Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S2 Administrasi Publik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Seminar Hasil

6310602024

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional

T=2

P=0

ECTS=4.48

3

7 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.




Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.




Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Mampu menguasai berbagai metode penelitian terkini dalam bidang administrasi publik agar dapat melakukan tugas penelitian, dengan menggunakan metode ilmiah dengan inter dan multidisiplin

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menyusun hasil sesuai topik penelitian secara akademik, sistematis dan konstruktif.

PO - 2

Mengomunikasikan hasil penelitian secara metodologis dan argumentatif.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-7
PO-1 
PO-2 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Seminar hasil dirancang untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mendiskusikan secara mendalam hasil penelitian tesisnya. Mahasiswa mempresentasikan hasil penelitian yang telah dikembangkan dalam Proposal Tesis untuk memperoleh masukan ilmiah dari dosen dan rekan sejawat. Seminar ini bertujuan untuk memperkuat kerangka teori, metodologi, dan substansi akademik penelitian, sebagai persiapan menuju penulisan dan ujian tesis

Pustaka

Utama :

  1. Cresswell, John W. 2017. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (Edisi Ketiga). Yogyakarta : Pustaka Pelajar
  2. Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches / John W. Creswell
  3. Ranjit Kumar.2019.Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners
  4. Peters, B. Guy et al. 2012. The Handbook of Public Administration. SAGE

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Prasetyo Isbandono, S.Sos., M.Si.

Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.

Prof. Dr. Anang Kistyanto, S.Sos., M.Si.

Dr. Weni Rosdiana, S.Sos., M.AP.

Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd.

Dr. Suci Megawati, S.IP., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menyusun substansi hasil sesuai topik penelitian secara logis, kritis, sistematis dan kreatif

Hasil penelitian

Kriteria:
  1. 1. Hasil penelitian yang logis
  2. 2. Hasil penelitian yang kritis
  3. 3. Hasil penelitian yang sistematis
  4. 4. Hasil penelitian yang memiliki nilai kreatifitas

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa menyusun hasil penelitian
5.67 jam

Materi: Constructing the Theory in Public Administration
Pustaka: Peters, B. Guy et al. 2012. The Handbook of Public Administration. SAGE

Materi: The research process: its characteristics and requirements
Pustaka: Ranjit Kumar.2019.Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners

Materi: Designing REsearch
Pustaka: Cresswell, John W. 2017. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (Edisi Ketiga). Yogyakarta : Pustaka Pelajar
5%

2

Minggu ke 2

Menyusun substansi hasil sesuai topik penelitian secara logis, kritis, sistematis dan kreatif

Hasil penelitian

Kriteria:
  1. 1. Hasil penelitian yang logis
  2. 2. Hasil penelitian yang kritis
  3. 3. Hasil penelitian yang sistematis
  4. 4. Hasil penelitian yang memiliki nilai kreatifitas

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa menyusun hasil penelitian
5.67 jam

Materi: Constructing the Theory in Public Administration
Pustaka: Peters, B. Guy et al. 2012. The Handbook of Public Administration. SAGE

Materi: The research process: its characteristics and requirements
Pustaka: Ranjit Kumar.2019.Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners

Materi: Designing REsearch
Pustaka: Cresswell, John W. 2017. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (Edisi Ketiga). Yogyakarta : Pustaka Pelajar
5%

3

Minggu ke 3

Menyusun substansi hasil sesuai topik penelitian secara logis, kritis, sistematis dan kreatif

Hasil penelitian

Kriteria:
  1. 1. Hasil penelitian yang logis
  2. 2. Hasil penelitian yang kritis
  3. 3. Hasil penelitian yang sistematis
  4. 4. Hasil penelitian yang memiliki nilai kreatifitas

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa menyusun hasil penelitian
5.67 jam

Materi: Constructing the Theory in Public Administration
Pustaka: Peters, B. Guy et al. 2012. The Handbook of Public Administration. SAGE

Materi: The research process: its characteristics and requirements
Pustaka: Ranjit Kumar.2019.Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners

Materi: Designing REsearch
Pustaka: Cresswell, John W. 2017. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (Edisi Ketiga). Yogyakarta : Pustaka Pelajar
5%

4

Minggu ke 4

Menyusun subtansi hasil penelitian secara mendalam

kedalaman hasil penelitian

Kriteria:
  1. 1. Kejelasan hasil penelitian yang mendalam
  2. 2. Ketepatan Hasil penelitian yang mendalam

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa menyusun hasil penelitian
5.67 jam

Materi: Constructing the Theory in Public Administration
Pustaka: Peters, B. Guy et al. 2012. The Handbook of Public Administration. SAGE

