Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

ANALISIS PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN JASMANI

8500102011

T=2

P=0

ECTS=5.04

1

25 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




TIM MBKM




TIM MBKM




HERYANTO NUR MUHAMMAD

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-8

Menguasai keilmuan terkait metode penelitian, pengembangan instrumen, tes dan pengukuran serta analisis dalam bidang Pendidikan Jasmani yang bersifat interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin.

PLO-10

Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menemukan atau mengembangkan teori/konsep/gagasan baru melalui pemikiran logis, kritis, systematisk, dan Kreatif berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah

PO - 2

Mama menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara profesional

PO - 3

Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru, memberikan konstribusi pada pengembangan serta pengalaman ilmu pengetahuan dan teknologi Dalam bidang Pendidikan Jasmin dan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, systematisk, dan Kreatif.

PO - 4

Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis meupun praktis denna baik Dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.

PO - 5

Mampu menganalisis implementasi kurikulum pendidikan jasmani secara kritis berdasarkan konteks sosial, budaya, dan kebijakan pendidikan nasional maupun global.

PO - 6

Mampu merancang model kurikulum pendidikan jasmani yang inovatif dan relevan berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan kajian ilmiah

PO - 7

Mampu mengevaluasi efektivitas kurikulum pendidikan jasmani melalui pendekatan evaluasi kurikulum yang tepat dan berbasis data.

PO - 8

Mampu mengembangkan rekomendasi strategis berbasis hasil analisis kurikulum untuk peningkatan mutu pendidikan jasmani.

PO - 9

UTS

PO - 10

Mampu melakukan diseminasi hasil analisis dan pengembangan kurikulum pendidikan jasmani melalui forum ilmiah dan publikasi akademik.

PO - 11

Mampu mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal, karakter, dan inklusivitas dalam pengembangan kurikulum pendidikan jasmani.

PO - 12

Mampu mengevaluasi dan mengembangkan kebijakan kurikulum Pendidikan Jasmani berdasarkan pendekatan filosofis, teoritis, dan evidensi empiris untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan.

PO - 13

Mampu melakukan penelitian independen dan interdisipliner dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Jasmani untuk menghasilkan kontribusi ilmiah yang inovatif dan aplikatif dalam konteks pendidikan nasional dan internasional

PO - 14

Mampu mengembangkan model evaluasi kurikulum Pendidikan Jasmani yang komprehensif dan adaptif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan, teknologi pendidikan, dan kebutuhan peserta didik serta masyarakat.

PO - 15

UAS

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-8PLO-10
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6   
PO-7   
PO-8   
PO-9   
PO-10   
PO-11   
PO-12   
PO-13   
PO-14   
PO-15   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13
PO-14
PO-15

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

membahas secara mendalam teori, prinsip, model, dan pendekatan dalam pengembangan kurikulum pendidikan jasmani pada berbagai jenjang pendidikan. Mahasiswa diajak untuk menganalisis kurikulum yang berlaku secara kritis serta mengembangkan desain kurikulum yang inovatif, responsif terhadap perubahan sosial, kebutuhan peserta didik, dan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi. Fokus utama terletak pada kemampuan berpikir strategis dan reflektif dalam merancang kurikulum berbasis riset yang relevan dengan konteks pendidikan jasmani di Indonesia dan global. Mata kuliah ini juga menekankan pentingnya evaluasi dan reformasi kurikulum dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran jasmani yang inklusif dan berkelanjutan.

Pustaka

Utama :

  1. Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2017). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues (7th Edition). Pearson.
  2. Tyler, R. W. (2013). Basic Principles of Curriculum and Instruction. University of Chicago Press.
  3. Posner, G. J. (2004). Analyzing the Curriculum (3rd Edition). McGraw-Hill.
  4. Oliva, P. F., & Gordon, W. R. (2012). Developing the Curriculum (8th Edition). Pearson
  5. Saylor, J. G., Alexander, W. M., & Lewis, A. J. (1981). Curriculum Planning for Better Teaching and Learning. Holt, Rinehart and Winston.

Pendukung :

  1. Lund, J., & Tannehill, D. (2015). Standards-Based Physical Education Curriculum Development (3rd Edition). Jones & Bartlett.
  2. Kirk, D. (2010). Physical Education Futures. Routledge.
  3. Bailey, R., et al. (2009). The Educational Benefits Claimed for Physical Education and School Sport: An Academic Review. Research Papers in Education.

