Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Kimia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Multirepresentasi Kimia

8420402334

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

9 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Findiyani Ernawati Asih, S.Pd., M.Pd.




Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd.




UTIYA AZIZAH

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-9

Mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran, dan mengembangkan media pembelajaran kimia dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

PLO-10

Mampu melakukan pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan kimia dalam menyelesaikan masalah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami prinsip dasar multirepresentasi ilmu kimia dan terapannya dalam desain media: fokus dan ruang lingkup ilmu kimia, sifat konsep dalam ilmu kimia, penerapan ilmu kimia dalam konteks kehidupan sehari-hari, peran model mental dalam memahami konsep yang bersifat abstrak dalam ilmu kimia dan pengaruhnya terhadap pembelajaran mendalam, contoh pembelajaran mendalam pada materi kimia, multirepresentasi kimia dan makna gambar segitiga/triple representasi kimia, representasi level makroskopik, sub-mikroskopik, simbolik beserta contohnya pada materi kimia, dan interkoneksi ketiga level representasi (makroskopik-submikroskopik, makroskopik-simbolik, submikroskopik-simbolik) beserta contohnya pada materi kimia, keterkaitan multirepresentasi kimia terhadap indicator keterampilan abad 21 (komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan literasi digital)

PO - 2

Mampu mengevaluasi ketercapaian keterampilan abad-21 melalui implementasi pembelajaran/media berbasis multirepresentasi ilmu kimia berdasarkan kajian artikel ilmiah terkini

PO - 3

Mampu mengembangkan media berbasis interkoneksi multirepresentasi ilmu kimia yang memberikan pengalaman belajar mendalam

PO - 4

Mampu berkolaborasi memanfaatkan teknologi digital seperti AI (artificial intelligence), Virtual-Lab, VR (virtual reality), chemdraw, dan AR (augmented reality) untuk membuat visualisasi secara kreatif terhadap konsep yang bersifat absrak dalam ilmu kimia

PO - 5

Mampu menunjukan sikap tanggung jawab dan menjunjung etika digital dalam mengembangkan media berbasis interkoneksi multirepresentasi ilmu kimia

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-9PLO-10
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tiga level representasi ilmu kimia secara integratif dengan landasan model mental dan kaitannya dengan ketercapaian keterampilan abad-21 berdasarkan hasil kajian artikel ilmiah sebagai dasar untuk mengembangkan media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia melalui pemanfaatan teknologi digital (AI, Virtual-Lab, VR, Chemdraw, dan AR) secara kreatif, kolaboratif, dan etis yang memberikan pengalaman belajar mendalam

Pustaka

Utama :

  1. Anderson, A. 2019. Virtual Reality, Augmented Reality and Artificial Intelligence in Special Education: A Practical Guide to Supporting Students with Learning Differences. London: Routledge.
  2. Bağcı, H. dan Koçyiğit, M. 2019. 21st Century Skills and Education. Newcastle upon Tyne: Cambridge Scholars Publishing.
  3. Eilks, I. and Hofstein, A. 2015. Relevant Chemistry Education: From Theory to Practice. Rotterdam: Sense Publishers.
  4. Heal, J. dan Berlin, R. 2025. Mental Models: How Understanding the Mind Can Transform the Way You Work and Learn. London: John Catt Educational.
  5. Johnson, E. B. 2002. Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Here To Stay. CA: Corwin/Sage.
  6. Treagust, D. F. dan Gilbert, J. K. 2009. Multiple Representations in Chemical Education. Dordrecht Netherlands: Springer Netherlands.

Pendukung :

  1. Johnstone, A.H. 2009. Multiple Representations in Chemical Education. International Journal of Science Education, 31(16): 2271–2273.
  2. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2024. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
  3. Santrock, J. W. 2008. Educational Psychology. Third Edition. Boston: McGraw-Hill.

Dosen Pengampu

HARUN NASRUDDIN

UTIYA AZIZAH

KUSUMAWATI DWININGSIH

FINDIYANI ERNAWATI ASIH

Prof. Dr. Harun Nasrudin, M.S.

Prof. Dr. Harun Nasrudin, M.S.

Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd.

Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd.

Dr. Kusumawati Dwiningsih, S.Pd., M.Pd.

Dr. Kusumawati Dwiningsih, S.Pd., M.Pd.

Findiyani Ernawati Asih, S.Pd., M.Pd.

Findiyani Ernawati Asih, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mendeskripsikan hakikat ilmu kimia dan kontekstualisasinya

  1. Mendeskripsikan fokus dan ruang lingkup ilmu kimia (materi, sifat, struktur, perubahan, interaksi, energi)
  2. Mendeskripsikan sifat konsep dalam ilmu kimia (konkrit dan abstrak)
  3. Memberikan contoh penerapan ilmu kimia dalam konteks kehidupan sehari-hari (bidang kesehatan, pertanian, industry, lingkungan)
Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penyajian informasi materi perkuliahan selama 1 semester, ceramah/ presentasi materi, brainstorming, diskusi interaktif, dan penugasan berkelompok
2 x 50 menit

Materi: Hakikat Ilmu Kimia dan kontekstualisasi-nya: fokus dan ruang lingkup ilmu kimia (materi, sifat, struktur, perubahan, interaksi, energi)
Pustaka: Eilks, I. and Hofstein, A. 2015. Relevant Chemistry Education: From Theory to Practice. Rotterdam: Sense Publishers.

Materi: Hakikat Ilmu Kimia dan kontekstualisasi-nya: sifat konsep dalam ilmu kimia (konkrit dan abstrak)
Pustaka: Eilks, I. and Hofstein, A. 2015. Relevant Chemistry Education: From Theory to Practice. Rotterdam: Sense Publishers.

Materi: Hakikat Ilmu Kimia dan kontekstualisasi-nya: penerapan ilmu kimia dalam konteks kehidupan sehari-hari (bidang kesehatan, pertanian, industry, lingkungan)
Pustaka: Johnson, E. B. 2002. Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Here To Stay. CA: Corwin/Sage.
2%

2

Minggu ke 2

Mendeskripsikan model mental dan pembelajaran mendalam

  1. Mendeskripsikan peran model mental dalam memahami kimia yang bersifat abstrak
  2. Menganalisis cara kerja model mental dalam menciptakan pembelajaran mendalam
  3. Memberikan contoh pembelajaran mendalam pada materi kimia
Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah/ presentasi materi, diskusi interaktif, tanya jawab, dan penugasan berkelompok
2 x 50 menit

Materi: Model Mental dan Pembelajaran Mendalam: peran model mental dalam memahami konsep yang bersifat absrak dalam ilmu kimia
Pustaka: Heal, J. dan Berlin, R. 2025. Mental Models: How Understanding the Mind Can Transform the Way You Work and Learn. London: John Catt Educational.

Materi: Model Mental dan Pembelajaran Mendalam: cara kerja model mental dalam menciptakan pembelajaran mendalam
Pustaka: Heal, J. dan Berlin, R. 2025. Mental Models: How Understanding the Mind Can Transform the Way You Work and Learn. London: John Catt Educational.

Materi: Model Mental dan Pembelajaran Mendalam: contoh pembelajaran mendalam pada materi kimia
Pustaka: Johnson, E. B. 2002. Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Here To Stay. CA: Corwin/Sage.
3%

3

Minggu ke 3

Mengidentifikasi multirepresentasi ilmu kimia

  1. Mendeskripsikan multirepresentasi kimia dan makna gambar segitiga/triple representasi kimia
  2. Mendeskripsikan keterkaitan sifat konsep dalam ilmu kimia (konkrit dan abstrak) dan multirepresentasi ilmu kimia
  3. Mengidentifikasi representasi level makroskopik, representasi level sub-mikroskopik, dan representasi level simbolik beserta contohnya pada materi kimia tertentu
Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah/ presentasi materi, brainstorming, diskusi interaktif, dan penugasan berkelompok
2 x 50 menit

Materi: Multirepresentai Ilmu Kimia dan Interkoneksi Ketiga Level Representasi: multirepresentasi kimia dan makna gambar segitiga/triple representasi kimia
Pustaka: Johnstone, A.H. 2009. Multiple Representations in Chemical Education. International Journal of Science Education, 31(16): 2271–2273.