Materi: The research process: its characteristics and requirements
Pustaka: Ranjit Kumar.2019.Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners

Materi: Designing Research
Pustaka: Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches / John W. Creswell
5%

5

Minggu ke 5

Menyusun subtansi hasil penelitian secara mendalam

kedalaman hasil penelitian

Kriteria:
  1. 1. Kejelasan hasil penelitian yang mendalam
  2. 2. Ketepatan Hasil penelitian yang mendalam

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa menyusun hasil penelitian
5.67 jam

Materi: Constructing the Theory in Public Administration
Pustaka: Peters, B. Guy et al. 2012. The Handbook of Public Administration. SAGE

Materi: The research process: its characteristics and requirements
Pustaka: Ranjit Kumar.2019.Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners

Materi: Designing Research
Pustaka: Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches / John W. Creswell
5%

6

Minggu ke 6

Menyusun subtansi hasil penelitian secara mendalam

kedalaman hasil penelitian

Kriteria:
  1. 1. Kejelasan hasil penelitian yang mendalam
  2. 2. Ketepatan Hasil penelitian yang mendalam

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa menyusun hasil penelitian
5.67 jam

Materi: Constructing the Theory in Public Administration
Pustaka: Peters, B. Guy et al. 2012. The Handbook of Public Administration. SAGE

Materi: The research process: its characteristics and requirements
Pustaka: Ranjit Kumar.2019.Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners

Materi: Designing Research
Pustaka: Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches / John W. Creswell
5%

7

Minggu ke 7

Menganalisis hasil penelitian secara konstruktif

kedalaman hasil penelitian

Kriteria:
  1. 1. Kejelasan analisis hasil penelitian yang konstruktif
  2. 2. Ketepatan analisis hasil penelitian yang konstruktif

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa menyusun hasil penelitian
5.67 jam

Materi: Constructing the Theory in Public Administration
Pustaka: Peters, B. Guy et al. 2012. The Handbook of Public Administration. SAGE

Materi: The research process: its characteristics and requirements
Pustaka: Ranjit Kumar.2019.Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners

Materi: Designing Research
Pustaka: Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches / John W. Creswell
5%

8

Minggu ke 8

Menganalisis hasil penelitian secara konstruktif

kedalaman hasil penelitian

Kriteria:
  1. 1. Kejelasan analisis hasil penelitian yang konstruktif
  2. 2. Ketepatan analisis hasil penelitian yang konstruktif

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa menyusun hasil penelitian
5.67 jam

Materi: Constructing the Theory in Public Administration
Pustaka: Peters, B. Guy et al. 2012. The Handbook of Public Administration. SAGE

Materi: The research process: its characteristics and requirements
Pustaka: Ranjit Kumar.2019.Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners

Materi: Designing Research
Pustaka: Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches / John W. Creswell
5%

9

Minggu ke 9

Menyusun hasil penelitian menggunakan pendekatan yang relevan dengan topik

kedalaman hasil penelitian

Kriteria:
  1. 1. Ketepatan hasil penelitian dengan topik penelitian
  2. 2. Kejelasan hasil penelitian dengan topik
  3. 3. Kesesuaian hasil penelitian dengan topik penelitian
  4. 4. Ketepatan hasil penelitian dengan pendekatan penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa menyusun hasil penelitian
5.67 jam

Materi: Constructing the Theory in Public Administration
Pustaka: Peters, B. Guy et al. 2012. The Handbook of Public Administration. SAGE

Materi: The research process: its characteristics and requirements
Pustaka: Ranjit Kumar.2019.Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners

Materi: Designing Research
Pustaka: Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches / John W. Creswell
5%

10

Minggu ke 10

Menyusun hasil penelitian menggunakan pendekatan yang relevan dengan topik

kedalaman hasil penelitian

Kriteria:
  1. 1. Ketepatan hasil penelitian dengan topik penelitian
  2. 2. Kejelasan hasil penelitian dengan topik
  3. 3. Kesesuaian hasil penelitian dengan topik penelitian
  4. 4. Ketepatan hasil penelitian dengan pendekatan penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa menyusun hasil penelitian
5.67 jam

Materi: Constructing the Theory in Public Administration
Pustaka: Peters, B. Guy et al. 2012. The Handbook of Public Administration. SAGE

Materi: The research process: its characteristics and requirements
Pustaka: Ranjit Kumar.2019.Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners

Materi: Designing Research
Pustaka: Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches / John W. Creswell
5%

