Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Perencanaan Program Latihan Elit Atlet Cabang Olahraga Hoki

8520203691

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=1

ECTS=3.18

5

13 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Mohammad Faruk, S. Pd., M. Kes.




Mohammad Faruk, S. Pd., M. Kes




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan prinsip-prinsip pelatihan terkini dalam merancang program latihan hoki yang efektif (C3)

PO - 2

Menganalisis kebutuhan fisik dan teknis pemain hoki untuk mengembangkan program latihan yang spesifik (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas program latihan yang telah dilaksanakan berdasarkan hasil dan feedback dari pemain (C5)

PO - 4

Menciptakan variasi latihan yang inovatif untuk meningkatkan keterampilan dan kondisi fisik pemain hoki (C6)

PO - 5

Menerapkan teknik evaluasi untuk mengukur kemajuan dan menyesuaikan program latihan hoki (C3)

PO - 6

Menganalisis dan menyesuaikan strategi pelatihan berdasarkan perubahan kondisi tim dan individu pemain hoki (C4)

PO - 7

Mengevaluasi dan mengintegrasikan teknologi terbaru dalam pelaksanaan program latihan hoki (C5)

PO - 8

Menciptakan metode pelatihan yang adaptif dan responsif terhadap perkembangan terkini dalam olahraga hoki (C6)

PO - 9

Menerapkan pendekatan ilmiah dalam merancang dan mengevaluasi program latihan untuk meningkatkan performa tim hoki (C3)

PO - 10

Menganalisis data performa dan kesehatan pemain untuk mengoptimalkan program latihan hoki (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-4PLO-5
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    
PO-5    
PO-6    
PO-7    
PO-8    
PO-9    
PO-10    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini membahas tentang pengetahuan, tahapan, dan penerapan penyusunan program latihan untuk atlet muda/pemula hockey yang terdiri dari melatih kemampuan mengidentifikasi kebutuhan fisik atlet muda/pemula, menyusun menu/porsi latihan tahunan, bulanan, mingguan, dan harian secara komperhensif sesuai dengan kaidah keilmuan kepelatihan cabang olahraga hockey.

Pustaka

Utama :

  1. Bompa, Tudor. & Carera, Michael, 2015. Conditioning Young Athletes . US:Human Kinetic
  2. Bompa, Tudor. & Haff, Gregory. 2009. Periodization;Theory and Methodology of Training . US: Human Kinetic
  3. Sportsworkout.com. 2003. The Ultimate Guide to Weight Training for Field Hockey. USA:Price World Enterprices
  4. Martens, Rainer. 2002. Successful coaching . USA:Human Kinetics

Pendukung :

Dosen Pengampu

Mohammad Faruk, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami pedoman latihan Fisik untuk atlet muda

  1. Dasar-dasar perkembangan fisik atlet muda
  2. membangun fondasi perkembangan fisik atlet muda
Kriteria:

mampu menjelaskan prinsip-peinsip dasar latihan fisik atlet muda


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramahdiskusibrowsing internettanya jawab
4 X 50

Materi: enerapkan prinsip-prinsip pelatihan terkini dalam merancang program latihan hoki yang efektif
Pustaka: Bompa, Tudor. & Carera, Michael, 2015. Conditioning Young Athletes . US:Human Kinetic
5%

2

Minggu ke 2

memahami tahap perkembangan atletik atlet

  1. dasar dasar latihan gerak atlet muda
  2. pola latihan fisik atlet muda
  3. jenis-jenis latihan dan kemampuan atlet muda
Kriteria:
  1. 1. mampu menjelaskan dasar-dasar latihan gerak untuk atlet muda/pemula
  2. 2. memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi internet untuk mencari referensi materi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
CeramahTanya Jawab/diskusi
4 X 50

Materi: enerapkan prinsip-prinsip pelatihan terkini dalam merancang program latihan hoki yang efektif
Pustaka: Sportsworkout.com. 2003. The Ultimate Guide to Weight Training for Field Hockey. USA:Price World Enterprices
5%

3

Minggu ke 3

Menguasai prosedur dan parameter tes kondisi fisik atlet muda

  1. pengukuran denyut nadi
  2. indikator psikologi atlet muda
  3. indikator tes fisik atlet muda
Kriteria:
  1. mempraktekkan protokol tes dengan baik dan benar
  2. mendiskripsi hasil tes dan pengukuran dengan tepat sesuai dengan parameter yang dimiliki

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramahdemontrasipraktikumtanya jawab
4 X 50

