Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Tata Boga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Operasional Pastry dan Bakery

99999440603061

T=3

P=0

ECTS=4.77

2

8 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Lilis Sulandari, S.Pt., M.P.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menunjukkan pemahaman konsep manajemen, komunikasi, literasi global, bahan makanan, kesehatan, dan pariwisata

PLO-6

Mampu menerapkan multidisipliner ilmu dengan mengintegrasikan teknologi modern (IPTEKS) dalam menghasilkan produk seni kuliner, prototipe/desain produk, dan menyusun laporan pertanggungjawaban

PLO-7

Mampu menyusun menu, mengolah, mempresentasikan, dan menyimpan produk makanan, minuman atau masakan sesuai dengan standar yang berlaku (prosedur, kebersihan, sehat dan aman, inovatif, nilai estetika) dengan menerapkan K3 di lingkungan kerja, dengan memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efisien

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu memahami konsep dasar kue kontinental komersiil di industri jasa boga

PO - 2

Mampu mengoperasionalkan peralatan produksi bakery dan pastry

PO - 3

Mampu memahami bahan pokok adonan

PO - 4

Mampu memahami bahan tambahan adonan

PO - 5

Mampu memahami konsep adonan batter

PO - 6

Mampu memahami konsep biscuit

PO - 7

Mampu mengolah aneka produk biscuit

PO - 8

Mampu memahami konsep cake

PO - 9

Mampu mengolah aneka produk cake

PO - 10

Mampu memahami konsep adonan pastry

PO - 11

Mampu mengolah aneka produk adonan pastry

PO - 12

Mampu memahami konsep adonan roti

PO - 13

Mampu mengolah aneka produk roti

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6PLO-7
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6   
PO-7   
PO-8   
PO-9   
PO-10   
PO-11   
PO-12   
PO-13   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini merupakan pengkajian konsep dan penerapan berbagai adonan kue kontinental komersial. Pembahasan diawali dari konsep dasar kue kontinental, bahan dan alat dalam pembuatan adonan, klasifikasi adonan, proses pembuatan berbagai adonan kue kontinental, dan proses penyelesaian (finishing). PBM dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik dan praktik secara berkelompok dan diakhiri dengan uji kompetensi.

Pustaka

Utama :

  1. Annonimous. 2003. The Essence of Modern Bakery and Pastry Delicious. Jakarta:Trans.
  2. Chung, Roy . 2002. US. Wheat Associates . Thailand. (Tidak dipublikasikan)
  3. Crawford, Rick Douglas. 2014. Opening and Operating a Retail Bakery . New Jersey: John Wiley & Sons.
  4. Gisslan, Wayne. 2005 . Proffesional Baking (Fourth Edition) . New York: John Wiley and Sons.
  5. Harvey Lang, Jennifer. 1988 . Larousse Gastronomique. New York: Publishers, Inc.
  6. Hawkins, Kathryn. 2012. Bread making: Self Sufficiency . London: New Holland Publishers Ltd.
  7. Jeanne Himich Freeland, Graves and Peckham, Gladys. 1987 . Foundations of Food Preparation. New York:Macmillan Publishing Co.
  8. Mc. Williams, Margaret. 1985 . Food Fundamentals . New York:John Wiley and Sons.
  9. Masi, Noble. 2011. Baking Fundamentals . New York: Prentice Hall: Pearson
  10. . The Culinary Institute of America. 2014. In the Hands of a Bakers . New Jersey: John Wiley & Sons.
  11. . US. Wheat Association. 1983 . Pedoman Pembuatan Roti dan Kue . Jakarta: Djambatan
  12. . Buku Ajar Bakery dan Pastry.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dra. Lucia Tri Pangesthi, M.Pd.

Ila Huda Puspita Dewi, S.Pd., MM.Par.

Annisa Nur'aini, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami konsep dasar kue kontinental komersiil di industri jasa boga

1.Menguraikan kronologis sejarah perkembangan bakery & pastry, 2. Mendeskripsikan definisi bakery dan pastry 3. Mengklasifikasi kan jenis-jenis adonan 4. Mengidentifikasi ciri-ciri setiap jenis adonan 5. Menggambarkan struktur organisasi dapur bakery dan pastry.

