
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
METODE MELATIH FISIK, TEKNIK, TAKTIK & MENTAL CABOR TRIATHLON |
8520204579 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=1 |
P=0 |
ECTS=1.59 |
3 |
10 Desember 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasasiswa mampu menguasai konsep dasar dalam latihand an pertandingan triathlon
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PO-1 | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Triathlon adalah olahraga yang melibatkan tiga disiplin utama: berenang, bersepeda, dan lari. Jika ada mata kuliah yang mencakup topik ini, mungkin akan melibatkan aspek-aspek seperti kebugaran fisik, perencanaan latihan, nutrisi olahraga, fisioterapi, dan manajemen kesehatan atlet. Siswa yang mengambil mata kuliah semacam itu mungkin akan memahami lebih dalam tentang persiapan fisik dan mental yang diperlukan untuk mengikuti atau berpartisipasi dalam triathlon. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof.Dr. Imam Marsudi, M.Si. Dr. Mochamad Purnomo, S.Pd., M.Kes. Bhekti Lestari, S.Pd., M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu melakukan identifikasi tentang karakteristik aktivitas atlet pada olahraga triathlon |
mahasiswa mengetahui konsep latihan dan pertandingan triathlon |
Kriteria:
Pemahaman Konsep (A): Mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep kunci dengan jelas dan akurat. Menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori yang dipelajari. Mampu mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan situasi dunia nyata. Penerapan Pengetahuan (B): Mampu menerapkan konsep teori dalam konteks praktis atau studi kasus. Menunjukkan kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah menggunakan teori yang dipelajari. Kemampuan Analisis (C): Mampu melakukan analisis kritis terhadap teori-teori yang dipelajari. Mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dalam suatu teori dan memberikan evaluasi yang konstruktif. Partisipasi (D): Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas. Menunjukkan keterlibatan dalam kegiatan kelompok atau proyek terkait teori yang sedang dipelajari. Presentasi (E): Mampu menyajikan ide-ide dengan jelas dan terstruktur. Menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik dalam menyampaikan gagasan atau proyek terkait teori. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi
|
|
Materi: Teknik dasar Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu melakukan identifikasi tentang karakteristik aktivitas atlet pada olahraga triathlon |
mahasiswa mengetahui konsep latihan dan pertandingan triathlon |
Kriteria:
Pemahaman Konsep (A): Mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep kunci dengan jelas dan akurat. Menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori yang dipelajari. Mampu mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan situasi dunia nyata. Penerapan Pengetahuan (B): Mampu menerapkan konsep teori dalam konteks praktis atau studi kasus. Menunjukkan kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah menggunakan teori yang dipelajari. Kemampuan Analisis (C): Mampu melakukan analisis kritis terhadap teori-teori yang dipelajari. Mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dalam suatu teori dan memberikan evaluasi yang konstruktif. Partisipasi (D): Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas. Menunjukkan keterlibatan dalam kegiatan kelompok atau proyek terkait teori yang sedang dipelajari. Presentasi (E): Mampu menyajikan ide-ide dengan jelas dan terstruktur. Menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik dalam menyampaikan gagasan atau proyek terkait teori. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi
|
|
Materi: Teknik dasar Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu melakukan identifikasi tentang karakteristik aktivitas atlet pada olahraga triathlon |
mahasiswa mengetahui konsep latihan dan pertandingan triathlon |
Kriteria:
Pemahaman Konsep (A): Mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep kunci dengan jelas dan akurat. Menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori yang dipelajari. Mampu mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan situasi dunia nyata. Penerapan Pengetahuan (B): Mampu menerapkan konsep teori dalam konteks praktis atau studi kasus. Menunjukkan kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah menggunakan teori yang dipelajari. Kemampuan Analisis (C): Mampu melakukan analisis kritis terhadap teori-teori yang dipelajari. Mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dalam suatu teori dan memberikan evaluasi yang konstruktif. Partisipasi (D): Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas. Menunjukkan keterlibatan dalam kegiatan kelompok atau proyek terkait teori yang sedang dipelajari. Presentasi (E): Mampu menyajikan ide-ide dengan jelas dan terstruktur. Menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik dalam menyampaikan gagasan atau proyek terkait teori. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi
|
|
Materi: Teknik dasar Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu melakukan identifikasi tentang karakteristik aktivitas atlet pada olahraga triathlon |
mahasiswa mengetahui konsep latihan dan pertandingan triathlon |
Kriteria:
Pemahaman Konsep (A): Mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep kunci dengan jelas dan akurat. Menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori yang dipelajari. Mampu mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan situasi dunia nyata. Penerapan Pengetahuan (B): Mampu menerapkan konsep teori dalam konteks praktis atau studi kasus. Menunjukkan kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah menggunakan teori yang dipelajari. Kemampuan Analisis (C): Mampu melakukan analisis kritis terhadap teori-teori yang dipelajari. Mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dalam suatu teori dan memberikan evaluasi yang konstruktif. Partisipasi (D): Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas. Menunjukkan keterlibatan dalam kegiatan kelompok atau proyek terkait teori yang sedang dipelajari. Presentasi (E): Mampu menyajikan ide-ide dengan jelas dan terstruktur. Menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik dalam menyampaikan gagasan atau proyek terkait teori. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Diskusi
|
|
Materi: Teknik dasar Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa memahami pengembangan unsur kondisi fisik secara teortik dan dapat mengimplementasikannya dalam kegiatan praktik di lapangan |
Mahasiswa memahami konsep pengembangan kondisi fisik untuk atlet triathlon |
Kriteria:
Pemahaman Konsep (A): Mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep kunci dengan jelas dan akurat. Menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori yang dipelajari. Mampu mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan situasi dunia nyata. Penerapan Pengetahuan (B): Mampu menerapkan konsep teori dalam konteks praktis atau studi kasus. Menunjukkan kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah menggunakan teori yang dipelajari. Kemampuan Analisis (C): Mampu melakukan analisis kritis terhadap teori-teori yang dipelajari. Mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dalam suatu teori dan memberikan evaluasi yang konstruktif. Partisipasi (D): Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas. Menunjukkan keterlibatan dalam kegiatan kelompok atau proyek terkait teori yang sedang dipelajari. Presentasi (E): Mampu menyajikan ide-ide dengan jelas dan terstruktur. Menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik dalam menyampaikan gagasan atau proyek terkait teori. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi
|
|
Materi: dasar-dasar fisik atlet triathlon Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa memahami pengembangan unsur kondisi fisik secara teortik dan dapat mengimplementasikannya dalam kegiatan praktik di lapangan |
Mahasiswa memahami konsep pengembangan kondisi fisik untuk atlet triathlon |
Kriteria:
Pemahaman Konsep (A): Mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep kunci dengan jelas dan akurat. Menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori yang dipelajari. Mampu mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan situasi dunia nyata. Penerapan Pengetahuan (B): Mampu menerapkan konsep teori dalam konteks praktis atau studi kasus. Menunjukkan kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah menggunakan teori yang dipelajari. Kemampuan Analisis (C): Mampu melakukan analisis kritis terhadap teori-teori yang dipelajari. Mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dalam suatu teori dan memberikan evaluasi yang konstruktif. Partisipasi (D): Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas. Menunjukkan keterlibatan dalam kegiatan kelompok atau proyek terkait teori yang sedang dipelajari. Presentasi (E): Mampu menyajikan ide-ide dengan jelas dan terstruktur. Menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik dalam menyampaikan gagasan atau proyek terkait teori. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi
|
|
Materi: dasar-dasar fisik atlet triathlon Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa memahami pengembangan unsur kondisi fisik secara teortik dan dapat mengimplementasikannya dalam kegiatan praktik di lapangan |
Mahasiswa memahami konsep pengembangan kondisi fisik untuk atlet triathlon |
Kriteria:
Pemahaman Konsep (A): Mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep kunci dengan jelas dan akurat. Menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori yang dipelajari. Mampu mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan situasi dunia nyata. Penerapan Pengetahuan (B): Mampu menerapkan konsep teori dalam konteks praktis atau studi kasus. Menunjukkan kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah menggunakan teori yang dipelajari. Kemampuan Analisis (C): Mampu melakukan analisis kritis terhadap teori-teori yang dipelajari. Mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dalam suatu teori dan memberikan evaluasi yang konstruktif. Partisipasi (D): Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas. Menunjukkan keterlibatan dalam kegiatan kelompok atau proyek terkait teori yang sedang dipelajari. Presentasi (E): Mampu menyajikan ide-ide dengan jelas dan terstruktur. Menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik dalam menyampaikan gagasan atau proyek terkait teori. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi
|
|
Materi: dasar-dasar fisik atlet triathlon Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
UTS
|
|
Materi: UTS Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa memahami konsep pengembangan teknik dan taktik dalam pertandingan triathlon |
Pemahaman Konsep (A): Mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep kunci dengan jelas dan akurat. Menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori yang dipelajari. Mampu mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan situasi dunia nyata. Penerapan Pengetahuan (B): Mampu menerapkan konsep teori dalam konteks praktis atau studi kasus. Menunjukkan kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah menggunakan teori yang dipelajari. Kemampuan Analisis (C): Mampu melakukan analisis kritis terhadap teori-teori yang dipelajari. Mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dalam suatu teori dan memberikan evaluasi yang konstruktif. Partisipasi (D): Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas. Menunjukkan keterlibatan dalam kegiatan kelompok atau proyek terkait teori yang sedang dipelajari. Presentasi (E): Mampu menyajikan ide-ide dengan jelas dan terstruktur. Menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik dalam menyampaikan gagasan atau proyek terkait teori. |
Kriteria:
tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi
|
|
Materi: Teknik dan taktik dalam triathlon Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa memahami konsep pengembangan teknik dan taktik dalam pertandingan triathlon |
Pemahaman Konsep (A): Mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep kunci dengan jelas dan akurat. Menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori yang dipelajari. Mampu mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan situasi dunia nyata. Penerapan Pengetahuan (B): Mampu menerapkan konsep teori dalam konteks praktis atau studi kasus. Menunjukkan kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah menggunakan teori yang dipelajari. Kemampuan Analisis (C): Mampu melakukan analisis kritis terhadap teori-teori yang dipelajari. Mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dalam suatu teori dan memberikan evaluasi yang konstruktif. Partisipasi (D): Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas. Menunjukkan keterlibatan dalam kegiatan kelompok atau proyek terkait teori yang sedang dipelajari. Presentasi (E): Mampu menyajikan ide-ide dengan jelas dan terstruktur. Menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik dalam menyampaikan gagasan atau proyek terkait teori. |
Kriteria:
tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi
|
|
Materi: Teknik dan taktik dalam triathlon Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa memahami konsep pengembangan teknik dan taktik dalam pertandingan triathlon |
Pemahaman Konsep (A): Mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep kunci dengan jelas dan akurat. Menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori yang dipelajari. Mampu mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan situasi dunia nyata. Penerapan Pengetahuan (B): Mampu menerapkan konsep teori dalam konteks praktis atau studi kasus. Menunjukkan kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah menggunakan teori yang dipelajari. Kemampuan Analisis (C): Mampu melakukan analisis kritis terhadap teori-teori yang dipelajari. Mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dalam suatu teori dan memberikan evaluasi yang konstruktif. Partisipasi (D): Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas. Menunjukkan keterlibatan dalam kegiatan kelompok atau proyek terkait teori yang sedang dipelajari. Presentasi (E): Mampu menyajikan ide-ide dengan jelas dan terstruktur. Menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik dalam menyampaikan gagasan atau proyek terkait teori. |
Kriteria:
tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi
|
|
Materi: Teknik dan taktik dalam triathlon Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa memahami konsep pengembangan teknik dan taktik dalam pertandingan triathlon |
Pemahaman Konsep (A): Mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep kunci dengan jelas dan akurat. Menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori yang dipelajari. Mampu mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan situasi dunia nyata. Penerapan Pengetahuan (B): Mampu menerapkan konsep teori dalam konteks praktis atau studi kasus. Menunjukkan kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah menggunakan teori yang dipelajari. Kemampuan Analisis (C): Mampu melakukan analisis kritis terhadap teori-teori yang dipelajari. Mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dalam suatu teori dan memberikan evaluasi yang konstruktif. Partisipasi (D): Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas. Menunjukkan keterlibatan dalam kegiatan kelompok atau proyek terkait teori yang sedang dipelajari. Presentasi (E): Mampu menyajikan ide-ide dengan jelas dan terstruktur. Menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik dalam menyampaikan gagasan atau proyek terkait teori. |
Kriteria:
tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi
|
|
Materi: Teknik dan taktik dalam triathlon Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat melakukan bentuk praktik di lapangan berdasarkan lesson plan yang sudah dibuat untuk satu sesi pembelajaran. |
mahasiswa mampu mengaplikasikan lesson plan yang telah dibuat |
Kriteria:
Tugas dan praktikum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi
|
|
Materi: praktek latihan triathlon Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa dapat melakukan bentuk praktik di lapangan berdasarkan lesson plan yang sudah dibuat untuk satu sesi pembelajaran. |
mahasiswa mampu mengaplikasikan lesson plan yang telah dibuat |
Kriteria:
Tugas dan praktikum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi
|
|
Materi: praktek latihan triathlon Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa dapat melakukan bentuk praktik di lapangan berdasarkan lesson plan yang sudah dibuat untuk satu sesi pembelajaran. |
mahasiswa mampu mengaplikasikan lesson plan yang telah dibuat |
Kriteria:
Tugas dan praktikum Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi
|
|
Materi: praktek latihan triathlon Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
UAS
|
|
Materi: UAS Pustaka: Rich Roll. 2013. Finding Ultra, Revised and Updated Edition: Rejecting Middle Age, Becoming One of the World's Fittest Men, and Discovering Myself Materi: Mahasiswa memahami tujuan materi Pustaka: |
15% |