Materi: enerapkan prinsip-prinsip pelatihan terkini dalam merancang program latihan hoki yang efektif
Pustaka: Sportsworkout.com. 2003. The Ultimate Guide to Weight Training for Field Hockey. USA:Price World Enterprices
5%

4

Minggu ke 4

mampu dan menguasai latihan kelentukan dan mampu memandu dalam sesi latihan

  1. program pengembangan latihan kelentukan
  2. pendekatan latihan kelentukan
Kriteria:

mempe menerapkan pola-pola latihan kelentukan yang efektif untuk atlet muda/pemula


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramahdemonstrasipraktikumpenugasan
2 X 50

Materi: Menganalisis kebutuhan fisik dan teknis pemain hoki untuk mengembangkan program latihan yang spesifik
Pustaka: Sportsworkout.com. 2003. The Ultimate Guide to Weight Training for Field Hockey. USA:Price World Enterprices
5%

5

Minggu ke 5

memimpin latihan kecepatan dengan baik

  1. program pengembangan kecepatan
  2. ruang lingkup kecepatan
  3. praktek latihan kecepatan
  4. pola dan desain latihan kecepatan
Kriteria:

mampu melatih kecepatan dengan baik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramahdemontrasipraktikumpresentasi
3 X 50

Materi: Menganalisis kebutuhan fisik dan teknis pemain hoki untuk mengembangkan program latihan yang spesifik
Pustaka: Sportsworkout.com. 2003. The Ultimate Guide to Weight Training for Field Hockey. USA:Price World Enterprices
5%

6

Minggu ke 6

mampu memahami dan mempraktikkan melatih kelincahan dan reaksi

  1. esensi kecepatan dan reaksi
  2. teknik latihan kecepatan dan reaksi
  3. periodisasi kecepatan dan reaksi
  4. desain program latihan kecepatan dan reaksi
Kriteria:

mampu merancang program latihanmampu mempraktikkan program latihan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramahdemontrasi/praktikumtanya jawab
2 X 50

Materi: Menganalisis kebutuhan fisik dan teknis pemain hoki untuk mengembangkan program latihan yang spesifik
Pustaka: Sportsworkout.com. 2003. The Ultimate Guide to Weight Training for Field Hockey. USA:Price World Enterprices
5%

7

Minggu ke 7

memiliki kemampuan melatih kekuatan dan power

  1. terminologi latihan kekuatan dan power untuk atlet muda
  2. dasar-dasar dan adaptasi latihan kekuatan dan power untuk atlet muda
  3. Pencegahan cidera
Kriteria:
  1. mampu menyusun program latihan kekuatan dan power
  2. mampu mempraktekkanmelatih kekuatan dan powermembuat log book latihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
ceramahdemontrasi/praktikumdiskusi
4 X 50

Materi: Menganalisis kebutuhan fisik dan teknis pemain hoki untuk mengembangkan program latihan yang spesifik
Pustaka: Sportsworkout.com. 2003. The Ultimate Guide to Weight Training for Field Hockey. USA:Price World Enterprices
5%

8

Minggu ke 8

mampu menjawab dan mempraktikkan pertanyaan dan tugas dalam rangka UTS

  1. menjawab pertanyaan dengan benar
  2. mempraktikkan dengan benar
  3. berprilaku sebagai pelatih profesional
Kriteria:

Menganalisis kebutuhan fisik dan teknis pemain hoki untuk mengembangkan program latihan yang spesifik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ujian Tulis dan Prakter
4 X 50

Materi: Menganalisis kebutuhan fisik dan teknis pemain hoki untuk mengembangkan program latihan yang spesifik
Pustaka: Sportsworkout.com. 2003. The Ultimate Guide to Weight Training for Field Hockey. USA:Price World Enterprices
20%

9

Minggu ke 9

memahami esensi dan mampu mempraktikan pelatihan daya tahan

  1. Model-model latihan daya tahan
  2. ruang lingkup latihan daya tahan
  3. Latihan daya tahan untuk atlet muda
Kriteria:

mahasiswa mampu memperagakan kegiatan melatih daya tahan berdasarkan program latihan yang dirancang sebelumnyamembuat logbook latihan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
CeramahDemontrasi/praktikumdiskusi
4 X 50

Materi: Menganalisis dan menyesuaikan strategi pelatihan berdasarkan perubahan kondisi tim dan individu pemain hoki
Pustaka: Sportsworkout.com. 2003. The Ultimate Guide to Weight Training for Field Hockey. USA:Price World Enterprices
5%

10

Minggu ke 10

mampu merancang dan mempraktikkan latihan fisik persiapan pertandingan (fase kompetisi)

