
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Teori Belajar |
8310103046 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
2 |
10 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa dapat menerapkan teori dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam merancang kegiatan pembelajaran yang efektif di bidang teknologi dan kejuruan (C3)
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat menganalisis berbagai teori belajar dan memilih yang paling tepat untuk diterapkan dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan (C4)
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi efektivitas penerapan teori belajar dalam praktik pendidikan teknologi dan kejuruan berdasarkan hasil penelitian terkini (C5)
|
PO - 4 |
Mahasiswa dapat menciptakan metode pembelajaran baru yang inovatif berdasarkan kombinasi dari berbagai teori belajar yang ada (C6)
|
PO - 5 |
Mahasiswa dapat menerapkan nilai-nilai etika dan kebangsaan dalam merancang dan mengimplementasikan strategi pembelajaran (C3)
|
PO - 6 |
Mahasiswa dapat menganalisis dampak sosial dan kultural dari penerapan teori belajar tertentu dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan (C4)
|
PO - 7 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi dan mengkritisi teori belajar yang digunakan dalam konteks multikultural dan multireligius (C5)
|
PO - 8 |
Mahasiswa dapat mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan (C6)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PO-1 | PO-2 | PO-3 | PO-4 | PO-5 | PO-6 | PO-7 | PO-8 |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengkaji dan menganalisis konsep-konsep Teori-teori Belajar yang meliputi: Pengertian teori-teori belajar, teori belajar perilaku, teori belajar kognitif, teori belajar sosial, teori belajar constructive, dan teori belajar humanis, sistem pemrosesan informasi, . Materi disajikan dengan metode diskusi, dan presentasi kelas, dan model pembelajaran berbasis proyek. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Arends, Richard I. 2014. Learning to Teach (Seventh Edition) . New York: McGraw-Hill Companies.
- Ormrod, J. E. (2020). Human Learning (8th ed.). Pearson
- Schunk, D. H. (2019). Learning Theories: An Educational Perspective (8th ed.). Pearson
|
Pendukung : |
|
- Dahar, R.W. 1996. Teori-teori Belajar . Jakarta: Erlangga
- Hergenhahn, B.R. And. Olson, Matthew. 2008. Theories of Learning ( Seventh Edition). New York: Prentice Hall
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Meini Sondang Sumbawati, M.Pd. Dr. Theodorus Wiyanto Wibowo, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan teori dan prinsip-prinsip pembelajaran untuk merancang kegiatan pembelajaran yang efektif di bidang teknologi dan kejuruan. |
- Mendeskripsikan konsep belajar
- Mendeskripsikan teori belajar sebelum dan sesudah abad ke 20
- Partisipasi dan tanya jawab
|
Kriteria:
- Mendeskripsikan konsep belajar, maks skor 10
- Mendeskripsikan teori belajar sebelum dan sesudah abad ke 20, maks skor 10
- Partisipasi dan tanya jawab, maks skor 50
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring: Presentasi konsep be;ajar dan penemu-penemu teori belajar, menelusur sumber informasi dan tanya jawab, diskusi, dan refleksi
|
|
Materi: Definisi belajar: Perubahan perilaku, perilaku terbuka, belajar dan pengalaman, belajar dan kematangan Pustaka: Dahar, R.W. 1996. Teori-teori Belajar . Jakarta: Erlangga |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan teori dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam merancang kegiatan pembelajaran yang efektif di bidang teknologi dan kejuruan. |
- Mendeskripsikan evolusi teori belajar perilaku
- Mengidentifikasi prinsip-prinsip belajar perilaku
- Menganalisis kekuatan dan kelemahan teori-teori belajar perilaku
- Partisipasi
|
Kriteria:
- Mendeskripsikan evolusi teori belajar perilaku, skor maks 10
- Mengidentifikasi prinsip-prinsip belajar perilaku, skor maks 10
- Menganalisis kekuatan dan kelemahan teori-teori belajar perilaku, skor maks 10
- Partisipasi, skor maks 50
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penugasan menelusur sumber informasi, diskusi, merangkum materi, presentasi klasikal, dan refleksi
|
|
Materi: evolusi teori belajar perilaku Pustaka: Arends, Richard I. 2014. Learning to Teach (Seventh Edition) . New York: McGraw-Hill Companies. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memahami teori belajar perilaku |
- Mendeskripsikan prinsip-prinsip teori belajar perilaku
- Mengidentifikasi contoh-contoh belajar perilaku
- Menganalisis kekuatan dan kelemahan teori-teori belajar perilaku
- Mengevaluasi penerapan teori belajar perilaku dalam pembelajaran
- Partisipasi
|
Kriteria:
- Mendeskripsikan prinsip-prinsip teori belajar perilaku, maks skor 10
- Mengidentifikasi contoh-contoh belajar perilaku, maks skor 10
- Menganalisis kekuatan dan kelemahan teori-teori belajar perilaku, maks skor 10
- Mengevaluasi penerapan teori belajar perilaku dalam pembelajaran, maks skor 10
- Partisipasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penugasan menelusur sumber informasi dan diskusi, presentasi klasikal, dan refleksi
|
|
Materi: prinsip-prinsip teori belajar perilaku Pustaka: Arends, Richard I. 2014. Learning to Teach (Seventh Edition) . New York: McGraw-Hill Companies. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan teori dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam merancang kegiatan pembelajaran yang efektif di bidang teknologi dan kejuruan. |
