| 
 |   
       Universitas Negeri Surabaya 
	  Fakultas Psikologi
 Program Studi S2 Psikologi
 | Kode Dokumen | 
 
   
    | SEMESTER LEARNING PLAN | 
 
   
    | Course | KODE | Rumpun MataKuliah | Bobot Kredit | SEMESTER | Tanggal Penyusunan | 
 
   
    | Perkembangan Psikopatologi Life-Span | 7310104019 | 
 | T=4 | P=0 | ECTS=8.96 | 2 | 31 Oktober 2025 | 
 
   
    | OTORISASI | Pengembang S.P | Koordinator Rumpun matakuliah | Koordinator Program Studi  | 
 
   
    | 
 
 
 ....................................... 
 | 
 
 
 ....................................... 
 | 
 
 
 RIZA NOVIANA KHOIRUNNISA | 
 
   
    | Model Pembelajaran | Case Study | 
 
   
    |   
       
      Program Learning Outcomes (PLO) | PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah | 
 
   
   
    | PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. | 
 
    | PLO-5 | Mampu menguasai  prinsip- prinsip  Iiterasi data, teknologi dan humanitas  untuk pemecahan masalah manusia | 
 
    | PLO-6 | Kemampuan intelektual untuk berpikir secara mandiri dan kritis sebagai pembelajar sepanjang hayat | 
 
    | Program Objectives (PO) | 
 
   
   
    | PO - 1 | Memahami konsep dasar dan teori-teori perkembangan psikopatologi lifespan
 | 
 
   
   
    | PO - 2 | Menjelaskan faktor-faktor biologis, psikologis, dan sosial yang berkontribusi pada munculnya gangguan psikologis di berbagai tahap kehidupan.
 | 
 
   
   
    | PO - 3 | Menganalisis manifestasi klinis dan pola perkembangan gangguan spesifik (misalnya, ADHD pada anak, depresi pada remaja, demensia pada lansia) sesuai tahapan usia.
 | 
 
   
   
    | PO - 4 | Mengidentifikasi dan mengevaluasi intervensi yang relevan dan sesuai usia untuk berbagai gangguan psikologis.
 | 
 
   
   
    | PO - 5 | Mengintegrasikan perspektif perkembangan dalam memahami dan menganalisis kasus-kasus psikopatologi.
 | 
 
   
   
    | Matrik PLO-PO | 
 
   
    |  |  
        | PO | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 |  | PO-1 | ✔ |  |  |  | PO-2 | ✔ |  |  |  | PO-3 |  |  | ✔ |  | PO-4 |  | ✔ |  |  | PO-5 |  |  | ✔ | 
 | 
 
   
   
    | Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) | 
 
   
    |  |  
         
           
            | PO | Minggu Ke |   
		  | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 |  | PO-1 | ✔ | ✔ |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  | PO-2 |  |  | ✔ | ✔ |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  | PO-3 |  |  |  |  | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |  | ✔ |  |  |  |  |  |  |  | PO-4 |  |  |  |  |  |  |  |  | ✔ |  | ✔ |  | ✔ |  |  |  |  | PO-5 |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  | ✔ |  | ✔ | ✔ | ✔ |  | 
 
   
   
    |   
       
      Deskripsi Singkat Mata Kuliah | Mata kuliah Perkembangan Psikopatologi Life-Span ini akan mengkaji perubahan psikopatologi sepanjang rentang kehidupan manusia, mulai dari masa kanak-kanak hingga usia lanjut. Fokus utama adalah memahami interaksi antara faktor biologis, psikologis, dan sosial dalam memengaruhi timbulnya, perjalanan, dan penanganan gangguan mental. Pendekatan life-span developmental psychopathology akan menjadi landasan utama, yang menekankan pentingnya mempertimbangkan konteks perkembangan individu dalam memahami psikopatologi. | 
 
