
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Perkembangan Psikopatologi Life-Span |
7310104019 |
|
T=4 |
P=0 |
ECTS=8.96 |
2 |
8 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu menguasai prinsip- prinsip Iiterasi data, teknologi dan humanitas untuk pemecahan masalah manusia |
PLO-6 |
Kemampuan intelektual untuk berpikir secara mandiri dan kritis sebagai pembelajar sepanjang hayat |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami konsep dasar dan teori-teori perkembangan psikopatologi lifespan
|
PO - 2 |
Menjelaskan faktor-faktor biologis, psikologis, dan sosial yang berkontribusi pada munculnya gangguan psikologis di berbagai tahap kehidupan.
|
PO - 3 |
Menganalisis manifestasi klinis dan pola perkembangan gangguan spesifik (misalnya, ADHD pada anak, depresi pada remaja, demensia pada lansia) sesuai tahapan usia.
|
PO - 4 |
Mengidentifikasi dan mengevaluasi intervensi yang relevan dan sesuai usia untuk berbagai gangguan psikologis.
|
PO - 5 |
Mengintegrasikan perspektif perkembangan dalam memahami dan menganalisis kasus-kasus psikopatologi.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | PO-4 | | ✔ | | PO-5 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | | ✔ | | ✔ | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Perkembangan Psikopatologi Life-Span ini akan mengkaji perubahan psikopatologi sepanjang rentang kehidupan manusia, mulai dari masa kanak-kanak hingga usia lanjut. Fokus utama adalah memahami interaksi antara faktor biologis, psikologis, dan sosial dalam memengaruhi timbulnya, perjalanan, dan penanganan gangguan mental. Pendekatan life-span developmental psychopathology akan menjadi landasan utama, yang menekankan pentingnya mempertimbangkan konteks perkembangan individu dalam memahami psikopatologi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Stevenson, J. (2023). Developmental psychopathology: Concepts, methods, and findings. Cambridge University Press.
- American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Text revision (5th ed.).
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Hermien Laksmiwati, M.Psi. Dr. Miftakhul Jannah, S.Psi., M.Si.,Psikolog |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami isi materi perkuliahan konsep dasar dan skenario perkuliahan |
Pemahaman konsep dasar psikopatologi |
Kriteria:
Ketepatan menjelaskan konsep dasar psikopatologi lifespan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan kesepakatan pembelajaran
|
|
Materi: Kontrak belajar dan pengantar Pustaka: Stevenson, J. (2023). Developmental psychopathology: Concepts, methods, and findings. Cambridge University Press. Materi: jenis-jenis patologi Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Text revision (5th ed.). |
5% |
2
Minggu ke 2 |
1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep dasar psikopatologi lifespan |
Mahasiswa tepat menjelaskan konsep dasar psikopatologi lifespan |
Kriteria:
Ketepatan menjelaskan konsep dasar psikopatologi lifespan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan kesepakatan pembelajaran
|
|
Materi: konsep dasar psikopatologi lifespan Pustaka: Stevenson, J. (2023). Developmental psychopathology: Concepts, methods, and findings. Cambridge University Press. |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami model-model Etiologi Perkembangan: Model diatesis-stres, model transaksional, model sistem perkembangan, dan gene-environment interaction. |
|
Kriteria:
Ketepatan mengidentifikasi model-model Etiologi Perkembangan: Model diatesis-stres, model transaksional, model sistem perkembangan, dan gene-environment interaction. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
pembelajaran interaktif 100 |
|
Materi: Model-model Etiologi Perkembangan: Model diatesis-stres, model transaksional, model sistem perkembangan, dan gene-environment interaction. Pustaka: Stevenson, J. (2023). Developmental psychopathology: Concepts, methods, and findings. Cambridge University Press. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Psikopatologi pada Masa Kanak-kanak Awal: Gangguan neurodevelopmental (Autism Spectrum Disorder) |
Psikopatologi pada Masa Kanak-kanak Awal: Gangguan neurodevelopmental (Autism Spectrum Disorder) |
Kriteria:
Ketepatan identifikasi ASD Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
pembelajaran kolaboratif 100 |
|
Materi: ASD Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Text revision (5th ed.). |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Psikopatologi pada Masa Kanak-kanak Awal: Gangguan neurodevelopmental (Intellectual Disability) |
Kriteria Intellectual Disability. |
Kriteria:
Ketepatan identifikasi Intellectual Disability Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem-based learning: Analisis kasus klinis dengan fokus perkembangan 100 |
|
Materi: Intellectual Disability Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Text revision (5th ed.). |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Psikopatologi pada Masa Kanak-kanak Awal: Gangguan neurodevelopmental (gangguan belajar specifik) |
|
Kriteria:
Ketepatan identifikasi Psikopatologi pada Masa Kanak-kanak Awal: Gangguan neurodevelopmental (gangguan belajar specifik) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem-based learning: Analisis kasus klinis dengan fokus perkembangan 100 |
|