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Penugasan mengerjakan LKM: Konsep dasar bakery dan pastry 5. Membaca modul: Konsep dasar Bakery dan pastry
2 X 50

Materi: Sejarah perkembangan bakery & pastry
Pustaka: Gisslan, Wayne. 2005 . Proffesional Baking (Fourth Edition) . New York: John Wiley and Sons.
0%

2

Minggu ke 2

Mampu mengoperasional kan peralatan produksi bakery dan pastry

1. Mendefinisikan pengertian peralatan bakery dan pastry 2. Mengklasifikasi-kan jenis-jenis peralatan bakery dan pastry 3. Menjelaskan fungsi peralatan bakery dan pastry 4. Menjelaskan cara mengoperasional kan peralatan bakery dan pastry

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Penugasan mengerjakan LKM tentang identifikasi peralatan pembuatan kue kontinental 5. Membaca modul: Peralatan bakery dan pastry
2 X 50

Materi: Materi Bakery Pastry
Pustaka: Gisslan, Wayne. 2005 . Proffesional Baking (Fourth Edition) . New York: John Wiley and Sons.
0%

3

Minggu ke 3

Mampu memahami bahan pokok adonan

1. Merndeskripsi kan pengertian bahan pokok 2. Mengklasifikasikan bahan pokok berdasarkan fungsi (bahan pembentuk kerangka kue, bahan pengempuk, bahan pemberi rasa, bahan pengembang) bahan pemberi rasa, bahan pengembang) 3. Menyebutkan jenis-jenis bahan pokok adonan 4. Menyebutkan fungsi bahan pokok adonan 5. Menjelaskan cara penyimpanan bahan pokok adonan

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Penugasan mengerjakan LKM: identifikasi bahan dalam berbagai adonan kue kontinental
2 X 50

Materi: Pengetahuan Bahan Makanan
Pustaka: Mc. Williams, Margaret. 1985 . Food Fundamentals . New York:John Wiley and Sons.
0%

4

Minggu ke 4

Mampu memahami bahan tambahan adonan

1. Menjelaskan pengertian bahan tambahan, 2. Mengklasifikasi kan bahan tambahan adonan (bahan pengisi, bahan penutup/topping, bahan perasa dan aroma, bahan pewarna, bahan pengembang, bahan pengemulsi, bahan pengempuk) 3. Menyebutkan jenis-jenis bahan tambahan adonan 4. Menyebutkan fungsi bahan tambahan adonan 5. Menjelaskan cara penyimpanan bahan tambahan

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Penugasan mengerjakan LKM: identifikasi bahan dalam berbagai adonan kue kontinental 5. Membaca modul: identifikasi bahan dalam berbagai adonan kue kontinental
2 X 50

Materi: Pengetahuan Bahan Makanan
Pustaka: Mc. Williams, Margaret. 1985 . Food Fundamentals . New York:John Wiley and Sons.
0%

5

Minggu ke 5

Mampu memahami konsep batter

1. Menjelaskan pengertian batter 2. Mengklasifikasikan adonan batter 3. Mengidentifikasi komponen batter 4. Menjelaskan prosedur pembuatan batter 5. Menjelaskan cara penyajian aneka produk batter

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Penugasan mengerjakan LKM: adonan batter 5. Membaca modul: adonan batter
2 X 50

Materi: Adonan Batter
Pustaka: Gisslan, Wayne. 2005 . Proffesional Baking (Fourth Edition) . New York: John Wiley and Sons.
0%

6

Minggu ke 6

Mampu memahami konsep adonan biscuit

1. Menyiapkan bahan batter 2. Menyiapkan peralatan pembuat adonan batter 3. Mengolah aneka produk adonan batter 4. Menyajikan aneka produk batter

Kriteria:
  1. Membuat rencana kerja tertulis dengan benar memiliki bobot 10
  2. Merencanakan dan menyiapkan bahan dan alat dengan benar memiliki bobot 10
  3. Membuat adonan dengan prosedur yang benar memiliki bobot 50
  4. Menyajikan hasil dengan mutu yang baik memiliki bobot 30

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
1. Presentasi terkait LKM: adonan batter 2. Model pembelajaran langsung untuk melakukan praktik adonan batter: - Melakukan kegiatan memilih bahan pembuat produk batter - Melakukan kegiatan memilih peralatan pembuat produk batter - Membuat produk batter - Membuat laporan praktik batter
2 X 50

