Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Musik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Teori Musik Dasar

9122102108

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

9 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Agus Suwahyono, S.Sn., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memiliki sikap etis, komunikatif, apresiatif, analitis, dan bekerjasama dalam esensi pembelajaran teori musik

PO - 2

Memiliki kemampuan membaca dan menulis notasi, nada, tangga nada, dan simbol-simbol musik dengan tepat serta merancang, menyusun, mendiskusikan dan mempresentasikan hasil belajar kelompok di depan kelas yang meliputi materi kajian yang dipelajari dalam Teori Musik yang mencakup aspek Nada, Ritme, Harmoni, Melodi, Irama dan Dinamika

PO - 3

Memiliki pengetahuan teori musik dasar meliputi notasi musik, nada, tangga nada, dan simbol-simbol yang digunakan dalam bermusik.

PO - 4

Mampu mengembangkan teori musik kedalam pembelajaran musik

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pengetahuan dan pemahaman wawasan teori musik dasar meliputi notasi, nada, tangga nada, dan simbol-simbol yang digunakan dalam bermusik.

Pustaka

Utama :

  1. Isfanhari dan Nugroho, Widyo. 1996. Pengetahuan Dasar Musik. Surabaya: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur.
  2. Harnum, Jonathan. 2001. Basic Music Theory: How to Read, Write, and Understand Written Music. Chicago: Sol-Ut Press.
  3. Sukohardi, Al., Drs. 2011. Teori Musik Umum. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
  4. Yuniastuti, Yuyun. 2015. Teori Musik Tingkat Muda. Surabaya: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur.

Pendukung :

  1. Mudjilah, H. S. (2010). Teori Musik 1. Yogyakarta: Universitas Negeri Fakultas Bahasa Dan Seni.
  2. Iktia, G. (2017). Pengantar teori musik. Jurnal Ilmiah: Pro Film.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami teori musik dari para ahli

  1. Mampu menyebutkan definisi musik dari para ahli musik
  2. Mampu membandingkan definisi musik dari para ahli musik
  3. Mampu menyimpulkan defini musik dari para ahli
Kriteria:

Ketepatan dalam menguraikan dan mengembangkan insturmen penilaianKetepatan menentukan jenis dan penamaan akhordKetepatan dalam membaca ritme melalui media vokal dengan tempo cepat atau pun lambatKetepatan dalam menghentifikasi notasi balok melalui media


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah konstruktivistik
2 X 50
Ceramah konstruktivistik
2 X 50
Materi: Mampu memahami teori musik dari para ahli
Pustaka: Isfanhari dan Nugroho, Widyo. 1996. Pengetahuan Dasar Musik. Surabaya: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur.
5%

2

Minggu ke 2

Mampu memahami teori musik dari para ahli

Mampu mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas

Kriteria:

Ketepatan dalam menguraikan dan mengembangkan insturmen penilaianKetepatan menentukan jenis dan penamaan akhordKetepatan dalam membaca ritme melalui media vokal dengan tempo cepat atau pun lambatKetepatan dalam menghentifikasi notasi balok melalui media


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kooperatif
2 X 50
Kooperatif
2 X 50
Materi: Mampu memahami teori musik dari para ahli
Pustaka: Harnum, Jonathan. 2001. Basic Music Theory: How to Read, Write, and Understand Written Music. Chicago: Sol-Ut Press.
5%

3

Minggu ke 3

Mampu memahami unsur-unsur musik

  1. Mampu menyebutkan unsur-unsur musik
  2. Mampu menjelaskan unsur-unsur musik
Kriteria:

Ketepatan dalam menguraikan dan mengembangkan insturmen penilaianKetepatan menentukan jenis dan penamaan akhordKetepatan dalam membaca ritme melalui media vokal dengan tempo cepat atau pun lambatKetepatan dalam menghentifikasi notasi balok melalui media


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Tanya Jawab
2 X 50
Ceramah, Tanya Jawab
Materi: Mampu memahami unsur-unsur musik
Pustaka: Harnum, Jonathan. 2001. Basic Music Theory: How to Read, Write, and Understand Written Music. Chicago: Sol-Ut Press.
5%

4

Minggu ke 4

Mampu mengidentifikasi bunyi dan nada serta memahami interval nada diatonis dalam musik

