
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
ANALISIS PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN JASMANI |
8500102011 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
1 |
25 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
TIM MBKM
|
TIM MBKM
|
HERYANTO NUR MUHAMMAD |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-8 |
Menguasai keilmuan terkait metode penelitian, pengembangan instrumen, tes dan pengukuran serta analisis dalam bidang Pendidikan Jasmani yang bersifat interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin. |
PLO-10 |
Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menemukan atau mengembangkan teori/konsep/gagasan baru melalui pemikiran logis, kritis, systematisk, dan Kreatif berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah
|
PO - 2 |
Mama menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara profesional
|
PO - 3 |
Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru, memberikan konstribusi pada pengembangan serta pengalaman ilmu pengetahuan dan teknologi Dalam bidang Pendidikan Jasmin dan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, systematisk, dan Kreatif.
|
PO - 4 |
Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis meupun praktis denna baik Dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.
|
PO - 5 |
Mampu menganalisis implementasi kurikulum pendidikan jasmani secara kritis berdasarkan konteks sosial, budaya, dan kebijakan pendidikan nasional maupun global.
|
PO - 6 |
Mampu merancang model kurikulum pendidikan jasmani yang inovatif dan relevan berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan kajian ilmiah
|
PO - 7 |
Mampu mengevaluasi efektivitas kurikulum pendidikan jasmani melalui pendekatan evaluasi kurikulum yang tepat dan berbasis data.
|
PO - 8 |
Mampu mengembangkan rekomendasi strategis berbasis hasil analisis kurikulum untuk peningkatan mutu pendidikan jasmani.
|
PO - 9 |
UTS
|
PO - 10 |
Mampu melakukan diseminasi hasil analisis dan pengembangan kurikulum pendidikan jasmani melalui forum ilmiah dan publikasi akademik.
|
PO - 11 |
Mampu mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal, karakter, dan inklusivitas dalam pengembangan kurikulum pendidikan jasmani.
|
PO - 12 |
Mampu mengevaluasi dan mengembangkan kebijakan kurikulum Pendidikan Jasmani berdasarkan pendekatan filosofis, teoritis, dan evidensi empiris untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan.
|
PO - 13 |
Mampu melakukan penelitian independen dan interdisipliner dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Jasmani untuk menghasilkan kontribusi ilmiah yang inovatif dan aplikatif dalam konteks pendidikan nasional dan internasional
|
PO - 14 |
Mampu mengembangkan model evaluasi kurikulum Pendidikan Jasmani yang komprehensif dan adaptif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan, teknologi pendidikan, dan kebutuhan peserta didik serta masyarakat.
|
PO - 15 |
UAS
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-8 | PLO-10 | PO-1 | | | | PO-2 | | | | PO-3 | | | | PO-4 | | | | PO-5 | | | | PO-6 | | | | PO-7 | | | | PO-8 | | | | PO-9 | | | | PO-10 | | | | PO-11 | | | | PO-12 | | | | PO-13 | | | | PO-14 | | | | PO-15 | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-6 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-12 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-13 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-14 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-15 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
membahas secara mendalam teori, prinsip, model, dan pendekatan dalam pengembangan kurikulum pendidikan jasmani pada berbagai jenjang pendidikan. Mahasiswa diajak untuk menganalisis kurikulum yang berlaku secara kritis serta mengembangkan desain kurikulum yang inovatif, responsif terhadap perubahan sosial, kebutuhan peserta didik, dan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi. Fokus utama terletak pada kemampuan berpikir strategis dan reflektif dalam merancang kurikulum berbasis riset yang relevan dengan konteks pendidikan jasmani di Indonesia dan global. Mata kuliah ini juga menekankan pentingnya evaluasi dan reformasi kurikulum dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran jasmani yang inklusif dan berkelanjutan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2017). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues (7th Edition). Pearson.
- Tyler, R. W. (2013). Basic Principles of Curriculum and Instruction. University of Chicago Press.
- Posner, G. J. (2004). Analyzing the Curriculum (3rd Edition). McGraw-Hill.
- Oliva, P. F., & Gordon, W. R. (2012). Developing the Curriculum (8th Edition). Pearson
- Saylor, J. G., Alexander, W. M., & Lewis, A. J. (1981). Curriculum Planning for Better Teaching and Learning. Holt, Rinehart and Winston.
|
Pendukung : |
|
- Lund, J., & Tannehill, D. (2015). Standards-Based Physical Education Curriculum Development (3rd Edition). Jones & Bartlett.