Materi: Adonan Batter
Pustaka: Gisslan, Wayne. 2005 . Proffesional Baking (Fourth Edition) . New York: John Wiley and Sons.
0%

7

Minggu ke 7

Mampu mengolah aneka biscuit

1. Mendiskripsikan biscuit 2. Mengklasifikasikan biscuit 3. Mengidentifikasikan komponen biscuit 4. Menjelaskan teknik pembuatan biscuit 5. Menjelaskan prosedur pembuatan biscuit

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Penugasan mengerjakan LKM: adonan biscuit 5. Membaca modul: adonan biscuit
2 X 50

Materi: Adonan Biskuit
Pustaka: Masi, Noble. 2011. Baking Fundamentals . New York: Prentice Hall: Pearson
12%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

  1. Mampu memahami konsep dasar pastry bakery
  2. Mampu memahami bahan dalam pembuatan bakery pastry
  3. Mampu memahami peralatan dalam pembuatan bakery pastry
  4. Mampu memahami adonan batter
  5. Mampu memahami adonan cake
Kriteria:

Skor 100 apabila menjawab semua pertanyaan dengan benar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Tes Individu
2 X 50

Materi: Pengetahuan Bahan Makanan
Pustaka: Mc. Williams, Margaret. 1985 . Food Fundamentals . New York:John Wiley and Sons.

Materi: Adonan Biskuit
Pustaka: Gisslan, Wayne. 2005 . Proffesional Baking (Fourth Edition) . New York: John Wiley and Sons.

Materi: Adonan Batter
Pustaka: Masi, Noble. 2011. Baking Fundamentals . New York: Prentice Hall: Pearson
15%

9

Minggu ke 9

Mampu mengolah aneka produk biscuit

1. Menyiapkan bahan biscuit 2. Menyiapkan peralatan pembuat adonan biscuit 3. Mengolah aneka produk adonan biscuit 4. Menyajikan aneka produk biscuit

Kriteria:
  1. Membuat rencana kerja tertulis dengan benar memiliki bobot 10
  2. Merencanakan dan menyiapkan bahan dan alat dengan benar memiliki bobot 10
  3. Membuat adonan dengan prosedur yang benar memiliki bobot 50
  4. Menyajikan hasil dengan mutu yang baik memiliki bobot 30

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Praktek Pengolahan Biscuit: Melakukan kegiatan memilih bahan pembuat produk biscuit - Melakukan kegiatan memilih peralatan pembuat produk biscuit - Membuat produk biscuit - Membuat laporan praktik biscuit
2 X 50

Materi: Adonan Biskuit
Pustaka: Masi, Noble. 2011. Baking Fundamentals . New York: Prentice Hall: Pearson
13%

10

Minggu ke 10

Mampu memahami konsep cake

1. Mendeskripsikan pengertian cake 2. Mengklasifikasikan cake 3. Mengidentifikasi kan komponen cake 4. Menjelaskan teknik pembuatan cake 5. Menjelaskan prosedur pembuatan cake berdasarkan

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Konsultasi resep, membuat perencanaan praktek
2 X 50

Materi: Adonan Cake
Pustaka: Gisslan, Wayne. 2005 . Proffesional Baking (Fourth Edition) . New York: John Wiley and Sons.
0%

11

Minggu ke 11

Mampu mengolah aneka produk pastry

1. Menyiapkan bahan cake 2. Menyiapkan peralatan pembuat adonan cake 3. Mengolah aneka produk adonan cake 4. Menyajikan aneka produk cake

Kriteria:
  1. Membuat rencana kerja tertulis dengan benar memiliki bobot 10
  2. Merencanakan dan menyiapkan bahan dan alat dengan benar memiliki bobot 10
  3. Membuat adonan dengan prosedur yang benar memiliki bobot 50
  4. Menyajikan hasil dengan mutu yang baik memiliki bobot 30

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
1. Presentasi terkait LKM: adonan cake 2. Model pembelajaran langsung untuk melakukan praktik adonan cake : - Melakukan kegiatan memilih bahan pembuat produk cake - Melakukan kegiatan memilih peralatan pembuat produk cake - Membuat produk cake - Membuat laporan praktik cake
2 X 50

Materi: Adonan Cake
Pustaka: Gisslan, Wayne. 2005 . Proffesional Baking (Fourth Edition) . New York: John Wiley and Sons.
13%