Materi: Multirepresentai Ilmu Kimia dan Interkoneksi Ketiga Level Representasi: representasi level makroskopik, representasi level sub-mikroskopik, dan representasi level simbolik beserta contohnya pada materi kimia tertentu
Pustaka: Treagust, D. F. dan Gilbert, J. K. 2009. Multiple Representations in Chemical Education. Dordrecht Netherlands: Springer Netherlands.
3%

4

Minggu ke 4

Mengidentifikasi interkoneksi ketiga level representasi ilmu kimia

  1. Mengidentifikasi interkoneksi level makroskopik dan submikroskopik beserta contohnya pada materi kimia tertentu
  2. Mengidentifikasi interkoneksi level makroskopik dan simbolik beserta contohnya pada materi kimia tertentu
  3. Mengidentifikasi interkoneksi level submikroskopik dan simbolik beserta contohnya pada materi kimia tertentu
Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Latihan soal

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah/ presentasi materi, brainstorming, diskusi interaktif, dan latihan soal berkelompok serta dipresentasikan secara sampling
2 x 50 menit

Materi: Multirepresentai Ilmu Kimia dan Interkoneksi Ketiga Level Representasi: interkoneksi ketiga level representasi (makroskopik-submikroskopik, makroskopik-simbolik, submikroskopik-simbolik) beserta contohnya pada materi kimia tertentu
Pustaka: Johnstone, A.H. 2009. Multiple Representations in Chemical Education. International Journal of Science Education, 31(16): 2271–2273.
3%

5

Minggu ke 5

Menganalisis keterkaitan multirepresentasi ilmu kimia terhadap keterampilan abad 21

Mengidentifikasi keterkaitan interkoneksi ketiga level representasi kimia terhadap indicator keterampilan abad 21 (komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan literasi digital) berdasarkan kajian teoritis

Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi interaktif, tanya jawab, latihan soal, dan presentasi
2 x 50 menit

Materi: Keterkaitan multirepresentasi ilmu kimia terhadap keterampilan abad 21: keterkaitan multirepresentasi kimia terhadap indicator keterampilan abad 21 (komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan literasi digital) berdasarkan kajian teoritis
Pustaka: Bağcı, H. dan Koçyiğit, M. 2019. 21st Century Skills and Education. Newcastle upon Tyne: Cambridge Scholars Publishing.
2%

6

Minggu ke 6

Menganalisis keterkaitan multirepresentasi ilmu kimia terhadap keterampilan abad 21

Mengevaluasi ketercapaian keterampilan abad 21 (komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan literasi digital) melalui penerapan pembelajaran/ media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia berdasarkan kajian empiris/ analisis artikel ilmiah terkini

Kriteria:
  1. Praktik/project
  2. Tugas

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Penugasan mencari dan menganalisis tiga artikel ilmiah terkini secara berkelompok sebagai dasar membuat draf/ rancangan awal media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia
2 x 50 menit
Materi: Keterkaitan multirepresentasi ilmu kimia terhadap keterampilan abad 21: keterkaitan multirepresentasi kimia terhadap indicator keterampilan abad 21 (komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan literasi digital) berdasarkan kajian empiris/ analisis artikel ilmiah terkini
Pustaka: Bağcı, H. dan Koçyiğit, M. 2019. 21st Century Skills and Education. Newcastle upon Tyne: Cambridge Scholars Publishing.
5%

7

Minggu ke 7

Menganalisis keterkaitan multirepresentasi ilmu kimia terhadap keterampilan abad 21

Mengevaluasi penerapan interkoneksi ketiga level representasi kimia terhadap ketercapaian keterampilan abad 21 (komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan literasi digital) berdasarkan kajian empiris/ analisis artikel ilmiah terkini

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi produk (hasil analisis artikel ilmiah terkini) dan tanya jawab
2 x 50 menit

