Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Ilmu Politik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Ekonomi Politik Internasional

6720102040

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

1 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Moh Najmuddin, S.Hum., M.Si.




.......................................




MOCH MUBAROK MUHARAM

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Mampu menganalisis fenomena politik dan isu-isu kontemporer. (CPL Asosiasi)

PLO-8

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif dalam mengimplementasikan iptek di bidang ilmu politik. (CPL Asosiasi)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep-konsep dasar ekonomi politik internasional dalam menganalisis interaksi antara pasar dan negara dalam sistem global (C3)

PO - 2

Menganalisis dampak globalisasi ekonomi terhadap kebijakan politik domestik dan hubungan internasional (C4)

PO - 3

Menganalisis peran aktor non-negara (seperti MNCs dan NGOs) dalam membentuk tata kelola ekonomi global (C4)

PO - 4

Menerapkan pendekatan ekonomi politik kritis dalam mengkaji isu-isu pembangunan dan ketergantungan (C3)

PO - 5

Menganalisis konflik kepentingan dalam negosiasi perjanjian ekonomi internasional (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7PLO-8
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Ekonomi Politik Internasional membahas interaksi antara politik dan ekonomi dalam konteks global. Isi mata kuliah mencakup teori-teori utama EPI, aktor-aktor utama dalam sistem ekonomi global, isu-isu perdagangan internasional, keuangan global, investasi asing, serta dampak globalisasi terhadap kebijakan domestik. Tujuan mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman tentang bagaimana kekuatan politik mempengaruhi kebijakan ekonomi internasional dan sebaliknya, serta bagaimana hubungan ini membentuk tatanan global. Ruang lingkup mencakup analisis kebijakan ekonomi negara, peran organisasi internasional seperti WTO dan IMF, serta isu-isu kontemporer seperti ketimpangan global, krisis finansial, dan perang dagang.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

MOH. NAJMUDDIN

ADLI HAZMI

Moh. Najmuddin, S.Hum., M.Si.

Moh. Najmuddin, S.Hum., M.Si.

Adli Hazmi, S.IP., M.A.

Adli Hazmi, S.IP., M.A.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menganalisis dinamika interaksi pasar dan negara menggunakan perspektif ekonomi politik internasional.

Mahasiswa mampu memahami rencana dan kontrak perkuliahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah interaktif dan tanya jawab.

2x50
Materi: Pengantar ekonomi politik internasional, Konsep dasar pasar dan negara, Teori-teori utama EPI (liberalisme, merkantilisme, marxisme), Studi kasus interaksi pasar-negara dalam ekonomi global
Pustaka: Handbook Perkuliahan
2%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menguraikan sejarah dan perkembangan ekonomi politik internasional

Mahasiswa mampu menguraikan sejarah perkembangan ekonomi politik internasional


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah interaktif, diskusi kelompok, tanya jawab
2x50
Materi: Konsep dasar ekonomi politik internasional, Teori-teori utama EPI (liberalisme, merkantilisme, strukturalisme), Interaksi pasar dan negara dalam sistem global, Studi kasus: peran negara dalam regulasi pasar global
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menguasai definisi dan ruang lingkup ekonomi politik internasional

Mahasiswa mampu menguraikan definisi dan ruang lingkup ekonomi politik internasional


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

cerama,h tanya jawab
2x50
2%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menganalisis teori dan konsep dalam ekonomi politik internasional


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah, diskusi, tanya jawab
2x50
3%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menganalisis kebijakan negara berkaitan dengan isu-isu ekonomi politik internasional

Mahasiswa mampu menguraikan sistem perdagangan internasional

Kriteria:

Partisipasi Mahasiswa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah, diskusi, tanya jawab
2x50
2%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menganalisis kebijakan negara berkaitan dengan isu-isu ekonomi politik internasional

Mahasiswa mampu menguraikan sistem produksi global

Kriteria:

Konten dan ketrampilan presentasi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja

Presentasi, diskusi, tanya jawab
2x50
3%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menganalisis kebijakan negara berkaitan dengan isu-isu ekonomi politik internasional

Mahasiswa mampu menguraikan Kerja sama internasional di bidang ekonomi

Kriteria:

Konten dan ketrampilan presentasi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja

Presentasi, diskusi, tanya jawab
2x50
2%

8

Minggu ke 8

UTS

Mampu menjawab soal

Kriteria:

kisi kisi soal


Bentuk Penilaian :
Tes


2x50
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menganalisis kebijakan negara berkaitan dengan isu-isu ekonomi politik internasional

Mahasiswa mampu menguraikan integrasi ekonomi regional dan global

Kriteria:

Konten dan ketrampilan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi, diskusi, tanya jawab
2x50
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menganalisis kebijakan negara berkaitan dengan isu-isu ekonomi politik internasional

Mahasiswa mampu menguraikan sistem moneter internasional

Kriteria:

Konten dan ketrampilan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi, Diskusi, Tanya jawab
2x50
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menganalisis kebijakan negara berkaitan dengan isu-isu ekonomi politik internasional

Mahasiswa mampu menguraikan tenaga kerja global

Kriteria:

Konten dan ketrampilan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi, diskusi, tanya jawab
2x50
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampumenganalisiskebijakan negaraberkaitan dengan isu-isu ekonomi politikinternasiona

● Mahasiswa mampu menguraikan Foreign Direct Invertment

Kriteria:

Konten dan ketrampilan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi, diskusi, tanya jawab
2x50
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menganalisis kebijakan negara berkaitan dengan isu-isu ekonomi politik internasional

Mahasiswa mampu menguraikan pembangunan ekonomi internasional

Kriteria:

Konten dan ketrampilan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi, diskusi, tanya jawab
2x50
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menganalisis kebijakan negara berkaitan dengan isu-isu ekonomi politik internasional

Mahasiswa mampu menguraikan global players dalam ekonomi internasional

Kriteria:

Konten dan ketrampilan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi, diskusi, tanya jawab
2x50
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menganalisis kebijakan negara berkaitan dengan isu-isu ekonomi politik internasional

Mahasiswa mampu mengevaluasi terkait kebijakan ekonomi politik internasional yang telah dijalankan di Indonesia

Kriteria:

Konten dan ketrampilan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Presentasi, diskusi, tanya jawab
2x50
5%

16

Minggu ke 16

UAS


Tes
2x50
28%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 47%
2. Praktik / Unjuk Kerja 5%
3. Tes 20%
72%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.