Dosen Pengampu

NANIK INDAHWATI

HERYANTO NUR MUHAMMAD

Prof. Dr. Nanik Indahwati, S.Pd., M.Or.

Prof. Dr. Nanik Indahwati, S.Pd., M.Or.

Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menemukan atau mengembangkan teori/konsep/gagasan baru melalui pemikiran logis, kritis, systematisk, dan Kreatif berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif

Luring
100menit

Materi: kurikulum pembelajaran
Pustaka: Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2017). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues (7th Edition). Pearson.
3%

2

Minggu ke 2

Menemukan atau mengembangkan teori/konsep/gagasan baru melalui pemikiran logis, kritis, systematisk, dan Kreatif berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100menit

Materi: kurikulum pembelajaran
Pustaka: Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2017). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues (7th Edition). Pearson.

Materi: kurikulum pendidikan
Pustaka: Lund, J., & Tannehill, D. (2015). Standards-Based Physical Education Curriculum Development (3rd Edition). Jones & Bartlett.
3%

3

Minggu ke 3

Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru, memberikan konstribusi pada pengembangan serta pengalaman ilmu pengetahuan dan teknologi Dalam bidang Pendidikan Jasmin dan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, systematisk, dan Kreatif.

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100menit

Materi: kurikulum pembelajaran
Pustaka: Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2017). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues (7th Edition). Pearson.

Materi: kurikulum pendidikan
Pustaka: Lund, J., & Tannehill, D. (2015). Standards-Based Physical Education Curriculum Development (3rd Edition). Jones & Bartlett.

Materi: pembelajaran
Pustaka: Saylor, J. G., Alexander, W. M., & Lewis, A. J. (1981). Curriculum Planning for Better Teaching and Learning. Holt, Rinehart and Winston.
3%

4

Minggu ke 4

Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru, memberikan konstribusi pada pengembangan serta pengalaman ilmu pengetahuan dan teknologi Dalam bidang Pendidikan Jasmin dan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, systematisk, dan Kreatif.

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100menit

Materi: kurikulum pembelajaran
Pustaka: Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2017). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues (7th Edition). Pearson.

Materi: kurikulum pendidikan
Pustaka: Lund, J., & Tannehill, D. (2015). Standards-Based Physical Education Curriculum Development (3rd Edition). Jones & Bartlett.

Materi: pembelajaran
Pustaka: Saylor, J. G., Alexander, W. M., & Lewis, A. J. (1981). Curriculum Planning for Better Teaching and Learning. Holt, Rinehart and Winston.
3%

5

Minggu ke 5

Mampu menganalisis implementasi kurikulum pendidikan jasmani secara kritis berdasarkan konteks sosial, budaya, dan kebijakan pendidikan nasional maupun global.

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100menit

Materi: kurikulum pembelajaran
Pustaka: Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2017). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues (7th Edition). Pearson.

Materi: kurikulum pendidikan
Pustaka: Lund, J., & Tannehill, D. (2015). Standards-Based Physical Education Curriculum Development (3rd Edition). Jones & Bartlett.

Materi: pembelajaran
Pustaka: Saylor, J. G., Alexander, W. M., & Lewis, A. J. (1981). Curriculum Planning for Better Teaching and Learning. Holt, Rinehart and Winston.

Materi: kurikulum
Pustaka: Kirk, D. (2010). Physical Education Futures. Routledge.
3%

6

Minggu ke 6

Mampu menganalisis implementasi kurikulum pendidikan jasmani secara kritis berdasarkan konteks sosial, budaya, dan kebijakan pendidikan nasional maupun global.

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100menit

Materi: kurikulum pembelajaran
Pustaka: Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2017). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues (7th Edition). Pearson.

Materi: kurikulum pendidikan
Pustaka: Lund, J., & Tannehill, D. (2015). Standards-Based Physical Education Curriculum Development (3rd Edition). Jones & Bartlett.

Materi: pembelajaran
Pustaka: Saylor, J. G., Alexander, W. M., & Lewis, A. J. (1981). Curriculum Planning for Better Teaching and Learning. Holt, Rinehart and Winston.

Materi: kurikulum
Pustaka: Kirk, D. (2010). Physical Education Futures. Routledge.

Materi: kurikulum development
Pustaka: Oliva, P. F., & Gordon, W. R. (2012). Developing the Curriculum (8th Edition). Pearson
3%

7

Minggu ke 7

Mampu mengevaluasi efektivitas kurikulum pendidikan jasmani melalui pendekatan evaluasi kurikulum yang tepat dan berbasis data.

