Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Review of Recent Language and Literature Learning Research

8800103157

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=7.56

2

31 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D.




Prof. Dr. Suhartono, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-8

Mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru berbasis pengelolaan data dan informasi hasil penelitian dan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memerhatikan nilai humaniora, metodologi ilmiah, dan perkembangan dunia akademik

PLO-14

Menguasai filsafat pendidikan, filsafat bahasa dan sastra, dan teori-teori mutakhir bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat menerapkan teori dan konsep baru dalam penelitian yang berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra (C3)

PO - 2

Mahasiswa dapat menganalisis data dan informasi hasil penelitian untuk mengembangkan gagasan ilmiah baru (C4)

PO - 3

Mahasiswa dapat mengevaluasi metodologi ilmiah dalam pengembangan teori bahasa dan sastra (C5)

PO - 4

Mahasiswa dapat menciptakan karya kreatif di bidang pendidikan bahasa dan sastra yang original dan teruji (C6)

PO - 5

Mahasiswa dapat menerapkan teori-teori mutakhir dalam praktik profesional pendidikan bahasa dan sastra (C3)

PO - 6

Mahasiswa dapat menganalisis filsafat pendidikan dan filsafat bahasa untuk memperdalam pemahaman teoretis (C4)

PO - 7

Mahasiswa dapat mengevaluasi dan mengintegrasikan teori-teori mutakhir dalam pembelajaran bahasa dan sastra (C5)

PO - 8

Mahasiswa dapat menciptakan metodologi penelitian baru yang inovatif dalam studi bahasa dan sastra (C6)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-8PLO-14
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  
PO-8  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pembahasan kajian pustaka dan kerangka teori disertasi dengan memanfaatkan teori-teori dan hasil penelitian yang relevan dengan disertasi melalui kegiatan diskusi atau pun belajar mandiri untuk menghasilkan kajian pustaka dan kerangka teori disertasi.

Pustaka

Utama :

  1. Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Him'mawan Adi Nugroho, S.Pd., M.Pd.

Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu memahami topik disertasi (linguistik) · Menguasai konsep linguistik dalam penentuan topilk disertasi · Bertanggung jawab terhadap penentuan topik disertasi (linguistik)

Menentukan topik disertasi

Kriteria:

Nilai untuk yang telah menentukan topik yang sesuai untuk disertasi (linguistik)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi
2 X 50

Materi: Menentukan topik disertasi
Pustaka:

Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.

5%

2

Minggu ke 2

· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu memahami topik disertasi (linguistik) · Menguasai konsep linguistik dalam penentuan topilk disertasi · Bertanggung jawab terhadap penentuan topik disertasi (linguistik)

Menentukan topik disertasi

Kriteria:

Nilai untuk yang telah menentukan topik yang sesuai untuk disertasi (linguistik)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi
2 X 50

Materi: Menentukan topik disertasi
Pustaka:

Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.

5%

3

Minggu ke 3

· Memahami konsep linguistik yang sesuai dengan topik disertasi · Menguasai artikel dari jurnal yang relevan dengan topik disertasi (minimal lima artikel) Bertanggung jawab terhadap pembahasan kajian pustaka

  1. Menjelaskan konsep kesastraan yang sesuai dengan topik disertasiMenjelaskan artikel dari jurnal yang seuai dengan topik disertasi
  2. Menghasilkan kerangka kajian pustaka
Kriteria:

Nilai untuk presentasi yang memenuhi kriteria


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan presentasi
2 X 50

Materi: konsep kesastraan yang sesuai dengan topik disertasiMenjelaskan artikel dari jurnal yang seuai dengan topik disertasi
Pustaka:

Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.

5%

4

Minggu ke 4

· Memahami konsep linguistik yang sesuai dengan topik disertasi · Menguasai artikel dari jurnal yang relevan dengan topik disertasi (minimal lima artikel) Bertanggung jawab terhadap pembahasan kajian pustaka

  1. Menjelaskan konsep kesastraan yang sesuai dengan topik disertasiMenjelaskan artikel dari jurnal yang seuai dengan topik disertasi
  2. Menghasilkan kerangka kajian pustaka
Kriteria:

Nilai untuk presentasi yang memenuhi kriteria


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan presentasi
2 X 50

Materi: konsep kesastraan yang sesuai dengan topik disertasiMenjelaskan artikel dari jurnal yang seuai dengan topik disertasi
Pustaka:

Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.