12

Minggu ke 12

Mampu memahami konsep pastry

1.Mendeskripsikan pengertian pastry 2. Mengklasifikasikan pastry 3.Mengidentifikasi kan komponen pastry 4.Menjelaskan teknik pembuatan pastry 5. Menjelaskan prosedur pembuatan pastry

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Penugasan mengerjakan LKM: adonan pastry 5. Membaca modul: adonan pastry
2 X 50

Materi: Adonan Pastry
Pustaka: Gisslan, Wayne. 2005 . Proffesional Baking (Fourth Edition) . New York: John Wiley and Sons.
10%

13

Minggu ke 13

Mampu mengolah aneka produk pastry

1. Menyiapkan bahan pastry 2. Menyiapkan peralatan pembuat adonan pastry 3. Mengolah aneka produk adonan pastry 4. Menyajikan aneka produk pastry

Kriteria:
  1. Membuat rencana kerja tertulis dengan benar memiliki bobot 10
  2. Merencanakan dan menyiapkan bahan dan alat dengan benar memiliki bobot 10
  3. Membuat adonan dengan prosedur yang benar memiliki bobot 50
  4. Menyajikan hasil dengan mutu yang baik memiliki bobot 30

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
1. Presentasi terkait LKM: adonan pastry 2. Model pembelajaran langsung untuk melakukan praktik adonan pastry : - Melakukan kegiatan memilih bahan pembuat produk pastry - Melakukan kegiatan memilih peralatan pembuat produk pastry - Membuat produk pastry - Membuat laporan praktik pastry
2 X 50

Materi: Adonan Pastry
Pustaka: Gisslan, Wayne. 2005 . Proffesional Baking (Fourth Edition) . New York: John Wiley and Sons.
12%

14

Minggu ke 14

Mampu memahami konsep bread dan danish pastry

1. Mendeskripsikan pengertian bread dan danish pastry 2. Mengklasifikasikan bread dan danish pastry 3. Mengidentifikasi kan komponen bread dan danish pastry 4. Menjelaskan teknik pembuatan bread dan danish pastry 5. Menjelaskan prosedur pembuatan bread dan danish pastry

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Penugasan mengerjakan LKM: adonan bread dan danish pastry 5. Membaca modul: adonan bread dan danish pastry
2 X 50

Materi: Adonan bread
Pustaka: Gisslan, Wayne. 2005 . Proffesional Baking (Fourth Edition) . New York: John Wiley and Sons.
0%

15

Minggu ke 15

Mampu mengolah aneka produk bread dan danish pastry

1. Menyiapkan bahan bread dan danish pastry 2. Menyiapkan peralatan pembuat adonan bread dan danish pastry 3. Mengolah aneka produk adonan bread dan danish pastry 4. Menyajikan aneka produk bread dan danish pastry

Kriteria:
  1. Membuat rencana kerja tertulis dengan benar memiliki bobot 10
  2. Merencanakan dan menyiapkan bahan dan alat dengan benar memiliki bobot 10
  3. Membuat adonan dengan prosedur yang benar memiliki bobot 50
  4. Menyajikan hasil dengan mutu yang baik memiliki bobot 30

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
1. Presentasi terkait LKM: adonan bread dan danish pastry 2. Model pembelajaran langsung untuk melakukan praktik adonan bread dan danish pastry: - Memilih bahan pembuat produk bread dan danish pastry - Memilih peralatan pembuat produk pastry dan danish pastry - Membuat produk bread dan danish pastry - Membuat laporan praktik bread dan danish pastry
2 X 50

Materi: Adonan bread
Pustaka: . The Culinary Institute of America. 2014. In the Hands of a Bakers . New Jersey: John Wiley & Sons.
10%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

  1. Mampu memahami adonan cake
  2. Mampu memahami adonan pastry
  3. Mampu memahami adonan bread
Kriteria:

Skor 100 apabila menjawab semua pertanyaan dengan benar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes

2 X 50

Materi: Materi Bakery Pastry
Pustaka: Gisslan, Wayne. 2005 . Proffesional Baking (Fourth Edition) . New York: John Wiley and Sons.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 14.66%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 45.66%
3. Penilaian Portofolio 29.66%
4. Tes 10%
99.98%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.