Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Teori Belajar

8310103046

T=3

P=0

ECTS=6.72

2

10 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat menerapkan teori dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam merancang kegiatan pembelajaran yang efektif di bidang teknologi dan kejuruan (C3)

PO - 2

Mahasiswa dapat menganalisis berbagai teori belajar dan memilih yang paling tepat untuk diterapkan dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan (C4)

PO - 3

Mahasiswa dapat mengevaluasi efektivitas penerapan teori belajar dalam praktik pendidikan teknologi dan kejuruan berdasarkan hasil penelitian terkini (C5)

PO - 4

Mahasiswa dapat menciptakan metode pembelajaran baru yang inovatif berdasarkan kombinasi dari berbagai teori belajar yang ada (C6)

PO - 5

Mahasiswa dapat menerapkan nilai-nilai etika dan kebangsaan dalam merancang dan mengimplementasikan strategi pembelajaran (C3)

PO - 6

Mahasiswa dapat menganalisis dampak sosial dan kultural dari penerapan teori belajar tertentu dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan (C4)

PO - 7

Mahasiswa dapat mengevaluasi dan mengkritisi teori belajar yang digunakan dalam konteks multikultural dan multireligius (C5)

PO - 8

Mahasiswa dapat mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan (C6)

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mengkaji dan menganalisis konsep-konsep Teori-teori Belajar yang meliputi: Pengertian teori-teori belajar, teori belajar perilaku, teori belajar kognitif, teori belajar sosial, teori belajar constructive, dan teori belajar humanis, sistem pemrosesan informasi, . Materi disajikan dengan metode diskusi, dan presentasi kelas, dan model pembelajaran berbasis proyek.

Pustaka

Utama :

  1. Arends, Richard I. 2014. Learning to Teach (Seventh Edition) . New York: McGraw-Hill Companies.
  2. Ormrod, J. E. (2020). Human Learning (8th ed.). Pearson
  3. Schunk, D. H. (2019). Learning Theories: An Educational Perspective (8th ed.). Pearson

Pendukung :

  1. Dahar, R.W. 1996. Teori-teori Belajar . Jakarta: Erlangga
  2. Hergenhahn, B.R. And. Olson, Matthew. 2008. Theories of Learning ( Seventh Edition). New York: Prentice Hall

Dosen Pengampu

Dr. Meini Sondang Sumbawati, M.Pd.

Dr. Theodorus Wiyanto Wibowo, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan teori dan prinsip-prinsip pembelajaran untuk merancang kegiatan pembelajaran yang efektif di bidang teknologi dan kejuruan.

  1. Mendeskripsikan konsep belajar
  2. Mendeskripsikan teori belajar sebelum dan sesudah abad ke 20
  3. Partisipasi dan tanya jawab
Kriteria:
  1. Mendeskripsikan konsep belajar, maks skor 10
  2. Mendeskripsikan teori belajar sebelum dan sesudah abad ke 20, maks skor 10
  3. Partisipasi dan tanya jawab, maks skor 50

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring: Presentasi konsep be;ajar dan penemu-penemu teori belajar, menelusur sumber informasi dan tanya jawab, diskusi, dan refleksi

Materi: Definisi belajar: Perubahan perilaku, perilaku terbuka, belajar dan pengalaman, belajar dan kematangan
Pustaka: Dahar, R.W. 1996. Teori-teori Belajar . Jakarta: Erlangga
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan teori dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam merancang kegiatan pembelajaran yang efektif di bidang teknologi dan kejuruan.

  1. Mendeskripsikan evolusi teori belajar perilaku
  2. Mengidentifikasi prinsip-prinsip belajar perilaku
  3. Menganalisis kekuatan dan kelemahan teori-teori belajar perilaku
  4. Partisipasi
Kriteria:
  1. Mendeskripsikan evolusi teori belajar perilaku, skor maks 10
  2. Mengidentifikasi prinsip-prinsip belajar perilaku, skor maks 10
  3. Menganalisis kekuatan dan kelemahan teori-teori belajar perilaku, skor maks 10
  4. Partisipasi, skor maks 50

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penugasan menelusur sumber informasi, diskusi, merangkum materi, presentasi klasikal, dan refleksi

Materi: evolusi teori belajar perilaku
Pustaka: Arends, Richard I. 2014. Learning to Teach (Seventh Edition) . New York: McGraw-Hill Companies.
5%

3

Minggu ke 3

Mampu memahami teori belajar perilaku

  1. Mendeskripsikan prinsip-prinsip teori belajar perilaku
  2. Mengidentifikasi contoh-contoh belajar perilaku
  3. Menganalisis kekuatan dan kelemahan teori-teori belajar perilaku
  4. Mengevaluasi penerapan teori belajar perilaku dalam pembelajaran
  5. Partisipasi
Kriteria:
  1. Mendeskripsikan prinsip-prinsip teori belajar perilaku, maks skor 10
  2. Mengidentifikasi contoh-contoh belajar perilaku, maks skor 10
  3. Menganalisis kekuatan dan kelemahan teori-teori belajar perilaku, maks skor 10
  4. Mengevaluasi penerapan teori belajar perilaku dalam pembelajaran, maks skor 10
  5. Partisipasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penugasan menelusur sumber informasi dan diskusi, presentasi klasikal, dan refleksi

Materi: prinsip-prinsip teori belajar perilaku
Pustaka: Arends, Richard I. 2014. Learning to Teach (Seventh Edition) . New York: McGraw-Hill Companies.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan teori dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam merancang kegiatan pembelajaran yang efektif di bidang teknologi dan kejuruan.

