
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Tata Boga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Operasional Pastry dan Bakery |
99999440603061 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
2 |
8 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Lilis Sulandari, S.Pt., M.P. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menunjukkan pemahaman konsep manajemen, komunikasi, literasi global, bahan makanan, kesehatan, dan pariwisata |
PLO-6 |
Mampu menerapkan multidisipliner ilmu dengan mengintegrasikan teknologi modern (IPTEKS) dalam menghasilkan produk seni kuliner, prototipe/desain produk, dan menyusun laporan pertanggungjawaban |
PLO-7 |
Mampu menyusun menu, mengolah, mempresentasikan, dan menyimpan produk makanan, minuman atau masakan sesuai dengan standar yang berlaku (prosedur, kebersihan, sehat dan aman, inovatif, nilai estetika) dengan menerapkan K3 di lingkungan kerja, dengan memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efisien |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu memahami konsep dasar kue kontinental komersiil di industri jasa boga
|
PO - 2 |
Mampu mengoperasionalkan peralatan produksi bakery dan pastry
|
PO - 3 |
Mampu memahami bahan pokok adonan
|
PO - 4 |
Mampu memahami bahan tambahan adonan
|
PO - 5 |
Mampu memahami konsep adonan batter
|
PO - 6 |
Mampu memahami konsep biscuit
|
PO - 7 |
Mampu mengolah aneka produk biscuit
|
PO - 8 |
Mampu memahami konsep cake
|
PO - 9 |
Mampu mengolah aneka produk cake
|
PO - 10 |
Mampu memahami konsep adonan pastry
|
PO - 11 |
Mampu mengolah aneka produk adonan pastry
|
PO - 12 |
Mampu memahami konsep adonan roti
|
PO - 13 |
Mampu mengolah aneka produk roti
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | ✔ | | | | PO-3 | | ✔ | | | PO-4 | | ✔ | | | PO-5 | | | ✔ | | PO-6 | | | ✔ | | PO-7 | | | | ✔ | PO-8 | | | ✔ | | PO-9 | | | | ✔ | PO-10 | | | ✔ | | PO-11 | | | | ✔ | PO-12 | | | ✔ | | PO-13 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-12 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-13 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini merupakan pengkajian konsep dan penerapan berbagai adonan kue kontinental komersial. Pembahasan diawali dari konsep dasar kue kontinental, bahan dan alat dalam pembuatan adonan, klasifikasi adonan, proses pembuatan berbagai adonan kue kontinental, dan proses penyelesaian (finishing). PBM dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik dan praktik secara berkelompok dan diakhiri dengan uji kompetensi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Annonimous. 2003. The Essence of Modern Bakery and Pastry Delicious. Jakarta:Trans.
- Chung, Roy . 2002. US. Wheat Associates . Thailand. (Tidak dipublikasikan)
- Crawford, Rick Douglas. 2014. Opening and Operating a Retail Bakery . New Jersey: John Wiley & Sons.
- Gisslan, Wayne. 2005 . Proffesional Baking (Fourth Edition) . New York: John Wiley and Sons.
- Harvey Lang, Jennifer. 1988 . Larousse Gastronomique. New York: Publishers, Inc.
- Hawkins, Kathryn. 2012. Bread making: Self Sufficiency . London: New Holland Publishers Ltd.
- Jeanne Himich Freeland, Graves and Peckham, Gladys. 1987 . Foundations of Food Preparation. New York:Macmillan Publishing Co.
- Mc. Williams, Margaret. 1985 . Food Fundamentals . New York:John Wiley and Sons.
- Masi, Noble. 2011. Baking Fundamentals . New York: Prentice Hall: Pearson
- . The Culinary Institute of America. 2014. In the Hands of a Bakers . New Jersey: John Wiley & Sons.
