Yuniastuti, Yuyun. 2015. Teori Musik Tingkat Muda. Surabaya: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur.
|
Pendukung : |
|
- Mudjilah, H. S. (2010). Teori Musik 1. Yogyakarta: Universitas Negeri Fakultas Bahasa Dan Seni.
- Iktia, G. (2017). Pengantar teori musik. Jurnal Ilmiah: Pro Film.
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami teori musik dari para ahli |
- Mampu menyebutkan definisi musik dari para ahli musik
- Mampu membandingkan definisi musik dari para ahli musik
- Mampu menyimpulkan defini musik dari para ahli
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menguraikan dan mengembangkan insturmen penilaianKetepatan menentukan jenis dan penamaan akhordKetepatan dalam membaca ritme melalui media vokal dengan tempo cepat atau pun lambatKetepatan dalam menghentifikasi notasi balok melalui media Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah konstruktivistik 2 X 50 |
Ceramah konstruktivistik 2 X 50 |
Materi: Mampu memahami teori musik dari para ahli Pustaka: Isfanhari dan Nugroho, Widyo. 1996. Pengetahuan Dasar Musik. Surabaya: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memahami teori musik dari para ahli |
Mampu mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas |
Kriteria:
Ketepatan dalam menguraikan dan mengembangkan insturmen penilaianKetepatan menentukan jenis dan penamaan akhordKetepatan dalam membaca ritme melalui media vokal dengan tempo cepat atau pun lambatKetepatan dalam menghentifikasi notasi balok melalui media Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kooperatif 2 X 50 |
Kooperatif 2 X 50 |
Materi: Mampu memahami teori musik dari para ahli Pustaka: Harnum, Jonathan. 2001. Basic Music Theory: How to Read, Write, and Understand Written Music. Chicago: Sol-Ut Press. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memahami unsur-unsur musik |
- Mampu menyebutkan unsur-unsur musik
- Mampu menjelaskan unsur-unsur musik
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menguraikan dan mengembangkan insturmen penilaianKetepatan menentukan jenis dan penamaan akhordKetepatan dalam membaca ritme melalui media vokal dengan tempo cepat atau pun lambatKetepatan dalam menghentifikasi notasi balok melalui media Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Tanya Jawab 2 X 50 |
Ceramah, Tanya Jawab
|
Materi: Mampu memahami unsur-unsur musik Pustaka: Harnum, Jonathan. 2001. Basic Music Theory: How to Read, Write, and Understand Written Music. Chicago: Sol-Ut Press. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu mengidentifikasi bunyi dan nada serta memahami interval nada diatonis dalam musik |
- Mampu menjelaskan perbedaan antara bunyi dan nada
- Mampu menganalisis interval nada diatonis dalam musik
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menguraikan dan mengembangkan insturmen penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab 2 X 50 |
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab 2 X 50 |
Materi: Mampu mengidentifikasi bunyi dan nada serta memahami interval nada diatonis dalam musik Pustaka: Harnum, Jonathan. 2001. Basic Music Theory: How to Read, Write, and Understand Written Music. Chicago: Sol-Ut Press. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu mengidentifikasi bunyi dan nada serta memahami interval nada diatonis dalam musik |
- Mampu menjelaskan perbedaan antara bunyi dan nada
- Mampu menganalisis interval nada diatonis dalam musik
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menguraikan dan mengembangkan insturmen penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, tanya jawab 2 X 50 |
Ceramah, diskusi, tanya jawab
|
Materi: Mampu mengidentifikasi bunyi dan nada serta memahami interval nada diatonis dalam musik Pustaka: Sukohardi, Al., Drs. 2011. Teori Musik Umum. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu mengidentifikasi tempo serta memahami irama dalam musik |
- Mampu menyebutkan macam dan jenis tempo dalam musik
- Mampu menganalisis dan mendeskripsikan irama dalam musik
|
Kriteria:
Ketepatan menentukan jenis dan penamaan akor Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Diskusi Tanya jawab 2 X 50 |
Ceramah Diskusi Tanya jawab 2 x 50 |
Materi: Mampu mengidentifikasi tempo serta memahami irama dalam musik Pustaka: Sukohardi, Al., Drs. 2011. Teori Musik Umum. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu mengidentifikasi tempo serta memahami irama dalam musik |
- Mampu menyebutkan macam dan jenis tempo dalam musik
- Mampu menganalisis dan mendeskripsikan irama dalam musik
|
Kriteria:
Ketepatan menentukan jenis dan penamaan akor Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah Diskusi Tanya jawab 2 X 50 |
Ceramah Diskusi Tanya jawab 2 x 50 |
Materi: Mampu mengidentifikasi tempo serta memahami irama dalam musik Pustaka: Yuniastuti, Yuyun. 2015. Teori Musik Tingkat Muda. Surabaya: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) |
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) |
Kriteria:
Ketepatan menentukan jenis dan penamaan akor Bentuk Penilaian : Tes |
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) 2 X 50 |
