
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
INNOVATION AND SUSTAINABLE BUSINESS |
6120903081 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
7 |
27 Oktober 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Dhiyan Septa Wihara, S.P., M.M, Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA, Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM
|
Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA
|
HUJJATULLAH FAZLURRAHMAN |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh |
PLO-11 |
Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami konsep dan prinsip dasar inovasi dan bisnis berkelanjutan.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis tantangan dan peluang penerapan inovasi dalam bisnis berkelanjutan melalui studi kasus nyata
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu merancang solusi inovatif berbasis sustainability pada kasus bisnis nyata.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi dan merefleksikan dampak inovasi terhadap keberlanjutan bisnis.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-5 | PLO-11 | | PO-1 | ✔ | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | PO-3 | | | ✔ | | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman tentang konsep bisnis berkelanjutan dan bagaimana menerapkan inovasi untuk mencapai keberlanjutan dalam bisnis. dalam matakuliah ini mahasiswa akan belajar bagaimana sebuah perusahaan atau entitas usaha berupaya mempertahankan diri ditengah persaingan bisnis yang penuh dengan ketidakpastian. perusahaan tersebut tentunya tidak hanya mempertahankan diri namun dalam jangka panjang tentu inggin menggerakkan saya saing dengan menggali potensi yang ada. dan salah satu upaya tersebut dilakukan melalui inovasi bagi dari sisi produk maupun pelayanan dengan berbagai variasinya. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden.
|
Pendukung : |
|
- Nursanti, et al (2024) Ekonomi Digital : Tantangan dan Peluang di Era Revolusi Industri 5.0 dan Metaverse. by Takaza Innovatix Labs All Right Reserved. ISBN : 978-623-8677-60-3
- Makhlouf, et al (2025) Create sustainable competitive advantage and improve sustainable performance by implementing lean and green manufacturing practices: an empirical study on German manufacturing SMEs. International Journal of Productivity and Performance Management. © Emerald Publishing Limited e-ISSN: 1758-6658 DOI 10.1108/IJPPM-05-2024-0298
|
Dosen Pengampu
|
DHIYAN SEPTA WIHARA HUJJATULLAH FAZLURRAHMAN Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. Dr. Dhiyan Septa Wihara, S.P., M.M. Dr. Dhiyan Septa Wihara, S.P., M.M. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar dari inovasi |
- Mahasiswa mampu memahami konsep tentang inovasi
- Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis inovasi
- Mahasiswa mampu menmahami proses inovasi tertutup
- Mahasiswa mampu menmahami proses inovasi terbuka
|
Kriteria:
Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Presentasi (Case Method) 3 X 50 |
Zoom Meeting atau Google Meet 3 X 50 |
Materi: whats is innovation ? Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami pentingnya sustainability dalam sebuah proses bisnis |
- Memahami konsep dasar dari sustainability
- Memahami pengaruh aspek sosial ekonomi untuk membangun keberlanjutan bisnis
- Memahami cara yang berbeda untuk mengikur keberlanjutan pada sebuah produk
- Memahami konsep eco efficiency dan eco effectiveness
|
Kriteria:
Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Ceramah dan Presentasi 3 X 50 |
Materi: Introduction the concenpts of sustainability Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami proses inovasi yang sistematis |
- Memahami proses dasar dari inovasi yang sistematis
- Memahami konsep dari inovasi yang sistematis
- Memahami sumber inovasi yang berasal dari internal
- Memahami sumber inovasi yang berasal dari eksternal
|
Kriteria:
Memahami sumber inovasi yang berasal dari eksternal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan Presentasi (Case Method) 3 X 50 |
Zoom Meeting atau Google Meet 3 X 50 |
Materi: Systematic Innovation Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang proses inovasi secara sistematis |
- Mahasiswa mampu menjelaskan inovasi produk dan layanan digital
- Mahasiswa mampu menjelaskan pemasaran digital dan e-commerce
- Mahasiswa mampu menjelaskan model bisnis baru di era digital
|
Kriteria:
Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Presentasi 3 X 50 |
Zoom Meeting dan Google Meet 3 X 50 |
Materi: Peluang bisnis di era ekonomi digital Pustaka: 2. Nursanti, et al (2024) Ekonomi Digital : Tantangan dan Peluang di Era Revolusi Industri 5.0 dan Metaverse. by Takaza Innovatix Labs All Right Reserved. ISBN : 978-623-8677-60-3 |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep tentang enterpreneurial management dalam proses bisnis yang berkelanjutan |
- Mahasiswa mampu menjelaskan pengaruh signifikan enterpreneurial management dalam proses bisnis
- Mahasiswa mampu menjelaskan pengelolaan enterpreneurial management pada perusahaan yang sudah ada
- Mahasiswa mampu menjelaskan pengelolaan enterpreneusial management pada start up
|
Kriteria:
Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Presentasi (Case Method) 3 X 50 |
Zoom Meeting atau Google Meet 3 X 50 |
Materi: Enterpreneurial Management Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mamp menjelaskan strategi inovasi pada proses bisnis di perusahaan |
- Mahasiswa mampu menjelasakan pengaruh strategi inovasi dalam bisnis
- Mahasiswa mampu menjelaskan cara perusahaan untuk menjadi kuat
- Mahasiswa mampu menjelaskan penguasaan pasar dengan cara non frontal
- Mahasiswa mampu menjelaskan cara menemukan ceruk pasar
|
Kriteria:
Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Presentasi (Case Method) 3 X 50 |
Zoom Meeting atau Google Meet 3 X 50 |
Materi: Innovation Strategies Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menganalisis bagaimana cara mendorong proses inovasi yang cepat dalam perusahaan |
- Mahasiswa mampu menganalisis perubahan dalam proses inovasi
- Mahasiswa mampu menganalisis kapasitas perusahaan dalam melakukan inovasi supaya berhasil
|
Kriteria:
Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Presentasi (Case Method) 3 X 50 |
Zoom Meeting atau Google Meet 3 X 50 |
Materi: Fostering Innovation Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa dapat mengerjakan ujian tengah semester |
Mahasiswa mampu mengerjakan soal ujian tengah semester |
Bentuk Penilaian : Tes |
Mengerjakan soal ujian tengah semester 2 X 50 |
Mengerjakan soal ujian tengah semester 2 X 50 |
Materi: Pertemuan 1 - 7 Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi isu dari sustainability pada perusahaan yang ada |
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep kreativitas dalam pemecahan masalah
- Mahasiswa mampu menganalisis kreativitas pemecahan masalah yang dilakukan oleh perusahaan
- Mahasiswa mampu menganalisis teknik kuisioner untuk mengidentifikasi masalah
- Mahasiswa mampu menjelaskan teknik analisis untuk mengidentifikasi masalah
- Mahasiswa mampu menyajikan hasil analisis dari proses pemecahan masalah secara keseluruhan
|
Kriteria:
Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah dan Presentasi (Case Method) 3 X 50 |
Zoom Meeting atau Google Meet 3 X 50 |
Materi: Identification of Sustainability Issues Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang wawasan pelanggan |
- Mahasiswa mampu menganalisis tentang wawasan pelanggan
- Mahasiswa mampu menganalisis hubungan wawasan pelanggan dengan proses marketing research
- Mahasiswa mampu menganalisis dengan cara memanfaatkan pengetahuan pelanggan
- Mahasiswa mampu menganalisis setiap tahapan dari wawasan pelanggan
|
Kriteria:
Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan Presentasi (Case Method) 3 X 50 |
Zoom Meeting atau Google Meet 3 X 50 |
Materi: Introduction of customer insight Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu merancang teknik kreatifitas berdasarkan ide pada kasus bisnis yang ada |
- Mahasiswa mampu mengananalisis teknik membuat ide dengan kreatif
- Mahasiswa mampu menganalisis ide dengan proses kreatif dan intuitive
- Mahasiswa mampu menganalisis metodologi analisis kreativitas secara sistematis
- Mahasiswa mampu menganalisis sustainable innovation workshop
|
Kriteria:
Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi (Case Method) 3 X 50 |
Zoom Meeting atau Google Meet 3 X 50 |
Materi: Ideation Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi ide untuk bisa berinovasi |
- Mahasiswa mampu menyeleksi ide secara berkualitas
- Mahasiswa mampu menganalisis secara metodologis dari ide sampai pada pengambilan keputusan
- Mahasiswa mampu mengevaluasi ide secara sistematis
|
Kriteria:
Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi (Case Method) 3 X 50 |
Zoom Meeting atau Google Meet 3 X 50 |
Materi: Idea Evaluation Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menganalisis faktor mananajemen lingkungan dan sosial dalam mendukung proses inovasi yang berkelanjutan |
- Mahasiswa mampu menganalisis kualitas manajemen dari sisi produk dan prosesnya
- Mahasiswa mampu menganalisis social responsibility dari proses inovasi
- Mahasiswa mampu menganalisis aspek ecological management dari proses inovasi
- Mahasiswa mampu mengevaluasi life cycle dari proses inovasi bisnis yang berkelanjutan
|
Kriteria:
Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Presentasi (Case Method) 3 X 50 |
Zoom Meeting atau Google Meet 3 X 50 |
Materi: Social and environtmental management Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
|
- Mahasiswa mampu menganalisis lean manufacturing practices (LMPs).
- Mahasiswa mampu menganalisis green manufacturing practices (GMPs)
- Mahasiswa mampu menganalisis firms’ sustainable competitive advantage (SCA)
- Mahasiswa mampu menganalisis sustainable perfomance (SP)
|
Kriteria:
Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan Presentasi (Case Method) 3 X 50 |
Zoom Meeting atau Google Meet 3 X 50 |
Materi: Create sustainable competitive advantage and improve sustainable performance by implementing and green manufacturing practices: an empirical study on German manufacturing SMEs Pustaka: Makhlouf, et al (2025) Create sustainable competitive advantage and improve sustainable performance by implementing lean and green manufacturing practices: an empirical study on German manufacturing SMEs. International Journal of Productivity and Performance Management. © Emerald Publishing Limited e-ISSN: 1758-6658 DOI 10.1108/IJPPM-05-2024-0298 |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menganalisis green marketing yang dilakukan oleh perusahaan |
- Mahasiswa mampu menganalisis proses awal munculnya green marketing
- Mahasiswa mampu menganalisis perbedaan sustainable marketing dan green marketing
- Mahasiswa mampu menganalisis strategic green marketing
- Mahasiswa mampu menganalisis green marketing dan sustainable innovation
|
Kriteria:
Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi (Case Method) 3 X 50 |
Zoom Meeting atau Google Meet 3 X 50 |
Materi: Introduction of green marketing Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mengerjakan soal ujian akhir semester |
Mahasiswa mampu mengerjakan soal ujian akhir semester |
Kriteria:
Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Mengerjakan soal ujian akhir semester 2 X 50 |
Mengerjakan soal ujian akhir semester 2 X 50 |
Materi: Pertemuan 9 - 15 Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden. |
20% |