
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Review of Recent Language and Literature Learning Research |
8800103157 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=7.56 |
2 |
31 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D.
|
SUHARTONO |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-5 |
Mampu menguasai filsafat pendidikan, filsafat bahasa dan sastra, dan teori-teori mutakhir bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya |
PLO-8 |
Mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru berbasis pengelolaan data dan informasi hasil penelitian dan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memerhatikan nilai humaniora, metodologi ilmiah, dan perkembangan dunia akademik |
PLO-11 |
Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan bahasa dan sastra atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif bidang pendidikan bahasa dan sastra yang original dan teruji |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memanfaatkan ipteks untuk menyusun sintesis hasil penelitian bidang pembelajaran bahasa dan sastra lima tahun terakhir dari jurnal internasional bereputasi yang mendukung dan mengakselerasi penyelesaian proposal disertasi
|
PO - 2 |
Menguasai aspek-aspek substantif artikel hasil penelitian bidang pembelajaran bahasa dan sastra yang mendukung dan mengakselerasi penyelesaian proposal disertasi
|
PO - 3 |
Mengambil keputusan strategis dalam menyusun sintesis hasil penelitian bidang pembelajaran bahasa dan sastra yang mendukung dan mengakselerasi penyelesaian proposal disertasi
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu mengkaji, mengevaluasi, dan mengembangkan penelitian mutakhir dalam pembelajaran bahasa dan sastra secara kritis, sistematis, dan kreatif untuk menghasilkan karya ilmiah yang orisinal, teruji, dan bermanfaat dalam pengembangan keilmuan dan praktik profesional pendidikan bahasa dan sastra.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-5 | PLO-8 | PLO-11 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | | ✔ | | PO-3 | | ✔ | | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | ✔ | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Penggunaan artikel hasil penelitian bidang pembelajaran bahasa dan sastra lima tahun terakhir dari jurnal internasional bereputasi yang relevan dengan topik penelitian disertasi untuk menghasilkan sintesis hasil penelitian secara komprehensif yang berguna dalam menguatkan konten bab I, bab II, dan bab III serta mengakselerasi penyelesaian proposal disertasi.Topik mata kuliah ini meliputi pengajian topik-topik, konten, dan kebaruan artikel hasil penelitian bidang pembelajaran bahasa dan sastra lima tahun terakhir dari jurnal internasional bereputasi dan daya dukungnya pada proposal disertasi melalui belajar mandiri, presentasi, diskusi, atau pun publikasi dengan produk akhir berupa sintesis hasil-hasil penelitan yang dapat disertai makalah atau artikel. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Eaton, S. E. (2010). Global Trends in Language Learning in the 21st Century.
- Zou, D., Xie, H., & Wang, F. L. (2018). Future trends and research issues of technology-enhanced language learning: A technological perspective. Knowledge Management & E-Learning, 10(4), 426-440.
- Yang, H., & Kyun, S. (2022). The current research trend of artificial intelligence in language learning: A systematic empirical literature review from an activity theory perspective. Australasian Journal of Educational Technology, 38(5), 180-210.
- Valverde-Berrocoso, J., Garrido-Arroyo, M. D. C., Burgos-Videla, C., & Morales-Cevallos, M. B. (2020). Trends in educational research about e-learning: A systematic literature review (2009–2018). Sustainability, 12(12), 5153.
|
Pendukung : |
|
- http://Scopus.com
- https://mjl.clarivate.com/home
- https://sinta.kemdikbud.go.id/
- https://www.scimagojr.com/journalrank.php?country=ID
|
Dosen Pengampu
|
SUHARTONO HIMMAWAN ADI NUGROHO AHMAD MUNIR, S.PD., M.ED.,PH.D Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D. Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D. Prof. Dr. Suhartono, M.Pd. Prof. Dr. Suhartono, M.Pd. Dr. Him'mawan Adi Nugroho, S.Pd., M.Pd. Dr. Him'mawan Adi Nugroho, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi tren dan tema utama penelitian pembelajaran bahasa dan sastra lima tahun terakhir dari jurnal internasional bereputasi. |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi tren penelitian terkini dari jurnal internasional bereputasi. |
Kriteria:
Ketepatan identifikasi (30%), relevansi tren (40%), sumber jurnal (30%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Discovery learning dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Tren Penelitian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Pustaka: |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mengklasifikasi pendekatan, metode, dan objek penelitian yang digunakan dalam studi pembelajaran bahasa dan sastra terkini. |
Mahasiswa mampu mengklasifikasi pendekatan dan metode yang dominan digunakan. |
Kriteria:
Kejelasan klasifikasi (40%), argumentasi (30%), contoh jurnal relevan (30%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pendekatan Kritis; presentasi 3 X 50 |