- . US. Wheat Association. 1983 . Pedoman Pembuatan Roti dan Kue . Jakarta: Djambatan
- . Buku Ajar Bakery dan Pastry.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dra. Lucia Tri Pangesthi, M.Pd. Ila Huda Puspita Dewi, S.Pd., MM.Par. Annisa Nur'aini, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami konsep dasar kue kontinental komersiil di industri jasa boga |
1.Menguraikan kronologis sejarah perkembangan bakery & pastry, 2. Mendeskripsikan definisi bakery dan pastry 3. Mengklasifikasi kan jenis-jenis adonan 4. Mengidentifikasi ciri-ciri setiap jenis adonan 5. Menggambarkan struktur organisasi dapur bakery dan pastry. |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Penugasan mengerjakan LKM: Konsep dasar bakery dan pastry 5. Membaca modul: Konsep dasar Bakery dan pastry 2 X 50 |
|
Materi: Sejarah perkembangan bakery & pastry Pustaka: Gisslan, Wayne. 2005 . Proffesional Baking (Fourth Edition) . New York: John Wiley and Sons. |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu mengoperasional kan peralatan produksi bakery dan pastry |
1. Mendefinisikan pengertian peralatan bakery dan pastry 2. Mengklasifikasi-kan jenis-jenis peralatan bakery dan pastry 3. Menjelaskan fungsi peralatan bakery dan pastry 4. Menjelaskan cara mengoperasional kan peralatan bakery dan pastry |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Penugasan mengerjakan LKM tentang identifikasi peralatan pembuatan kue kontinental 5. Membaca modul: Peralatan bakery dan pastry 2 X 50 |
|
Materi: Materi Bakery Pastry Pustaka: Gisslan, Wayne. 2005 . Proffesional Baking (Fourth Edition) . New York: John Wiley and Sons. |
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memahami bahan pokok adonan |
1. Merndeskripsi kan pengertian bahan pokok 2. Mengklasifikasikan bahan pokok berdasarkan fungsi (bahan pembentuk kerangka kue, bahan pengempuk, bahan pemberi rasa, bahan pengembang) bahan pemberi rasa, bahan pengembang) 3. Menyebutkan jenis-jenis bahan pokok adonan 4. Menyebutkan fungsi bahan pokok adonan 5. Menjelaskan cara penyimpanan bahan pokok adonan |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Penugasan mengerjakan LKM: identifikasi bahan dalam berbagai adonan kue kontinental 2 X 50 |
|
Materi: Pengetahuan Bahan Makanan Pustaka: Mc. Williams, Margaret. 1985 . Food Fundamentals . New York:John Wiley and Sons. |
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu memahami bahan tambahan adonan |
1. Menjelaskan pengertian bahan tambahan, 2. Mengklasifikasi kan bahan tambahan adonan (bahan pengisi, bahan penutup/topping, bahan perasa dan aroma, bahan pewarna, bahan pengembang, bahan pengemulsi, bahan pengempuk) 3. Menyebutkan jenis-jenis bahan tambahan adonan 4. Menyebutkan fungsi bahan tambahan adonan 5. Menjelaskan cara penyimpanan bahan tambahan |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Penugasan mengerjakan LKM: identifikasi bahan dalam berbagai adonan kue kontinental 5. Membaca modul: identifikasi bahan dalam berbagai adonan kue kontinental 2 X 50 |
|
Materi: Pengetahuan Bahan Makanan Pustaka: Mc. Williams, Margaret. 1985 . Food Fundamentals . New York:John Wiley and Sons. |
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu memahami konsep batter |
1. Menjelaskan pengertian batter 2. Mengklasifikasikan adonan batter 3. Mengidentifikasi komponen batter 4. Menjelaskan prosedur pembuatan batter 5. Menjelaskan cara penyajian aneka produk batter |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Penugasan mengerjakan LKM: adonan batter 5. Membaca modul: adonan batter 2 X 50 |
|
Materi: Adonan Batter Pustaka: Gisslan, Wayne. 2005 . Proffesional Baking (Fourth Edition) . New York: John Wiley and Sons. |
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu memahami konsep adonan biscuit |
1. Menyiapkan bahan batter 2. Menyiapkan peralatan pembuat adonan batter 3. Mengolah aneka produk adonan batter 4. Menyajikan aneka produk batter |
Kriteria:
- Membuat rencana kerja tertulis dengan benar memiliki bobot 10