- Kirk, D. (2010). Physical Education Futures. Routledge.
- Bailey, R., et al. (2009). The Educational Benefits Claimed for Physical Education and School Sport: An Academic Review. Research Papers in Education.
|
Dosen Pengampu
|
NANIK INDAHWATI HERYANTO NUR MUHAMMAD Prof. Dr. Nanik Indahwati, S.Pd., M.Or. Prof. Dr. Nanik Indahwati, S.Pd., M.Or. Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd. Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menemukan atau mengembangkan teori/konsep/gagasan baru melalui pemikiran logis, kritis, systematisk, dan Kreatif berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah |
frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
asesmen partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: kurikulum pembelajaran Pustaka: Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2017). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues (7th Edition). Pearson. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Menemukan atau mengembangkan teori/konsep/gagasan baru melalui pemikiran logis, kritis, systematisk, dan Kreatif berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah |
frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
asesmen partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: kurikulum pembelajaran Pustaka: Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2017). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues (7th Edition). Pearson. Materi: kurikulum pendidikan Pustaka: Lund, J., & Tannehill, D. (2015). Standards-Based Physical Education Curriculum Development (3rd Edition). Jones & Bartlett. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru, memberikan konstribusi pada pengembangan serta pengalaman ilmu pengetahuan dan teknologi Dalam bidang Pendidikan Jasmin dan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, systematisk, dan Kreatif. |
frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
asesmen partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: kurikulum pembelajaran Pustaka: Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2017). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues (7th Edition). Pearson. Materi: kurikulum pendidikan Pustaka: Lund, J., & Tannehill, D. (2015). Standards-Based Physical Education Curriculum Development (3rd Edition). Jones & Bartlett. Materi: pembelajaran Pustaka: Saylor, J. G., Alexander, W. M., & Lewis, A. J. (1981). Curriculum Planning for Better Teaching and Learning. Holt, Rinehart and Winston. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru, memberikan konstribusi pada pengembangan serta pengalaman ilmu pengetahuan dan teknologi Dalam bidang Pendidikan Jasmin dan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, systematisk, dan Kreatif. |
frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
asesmen partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: kurikulum pembelajaran Pustaka: Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2017). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues (7th Edition). Pearson. Materi: kurikulum pendidikan Pustaka: Lund, J., & Tannehill, D. (2015). Standards-Based Physical Education Curriculum Development (3rd Edition). Jones & Bartlett. Materi: pembelajaran Pustaka: Saylor, J. G., Alexander, W. M., & Lewis, A. J. (1981). Curriculum Planning for Better Teaching and Learning. Holt, Rinehart and Winston. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menganalisis implementasi kurikulum pendidikan jasmani secara kritis berdasarkan konteks sosial, budaya, dan kebijakan pendidikan nasional maupun global. |
frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
asesmen partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: kurikulum pembelajaran Pustaka: Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2017). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues (7th Edition). Pearson. Materi: kurikulum pendidikan Pustaka: Lund, J., & Tannehill, D. (2015). Standards-Based Physical Education Curriculum Development (3rd Edition). Jones & Bartlett. Materi: pembelajaran Pustaka: Saylor, J. G., Alexander, W. M., & Lewis, A. J. (1981). Curriculum Planning for Better Teaching and Learning. Holt, Rinehart and Winston. Materi: kurikulum Pustaka: Kirk, D. (2010). Physical Education Futures. Routledge. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menganalisis implementasi kurikulum pendidikan jasmani secara kritis berdasarkan konteks sosial, budaya, dan kebijakan pendidikan nasional maupun global. |
frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
asesmen partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: kurikulum pembelajaran Pustaka: Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2017). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues (7th Edition). Pearson. Materi: kurikulum pendidikan Pustaka: Lund, J., & Tannehill, D. (2015). Standards-Based Physical Education Curriculum Development (3rd Edition). Jones & Bartlett. Materi: pembelajaran Pustaka: Saylor, J. G., Alexander, W. M., & Lewis, A. J. (1981). Curriculum Planning for Better Teaching and Learning. Holt, Rinehart and Winston. Materi: kurikulum Pustaka: Kirk, D. (2010). Physical Education Futures. Routledge. Materi: kurikulum development Pustaka: Oliva, P. F., & Gordon, W. R. (2012). Developing the Curriculum (8th Edition). Pearson |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu mengevaluasi efektivitas kurikulum pendidikan jasmani melalui pendekatan evaluasi kurikulum yang tepat dan berbasis data. |
frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
asesmen partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: prinsip kurikulum Pustaka: Tyler, R. W. (2013). Basic Principles of Curriculum and Instruction. University of Chicago Press. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu mengevaluasi efektivitas kurikulum pendidikan jasmani melalui pendekatan evaluasi kurikulum yang tepat dan berbasis data. |
frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
asesmen partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: prinsip kurikulum Pustaka: Tyler, R. W. (2013). Basic Principles of Curriculum and Instruction. University of Chicago Press. Materi: perencanaan pembelajaran Pustaka: Saylor, J. G., Alexander, W. M., & Lewis, A. J. (1981). Curriculum Planning for Better Teaching and Learning. Holt, Rinehart and Winston. |
3% |
9
Minggu ke 9 |
UTS |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
|
|
Materi: pendidikan olahraga Pustaka: Kirk, D. (2010). Physical Education Futures. Routledge. |
15% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu melakukan diseminasi hasil analisis dan pengembangan kurikulum pendidikan jasmani melalui forum ilmiah dan publikasi akademik. |
frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
asesmen partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: analisapengembangan kurikulum Pustaka: Posner, G. J. (2004). Analyzing the Curriculum (3rd Edition). McGraw-Hill. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu melakukan diseminasi hasil analisis dan pengembangan kurikulum pendidikan jasmani melalui forum ilmiah dan publikasi akademik. |
frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
asesmen partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: analisapengembangan kurikulum Pustaka: Posner, G. J. (2004). Analyzing the Curriculum (3rd Edition). McGraw-Hill. Materi: analisa pengembangan Pustaka: Bailey, R., et al. (2009). The Educational Benefits Claimed for Physical Education and School Sport: An Academic Review. Research Papers in Education. |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu mengevaluasi dan mengembangkan kebijakan kurikulum Pendidikan Jasmani berdasarkan pendekatan filosofis, teoritis, dan evidensi empiris untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan |
frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
asesmen partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: analisapengembangan kurikulum Pustaka: Posner, G. J. (2004). Analyzing the Curriculum (3rd Edition). McGraw-Hill. Materi: analisa pengembangan Pustaka: Bailey, R., et al. (2009). The Educational Benefits Claimed for Physical Education and School Sport: An Academic Review. Research Papers in Education. Materi: prinsip kurikulum Pustaka: Tyler, R. W. (2013). Basic Principles of Curriculum and Instruction. University of Chicago Press. |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu mengevaluasi dan mengembangkan kebijakan kurikulum Pendidikan Jasmani berdasarkan pendekatan filosofis, teoritis, dan evidensi empiris untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan |
frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
asesmen partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: analisapengembangan kurikulum Pustaka: Posner, G. J. (2004). Analyzing the Curriculum (3rd Edition). McGraw-Hill. Materi: analisa pengembangan Pustaka: Bailey, R., et al. (2009). The Educational Benefits Claimed for Physical Education and School Sport: An Academic Review. Research Papers in Education. Materi: prinsip kurikulum Pustaka: Tyler, R. W. (2013). Basic Principles of Curriculum and Instruction. University of Chicago Press. |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu mengevaluasi dan mengembangkan kebijakan kurikulum Pendidikan Jasmani berdasarkan pendekatan filosofis, teoritis, dan evidensi empiris untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan |
frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
asesmen partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100menit |
|
Materi: analisapengembangan kurikulum Pustaka: Posner, G. J. (2004). Analyzing the Curriculum (3rd Edition). McGraw-Hill. Materi: analisa pengembangan Pustaka: Bailey, R., et al. (2009). The Educational Benefits Claimed for Physical Education and School Sport: An Academic Review. Research Papers in Education. Materi: prinsip kurikulum Pustaka: Tyler, R. W. (2013). Basic Principles of Curriculum and Instruction. University of Chicago Press. Materi: kurikulum pendidikan Pustaka: Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2017). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues (7th Edition). Pearson. |
3% |
15
Minggu ke 15 |
UAS |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |