
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Review of Recent Language and Literature Learning Research |
8800103157 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=7.56 |
2 |
31 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D.
|
Prof. Dr. Suhartono, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-8 |
Mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru berbasis pengelolaan data dan informasi hasil penelitian dan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memerhatikan nilai humaniora, metodologi ilmiah, dan perkembangan dunia akademik |
PLO-14 |
Menguasai filsafat pendidikan, filsafat bahasa dan sastra, dan teori-teori mutakhir bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa dapat menerapkan teori dan konsep baru dalam penelitian yang berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra (C3)
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat menganalisis data dan informasi hasil penelitian untuk mengembangkan gagasan ilmiah baru (C4)
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi metodologi ilmiah dalam pengembangan teori bahasa dan sastra (C5)
|
PO - 4 |
Mahasiswa dapat menciptakan karya kreatif di bidang pendidikan bahasa dan sastra yang original dan teruji (C6)
|
PO - 5 |
Mahasiswa dapat menerapkan teori-teori mutakhir dalam praktik profesional pendidikan bahasa dan sastra (C3)
|
PO - 6 |
Mahasiswa dapat menganalisis filsafat pendidikan dan filsafat bahasa untuk memperdalam pemahaman teoretis (C4)
|
PO - 7 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi dan mengintegrasikan teori-teori mutakhir dalam pembelajaran bahasa dan sastra (C5)
|
PO - 8 |
Mahasiswa dapat menciptakan metodologi penelitian baru yang inovatif dalam studi bahasa dan sastra (C6)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-8 | PLO-14 | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | PO-4 | ✔ | | | PO-5 | | ✔ | | PO-6 | | | ✔ | PO-7 | | ✔ | | PO-8 | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pembahasan kajian pustaka dan kerangka teori disertasi dengan memanfaatkan teori-teori dan hasil penelitian yang relevan dengan disertasi melalui kegiatan diskusi atau pun belajar mandiri untuk menghasilkan kajian pustaka dan kerangka teori disertasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
-
Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Him'mawan Adi Nugroho, S.Pd., M.Pd. Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu memahami topik disertasi (linguistik) · Menguasai konsep linguistik dalam penentuan topilk disertasi · Bertanggung jawab terhadap penentuan topik disertasi (linguistik) |
Menentukan topik disertasi |
Kriteria:
Nilai untuk yang telah menentukan topik yang sesuai untuk disertasi (linguistik) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Menentukan topik disertasi Pustaka: Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.
|
5% |
2
Minggu ke 2 |
· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu memahami topik disertasi (linguistik) · Menguasai konsep linguistik dalam penentuan topilk disertasi · Bertanggung jawab terhadap penentuan topik disertasi (linguistik) |
Menentukan topik disertasi |
Kriteria:
Nilai untuk yang telah menentukan topik yang sesuai untuk disertasi (linguistik) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Menentukan topik disertasi Pustaka: Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.
|
5% |
3
Minggu ke 3 |
· Memahami konsep linguistik yang sesuai dengan topik disertasi · Menguasai artikel dari jurnal yang relevan dengan topik disertasi (minimal lima artikel) Bertanggung jawab terhadap pembahasan kajian pustaka |
- Menjelaskan konsep kesastraan yang sesuai dengan topik disertasiMenjelaskan artikel dari jurnal yang seuai dengan topik disertasi
- Menghasilkan kerangka kajian pustaka
|
Kriteria:
Nilai untuk presentasi yang memenuhi kriteria Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dan presentasi 2 X 50 |
|
Materi: konsep kesastraan yang sesuai dengan topik disertasiMenjelaskan artikel dari jurnal yang seuai dengan topik disertasi Pustaka: Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.
|
5% |
4
Minggu ke 4 |
· Memahami konsep linguistik yang sesuai dengan topik disertasi · Menguasai artikel dari jurnal yang relevan dengan topik disertasi (minimal lima artikel) Bertanggung jawab terhadap pembahasan kajian pustaka |
- Menjelaskan konsep kesastraan yang sesuai dengan topik disertasiMenjelaskan artikel dari jurnal yang seuai dengan topik disertasi
- Menghasilkan kerangka kajian pustaka
|
Kriteria:
Nilai untuk presentasi yang memenuhi kriteria Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dan presentasi 2 X 50 |
|
Materi: konsep kesastraan yang sesuai dengan topik disertasiMenjelaskan artikel dari jurnal yang seuai dengan topik disertasi Pustaka: Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memanfaatkan Ipteks untuk menghasilkan uraian kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik). |
Menghasilkan kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik). |
Kriteria:
- Nilai 4 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal: isi lengkap dan sesuai, bahasa baik, sistematika baik.
- Nilai 3 untuk kajiajn teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal, tapi salah satunya masih ada kurang.
- Nilai 2 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal tapi hanya satu yang seuai dengan kriteria.
- Nilai 1 untuk kajian teori danm presentasi yang memenuhi dua atau satu hal.
- Nilai 0 untuk yang tanpa jawaban.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik). Pustaka: Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.
|
5% |
6
Minggu ke 6 |
Memanfaatkan Ipteks untuk menghasilkan uraian kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik). |
Menghasilkan kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan |
Kriteria:
- Nilai 4 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal: isi lengkap dan sesuai, bahasa baik, sistematika baik.
- Nilai 3 untuk kajiajn teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal, tapi salah satunya masih ada kurang.
- Nilai 2 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal tapi hanya satu yang seuai dengan kriteria.
- Nilai 1 untuk kajian teori danm presentasi yang memenuhi dua atau satu hal.
- Nilai 0 untuk yang tanpa jawaban.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan Pustaka: Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.
|
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memanfaatkan Ipteks untuk menghasilkan uraian kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik). |
Menghasilkan kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan |
Kriteria:
- Nilai 4 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal: isi lengkap dan sesuai, bahasa baik, sistematika baik.
- Nilai 3 untuk kajiajn teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal, tapi salah satunya masih ada kurang.
- Nilai 2 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal tapi hanya satu yang seuai dengan kriteria.
- Nilai 1 untuk kajian teori danm presentasi yang memenuhi dua atau satu hal.
- Nilai 0 untuk yang tanpa jawaban.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan Pustaka: Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
Memanfaatkan Ipteks untuk menghasilkan uraian kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik). |
Menghasilkan kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan |
Kriteria:
- Nilai 4 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal: isi lengkap dan sesuai, bahasa baik, sistematika baik.
- Nilai 3 untuk kajiajn teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal, tapi salah satunya masih ada kurang.
- Nilai 2 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal tapi hanya satu yang seuai dengan kriteria.
- Nilai 1 untuk kajian teori danm presentasi yang memenuhi dua atau satu hal.
- Nilai 0 untuk yang tanpa jawaban.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan Pustaka: Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.
|
5% |
9
Minggu ke 9 |
Memanfaatkan Ipteks untuk menghasilkan uraian kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik). |
Menghasilkan kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan |
Kriteria:
- Nilai 4 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal: isi lengkap dan sesuai, bahasa baik, sistematika baik.
- Nilai 3 untuk kajiajn teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal, tapi salah satunya masih ada kurang.
- Nilai 2 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal tapi hanya satu yang seuai dengan kriteria.
- Nilai 1 untuk kajian teori danm presentasi yang memenuhi dua atau satu hal.
- Nilai 0 untuk yang tanpa jawaban.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan Pustaka: Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.
|
10% |
10
Minggu ke 10 |
Memanfaatkan Ipteks untuk menghasilkan uraian kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik). |
Menghasilkan kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan |
Kriteria:
- Nilai 4 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal: isi lengkap dan sesuai, bahasa baik, sistematika baik.
- Nilai 3 untuk kajiajn teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal, tapi salah satunya masih ada kurang.
- Nilai 2 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal tapi hanya satu yang seuai dengan kriteria.
- Nilai 1 untuk kajian teori danm presentasi yang memenuhi dua atau satu hal.