   
    |   
       
      Pustaka | Utama : | 
 | 
 
   
    |  
        Stevenson, J. (2023). Developmental psychopathology: Concepts, methods, and findings. Cambridge University Press.American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Text revision (5th ed.). 
 | 
 
   
    | Pendukung : | 
 | 
 
   
    |  
         
       
 | 
 
   
    |   
       
      Dosen Pengampu | HERMIEN LAKSMIWATI MIFTAKHUL JANNAH Dr. Hermien Laksmiwati, M.Psi. Dr. Hermien Laksmiwati, M.Psi. Dr. Miftakhul Jannah, S.Psi., M.Si.,Psikolog Dr. Miftakhul Jannah, S.Psi., M.Si.,Psikolog | 
 
   
    | Minggu Ke- |   
       
      Kemampuan akhir tiap tahapan belajar(Sub-PO)
 | Penilaian | Bantuk Pembelajaran, Metode Pembelajaran,  Penugasan Mahasiswa,  [ Estimasi Waktu] | Materi Pembelajaran [ Pustaka ] | Bobot Penilaian (%) | 
 
   
    | Indikator | Kriteria & Bentuk | Luring (offline) | Daring (online) | 
 
   
    | (1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) | 
 
   
   
    | 1 Minggu ke 1 | Mahasiswa mampu memahami isi materi perkuliahan konsep dasar dan skenario perkuliahan | Pemahaman konsep dasar psikopatologi  | Kriteria: 
 Ketepatan menjelaskan konsep dasar psikopatologi lifespan Bentuk Penilaian :
 Aktifitas Partisipasif
 | Diskusi dan kesepakatan pembelajaran 
 | 
 | Materi: Kontrak belajar dan pengantar Pustaka: Stevenson, J. (2023). Developmental psychopathology: Concepts, methods, and findings. Cambridge University Press.
 Materi: jenis-jenis patologi
 Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Text revision (5th ed.).
 | 5% | 
 
   
   
    | 2 Minggu ke 2 | 1.	Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep dasar psikopatologi lifespan | Mahasiswa tepat menjelaskan konsep dasar psikopatologi lifespan | Kriteria: 
 Ketepatan menjelaskan konsep dasar psikopatologi lifespan Bentuk Penilaian :
 Aktifitas Partisipasif
 | Diskusi dan kesepakatan pembelajaran 
 | 
 | Materi: konsep dasar psikopatologi lifespan Pustaka: Stevenson, J. (2023). Developmental psychopathology: Concepts, methods, and findings. Cambridge University Press.
 | 10% | 
 
   
   
    | 3 Minggu ke 3 | Memahami model-model Etiologi Perkembangan: Model diatesis-stres, model transaksional, model sistem perkembangan, dan gene-environment interaction. | 
 | Kriteria: 
 Ketepatan mengidentifikasi model-model Etiologi Perkembangan: Model diatesis-stres, model transaksional, model sistem perkembangan, dan gene-environment interaction. Bentuk Penilaian :
 Aktifitas Partisipasif
 | pembelajaran interaktif 100
 | 
 | Materi: Model-model Etiologi Perkembangan: Model diatesis-stres, model transaksional, model sistem perkembangan, dan gene-environment interaction. Pustaka: Stevenson, J. (2023). Developmental psychopathology: Concepts, methods, and findings. Cambridge University Press.
 | 5% | 
 
   
   
    | 4 Minggu ke 4 | Psikopatologi pada Masa Kanak-kanak Awal: Gangguan neurodevelopmental (Autism Spectrum Disorder) | Psikopatologi pada Masa Kanak-kanak Awal: Gangguan neurodevelopmental (Autism Spectrum Disorder) | Kriteria: 
 Ketepatan identifikasi ASD Bentuk Penilaian :
 Aktifitas Partisipasif
 | pembelajaran kolaboratif 100
 | 
 | Materi: ASD Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Text revision (5th ed.).
 | 5% | 
 
