
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Matematika Diskrit |
5720103136 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
12 September 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
I KADEK DWI NURYANA |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu mengaplikasikan keahlian, teknik, dan alat terkini pada bidang teknologi informasi, serta merumuskan deskripsi hasil kajian dalam bentuk dokumen |
PLO-6 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat baik mandiri maupun kelompok, bertanggung jawab dan sesuai etik dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi dan data serta mengkomunikasikannya secara efektif |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar matematika diskrit untuk menyelesaikan permasalahan keseharian
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep relasi dan fungsi dalam penerapan himpunan
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat menerapkan konsep barisan, rekursif dan relasi rekursif
|
PO - 4 |
Mahasiswa dapat menerapkan konsep aljabar boelan dalam penerapan sistem informasi
|
PO - 5 |
Mahasiswa dapat menerapkan konsep graf dan pemanfaatannya dalam bidang sistem informasi
|
PO - 6 |
Mahasiswa dapat menerapkan konsep tree dan penerapannya dalam bidang sistem informasi
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | ✔ | | PO-3 | ✔ | | PO-4 | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | PO-6 | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matematika Diskrit merupakan ilmu dasar dalam pembelajaran Informatika, karena pada dasarnya informatika adalah kumpulandisiplin ilmu dan teknik yang mengolah objek diskrit. Matematika diskrit memberikan landasan matematis untuk matakuliah Algoritma,Struktur data, Basis data, jaringan komputer, keamanan komputer dan sebagainya. Materi dalam Matakuliah ini adalah TeoriHimpunan, Relasi dan Fungsi, Teori Graf, Tree |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill.
- Seymour Lipschutz. 2007. Theory and Problems of Discrete Mathematics Third Edition. Mc Graw Hill.
- Jean Gallier. 2016. Discrete Mathematics, Second Edition In Progress. Springer.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
HARUN AL ROSYID MARTINI DWI ENDAH SUSANTI RAMADHAN CAKRA WIBAWA ERIK RAHMAN CENDRA DEVAYANA PUTRA Ramadhan Cakra Wibawa, S.Pd., M.Kom. Ramadhan Cakra Wibawa, S.Pd., M.Kom. Cendra Devayana Putra, S.Kom., M.IM. Cendra Devayana Putra, S.Kom., M.IM. Martini Dwi Endah Susanti, S.Kom., M.Kom. Martini Dwi Endah Susanti, S.Kom., M.Kom. Ramadhan Cakra Wibawa, S.Pd., M.Kom. Harun Al Rosyid, S.T., M.T. Harun Al Rosyid, S.T., M.T. Erik Rahman, S.Kom., M.M.S.I. Erik Rahman, S.Kom., M.M.S.I. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu Menjelaskan Dasar-Dasar Logika, Proporsi, dan Jenis Proporsi |
- Mahasiswa mampu memahami argumen matematika
- Mahasiswa mampu membuat argumen matematika
- Mahasiswa mampu membedakan Aksioma, Teorema, Lemma, dan Corollary
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
BENTUK PEMBELAJARAN: Kuliah Tatap Muka
METODE PEMBELAJARAN: Diskusi Kelompok
PENUGASAN: Menyelesaikan Contoh Permasalahan 3*50 |
BENTUK PEMBELAJARAN: Kuliah Tatap Muka
METODE PEMBELAJARAN: Diskusi Kelompoks
PENUGASAN: Menyelesaikan Contoh Permasalahan 3*50 |
Materi: The Foundations: Logic and Proofs Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu Menjelaskan Dasar-Dasar Logika, Proporsi, dan Jenis Proporsi |
- Mahasiswa mampu memahami argumen matematika
- Mahasiswa mampu membuat argumen matematika
- Mahasiswa mampu mempelajari fakta-fakta matematika dan cara penerapannya
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
BENTUK PEMBELAJARAN: Kuliah Tatap Muka
METODE PEMBELAJARAN: Diskusi Kelompoks
PENUGASAN: Menyelesaikan Contoh Permasalahan 3*50 |
BENTUK PEMBELAJARAN: Kuliah Tatap Muka
METODE PEMBELAJARAN: Diskusi Kelompoks
PENUGASAN: Menyelesaikan Contoh Permasalahan 3*50 |
