Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

INNOVATION AND SUSTAINABLE BUSINESS

6120903081

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

7

27 Oktober 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Dhiyan Septa Wihara, S.P., M.M, Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA, Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM




Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA




HUJJATULLAH FAZLURRAHMAN

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh

PLO-11

Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami konsep dan prinsip dasar inovasi dan bisnis berkelanjutan.

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis tantangan dan peluang penerapan inovasi dalam bisnis berkelanjutan melalui studi kasus nyata

PO - 3

Mahasiswa mampu merancang solusi inovatif berbasis sustainability pada kasus bisnis nyata.

PO - 4

Mahasiswa mampu mengevaluasi dan merefleksikan dampak inovasi terhadap keberlanjutan bisnis.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-5PLO-11
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman tentang konsep bisnis berkelanjutan dan bagaimana menerapkan inovasi untuk mencapai keberlanjutan dalam bisnis. dalam matakuliah ini mahasiswa akan belajar bagaimana sebuah perusahaan atau entitas usaha berupaya mempertahankan diri ditengah persaingan bisnis yang penuh dengan ketidakpastian. perusahaan tersebut tentunya tidak hanya mempertahankan diri namun dalam jangka panjang tentu inggin menggerakkan saya saing dengan menggali potensi yang ada. dan salah satu upaya tersebut dilakukan melalui inovasi bagi dari sisi produk maupun pelayanan dengan berbagai variasinya.

Pustaka

Utama :

  1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden.

Pendukung :

  1. Nursanti, et al (2024) Ekonomi Digital : Tantangan dan Peluang di Era Revolusi Industri 5.0 dan Metaverse. by Takaza Innovatix Labs All Right Reserved. ISBN : 978-623-8677-60-3
  2. Makhlouf, et al (2025) Create sustainable competitive advantage and improve sustainable performance by implementing lean and green manufacturing practices: an empirical study on German manufacturing SMEs. International Journal of Productivity and Performance Management. © Emerald Publishing Limited e-ISSN: 1758-6658 DOI 10.1108/IJPPM-05-2024-0298

Dosen Pengampu

DHIYAN SEPTA WIHARA

HUJJATULLAH FAZLURRAHMAN

Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Dr. Dhiyan Septa Wihara, S.P., M.M.

Dr. Dhiyan Septa Wihara, S.P., M.M.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami konsep dasar dari inovasi

  1. Mahasiswa mampu memahami konsep tentang inovasi
  2. Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis inovasi
  3. Mahasiswa mampu menmahami proses inovasi tertutup
  4. Mahasiswa mampu menmahami proses inovasi terbuka
Kriteria:

Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Presentasi (Case Method)
3 X 50
Zoom Meeting atau Google Meet
3 X 50
Materi: whats is innovation ?
Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami pentingnya sustainability dalam sebuah proses bisnis

  1. Memahami konsep dasar dari sustainability
  2. Memahami pengaruh aspek sosial ekonomi untuk membangun keberlanjutan bisnis
  3. Memahami cara yang berbeda untuk mengikur keberlanjutan pada sebuah produk
  4. Memahami konsep eco efficiency dan eco effectiveness
Kriteria:

Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah dan Presentasi
3 X 50
Materi: Introduction the concenpts of sustainability
Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami proses inovasi yang sistematis

  1. Memahami proses dasar dari inovasi yang sistematis
  2. Memahami konsep dari inovasi yang sistematis
  3. Memahami sumber inovasi yang berasal dari internal
  4. Memahami sumber inovasi yang berasal dari eksternal
Kriteria:

Memahami sumber inovasi yang berasal dari eksternal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan Presentasi (Case Method)
3 X 50
Zoom Meeting atau Google Meet
3 X 50
Materi: Systematic Innovation
Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang proses inovasi secara sistematis

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan inovasi produk dan layanan digital
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan pemasaran digital dan e-commerce
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan model bisnis baru di era digital
Kriteria:

Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Presentasi
3 X 50
Zoom Meeting dan Google Meet
3 X 50
Materi: Peluang bisnis di era ekonomi digital
Pustaka: 2. Nursanti, et al (2024) Ekonomi Digital : Tantangan dan Peluang di Era Revolusi Industri 5.0 dan Metaverse. by Takaza Innovatix Labs All Right Reserved. ISBN : 978-623-8677-60-3
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep tentang enterpreneurial management dalam proses bisnis yang berkelanjutan

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengaruh signifikan enterpreneurial management dalam proses bisnis
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan pengelolaan enterpreneurial management pada perusahaan yang sudah ada
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan pengelolaan enterpreneusial management pada start up
Kriteria:

Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Presentasi (Case Method)
3 X 50
Zoom Meeting atau Google Meet
3 X 50
Materi: Enterpreneurial Management
Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mamp menjelaskan strategi inovasi pada proses bisnis di perusahaan

  1. Mahasiswa mampu menjelasakan pengaruh strategi inovasi dalam bisnis
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan cara perusahaan untuk menjadi kuat
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan penguasaan pasar dengan cara non frontal
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan cara menemukan ceruk pasar
Kriteria:

Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Presentasi (Case Method)
3 X 50
Zoom Meeting atau Google Meet
3 X 50
Materi: Innovation Strategies
Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menganalisis bagaimana cara mendorong proses inovasi yang cepat dalam perusahaan

  1. Mahasiswa mampu menganalisis perubahan dalam proses inovasi
  2. Mahasiswa mampu menganalisis kapasitas perusahaan dalam melakukan inovasi supaya berhasil
Kriteria:

Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Presentasi (Case Method)
3 X 50
Zoom Meeting atau Google Meet
3 X 50
Materi: Fostering Innovation
Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa dapat mengerjakan ujian tengah semester

Mahasiswa mampu mengerjakan soal ujian tengah semester


Bentuk Penilaian :
Tes
Mengerjakan soal ujian tengah semester
2 X 50
Mengerjakan soal ujian tengah semester
2 X 50
Materi: Pertemuan 1 - 7
Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden.
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu mengidentifikasi isu dari sustainability pada perusahaan yang ada

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep kreativitas dalam pemecahan masalah
  2. Mahasiswa mampu menganalisis kreativitas pemecahan masalah yang dilakukan oleh perusahaan
  3. Mahasiswa mampu menganalisis teknik kuisioner untuk mengidentifikasi masalah
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan teknik analisis untuk mengidentifikasi masalah
  5. Mahasiswa mampu menyajikan hasil analisis dari proses pemecahan masalah secara keseluruhan
Kriteria:

Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah dan Presentasi (Case Method)
3 X 50
Zoom Meeting atau Google Meet
3 X 50
Materi: Identification of Sustainability Issues
Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang wawasan pelanggan

  1. Mahasiswa mampu menganalisis tentang wawasan pelanggan
  2. Mahasiswa mampu menganalisis hubungan wawasan pelanggan dengan proses marketing research
  3. Mahasiswa mampu menganalisis dengan cara memanfaatkan pengetahuan pelanggan
  4. Mahasiswa mampu menganalisis setiap tahapan dari wawasan pelanggan
Kriteria:

Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan Presentasi (Case Method)
3 X 50
Zoom Meeting atau Google Meet
3 X 50
Materi: Introduction of customer insight
Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu merancang teknik kreatifitas berdasarkan ide pada kasus bisnis yang ada

  1. Mahasiswa mampu mengananalisis teknik membuat ide dengan kreatif
  2. Mahasiswa mampu menganalisis ide dengan proses kreatif dan intuitive
  3. Mahasiswa mampu menganalisis metodologi analisis kreativitas secara sistematis
  4. Mahasiswa mampu menganalisis sustainable innovation workshop
Kriteria:

Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi (Case Method)
3 X 50
Zoom Meeting atau Google Meet
3 X 50
Materi: Ideation
Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu mengevaluasi ide untuk bisa berinovasi

  1. Mahasiswa mampu menyeleksi ide secara berkualitas
  2. Mahasiswa mampu menganalisis secara metodologis dari ide sampai pada pengambilan keputusan
  3. Mahasiswa mampu mengevaluasi ide secara sistematis
Kriteria:

Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi (Case Method)
3 X 50
Zoom Meeting atau Google Meet
3 X 50
Materi: Idea Evaluation
Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menganalisis faktor mananajemen lingkungan dan sosial dalam mendukung proses inovasi yang berkelanjutan

  1. Mahasiswa mampu menganalisis kualitas manajemen dari sisi produk dan prosesnya
  2. Mahasiswa mampu menganalisis social responsibility dari proses inovasi
  3. Mahasiswa mampu menganalisis aspek ecological management dari proses inovasi
  4. Mahasiswa mampu mengevaluasi life cycle dari proses inovasi bisnis yang berkelanjutan
Kriteria:

Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Presentasi (Case Method)
3 X 50
Zoom Meeting atau Google Meet
3 X 50
Materi: Social and environtmental management
Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden.
5%

14

Minggu ke 14

  1. Mahasiswa mampu menganalisis lean manufacturing practices (LMPs).
  2. Mahasiswa mampu menganalisis green manufacturing practices (GMPs)
  3. Mahasiswa mampu menganalisis firms’ sustainable competitive advantage (SCA)
  4. Mahasiswa mampu menganalisis sustainable perfomance (SP)
Kriteria:

Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan Presentasi (Case Method)
3 X 50
Zoom Meeting atau Google Meet
3 X 50
Materi: Create sustainable competitive advantage and improve sustainable performance by implementing and green manufacturing practices: an empirical study on German manufacturing SMEs
Pustaka: Makhlouf, et al (2025) Create sustainable competitive advantage and improve sustainable performance by implementing lean and green manufacturing practices: an empirical study on German manufacturing SMEs. International Journal of Productivity and Performance Management. © Emerald Publishing Limited e-ISSN: 1758-6658 DOI 10.1108/IJPPM-05-2024-0298
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menganalisis green marketing yang dilakukan oleh perusahaan

  1. Mahasiswa mampu menganalisis proses awal munculnya green marketing
  2. Mahasiswa mampu menganalisis perbedaan sustainable marketing dan green marketing
  3. Mahasiswa mampu menganalisis strategic green marketing
  4. Mahasiswa mampu menganalisis green marketing dan sustainable innovation
Kriteria:

Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi (Case Method)
3 X 50
Zoom Meeting atau Google Meet
3 X 50
Materi: Introduction of green marketing
Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden.
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mengerjakan soal ujian akhir semester

Mahasiswa mampu mengerjakan soal ujian akhir semester

Kriteria:

Ketepatan, Kesesuaian dan Penguasaan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Mengerjakan soal ujian akhir semester
2 X 50
Mengerjakan soal ujian akhir semester
2 X 50
Materi: Pertemuan 9 - 15
Pustaka: 1. Sven Pastoors et al (2017) Towards Sustainable Innovation. A five step approach to sustainable change © Tectum – ein Verlag in der Nomos Verlagsgesellschaft, Baden-Baden.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 52.5%
2. Praktik / Unjuk Kerja 37.5%
3. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.