5%

5

Minggu ke 5

Memanfaatkan Ipteks untuk menghasilkan uraian kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik).

Menghasilkan kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik).

Kriteria:
  1. Nilai 4 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal: isi lengkap dan sesuai, bahasa baik, sistematika baik.
  2. Nilai 3 untuk kajiajn teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal, tapi salah satunya masih ada kurang.
  3. Nilai 2 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal tapi hanya satu yang seuai dengan kriteria.
  4. Nilai 1 untuk kajian teori danm presentasi yang memenuhi dua atau satu hal.
  5. Nilai 0 untuk yang tanpa jawaban.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi
2 X 50

Materi: kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik).
Pustaka:

Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.

5%

6

Minggu ke 6

Memanfaatkan Ipteks untuk menghasilkan uraian kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik).

Menghasilkan kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan

Kriteria:
  1. Nilai 4 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal: isi lengkap dan sesuai, bahasa baik, sistematika baik.
  2. Nilai 3 untuk kajiajn teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal, tapi salah satunya masih ada kurang.
  3. Nilai 2 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal tapi hanya satu yang seuai dengan kriteria.
  4. Nilai 1 untuk kajian teori danm presentasi yang memenuhi dua atau satu hal.
  5. Nilai 0 untuk yang tanpa jawaban.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi
2 X 50

Materi: kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan
Pustaka:

Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.

5%

7

Minggu ke 7

Memanfaatkan Ipteks untuk menghasilkan uraian kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik).

Menghasilkan kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan

Kriteria:
  1. Nilai 4 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal: isi lengkap dan sesuai, bahasa baik, sistematika baik.
  2. Nilai 3 untuk kajiajn teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal, tapi salah satunya masih ada kurang.
  3. Nilai 2 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal tapi hanya satu yang seuai dengan kriteria.
  4. Nilai 1 untuk kajian teori danm presentasi yang memenuhi dua atau satu hal.
  5. Nilai 0 untuk yang tanpa jawaban.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan diskusi
2 X 50

Materi: kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan
Pustaka:

Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.

5%

8

Minggu ke 8

Memanfaatkan Ipteks untuk menghasilkan uraian kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik).

Menghasilkan kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan

Kriteria:
  1. Nilai 4 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal: isi lengkap dan sesuai, bahasa baik, sistematika baik.
  2. Nilai 3 untuk kajiajn teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal, tapi salah satunya masih ada kurang.
  3. Nilai 2 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal tapi hanya satu yang seuai dengan kriteria.
  4. Nilai 1 untuk kajian teori danm presentasi yang memenuhi dua atau satu hal.
  5. Nilai 0 untuk yang tanpa jawaban.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan diskusi
2 X 50

Materi: kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan
Pustaka:

Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.

5%

9

Minggu ke 9

Memanfaatkan Ipteks untuk menghasilkan uraian kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik).

Menghasilkan kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan

Kriteria:
  1. Nilai 4 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal: isi lengkap dan sesuai, bahasa baik, sistematika baik.
  2. Nilai 3 untuk kajiajn teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal, tapi salah satunya masih ada kurang.
  3. Nilai 2 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal tapi hanya satu yang seuai dengan kriteria.
  4. Nilai 1 untuk kajian teori danm presentasi yang memenuhi dua atau satu hal.
  5. Nilai 0 untuk yang tanpa jawaban.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan diskusi
2 X 50

Materi: kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan
Pustaka:

Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.

10%

10

Minggu ke 10

Memanfaatkan Ipteks untuk menghasilkan uraian kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik).

Menghasilkan kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan

Kriteria:
  1. Nilai 4 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal: isi lengkap dan sesuai, bahasa baik, sistematika baik.
  2. Nilai 3 untuk kajiajn teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal, tapi salah satunya masih ada kurang.
  3. Nilai 2 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal tapi hanya satu yang seuai dengan kriteria.
  4. Nilai 1 untuk kajian teori danm presentasi yang memenuhi dua atau satu hal.
  5. Nilai 0 untuk yang tanpa jawaban.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan diskusi
2 X 50

Materi: kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan
Pustaka:

Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.

