
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Teori Belajar |
8310103046 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
2 |
24 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
ACHMAD IMAM AGUNG |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Memiliki pengetahuan yang luas di bidang pengetahuan umum, sosial dan humaniora |
PLO-12 |
Memiliki pengetahuan yang komprehensif sehingga dapat menyelesaikan permasalahan kompleks yang khas di program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dan mengikuti kaidah penulisan ilmiah |
PLO-13 |
Mampu melakukan analisis pada penelitian dan pengembangan program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa dapat menerapkan teori dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam merancang kegiatan pembelajaran yang efektif di bidang teknologi dan kejuruan (C3)
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat menganalisis berbagai teori belajar dan memilih yang paling tepat untuk diterapkan dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan (C4)
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi efektivitas penerapan teori belajar dalam praktik pendidikan teknologi dan kejuruan berdasarkan hasil penelitian terkini (C5)
|
PO - 4 |
Mahasiswa dapat menciptakan metode pembelajaran baru yang inovatif berdasarkan kombinasi dari berbagai teori belajar yang ada (C6)
|
PO - 5 |
Mahasiswa dapat menerapkan nilai-nilai etika dan kebangsaan dalam merancang dan mengimplementasikan strategi pembelajaran (C3)
|
PO - 6 |
Mahasiswa dapat menganalisis dampak sosial dan kultural dari penerapan teori belajar tertentu dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan (C4)
|
PO - 7 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi dan mengkritisi teori belajar yang digunakan dalam konteks multikultural dan multireligius (C5)
|
PO - 8 |
Mahasiswa dapat mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan (C6)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-7 | PLO-12 | PLO-13 | PO-1 | ✔ | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | PO-3 | | | ✔ | | | PO-4 | | | ✔ | | | PO-5 | | | ✔ | | | PO-6 | | | | ✔ | | PO-7 | | | | | ✔ | PO-8 | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengkaji dan menganalisis konsep-konsep Teori-teori Belajar yang meliputi: Pengertian teori-teori belajar, teori belajar perilaku, teori belajar kognitif, teori belajar sosial, teori belajar constructive, dan teori belajar humanis, sistem pemrosesan informasi, . Materi disajikan dengan metode diskusi, dan presentasi kelas, dan model pembelajaran berbasis proyek. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Arends, Richard I. 2014. Learning to Teach (Seventh Edition) . New York: McGraw-Hill Companies.
- Ormrod, J. E. (2020). Human Learning (8th ed.). Pearson
- Schunk, D. H. (2019). Learning Theories: An Educational Perspective (8th ed.). Pearson
|
Pendukung : |
|
- Dahar, R.W. 1996. Teori-teori Belajar . Jakarta: Erlangga
- Hergenhahn, B.R. And. Olson, Matthew. 2008. Theories of Learning ( Seventh Edition). New York: Prentice Hall
|
Dosen Pengampu
|
ISMET BASUKI MEINI SONDANG SUMBAWATI THEODORUS WIYANTO WIBOWO ACHMAD IMAM AGUNG Dr. Meini Sondang Sumbawati, M.Pd. Dr. Meini Sondang Sumbawati, M.Pd. Dr. Theodorus Wiyanto Wibowo, M.Pd. Dr. Theodorus Wiyanto Wibowo, M.Pd. Prof. Dr. Ismet Basuki, M.Pd. Prof. Dr. Ismet Basuki, M.Pd. Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd. Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan teori dan prinsip-prinsip pembelajaran untuk merancang kegiatan pembelajaran yang efektif di bidang teknologi dan kejuruan. |
- Mendeskripsikan konsep belajar
- Mendeskripsikan teori belajar sebelum dan sesudah abad ke 20
- Partisipasi dan tanya jawab
|
Kriteria:
- Mendeskripsikan konsep belajar, maks skor 10
- Mendeskripsikan teori belajar sebelum dan sesudah abad ke 20, maks skor 10
- Partisipasi dan tanya jawab, maks skor 50
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring: Presentasi konsep be;ajar dan penemu-penemu teori belajar, menelusur sumber informasi dan tanya jawab, diskusi, dan refleksi
|
|
Materi: Definisi belajar: Perubahan perilaku, perilaku terbuka, belajar dan pengalaman, belajar dan kematangan Pustaka: Dahar, R.W. 1996. Teori-teori Belajar . Jakarta: Erlangga |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan teori dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam merancang kegiatan pembelajaran yang efektif di bidang teknologi dan kejuruan. |
- Mendeskripsikan evolusi teori belajar perilaku
- Mengidentifikasi prinsip-prinsip belajar perilaku
- Menganalisis kekuatan dan kelemahan teori-teori belajar perilaku
- Partisipasi
|
Kriteria:
- Mendeskripsikan evolusi teori belajar perilaku, skor maks 10
- Mengidentifikasi prinsip-prinsip belajar perilaku, skor maks 10
- Menganalisis kekuatan dan kelemahan teori-teori belajar perilaku, skor maks 10
- Partisipasi, skor maks 50
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penugasan menelusur sumber informasi, diskusi, merangkum materi, presentasi klasikal, dan refleksi
|
|
Materi: evolusi teori belajar perilaku Pustaka: Arends, Richard I. 2014. Learning to Teach (Seventh Edition) . New York: McGraw-Hill Companies. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memahami teori belajar perilaku |
- Mendeskripsikan prinsip-prinsip teori belajar perilaku
- Mengidentifikasi contoh-contoh belajar perilaku
- Menganalisis kekuatan dan kelemahan teori-teori belajar perilaku
- Mengevaluasi penerapan teori belajar perilaku dalam pembelajaran
- Partisipasi
|
Kriteria:
- Mendeskripsikan prinsip-prinsip teori belajar perilaku, maks skor 10
- Mengidentifikasi contoh-contoh belajar perilaku, maks skor 10
- Menganalisis kekuatan dan kelemahan teori-teori belajar perilaku, maks skor 10
- Mengevaluasi penerapan teori belajar perilaku dalam pembelajaran, maks skor 10
- Partisipasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penugasan menelusur sumber informasi dan diskusi, presentasi klasikal, dan refleksi
|
|