  1. Mampu menjelaskan perbedaan antara bunyi dan nada
  2. Mampu menganalisis interval nada diatonis dalam musik
Kriteria:

Ketepatan dalam menguraikan dan mengembangkan insturmen penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab
2 X 50
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab
2 X 50
Materi: Mampu mengidentifikasi bunyi dan nada serta memahami interval nada diatonis dalam musik
Pustaka: Harnum, Jonathan. 2001. Basic Music Theory: How to Read, Write, and Understand Written Music. Chicago: Sol-Ut Press.
5%

5

Minggu ke 5

Mampu mengidentifikasi bunyi dan nada serta memahami interval nada diatonis dalam musik

  1. Mampu menjelaskan perbedaan antara bunyi dan nada
  2. Mampu menganalisis interval nada diatonis dalam musik
Kriteria:

Ketepatan dalam menguraikan dan mengembangkan insturmen penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab
2 X 50
Ceramah, diskusi, tanya jawab
Materi: Mampu mengidentifikasi bunyi dan nada serta memahami interval nada diatonis dalam musik
Pustaka: Sukohardi, Al., Drs. 2011. Teori Musik Umum. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
5%

6

Minggu ke 6

Mampu mengidentifikasi tempo serta memahami irama dalam musik

  1. Mampu menyebutkan macam dan jenis tempo dalam musik
  2. Mampu menganalisis dan mendeskripsikan irama dalam musik
Kriteria:

Ketepatan menentukan jenis dan penamaan akor


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah Diskusi Tanya jawab
2 X 50
Ceramah Diskusi Tanya jawab
2 x 50
Materi: Mampu mengidentifikasi tempo serta memahami irama dalam musik
Pustaka: Sukohardi, Al., Drs. 2011. Teori Musik Umum. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
5%

7

Minggu ke 7

Mampu mengidentifikasi tempo serta memahami irama dalam musik

  1. Mampu menyebutkan macam dan jenis tempo dalam musik
  2. Mampu menganalisis dan mendeskripsikan irama dalam musik
Kriteria:

Ketepatan menentukan jenis dan penamaan akor


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah Diskusi Tanya jawab
2 X 50
Ceramah Diskusi Tanya jawab
2 x 50
Materi: Mampu mengidentifikasi tempo serta memahami irama dalam musik
Pustaka: Yuniastuti, Yuyun. 2015. Teori Musik Tingkat Muda. Surabaya: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur.
5%

8

Minggu ke 8

UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)

UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)

Kriteria:

Ketepatan menentukan jenis dan penamaan akor


Bentuk Penilaian :
Tes
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
2 X 50
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
2 x 50
Materi: UTS
Pustaka: Isfanhari dan Nugroho, Widyo. 1996. Pengetahuan Dasar Musik. Surabaya: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur.
10%

9

Minggu ke 9

Mampu memahami dan mendeskripsikan dinamika dalam musik

Mampu menyebutkan macam dan jenis dinamika dalam musik

Kriteria:

Ketepatan dalam menguraikan dan mengembangkan insturmen penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah Diskusi Tanya jawab
2 X 50
Ceramah Diskusi Tanya jawab
2 x 50
Materi: Mampu memahami dan mendeskripsikan dinamika dalam musik
Pustaka: Isfanhari dan Nugroho, Widyo. 1996. Pengetahuan Dasar Musik. Surabaya: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur.
5%

10

Minggu ke 10

Mampu memahami dan mendeskripsikan dinamika dalam musik

Mampu menyebutkan macam dan jenis dinamika dalam musik

Kriteria:

Ketepatan dalam menguraikan dan mengembangkan insturmen penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah Diskusi Tanya jawab
2 X 50
Ceramah Diskusi Tanya jawab
2 x 50
Materi: Mampu memahami dan mendeskripsikan dinamika dalam musik
Pustaka: Sukohardi, Al., Drs. 2011. Teori Musik Umum. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
5%

11

Minggu ke 11

Mampu memahami dan mendeskripsikan harmoni lanjutan dalam musik

  1. Mampu menyebutkan macam-macam akord primer dan sekunder dalam musik
  2. Mampu menganalisis akord dominan seven
Kriteria:

Ketepatan dalam membaca ritme melalui media vokal dengan tempo cepat atau pun lambat Ketepatan dalam menghentifikasi notasi balok melalui media vokal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah Diskusi Tanya jawab
2 X 50
Ceramah Diskusi Tanya jawab
2 x 50
Materi: Mampu memahami dan mendeskripsikan harmoni lanjutan dalam musik
Pustaka: Sukohardi, Al., Drs. 2011. Teori Musik Umum. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
5%

12

Minggu ke 12

Mampu memahami dan mendeskripsikan harmoni lanjutan dalam musik

  1. Mampu menyebutkan macam-macam akord primer dan sekunder dalam musik
  2. Mampu menganalisis akord dominan seven
Kriteria:

Ketepatan dalam membaca ritme melalui media vokal dengan tempo cepat atau pun lambat Ketepatan dalam menghentifikasi notasi balok melalui media vokal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah Diskusi Tanya jawab
2 X 50
Ceramah Diskusi Tanya jawab
2 x 50
Materi: Mampu memahami dan mendeskripsikan harmoni lanjutan dalam musik
Pustaka: Sukohardi, Al., Drs. 2011. Teori Musik Umum. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
5%

13

Minggu ke 13

Ketepatan dalam menghentifikasi notasi balok melalui media vokal

  1. Mampu menganilis ritme dalam musik
  2. Mampu mengaplikasikan ritme melalui media vokal
  3. Mampu menerapkan ritme notasi balok dengan tempo lambat maupun cepat
Kriteria:

Ketepatan dalam membaca ritme melalui media vokal dengan tempo cepat atau pun lambatKetepatan dalam menghentifikasi notasi balok melalui media vokal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah Praktek Tanya jawab
2 X 50
Ceramah Praktek Tanya jawab
2 x 50
Materi: Mampu memahami dan mendeskripsikan harmoni lanjutan dalam musik
Pustaka: Harnum, Jonathan. 2001. Basic Music Theory: How to Read, Write, and Understand Written Music. Chicago: Sol-Ut Press.
5%

14

Minggu ke 14

Ketepatan dalam menghentifikasi notasi balok melalui media vokal

  1. Mampu menganilis ritme dalam musik
  2. Mampu mengaplikasikan ritme melalui media vokal
  3. Mampu menerapkan ritme notasi balok dengan tempo lambat maupun cepat
Kriteria:

Ketepatan dalam membaca ritme melalui media vokal dengan tempo cepat atau pun lambatKetepatan dalam menghentifikasi notasi balok melalui media vokal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
CeramahPraktekTanya jawab
2 X 50
Ceramah Praktek Tanya jawab
2 x 50
Materi: Ketepatan dalam menghentifikasi notasi balok melalui media vokal
Pustaka: Isfanhari dan Nugroho, Widyo. 1996. Pengetahuan Dasar Musik. Surabaya: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur.
5%

15

Minggu ke 15

Mampu memahami, mengaplikasikan notasi dalam musik

  1. Mampu menganilis notasi balok dalam musik
  2. Mampu mengaplikasikan notasi balok
Kriteria:

Ketepatan dalam membaca ritme melalui media vokal dengan tempo cepat atau pun lambatKetepatan dalam menghentifikasi notasi balok melalui media vokal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah behavioristik Tanya jawab
2 X 50
Ceramah behavioristik Tanya jawab
2 x 50
Materi: Mampu memahami, mengaplikasikan notasi dalam musik
Pustaka: Isfanhari dan Nugroho, Widyo. 1996. Pengetahuan Dasar Musik. Surabaya: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur.
5%

16

Minggu ke 16

Mampu memahami, mengaplikasikan notasi dalam musik

  1. Mampu menganilis notasi balok dalam musik
  2. Mampu mengaplikasikan notasi balok
Kriteria:

Ketepatan dalam membaca ritme melalui media vokal dengan tempo cepat atau pun lambatKetepatan dalam menghentifikasi notasi balok melalui media vokal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah behavioristik Tanya jawab
2 X 50
Ceramah behavioristik Tanya jawab
2 x 50
Materi: Mampu memahami, mengaplikasikan notasi dalam musik
Pustaka: Harnum, Jonathan. 2001. Basic Music Theory: How to Read, Write, and Understand Written Music. Chicago: Sol-Ut Press.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 87.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 2.5%
3. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.