
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Kimia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Multirepresentasi Kimia |
8420402334 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
9 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Findiyani Ernawati Asih, S.Pd., M.Pd.
|
Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd.
|
UTIYA AZIZAH |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-9 |
Mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran, dan mengembangkan media pembelajaran kimia dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi. |
PLO-10 |
Mampu melakukan pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan kimia dalam menyelesaikan masalah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami prinsip dasar multirepresentasi ilmu kimia dan terapannya dalam desain media: fokus dan ruang lingkup ilmu kimia, sifat konsep dalam ilmu kimia, penerapan ilmu kimia dalam konteks kehidupan sehari-hari, peran model mental dalam memahami konsep yang bersifat abstrak dalam ilmu kimia dan pengaruhnya terhadap pembelajaran mendalam, contoh pembelajaran mendalam pada materi kimia, multirepresentasi kimia dan makna gambar segitiga/triple representasi kimia, representasi level makroskopik, sub-mikroskopik, simbolik beserta contohnya pada materi kimia, dan interkoneksi ketiga level representasi (makroskopik-submikroskopik, makroskopik-simbolik, submikroskopik-simbolik) beserta contohnya pada materi kimia, keterkaitan multirepresentasi kimia terhadap indicator keterampilan abad 21 (komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan literasi digital)
|
PO - 2 |
Mampu mengevaluasi ketercapaian keterampilan abad-21 melalui implementasi pembelajaran/media berbasis multirepresentasi ilmu kimia berdasarkan kajian artikel ilmiah terkini
|
PO - 3 |
Mampu mengembangkan media berbasis interkoneksi multirepresentasi ilmu kimia yang memberikan pengalaman belajar mendalam
|
PO - 4 |
Mampu berkolaborasi memanfaatkan teknologi digital seperti AI (artificial intelligence), Virtual-Lab, VR (virtual reality), chemdraw, dan AR (augmented reality) untuk membuat visualisasi secara kreatif terhadap konsep yang bersifat absrak dalam ilmu kimia
|
PO - 5 |
Mampu menunjukan sikap tanggung jawab dan menjunjung etika digital dalam mengembangkan media berbasis interkoneksi multirepresentasi ilmu kimia
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-9 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | | ✔ | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | ✔ | | | PO-5 | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | ✔ | PO-4 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-5 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas tiga level representasi ilmu kimia secara integratif dengan landasan model mental dan kaitannya dengan ketercapaian keterampilan abad-21 berdasarkan hasil kajian artikel ilmiah sebagai dasar untuk mengembangkan media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia melalui pemanfaatan teknologi digital (AI, Virtual-Lab, VR, Chemdraw, dan AR) secara kreatif, kolaboratif, dan etis yang memberikan pengalaman belajar mendalam |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Anderson, A. 2019. Virtual Reality, Augmented Reality and Artificial Intelligence in Special Education: A Practical Guide to Supporting Students with Learning Differences. London: Routledge.
- Bağcı, H. dan Koçyiğit, M. 2019. 21st Century Skills and Education. Newcastle upon Tyne: Cambridge Scholars Publishing.
- Eilks, I. and Hofstein, A. 2015. Relevant Chemistry Education: From Theory to Practice. Rotterdam: Sense Publishers.
- Heal, J. dan Berlin, R. 2025. Mental Models: How Understanding the Mind Can Transform the Way You Work and Learn. London: John Catt Educational.
- Johnson, E. B. 2002. Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Here To Stay. CA: Corwin/Sage.
- Treagust, D. F. dan Gilbert, J. K. 2009. Multiple Representations in Chemical Education. Dordrecht Netherlands: Springer Netherlands.
|
Pendukung : |
|
- Johnstone, A.H. 2009. Multiple Representations in Chemical Education. International Journal of Science Education, 31(16): 2271–2273.
- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2024. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
- Santrock, J. W. 2008. Educational Psychology. Third Edition. Boston: McGraw-Hill.
|
Dosen Pengampu
|
HARUN NASRUDDIN UTIYA AZIZAH KUSUMAWATI DWININGSIH FINDIYANI ERNAWATI ASIH Prof. Dr. Harun Nasrudin, M.S. Prof. Dr. Harun Nasrudin, M.S. Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd. Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd. Dr. Kusumawati Dwiningsih, S.Pd., M.Pd. Dr. Kusumawati Dwiningsih, S.Pd., M.Pd. Findiyani Ernawati Asih, S.Pd., M.Pd. Findiyani Ernawati Asih, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mendeskripsikan hakikat ilmu kimia dan kontekstualisasinya |
- Mendeskripsikan fokus dan ruang lingkup ilmu kimia (materi, sifat, struktur, perubahan, interaksi, energi)
- Mendeskripsikan sifat konsep dalam ilmu kimia (konkrit dan abstrak)
- Memberikan contoh penerapan ilmu kimia dalam konteks kehidupan sehari-hari (bidang kesehatan, pertanian, industry, lingkungan)
|
Kriteria:
- Partisipasi
- Tugas
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penyajian informasi materi perkuliahan selama 1 semester, ceramah/ presentasi materi, brainstorming, diskusi interaktif, dan penugasan berkelompok 2 x 50 menit |
|
Materi: Hakikat Ilmu Kimia dan kontekstualisasi-nya: fokus dan ruang lingkup ilmu kimia (materi, sifat, struktur, perubahan, interaksi, energi) Pustaka: Eilks, I. and Hofstein, A. 2015. Relevant Chemistry Education: From Theory to Practice. Rotterdam: Sense Publishers. Materi: Hakikat Ilmu Kimia dan kontekstualisasi-nya: sifat konsep dalam ilmu kimia (konkrit dan abstrak) Pustaka: Eilks, I. and Hofstein, A. 2015. Relevant Chemistry Education: From Theory to Practice. Rotterdam: Sense Publishers. Materi: Hakikat Ilmu Kimia dan kontekstualisasi-nya: penerapan ilmu kimia dalam konteks kehidupan sehari-hari (bidang kesehatan, pertanian, industry, lingkungan) Pustaka: Johnson, E. B. 2002. Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Here To Stay. CA: Corwin/Sage. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mendeskripsikan model mental dan pembelajaran mendalam |
- Mendeskripsikan peran model mental dalam memahami kimia yang bersifat abstrak
- Menganalisis cara kerja model mental dalam menciptakan pembelajaran mendalam
- Memberikan contoh pembelajaran mendalam pada materi kimia
|
Kriteria:
- Partisipasi
- Tugas
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah/ presentasi materi, diskusi interaktif, tanya jawab, dan penugasan berkelompok 2 x 50 menit |
|
Materi: Model Mental dan Pembelajaran Mendalam: peran model mental dalam memahami konsep yang bersifat absrak dalam ilmu kimia Pustaka: Heal, J. dan Berlin, R. 2025. Mental Models: How Understanding the Mind Can Transform the Way You Work and Learn. London: John Catt Educational. Materi: Model Mental dan Pembelajaran Mendalam: cara kerja model mental dalam menciptakan pembelajaran mendalam Pustaka: Heal, J. dan Berlin, R. 2025. Mental Models: How Understanding the Mind Can Transform the Way You Work and Learn. London: John Catt Educational. Materi: Model Mental dan Pembelajaran Mendalam: contoh pembelajaran mendalam pada materi kimia Pustaka: Johnson, E. B. 2002. Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Here To Stay. CA: Corwin/Sage. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mengidentifikasi multirepresentasi ilmu kimia |
- Mendeskripsikan multirepresentasi kimia dan makna gambar segitiga/triple representasi kimia
- Mendeskripsikan keterkaitan sifat konsep dalam ilmu kimia (konkrit dan abstrak) dan multirepresentasi ilmu kimia
- Mengidentifikasi representasi level makroskopik, representasi level sub-mikroskopik, dan representasi level simbolik beserta contohnya pada materi kimia tertentu
|
Kriteria:
- Partisipasi
- Tugas
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah/ presentasi materi, brainstorming, diskusi interaktif, dan penugasan berkelompok 2 x 50 menit |
|
Materi: Multirepresentai Ilmu Kimia dan Interkoneksi Ketiga Level Representasi: multirepresentasi kimia dan makna gambar segitiga/triple representasi kimia Pustaka: Johnstone, A.H. 2009. Multiple Representations in Chemical Education. International Journal of Science Education, 31(16): 2271–2273. Materi: Multirepresentai Ilmu Kimia dan Interkoneksi Ketiga Level Representasi: representasi level makroskopik, representasi level sub-mikroskopik, dan representasi level simbolik beserta contohnya pada materi kimia tertentu Pustaka: Treagust, D. F. dan Gilbert, J. K. 2009. Multiple Representations in Chemical Education. Dordrecht Netherlands: Springer Netherlands. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mengidentifikasi interkoneksi ketiga level representasi ilmu kimia |
- Mengidentifikasi interkoneksi level makroskopik dan submikroskopik beserta contohnya pada materi kimia tertentu
- Mengidentifikasi interkoneksi level makroskopik dan simbolik beserta contohnya pada materi kimia tertentu
- Mengidentifikasi interkoneksi level submikroskopik dan simbolik beserta contohnya pada materi kimia tertentu
|
Kriteria:
- Partisipasi
- Latihan soal
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah/ presentasi materi, brainstorming, diskusi interaktif, dan latihan soal berkelompok serta dipresentasikan secara sampling 2 x 50 menit |
|
Materi: Multirepresentai Ilmu Kimia dan Interkoneksi Ketiga Level Representasi: interkoneksi ketiga level representasi (makroskopik-submikroskopik, makroskopik-simbolik, submikroskopik-simbolik) beserta contohnya pada materi kimia tertentu Pustaka: Johnstone, A.H. 2009. Multiple Representations in Chemical Education. International Journal of Science Education, 31(16): 2271–2273. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis keterkaitan multirepresentasi ilmu kimia terhadap keterampilan abad 21 |
Mengidentifikasi keterkaitan interkoneksi ketiga level representasi kimia terhadap indicator keterampilan abad 21 (komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan literasi digital) berdasarkan kajian teoritis |
Kriteria:
- Partisipasi
- Tugas
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi interaktif, tanya jawab, latihan soal, dan presentasi 2 x 50 menit |
|
Materi: Keterkaitan multirepresentasi ilmu kimia terhadap keterampilan abad 21: keterkaitan multirepresentasi kimia terhadap indicator keterampilan abad 21 (komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan literasi digital) berdasarkan kajian teoritis Pustaka: Bağcı, H. dan Koçyiğit, M. 2019. 21st Century Skills and Education. Newcastle upon Tyne: Cambridge Scholars Publishing. |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis keterkaitan multirepresentasi ilmu kimia terhadap keterampilan abad 21 |
Mengevaluasi ketercapaian keterampilan abad 21 (komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan literasi digital) melalui penerapan pembelajaran/ media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia berdasarkan kajian empiris/ analisis artikel ilmiah terkini |
Kriteria:
- Praktik/project
- Tugas
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Penugasan mencari dan menganalisis tiga artikel ilmiah terkini secara berkelompok sebagai dasar membuat draf/ rancangan awal media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia 2 x 50 menit |
Materi: Keterkaitan multirepresentasi ilmu kimia terhadap keterampilan abad 21: keterkaitan multirepresentasi kimia terhadap indicator keterampilan abad 21 (komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan literasi digital) berdasarkan kajian empiris/ analisis artikel ilmiah terkini Pustaka: Bağcı, H. dan Koçyiğit, M. 2019. 21st Century Skills and Education. Newcastle upon Tyne: Cambridge Scholars Publishing. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis keterkaitan multirepresentasi ilmu kimia terhadap keterampilan abad 21 |
Mengevaluasi penerapan interkoneksi ketiga level representasi kimia terhadap ketercapaian keterampilan abad 21 (komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan literasi digital) berdasarkan kajian empiris/ analisis artikel ilmiah terkini |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi produk (hasil analisis artikel ilmiah terkini) dan tanya jawab 2 x 50 menit |
|
Materi: Keterkaitan multirepresentasi ilmu kimia terhadap keterampilan abad 21: keterkaitan multirepresentasi kimia terhadap indicator keterampilan abad 21 (komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan literasi digital) berdasarkan kajian empiris/ analisis artikel ilmiah terkini Pustaka: Bağcı, H. dan Koçyiğit, M. 2019. 21st Century Skills and Education. Newcastle upon Tyne: Cambridge Scholars Publishing. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Evaluasi Tengah Semester |
Membuat draf/ rancangan awal media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia (makroskopik-submikroskopik, makroskopik-simbolik, submikroskopik-simbolik) |
Kriteria:
Praktik/project (template draf media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
2 x 50 menit |
Praktik membuat draf/ rancangan awal media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia (makroskopik-submikroskopik, makroskopik-simbolik, submikroskopik-simbolik) 2 x 50 menit |
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mendesain media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia |
- Mendeskripsikan fitur AI (artificial intelligence) untuk mencari fenomena kontekstual relevan sebagai aspek makroskopik beserta contohnya
- Mendeskripsikan fitur Virtual-Lab untuk desain praktikum virtual dengan simulasi-2D sebagai aspek makroskopik beserta contohnya
- Mendeskripsikan fitur VR (virtual reality) untuk desain praktikum virtual dengan simulasi-3D sebagai aspek makroskopik beserta contohnya
- Mendeskripsikan fitur AI (artificial intelligence) untuk mencari persamaan reaksi, grafik/kurva, simbol kimia, rumus molekul, rumus empiris, perhitungan kimia, dan satuan pratikel/ besaran kimia sebagai aspek simbolik beserta contohnya
|
Kriteria:
Partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah/ presentasi materi, brainstorming, dan diskusi interaktif 2 x 50 menit |
|
Materi: Media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia: fitur AI (artificial intelligence) untuk mencari fenomena kontekstual relevan, fitur Virtual-Lab untuk desain praktikum virtual dengan simulasi-2D, dan fitur VR (virtual reality) untuk desain praktikum virtual dengan simulasi-3D sebagai aspek makroskopik beserta contohnya dan fitur AI (artificial intelligence) untuk mencari persamaan reaksi, grafik/kurva, simbol kimia, rumus molekul, rumus empiris, perhitungan kimia, dan satuan pratikel/ besaran kimia sebagai aspek simbolik beserta contohnya Pustaka: Anderson, A. 2019. Virtual Reality, Augmented Reality and Artificial Intelligence in Special Education: A Practical Guide to Supporting Students with Learning Differences. London: Routledge. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mendeskripsikan peran teknologi digital (AI, Virtual-Lab, VR, chemdraw, dan AR) dalam desain media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia |
- Mendeskripsikan fitur Chemdraw untuk visualisasi 2D partikel kimia sebagai aspek submikroskopik beserta contohnya
- Mendeskripsikan fitur AR (Augmented Reality) untuk visualisasi 3D partikel kimia sebagai aspek submikroskopik beserta contohnya
|
Kriteria:
Partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah/ presentasi materi, brainstorming, dan diskusi interaktif 2 x 50 menit |
|
Materi: Media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia: fitur Chemdraw untuk visualisasi 2D partikel kimia dan fitur AR (Augmented Reality) untuk visualisasi 3D partikel kimia sebagai aspek submikroskopik beserta contohnya Pustaka: Anderson, A. 2019. Virtual Reality, Augmented Reality and Artificial Intelligence in Special Education: A Practical Guide to Supporting Students with Learning Differences. London: Routledge. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mendesain media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia |
Mendesain prototype/ tampilan awal media interkoneksi ketiga level representasi kimia (makroskopik-submikroskopik, makroskopik-simbolik, submikroskopik-simbolik) |
Kriteria:
Praktik/project (template prototype media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Praktik mendesain prototype/ tampilan awal media interkoneksi ketiga level representasi kimia (makroskopik-submikroskopik, makroskopik-simbolik, submikroskopik-simbolik) 2 x 50 menit |
|
Materi: Media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia: draf/ rancangan awal dan prototype/ tampilan awal media interkoneksi ketiga level representasi kimia (makroskopik-submikroskopik, makroskopik-simbolik, submikroskopik-simbolik) Pustaka: Anderson, A. 2019. Virtual Reality, Augmented Reality and Artificial Intelligence in Special Education: A Practical Guide to Supporting Students with Learning Differences. London: Routledge. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mendesain media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia |
- Mendesain representasi makroskopik melalui penyajian fenomena kontekstual dengan bantuan AI (artificial intelligence) dan praktikum virtual dengan simulasi-2D Virtual-Lab (virtual laboratory)
- Mendesain representasi makroskopik melalui penyajian fenomena kontekstual dengan bantuan AI (Artificial Intelligence) dan praktikum virtual dengan simulasi-3D VR (Virtual Reality)
|
Kriteria:
Praktik/project (desain representasi makroskopik melalui fenomena kontekstual dan praktikum virtual dengan simulasi 2D dan 3D) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Praktik mendesain representasi makroskopik melalui fenomena kontekstual dan praktikum virtual reality 2 x 50 menit |
|
Materi: Media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia: desain representasi makroskopik Pustaka: Anderson, A. 2019. Virtual Reality, Augmented Reality and Artificial Intelligence in Special Education: A Practical Guide to Supporting Students with Learning Differences. London: Routledge. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mendesain media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia |
Mendesain representasi sub-mikroskopik dengan visualisasi 2D dengan chemdraw dan visualisasi 3D dengan AR (Augmented Reality) |
Kriteria:
Praktik/project (desain representasi sub-mikroskopik dengan visualisasi 2D dan visualisasi 3D) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Praktik mendesain representasi sub-mikroskopik dengan visualisasi 2D dan visualisasi 3D 2 x 50 menit |
|
Materi: Media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia: desain representasi sub-mikroskopik Pustaka: Anderson, A. 2019. Virtual Reality, Augmented Reality and Artificial Intelligence in Special Education: A Practical Guide to Supporting Students with Learning Differences. London: Routledge. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mendesain media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia |
Mendesain representasi simbolik (persamaan reaksi, grafik/kurva, simbol kimia, rumus molekul, rumus empiris, perhitungan kimia, dan satuan pratikel/ besaran kimia) dengan bantuan AI (artificial intelligence) |
Kriteria:
Praktik/project (desain representasi simbolik (persamaan reaksi, grafik/kurva, simbol kimia, rumus molekul, rumus empiris, perhitungan kimia, dan satuan pratikel/ besaran kimia) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Praktik mendesain representasi simbolik (persamaan reaksi, grafik/kurva, simbol kimia, rumus molekul, rumus empiris, perhitungan kimia, dan satuan pratikel/ besaran kimia) 2 x 50 menit |
|
Materi: Media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia: desain representasi simbolik (persamaan reaksi, grafik/kurva, simbol kimia, rumus molekul, rumus empiris, perhitungan kimia, dan satuan pratikel/ besaran kimia) Pustaka: Treagust, D. F. dan Gilbert, J. K. 2009. Multiple Representations in Chemical Education. Dordrecht Netherlands: Springer Netherlands. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mendesain media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia |
Mempresentasikan produk media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia pada materi tertentu |
Kriteria:
Partisipasi, peer-review (oleh teman sebaya dan oleh tim dosen pengampu) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi interaktif, dan peer-review 2 x 50 menit |
|
Materi: Media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia: presentasi produk media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia pada materi tertentu Pustaka: Anderson, A. 2019. Virtual Reality, Augmented Reality and Artificial Intelligence in Special Education: A Practical Guide to Supporting Students with Learning Differences. London: Routledge. |
3% |
16
Minggu ke 16 |
Evaluasi Akhir Semester |
Melaksanakan kegiatan pameran karya media pembelajaran melalui penyajian produk media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia yang telah direvisi |
Kriteria:
Praktik/project (pameran produk media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penyajian, demonstrasi, dan penjelasan produk media berbasis interkoneksi ketiga level representasi kimia 2 x 50 menit |
|
|
30% |