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) 2 x 50 |
Materi: UTS Pustaka: Isfanhari dan Nugroho, Widyo. 1996. Pengetahuan Dasar Musik. Surabaya: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu memahami dan mendeskripsikan dinamika dalam musik |
Mampu menyebutkan macam dan jenis dinamika dalam musik |
Kriteria:
Ketepatan dalam menguraikan dan mengembangkan insturmen penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Diskusi Tanya jawab 2 X 50 |
Ceramah Diskusi Tanya jawab 2 x 50 |
Materi: Mampu memahami dan mendeskripsikan dinamika dalam musik Pustaka: Isfanhari dan Nugroho, Widyo. 1996. Pengetahuan Dasar Musik. Surabaya: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu memahami dan mendeskripsikan dinamika dalam musik |
Mampu menyebutkan macam dan jenis dinamika dalam musik |
Kriteria:
Ketepatan dalam menguraikan dan mengembangkan insturmen penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Diskusi Tanya jawab 2 X 50 |
Ceramah Diskusi Tanya jawab 2 x 50 |
Materi: Mampu memahami dan mendeskripsikan dinamika dalam musik Pustaka: Sukohardi, Al., Drs. 2011. Teori Musik Umum. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu memahami dan mendeskripsikan harmoni lanjutan dalam musik |
- Mampu menyebutkan macam-macam akord primer dan sekunder dalam musik
- Mampu menganalisis akord dominan seven
|
Kriteria:
Ketepatan dalam membaca ritme melalui media vokal dengan tempo cepat atau pun lambat Ketepatan dalam menghentifikasi notasi balok melalui media vokal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Diskusi Tanya jawab 2 X 50 |
Ceramah Diskusi Tanya jawab 2 x 50 |
Materi: Mampu memahami dan mendeskripsikan harmoni lanjutan dalam musik Pustaka: Sukohardi, Al., Drs. 2011. Teori Musik Umum. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memahami dan mendeskripsikan harmoni lanjutan dalam musik |
- Mampu menyebutkan macam-macam akord primer dan sekunder dalam musik
- Mampu menganalisis akord dominan seven
|
Kriteria:
Ketepatan dalam membaca ritme melalui media vokal dengan tempo cepat atau pun lambat Ketepatan dalam menghentifikasi notasi balok melalui media vokal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Diskusi Tanya jawab 2 X 50 |
Ceramah Diskusi Tanya jawab 2 x 50 |
Materi: Mampu memahami dan mendeskripsikan harmoni lanjutan dalam musik Pustaka: Sukohardi, Al., Drs. 2011. Teori Musik Umum. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Ketepatan dalam menghentifikasi notasi balok melalui media vokal |
- Mampu menganilis ritme dalam musik
- Mampu mengaplikasikan ritme melalui media vokal
- Mampu menerapkan ritme notasi balok dengan tempo lambat maupun cepat
|
Kriteria:
Ketepatan dalam membaca ritme melalui media vokal dengan tempo cepat atau pun lambatKetepatan dalam menghentifikasi notasi balok melalui media vokal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Praktek Tanya jawab 2 X 50 |
Ceramah Praktek Tanya jawab 2 x 50 |
Materi: Mampu memahami dan mendeskripsikan harmoni lanjutan dalam musik Pustaka: Harnum, Jonathan. 2001. Basic Music Theory: How to Read, Write, and Understand Written Music. Chicago: Sol-Ut Press. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Ketepatan dalam menghentifikasi notasi balok melalui media vokal |
- Mampu menganilis ritme dalam musik
- Mampu mengaplikasikan ritme melalui media vokal
- Mampu menerapkan ritme notasi balok dengan tempo lambat maupun cepat
|
Kriteria:
Ketepatan dalam membaca ritme melalui media vokal dengan tempo cepat atau pun lambatKetepatan dalam menghentifikasi notasi balok melalui media vokal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
CeramahPraktekTanya jawab 2 X 50 |
Ceramah Praktek Tanya jawab 2 x 50 |
Materi: Ketepatan dalam menghentifikasi notasi balok melalui media vokal Pustaka: Isfanhari dan Nugroho, Widyo. 1996. Pengetahuan Dasar Musik. Surabaya: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu memahami, mengaplikasikan notasi dalam musik |
- Mampu menganilis notasi balok dalam musik
- Mampu mengaplikasikan notasi balok
|
Kriteria:
Ketepatan dalam membaca ritme melalui media vokal dengan tempo cepat atau pun lambatKetepatan dalam menghentifikasi notasi balok melalui media vokal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah behavioristik Tanya jawab 2 X 50 |
Ceramah behavioristik Tanya jawab 2 x 50 |
Materi: Mampu memahami, mengaplikasikan notasi dalam musik Pustaka: Isfanhari dan Nugroho, Widyo. 1996. Pengetahuan Dasar Musik. Surabaya: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu memahami, mengaplikasikan notasi dalam musik |
- Mampu menganilis notasi balok dalam musik
- Mampu mengaplikasikan notasi balok
|
Kriteria:
Ketepatan dalam membaca ritme melalui media vokal dengan tempo cepat atau pun lambatKetepatan dalam menghentifikasi notasi balok melalui media vokal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah behavioristik Tanya jawab 2 X 50 |
Ceramah behavioristik Tanya jawab 2 x 50 |
Materi: Mampu memahami, mengaplikasikan notasi dalam musik Pustaka: Harnum, Jonathan. 2001. Basic Music Theory: How to Read, Write, and Understand Written Music. Chicago: Sol-Ut Press. |
20% |