|
Materi: menemukan laman-laman jurnal internasional bereputasi yang memuat artikel hasil-hasil penelitian mutakhir Pustaka: https://mjl.clarivate.com/...... Materi: Mengkritisi dan mempresentasikan hasil searching sepuluh artikel jurnal internasional bereputasi tentang penelitian mutakhir pembelajaran bahasa dan sastra. Pustaka: https://www.scimagojr.com/...... Materi: Klasifikasi Metode dan Pendekatan Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi keterkaitan hasil penelitian dengan isu dan kebutuhan pembelajaran bahasa dan sastra di Indonesia. |
Mahasiswa mampu menghubungkan hasil penelitian dengan isu lokal pembelajaran. |
Kriteria:
Kesesuaian konteks (35%), analisis kritis (35%), data pendukung (30%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan kritis dan presentasi 3 X 50 |
|
Materi: Mengkritisi dan mempresentasikan hasil searching sepuluh artikel jurnal internasional bereputasi tentang penelitian mutakhir pembelajaran bahasa dan sastra. Pustaka: https://www.scimagojr.com/...... Materi: Mengkritisi dan mempresentasikan hasil searching sepuluh artikel jurnal internasional bereputasi tentang penelitian mutakhir pembelajaran bahasa dan sastra. Pustaka: Jurnal-jurnal penelitian pembelajaran bahasa dan sastra pada http://Scopus.com/...... Materi: Relevansi Penelitian Terkini dengan Konteks Nasional Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menyusun sintesis awal hasil kajian pustaka yang relevan dengan topik disertasi. |
Mahasiswa mampu membuat sintesis literatur awal untuk mendukung topik disertasi. |
Kriteria:
Keutuhan sintesis (40%), keterkaitan dengan topik (30%), orisinalitas (30%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pendekatan kritis dan presentasi 3 X 50 |
|
Materi: Mengkritisi dan mempresentasikan hasil searching sepuluh artikel jurnal internasional bereputasi tentang penelitian mutakhir pembelajaran bahasa dan sastra. Pustaka: https://mjl.clarivate.com/...... Materi: Teknik Sintesis Literatur Pustaka: |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menganalisis struktur dan isi artikel ilmiah hasil penelitian pembelajaran bahasa dan sastra. |
Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan elemen substansi artikel ilmiah. |
Kriteria:
Kelengkapan analisis (40%), pemahaman isi (30%), ketepatan terminologi (30%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pendekatan kritis dan presentasi 3 X 50 |
|
Materi: Mengkritisi dan mempresentasikan hasil searching sepuluh artikel jurnal internasional bereputasi tentang penelitian mutakhir pembelajaran bahasa dan sastra. Pustaka: Jurnal-jurnal penelitian pembelajaran bahasa dan sastra pada http://Scopus.com/...... Materi: Struktur dan Isi Artikel Ilmiah Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu membandingkan strategi penelitian dalam artikel-artikel ilmiah dan menentukan kualitasnya secara objektif. |
Mahasiswa mampu menilai kualitas artikel dan membandingkan hasil penelitian. |
Kriteria:
Argumentasi evaluatif (35%), ketepatan aspek evaluasi (35%), data pembanding (30%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pendekatan kritis dan presentasi 3 X 50 |
|
Materi: Mengkritisi dan mempresentasikan hasil searching sepuluh artikel jurnal internasional bereputasi tentang penelitian mutakhir pembelajaran bahasa dan sastra. Pustaka: https://www.scimagojr.com/...... Materi: Evaluasi Kualitas Artikel Ilmiah Pustaka: |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu merumuskan gap riset dari hasil kajian artikel ilmiah dan keterkaitannya dengan topik disertasi. |
Mahasiswa mampu merumuskan gap riset dari kajian yang telah dibaca. |
Kriteria:
Kejelasan gap (40%), relevansi dengan topik (30%), logika penalaran (30%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pendekatan kritis dan presentasi 3 X 50 |
|
Materi: Mengkritisi dan mempresentasikan hasil searching sepuluh artikel jurnal internasional bereputasi tentang penelitian mutakhir pembelajaran bahasa dan sastra. Pustaka: Jurnal-jurnal penelitian pembelajaran bahasa dan sastra pada http://Scopus.com/...... Materi: Gap Riset dan Konteks Penelitian Pustaka: |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu menyusun kerangka konseptual berdasarkan kajian literatur hasil penelitian yang terpilih. |
Mahasiswa mampu menyusun kerangka konseptual berdasarkan literatur yang dianalisis. |
Kriteria:
Ketepatan konstruk (40%), logika hubungan (30%), kelengkapan referensi (30%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
pembelajaran berbasis proyek 3 X 50 |
|
Materi: Mengkritisi dan mempresentasikan hasil searching sepuluh artikel jurnal internasional bereputasi tentang penelitian mutakhir pembelajaran bahasa dan sastra. Pustaka: Jurnal-jurnal penelitian pembelajaran bahasa dan sastra pada http://Scopus.com/...... Materi: Kerangka Konseptual Penelitian Pustaka: |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu melakukan penilaian kritis terhadap metodologi penelitian dalam studi pembelajaran bahasa dan sastra. |
Mahasiswa mampu mengkritisi metodologi penelitian terdahulu. |
Kriteria:
Ketajaman kritik (40%), keberimbangan (30%), referensi pendukung (30%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan presentasi 3 X 50 |