- Menjelaskan teori Gestalt
- Menjelaskan konsep perkembangan Jean Piaget
- Menjelaskan hubungan konsep teori kognitif dengan konsep kognitif Bloo
- Menjelaskan implementasi dalam asesmen sesuai dengan prinsip HOTS (High Order Thinking System)
- Partisipasi
|
Kriteria:
- Menjelaskan teori Gestalt, maks skor 10
- Menjelaskan konsep perkembangan Jean Piaget, maks skor 10
- Menjelaskan hubungan konsep teori kognitif dengan konsep kognitif Bloom, maks skor 10
- Menjelaskan implementasi dalam asesmen sesuai dengan prinsip HOTS (High Order Thinking System), maks skor 20
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penugasan, menganalisis dan mengevaluasi sumber informasi, membuat rangkuman, diskusi-presentasi klasikal dan refleksi
|
|
Materi: Tingkat-tingkat perkembangan intelektual (tingkat sensori motor, tingkat pra-operasional, tingkat operasional konkret, tingkat operasional formal), dan teori kognitif menurut Bloom (C1-C6) Pustaka: Arends, Richard I. 2014. Learning to Teach (Seventh Edition) . New York: McGraw-Hill Companies. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep-konsep dasar teori belajar, mampu menganalisis kelebihan dan kelemahan setiap teori belajar, serta mampu memilih teori belajar yang paling sesuai untuk diterapkan dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan. |
- menjelaskan bagaimana proses observasi
- menjelaskan faktor- faktor teori belajar sosial
|
Kriteria:
menjelaskan bagaimana proses observasi, maks skor 10 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas mandiri, presentasi sesuai materi, sumber informasi, membuat rangkuman, diskusi,l dan refleksi
|
|
Materi: teori belajar sosial Pustaka: Arends, Richard I. 2014. Learning to Teach (Seventh Edition) . New York: McGraw-Hill Companies. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis berbagai teori belajar dan memilih yang paling tepat untuk diterapkan dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan. |
- analisis teori belajar
- pemilihan teori belajar yang tepat
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Hasil Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
|
Diskusi daring tentang penerapan teori belajar dalam kasus nyata, Penyusunan portofolio analisis teori belajar
|
Materi: Pengenalan berbagai teori belajar, Analisis teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Strategi pemilihan teori belajar yang tepat Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi penerapan teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan. |
- efektivitas penerapan teori belajar
- analisis berdasarkan penelitian terkini
- kemampuan evaluasi
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Hasil Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Studi Kasus, Penugasan Individu dan Kelompok.
|
Diskusi Online, Penugasan Individu Online
|
Materi: Teori Belajar dalam Pendidikan Teknologi, Penerapan Teori Belajar dalam Praktik Pendidikan Kejuruan, Penelitian Terkini dalam Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan. |
- integrasi pengetahuan umum
- integrasi pengetahuan sosial
- integrasi pengetahuan humaniora
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Hasil Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
|
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan. |
- integrasi pengetahuan umum
- integrasi pengetahuan sosial
- integrasi pengetahuan humaniora
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Hasil Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
|
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan. |
- integrasi pengetahuan umum
- integrasi pengetahuan sosial
- integrasi pengetahuan humaniora
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Hasil Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
|
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan. |
- integrasi pengetahuan umum
- integrasi pengetahuan sosial
- integrasi pengetahuan humaniora
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Hasil Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
|
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan. |
- integrasi pengetahuan umum
- integrasi pengetahuan sosial
- integrasi pengetahuan humaniora
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Hasil Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
|
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan. |
- integrasi pengetahuan umum
- integrasi pengetahuan sosial
- integrasi pengetahuan humaniora
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Hasil Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
|
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan. |
- integrasi pengetahuan umum
- integrasi pengetahuan sosial
- integrasi pengetahuan humaniora
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Hasil Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
|
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan. |
- integrasi pengetahuan umum
- integrasi pengetahuan sosial
- integrasi pengetahuan humaniora
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Hasil Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
|
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan. |
- integrasi pengetahuan umum
- integrasi pengetahuan sosial
- integrasi pengetahuan humaniora
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Hasil Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
|
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora Pustaka: Handbook Perkuliahan |
20% |