- Merencanakan dan menyiapkan bahan dan alat dengan benar memiliki bobot 10
- Membuat adonan dengan prosedur yang benar memiliki bobot 50
- Menyajikan hasil dengan mutu yang baik memiliki bobot 30
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
1. Presentasi terkait LKM: adonan batter 2. Model pembelajaran langsung untuk melakukan praktik adonan batter: - Melakukan kegiatan memilih bahan pembuat produk batter - Melakukan kegiatan memilih peralatan pembuat produk batter - Membuat produk batter - Membuat laporan praktik batter 2 X 50 |
|
Materi: Adonan Batter Pustaka: Gisslan, Wayne. 2005 . Proffesional Baking (Fourth Edition) . New York: John Wiley and Sons. |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu mengolah aneka biscuit |
1. Mendiskripsikan biscuit 2. Mengklasifikasikan biscuit 3. Mengidentifikasikan komponen biscuit 4. Menjelaskan teknik pembuatan biscuit 5. Menjelaskan prosedur pembuatan biscuit |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Penugasan mengerjakan LKM: adonan biscuit 5. Membaca modul: adonan biscuit 2 X 50 |
|
Materi: Adonan Biskuit Pustaka: Masi, Noble. 2011. Baking Fundamentals . New York: Prentice Hall: Pearson |
12% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
- Mampu memahami konsep dasar pastry bakery
- Mampu memahami bahan dalam pembuatan bakery pastry
- Mampu memahami peralatan dalam pembuatan bakery pastry
- Mampu memahami adonan batter
- Mampu memahami adonan cake
|
Kriteria:
Skor 100 apabila menjawab semua pertanyaan dengan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Tes Individu 2 X 50 |
|
Materi: Pengetahuan Bahan Makanan Pustaka: Mc. Williams, Margaret. 1985 . Food Fundamentals . New York:John Wiley and Sons. Materi: Adonan Biskuit Pustaka: Gisslan, Wayne. 2005 . Proffesional Baking (Fourth Edition) . New York: John Wiley and Sons. Materi: Adonan Batter Pustaka: Masi, Noble. 2011. Baking Fundamentals . New York: Prentice Hall: Pearson |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu mengolah aneka produk biscuit |
1. Menyiapkan bahan biscuit 2. Menyiapkan peralatan pembuat adonan biscuit 3. Mengolah aneka produk adonan biscuit 4. Menyajikan aneka produk biscuit |
Kriteria:
- Membuat rencana kerja tertulis dengan benar memiliki bobot 10
- Merencanakan dan menyiapkan bahan dan alat dengan benar memiliki bobot 10
- Membuat adonan dengan prosedur yang benar memiliki bobot 50
- Menyajikan hasil dengan mutu yang baik memiliki bobot 30
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Praktek Pengolahan Biscuit: Melakukan kegiatan memilih bahan pembuat produk biscuit - Melakukan kegiatan memilih peralatan pembuat produk biscuit - Membuat produk biscuit - Membuat laporan praktik biscuit 2 X 50 |
|
Materi: Adonan Biskuit Pustaka: Masi, Noble. 2011. Baking Fundamentals . New York: Prentice Hall: Pearson |
13% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu memahami konsep cake |
1. Mendeskripsikan pengertian cake 2. Mengklasifikasikan cake 3. Mengidentifikasi kan komponen cake 4. Menjelaskan teknik pembuatan cake 5. Menjelaskan prosedur pembuatan cake berdasarkan |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Konsultasi resep, membuat perencanaan praktek 2 X 50 |
|
Materi: Adonan Cake Pustaka: Gisslan, Wayne. 2005 . Proffesional Baking (Fourth Edition) . New York: John Wiley and Sons. |
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu mengolah aneka produk pastry |
1. Menyiapkan bahan cake 2. Menyiapkan peralatan pembuat adonan cake 3. Mengolah aneka produk adonan cake 4. Menyajikan aneka produk cake |
Kriteria:
- Membuat rencana kerja tertulis dengan benar memiliki bobot 10
- Merencanakan dan menyiapkan bahan dan alat dengan benar memiliki bobot 10
- Membuat adonan dengan prosedur yang benar memiliki bobot 50
- Menyajikan hasil dengan mutu yang baik memiliki bobot 30
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