5%

11

Minggu ke 11

Memanfaatkan Ipteks untuk menghasilkan uraian kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik).

Menghasilkan kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan

Kriteria:
  1. Nilai 4 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal: isi lengkap dan sesuai, bahasa baik, sistematika baik.
  2. Nilai 3 untuk kajiajn teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal, tapi salah satunya masih ada kurang.
  3. Nilai 2 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal tapi hanya satu yang seuai dengan kriteria.
  4. Nilai 1 untuk kajian teori danm presentasi yang memenuhi dua atau satu hal.
  5. Nilai 0 untuk yang tanpa jawaban.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi
2 X 50

Materi: kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan
Pustaka:

Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.

5%

12

Minggu ke 12

Memanfaatkan Ipteks untuk menghasilkan uraian kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik).

Menghasilkan kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan

Kriteria:
  1. Nilai 4 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal: isi lengkap dan sesuai, bahasa baik, sistematika baik.
  2. Nilai 3 untuk kajiajn teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal, tapi salah satunya masih ada kurang.
  3. Nilai 2 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal tapi hanya satu yang seuai dengan kriteria.
  4. Nilai 1 untuk kajian teori danm presentasi yang memenuhi dua atau satu hal.
  5. Nilai 0 untuk yang tanpa jawaban.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan diskusi
2 X 50

Materi: kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan
Pustaka:

Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.

5%

13

Minggu ke 13

Memanfaatkan Ipteks untuk menghasilkan uraian kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik).

Menghasilkan kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan

Kriteria:
  1. Nilai 4 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal: isi lengkap dan sesuai, bahasa baik, sistematika baik.
  2. Nilai 3 untuk kajiajn teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal, tapi salah satunya masih ada kurang.
  3. Nilai 2 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal tapi hanya satu yang seuai dengan kriteria.
  4. Nilai 1 untuk kajian teori danm presentasi yang memenuhi dua atau satu hal.
  5. Nilai 0 untuk yang tanpa jawaban.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi
2 X 50

Materi: kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan
Pustaka:

Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.

5%

14

Minggu ke 14

Memanfaatkan Ipteks untuk menghasilkan uraian kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik).

Menghasilkan kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan

Kriteria:
  1. Nilai 4 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal: isi lengkap dan sesuai, bahasa baik, sistematika baik.
  2. Nilai 3 untuk kajiajn teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal, tapi salah satunya masih ada kurang.
  3. Nilai 2 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal tapi hanya satu yang seuai dengan kriteria.
  4. Nilai 1 untuk kajian teori danm presentasi yang memenuhi dua atau satu hal.
  5. Nilai 0 untuk yang tanpa jawaban.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan diskusi
2 X 50

Materi: kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan
Pustaka:

Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.

10%

15

Minggu ke 15

Memanfaatkan Ipteks untuk menghasilkan uraian kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik).

Menghasilkan kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan

Kriteria:
  1. Nilai 4 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal: isi lengkap dan sesuai, bahasa baik, sistematika baik.
  2. Nilai 3 untuk kajiajn teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal, tapi salah satunya masih ada kurang.
  3. Nilai 2 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal tapi hanya satu yang seuai dengan kriteria.
  4. Nilai 1 untuk kajian teori danm presentasi yang memenuhi dua atau satu hal.
  5. Nilai 0 untuk yang tanpa jawaban.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan diskusi
2 X 50

Materi: kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan
Pustaka:

Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.

0%

16

Minggu ke 16

Memanfaatkan Ipteks untuk menghasilkan uraian kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik).

Menghasilkan kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan

Kriteria:
  1. Nilai 4 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal: isi lengkap dan sesuai, bahasa baik, sistematika baik.
  2. Nilai 3 untuk kajiajn teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal, tapi salah satunya masih ada kurang.
  3. Nilai 2 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal tapi hanya satu yang seuai dengan kriteria.
  4. Nilai 1 untuk kajian teori danm presentasi yang memenuhi dua atau satu hal.
  5. Nilai 0 untuk yang tanpa jawaban.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi dan diskusi
2 X 50

Materi: kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan
Pustaka:

Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.

20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 17.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 57.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 25%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.