Materi: Keterkaitan multirepresentasi ilmu kimia terhadap keterampilan abad 21: keterkaitan multirepresentasi kimia terhadap indicator keterampilan abad 21 (komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan literasi digital) berdasarkan kajian empiris/ analisis artikel ilmiah terkini
Pustaka: Bağcı, H. dan Koçyiğit, M. 2019. 21st Century Skills and Education. Newcastle upon Tyne: Cambridge Scholars Publishing.
3%

8

Minggu ke 8

Evaluasi Tengah Semester

Membuat draf/ rancangan awal media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia (makroskopik-submikroskopik, makroskopik-simbolik, submikroskopik-simbolik)

Kriteria:

Praktik/project (template draf media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

2 x 50 menit
Praktik membuat draf/ rancangan awal media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia (makroskopik-submikroskopik, makroskopik-simbolik, submikroskopik-simbolik)
2 x 50 menit
15%

9

Minggu ke 9

Mendesain media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia

  1. Mendeskripsikan fitur AI (artificial intelligence) untuk mencari fenomena kontekstual relevan sebagai aspek makroskopik beserta contohnya
  2. Mendeskripsikan fitur Virtual-Lab untuk desain praktikum virtual dengan simulasi-2D sebagai aspek makroskopik beserta contohnya
  3. Mendeskripsikan fitur VR (virtual reality) untuk desain praktikum virtual dengan simulasi-3D sebagai aspek makroskopik beserta contohnya
  4. Mendeskripsikan fitur AI (artificial intelligence) untuk mencari persamaan reaksi, grafik/kurva, simbol kimia, rumus molekul, rumus empiris, perhitungan kimia, dan satuan pratikel/ besaran kimia sebagai aspek simbolik beserta contohnya
Kriteria:

Partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah/ presentasi materi, brainstorming, dan diskusi interaktif
2 x 50 menit

Materi: Media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia: fitur AI (artificial intelligence) untuk mencari fenomena kontekstual relevan, fitur Virtual-Lab untuk desain praktikum virtual dengan simulasi-2D, dan fitur VR (virtual reality) untuk desain praktikum virtual dengan simulasi-3D sebagai aspek makroskopik beserta contohnya dan fitur AI (artificial intelligence) untuk mencari persamaan reaksi, grafik/kurva, simbol kimia, rumus molekul, rumus empiris, perhitungan kimia, dan satuan pratikel/ besaran kimia sebagai aspek simbolik beserta contohnya
Pustaka: Anderson, A. 2019. Virtual Reality, Augmented Reality and Artificial Intelligence in Special Education: A Practical Guide to Supporting Students with Learning Differences. London: Routledge.
3%

10

Minggu ke 10

Mendeskripsikan peran teknologi digital (AI, Virtual-Lab, VR, chemdraw, dan AR) dalam desain media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia

  1. Mendeskripsikan fitur Chemdraw untuk visualisasi 2D partikel kimia sebagai aspek submikroskopik beserta contohnya
  2. Mendeskripsikan fitur AR (Augmented Reality) untuk visualisasi 3D partikel kimia sebagai aspek submikroskopik beserta contohnya
Kriteria:

Partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah/ presentasi materi, brainstorming, dan diskusi interaktif
2 x 50 menit

Materi: Media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia: fitur Chemdraw untuk visualisasi 2D partikel kimia dan fitur AR (Augmented Reality) untuk visualisasi 3D partikel kimia sebagai aspek submikroskopik beserta contohnya
Pustaka: Anderson, A. 2019. Virtual Reality, Augmented Reality and Artificial Intelligence in Special Education: A Practical Guide to Supporting Students with Learning Differences. London: Routledge.
3%

11

Minggu ke 11

Mendesain media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia

Mendesain prototype/ tampilan awal media interkoneksi ketiga level representasi kimia (makroskopik-submikroskopik, makroskopik-simbolik, submikroskopik-simbolik)

Kriteria:

Praktik/project (template prototype media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktik mendesain prototype/ tampilan awal media interkoneksi ketiga level representasi kimia (makroskopik-submikroskopik, makroskopik-simbolik, submikroskopik-simbolik)
2 x 50 menit