Materi: gangguan belajar spesifik Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Text revision (5th ed.). |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Psikopatologi pada Masa Kanak-kanak Awal: Gangguan perilaku (Oppositional Defiant Disorder) |
Identifikasi Psikopatologi pada Masa Kanak-kanak Awal: Gangguan perilaku (Oppositional Defiant Disorder) |
Kriteria:
Ketepatan identifikasi Gangguan perilaku : Oppositional Defiant Disorder Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem-based learning: Analisis kasus klinis dengan fokus perkembangan. 100 |
|
Materi: Gangguan perilaku : Oppositional Defiant Disorder Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Text revision (5th ed.). |
5% |
8
Minggu ke 8 |
mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mendiagnosa conduct disorder |
kemampuan mendiagnosis conduct disorder |
Kriteria:
ketepatan diagnostik conduct disorder Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah interaktif: Diskusi, studi kasus 100 |
|
Materi: Conduct Disorder Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Text revision (5th ed.). |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Kemampuan identifikasi intervensi psikopatologi pada Masa Kanak-kanak Awal |
identifikasi intervensi psikopatologi pada Masa Kanak-kanak Awal |
Kriteria:
Ketepatan identifikasi intervensi psikopatologi pada Masa Kanak-kanak Awal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kuliah interaktif 100 |
|
Materi: identifikasi intervensi psikopatologi pada Masa Kanak-kanak Awal Pustaka: Stevenson, J. (2023). Developmental psychopathology: Concepts, methods, and findings. Cambridge University Press. |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Psikopatologi pada Masa Kanak-kanak Akhir dan Remaja: Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD) |
diagnosa Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD) |
Kriteria:
Ketepatan identifikasi Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem-based learning: Analisis kasus klinis dengan fokus perkembangan 100 |
|
Materi: Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD) Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Text revision (5th ed.). |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Psikopatologi pada Masa Kanak-kanak Akhir dan Remaja: Gangguan Kecemasan (GAD, Fobia Sosial), dan Obsessive-Compulsive Disorder (OCD) |
Identifikasi Gangguan Kecemasan (GAD, Fobia Sosial), dan Obsessive-Compulsive Disorder (OCD) |
Kriteria:
ketepatan diagnosa Gangguan Kecemasan (GAD, Fobia Sosial), dan Obsessive-Compulsive Disorder (OCD) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem-based learning: Analisis kasus klinis dengan fokus perkembangan 100 |
|
Materi: Gangguan Kecemasan (GAD, Fobia Sosial), dan Obsessive-Compulsive Disorder (OCD) Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Text revision (5th ed.). |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Gangguan Suasana Hati pada Remaja dan Dewasa Muda: Depresi Mayor, Gangguan Bipolar |
ketepatan identifikasi gangguan Suasana Hati pada Remaja dan Dewasa Muda: Depresi Mayor, Gangguan Bipolar |
Kriteria:
ketepatan identifikasi gangguan Suasana Hati pada Remaja dan Dewasa Muda: Depresi Mayor, Gangguan Bipolar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
Materi: Depresi Mayor, Gangguan Bipolar Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Text revision (5th ed.). |
5% |
13
Minggu ke 13 |
7. Gangguan Makan dan Penyalahgunaan Zat pada Remaja dan Dewasa Muda: Anoreksia Nervosa, Bulimia Nervosa, dan Substance Use Disorders |
identifikasi Gangguan Makan dan Penyalahgunaan Zat pada Remaja dan Dewasa Muda: Anoreksia Nervosa, Bulimia Nervosa, dan Substance Use Disorders |
Kriteria:
Ketepatan identifikasi Gangguan Makan dan Penyalahgunaan Zat pada Remaja dan Dewasa Muda: Anoreksia Nervosa, Bulimia Nervosa, dan Substance Use Disorders Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
kuliah interaktif 100 |
|
Materi: Anoreksia Nervosa, Bulimia Nervosa, dan Substance Use Disorders Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Text revision (5th ed.). |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Psikopatologi pada Dewasa Awal dan Madya: Skizofrenia dan gangguan psikotik lainnya, Gangguan Kepribadian (khususnya Cluster B dan C) |
Identifikasi Skizofrenia dan gangguan psikotik lainnya, Gangguan Kepribadian (khususnya Cluster B dan C) |
Kriteria:
ketepatan identifikasi Skizofrenia dan gangguan psikotik lainnya, Gangguan Kepribadian (khususnya Cluster B dan C) Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
kuliah interaktif
|
|
|
10% |
15
Minggu ke 15 |
Psikopatologi pada Lansia: Gangguan Neurokognitif (Demensia Alzheimer, Demensia Vaskular) |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah interaktif 100 |
|
Materi: Gangguan Neurokognitif (Demensia Alzheimer, Demensia Vaskular) Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Text revision (5th ed.). |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Psikopatologi pada Lansia: Depresi Geriatri, dan Gangguan Kecemasan pada usia tua |
Identifikasi Psikopatologi pada Lansia: Depresi Geriatri, dan Gangguan Kecemasan pada usia tua |
Kriteria:
Ketepatan identifikasi Psikopatologi pada Lansia: Depresi Geriatri, dan Gangguan Kecemasan pada usia tua Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
kuliah interaktif
|
|
Materi: Depresi Geriatri, dan Gangguan Kecemasan pada usia tua Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Text revision (5th ed.). |
5% |