
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Sosiologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kajian Pendidikan di Indonesia |
6920102317 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
10 November 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si ; Dr. Dewien Nabielah Agustin,M.Sosio
|
Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si.
|
AGUS MACHFUD FAUZI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-10 |
Mampu mengidentifikasi karakteristik individu, keluarga dan masyarakat, masalah-masalah sosial dan perubahan sosial termasuk masalah pembangunan pendidikan dan masyarakat inklusif di dalam masyarakat lokal dengan wawasan global dan menganalisis dengan menggunakan konsep, teori dan metodologi penelitian Sosiologi dengan tepat; |
PLO-11 |
mampu menyajikan dan mengorganisasi alternatif solusi dalam memecahkan masalah-masalah sosial, perubahan sosial, pembangunan, khususnya pendidikan dan masyarakat inklusif, serta pemberdayaan masyarakat; |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu mengkaji kebijakan pendidikan di Indonesia menggunakan metode pemecahan masalah.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis perubahan kebijakan pendidikan di Indonesia.
|
PO - 3 |
Menyusun solusi alternatif untuk memecahkan permasalahan sosial di bidang pendidikan berdasarkan kajian kebijakan pendidikan di Indonesia.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-10 | PLO-11 | | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | ✔ | | ✔ | | | | | | ✔ | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Menelaah kebijakan pendidikan dengan metode pemecahan masalah dan resitasi yang meliputi hakikat kebijakan pendidikan, kajian pendidikan masa pasca kemerdekaan dan orde lama, kajian kebijakan orde baru, kajian pendidikan era reformasi, kajian pendidikan tentang guru dan dosen, kebijakan pendidikan tinggi, kajian lapangan tentang sertifikasi dan kualitas guru, RSBI dan pasca RSBI, UAN dan pasca UAN, Bidikmisi dan UKT, Full Day School |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Abidin, Said Zainal.2006. Kebijakan publik. Jakarta: Suara Bebas
- Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press
- Imron, Ali. 1995. Kebijakan Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
- Pidarta, Made. 2017. Wawasan Pendidikan (edisi III). Surabaya : Unesa Unipress
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
AGUS MACHFUD FAUZI DEWIEN NABIELAH AGUSTIN Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si. Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si. Dr. Dewien Nabielah Agustin, S.Sos., M.Sosio. Dr. Dewien Nabielah Agustin, S.Sos., M.Sosio. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menguasai hakekat kebijakan pendidikan |
- 1.1. 1 Mampu menganalisa hakikat kebijakan pendidikan berdasarkan perspektif pendidikan
- 1.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena kebijakan berdasarkan perspektif pendidikan Indonesia
|
Kriteria:
Baik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mampu menguasai hakekat kebijakan pendidikan 3x50 |
|
Materi: Abidin, Said Zainal, 2006, Kebijakan Publik: Jakarta. Suara Bebas Pustaka: Materi: Imron,Ali, 1995. Kebijakan Pendidikan Indonesia. Jakartsa: Bumi Aksara Pustaka: Materi: Pidarta, Made. 2017. Wawasan Pendidikan (edisi III). Surabaya: Unesa-Unipress Pustaka: |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan analisis kebijakan pendidikan dasar dan menengah |
- 2.1. 1 Mampu menganalisa fenomena kebijakan pendidikan dasar dan menengah berdasarkan perspektif sosiologi
- 2.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena kebijakan sosiologi pendidikan
|
Kriteria:
Presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Menjelaskan analisis kebijakan pendidikan dasar dan menengah 3x50 |
|
Materi: kebijakan sosiologi pendidikan Pustaka: Abidin, Said Zainal.2006. Kebijakan publik. Jakarta: Suara Bebas |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis Kebijakan Pendidikan Kejuruan di Indonesia |
- 3.1. 1 Mampu menganalisa fenomena pendidikan kejuruan berdasarkan perspektif
- 3.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena tersebut berdasarkan perspektif sosiologi
|
Kriteria:
Presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Menganalisis Kebijakan Pendidikan Kejuruan di Indonesia 3x50 |
|
Materi: fenomena kejuruan pendidikan indonesia Pustaka: Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menelaah kebijakan pendidikan luar sekolah di Indonesia |
- 4.1. 1 Mampu menganalisa fenomena pendidikan luar sekolah berdasarkan perspektif sosiologi
- 4.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena PLS berdasarkan perspektif sosiologi
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Menelaah kebijakan pendidikan luar sekolah di Indonesia 3x50 |
|
Materi: fenomena pendidikan luar biasa di indonesia Pustaka: Imron, Ali. 1995. Kebijakan Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara |
5% |
5
Minggu ke 5 |
menelaah permasalahan pendidikan dan persoalan bencana alam |
- 5.1. 1 Mampu menganalisa permasalahan dan bencana alam berdasarkan perspektif pendidikan dan sosiologi
- 5.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena pendidikan berdasarkan perspektif sosiologi
|
Kriteria:
Presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
menelaah permasalahan pendidikan dan persoalan bencana alam 3x50 |
|
Materi: permasalahan masalah sosial dan bencana alam di indonesia Pustaka: Pidarta, Made. 2017. Wawasan Pendidikan (edisi III). Surabaya : Unesa Unipress |