   
   
    | 5 Minggu ke 5 | Psikopatologi pada Masa Kanak-kanak Awal: Gangguan neurodevelopmental (Intellectual Disability) | Kriteria Intellectual Disability. | Kriteria: 
 Ketepatan identifikasi Intellectual Disability Bentuk Penilaian :
 Aktifitas Partisipasif
 | Problem-based learning: Analisis kasus klinis dengan fokus perkembangan 100
 | 
 | Materi: Intellectual Disability Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Text revision (5th ed.).
 | 5% | 
 
   
   
    | 6 Minggu ke 6 | Psikopatologi pada Masa Kanak-kanak Awal: Gangguan neurodevelopmental (gangguan belajar specifik) | 
 | Kriteria: 
 Ketepatan identifikasi Psikopatologi pada Masa Kanak-kanak Awal: Gangguan neurodevelopmental (gangguan belajar specifik) Bentuk Penilaian :
 Aktifitas Partisipasif
 | Problem-based learning: Analisis kasus klinis dengan fokus perkembangan 100
 | 
 | Materi: gangguan belajar spesifik Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Text revision (5th ed.).
 | 5% | 
 
   
   
    | 7 Minggu ke 7 | Psikopatologi pada Masa Kanak-kanak Awal: Gangguan perilaku (Oppositional Defiant Disorder) | Identifikasi Psikopatologi pada Masa Kanak-kanak Awal: Gangguan perilaku (Oppositional Defiant Disorder) | Kriteria: 
 Ketepatan identifikasi Gangguan perilaku : Oppositional Defiant Disorder Bentuk Penilaian :
 Aktifitas Partisipasif
 | Problem-based learning: Analisis kasus klinis dengan fokus perkembangan. 100
 | 
 | Materi: Gangguan perilaku : Oppositional Defiant Disorder Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Text revision (5th ed.).
 | 5% | 
 
   
   
    | 8 Minggu ke 8 | mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mendiagnosa conduct disorder | kemampuan mendiagnosis conduct disorder | Kriteria: 
 ketepatan diagnostik conduct disorder Bentuk Penilaian :
 Aktifitas Partisipasif
 | Kuliah interaktif: Diskusi, studi kasus 100
 | 
 | Materi: Conduct Disorder Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Text revision (5th ed.).
 | 5% | 
 
   
   
    | 9 Minggu ke 9 | Kemampuan identifikasi intervensi psikopatologi pada Masa Kanak-kanak Awal | identifikasi intervensi psikopatologi pada Masa Kanak-kanak Awal | Kriteria: 
 Ketepatan identifikasi intervensi psikopatologi pada Masa Kanak-kanak Awal Bentuk Penilaian :
 Aktifitas Partisipasif
 | kuliah interaktif 100
 | 
 | Materi: identifikasi intervensi psikopatologi pada Masa Kanak-kanak Awal Pustaka: Stevenson, J. (2023). Developmental psychopathology: Concepts, methods, and findings. Cambridge University Press.
 | 10% | 
 
   
   
    | 10 Minggu ke 10 | Psikopatologi pada Masa Kanak-kanak Akhir dan Remaja: Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD) | diagnosa Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD) | Kriteria: 
 Ketepatan identifikasi Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD) Bentuk Penilaian :
 Aktifitas Partisipasif
 | Problem-based learning: Analisis kasus klinis dengan fokus perkembangan 100
 | 
 | Materi: Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD) Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Text revision (5th ed.).
 | 10% | 
 
   
   
    | 11 Minggu ke 11 | Psikopatologi pada Masa Kanak-kanak Akhir dan Remaja: Gangguan Kecemasan (GAD, Fobia Sosial), dan Obsessive-Compulsive Disorder (OCD) | Identifikasi Gangguan Kecemasan (GAD, Fobia Sosial), dan Obsessive-Compulsive Disorder (OCD) | Kriteria: 
 ketepatan diagnosa Gangguan Kecemasan (GAD, Fobia Sosial), dan Obsessive-Compulsive Disorder (OCD) Bentuk Penilaian :
 Aktifitas Partisipasif
 | Problem-based learning: Analisis kasus klinis dengan fokus perkembangan 100
 | 
 | Materi: Gangguan Kecemasan (GAD, Fobia Sosial), dan Obsessive-Compulsive Disorder (OCD) Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Text revision (5th ed.).
 | 5% | 
 