  1. Menjelaskan teori Gestalt
  2. Menjelaskan konsep perkembangan Jean Piaget
  3. Menjelaskan hubungan konsep teori kognitif dengan konsep kognitif Bloo
  4. Menjelaskan implementasi dalam asesmen sesuai dengan prinsip HOTS (High Order Thinking System)
  5. Partisipasi
Kriteria:
  1. Menjelaskan teori Gestalt, maks skor 10
  2. Menjelaskan konsep perkembangan Jean Piaget, maks skor 10
  3. Menjelaskan hubungan konsep teori kognitif dengan konsep kognitif Bloom, maks skor 10
  4. Menjelaskan implementasi dalam asesmen sesuai dengan prinsip HOTS (High Order Thinking System), maks skor 20

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penugasan, menganalisis dan mengevaluasi sumber informasi, membuat rangkuman, diskusi-presentasi klasikal dan refleksi

Materi: Tingkat-tingkat perkembangan intelektual (tingkat sensori motor, tingkat pra-operasional, tingkat operasional konkret, tingkat operasional formal), dan teori kognitif menurut Bloom (C1-C6)
Pustaka: Arends, Richard I. 2014. Learning to Teach (Seventh Edition) . New York: McGraw-Hill Companies.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep-konsep dasar teori belajar, mampu menganalisis kelebihan dan kelemahan setiap teori belajar, serta mampu memilih teori belajar yang paling sesuai untuk diterapkan dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan.

  1. menjelaskan bagaimana proses observasi
  2. menjelaskan faktor- faktor teori belajar sosial
Kriteria:

menjelaskan bagaimana proses observasi, maks skor 10


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas mandiri, presentasi sesuai materi, sumber informasi, membuat rangkuman, diskusi,l dan refleksi

Materi: teori belajar sosial
Pustaka: Arends, Richard I. 2014. Learning to Teach (Seventh Edition) . New York: McGraw-Hill Companies.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis berbagai teori belajar dan memilih yang paling tepat untuk diterapkan dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan.

  1. analisis teori belajar
  2. pemilihan teori belajar yang tepat
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
Diskusi daring tentang penerapan teori belajar dalam kasus nyata, Penyusunan portofolio analisis teori belajar
Materi: Pengenalan berbagai teori belajar, Analisis teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Strategi pemilihan teori belajar yang tepat
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi penerapan teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan.

  1. efektivitas penerapan teori belajar
  2. analisis berdasarkan penelitian terkini
  3. kemampuan evaluasi
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, Studi Kasus, Penugasan Individu dan Kelompok.
Diskusi Online, Penugasan Individu Online
Materi: Teori Belajar dalam Pendidikan Teknologi, Penerapan Teori Belajar dalam Praktik Pendidikan Kejuruan, Penelitian Terkini dalam Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan.

  1. integrasi pengetahuan umum
  2. integrasi pengetahuan sosial
  3. integrasi pengetahuan humaniora
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok dan presentasi.
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan.

  1. integrasi pengetahuan umum
  2. integrasi pengetahuan sosial
  3. integrasi pengetahuan humaniora
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok dan presentasi.
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan.

  1. integrasi pengetahuan umum
  2. integrasi pengetahuan sosial
  3. integrasi pengetahuan humaniora
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok dan presentasi.
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan.

  1. integrasi pengetahuan umum
  2. integrasi pengetahuan sosial
  3. integrasi pengetahuan humaniora
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok dan presentasi.
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan.

  1. integrasi pengetahuan umum
  2. integrasi pengetahuan sosial
  3. integrasi pengetahuan humaniora
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok dan presentasi.
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan.

  1. integrasi pengetahuan umum
  2. integrasi pengetahuan sosial
  3. integrasi pengetahuan humaniora
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok dan presentasi.
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan.

  1. integrasi pengetahuan umum
  2. integrasi pengetahuan sosial
  3. integrasi pengetahuan humaniora
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok dan presentasi.
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan.

  1. integrasi pengetahuan umum
  2. integrasi pengetahuan sosial
  3. integrasi pengetahuan humaniora
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok dan presentasi.
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan.

  1. integrasi pengetahuan umum
  2. integrasi pengetahuan sosial
  3. integrasi pengetahuan humaniora
Kriteria:

Rubrik Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok dan presentasi.
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora
Pustaka: Handbook Perkuliahan
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 2.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 92.5%
3. Penilaian Portofolio 5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.