  1. kebutuhan menghadapi fase kompetisi
  2. perawatan kondisi fisik
Kriteria:

mampu merancang program latihan persiapan kompetisimampu mempraktikkan pelatihan persipan kompetisi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramahdemontrasi dan praktikdiskusi
4 X 50

Materi: Menganalisis dan menyesuaikan strategi pelatihan berdasarkan perubahan kondisi tim dan individu pemain hoki
Pustaka: Sportsworkout.com. 2003. The Ultimate Guide to Weight Training for Field Hockey. USA:Price World Enterprices
5%

11

Minggu ke 11

merencanakan program latihan jangk panjang (tahunan)

  1. energi dominan cabor hockey
  2. kebutuhan dan parameter fisik hockey
  3. periodisasi latihan
Kriteria:

mampu menyusun program latihan fisik jangka panjang untuk atlet muda/pemula cabor hockey


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramahdiskusitanya jawab
4 X 50

Materi: Menganalisis dan menyesuaikan strategi pelatihan berdasarkan perubahan kondisi tim dan individu pemain hoki
Pustaka: Sportsworkout.com. 2003. The Ultimate Guide to Weight Training for Field Hockey. USA:Price World Enterprices
5%

12

Minggu ke 12

merencanakan program latihan jangk panjang (tahunan)

  1. energi dominan cabor hockey
  2. kebutuhan dan parameter fisik hockey
  3. periodisasi latihan
Kriteria:

mampu menyusun program latihan fisik jangka panjang untuk atlet muda/pemula cabor hockey


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramahdiskusitanya jawab
4 X 50

Materi: Menganalisis dan menyesuaikan strategi pelatihan berdasarkan perubahan kondisi tim dan individu pemain hoki
Pustaka: Sportsworkout.com. 2003. The Ultimate Guide to Weight Training for Field Hockey. USA:Price World Enterprices
5%

13

Minggu ke 13

menyusun program latihan jangka pendek (micro cycle)

  1. desain pogram latihan jangka pendek
  2. program latihan bulanan
  3. program latihan mingguan
  4. program latihan harian
Kriteria:

mampu menyusun program latihan jangka pendek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramahworkshopdiskusitanya jawab
4 X 50

Materi: Menganalisis dan menyesuaikan strategi pelatihan berdasarkan perubahan kondisi tim dan individu pemain hoki
Pustaka: Sportsworkout.com. 2003. The Ultimate Guide to Weight Training for Field Hockey. USA:Price World Enterprices
5%

14

Minggu ke 14

menyusun program latihan jangka pendek (micro cycle)

  1. desain pogram latihan jangka pendek
  2. program latihan bulanan
  3. program latihan mingguan
  4. program latihan harian
Kriteria:

mampu menyusun program latihan jangka pendek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramahworkshopdiskusitanya jawab
4 X 50

Materi: Menganalisis dan menyesuaikan strategi pelatihan berdasarkan perubahan kondisi tim dan individu pemain hoki
Pustaka: Sportsworkout.com. 2003. The Ultimate Guide to Weight Training for Field Hockey. USA:Price World Enterprices
5%

15

Minggu ke 15

mampu menyusun logbook latihan secara sistematis

menyusun log book latihan

Kriteria:
  1. mampu menyusun logbook latihan
  2. mendeskripsikan hasil logbook

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramahdiskusi (workshop)
4 X 50

Materi: Menerapkan pendekatan ilmiah dalam merancang dan mengevaluasi program latihan untuk meningkatkan performa tim hoki
Pustaka: Sportsworkout.com. 2003. The Ultimate Guide to Weight Training for Field Hockey. USA:Price World Enterprices
5%

16

Minggu ke 16

Menyesaikan tugas memnyusun program latihan secara utuhmenyusun prgram latihan secara sistematis dengan kaidah ilmu kepelatihan

  1. menyesaikan semua tugas yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya
  2. mengerjakan soal yang diberikan
  3. berpatisipasi aktif dalam perkuliahan
  4. bersikap sebagai pelatih yang memiliki karakter yang kuat
Kriteria:

Mampu Menerapkan pendekatan ilmiah dalam merancang dan mengevaluasi program latihan untuk meningkatkan performa tim hoki


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Tes tulis, praktek dan penugasan
2 X 50

Materi: Menerapkan pendekatan ilmiah dalam merancang dan mengevaluasi program latihan untuk meningkatkan performa tim hoki
Pustaka: Sportsworkout.com. 2003. The Ultimate Guide to Weight Training for Field Hockey. USA:Price World Enterprices
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 52.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 40%
3. Penilaian Portofolio 4.17%
4. Tes 3.33%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.