11

Minggu ke 11

Menyusun hasil penelitian menggunakan pendekatan yang relevan dengan topik

kedalaman hasil penelitian

Kriteria:
  1. 1. Ketepatan hasil penelitian dengan topik penelitian
  2. 2. Kejelasan hasil penelitian dengan topik
  3. 3. Kesesuaian hasil penelitian dengan topik penelitian
  4. 4. Ketepatan hasil penelitian dengan pendekatan penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa menyusun hasil penelitian
5.67 jam

Materi: Constructing the Theory in Public Administration
Pustaka: Peters, B. Guy et al. 2012. The Handbook of Public Administration. SAGE

Materi: The research process: its characteristics and requirements
Pustaka: Ranjit Kumar.2019.Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners

Materi: Designing Research
Pustaka: Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches / John W. Creswell
5%

12

Minggu ke 12

Menyusun hasil penelitian menggunakan pendekatan yang relevan dengan topik

kedalaman hasil penelitian

Kriteria:
  1. 1. Ketepatan hasil penelitian dengan topik penelitian
  2. 2. Kejelasan hasil penelitian dengan topik
  3. 3. Kesesuaian hasil penelitian dengan topik penelitian
  4. 4. Ketepatan hasil penelitian dengan pendekatan penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa menyusun hasil penelitian
5.67 jam

Materi: Constructing the Theory in Public Administration
Pustaka: Peters, B. Guy et al. 2012. The Handbook of Public Administration. SAGE

Materi: The research process: its characteristics and requirements
Pustaka: Ranjit Kumar.2019.Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners

Materi: Designing Research
Pustaka: Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches / John W. Creswell
5%

13

Minggu ke 13

Menyusun hasil penelitian sesuai teknik penulisan

kedalaman hasil penelitian

Kriteria:
  1. 1. Ketepatan penulisan hasil penelitian
  2. 2. Kejelasan penulisan hasil penelitian
  3. 3. Kesesuaian penulisan hasil penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa menyusun hasil penelitian
5.67 jam

Materi: Constructing the Theory in Public Administration
Pustaka: Peters, B. Guy et al. 2012. The Handbook of Public Administration. SAGE

Materi: The research process: its characteristics and requirements
Pustaka: Ranjit Kumar.2019.Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners

Materi: Designing Research
Pustaka: Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches / John W. Creswell
5%

14

Minggu ke 14

Menyusun hasil penelitian sesuai kaidah Bahasa Indonesia yang efektif

EYD

Kriteria:
  1. 1. Ketepatan penulisan hasil penelitian sesuai dengan EYD
  2. 2. Kejelasan penulisan hasil penelitian sesuai dengan EYD
  3. 3. Kesesuaian penulisan hasil penelitian sesuai dengan EYD

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa menyusun hasil penelitian
5.67 jam

Materi: Constructing the Theory in Public Administration
Pustaka: Peters, B. Guy et al. 2012. The Handbook of Public Administration. SAGE

Materi: The research process: its characteristics and requirements
Pustaka: Ranjit Kumar.2019.Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners

Materi: Designing Research
Pustaka: Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches / John W. Creswell
5%

15

Minggu ke 15

Menyusun hasil penelitian menggunakan referensi yang berkualitas

Referensi Penelitian

Kriteria:
  1. 1. Ketepatan hasil penelitian dengan referensi yang digunakan
  2. 2. Kejelasan sistematika referensi yang digunakan
  3. 3. Kesesuaian referensi yang digunakan
  4. 4. Keterkinian referensi yang digunakan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa menyusun hasil penelitian
5.67 jam

Materi: Constructing the Theory in Public Administration
Pustaka: Peters, B. Guy et al. 2012. The Handbook of Public Administration. SAGE

Materi: The research process: its characteristics and requirements
Pustaka: Ranjit Kumar.2019.Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners

Materi: Designing Research
Pustaka: Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches / John W. Creswell
5%

16

Minggu ke 16

Mengkomunikasikan hasil penelitian sesuai dengan topik penelitian secara metodologis dan argumentatif

Presentasi

Kriteria:
  1. 1. Ketepatan penggunan bahan presentasi
  2. 2. Kejelasan bahan presentasi
  3. 3. Kejelasan penyampaian gagasan
  4. 4. Kemampuan berpikir kritis dalam menyampaikan gagasan
  5. 5. Kemampuan menanggapi secara argumentatif
  6. 6. Sikap yang etis dan bertanggung jawab

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa menyusun hasil penelitian
5.67 jam

Materi: Constructing the Theory in Public Administration
Pustaka: Peters, B. Guy et al. 2012. The Handbook of Public Administration. SAGE

Materi: The research process: its characteristics and requirements
Pustaka: Ranjit Kumar.2019.Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners

Materi: Designing Research
Pustaka: Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches / John W. Creswell
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 12.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 87.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.