Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Fisika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Seminar Proposal Skripsi

4520102282

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

7 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Munasir, S.Si., M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Menguasai pengetahuan tentang teknologi yang berdasarkan Fisika dan penerapannya.

PLO-8

Mengkomunikasikan gagasan dan / atau hasil penelitian mereka dalam bentuk penulisan akademis dan berbicara secara efektif.

PLO-9

Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis data dan informasi dalam rangka memenuhi serta mengevaluasi tanggung jawab dan tugasnya.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan merumuskan masalah penelitian secara logis dan sistematis berdasarkan kajian literatur yang relevan di bidang fisika atau penerapannya

PO - 2

Mahasiswa mampu mengembangkan ide penelitian secara kreatif untuk menjawab masalah spesifik di bidang keahliannya.

PO - 3

Mahasiswa mampu menyusun kerangka berpikir yang logis dan runtut sebagai dasar perumusan tujuan dan hipotesis penelitian.

PO - 4

Mahasiswa mampu menjelaskan teori, prinsip, dan teknologi berbasis fisika yang relevan dengan topik penelitiannya.

PO - 5

Mahasiswa mampu merancang metode penelitian yang sesuai dengan pendekatan eksperimental atau komputasional dalam bidang fisika atau penerapannya.

PO - 6

Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian secara tertulis sesuai kaidah penulisan akademik (bahasa ilmiah, sistematika, dan referensi).

PO - 7

Mahasiswa mampu mempresentasikan proposal secara lisan dengan penggunaan media presentasi yang baik dan gaya komunikasi yang efektif.

PO - 8

Mahasiswa mampu merespons pertanyaan, kritik, dan saran dari dosen atau penguji secara argumentatif dan terbuka dalam forum seminar.

PO - 9

Mahasiswa mampu mengevaluasi kelayakan dan keberlanjutan rencana penelitian berdasarkan masukan dari dosen pembimbing atau penguji.

PO - 10

Mahasiswa mampu merevisi dan menyempurnakan proposal skripsi secara strategis untuk meningkatkan kualitas dan relevansi penelitian.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-7PLO-8PLO-9
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6   
PO-7   
PO-8   
PO-9   
PO-10   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dalam menyusun dan mempresentasikan proposal skripsi secara sistematis, logis, dan berbasis pada penguasaan teori serta metodologi penelitian fisika atau penerapannya. Melalui pendekatan Project-Based Learning, mahasiswa akan diarahkan untuk mengembangkan proyek individu berupa proposal penelitian sebagai prasyarat pelaksanaan skripsi. Proses pembelajaran mencakup identifikasi masalah, kajian pustaka, perumusan tujuan dan hipotesis, penyusunan metodologi, serta penulisan dan presentasi proposal secara akademis. Mahasiswa dilatih untuk berpikir kritis, kreatif, dan sistematis, menguasai teknologi atau konsep fisika yang relevan, serta mengambil keputusan strategis berdasarkan evaluasi dan masukan dari pembimbing atau penguji. Kegiatan seminar menjadi wahana pengembangan kemampuan komunikasi ilmiah secara lisan dan tulisan. Capaian pembelajaran mata kuliah ini mengacu pada CPL Prodi, yaitu: CPL-3 (pengembangan pemikiran ilmiah), CPL-7 (penguasaan ilmu dan teknologi fisika), CPL-8 (kemampuan komunikasi akademik), dan CPL-9 (kemampuan mengambil keputusan strategis).

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja


0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.