5% |
6
Minggu ke 6 |
menelaah pendidikan multikultur di Indonesia |
- 6.1. 1 Mampu menganalisa fenomena sosialisasi dan interaksi pendidikan berdasarkan perspektif sosiologi
- 6.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena interaksi sosial pendidikan berdasarkan perspektif pendidikan dan sosiologi
|
Kriteria:
Presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
menelaah pendidikan multikultur di Indonesia 3x50 |
|
Materi: pendidikan multikultural di indonesia Pustaka: Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press |
5% |
7
Minggu ke 7 |
menelaah pendidikan islam di Indonesia |
- 7.1. 1 Mampu menganalisa fenomena kurikulum sebagai arena kekuasaan pendidikan berdasarkan perspektif sosiologi
- 7.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena kurikulum berdasarkan perspektif pendidikan dan sosiologi
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
menelaah pendidikan islam di Indonesia 3x50 |
|
Materi: fenomena kekuasaan dalam pendidikan dan hubungannya dalam politik di Indonesia Pustaka: Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
Seluruh teori yang telah dipelajari Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UTS
|
|
Materi: UTS Pustaka: Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mendalami UU No 14 tahun 2005 dan implikasinya pada kualitas guru dan dosen |
- 8.1. 1 Mampu menganalisa fenomena mobilitas sosial dalam pendidikan berdasarkan perspektif ekonomi dan sosiologi
- 8.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena mobilitas berdasarkan perspektif sosiologi
|
Kriteria:
Presentasi Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Mendalami UU No 14 tahun 2005 dan implikasinya pada kualitas guru dan dosen 3x50 |
|
Materi: mobilitas sosial di indonesia Pustaka: Pidarta, Made. 2017. Wawasan Pendidikan (edisi III). Surabaya : Unesa Unipress |
5% |
10
Minggu ke 10 |
mendalami UU No 12 tahun 2012 tentang perguruan tinggi dan implikasinya pada mahasiswa |
- 10.1. 1 Mampu menganalisa fenomena globalisasi, internasional dalam pendidikan berdasarkan perspektif sosiologi
- 10.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena globalisasi, internasional berdasarkan perspektif sosiologi
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
mendalami UU No 12 tahun 2012 tentang perguruan tinggi dan implikasinya pada mahasiswa 3x50 |
|
Materi: fenomena globalisasi di indonesia Pustaka: Imron, Ali. 1995. Kebijakan Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara |
5% |
11
Minggu ke 11 |
mendalami UU No 12 tahun 2012 tentang perguruan tinggi dan implikasinya pada mahasiswa |
- 11.1. 1 Mampu menganalisa fenomena relasi gender berdasarkan perspektif pendidikan dan sosiologi
- 11.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena relasi gender berdasarkan perspektif pendidikan dan sosiologi
|
Kriteria:
Presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
mendalami UU No 12 tahun 2012 tentang perguruan tinggi dan implikasinya pada mahasiswa 3x50 |
|
Materi: relasi gender dalam pendidikan Pustaka: Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menggali data di lapangan tentang fenomena pendidikan |
- 12.1. 1 Mampu menganalisa fenomena kekerasan dalam pendidikan berdasarkan perspektif sosiologi
- 12.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena kekerasan dalam pendidikan berdasarkan perspektif sosiologi
|
Kriteria:
Presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Menggali data di lapangan tentang fenomena pendidikan 3x50 |
|
Materi: fenomena kekerasan dalam pendidikan Pustaka: Abidin, Said Zainal.2006. Kebijakan publik. Jakarta: Suara Bebas |
5% |
13
Minggu ke 13 |
menggali data lapangan tentang UAN dan pasca UAN |
- 13.1. 1 Mampu menganalisa fenomena peran pendidkan tinggi berdasarkan perspektif sosiologi
- 13.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena peran pendidikan tinggi berdasarkan perspektif sosiologi
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
menggali data lapangan tentang UAN dan pasca UAN 3x50 |
|
Materi: fenomena peran pendidikan tinggi berdasarkan sosiologi Pustaka: Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press |
5% |
14
Minggu ke 14 |
mendalami tentang kebijakan full day school dan mampu mempresentasikan |
- 14.1. 1 Mampu menganalisa fenomena pendidikan kaum marjinal berdasarkan perspektif sosiologi
- 14.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena pendidikan kaum marjinal berdasarkan perspektif sosiologi
|
Kriteria:
Presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mendalami tentang kebijakan full day school dan mampu mempresentasikan 3x50 |
|
Materi: fenomena kaum marjinal di indonesia Pustaka: Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press |
5% |
15
Minggu ke 15 |
mendalami tentang kebijakan full day school dan mampu mempresentasikan |
- 15.1. 1 Mampu menganalisa fenomena pendidikan kaum marjinal dan difabel berdasarkan perspektif ekonomi dan sosiologi
- 15.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena marjinal dan difabel berdasarkan perspektif sosiologi
|
Kriteria:
Laporan per kelompok Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mendalami tentang kebijakan full day school dan mampu mempresentasikan 3x50 |
|
Materi: fenomena kaum marjinal di indonesia Pustaka: Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
Presentasi Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Tes |
UAS 3x50 |
|
Materi: UAS Pustaka: Pidarta, Made. 2017. Wawasan Pendidikan (edisi III). Surabaya : Unesa Unipress |
15% |