1. Presentasi terkait LKM: adonan cake 2. Model pembelajaran langsung untuk melakukan praktik adonan cake : - Melakukan kegiatan memilih bahan pembuat produk cake - Melakukan kegiatan memilih peralatan pembuat produk cake - Membuat produk cake - Membuat laporan praktik cake 2 X 50 |
|
Materi: Adonan Cake Pustaka: Gisslan, Wayne. 2005 . Proffesional Baking (Fourth Edition) . New York: John Wiley and Sons. |
13% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memahami konsep pastry |
1.Mendeskripsikan pengertian pastry 2. Mengklasifikasikan pastry 3.Mengidentifikasi kan komponen pastry 4.Menjelaskan teknik pembuatan pastry 5. Menjelaskan prosedur pembuatan pastry |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Penugasan mengerjakan LKM: adonan pastry 5. Membaca modul: adonan pastry 2 X 50 |
|
Materi: Adonan Pastry Pustaka: Gisslan, Wayne. 2005 . Proffesional Baking (Fourth Edition) . New York: John Wiley and Sons. |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu mengolah aneka produk pastry |
1. Menyiapkan bahan pastry 2. Menyiapkan peralatan pembuat adonan pastry 3. Mengolah aneka produk adonan pastry 4. Menyajikan aneka produk pastry |
Kriteria:
- Membuat rencana kerja tertulis dengan benar memiliki bobot 10
- Merencanakan dan menyiapkan bahan dan alat dengan benar memiliki bobot 10
- Membuat adonan dengan prosedur yang benar memiliki bobot 50
- Menyajikan hasil dengan mutu yang baik memiliki bobot 30
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
1. Presentasi terkait LKM: adonan pastry 2. Model pembelajaran langsung untuk melakukan praktik adonan pastry : - Melakukan kegiatan memilih bahan pembuat produk pastry - Melakukan kegiatan memilih peralatan pembuat produk pastry - Membuat produk pastry - Membuat laporan praktik pastry 2 X 50 |
|
Materi: Adonan Pastry Pustaka: Gisslan, Wayne. 2005 . Proffesional Baking (Fourth Edition) . New York: John Wiley and Sons. |
12% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu memahami konsep bread dan danish pastry |
1. Mendeskripsikan pengertian bread dan danish pastry 2. Mengklasifikasikan bread dan danish pastry 3. Mengidentifikasi kan komponen bread dan danish pastry 4. Menjelaskan teknik pembuatan bread dan danish pastry 5. Menjelaskan prosedur pembuatan bread dan danish pastry |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Penugasan mengerjakan LKM: adonan bread dan danish pastry 5. Membaca modul: adonan bread dan danish pastry 2 X 50 |
|
Materi: Adonan bread Pustaka: Gisslan, Wayne. 2005 . Proffesional Baking (Fourth Edition) . New York: John Wiley and Sons. |
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu mengolah aneka produk bread dan danish pastry |
1. Menyiapkan bahan bread dan danish pastry 2. Menyiapkan peralatan pembuat adonan bread dan danish pastry 3. Mengolah aneka produk adonan bread dan danish pastry 4. Menyajikan aneka produk bread dan danish pastry |
Kriteria:
- Membuat rencana kerja tertulis dengan benar memiliki bobot 10
- Merencanakan dan menyiapkan bahan dan alat dengan benar memiliki bobot 10
- Membuat adonan dengan prosedur yang benar memiliki bobot 50
- Menyajikan hasil dengan mutu yang baik memiliki bobot 30
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
1. Presentasi terkait LKM: adonan bread dan danish pastry 2. Model pembelajaran langsung untuk melakukan praktik adonan bread dan danish pastry: - Memilih bahan pembuat produk bread dan danish pastry - Memilih peralatan pembuat produk pastry dan danish pastry - Membuat produk bread dan danish pastry - Membuat laporan praktik bread dan danish pastry 2 X 50 |
|
Materi: Adonan bread Pustaka: . The Culinary Institute of America. 2014. In the Hands of a Bakers . New Jersey: John Wiley & Sons. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
- Mampu memahami adonan cake
- Mampu memahami adonan pastry
- Mampu memahami adonan bread
|
Kriteria:
Skor 100 apabila menjawab semua pertanyaan dengan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
2 X 50 |
|
Materi: Materi Bakery Pastry Pustaka: Gisslan, Wayne. 2005 . Proffesional Baking (Fourth Edition) . New York: John Wiley and Sons. |
15% |