- Nilai 0 untuk yang tanpa jawaban.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan Pustaka: Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.
|
5% |
11
Minggu ke 11 |
Memanfaatkan Ipteks untuk menghasilkan uraian kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik). |
Menghasilkan kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan |
Kriteria:
- Nilai 4 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal: isi lengkap dan sesuai, bahasa baik, sistematika baik.
- Nilai 3 untuk kajiajn teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal, tapi salah satunya masih ada kurang.
- Nilai 2 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal tapi hanya satu yang seuai dengan kriteria.
- Nilai 1 untuk kajian teori danm presentasi yang memenuhi dua atau satu hal.
- Nilai 0 untuk yang tanpa jawaban.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan Pustaka: Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.
|
5% |
12
Minggu ke 12 |
Memanfaatkan Ipteks untuk menghasilkan uraian kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik). |
Menghasilkan kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan |
Kriteria:
- Nilai 4 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal: isi lengkap dan sesuai, bahasa baik, sistematika baik.
- Nilai 3 untuk kajiajn teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal, tapi salah satunya masih ada kurang.
- Nilai 2 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal tapi hanya satu yang seuai dengan kriteria.
- Nilai 1 untuk kajian teori danm presentasi yang memenuhi dua atau satu hal.
- Nilai 0 untuk yang tanpa jawaban.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan Pustaka: Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
Memanfaatkan Ipteks untuk menghasilkan uraian kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik). |
Menghasilkan kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan |
Kriteria:
- Nilai 4 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal: isi lengkap dan sesuai, bahasa baik, sistematika baik.
- Nilai 3 untuk kajiajn teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal, tapi salah satunya masih ada kurang.
- Nilai 2 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal tapi hanya satu yang seuai dengan kriteria.
- Nilai 1 untuk kajian teori danm presentasi yang memenuhi dua atau satu hal.
- Nilai 0 untuk yang tanpa jawaban.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan Pustaka: Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.
|
5% |
14
Minggu ke 14 |
Memanfaatkan Ipteks untuk menghasilkan uraian kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik). |
Menghasilkan kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan |
Kriteria:
- Nilai 4 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal: isi lengkap dan sesuai, bahasa baik, sistematika baik.
- Nilai 3 untuk kajiajn teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal, tapi salah satunya masih ada kurang.
- Nilai 2 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal tapi hanya satu yang seuai dengan kriteria.
- Nilai 1 untuk kajian teori danm presentasi yang memenuhi dua atau satu hal.
- Nilai 0 untuk yang tanpa jawaban.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan Pustaka: Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.
|
10% |
15
Minggu ke 15 |
Memanfaatkan Ipteks untuk menghasilkan uraian kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik). |
Menghasilkan kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan |
Kriteria:
- Nilai 4 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal: isi lengkap dan sesuai, bahasa baik, sistematika baik.
- Nilai 3 untuk kajiajn teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal, tapi salah satunya masih ada kurang.
- Nilai 2 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal tapi hanya satu yang seuai dengan kriteria.
- Nilai 1 untuk kajian teori danm presentasi yang memenuhi dua atau satu hal.
- Nilai 0 untuk yang tanpa jawaban.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan Pustaka: Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Memanfaatkan Ipteks untuk menghasilkan uraian kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan (linguistik). |
Menghasilkan kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan |
Kriteria:
- Nilai 4 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal: isi lengkap dan sesuai, bahasa baik, sistematika baik.
- Nilai 3 untuk kajiajn teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal, tapi salah satunya masih ada kurang.
- Nilai 2 untuk kajian teori dan presentasi yang memenuhi tiga hal tapi hanya satu yang seuai dengan kriteria.
- Nilai 1 untuk kajian teori danm presentasi yang memenuhi dua atau satu hal.
- Nilai 0 untuk yang tanpa jawaban.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: kajian teori bagi topik disertasi yang telah ditentukan Pustaka: Sesuai dengan topik disertasin yang dikembangkan oleh mahasiswa.
|
20% |