Materi: The Foundations: Logic and Proofs Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill. |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami Konsep dasar logika dan penarikan kesimpulan |
- Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan dasar logika
- Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan dasar penarikan kesimpulan
|
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
BENTUK PEMBELAJARAN: Kuliah Tatap Muka
METODE PEMBELAJARAN: Diskusi Kelompoks
PENUGASAN: Menyelesaikan Contoh Permasalahan 3*50 |
BENTUK PEMBELAJARAN: Kuliah Tatap Muka
METODE PEMBELAJARAN: Diskusi Kelompoks
PENUGASAN: Menyelesaikan Contoh Permasalahan 3*50 |
Materi: The Foundations: Logic and Proofs Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami Teori Himpunan |
Mahasiswa mampu menjelaskan himpunan; operasi dasar himpunan; hukum-hukum himpunan; prinsip dualitas; prinsip inklusi-eksklusi; partisi; pembuktian pernyataan perihal himpunan. |
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
BENTUK PEMBELAJARAN: Kuliah Tatap Muka
METODE PEMBELAJARAN: Diskusi Kelompoks
PENUGASAN: Menyelesaikan Contoh Permasalahan 3*50 |
BENTUK PEMBELAJARAN: Kuliah Tatap Muka
METODE PEMBELAJARAN: Diskusi Kelompoks
PENUGASAN: Menyelesaikan Contoh Permasalahan
|
Materi: Basic Structures: Sets, Functions, Sequences, Sums, and Matrices Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill. Materi: Basic Structures: Sets, Functions, Sequences, Sums, and Matrices Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill. |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami Teori Himpunan |
Mahasiswa mampu menjelaskan himpunan; operasi dasar himpunan; hukum-hukum himpunan; prinsip dualitas; prinsip inklusi-eksklusi; partisi; pembuktian pernyataan perihal himpunan. |
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
BENTUK PEMBELAJARAN: Kuliah Tatap Muka
METODE PEMBELAJARAN: Diskusi Kelompoks
PENUGASAN: Menyelesaikan Contoh Permasalahan 3*50 |
BENTUK PEMBELAJARAN: Kuliah Tatap Muka
METODE PEMBELAJARAN: Diskusi Kelompoks
PENUGASAN: Menyelesaikan Contoh Permasalahan
|
Materi: Basic Structures: Sets, Functions, Sequences, Sums, and Matrices Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill. Materi: Basic Structures: Sets, Functions, Sequences, Sums, and Matrices Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami Relasi dan Fungsi |
Mahasiswa mampu menjelaskan Matriks, relasi; sifat-sifat relasi; representasi relasi; operasi relasi; relasi n-ary; relasi kesetaraan; relasi pengurutan parsial; fungsi; operasi fungsi; |
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
BENTUK PEMBELAJARAN: Kuliah Tatap Muka
METODE PEMBELAJARAN: Diskusi Kelompoks
PENUGASAN: Menyelesaikan Contoh Permasalahan 3*50 |
BENTUK PEMBELAJARAN: Kuliah Tatap Muka
METODE PEMBELAJARAN: Diskusi Kelompoks
PENUGASAN: Menyelesaikan Contoh Permasalahan
|
Materi: Relations Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill. |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami Relasi dan Fungsi |
Mahasiswa mampu menjelaskan Matriks, relasi; sifat-sifat relasi; representasi relasi; operasi relasi; relasi n-ary; relasi kesetaraan; relasi pengurutan parsial; fungsi; operasi fungsi; |
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
BENTUK PEMBELAJARAN: Kuliah Tatap Muka
METODE PEMBELAJARAN: Diskusi Kelompoks
PENUGASAN: Menyelesaikan Contoh Permasalahan 3*50 |
BENTUK PEMBELAJARAN: Kuliah Tatap Muka
METODE PEMBELAJARAN: Diskusi Kelompoks
PENUGASAN: Menyelesaikan Contoh Permasalahan
|
Materi: Relations Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
Mahasiswa mampu mengerjakan soal UTS berdasarkan materi sebelumnya |
Kriteria:
Minimal 75% benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Mengerjakan Soal Tugas 3*50 |
|
Materi: UTS Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami Barisan, Rekursif, dan Relasi Rekurens |
Mahasiswa mampu menjelaskan Definisi rekursi; struktur induksi; relasi rekurens; memecahkan relasi rekurens. |
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