   
   
    | 12 Minggu ke 12 | Gangguan Suasana Hati pada Remaja dan Dewasa Muda: Depresi Mayor, Gangguan Bipolar | ketepatan identifikasi gangguan Suasana Hati pada Remaja dan Dewasa Muda: Depresi Mayor, Gangguan Bipolar | Kriteria: 
 ketepatan identifikasi gangguan Suasana Hati pada Remaja dan Dewasa Muda: Depresi Mayor, Gangguan Bipolar Bentuk Penilaian :
 Aktifitas Partisipasif
 | 
 | 
 | Materi: Depresi Mayor, Gangguan Bipolar Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Text revision (5th ed.).
 | 5% | 
 
   
   
    | 13 Minggu ke 13 | 7.	Gangguan Makan dan Penyalahgunaan Zat pada Remaja dan Dewasa Muda: Anoreksia Nervosa, Bulimia Nervosa, dan Substance Use Disorders | identifikasi Gangguan Makan dan Penyalahgunaan Zat pada Remaja dan Dewasa Muda: Anoreksia Nervosa, Bulimia Nervosa, dan Substance Use Disorders | Kriteria: 
 Ketepatan identifikasi Gangguan Makan dan Penyalahgunaan Zat pada Remaja dan Dewasa Muda: Anoreksia Nervosa, Bulimia Nervosa, dan Substance Use Disorders Bentuk Penilaian :
 Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
 | kuliah interaktif 100
 | 
 | Materi: Anoreksia Nervosa, Bulimia Nervosa, dan Substance Use Disorders Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Text revision (5th ed.).
 | 5% | 
 
   
   
    | 14 Minggu ke 14 | Psikopatologi pada Dewasa Awal dan Madya: Skizofrenia dan gangguan psikotik lainnya, Gangguan Kepribadian (khususnya Cluster B dan C) | Identifikasi Skizofrenia dan gangguan psikotik lainnya, Gangguan Kepribadian (khususnya Cluster B dan C) | Kriteria: 
 ketepatan identifikasi Skizofrenia dan gangguan psikotik lainnya, Gangguan Kepribadian (khususnya Cluster B dan C) Bentuk Penilaian :
 Praktik / Unjuk Kerja
 | kuliah interaktif 
 | 
 |  | 10% | 
 
   
   
    | 15 Minggu ke 15 | Psikopatologi pada Lansia: Gangguan Neurokognitif (Demensia Alzheimer, Demensia Vaskular) | 
 | Bentuk Penilaian :
 Aktifitas Partisipasif
 | Kuliah interaktif 100
 | 
 | Materi: Gangguan Neurokognitif (Demensia Alzheimer, Demensia Vaskular) Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Text revision (5th ed.).
 | 5% | 
 
   
   
    | 16 Minggu ke 16 | Psikopatologi pada Lansia:  Depresi Geriatri, dan Gangguan Kecemasan pada usia tua | Identifikasi Psikopatologi pada Lansia:  Depresi Geriatri, dan Gangguan Kecemasan pada usia tua | Kriteria: 
 Ketepatan identifikasi Psikopatologi pada Lansia:  Depresi Geriatri, dan Gangguan Kecemasan pada usia tua Bentuk Penilaian :
 Aktifitas Partisipasif
 | kuliah interaktif 
 | 
 | Materi: Depresi Geriatri, dan Gangguan Kecemasan pada usia tua Pustaka: American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: Text revision (5th ed.).
 | 5% |