Materi: Media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia: draf/ rancangan awal dan prototype/ tampilan awal media interkoneksi ketiga level representasi kimia (makroskopik-submikroskopik, makroskopik-simbolik, submikroskopik-simbolik)
Pustaka: Anderson, A. 2019. Virtual Reality, Augmented Reality and Artificial Intelligence in Special Education: A Practical Guide to Supporting Students with Learning Differences. London: Routledge.
5%

12

Minggu ke 12

Mendesain media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia

  1. Mendesain representasi makroskopik melalui penyajian fenomena kontekstual dengan bantuan AI (artificial intelligence) dan praktikum virtual dengan simulasi-2D Virtual-Lab (virtual laboratory)
  2. Mendesain representasi makroskopik melalui penyajian fenomena kontekstual dengan bantuan AI (Artificial Intelligence) dan praktikum virtual dengan simulasi-3D VR (Virtual Reality)
Kriteria:

Praktik/project (desain representasi makroskopik melalui fenomena kontekstual dan praktikum virtual dengan simulasi 2D dan 3D)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktik mendesain representasi makroskopik melalui fenomena kontekstual dan praktikum virtual reality
2 x 50 menit

Materi: Media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia: desain representasi makroskopik
Pustaka: Anderson, A. 2019. Virtual Reality, Augmented Reality and Artificial Intelligence in Special Education: A Practical Guide to Supporting Students with Learning Differences. London: Routledge.
5%

13

Minggu ke 13

Mendesain media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia

Mendesain representasi sub-mikroskopik dengan visualisasi 2D dengan chemdraw dan visualisasi 3D dengan AR (Augmented Reality)

Kriteria:

Praktik/project (desain representasi sub-mikroskopik dengan visualisasi 2D dan visualisasi 3D)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktik mendesain representasi sub-mikroskopik dengan visualisasi 2D dan visualisasi 3D
2 x 50 menit

Materi: Media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia: desain representasi sub-mikroskopik
Pustaka: Anderson, A. 2019. Virtual Reality, Augmented Reality and Artificial Intelligence in Special Education: A Practical Guide to Supporting Students with Learning Differences. London: Routledge.
5%

14

Minggu ke 14

Mendesain media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia

Mendesain representasi simbolik (persamaan reaksi, grafik/kurva, simbol kimia, rumus molekul, rumus empiris, perhitungan kimia, dan satuan pratikel/ besaran kimia) dengan bantuan AI (artificial intelligence)

Kriteria:

Praktik/project (desain representasi simbolik (persamaan reaksi, grafik/kurva, simbol kimia, rumus molekul, rumus empiris, perhitungan kimia, dan satuan pratikel/ besaran kimia)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktik mendesain representasi simbolik (persamaan reaksi, grafik/kurva, simbol kimia, rumus molekul, rumus empiris, perhitungan kimia, dan satuan pratikel/ besaran kimia)
2 x 50 menit

Materi: Media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia: desain representasi simbolik (persamaan reaksi, grafik/kurva, simbol kimia, rumus molekul, rumus empiris, perhitungan kimia, dan satuan pratikel/ besaran kimia)
Pustaka: Treagust, D. F. dan Gilbert, J. K. 2009. Multiple Representations in Chemical Education. Dordrecht Netherlands: Springer Netherlands.
5%

15

Minggu ke 15

Mendesain media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia

Mempresentasikan produk media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia pada materi tertentu

Kriteria:

Partisipasi, peer-review (oleh teman sebaya dan oleh tim dosen pengampu)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi interaktif, dan peer-review
2 x 50 menit

Materi: Media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia: presentasi produk media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia pada materi tertentu
Pustaka: Anderson, A. 2019. Virtual Reality, Augmented Reality and Artificial Intelligence in Special Education: A Practical Guide to Supporting Students with Learning Differences. London: Routledge.
3%

16

Minggu ke 16

Evaluasi Akhir Semester

Melaksanakan kegiatan pameran karya media pembelajaran melalui penyajian produk media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia yang telah direvisi

Kriteria:

Praktik/project (pameran produk media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penyajian, demonstrasi, dan penjelasan produk media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia
2 x 50 menit

30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 25%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 70%
95%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.