BENTUK PEMBELAJARAN: Kuliah Tatap Muka
METODE PEMBELAJARAN: Diskusi Kelompoks
PENUGASAN: Menyelesaikan Contoh Permasalahan 3*50 |
BENTUK PEMBELAJARAN: Kuliah Tatap Muka
METODE PEMBELAJARAN: Diskusi Kelompoks
PENUGASAN: Menyelesaikan Contoh Permasalahan
|
Materi: Induction and Recursion Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memahami Barisan, Rekursif, dan Relasi Rekurens |
Mahasiswa mampu menjelaskan Definisi rekursi; struktur induksi; relasi rekurens; memecahkan relasi rekurens. |
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
BENTUK PEMBELAJARAN: Kuliah Tatap Muka
METODE PEMBELAJARAN: Diskusi Kelompoks
PENUGASAN: Menyelesaikan Contoh Permasalahan 3*50 |
|
Materi: Induction and Recursion Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami Aljabar Boolean |
Mahasiswa mampu menjelaskan Fungsi Boolean; bentuk kanonik; bentuk standard; penyederhanaan fungsi Boolean, apilkasi aljabar Booelan |
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
BENTUK PEMBELAJARAN: Kuliah Tatap Muka
METODE PEMBELAJARAN: Diskusi Kelompoks
PENUGASAN: Menyelesaikan Contoh Permasalahan 3*50 |
BENTUK PEMBELAJARAN: Kuliah Tatap Muka
METODE PEMBELAJARAN: Diskusi Kelompoks
PENUGASAN: Menyelesaikan Contoh Permasalahan
|
Materi: Boolean Algebra Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami Aljabar Boolean |
Mahasiswa mampu menjelaskan Fungsi Boolean; bentuk kanonik; bentuk standard; penyederhanaan fungsi Boolean, apilkasi aljabar Booelan |
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
BENTUK PEMBELAJARAN: Kuliah Tatap Muka
METODE PEMBELAJARAN: Diskusi Kelompoks
PENUGASAN: Menyelesaikan Contoh Permasalahan 3*50 |
|
Materi: Boolean Algebra Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill. |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu memahami Graf |
Mahasiswa mampu menjelaskan Definisi graf; terminologi graf; representasi graf; isomorfisme; graf planar; lintasan dan sirkuit Euler; lintasan dan sirkuit Hamilton; aplikasi teori graf. |
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
BENTUK PEMBELAJARAN: Kuliah Tatap Muka
METODE PEMBELAJARAN: Diskusi Kelompoks
PENUGASAN: Menyelesaikan Contoh Permasalahan 3*50 |
BENTUK PEMBELAJARAN: Kuliah Tatap Muka
METODE PEMBELAJARAN: Diskusi Kelompoks
PENUGASAN: Menyelesaikan Contoh Permasalahan
|
Materi: Graff Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill. |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu memahami Tree |
Mahasiswa mampu menjelaskan Definisi pohon; sifat-sifat pohon; pohon berakar; pohon n-ary; pohon biner; aplikasi pohon biner; penelusuran pohon biner. |
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
BENTUK PEMBELAJARAN: Kuliah Tatap Muka
METODE PEMBELAJARAN: Diskusi Kelompoks
PENUGASAN: Menyelesaikan Contoh Permasalahan 3*50 |
BENTUK PEMBELAJARAN: Kuliah Tatap Muka
METODE PEMBELAJARAN: Diskusi Kelompoks
PENUGASAN: Menyelesaikan Contoh Permasalahan
|
Materi: Tree Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill. |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu memahami Kompleksitas Algoritma |
Mahasiswa mampu menjelaskan Kompleksitas waktu dan ruang; komplekitas asimptotik; notasi O-Besar, notasi - Besar notasi -besar; cara perhitungan kompleksitas asimptotik. |
Kriteria:
Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
BENTUK PEMBELAJARAN: Kuliah Tatap Muka
METODE PEMBELAJARAN: Diskusi Kelompoks
PENUGASAN: Menyelesaikan Contoh Permasalahan 3*50 |
BENTUK PEMBELAJARAN: Kuliah Tatap Muka
METODE PEMBELAJARAN: Diskusi Kelompoks
PENUGASAN: Menyelesaikan Contoh Permasalahan
|
Materi: Algortima Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill. |
3% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Mahasiswa mampu mengerjakan soal UAS berdasarkan materi sebelumnya |
Kriteria:
Minimal 75% benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Mengerjakan Soal Tugas 3*50 |
|
Materi: UAS Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill. |
30% |