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif

Luring
100menit

Materi: prinsip kurikulum
Pustaka: Tyler, R. W. (2013). Basic Principles of Curriculum and Instruction. University of Chicago Press.
3%

8

Minggu ke 8

Mampu mengevaluasi efektivitas kurikulum pendidikan jasmani melalui pendekatan evaluasi kurikulum yang tepat dan berbasis data.

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif

Luring
100menit

Materi: prinsip kurikulum
Pustaka: Tyler, R. W. (2013). Basic Principles of Curriculum and Instruction. University of Chicago Press.

Materi: perencanaan pembelajaran
Pustaka: Saylor, J. G., Alexander, W. M., & Lewis, A. J. (1981). Curriculum Planning for Better Teaching and Learning. Holt, Rinehart and Winston.
3%

9

Minggu ke 9

UTS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes


Materi: pendidikan olahraga
Pustaka: Kirk, D. (2010). Physical Education Futures. Routledge.
15%

10

Minggu ke 10

Mampu melakukan diseminasi hasil analisis dan pengembangan kurikulum pendidikan jasmani melalui forum ilmiah dan publikasi akademik.

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100menit

Materi: analisapengembangan kurikulum
Pustaka: Posner, G. J. (2004). Analyzing the Curriculum (3rd Edition). McGraw-Hill.
3%

11

Minggu ke 11

Mampu melakukan diseminasi hasil analisis dan pengembangan kurikulum pendidikan jasmani melalui forum ilmiah dan publikasi akademik.

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100menit

Materi: analisapengembangan kurikulum
Pustaka: Posner, G. J. (2004). Analyzing the Curriculum (3rd Edition). McGraw-Hill.

Materi: analisa pengembangan
Pustaka: Bailey, R., et al. (2009). The Educational Benefits Claimed for Physical Education and School Sport: An Academic Review. Research Papers in Education.
3%

12

Minggu ke 12

Mampu mengevaluasi dan mengembangkan kebijakan kurikulum Pendidikan Jasmani berdasarkan pendekatan filosofis, teoritis, dan evidensi empiris untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100menit

Materi: analisapengembangan kurikulum
Pustaka: Posner, G. J. (2004). Analyzing the Curriculum (3rd Edition). McGraw-Hill.

Materi: analisa pengembangan
Pustaka: Bailey, R., et al. (2009). The Educational Benefits Claimed for Physical Education and School Sport: An Academic Review. Research Papers in Education.

Materi: prinsip kurikulum
Pustaka: Tyler, R. W. (2013). Basic Principles of Curriculum and Instruction. University of Chicago Press.
3%

13

Minggu ke 13

Mampu mengevaluasi dan mengembangkan kebijakan kurikulum Pendidikan Jasmani berdasarkan pendekatan filosofis, teoritis, dan evidensi empiris untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100menit

Materi: analisapengembangan kurikulum
Pustaka: Posner, G. J. (2004). Analyzing the Curriculum (3rd Edition). McGraw-Hill.

Materi: analisa pengembangan
Pustaka: Bailey, R., et al. (2009). The Educational Benefits Claimed for Physical Education and School Sport: An Academic Review. Research Papers in Education.

Materi: prinsip kurikulum
Pustaka: Tyler, R. W. (2013). Basic Principles of Curriculum and Instruction. University of Chicago Press.
3%

14

Minggu ke 14

Mampu mengevaluasi dan mengembangkan kebijakan kurikulum Pendidikan Jasmani berdasarkan pendekatan filosofis, teoritis, dan evidensi empiris untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100menit

Materi: analisapengembangan kurikulum
Pustaka: Posner, G. J. (2004). Analyzing the Curriculum (3rd Edition). McGraw-Hill.

Materi: analisa pengembangan
Pustaka: Bailey, R., et al. (2009). The Educational Benefits Claimed for Physical Education and School Sport: An Academic Review. Research Papers in Education.

Materi: prinsip kurikulum
Pustaka: Tyler, R. W. (2013). Basic Principles of Curriculum and Instruction. University of Chicago Press.

Materi: kurikulum pendidikan
Pustaka: Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2017). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues (7th Edition). Pearson.
3%

15

Minggu ke 15

UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes


0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 33%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 3%
3. Penilaian Praktikum 3%
4. Praktik / Unjuk Kerja 3%
5. Tes 3%
45%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.