Materi: prinsip-prinsip teori belajar perilaku Pustaka: Arends, Richard I. 2014. Learning to Teach (Seventh Edition) . New York: McGraw-Hill Companies. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan teori dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam merancang kegiatan pembelajaran yang efektif di bidang teknologi dan kejuruan. |
- Menjelaskan teori Gestalt
- Menjelaskan konsep perkembangan Jean Piaget
- Menjelaskan hubungan konsep teori kognitif dengan konsep kognitif Bloo
- Menjelaskan implementasi dalam asesmen sesuai dengan prinsip HOTS (High Order Thinking System)
- Partisipasi
|
Kriteria:
- Menjelaskan teori Gestalt, maks skor 10
- Menjelaskan konsep perkembangan Jean Piaget, maks skor 10
- Menjelaskan hubungan konsep teori kognitif dengan konsep kognitif Bloom, maks skor 10
- Menjelaskan implementasi dalam asesmen sesuai dengan prinsip HOTS (High Order Thinking System), maks skor 20
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penugasan, menganalisis dan mengevaluasi sumber informasi, membuat rangkuman, diskusi-presentasi klasikal dan refleksi
|
|
Materi: Tingkat-tingkat perkembangan intelektual (tingkat sensori motor, tingkat pra-operasional, tingkat operasional konkret, tingkat operasional formal), dan teori kognitif menurut Bloom (C1-C6) Pustaka: Arends, Richard I. 2014. Learning to Teach (Seventh Edition) . New York: McGraw-Hill Companies. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep-konsep dasar teori belajar, mampu menganalisis kelebihan dan kelemahan setiap teori belajar, serta mampu memilih teori belajar yang paling sesuai untuk diterapkan dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan. |
- menjelaskan bagaimana proses observasi
- menjelaskan faktor- faktor teori belajar sosial
|
Kriteria:
menjelaskan bagaimana proses observasi, maks skor 10 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas mandiri, presentasi sesuai materi, sumber informasi, membuat rangkuman, diskusi,l dan refleksi
|
|
Materi: teori belajar sosial Pustaka: Arends, Richard I. 2014. Learning to Teach (Seventh Edition) . New York: McGraw-Hill Companies. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis berbagai teori belajar dan memilih yang paling tepat untuk diterapkan dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan. |
- analisis teori belajar
- pemilihan teori belajar yang tepat
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Hasil Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
|
Diskusi daring tentang penerapan teori belajar dalam kasus nyata, Penyusunan portofolio analisis teori belajar
|
Materi: Pengenalan berbagai teori belajar, Analisis teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Strategi pemilihan teori belajar yang tepat Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi penerapan teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan. |
- efektivitas penerapan teori belajar
- analisis berdasarkan penelitian terkini
- kemampuan evaluasi
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Hasil Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Studi Kasus, Penugasan Individu dan Kelompok.
|
Diskusi Online, Penugasan Individu Online
|
Materi: Teori Belajar dalam Pendidikan Teknologi, Penerapan Teori Belajar dalam Praktik Pendidikan Kejuruan, Penelitian Terkini dalam Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan. |
- integrasi pengetahuan umum
- integrasi pengetahuan sosial
- integrasi pengetahuan humaniora
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Hasil Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
|
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan. |
- integrasi pengetahuan umum
- integrasi pengetahuan sosial
- integrasi pengetahuan humaniora
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Hasil Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
|
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan. |
- integrasi pengetahuan umum
- integrasi pengetahuan sosial
- integrasi pengetahuan humaniora
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Hasil Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
|
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan. |
- integrasi pengetahuan umum
- integrasi pengetahuan sosial
- integrasi pengetahuan humaniora
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Hasil Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
|
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan. |
- integrasi pengetahuan umum
- integrasi pengetahuan sosial
- integrasi pengetahuan humaniora
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Hasil Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
|
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan. |
- integrasi pengetahuan umum
- integrasi pengetahuan sosial
- integrasi pengetahuan humaniora
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Hasil Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
|
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan. |
- integrasi pengetahuan umum
- integrasi pengetahuan sosial
- integrasi pengetahuan humaniora
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Hasil Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
|
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan. |
- integrasi pengetahuan umum
- integrasi pengetahuan sosial
- integrasi pengetahuan humaniora
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Hasil Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
|
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan pengetahuan umum, sosial, dan humaniora dalam pengembangan teori belajar yang sesuai untuk pendidikan teknologi dan kejuruan. |
- integrasi pengetahuan umum
- integrasi pengetahuan sosial
- integrasi pengetahuan humaniora
|
Kriteria:
Rubrik Penilaian Hasil Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang integrasi pengetahuan dalam teori belajar
|
Materi: Teori belajar dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, Integrasi pengetahuan umum, sosial, dan humaniora Pustaka: Handbook Perkuliahan |
20% |