|
Materi: Menganalisis, mengimplementasikan, dan mempresenasikan implementasi topik, konten, jenis metode, dan hasil penelitian mutakhir tentang pembelajaran bahasa dan sastra untuk menguatkan Bab I, II, III proposal penelitian disertasi. Pustaka: https://www.researchgate.net/...... Materi: Kajian Kritis Metodologi Penelitian Pustaka: |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menyusun rekomendasi arah baru penelitian berdasarkan kajian kritis terhadap kekuatan dan kelemahan riset sebelumnya. |
Mahasiswa mampu menyusun rekomendasi untuk arah baru penelitian. |
Kriteria:
Kelayakan arah (35%), kebaruan ide (35%), argumentasi (30%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah dan presentasi 3 X 50 |
|
Materi: Menganalisis, mengimplementasikan, dan mempresenasikan implementasi topik, konten, jenis metode, dan hasil penelitian mutakhir tentang pembelajaran bahasa dan sastra untuk menguatkan Bab I, II, III proposal penelitian disertasi. Pustaka: https://sinta.kemdikbud.go.id/...... Materi: Penyusunan Rekomendasi Arah Riset Pustaka: |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu merancang pengembangan penelitian pembelajaran yang orisinal dan teruji. |
Mahasiswa mampu merancang pengembangan riset yang inovatif dan teruji. |
Kriteria:
Kelayakan desain (40%), orisinalitas (30%), ketepatan metodologi (30%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah dan presentasi 3 X 50 |
|
Materi: Menganalisis, mengimplementasikan, dan mempresenasikan implementasi topik, konten, jenis metode, dan hasil penelitian mutakhir tentang pembelajaran bahasa dan sastra untuk menguatkan Bab I, II, III proposal penelitian disertasi. Pustaka: http://gen.lib.rus.ec/...... Materi: Desain Penelitian Orisinal Pustaka: |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menyusun proposal ringkas penelitian lanjut sebagai pengembangan topik disertasi. |
Mahasiswa mampu menyusun mini-proposal penelitian sebagai bagian dari pengembangan topik disertasi. |
Kriteria:
Kelengkapan struktur (40%), ketepatan isi (30%), keterhubungan dengan kajian (30%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah dan presentasi 3 X 50 |
|
Materi: Menganalisis, mengimplementasikan, dan mempresenasikan implementasi topik, konten, jenis metode, dan hasil penelitian mutakhir tentang pembelajaran bahasa dan sastra untuk menguatkan Bab I, II, III proposal penelitian disertasi. Pustaka: http://e-resources.perpusnas.go.id/...... Materi: Penyusunan Proposal Ringkas Pustaka: |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu memformulasikan sintesis teoritis dan praktis sebagai dasar penyusunan proposal disertasi. |
Mahasiswa mampu menyusun sintesis akhir hasil kajian literatur sebagai fondasi proposal disertasi. |
Kriteria:
Koherensi sintesis (40%), kedalaman teori (30%), orisinalitas (30%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan presentasi 3 X 50 |
|
Materi: Menganalisis, mengimplementasikan, dan mempresenasikan implementasi topik, konten, jenis metode, dan hasil penelitian mutakhir tentang pembelajaran bahasa dan sastra untuk menguatkan Bab I, II, III proposal penelitian disertasi. Pustaka: https://www.scimagojr.com/...... Materi: Formulasi Sintesis Teoretis-Praktis Pustaka: |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil sintesis secara sistematis dan akademik dalam forum ilmiah. |
Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil kajian secara sistematis dan kritis. |
Kriteria:
Struktur presentasi (30%), argumentasi akademik (40%), respon terhadap pertanyaan (30%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah dan presentasi 3 X 50 |
|
Materi: Menganalisis, mengimplementasikan, dan mempresenasikan implementasi topik, konten, jenis metode, dan hasil penelitian mutakhir tentang pembelajaran bahasa dan sastra untuk menguatkan Bab I, II, III proposal penelitian disertasi. Pustaka: https://sinta.kemdikbud.go.id/...... Materi: Teknik Presentasi Akademik Pustaka: |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi umpan balik dari presentasi ilmiah dan menyusun perbaikan strategi riset. |
Mahasiswa mampu memberikan tanggapan ilmiah terhadap pertanyaan dan kritik. |
Kriteria:
Ketajaman respon (40%), argumentatif (30%), etika akademik (30%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah dan pendekatan kritis 3 X 50 |
|
Materi: Menganalisis, mengimplementasikan, dan mempresenasikan implementasi topik, konten, jenis metode, dan hasil penelitian mutakhir tentang pembelajaran bahasa dan sastra untuk menguatkan Bab I, II, III proposal penelitian disertasi. Pustaka: https://mjl.clarivate.com/...... Materi: Respons Akademik dan Umpan Balik Pustaka: |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu merevisi dan merumuskan sintesis akhir untuk memperkuat landasan disertasi yang orisinal dan inovatif. |
Mahasiswa mampu merevisi dan menyiapkan naskah untuk publikasi ilmiah. |
Kriteria:
Kesesuaian format (30%), kualitas isi (40%), kesiapan terbit (30%) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Berbasis masalah dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Revisi dan Finalisasi Artikel Pustaka: |
20% |